Konsinyasi Adalah : Keuntungan dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam memasarkan produk ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh seorang pengusaha. Baik memasarkannya secara langsung maupun tidak langsung dengan perantara orang atau pihak lain. Secara tidak sadar, mungkin saja Anda pernah menggunakan cara yang satu ini, yaitu konsinyasi. Memang konsinyasi adalah salah satu cara yang juga banyak digunakan oleh para pengusaha untuk memasarkan produknya.

Namun banyak orang yang belum mengenal istilah konsinyasi, mungkin Anda salah satunya. Apa itu konsinyasi? Apa saja keuntungan dan bagaimana cara melakukannya? Nah, untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, berikut ulasannya.

Pengertian Konsinyasi

konsinyasi-1

Sistem pemasaran konsinyasi adalah bentuk kerjasama berupa penitipan barang yang dilakukan pemilik produk dengan penyalurnya. Sistem pemasaran konsinyasi adalah cara yang umumnya digunakan oleh pedagang besar ke pedagang kecil, ini merupakan salah satu bagian dari strategi marketing yang dilakukan pengusaha atau perusahaan besar tersebut.

Perusahaan besar ini kemudian disebut konsinyor, dan pedagang kecil disebut konsinyi, sedangkan barang yang dititipkan dan diperdagangkan disebut barang konsinyasi. Sebelum melakukan konsinyasi, kedua pihak yang melakukannya biasanya akan membuat sebuah kesepakatan dan perjanjian terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan agar kedua belah pihak saling menguntungan satu sama lain.

Keuntungan Pemasaran Konsinyasi

konsinyasi-2

Tujuan utama yang diharapkan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah mencapai keuntungan. Bagi para pemula dalam dunia usaha, relasi merupakan hal yang sangat penting dalam upaya memasarkan produknya. Apalagi produk yang dipasarkan merupakan produk baru yang belum di kenal di pasaran. Dengan begitu, maka sistem pemasaran konsinyasi adalah solusi tepat yang dapat dilakukan. Nah, untuk lebih lengkap dan jelas, berikut keuntungan konsinyasi yang baik bagi konsinyor maupun konsinyi.

Keuntungan Bagi Pemilik Produk atau Konsinyor

Lebih Hemat

Perusahaan biasanya harus mengeluarkan biaya tambahan untuk merekrut karyawan baru atau sales untuk memberikan pelayanan, memasarkan, dan menjual produknya. Namun, dengan sistem konsinyasi, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk penambahan karyawan juga untuk berbagai layanannya karena telah dilakukan pihak konsinyi. Dengan begitu, tentu akan menekan dan menghemat biaya.

Fokus pada Produk

Kelebihan yang akan diperoleh selanjutnya dengan melakukan sistem pemasaran konsinyasi adalah dapat membuat konsinyor lebih fokus melakukan produksi sehingga ketersediaan produk tetap terjaga. Sebab dengan melakukan konsinyasi, maka berbagai aktivitas seperti pemasaran, penjualan, dan pelayanan telah ditangani oleh konsinyi atau penyalur. Dengan begitu konsinyor tidak perlu melayani konsumen secara langsung. Inovasi-inovasi baru terhadap produk juga dapat dilakukan dengan maksimal sehingga produk yang diproduksi lebih unggul dari segi kualitas.

Memperluas Pasar

Dengan melakukan konsinyasi, pihak konsinyor akan mendapatkan keuntungan berupa semakin luasnya pasar yang dapat dijangkau karena konsinyi-konsinyi yang bekerja sama dengannya pasti lah telah memiliki pasar yang potensial. Dengan begitu, maka secara tidak langsung, konsinyor telah melakukan promosi tanpa biaya.

Keuntungan Bagi Penjual atau Konsinyi

Mendapat Profit Tanpa Modal

Sistem pemasaran konsinyasi adalah pemasaran yang dilakukan dengan menitipkan produk untuk dijual oleh konsinyi, dengan begitu, tugas konsinyi yaitu hanya menjual produk saja. Dengan begitu, maka konsinyi akan mendapatkan keuntungan tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Ada juga beberapa konsinyi yang menaikkan harga produk yang telah ditetapkan konsinyor. Dengan begitu, maka tambahan harga pada produk tersebut menjadi keuntungan yang akan didapatkan konsinyi. Selain keuntungan dari penambahan harga, biasanya pihak konsinyor juga akan memberikan fee kepada konsinyi.

Risiko Kecil

keuntungan selanjutnya yang akan didapatkan konsinyi dari sistem konsinyasi adalah resiko kerugian yang sangat kecil. Kemungkinan resiko terburuk yang akan dihadapi oleh konsinyi adalah pendapatan yang akan berkurang jika barang yang dijual tidak laku. Hal ini disebabkan karena konsinyi hanya akan mendapat fee atau komisi jika produk laku terjual. Namun, selama produk laku terjual, maka konsinyi akan terus mendapatkan keuntungan.

Display Produk Bertambah

Dengan adanya penitipan produk akan membuat jumlah produk yang dijual konsinyi semakin banyak dalam display toko. Apalagi penambahan produk tersebut tanpa menambah atau mengeluarkan modal sehingga sangat membantu penjual untuk meningkatkan keuntungan.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Konsinyasi

Keuntungan yang ditawarkan apabila melakukan konsinyasi tentunya menarik banyak pengusaha untuk melakukannya, mungkin Anda salah satunya. Agar saat mempraktikkanyya tidak mengalami kegagalan dan mendatangkan kerugian, berikut hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan konsinyasi.

Lokasi harus Strategis

lokasi-strategis

Sebelum Anda memilih toko untuk menitipkan barang konsinyasi, wajib untuk melakukan riset sebelum memilih toko yang tepat. Penting untuk melakukan riset terkait lokasi toko. Pastikan lokasi toko konsinyi berada di tempat yang strategis. Hal ini merupakan faktor penting untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan Anda.

Lokasi yang strategis umumnya berada di pusat kota dengan pemukiman penduduk yang padat dan mobilitas tinggi dibandingkan dengan daerah lain. Tempat yang strategis juga menjadi tempat yang ramai dikunjungi karena memiliki akses mudah untuk dijangkau transportasi publik maupun pribadi. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah tempat yang memiliki keamanan tinggi yang menyediakan satpam. Kebersihan dan area parkir yang luas juga merupakan indikator strategis tidaknya sebuah tempat.

Target Market yang Sesuai

Sebelum memasarkan produk dengan sistem konsinyasi, pilihlah target pasar yang tepat untuk produk Anda agar sesuai dengan kebutuhan. Buatlah perusahaan Anda sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, produk Anda akan selalu menjadi pilihan dan dicari konsumen.

Sistem Pencatatan Harus Rapi

Periksa seluruh catatan penjulan yang dicatat oleh konsinyi, apakah telah sesuai standar yang Anda tetapkan atau tidak. Bagus juga untuk membuat dan memberikan format khusus terkait apa saja yang perlu dicatat oleh konsinyi. Dengan begitu maka laporannya akan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selektif Memilih Konsinyi

konsinyasi-3

Pilihlah konsinyi dengan kriteria yang baik dan dapat dipercaya untuk menitipkan produk Anda. Jangan sampai kejadian buruk seperti konsinyi membawa kabur produk, atau tidak membayar uang setoran dari hasil penjualan terjadi pada Anda. Hal ini tentunya akan sangat merugikan Anda.

Lakukan Evaluasi

Lakukanlah pengecekan rutin kepada setiap toko yang menjalin kerjasama konsinyasi dengan Anda. Buatlah jadwal setidaknya sebulan sekali untuk melakukan kunjungan evaluasi. Perhatikan berapa jumlah produk yang mampu dijual setiap bulannya. Tanyakan juga apakah penyebab barang yang tidak laku adalah karena kualitas produk atau hal lainnya. Dengan begitu Anda dapat memperbaiki kualitas produk agar lebih baik.

Berikan Apresiasi

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan sistem pemasaran konsinyasi adalah memberikan penghargaan kepada konsinyi. Penghargaan yang diterima oleh konsinyi atas keberhasilan yang mereka lakukan akan membuat konsinyi semakin royal kepada Anda dan mengeratkan hubungan kerjasama. Berikan apresiasi dengan menambah komisi atau memberikan produk secara gratis.

Itulah artikel terkait konsinyasi yang sangat penting untuk Anda. Sistem pemasaran konsinyasi adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai seorang pengusaha dalam upaya mengenalkan dan menjual produk Anda. Lakukan cara ini dengan tepat agar Anda memperoleh keuntungan sesuai harapan. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, semoga membantu!

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol