Digital Marketer Adalah? | Memahami Peran Sebagai Digital Marketer

Digital marketer. Apa yang langsung muncul dalam benak Anda saat mendengar dua kata tersebut? Sudah pasti berbeda satu sama lain, Anda pasti akan langsung memikirkan bahwa digital marketer adalah seseorang yang berkecimpung dalam dunia bisnis tetapi dalam aspek yang berbeda, yaitu terfokus untuk mengurus masalah pemasaran, promosi, pembuatan konten marketing, membuat iklan di social media, membangun website, menjalankan Search Engine Optimization (SEO). Dan tentunya banyak hal lainnya yang dapat dilakukan oleh seorang digital marketer.

Sebagai seorang digital marketer, Anda memiliki peran yang tidak kalah signifikan jika dibandingkan profesi-profesi di bidang lainnya. Mengapa Anda begitu penting? Sebab Anda yang menjalankan promosi sekaligus memperkenalkan suatu brand dengan tujuan agar dapat dikenal oleh orang lain secara luas. Kemudian peran Anda ini juga akan berkaitan dengan hal-hal penting lainnya, seperti persaingan pasar, kekuatan produk, kekuatan pesaing, dan tentunya strategi promosi dan pemasaran yang terbaik, sudah pasti Anda lah yang menentukan.

Kemudian, berdasarkan pemaparan di atas, apa sajakah peran Anda sebagai seorang digital marketer? Hal-hal positif apa yang dapat Anda miliki saat Anda menjalankan profesi sebagai seorang digital marketer? Berikut akan dibahas hal-hal seputar bagaimana peran seorang digital marketer dalam dunia bisnis online.

Digital Marketer adalah: Pengertian dan Peran Seorang Digital Marketer

digital-marketing 2

Sebelum memulai membicarakan topik digital marketer, alangkah baiknya Anda memahami dulu apa itu digital marketing. Digital marketing adalah kegiatan mempromosikan suatu brand, baik itu sebuah produk atau layanan dengan menggunakan media elektronik atau digital (internet). Dan digital marketer adalah orang yang melakukan aktivitas digital marketing tersebut.

Seperti dalam pemaparan dalam kalimat-kalimat pembuka sebelumnya, Anda sebagai seorang digital marketer memiliki tujuan yaitu untuk dapat memasarkan sebuah produk atau layanan yang berada di bawah bendera sebuah brand kepada para calon konsumen secara cepat dan juga tentunya tepat. Karena digital marketer adalah profesi yang berkecimpung dalam dunia digital atau internet, sudah pasti Anda akan akrab sekali dengan website dan social media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi social media lainnya.

Pada umumnya, seorang digital marketer akan bergabung dengan sebuah digital agency, yang berfungsi sebagai sebuah tools, memasarkan produk secara kreatif dan tentunya dengan cara-cara yang inovatif dengan menggunakan media digital ke seluruh dunia.

Peran Seorang Digital Marketer

digital-marketing

Kemudian, apa saja peran Anda sebagai seorang digital marketer? Peran utama dari digital marketer adalah memasarkan produk secara digital tentunya, namun peran utama ini pun dapat dibagi kembali ke dalam beberapa poin-poin penting, yang dapat membantu Anda memahami apa saja peran dari seorang digital marketer lainnya. Peran-peran dari seorang digital marketer adalah sebagai berikut.

Menganalisa Kebutuhan Klien

Sebagai seorang digital marketer yang bergabung dalam sebuah digital marketing agency, Anda pastinya memiliki klien dengan kebutuhan yang berbeda-beda, apakah klien Anda ingin membuat sebuah produk yang baru akan diluncurkan, mengembangkan produk milik mereka, atau ingin langsung menjual produk atau layanan tersebut. Permasalahan klien ini dianalisis oleh Anda sebagai seorang digital marketer kemudian akan dicarikan solusi pemasaran yang terbaik demi memasarkan produk atau layanan ke seluruh penjuru dunia.

Memberikan Rekomendasi dan Strategi Pemasaran

Setelah dilakukan analisa mengenai permasalahan dan tujuan yang diinginkan oleh seorang klien, maka Anda harus dapat memberikan strategi dan solusi pemasaran yang tepat agar keinginan Anda dan klien dapat segera tercapai yaitu memasarkan produk dan layanan milik klien Anda. Setelah suatu strategi dibuat, kemudian dilakukan pertemuan atau briefing dengan para klien, untuk mencapai suatu kesepakatan dan untuk memastikan bahwa strategi yang direncanakan dapat lebih efektif.

Merealisasikan Strategi Pemasaran

Saat strategi yang sudah disepakati bersama akan dijalankan, digital marketer akan mulai mengerahkan orang-orang di bagian yang berbeda-beda, mulai dari tim IT, tim media sosial, tim SEO, desain grafis, Pay-per-click dan bagian-bagian lain yang tidak kalah pentingnya seperti tim marketing melalui search engine.

Melakukan Website Improvement

Apabila klien Anda kebetulan memiliki sebuah website sebagai media promosi produk atau layanan dan ingin memperbaiki website tersebut agar lebih siap untuk diiklankan, maka Anda sebagai digital marketer pun dapat diminta untuk memberikan bantuan untuk perbaikan website tersebut.

Berdasarkan pemaparan di atas, peran seorang digital marketer adalah peran yang bersifat crucial dan tentunya bersifat menyeluruh, dimulai dari menganalisa kebutuhan klien dalam hal pemasaran sebuah produk atau layanan, membuat rekomendasi dan strategi pemasaran, merealisasikan strategi pemasaran yang sudah disepakati bersama, hingga melakukan website improvement dan ini adalah peran yang paling utama.

Karakter Positif yang Harus Dimiliki Seorang Digital Marketer

pemasar-2

Dikarenakan peran-perannya yang sangat strategi inilah, Anda sebagai seorang digital marketer memiliki hal-hal yang bersifat positif dan tentunya patut untuk dicontoh oleh para pebisnis lainnya. Apa sajakah hal-hal positif yang dapat Anda miliki sebagai seorang digital marketer?

Pola Pikir yang Strategis

Digital marketer adalah sebuah profesi yang tidak hanya memikirkan bagaimana caranya untuk dapat meningkatkan konversi sebuah iklan, tetapi juga memikirkan strategi pemasaran secara keseluruhan, sekaligus mengembangkan pandangan yang bersifat jangka panjang untuk mempromosikan brand milik klien.

Pola pikir yang strategis ini dapat digunakan untuk merancang cara-cara menjangkau audiens yang menjadi target pasar Anda. Kemudian pada umumnya, pola pikir yang strategis seperti ini menciptakan taktik-taktik jitu yang berorientasi pada aksi, dimulai dari membangun sebuah website untuk klien, melakukan taktik seo, content marketing, social media marketing hingga menciptakan iklan di Facebook. Oleh karena itu, digital marketer adalah profesi yang tidak hanya bertujuan untuk memasarkan produk atau layanan sebuah brand, tetapi juga menciptakan kesadaran merk atau brand awareness sekaligus menciptakan sebuah konversi.

Sikap yang Profesional

Dalam kehidupan sehari-hari, mendapatkan sebuah kritik yang tajam sampai kritik yang membangun adalah hal yang datang silih berganti. Bisa jadi saat Anda sedang mempresentasikan suatu strategi yang Anda pandang terbaik, tetapi bukan mendapatkan pujian dan keberhasilan, tetapi kritik mulai dari yang sifatnya profesional sampai yang tidak profesional. Intinya adalah, kekuatan mental dan kebesaran hati adalah kunci untuk menghadapi setiap rintangan dan kesulitan yang Anda hadapi saat mempersiapkan sebuah strategi hingga mempromosikan suatu produk atau layanan.

Upgrade Pengetahuan

Dalam bekerja sebagai seorang digital marketer Anda harus siap dihadapkan pada setiap kondisi yang menuntut Anda untuk selalu bekerja dan belajar dengan cepat, dan bahkan tidak jarang di waktu yang sama pula. Bukan hanya itu, kemampuan Anda dalam beradaptasi dengan segala situasi juga akan mempengaruhi pola pikir Anda, dan secara tidak langsung akan membuat pengetahuan Anda pun bertambah.

Menulis dengan Baik dan Mudah Dipahami

Berbicara tentang marketing atau digital marketing, maka Anda tidak akan jauh dari kata komunikasi. Sebagai contoh, seorang digital marketer akan sangat mahir membuat teks untuk iklan, dikarenakan mereka selalu dihadapkan pada situasi yang membuat mereka harus terus menulis dan hingga akhirnya pikiran mereka terus terlatih. Karena itu seorang digital marketer yang sukses sudah terlatih dalam hal berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata.

Data sebagai Dasar Pertimbangan

Sebagai seorang digital marketer, dalam menciptakan suatu iklan sebuah produk, Anda harus dapat berpatokan pada data-data, opsi-opsi dengan penawaran tingkat konversi terbaik, tentunya akan menjadi pilihan utama. Sebagai contoh, saat melihat laporan tentang iklan yang dipasang di Facebook, Anda hanya boleh memutuskan untuk apakah iklan tersebut dapat dilanjutkan atau tidak, dengan berdasarkan pada data yang akurat.

Memiliki Spesialisasi

Seorang digital marketer selalu berhadapan dengan banyak tantangan terkait pekerjaan. Karena ada banyak sekali media-media pemasaran yang dapat digali, maka sudah pasti Anda juga butuh spesialisasi yang menjadi kekuatan utama Anda. Sebagai contoh, Anda bisa sangat kuat di bidang social media marketing, e-mail marketing, konten marketing, atau bidang-bidang spesialisasi lainnya.

Berfokus pada Detail

Dalam membuat sebuah strategi digital marketing Anda harus tetap berfokus pada detail yaitu dengan memperhatikan pada seluruh rincian yang berada dalam sebuah analisis. Hal ini sangat menentukan apakah strategi digital marketing yang Anda rancang dapat berhasil atau tidak.

Sebagai contoh, dalam menciptakan iklan yang efektif, ada banyak data yang harus diperhatikan dan dikontrol, sebagai contoh seperti audience yang ditargetkan, waktu atau hari saat campaign itu berjalan, pertimbangan tingkat konversi untuk setiap channel, minat dan ketertarikan klien, dan banyak faktor-faktor lainnya.

Bagaimana? Menarik, bukan, profesi yang satu ini? Profesi digital marketing akan membuat Anda memiliki peran-peran penting dalam hal memasarkan produk atau layanan milik klien Anda. Dan secara tidak langsung, peran-peran yang Anda jalankan ini akan memberikan manfaat-manfaat dalam hal pola pikir, kemampuan atau skill, pengetahuan yang terus di-upgrade, dan tentunya banyak manfaat lainnya yang dapat Anda petik.

Selama Anda yakin dan terus menekuni profesi digital marketer, Anda pasti dapat menjalankan peran-peran penting dari seorang digital marketer sekaligus mendapatkan manfaat-manfaat yang berharga selama menjalankan profesi tersebut.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol