Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Cara Kerja Marketing Funnel Dalam Mensukseskan Bisnis Secara Online

Cara Kerja Marketing Funnel Dalam Mensukseskan Bisnis Secara Online

-

Ungkapan “Pelanggan selalu benar” mungkin dimulai hanya sebagai slogan department store di awal tahun 1900-an, tetapi telah berkembang menjadi moto inti dari masyarakat humanis saat ini yang kita tinggali.

Anda mungkin telah mencurahkan hati dan jiwa Anda untuk memulai sebuah bisnis dan membuat website untuk menawarkan jasa atau produk Anda, namun jika hasilnya tidak sesuai harapan, justru Anda, bukan pelanggan Anda, yang perlu berubah.

Marketing Funnel adalah salah satu strategi yang dapat Anda aplikasikan dalam rencana pemasaran jangka panjang Anda.

Ini berarti Anda harus dapat mengidentifikasi setiap titik kesulitan dalam perjalanan pelanggan untuk mencari tahu di mana orang kehilangan minat pada penawaran Anda. Kemudian, Anda harus menemukan alternatif dan menilai apakah masalah telah teratasi.

Corong pemasaran akan memberi Anda semua alat dan data yang Anda butuhkan untuk melakukannya.

Apa itu Marketing Funnel?

marketing-funnel-1

Marketing Funnel adalah representasi visual dari semua langkah yang harus dilalui pengunjung sebelum mereka membeli produk atau layanan. Dimulai dari tahun 1910, ketika filsuf Amerika John Dewey memperkenalkan lima tahap yang dilalui konsumen sebelum, selama, dan setelah membeli barang atau jasa.

Proses keputusan pembeli ini meliputi tahapan sebagai berikut: masalah/pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.

Seiring waktu, ide ini berkembang menjadi corong pemasaran kontemporer, yang berfokus pada tahapan yang berbeda dari saat orang pertama kali mendengar tentang bisnis hingga saat mereka melakukan transaksi.

Tapi kenapa dinamai marketing funnel? Upaya pemasaran dimulai dengan prospek sebanyak mungkin, yang kemudian dipupuk melalui perjalanan sampai mereka membeli layanan atau produk.

Saat orang-orang maju melalui tahapan yang berbeda, banyak yang meninggalkan proses dan kerumunan menipis. Dengan demikian representasi visual yang dihasilkan berbentuk corong.

Artikel terkait  Black Friday Dan Cyber Monday: Strategi Meningkatkan Pencarian Ritel Digital

Manfaat Corong Pemasaran

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Marketing Funnel, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda harus mulai menggunakan sistem ini untuk bisnis Anda. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan berikut: Apakah saya memiliki layanan atau produk yang ingin saya beli oleh pelanggan? Jika jawabannya ya, maka Anda harus melakukannya.

Sebagai sebuah bisnis, kesuksesan Anda tidak hanya bergantung pada kualitas penawaran tetapi juga pada cara penyajiannya. Segala sesuatu mulai dari tata letak situs web dan skema warna hingga mikrokopi dan navigasi situs Anda juga memainkan peran besar dalam perjalanan pelanggan Anda melalui Marketing Funnel.

Memiliki gambaran yang jelas tentang perjalanan pelanggan akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi hambatan dan meningkatkan rasio konversi Anda. Berdasarkan data ini, Anda akan dapat mendesain ulang situs web Anda untuk menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik, membuat kampanye penjualan yang sukses melalui marketing funnel ini, dan menemukan tempat terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda.

Tahapan Marketing Funnel

Meskipun dasar-dasar corong pemasaran sebagian besar tetap tidak berubah selama lebih dari satu abad, tidak ada konsensus global tentang apa sebenarnya tahapan yang berbeda. Di bawah ini, Anda akan menemukan representasi visual dari tahapan corong pemasaran yang paling umum digunakan, serta deskripsi masing-masing tahapan tersebut.

Versi corong pemasaran yang sangat populer lainnya meliputi:

  • AIDA: Kesadaran, Minat, Keinginan, Tindakan
  • TOFU-MOFU-BOFU: Bagian atas corong (menghasilkan prospek), Tengah corong (menghasilkan prospek), Bawah corong (menghasilkan penjualan)

1. Kesadaran

Kesadaran adalah tahap level tertinggi dari corong pemasaran. Ini adalah titik di mana pelanggan pertama kali mempelajari merek Anda melalui riset pasar dan kampanye pemasaran bertarget. Di sinilah pembuatan prospek terjadi, karena informasi pelanggan potensial akan digunakan untuk memandu mereka melalui sisa Marketing Funnel dan penjualan.

2. Bunga

Prospek yang menunjukkan minat pada bisnis dan layanan Anda akan pindah ke tahap Marketing Funnel berikutnya, yang dikenal sebagai minat. Pada titik ini, perolehan prospek berubah menjadi pemeliharaan prospek saat merek mulai berupaya membangun koneksi dengan semua kontak yang dikumpulkan selama tahap sebelumnya.

Pemasaran email adalah salah satu praktik paling umum dalam tahap ini, karena memungkinkan bisnis menjangkau langsung prospek dengan konten bermerek yang relevan.

3. Pertimbangan

Dalam tahap pertimbangan corong pemasaran, prospek mulai diperlakukan sebagai calon pelanggan. Pada titik ini, bisnis mulai menggunakan otomatisasi pemasaran untuk mengirim kampanye email bertarget dengan maksud yang dapat ditindaklanjuti.

Ini dapat mencakup apa saja mulai dari uji coba gratis dan pengumuman penjualan hingga akses eksklusif ke webinar dan forum .

4. Maksud

Setelah calon pelanggan menunjukkan niat yang jelas untuk membeli produk atau layanan, mereka berpindah ke Marketing Funnel ke tahap “niat”. Pernah meninggalkan sesuatu di keranjang belanja online Anda dan menerima email tentangnya satu atau dua hari setelahnya? Seperti itulah rasanya memasuki tahap ini. Untuk bisnis, inilah saatnya membuktikan mengapa penawaran mereka adalah pilihan terbaik bagi calon pelanggan.

5. Evaluasi

Pemeliharaan prospek memenuhi penjualan dalam tahap evaluasi corong pemasaran. Upaya bersama ini dimaksudkan untuk meyakinkan calon pembeli agar mengambil lompatan dan melakukan pembelian. Sama seperti tahap sebelumnya, fokusnya tetap pada posisi penawaran bisnis sebagai pilihan ideal.

6.Membeli

Kendi emas di ujung pelangi corong pemasaran dikenal sebagai tahap pembelian. Di sinilah prospek akhirnya memutuskan untuk membeli layanan atau produk. Pada titik ini, tim penjualan mengambil alih untuk mengelola transaksi.

Artikel terkait  10 Strategi Promosi untuk Meningkatkan Laba Penjualan

B2B vs. B2C

Perbedaan utama antara Marketing Funnel B2B dan B2C adalah jumlah orang yang terlibat dalam proses dan tingkat interaksi antara bisnis dan konsumen.

Dalam sebagian besar kasus, konsumen B2C menavigasi hanya melalui corong dengan sedikit atau tanpa interaksi langsung dengan bisnis. Upaya penjangkauan pelanggan dilakukan dengan menargetkan grup pembelian besar atau dengan menggunakan alat otomatisasi, dan sangat sedikit pelanggan yang benar-benar berinteraksi dengan perwakilan.

Di sisi lain, konsumen B2B biasanya mencakup lebih dari lima orang dari departemen yang berbeda. Sementara tahapan paling atas dari corong pemasaran mengikuti pola yang sama dengan konsumen B2C, pada tahapan yang lebih rendah perwakilan penjualan menjalin komunikasi langsung dengan konsumen B2B.

Corong Pemasaran Nonlinier

marketing-funnel-2

Sementara Marketing Funnel berbentuk kerucut telah menjadi standar selama beberapa dekade, para ahli berpendapat bahwa pasar telah berkembang melampaui proses pembelian linier. Banyak bisnis mulai meninggalkan kerucut tradisional dan memilih kerucut yang menyerupai dasi kupu-kupu atau jam pasir. Marketing Funnel nonlinier ini bertujuan untuk menangani tahap kelima dan terakhir dari proses keputusan konsumen Dewey: Perilaku pasca pembelian.

Bentuk kerucut terbalik dimulai dengan beberapa pembeli yang melakukan pembelian dan menyelesaikan corong pemasaran tradisional. Dari sana, bisnis melihat perjalanan pelanggan pasca pembelian, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kepuasan, testimonial , dan umpan balik.

Tujuan dari pendekatan corong baru ini adalah untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan, tidak hanya untuk memastikan mereka tidak pindah ke layanan pesaing Anda, tetapi juga agar mereka pada akhirnya akan menjadi pendukung merek Anda dan membantu memberdayakan upaya perolehan prospek Anda.

Meskipun tidak ada konsensus tentang tahapan yang berbeda dari Marketing Funnel nonlinier, hal itu tetap menjadi cara yang berharga untuk mengukur perilaku konsumen dan mengoptimalkan upaya pemasaran Anda.

Apakah Marketing Funnel Memberikan Kesuksesan?

Tergantung! Bagaimana cara Anda mengimplementasikan marketing funnel pada strategi pemasaran Anda pada bisnis online yang sedang Anda susun.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya