Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 91

General Affair Adalah : Tugas dan Tanggung Jawabnya Lengkap!

0
general affair adalah, general affair, apa itu general affair

Di dalam perusahaan terdapat berbagai posisi atau jabatan yang memiliki peranan penting untuk kemajuan perusahaan. Salah satu posisi penting dan sangat lazim ditemui dalam sebuah perusahaan ialah general affair atau biasa disingkat GA. Pada dasarnya, posisi general affair adalah posisi yang berperan penting untuk mengurus dan mengelola perusahaan.

Posisi satu ini pun sudah tidak asing dan mungkin Anda telah sering mendengarnya. Namun, tahukah Anda apa saja yang sesungguhnya dikelola seseorang yang berada pada posisi ini? Untuk Anda yang belum mengetahui, yuk temukan jawabannya di bawah ini.

General Affair Adalah

general affair adalah, general affair, apa itu general affair

General affair adalah sebuah posisi dalam sebuah perusahaan yang pada dasarnya bertugas untuk mendukung perusahaan dalam menjalankan fungsi operasionalnya dengan mengatur semua keperluan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Seluruh urusan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan harus jelas, baik dari tujuan maupun prospek di waktu mendatang. Segala kejelasan itu harus mampu dibuktikan dengan dokumen yang lengkap serta sesuai dengan kenyataan. Untuk memastikan kejelasan tersebut, maka divisi general affair adalah divisi yang menanganinya.

Memastikan dan mengatur segala keperluan perusahaan inilah yang menjadi latar belakang dibentuknya divisi general affair. Baik segala keperluan yang memang rutin ada maupun keperluan yang tidak terduga.

Namun secara khusus, general affair adalah divisi yang fokus dalam memberikan pelayanan kepada seluruh bagian yang ada dalam suatu perusahaan. Hal ini dimaksudkan untuk membantu kelancaran kerja dan operasional perusahaan secara menyeluruh melalui supporting unit.

Umumnya general affair akan berfokus pada beberapa pelayanan, yaitu aset dan pembelian. Sebab kedua hal ini mencakup maintenance dan pemesanan melalui vendor yang terpercaya dan bekerja sama dengan perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab General Affair

general affair adalah, general affair, apa itu general affair

Seorang General Affair memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang dilakukan untuk membantu perusahaan meraih kesuksesan. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab yang dilakukan oleh seorang General Affair.

Melakukan Pemesanan Barang

Tentunya tidak semua barang atau aset milik perusahaan tidak bersifat awet. Ada beberapa barang atau aset yang harus dipesan setiap bulannya, contohnya Komputer dan Printer. Untuk melakukan pengadaan atau memesan aset-aset tersebut merupakan tugas general affair.

Namun sebelum memutuskan untuk memesan dan membelinya tidak bisa langsung begitu saja, sebab general affair bertanggung jawab untuk memastikan dan membandingkan kualitas dan harga barang terlebih dahulu.

Membandingkan baik kualitas maupun harga barang ini tentunya sangat penting dilakukan agar perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli aset tersebut sekaligus agar barang yang dibeli juga memiliki kualitas yang baik sesuai dengan harganya. Semakin rendah jumlah nilai uang yang harus dikeluarkan perusahaan untuk pengadaan aset, menjadi indikator bahwa tugas general affair dilakukan dengan baik.

Melakukan Pembelian

Hal berikutnya yang menjadi tugas general affair adalah melakukan pembelian. Baik pembelian yang bersifat semi permanen seperti membeli printer dan komputer, sampai pembelian barang yang berfungsi mendukung operasional perusahaan lainnya.

Selain itu, tugas general affair juga untuk melakukan pembelian rutin peralatan lainnya yang dibutuhkan. Contohnya seperti ATK, tinta printer, dan kertas. Juga berbagai barang yang memang digunakan setiap hari dan akan cepat habis digunakan, harus dilakukan pembelian secara berkala.

Melakukan Pembayaran

Membayar listrik, air, telepon, jaringan internet, serta berbagai tagihan bulanan atau rutin lainnya juga merupakan tanggung jawab dan tugas general affair. Untuk tanggung jawab satu ini, biasanya general affair telah memiliki estimasi dana yang telah dihitung dengan tepat.

Hal ini karena pembayaran rutin bulanan ini biasanya sama dengan bulan-bulan sebelumnya sehingga telah memiliki acuan yang cukup akurat. Umumnya untuk perusahaan berskala besar, pembayaran rutin ini telah dilakukan otomatis dengan sistem sebab sudah terprediksi jumlah rinciannya serta terintegrasi sistem pada perusahaan.

Membayar Tenaga Kerja Harian

Jika sebuah perusahaan membutuhkan dan menggunakan tenaga kerja harian, maka menjadi tanggung jawab dan tugas general affair untuk membayarnya. Selain itu, divisi ini juga memiliki kewenangan untuk menentukan berapa besaran upah untuk para pekerja lepas tersebut, yang tentu saja di luar dari gaji karyawan.

Upah karyawan lepas ini menjadi tugas general affair karena upah karyawan harian ini, ketika dilaporkan dalam laporan bulanan akan masuk ke dalam kategori keperluan bulanan kantor untuk kebutuhan sumber daya manusia, sehingga menjadi tanggung jawab general affair untuk menentukan dan membayarnya.

Memelihara Aset

Selain melakukan pembelian berbagai barang dan aset, general affair adalah divisi yang juga bertugas untuk memelihara aset yang telah dibeli. Ini dilakukan agar karyawan atau user tidak menggunakan aset perusahaan sembarangan yang dapat menyebabkan rusak atau error berbagai aset tersebut.

Oleh karena itu, tidak heran para staf divisi general affair adalah orang-orang yang galak jika menemukan Anda tidak menjaga dan menggunakan aset perusahaan dengan hati-hati. Sebab bagaimanapun, mereka lah yang akan diminta bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada aset.

Renovasi sekaligus Membuka Kantor Cabang

Ketika kantor Anda akan direnovasi atau perusahaan Anda akan membuka cabang baru, maka general affair lah divisi dalam perusahaan yang selalu sensitif dan sangat rinci ketika menentukan biaya untuk keperluan tersebut.

Sebab tentunya renovasi ataupun membuka cabang baru perusahaan tidak dapat dilakukan dengan instan atau terburu-buru, apalagi asal-asalan. Diperlukan pertimbangan dari berbagai faktor yang ada. Mulai dari faktor kelayakan hingga estimasi dana yang sesuai dan masuk akal.

Sampai dengan estimasi dana telah disetujui oleh general affair pun, pelaporan dari pekerjaan atau pembelian material untuk keperluan renovasi atau membuka cabang baru harus mampu dibuktikan dan dipertanggung jawabkan dengan nota ataupun faktur.

Membina Hubungan Baik

general affair adalah, general affair, apa itu general affair

Selain bertugas memelihara serta melakukan pengadaan berbagai keperluan perusahaan, seseorang yang berprofesi sebagai staf divisi general affair juga bertugas untuk membina hubungan baik dengan klien, baik supplier ataupun vendor yang di mana bekerja sama dengan perusahaan.

Tanggung jawab dan tugas general affair juga termasuk dalam hal membuat kontrak kerja yang baik, memastikan pembayaran selalu dilakukan tepat waktu, serta melakukan komplain bila diperlukan untuk mewakili perusahaan. Tugas general affair yang satu ini secara tidak langsung akan berdampak pada kinerja dan produktivitas tenaga kerja perusahaan. Oleh karena itu divisi general affair haruslah mampu menjaga dan mempertahankan kualitas hubungan dengan klien.

Memastikan Kinerja Perusahaan Baik

Tugas selanjutnya dari general affair adalah memastikan kinerja dan operasional berjalan baik. Oleh karena itu, divisi ini juga mengadakan survei kepuasan pelayanan yang ditujukan untuk seluruh tenaga kerja perusahaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas produk baik barang ataupun jasa, ketepatan, serta kecepatan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.

Mengelola Dokumen Perusahaan

Tugas lain dari general affair yang juga sangat krusial adalah pengelolaan dokumen perusahaan. Dokumen merupakan aset penting yang berisi informasi vital bagi perusahaan, mulai dari data karyawan, kontrak kerjasama, surat izin, hingga laporan keuangan. Oleh karena itu, general affair harus memastikan bahwa seluruh dokumen tersebut tersimpan dengan baik, mudah diakses, namun tetap aman dari tangan yang tidak berwenang.

Dalam era digital saat ini, general affair juga bertanggung jawab untuk memastikan back-up dokumen penting dilakukan secara berkala serta melindungi dokumen digital dari ancaman seperti virus dan serangan siber. Selain itu, mereka harus memastikan bahwa arsip fisik disimpan dengan rapi di tempat yang aman dan terhindar dari risiko seperti kebakaran atau banjir.

Menyediakan Fasilitas Kerja

Fasilitas kerja yang memadai tentunya dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Oleh karena itu, tugas general affair meliputi penyediaan dan pemeliharaan fasilitas kerja seperti meja, kursi, ruang kerja yang nyaman, serta fasilitas penunjang lainnya seperti ruang rapat, pantry, dan toilet. Selain itu, peralatan kerja seperti telepon, fax, proyektor, dan peralatan presentasi juga berada dalam tanggung jawab divisi ini.

General affair juga bertanggung jawab atas kebersihan dan kenyamanan lingkungan kerja, termasuk pengaturan pencahayaan dan suhu ruangan, serta koordinasi dengan pihak kebersihan atau jasa cleaning service.

Menjamin Keamanan Perusahaan

Terakhir, keamanan perusahaan tidak hanya terbatas pada perlindungan aset fisik, tetapi juga meliputi perlindungan terhadap data dan informasi serta keamanan karyawan. Divisi general affair berkoordinasi dengan tim keamanan untuk memastikan area perusahaan terlindungi dari ancaman luar seperti pencurian atau gangguan. Mereka juga memastikan kamera pengawas berfungsi dengan baik dan sistem keamanan lainnya diterapkan dengan efektif.

Sebagai tambahan, general affair juga mengadakan pelatihan keselamatan kerja dan simulasi evakuasi bencana bagi karyawan, sehingga mereka siap menghadapi situasi darurat.

Kualifikasi dan Kemampuan yang Dibutuhkan Seorang General Affair

Untuk dapat menjadi seorang General Affair, terdapat beberapa kualifikasi dan kemampuan yang harus dimiliki untuk dapat sukses. Berikut beberapa kualifikasi dan kemampuan yang harus dimiliki oleh General Affair.

Pendidikan dan Pelatihan

Seorang staf general affair biasanya memiliki latar belakang pendidikan administrasi bisnis, manajemen, atau bidang terkait. Pelatihan khusus dalam manajemen aset, pengadaan, atau administrasi kantor akan menjadi nilai tambah.

Keterampilan Komunikasi

General affair sering berinteraksi dengan banyak divisi, vendor, dan pihak eksternal lainnya. Kemampuan dalam berkomunikasi dengan jelas dan efektif sangatlah penting.

Detail-oriented

Mengingat mereka harus mengelola berbagai aset dan dokumen perusahaan, perhatian terhadap detail sangat diperlukan untuk menghindari kesalahan yang dapat berakibat merugikan.

Kemampuan Mengelola Waktu

Dengan berbagai tanggung jawab yang ada di pundaknya, kemampuan mengatur waktu dengan efektif adalah kunci untuk menjalankan tugas dengan lancar.

Keterampilan Teknologi

Mengingat perkembangan teknologi informasi, seorang general affair harus menguasai berbagai perangkat lunak manajemen kantor dan alat digital lainnya.

Keterampilan Negosiasi

Dalam proses pengadaan atau ketika berhubungan dengan vendor dan pihak ketiga lainnya, keterampilan negosiasi sangat penting untuk mendapatkan kesepakatan terbaik bagi perusahaan.

Pemahaman Hukum

Memahami dasar-dasar hukum kontrak dan regulasi terkait bisnis akan membantu dalam pembuatan kontrak, perizinan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan aspek legal.

Sekian pembahasan kali ini terkait general affair khusus untuk Anda. General affair adalah divisi yang peranannya sangat penting dalam sebuah perusahaan, sehingga kinerja dari divisi ini juga menjadi salah satu indikator berkembang tidaknya sebuah perusahaan.

Apakah Anda tertarik berada dalam divisi penting ini? Jika iya, pastikan Anda memiliki keterampilan problem solving, teliti, jujur, serta berpengalaman dalam mengkoordinir pengadaan barang, juga kemampuan dalam mencatat dan membuat laporan. Terima kasih telah mengikuti artikel ini hingga akhir, sampai berjumpa di artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

Mengenal Lebih Jelas Tentang Database Server dan Yang Paling Umum Digunakan

0
database server

Untuk Anda yang berkecimpung didunia teknologi, pasti Anda sudah sering mendengar kata database server. Diera teknologi modern saat ini pun, nama database merupakan istilah yang sering kita dengar.

Namun apa itu database server dan peranannya? Selain itu apa jenis database server yang sering digunakan? Database server merupakan software untuk mengelola basis data dan melayani program aplikasi berbasis data menggunakan model server.

Istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada komputer untuk menjalankan program terkait. Yuk pelajari lebih lanjut terkait database beserta jenisnya yang sering dipakai programmer pada artikel berikut.

Apa itu Database Server?

pengertian

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis database server yang umumnya digunakan adalah proses olah data, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu pengertian database server. Apa itu database server?

Database server memiliki pengertian yang berbeda dari database. Database (basis data) adalah kumpulan data dalam beragam bentuk (seperti tabel, objek, query, view, skema, dan lain-lain) yang sudah terorganisir dengan baik.

Data ini dapat dikelola lebih lanjut menggunakan software komputer untuk mendapatkan hasil (output) yang diinginkan.

Sementara database server merupakan alat yang digunakan untuk mengelola database. Database server adalah software atau program komputer yang digunakan untuk proses layanan data kekomputer atau program komputer.

Biasanya, database server bekerja dengan model klien-server. Sistem ini juga dikenal dengan sebutan sistem manajemen basis data (SMBD).

Software database server atau SMBD bekerja dengan cara menyambungkan database dengan user (pengguna). Melalui cara ini, database server dapat berinteraksi langsung dengan kedua belah pihak untuk melaksanakan tugas seperti update data, membuat data, query database, eksporting data dan lainnya.

Saat ini, hampir semua informasi dan data sebuah bisnis disimpan dan diolah dalam database. Alhasil ada banyak server database mulai bermunculan dipasar teknologi.

Setiap sever menawarkan sistem kerja, tampilan dan keunggulan yang berbeda, meski pada dasarnya mereka memiliki fungsi umum yang sama. Ingin tahu lebih banyak seputar jenis-jenis server database? Yuk lanjut membaca kebagian selanjutnya.

8 Rekomendasi Database Server Terpopuler

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat ini Anda dapat menemukan begitu banyak server database untuk melakukan pengolahan database. Setiap server menawarkan fungsi pelayanan yang berbeda, tergantung pada jenis database yang Anda miliki.

Semisal database Anda masih bersifat sederhana dan berukuran kecil, maka Anda cukup menggunakan software server yang simpel seperti microsoft access untuk membuat tabel pengolahan data.

Tetapi jika data yang dimiliki berjumlah banyak, tentunya Anda akan membutuhkan server pengolahan yang lebih besar dan canggih.

Ingin tahu apa saja rekomendasi server database? Tenang, kami sudah membuatkan ulasannya khusus untuk Anda. 8 rekomendasi server database yang umumnya digunakan adalah sebagai berikut.

Microsoft SQL Server

Server database yang umumnya digunakan adalah microsoft SQL server. Persis dengan namanya, software ini adalah server database rilisan microsoft.

Awalnya, software ini dipakai untuk mengolah database berskala kecil dan menengah. Namun seiring berjalannya waktu, microsoft SQL server sudah bisa digunakan untuk mengolah database berskala besar.

Dari segi fitur dan keunggulan, microsoft SQL server menawarkan kemampuan untuk mengolah banyak tipe data dibanyak database. Alhasil, microsoft SQL server kini digunakan oleh banyak platform website serta aplikasi.

Selain itu, bahasa pemrograman yang digunakan software ini adalah transact-SQL berstandar ISO/ANSI yang sudah populer dipakai oleh microsoft dan sybase.

MySQL

Microsoft-SQL-Server

Selanjutnya, server database yang umum digunakan adalah MySQL. Software MySQL sudah sangat terkenal dikalangan para programmer sebab memiliki sifat open source.

Sifat open source memungkinkan user untuk mengakses platform secara bebas gangguan. Selain itu, keunggulan MySQL lainnya adalah dapat digunakan multi-user, bersifat network, dan mendukung banyak sistem operasi seperti windows, mac OS X, dan linux.

MySQL merupakan server database yang cocok dipakai untuk mengembangkan website sebab telah didukung oleh beragam bahasa pemrograman seperti C++, C, java, javascript, PHP, phyton, ruby dan masih banyak lagi.

Bahkan perusahaan software raksasa dunia seperti google, adobe dan facebook menggunakan MySQL untuk basis pengolahan datanya. Tertarik untuk mencoba MySQL?

MariaDB

Rekomendasi ketiga adalah mariaDB. Dikembangkan menggunakan sistem database yang sama dengan MySQL.

Oleh sebab itu, MariaDB hadir dan dikembangkan untuk menjaga serta mempertahankan kompatibilitas MySQL.

PostgreSQL

Selain mariaDB, ada juga software server database postgreSQL atau postgres. Nama server database ini sudah akrab ditelinga pengguna macOS, karena server ini merupakan sistem default atau bawaan dari semua perangkat dengan sistem OS tersebut.

Namun saat ini Anda sudah bisa menemukan server postgreSQL pada windows dan distro linux. Berbeda pula dengan software sebelumnya, postgreSQL merupakan pengolah data bersifat relasional sehingga dapat digunakan untuk merespon tugas dari software lain, serta mengembalikan dan menyimpan data dengan aman.

PostgreSQL menjadi terkenal dimasyarakat karena kemampuannya bekerja dengan ringan meski dipakai secara multi-user.

Oracle Database

Server database yang bisa Anda pakai selanjutnya adalah oracle database. Oracle database adalah jawaban terbaik untuk Anda yang ingin menyimpan dan mengolah data berskala besar dan kompleks.

Memori penyimpanan database pada oracle terkenal sangat besar bahkan hingga terabyte. Kapasitas besar serta kemudahan mendownload software ini menjadikan banyak orang memilih menggunakan oracle database untuk kebutuhan pengelolaan database.

Oracle database memiliki sejarah kemunculan yang panjang. Software server ini dirilis pertama kali pada tahun 1977 California, Amerika.

Hingga hari ini, oracle database sudah mengalami banyak perkembangan dari segi fitur. Selain itu, aplikasi ini menyediakan versi berbayar serta gratis.

Lebih bagus lagi, berbeda dengan server lain lisensinya ditanggung oleh developer, lisensi oracle database sepenuhnya ditanggung oleh klien. Sehingga, Anda bisa menjual paket lengkap server beserta lisensinya kepada konsumen.

SQLite

SQLite

Anda juga bisa mencoba software server database bernama SQLite. Software SQLite menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda yang tipe databasenya terstruktur dan rinci seperti data dalam bentuk baris dan kolom. Selain itu SQLite menyediakan data dari sistem cloud, dan juga bisa digunakan untuk caching.

MongoDB

MongoDB merupakan rekomendasi server pengolah database terakhir. MongoDB bekerja dengan sistem open source dan cross platform.

Software ini juga dikenal sebagai server database berkonsep noSQL. NoSQL berarti database yang tidak menyimpan data dalam bentuk relational database, serta tidak menggunakan relasi tabel selayaknya sistem SQL.

Sebagai gantinya, server mongoDB bekerja menggunakan basis data yang berstruktur JSON. Sedangkan penyimpanan database dilakukan memakai sebuah dokumen yang memiliki struktur seperti JSON dokumen.

Untuk bahasa pemrograman, mongoDB menggunakan bahasa pemrograman javascript. Javascript dalam mongoDB memungkinkan software untuk menjalankan operasi kerja seperti proses agregasi, CRUD, indexing dan lainnya.

Microsoft Access

Server pengolahan database rekomendasi terakhir adalah microsoft access. Software satu ini dikenal sebagai server database paling basic atau mendasar, karena ditujukan untuk pengelolaan website individu dan perusahaan berskala kecil-menengah.

Microsoft access juga mendukung banyak teknik pemrograman yang berorientasi pada objek. Meskipun terkenal untuk penggunaan sederhana, microsoft access tetap dapat digunakan untuk mengembangkan software kompleks dan aplikasi sederhana.

Menarik sekali, bukan? Demikianlah pembahasan kali ini terkait rekomendasi software server pengolahan database yang umum digunakan oleh para developer. Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan Anda!
[website-about]

Cara Kerja Dedicated Server, Manfaat dan Harganya

0
dedicated server

Bagi Anda yang bergelut dibidang bisnis, tentu memiliki blog atau website adalah hal yang lumrah terjadi. Seiring berjalannya waktu, bisnis atau usaha, atau situs milik Anda akan berkembang dengan baik.

Traffic pengunjung yang banyak menuntut adanya kekuatan yang lebih dari server milik Anda untuk melayaninya. Berbeda sekali dengan ketika Anda meluncurkan situs web Anda untuk pertama kalinya, seperti pemilik situs baru lain, shared hosting adalah pilihan yang tepat, sebab itu adalah opsi termurah.

Apabila Anda ingin mengelola blog atau website dengan cara yang lebih profesional, maka dedicated server adalah hal yang tepat. Selain itu, juga dapat dipilih ketika Anda merasa kurang puas dengan segala batasan yang ada pada hosting yang bersifat gratis, atau ketika Anda sebagai seorang blogger ingin memindahkan blog dari blogspot ke wordpress yang bersifat self-hosted.

Lalu, apakah sebenarnya dedicated server yang sangat berguna tersebut? Berikut ini akan dibahas pengertian, cara kerja, manfaat sekaligus harga server tersebut.

Pengertian Dedicated Server

Dedicated-Server

Dalam dunia hosting, terkenal beberapa layanan utama, yaitu shared hosting, VPS hosting atau VPS server, dan yang terakhir adalah dedicated server hosting, dimana setiap layanan tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

Dedicated server adalah salah satu tipe hosting dimana memberikan penyewaan satu server secara utuh, tanpa dibagi dengan user lain, atau dengan kata lain dengan skala penuh, kepada hanya satu buah akun penyewa.

Sehingga hanya user tersebut yang dapat menempati sekaligus menggunakan server tersebut. Artinya adalah, saat Anda memutuskan untuk membeli atau menyewa layanan hosting dedicated server, Anda dapat memperoleh akses penuh terhadap sebuah server.

Anda berkuasa sepenuhnya terhadap pengelolaan server ini, termasuk dalam hal pemilihan sekaligus instalasi sistem operasi, jenis hardware, termasuk menginstall software aplikasi yang dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan server sendiri, dan lainnya.

Anda pun tidak perlu direpotkan dengan instalasi sekaligus penyediaan hardware, dikarenakan sudah terdapat support untuk instalasi software tersebut sehingga sudah siap untuk digunakan.

Kelebihan server ini adalah, selain memberikan seratus persen hak akses terhadap suatu server, dan juga sangat aman. Apabila terjadi kerusakan pada server, Anda tidak perlu bertanggung jawab pada kerusakan tersebut.

Selain itu, Anda juga akan disediakan remote, untuk mengontrol server milik Anda. Jadi, tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung, yang sama sekali tidak membebani Anda.

Contoh nyata dari server ini adalah layanan IDcloudhost. Layanan ini bersifat unmanaged alias dukungan teknis diberikan sampai pada tatanan jaringan sekaligus hardware. Providernya melakukan instalasi sekaligus konfigurasi awal sesuai dengan permintaan Anda sebagai client.

Khusus untuk dedicated server Indonesia, server akan diletakkan pada data center Indonesia, yang terkoneksi langsung dengan jaringan 1GBps shared IIX atau open IXP connection unmetered, sekaligus link internasional melalui nusanet internet service provider, dengan besar 5mbps shared international connection.

Selain itu, pilihan untuk bandwidth dedicated juga dapat dimiliki jika Anda menginginkannya. Saat ini, layanan IDcloudhost sudah dipergunakan oleh beberapa perusahaan besar Indonesia, seperti Telkom Group, Telkom Indonesia, hingga Astragraphia.

Selain itu, juga terdapat jogjahost, yang memberikan layanan kelola dedicated server menggunakan cPanel. Bagaimana? Menarik kan? Lalu, bagaimana cara kerja dari server ini? Berikut ini akan dibahas liputannya.

Cara Kerja

Dedicated server dan colocation server memiliki keterhubungan, dimana komponen hardwarenya menyewa milik data center. Sedangkan colocation center, seluruh server fisik dan komponen miliknya dibeli sendiri, seperti hardware, software, firewall hingga komponen lainnya, kemudian diletakkan pada data center untuk dikelola sekaligus dirawat.

User memiliki pengetahuan mengenai server, memiliki root access server sekaligus memiliki wewenang penuh untuk mengatur servernya. Analogi dari dedicated server dan colocation server adalah ibarat sebuah gedung, gedung ini terletak disebuah kompleks yang disebut data center atau colocation server.

Gedung yang Anda tempat sendiri, Anda bebas menggunakan sekaligus mengatur seluruh fasilitas yang ada didalamnya. Sekalipun bebas, jika terjadi sesuatu dengan data center, maka gedung atau server yang Anda miliki dapat terkena imbasnya, misalnya mati listrik, atau bencana alam.

Tipe hosting jenis ini cocok sekali untuk perusahaan besar yang membutuhkan resource yang besar, serta memiliki traffic website yang tinggi. Memiliki modul tertentu yang tidak dimiliki dalam layanan shared hosting, serta mengutamakan tingkat keamanan data yang tinggi.

Manfaat Dedicated Server

manfaat

Manfaat dari server ini adalah sebagai berikut:

Alamat IP Dedicated

Anda dapat memilih alamat IP dedicated untuk server milik Anda. Tentu hal ini memberi Anda sebuah kontrol administratif pada server milik Anda sekaligus identitas yang unik.

Manfaat SEO

Keutamaan dari hosting jenis ini adalah website milik Anda akan lebih cepat diakses. Hal ini akan mengurangi tingkat bouncing, sekaligus meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Anda pun tidak akan terjebak dalam suatu lingkungan yang buruk.

Apabila situs lain pada server milik Anda di­ black-list, dikarenakan berbahaya oleh google, pengaruh negatif akan dirasakan oleh website milik perusahaan Anda. Belum lagi adanya potensi penurunan relevansi untuk pengguna Anda.

Keandalan

Dikarenakan hanya ada satu jenis bisnis atau organisasi yang beroperasi dalam suatu server, Anda dapat mencapai maksimum uptime sekaligus waktu loading yang cepat yang mengurangi kemungkinan downtime ataupun kinerja website yang buruk.

Bisnis atau organisasi tidak harus berbagi bandwidth dengan situs lain, yang berarti sumber daya yang Anda butuhkan selalu tersedia dan dapat diakses dengan mudah.

Keamanan

Hosting jenis ini memberikan pelayanan yang optimal terkait tingkat keamanan pada sistem. Pada pilihan awal, yaitu shared hosting, memberikan perusahaan sekaligus webmaster akses keseluruh sumber daya yang dimiliki oleh server, yang tentunya dapat menimbulkan ancaman keamanan yang signifikan untuk jenis bisnis yang menyimpan data yang sensitif.

Demi memerangi masalah ini, dedicated server beroperasi dalam hubungannya dengan patch keamanan, sekaligus memberikan update reguler untuk melindungi file. Hal ini tentu akan meminimalkan kemungkinan pelanggaran pada sistem keamanan.

Selain itu, persyaratan keamanan yang diminta oleh badan pemerintah terus bertumbuh. Bisnis Anda harus bisa menyediakan potensi pembaharuan yang dapat menyelesaikan kewajiban persyaratan untuk sever, untuk memiliki akses keamanan yang ketat.

Fleksibilitas Sekaligus Peningkatan Kontrol

Keuntungan terbesar dari dedicated server adalah peningkatan kontrol sekaligus tingkat fleksibilitas. Sesuai dengan konsepnya sendiri, hal ini pada gilirannya akan menciptakan lingkungan yang optimal untuk sebuah situs web.

Sehingga website milik Anda dapat menerima peningkatan jumlah pengunjung sekaligus sumber daya yang fleksibel disaat ada lonjakan pengunjung. Sebagai contoh, setelah adanya press release.

Harga Layanan Ini

harga

Dikarenakan salah satu kelemahan layanan ini adalah harganya yang mahal, tentu Anda membutuhkan dedicated server murah. Hal ini dikarenakan semakin tinggi tingkat spesifikasi server yang diiinginkan, akan semakin mahal pula harganya.

Berbeda sekali dengan shared hosting yang memungkinkan Anda untuk membayar sewa bersama dengan pengguna lainnya. Di Indonesia, Anda akan menemukan layanan ini dengan kisaran harga Rp.1.500.000,- perbulan.

Sementara kisaran harga yang ditawarkan, paling mahal, sampai dengan Rp.4.000.000,- perbulan. Adapun menurut sumber lain, idealnya berkisar Rp.5.000.000,- hingga Rp.10.000.000,- perbulan.

Dengan RAM yang diberikan berkisar 16GB dan kapasitas penyimpanan mencapai 200GB, dengan menggunakan solid state disk alias SSD. Apakah yang dimaksud dengan SSD tersebut?

SSD adalah penyimpanan yang memiliki kinerja sekaligus kehandalan khusus pada lingkungan virtual yang juga banyak digunakan pada data center modern yang menyediakan fasilitas colocation server. Bagaimana? Menarik, bukan?

Demikian informasi mengenai server ini, sekaligus informasi lain seputar harga yang kami harap bisa bermanfaat untuk Anda. Tentu provider layanan yang berbeda, akan memberikan keunggulan sekaligus harga yang berbeda pula!

[website-about]

Apa itu Sparkol Videoscribe? Ulasan Sejarah, Fungsi dan Fitur-Fiturnya

0
video scribe

Sparkol VideoScribe adalah alat intuitif untuk membuat Whiteboard animasi dan video explainer. Anda dapat membuat video yang seolah-olah sedang digambar tangan tanpa pengetahuan animasi.

Gaya ini juga dikenal sebagai video “explainer” dan telah menjadi semakin populer untuk tujuan pemasaran dan pendidikan.  Sparkol VideoScribe adalah perangkat lunak animasi video terbaik untuk kebanyakan orang.

Jika Anda tertarik untuk membuat animasi untuk halaman web bisnis Anda, iklan, atau video untuk tujuan pendidikan, Sparkol VideoScribe ini layak digunakan.

Di aplikasi ini terdapat perpustakaan gratis dengan gambar dan suara, meletakkan semua yang Anda butuhkan. Anda dapat mengunduh perangkat lunak pada komputer sebanyak yang Anda butuhkan (meskipun hanya dapat digunakan satu per satu), dan memiliki dukungan cloud untuk mengakses proyek Anda di tempat kerja atau di rumah.

Apa Itu VideoScribe?

video-scribe

Sparkol VideoScribe adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Sparkol yang membantu pengguna membuat whiteboard animasi dan video explainer.

Video-video ini biasanya menampilkan sulih suara yang menjelaskan sebuah cerita, produk, atau ide disertai dengan gambar-gambar yang tampaknya digambar di layar saat video berlangsung.

Gaya ini semakin dikenal karena tingkat keterlibatan pemirsa yang tinggi dan dianggap sangat efektif dalam industri pemasaran dan pendidikan.

Sejarah VideoScribe

VideoScribe diluncurkan pertama kali Di Inggris pada tahun 2012 oleh perusahaan aplikasi sparkol. Di tahun 2013 aplikasi Sparkol VideoScribe ini sudah menghasilkan banyak pengguna hingga melebih 100.000 orang. Dan terus bertambah setiap tahunnya. VideoScribe dibuat dengan Adobe Flash yang menghasilkan Video dengan Quicktime. File video pada Sparkol Videoscribe dapat unggah melalui video Flash, Video Quicktime atau gambar (JPEG atau PNG).

Pada April 2013, anak-anak sekolah Amerika menggunakan VideoScribe membuat pesan untuk Barack Obama. Kanselir Inggris George Osborne meriwayatkan seorang juru tulis untuk menjelaskan Putaran Pengeluaran di situs web Pemerintah Inggris pada Juni 2013.

Bulan berikutnya, VideoScribe direkomendasikan di situs web BBC News. Aplikasi VideoScribe iPad memenangkan Aplikasi Mobile/Tablet B2B Terbaik di MOMA Awards 2013 setelah dinominasikan dalam tiga kategori. Mashable telah menggunakan VideoScribe untuk membuat beberapa video whiteboard untuk situs web mereka.

Manfaat VideoScribe

Manfaat utama Sparkol VideoScribe adalah:

  • Ini membantu Anda membuat video animasi dengan sedikit atau tanpa pengalaman.
  • Gaya whiteboard semakin populer dan relevan.
  • Pustaka persediaan suara dan gambar berarti Anda tidak perlu membuat konten sendiri dari awal.
  • Anda dapat mengekspor dalam beberapa format berbeda ke berbagai platform.

