Last Updated on June 10, 2022 by
Chief marketing officer atau CMO adalah eksekutif tingkat C yang bertanggung jawab atas aktivitas dalam organisasi yang berkaitan dengan menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, atau mitra bisnis.
Misi utama CMO adalah memfasilitasi pertumbuhan dan meningkatkan penjualan dengan mengembangkan rencana pemasaran komprehensif yang akan mempromosikan pengenalan merek dan membantu organisasi mendapatkan keunggulan kompetitif.
Untuk mencapai tujuan mereka sendiri dan secara efektif membentuk profil publik perusahaan mereka, CMO harus menjadi pemimpin yang luar biasa dan mengambil suara pelanggan di seluruh perusahaan.
CMO biasanya melapor kepada CEO atau chief operating officer (COO) dan memegang gelar lanjutan dalam bisnis dan pemasaran. Seorang CMO yang memiliki latar belakang yang kuat dalam teknologi informasi juga dapat memegang jabatan chief marketing Technology (CMT). Namun, di beberapa organisasi yang lebih besar, posisi tersebut terpisah dan CMT melapor ke CMO.
Daftar Isi
Apa itu Chief Marketing Officer?
Posisi CMO adalah posisi yang memiliki tanggung jawab terhadap adanya perencanaan, pengembangan pemasaran, dan pelaksanaan pemasaran serta pengadaan periklanan organisasi. CMO bertugas melaporkan langsung segala hasil ke kepala eksekutif,
Tanggung jawab utama CMO adalah berhasil dalam memasarkan produk perusahaan sehingga mendapatkan pendapatan yang besar setiap hari, penetapan harga, menggunakan riset pasar, komunikasi pemasaran, pemasaran produk, periklanan, dan hubungan masyarakat.
Pada banyak peristiwa, peran CMO diperluas untuk mencakup manajemen penjualan, pengembangan produk, pengembangan bisnis baru, manajemen saluran distribusi, dan layanan pelanggan.
CMO harus memastikan pesan yang disampaikan oleh perusahaan disampaikan ke seluruh saluran dan ke audiens yang ditargetkan untuk memenuhi tujuan penjualan. Sekarang, ini berarti mencari cara baru untuk menyampaikan pesan, seperti platform seluler, video, dan media sosial.
Deskripsi Pekerjaan Kepala Pemasaran
Lebih khusus lagi, CMO adalah eksekutif yang bertanggung jawab mengembangkan strategi untuk periklanan dan merek perusahaan, serta jangkauan pelanggan. Sebagai posisi pemasaran paling senior dalam organisasi, dia mengawasi fungsi-fungsi ini di semua lini produk dan geografi perusahaan.
Berikut tugas dari CMO adalah :
- Memahami posisi perusahaan di pasar, menggunakan metode tradisional, serta teknologi yang lebih baru seperti analitik data;
- Membuat keputusan bagaimana dan dimana perusahaan harus diposisikan nantinya di masa depan;
- Mengembangkan strategi untuk mendorong organisasi ke posisi pasar di masa depan; dan
- Mengeksekusi strategi itu.
Pekerjaan CMO diharapkan memberikan hasil terbaik, dengan upaya pemasaran yang meningkatkan kesadaran merek, pengakuan, dan loyalitas yang pada akhirnya akan mengarah pada peningkatan penjualan.
Dengan demikian, CMO diharapkan bekerja sama (atau di beberapa organisasi bahkan memimpin) unit penjualan.
Mengapa Peran CMO Menjadi Terkenal
Kemajuan teknologi abad ke-21 telah meningkatkan pentingnya posisi CMO di banyak organisasi. Internet, komputasi seluler di mana-mana, internet of things, analitik, kecerdasan buatan, dan platform media sosial semuanya telah menciptakan cara baru untuk menjangkau pelanggan dan memahami pemikiran mereka tentang produk, layanan, dan merek.
Mereka juga telah memberikan suara baru yang jauh lebih menonjol kepada konsumen yang dapat secara instan menyiarkan pendapat mereka kepada ribuan bahkan jutaan, orang.
Pada saat yang sama, CMO dan timnya dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk menjangkau dan memengaruhi pelanggan, memposisikan produk mereka, dan menantang pesaing dengan kecepatan dan skala yang sama dengan pelanggan.
Seperti yang telah terjadi dengan eksekutif C-suite lainnya dalam paradigma bisnis berbasis teknologi baru ini, CMO harus berkolaborasi jauh lebih luas dengan rekan eksekutifnya untuk mengimbangi. CMO juga harus mampu beradaptasi dan berinovasi, seiring berkembangnya teknologi dan pergeseran pasar sebagai respons.
Peran CMO
Sejak 2016, penggunaan cerita telah melonjak hampir 1000 persen di Instagram, Snapchat, dan Facebook, membuka saluran interaktif baru bagi merek untuk melibatkan pengguna.
Volume email konsumen telah meningkat dengan rata-rata enam persen setiap tahun,dan diperkirakan akan mendekati 118 miliar total pesan pada akhir 2019. Sementara itu, pemasar terus beralih dari kampanye yang aktif dan nonaktif, ke konten gesit yang merespons konsumen “selalu aktif” saat ini.
Juga tidak ada tanda-tanda penurunan kinerja bagi petugas pemasaran. Penelitian baru telah mengungkapkan tantangan, peluang, dan prioritas yang berkembang seputar misi untuk memberikan konsistensi di seluruh pengalaman pelanggan.
Pendorong Pertumbuhan
CMO adalah salah satu area fokus krusial melibatkan tanggung jawab untuk menciptakan dan mengelola pertumbuhan yang menguntungkan. Percakapan selanjutnya seputar kedudukan CMO sebagai pendorong pertumbuhan telah mengungkapkan kesenjangan besar antara keadaan ideal dan kenyataan.
Misalnya, dalam wawancara dengan berbagai eksekutif C-suite , baik di dalam maupun di luar peran CMO, setengah dari orang yang diwawancarai mengatakan memiliki pola pikir perusahaan yang luas adalah salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan CMO. Namun, hanya enam persen CMO yang menggambarkan diri mereka secara aktif bekerja untuk meningkatkan pendapatan di semua aktivitas bisnis global.
Sebuah laporan terpisah juga mengungkapkan beberapa CMO mengekspresikan ketidaknyamanan dalam mengasumsikan peran pendorong pertumbuhan. Responden dalam survei CMO adalah hampir dengan suara bulat (95 persen) mengatakan pendapatan adalah ukuran teratas pertumbuhan dalam organisasi, sementara 70 persen merasa paling percaya diri untuk mendorong pertumbuhan melalui pendapatan. Tetapi hanya 32 persen yang merasa siap untuk memengaruhi pangsa pasar, dan hanya 20 persen yang merasa siap untuk mendorong margin kotor, meskipun keduanya dianggap area pertumbuhan penting oleh bisnis.
Juara Pelanggan
Peran CMO adalah sebagai pendukung pelanggan merupakan area fokus lain yang memerlukan pemeriksaan tambahan. Ketika kami pertama kali mengkategorikan area tanggung jawab ini, kami mengidentifikasi kebutuhan untuk menyelaraskan organisasi di sekitar sentrisitas pelanggan menggunakan data dan analitik untuk memberikan pengalaman pelanggan, serta hasil bisnis yang terukur.
Wawasan tambahan menegaskan bahwa CMO ingin memperluas peran mereka sebagai suara pelanggan, dengan banyak peluang yang belum dimanfaatkan untuk CMO untuk menghubungkan aspirasi tersebut dengan kebutuhan pelanggan tersebut.
Pembangun Kemampuan
Kekuatan untuk mengumpulkan dan menerapkan kapabilitas pemasaran yang kuat adalah keunggulan dari peran CMO utama lainnya. Pemasar yang beroperasi sebagai pembangun kemampuan mendemonstrasikan jangkauan fungsi di seluruh bisnis: Tiga perempat dari pengeluaran teknologi baru melibatkan CMO pada tahun 2017 dan 2018, menurut analisis pengeluaran teknologi pemasaran.
Meskipun lebih banyak pemasar memiliki wawasan pelanggan dan jangkauan teknis yang lebih besar, mereka belum tentu memperluas aplikasi mereka. Misalnya, sementara 34 persen CMO mengatakan mereka menerapkan kemampuan ini ke platform manajemen kampanye, hanya 10 persen mengatakan mereka menggunakannya untuk meningkatkan manajemen siklus hidup atau platform manajemen pengalaman pelanggan.
Katalis Inovasi
Pemasar yang dapat membuat terobosan dengan platform ini terdiri dari segi lain dari CMO. Mayoritas pemasar yang berperan sebagai katalisator inovasi mengatakan bahwa data dan kecerdasan dapat membantu mereka memajukan agenda pertumbuhan.
Tetapi hanya 18 persen yang percaya pemahaman mendalam tentang portofolio produk akan membantu mereka melanjutkan ke tahap pertumbuhan berikutnya.
Kepala Pendongeng
Di tengah perubahan tersebut, masih terserah pemasar untuk menjaga dan menyebarluaskan berita tentang merek perusahaan mereka, dan mengajak konsumen untuk berpartisipasi dalam narasi.
Pendongeng utama ditentukan oleh peran mereka dalam mempromosikan relevansi dan konsistensi merek, dan tampaknya mereka tidak menyimpang jauh dari peran ini.
Lebih dari 40 persen CMO dalam studi Deloitte tentang perubahan peran CMO mengatakan mereka mengerjakan aktivitas pembentukan merek dan pelaksanaan kampanye. Sementara itu, hanya enam persen dari CMO adalah melaporkan secara aktif bekerja untuk meningkatkan pendapatan di semua aktivitas bisnis global.
Karena keputusan pemasaran semakin sering terjadi secara real time, peran CMO yang berbeda cenderung menjadi lebih kompleks. Hasil bisnis akan bergantung pada chief marketing officer yang siap untuk mengambil banyak peran untuk membantu mendorong organisasi mereka menuju kesuksesan.
Tanggung Jawab CMO
CMO memiliki tanggung jawab yang luas untuk mendukung misinya secara keseluruhan. Itu termasuk:
- Mengawasi pengembangan dan penempatan elemen kreatif yang menempatkan perusahaan di pasar;
- Membuat penelitian dan penilaian terhadap pasar serta posisi perusahaan di dalamnya;
- Melakukan pengawasan dan kolaborasi terhadap penjualan untuk mengubah wawasan pemasaran menjadi penjualan
- Melakukan upaya dalam membangun hubungan masyarakat dengan perusahaan, atau bekerja sama dengan tim hubungan masyarakat dari internal dan eksternal agar pesan yang disampaikan perusahaan lebih tersampaikan.
Kualifikasi CMO
CMO, yang mungkin juga memiliki gelar wakil presiden penjualan dan pemasaran, umumnya memiliki setidaknya gelar sarjana dalam bidang pemasaran (meskipun gelar MBA sering kali lebih disukai, jika tidak diwajibkan). Mereka umumnya memiliki setidaknya satu dekade pengalaman dalam pemasaran dan/atau periklanan dan beberapa tahun pengalaman dalam peran manajerial.
Mereka diharapkan memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, pengalaman dalam pengembangan proyek, keterampilan komunikasi yang sangat baik, dan kecerdasan bisnis tingkat tinggi.
Selain itu, peran CMO saat ini membutuhkan kemampuan teknis tingkat tinggi untuk memaksimalkan alat dan memanfaatkan platform media sosial yang penting untuk upaya pemasaran.
Misalnya, CMO diharapkan mengawasi penggunaan platform analitik perusahaan untuk memahami preferensi, prioritas dan pola pelanggan terutama melalui media yang dibuat pengguna dan bagaimana wawasan tersebut dapat mendorong penjualan.
Mereka juga diharapkan untuk mengarahkan kampanye pemasaran dan penjangkauan pelanggan melalui situs media sosial yang ada – dan yang baru muncul, serta melalui saluran tradisional.
Untuk itu, CMO harus sangat ingin tahu dan inovatif, mampu mengidentifikasi teknologi baru yang dapat mengganggu bisnis atau industri mereka dan juga kemudian dapat meresponsnya dengan mengarahkan rekan C-suite-nya tentang cara memposisikan ulang perusahaan dengan mempertimbangkan perubahan itu.
10 Pertanyaan Wawancara Kerja Umum Untuk CMO
Saat menuju wawancara untuk posisi CMO, pastikan untuk bersiap untuk mendiskusikan visi kreatif dan kualifikasi Anda. Tinjau beberapa pekerjaan perusahaan saat ini dengan menjelajahi situs web, jaminan, jejaring sosial, dan sumber lain, dan bersiaplah untuk membuat rekomendasi untuk meningkatkan pekerjaan.
Berikut beberapa pertanyaan yang harus Anda persiapkan:
- Peran apa yang dapat dimainkan pemasaran dalam membantu bisnis mengatasi realitas ekonomi saat ini?
- Bagaimana Anda mendefinisikan kesuksesan dalam peran yang Anda wawancarai?
- Keterampilan apa yang Anda bawa yang belum kami miliki?
- Bagaimana Anda memanfaatkan analitik pemasaran untuk mendorong hasil Anda?
- Dapatkah Anda memberikan contoh terbaru di mana Anda bertanggung jawab untuk mengubah strategi merek Anda yang berdampak terukur pada pendapatan? Bagaimana Anda sampai pada perubahan ini?
- Saat menuju pertemuan dengan salah satu tim Anda, apa yang paling penting untuk disampaikan: apa yang harus mereka lakukan (kiriman kreatif) atau mengapa mereka harus melakukannya (alasan bisnis)?
- Mentor atau perusahaan apa yang Anda cari untuk mendapatkan inspirasi?
- Bagaimana Anda memanfaatkan alat dan teknologi terbaru untuk memberikan hasil terbaik?
- Apakah dengan diferensiasi sudah cukup, atau haruskah perusahaan lebih berfokus pada inovasi?
- Bagaimana Anda memastikan bahwa Anda menggunakan uang yang dianggarkan untuk melibatkan audiens yang tepat?
Masa Depan CMO
Meskipun perubahan yang didorong oleh teknologi selama 20 tahun terakhir telah meningkatkan CMO di banyak organisasi, posisinya sendiri berada di atas dasar yang sulit dalam beberapa hal.
Beberapa perusahaan membentuk kembali pekerjaan sebagai tanggapan terhadap kekuatan teknologi yang sama, menghilangkan peran CMO atau mengubahnya menjadi pekerjaan seperti kepala petugas pelanggan, petugas klien kepala atau kepala petugas digital . Di beberapa perusahaan, CMO berhubungan dengan salah satu peran lainnya tersebut.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.