Fungsi VideoScribe

Fungsi dari Sparkol VideoScribe adalah untuk membuat presentasi berupa video animasi dengan menyajikan sebuah tangan yang bergerak tengah menulis atau menggambar dan menjelaskan layaknya seseorang yang tengah menjelaskan di whiteboard.

Sparkol VideoScribe tidak hanya berguna pada bisnis saja namun juga dapat digunakan dalam dunia pendidikan. Dimana VideoScribe banyak menarik minat siswa sehingga prestasi belajar meningkat hingga 88%. Dan penjelasan dengan VideoScribe lebih banyak disukai ketimbang seseeorang yang menjelaskan secara langsung.

Apakah VideoScribe Gratis?

videoscribe-1

Tidak, Sparkol VideoScribe bukan perangkat lunak gratis. Anda dapat mencoba program ini selama 7 hari tanpa biaya dan tanpa memberikan kartu kredit, tetapi opsi ekspor Anda akan terbatas pada Youtube, Facebook, dan Powerpoint, dan setiap video akan memiliki watermark.

Jika Anda memutuskan untuk membeli perangkat lunak Sparkol VideoScribe, Anda dapat membayar $ 168 untuk akses satu tahun, atau membayar $ 35 sebulan dan mengakhiri atau melanjutkan kontrak Anda kapan saja.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sparkol VideoScribe memiliki editor sederhana yang luar biasa untuk alat sekuat yang ternyata. Seperti yang Anda lihat pada gambar, editor dipecah menjadi area kanvas utama dengan garis waktu di bagian bawah dan toolbar di bagian atas.

Anda dapat menggunakan bilah alat untuk menambahkan teks, gambar, atau konten bagan untuk video Anda. Anda akan ingin menunggu sampai Anda selesai, untuk menambahkan klip audio dan sulih suara.

Setelah selesai membuat, Anda dapat mengekspornya sebagai file video atau mengunggah ke Youtube, Facebook, atau Powerpoint. Video yang diekspor selama periode uji coba akan ditandai air dan tidak dapat diekspor sebagai file.

Apa Saja Fitur-Fiturnya?

Sparkol VideoScribe unik karena kemampuannya untuk mendukung semua fungsi yang Anda harapkan tanpa mengorbankan antarmuka pengguna atau kurva pembelajaran.

pertama kali membuka program, Anda akan terkejut dengan betapa sederhananya aplikasi ini, dan salah mengira apliaksi ini akan memiliki aplikasi yang sangat terbatas. Sebaliknya, Anda akan menemukan bahwa ia dapat melakukan hampir semua yang Anda harapkan dari perangkat lunak animasi profesional.

Juga, perlu diingat bahwa penggunaan Versi Mac dan Versi PC mungkin terlihat atau berfungsi sedikit berbeda, seperti halnya dengan banyak program lintas platform.

Memasukkan Media

Anda tidak dapat membuat animasi tanpa gambar untuk dianimasikan, dan VideoScribe menyediakan pustaka gambar stok yang cukup komprehensif untuk bekerja dengannya. Kategori berkisar dari “panah” hingga “cuaca”.

Ada dua jenis gambar yang tersedia: gratis dan berbayar. Gambar gratis dapat digunakan hanya dengan memiliki salinan perangkat lunak, sedangkan gambar berbayar harus dibeli secara individual dan tidak termasuk dalam harga program. Ini ditandai dengan pita merah dalam pencarian.

Setelah memilih gambar untuk digunakan, Anda dapat mengkliknya untuk memasukkannya ke dalam juru tulis Anda (alias proyek video). Anda dapat menentukan bagaimana gambar Anda digambar di layar, mengedit beberapa detail visual seperti ukuran sudut atau kuas, dan menentukan berapa lama gambar itu tetap terlihat.

Memasukkan Teks

Sementara sulih suara dapat menyediakan banyak konteks untuk gambar dalam video, teks diperlukan untuk proyek pada semua skala. Ini dapat digunakan untuk judul, peluru, catatan, detail gambar, dan banyak lagi. Ini meningkatkan kualitas video dan membuatnya lebih menarik.

VideoScribe menyediakan hampir setiap font yang Anda lihat di Microsoft Word untuk menulis teks Anda.

Satu-satunya downside adalah bahwa hanya font dasar yang sudah diinstal, jadi memilih font lain akan memaksa Anda untuk menunggu sekitar satu menit saat unduhan.

Scene Animation dan Timeline

Setiap bagian konten, dari gambar ke teks, direpresentasikan sebagai satu blok pada timeline. Anda dapat menarik dan melepas ini untuk menyusunnya kembali. Urutan yang ditampilkan dalam garis waktu menentukan apa yang digambar terlebih dahulu.

Mengklik pada blok mana pun akan memperluas rinciannya dan memungkinkan Anda untuk membuka editor, menyesuaikan waktu layar, atau memutar video dari titik itu. Ini juga memberi tahu Anda pada stempel waktu apa konten tertentu muncul dan menghilang. Mengklik bagian terakhir dari konten akan memberi tahu Anda berapa lama seluruh video.

Fungsi Audio dan Sulih Suara

VideoScribe memiliki salah satu perpustakaan musik bebas royalti paling luas dari aplikasi apa pun yang pernah saya gunakan. Ada lebih dari 200 klip dengan panjang berbeda-beda, dan titik-titik kecil berwarna pada setiap klip mewakili kisaran dari satu biru untuk “tenang” hingga empat titik gelap untuk “berat”.

Ekspor dan Bagikan

Ketika Anda telah mengedit video Anda dengan sempurna, VideoScribe memiliki banyak opsi untuk mengekspor dan berbagi. Pengguna gratis hanya akan dapat mengakses opsi berbagi Youtube, Facebook, dan PowerPoint, dan video mereka akan ditandai dengan logo VideoScribe. Pengguna berbayar dapat mengekspor dalam beberapa format file video, ke situs web, dan platform yang disebutkan sebelumnya tanpa tanda air.

[online-about]

Apa itu IT Helpdesk? Penting Diketahui Manfaat dan Cara Kerjanya

0
helpdesk

 

Helpdesk adalah alat yang mengatur komunikasi pelanggan untuk membantu bisnis merespons pelanggan dengan lebih cepat dan efektif. Menggunakan helpdesk memungkinkan tim dukungan Anda untuk menawarkan pengalaman terbaik kepada pelanggan Anda.

Helpdesk menawarkan fitur untuk memberikan konteks dan wawasan tentang pengalaman pelanggan dan juga menyediakan fitur internal untuk membandingkan kinerja tim dukungan Anda dan memastikan bahwa tim Anda benar adalah yang terbaik.

Alat helpdesk adalah salah satu alat yang paling tidak terpisahkan ketika mendukung basis pelanggan dengan sukses. Ada begitu banyak informasi tentang helpdesk diluar sana, itu bisa sangat membingungkan.

Artikel kali ini telah mengumpulkan beberapa informasi yang akan membantu Anda belajar tentang apa itu helpdesk, manfaat helpdesk untuk Anda, dan bagaimana helpdesk dapat bekerja.

IT Helpdesk

IT-help-desk

IT helpdesk adalah departemen didalam organisasi yang bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan teknis penggunanya. Sebagian besar perusahaan IT besar telah menyiapkan helpdesk untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan mereka.

Pertanyaan dan jawaban mereka biasanya ditransfer menggunakan email, telepon, situs web, atau obrolan online. Selain itu, ada helpdesk internal yang bertujuan menawarkan bentuk bantuan yang sama, tetapi hanya untuk karyawan didalam organisasi.

Siapa Yang Menggunakan Helpdesk

Setiap perusahaan yang melakukan bisnis dengan pelanggan akan mendapat manfaat dari helpdesk. Yang sedang berkata, kebutuhan memenuhi helpdesk adalah tergantung pada apa ukuran perusahaan Anda, dan jenis bisnis apa yang Anda lakukan.

Helpdesk Untuk Usaha Kecil Atau Perusahaan

Bisnis Kecil

Menjalankan bisnis kecil berarti Anda tidak mampu membuat kesalahan langkah tunggal dengan pelanggan Anda hanya memiliki begitu banyak. Karena itu, Anda harus pergi keatas dan keluar untuk mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat mereka.

Itu berarti segalanya, mulai dari menjawab pertanyaan mereka, menerima permintaan khusus, dan bahkan terkadang menelepon diluar jam reguler.

Enterprise

Helpdesk yang baik  untuk perusahaan  memungkinkan kolaborasi yang lebih cepat antara tim Anda, terutama yang diluar dukungan, untuk membantu Anda memberikan layanan pelanggan enterprise.

Semakin cepat tim Anda, seperti teknik atau produk, dapat masuk ke helpdesk Anda dan menyelidiki apa yang mungkin terjadi dengan masalah skala besar, atau harga tinggi, semakin baik Anda dapat melayani pelanggan perusahaan Anda yang bernilai tinggi. Kemungkinan keuntungan semakin banyak.

Helpdesk Cocok Untuk Segmen Konsumen Yang Berbeda

B2B

B2B singkatan dari business-to-business kemungkinan, dalam perangkat lunak manajemen layanan pelanggan, bisnis B2B akan mencari sesuatu yang menawarkan  dukungan multichannel, termasuk saluran seperti telepon atau obrolan.

Akan sangat baik bagi tim manajemen layanan pelanggan mereka jika mereka dapat memasukkan rekaman telepon, untuk meninjau kembali panggilan untuk kontrol kualitas.

B2C

B2C adalah singkatan dari business-to-customer, dan memiliki kebutuhan yang sedikit berbeda dari B2B. Seringkali, karena produk B2C biasanya merupakan titik harga yang lebih rendah daripada saudara-saudara B2B mereka, mereka memiliki volume yang jauh lebih tinggi dengan pengguna yang membayar lebih rendah.

Menggunakan Helpdesk Dalam Tim Layanan Pelanggan

Helpdesk-Cocok-Untuk-Segmen

Customer Service Representative

Seorang  customer service representative  bertanggung jawab untuk menjawab setiap tiket masuk atau pertanyaan dimana saluran yang tersedia untuk pelanggan Anda saat ini.

Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk memperbarui dokumentasi alat bantu Anda (baik internal maupun eksternal). Ada kemungkinan bahwa mereka dapat memeriksa matrix kinerja mereka tanpa dorongan, tetapi jika tidak, Anda, sebagai manajer mereka, harus mendorong mereka untuk melakukannya.

Manajer Layanan Pelanggan

Peran manajer layanan pelanggan merupakan spesialis, atau pemimpin tim, atau bahkan seseorang dengan latar belakang teknik sedikit. Mereka mungkin akan peduli dengan keseimbangan dua hal antara manajer dan perwakilan.

Mereka akan ingin melihat bagaimana seluruh tim melakukan dan dimana mereka bisa menjadi lebih baik, tetapi mereka juga masih akan memerlukan akses ke alat-alat seperti mengedit dokumentasi, menulis tiket, integrasi, dan menambahkan tag baru.

Manfaat Helpdesk Bagi Bisnis dan Usaha

manfaat-helpdesk

Mengelola kantor yang sibuk bisa sedikit berlebihan, terutama jika bisnis sedang booming.  Telepon berdering, email menumpuk, komentar facebook menunggu, dan pelanggan membutuhkan perhatian semua hal ini mulai bertambah ketika mereka tidak segera ditangani.

Itu sebabnya helpdesk adalah sangat penting untuk Anda miliki dalam bisnis Anda. Manfaat helpdesk adalah sebagai berikut.

Peningkatan Efisiensi

Setiap bisnis ingin beroperasi seperti mesin yang diminyaki dengan baik. Dengan kata lain, mereka ingin berjalan dengan lancar dan mudah dengan setiap komponen melakukan bagiannya.

Jika Anda harus terus-menerus berurusan dengan bagian yang bergerak lambat, gangguan, atau area yang mulai dan berhenti, maka Anda tidak akan menyelesaikan semua pekerjaan yang perlu Anda lakukan.

Service helpdesk meningkatkan efisiensi operasi Anda. Ini berfungsi sebagai lokasi terpusat untuk semua komunikasi layanan pelanggan Anda. Service helpdesk adalah pusat layanan pelanggan yang memungkinkan aktivitas masuk kesatu tempat.

Seamless Experience

Pelanggan menginginkan pengalaman yang lancar dan menyenangkan ketika mereka berinteraksi dengan bisnis Anda. Customer service IT helpdesk adalah prioritas nomor satu bagi banyak pelanggan.

Bahkan, lebih dari tiga perempat pelanggan potensial mundur dari penjualan karena pengalaman buruk. Sangat penting untuk memiliki pengalaman layanan pelanggan yang baik untuk mempertahankan pelanggan.

Pelanggan bertemu dengan konsistensi dimana pun atau bagaimanapun mereka menghubungi bisnis, dan respons bisnis seragam disemua platform.

Peningkatan Produktivitas

Ketika karyawan Anda dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa hambatan dan masalah, maka produktivitas meningkat. Dengan menerapkan banyak fitur otomatisasi dari helpdesk, karyawan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan dengan lebih mudah.

Resolusi Masalah

IT helpdesk adalah memfasilitasi manajemen masalah. Ketika insiden datang ke helpdesk, mereka dilacak dan dianalisis. Jika terlalu banyak masuk yang berada diarea atau kategori tertentu, itu menimbulkan bendera merah.

Pada titik itu, manajemen (departemen atau manajer utama) dapat memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut untuk melihat apakah ada korelasi antara semua insiden.

Jika demikian, maka masalah yang lebih besar diselesaikan. Fitur manajemen masalah tertanam dihelp desk untuk memfasilitasi proses ini.

Bagaimana Helpdesk Bekerja Bagi Bisnis dan Usaha?

Berikut cara helpdesk bekerja:

Bekerja Lebih Efisien

Pekerja kantor dapat mengirimkan masalah dengan mudah dan memperbaiki masalah teknologi mereka dengan lebih cepat, memungkinkan setiap orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjadi produktif, dan lebih sedikit waktu untuk memutar-mutar masalah yang dihadapi.

Profesional TI membuang lebih sedikit waktu untuk proses manual yang tidak perlu, membebaskan waktu yang berharga untuk pekerjaan yang lebih penting.

Multitask Lebih Pintar, Bahkan Saat Bepergian

Sistem helpdesk memungkinkan para profesional TI untuk lebih mudah mengkategorikan dan memprioritaskan masalah, yang memungkinkan mereka untuk mengurutkan masalah yang lebih baik untuk dikerjakan.

Misalnya, seorang teknisi mungkin ingin menangani beberapa masalah serupa dalam satu perjalanan dari ruang server, memanfaatkan waktu mereka dengan lebih baik.

Satu Tempat Untuk Semua Permintaan TI

Sebagian besar sistem helpdesk termasuk portal pengguna yang menyediakan satu tempat bagi pengguna untuk membuat tiket, melihat status masalah terbuka, dan menutup tiket setelah diselesaikan.

Portal juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi penting kepada pengguna (seperti downtime yang direncanakan), yang dapat mengurangi tiket yang tidak perlu.
[business-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Teknologi PABX : Pengertian, Jenis-Jenis dan Cara Kerjanya

0
pbax adalah

 

Membahas teknologi memang tidak akan pernah ada habisnya. Selalu ada teknologi baru dan istilah baru yang bermunculan setiap harinya. Diantaranya mungkin Anda telah familiar, namun tidak sedikit teknologi baru atau istilah yang banyak orang tidak ketahui. Tidak hanya istilah baru, ada banyak juga istilah lama yang orang-orang tidak ketahui, PABX adalah contohnya. Apakah Anda mengetahui istilah satu ini?

Istilah ini berhubungan dengan dunia telepon, yang pada dasarnya sistem telepon PABX adalah switch telepon yang digunakan untuk kantor atau sebuah bisnis. Teknologi PABX sendiri memiliki beberapa jenis, apa sajakah itu? Penasaran terkait pengertian, jenis, dan cara kerja PABX lebih jauh? Jika iya, terus ikuti artikel ini hingga akhir ya. Yuk langsung simak penjelasannya.

Pengertian PBAX

pbax

Sederhanya, pengertian PABX adalah sebuah sistem hubungan telepon di mana pengoperasiannya dilakukan tanpa melalui operator. Melalui sistem ini, seorang penelepon dapat melakukan panggilan telepon secara langsung kepada nomor telepon tujuan. Telepon dilakukan dengan cara memasukkan nomor khusus agar memperoleh saluran keluar, selanjutnya menekan nomor tujuan.

Istilah PABX ini memang digunakan dan diketahui orang-orang pada zaman ini karena telepon memang jarang digunakan dan telah digantikan dengan adanya smartphone atau telepon pintar. Namun memang untuk keperluan bisnis atau di kantor teknologi satu ini masih digunakan.

Jika beralih ke pengertian PABX secara bahasa, Private Automatic Branch Exchange atau PABX adalah istilah yang sudah lama ada dari Private Branch Exchange atau PBX. Dahulu, PBX adalah sebutan untuk PABX pada zaman dulu yang memiliki fungsi sebagai sistem yang memaksimalkan fungsi telepon suatu perusahaan.

Dengan hadirnya perangkat ini, memudahkan berbagai bagian atau divisi dalam sebuah perusahaan untuk saling berkoordinasi melalui panggilan telepon yang masuk, di mana setiap bagian atau divisi tersebut telah memiliki nomor extension. Jika Anda telah bekerja di sebuah kantor dalam bidang apapun, maka telepon yang ada di setiap divisi yang ada di kantor Anda terhubung dengan teknologi yang disebut PABX ini.

PABX adalah switch atau alat penyambung yang mengatur komunikasi telepon masuk atau keluar dengan efisien dan efektif digunakan dalam sebuah gedung atau perkantoran. PABX merupakan sentral kecil dalam lingkungan terbatas dan menjadi pusat jaringan peripheral perangkat komunikasi.

Ini berarti, jumlah sambungan (extension) yang mampu dikelola bergantung pada kapasitas PABX. Bagaimana jika menghubungkan extension dengan pelanggan di luar sistem PABX? Maka digunakan trunk untuk melengkapi PABX.

Jenis-jenis PABX

pbax-1 teknologi pabx

PABX Analog

PABX analog adalah jenis PABX yang memiliki extension yang berperan sebagai sinyal analognya, sebab telah menggunakan sinyal analog. Misalnya single line telephone, dengan begitu PABX ini tidak membutuhkan telepon khusus.

Kelebihan yang dimiliki ialah ia lembaga atau subyek yang menggunakannya tidak perlu menyiapkan sebuah telepon khsusus. Inilah yang menjadi alasan mengapa PABX Analog ini banyak digunakan oleh perusahaan atau Lembaga-lembaga yang menggunakan telepon.

PABX analog ini telah banyak membantu manusia menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan kabel tembaga dan POTS. Suara yang dihasilkan dengan jenis PABX satu ini cukup baik serta memiliki beberapa fitur dasar yang dapat Anda temukan selayaknya pada ponsel Anda ketika digunakan untuk menelepon.

Beberapa fitur yang dimaksud ialah menerima telepon, mematikan suara, redial, serta melakukan speed dial. Anda juga bisa mentransfer pangggilan antar extension. Yup, hanya itu fitur yang ditawarkan jenis PABX satu ini. Beberapa kemudahan fitur yang tidak terlalu kompleks menjadikan sistem ini cukup murah dan terjangkau.

PABX Digital

PABX digital adalah jenis PBAX yang mempunyai output data digital. Dengan menggunakan kabel tilion 4 kawat, PABX satu ini memiliki beberapa fitur. Mulai dari conference call yang menggunakan telepon khusus guna menyambungkan panggilan. Sebab data yang dikirim harus dikonversi terlebih dahulu agar menjadi data suara.

PABX digital merupakan teknologi terbaru dari jenis sebelumnya dengan kelebihan setiap pesawat telepon memiliki kemampuan untuk berfungsi sebagai Operator Console. Perkembangannya yang sangat tinggi menjadikan jenis PABX satu ini banyak digunakan. Ditambah dengan PABX digital ini menawarkan fitur yang lebih canggih dan lengkap dibandingkan PABX analog.

IP PABX

IP PABX adalah PABX yang tercipta karena semakin banyaknya kebutuhan data yang diperlukan oleh pengguna. IP PABX ini menggunakan jaringan data internet protocol (IP) yang berperan sebagai jaringan untuk mengirimkan percakapan ke dalam bentuk paket data. Selain dengan jaringan data IP, IP PABX pun dapat berjalan baik dengan sistem analog maupun digital.

Bahkan IP PABX dapat dijadikan modem. Kelebihan lain perangkat ini ialah mampu memungkinkan pengguna untuk mengalihkan panggilan melalui Voice over Internet Protocol (VoIP) kepada seluruh pengguna dalam satu jaringan yang telah tersambung. Bahkan meski misalnya kantor atau lembaga tempat Anda bekerja mempunyai telepon tradisional atau dengan PABX versi sebelumnya, tetap dapat melakukan hal tersebut.

PABX Hybrid

PABX Hybrid adalah gabungan dari PABX analog dan digital. PABX satu ini mempunyai empat kabel pada setiap outputnya. Tentunya fitur yang digunakan pengguna menjadi lebih baik setelah menggabungkan dua jenis PABX.

Fiturnya pun semakin beragam karena fitur lama dan fitur baru telah ditanamkan dalam PABX Hybrid ini. Salah satu contoh mesin PABX Hybrid yang telah dipasarkan ialah KX-TDA 600 yang memiliki berbagai fitur dan kegunaan yang fleksibel. Mesin PABX satu ini sangat cocok untul keperluan kantor atau rumah Anda.

Cara Kerja PABX

PABX merupakan sistem yang mempunyai beberapa sambungan kabel yang akan diarahkan ke suatu switchoard yang berperan sebagai control station. PABX merupakan alat dengan teknologi canggih sebab dapat berfungsi sebagai telepon, mesin fax,modem, dan juga alat komunikasi untuk karyawan secara internal sebuah perusahaan. Cara kerja PABX adalah seperti modem yang berperan sebagai control station pusat.

Secara sederhana, cara kerja PABX adalah, ketika ada sebuah panggilan yang masuk, panggilan tersebut akan diarahkan (routing) melalui control station. Hal ini disebabkan karena dalam sistem PABX telah dimasukkan sebuah kode untuk extension tertentu untuk setiap nomor telepon yang ada. Setelah itu, barulah telepon masuk tersebut akan diarahkan ke telepon tujuan yang tepat dengan menggunakan kode extension tadi.

Sekian pembahasan kali ini tentang PABX dalam sistem telepon. PABX adalah sistem yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan serta agar lebih efesien dan efektif dalam melakukan komunikasi terutama antar anggota atau karyawan dalam sebuah lembaga, kantor, atau perusahaan bisnis. Apakah Anda adalah seorang pemilik perusahaan atau karyawan perusahaan yang sedang mencari telepon yang tepat untuk digunakan pada perusahaan Anda, jangan lupa untuk memastikan Anda memahami setiap jenis PBAX agar sesuai dengan kebutuhan kantor Anda.

Termasuk juga jika akan Anda gunakan di rumah, pilihlah jenis PABX yang paling tepat. Terima kasih telah mengikuti artikel ini hingga akhir, semoga menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Sampai juga di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!

[online-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Panduan Lengkap Tentang FTP : Fungsi dan Cara Kerjanya

0
ftp adalah

Diera serba digital seperti sekarang ini, tentunya kegiatan browsing, mulai dari mendownload, mengupload, atau bahkan menonton video, gemar dilakukan. Tentu kegiatan ini sangat menyenangkan, baik untuk menghibur diri, atau bahkan mengasah keterampilan hidup.

Lalu, tahukah Anda, bahwa semua kegiatan menyenangkan tersebut dibantu oleh FTP alias file transfer protocol? Melalui namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa protokol yang satu ini sangat berhubungan erat dengan proses transfer data.

Lalu, apa itu FTP sebenarnya? Berikut ini akan dibahas mulai dari pengertian FTP, fungsi hingga cara kerjanya sehari-hari. Jangan lewatkan informasi yang satu ini!

Pengertian File Transfer Protocol (FTP)

pengertian-FTP

Pengertian FTP atau file transfer protocol adalah sebuah protokol diinternet yang dipergunakan untuk pengiriman data atau informasi dalam jaringan komputer, mulai dari upload hingga download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server.

Atau, secara sederhana FTP adalah layanan internet service yang dirancang untuk membuat sambungan keserver internet tertentu atau komputer, demi menjembatani pertukaran informasi dalam suatu komputer.

Kegiatan mengunduh dan mengunggah file adalah aktivitas yang dilakukan dikarenakan adanya bantuan dari FTP atau file transfer protocol. FTP juga dikenal sebagai jenis protokol yang mendukung protokol TCP atau IP.

FTP juga merupakan jenis protokol yang sangat berguna, dikarenakan pengguna atau user  dapat mengakses data dalam suatu server, dan lagi dapat diakses oleh sejumlah besar komputer dalam waktu yang bersamaan.

Dalam FTP, dikenal dua macam istilah, yaitu FTP client dan FTP server. FTP client adalah komputer yang Anda gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, sementara FTP server adalah server yang bertugas menjalankan software dengan fungsi berupa memberikan layanan tukar-menukar file (upload dan download file) yang selalu ready begitu ada permintaan dari FTP client.

Komputer sebagai FTP client harus terhubung dengan FTP server adalah demi terciptanya hal tersebut, yaitu tukar menukar file, agar Anda dapat melakukan kegiatan seperti download, upload, rename, sekaligus delete dan sebagainya.

Adapun, layanan FTP dapat diatur menjadi FTP publik, dimana semua orang dapat mengakses data yang terdapat dalam sebuah server FTP dengan mudah. Tetapi layanan FTP juga dapat diatur agar tidak semua orang dapat mengakses data yang terdapat dalam sebuah server, jadi hanya pengguna terdaftar saja yang dapat memiliki izin untuk mengakses data tersebut.

Dengan demikian, FTP tentulah memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari!

Fungsi File Transfer Protocol (FTP)

fungsi-FTP

Berdasarkan pemaparan sebelumnya, FTP adalah hal yang sangat penting, sehingga menjadi salah satu protokol diinternet yang paling awal dikembangkan, bahkan masih dipergunakan hingga saat ini.

Ada beberapa fungsi dari FTP, seperti mengunggah halaman website kedalam internet dengan menggunakan sebuah web hosting, hingga memperbaharui revisi dari program yang dilakukan oleh sebuah aplikasi FTP developer. Lalu, apalagi?

Fungsi Lain yang Dapat Dimanfaatkan Dari Sebuah FTP Adalah

  • Melakukan upload sebuah halaman website kepada web server ataupun web hosting diinternet.
  • Mengeksplorasi sekaligus mendownload file dari situs perangkat lunak yang bersifat publik.
  • Mengirimkan file berukuran besar menjadi dua bagian, dimana terlalu besar untuk dilampirkan dalam sebuah email.
  • Mendownload sekaligus melakukan upload konten, seperti tugas kuliah, paper suatu riset, kesebuah FTP server.
  • Mendistribusikan revisi terakhir sebuah program yang dilakukan oleh seorang developer perangkat lunak.

Ada banyak fungsi lain FTP yang bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan Anda sehari-hari. Anda pun dapat mengembangkannya sendiri sekaligus menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Adapun Fungsi Lainnya dari FTP Adalah

  • Melakukan sharing data.
  • Menyediakan indirect ataupun implicit remote untuk sebuah computer.
  • Menyediakan tempat penyimpanan kepada user.
  • Menyediakan transfer data yang tidak hanya reliable tetapi juga efisien; dan yang terakhir.
  • Melakukan backup sekaligus restore data sebuah website dengan mudah.

Apapun fungsi dari sebuah FTP, fungsi sederhana dari FTP adalah memudahkan Anda sebagai pengguna memindahkan file dari satu tempat ketempat lainnya.

Cara Kerja File Transfer Protocol

Pengertian FTP adalah protokol yang bekerja dengan mengandalkan standar autentikasi, yang meminta Anda sebagai pengguna memasukkan sebuah username sekaligus password, agar bisa melakukan akses data.

Setiap kali Anda mengunduh, mengunggah, ataupun melakukan hal lain terhadap data dikomputer, maka diperlukan akses dari FTP atas setiap perintah yang Anda lakukan. Dengan user name sekaligus password yang diberikan oleh FTP, Anda dapat lebih leluasa memindahkan, menyalin, sekaligus membuat dan menghapus data yang terdapat dalam suatu direktori penyimpanan komputer.

Sebelum terjadi pertukaran data tersebut, FTP client harus terlebih dahulu melakukan permintaan koneksi atau sambungan terhadap FTP server. FTP client akan mengirimkan pesan berupa permintaan layanan tukar menukar data atau file kepada FTP server.

Setelah FTP client tersambung dengan FTP server yang dituju, maka FTP client dapat melakukan banyak hal, mulai dari proses download, upload, dan tentunya sesuai dengan izin sekaligus hak akses dari FTP server.

Kelebihan dan Kekurangan File Transfer Protocol (FTP)

kelebihan

FTP adalah protokol yang memfasilitasi tiap pengguna untuk dapat melakukan transfer data secara dua arah. Artinya, jika sebuah FTP dipergunakan dalam sebuah perusahaan, maka setiap pemimpin dari perusahaan tersebut dapat mengirimkan file kepada karyawan, begitu juga sebaliknya.

Dan hal ini terjadi dalam sebuah server yang sama. Sekalipun ukuran file besar, Anda tetap dapat melakukan pertukaran file dengan mudah.

Progres perpindahan data juga tidak akan hilang sekalipun sambungan internet terputus. Selain itu, FTP adalah protokol yang menyediakan transfer data yang reliable sekaligus efisien.

Hal ini disebabkan setiap pengguna atau user tidak memerlukan langkah yang rumit demi mendapatkan suatu file atau bahkan dalam hal mentransfer suatu file. Oleh karena itu, transfer data atau file dapat dilakukan dengan mudah sekaligus terorganisir.

Kelebihan Dari FTP

Dalam dunia komputerisasi seperti ini, tentuAnda perlu merasa khawatir dengan peretasan data pribadi. FTP adalah protokol yang menjanjikan keamanan enkripsi sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan peretasan data pribadi.

Selama proses pertukaran informasi atau file antar komputer, Anda sudah mendapatkan sistem keamanan yang bertugas untuk melindungi data yang Anda kirim sekaligus terima. Oleh karena itu, FTP adalah protokol yang sangat bergantung pada sistem keamanan enkripsi, yang juga menjadi kelemahan dari sistem protokol ini.

Tanpa adanya sistem keamanan ini, maka FTP dinilai tidak aman untuk melakukan transfer data sekaligus informasi. FTP juga menjalankan fungsi penyimpanan, untuk Anda yang membutuhkan sekali fungsi yang satu ini.

Anda dapat melakukan backup data dan file, bahkan restore pada sebuah website. Selain itu, meskipun FTP memerlukan proses verifikasi (hanya butuh dua langkah saja dalam verifikasi FTP), sudah ada software yang dapat membantu Anda melakukannya, dan hal ini juga disertai dengan petunjuk verifikasi.

Kekurangan Dari FTP

Kekurangan utama dari FTP adalah terletak pada biaya yang tidak murah jika Anda ingin memiliki FTP server sendiri. Hal ini dikarenakan untuk memiliki FTP server sendiri Anda harus memiliki komputer server milik sendiri atau bahkan menyewa server.

Apabila Anda adalah seorang pengguna yang tidak begitu paham mengenai FTP, akan sangat mudah untuk menghapus keseluruhan data hanya dengan satu kali click. Dikarenakan sistem FTP yang sudah cukup tua, apabila Anda tidak memiliki background dibidang IT, maka akan sedikit sulit untuk menggunakan protokol ini.

Tidak mudah untuk mengubah kepemilikan dari suatu file dalam sebuah FTP. Dan terdapat pendapat bahwa desain FTP kurang kuat, sehingga masih dapat membahayakan administrator dikarenakan minimnya informasi mengenai resiko yang akan dihadapi.

Seringnya terjadi kesalahan dalam menyampaikan informasi, membuat administrator sulit untuk memahami informasi yang diterima. Demikian informasi mengenai file transfer protocol alias FTP. Informasi yang terkandung didalamnya akan mempermudah sekaligus menambah wawasan Anda mengenai dunia komputer.

[website-about]

Pengertian Trunk : Fungsi dan Penjelasan tentang Trunk Link

0
trunk adalah

 

Halo pembaca setia blog Markey, pada artikel kali ini kami akan membahas berbagai hal terkait trunk. Pernahkah Anda mendengar kata “trunk”? Kata “trunk” berasal dari bahasa Inggirs yang secara harfiah pengertian trunk adalah bagasi.

Namun, kali ini kami akan membahas trunk yang berbeda, yaitu trunk yang berhubungan dengan konsep jaringan komputer. Apakah Anda pernah mendengarnya atau tertarik ingin tahu lebih jauh? Jika iya, terus ikuti artikel ini hingga akhir ya, karena kami akan membahas mulai dari pengertian, fungsi, serta tipe dan penjelasan terkait trunk link. Langsung simak penjelasan berikut.

Pengertian Trunk

trunk

Trunk adalah komunikasi yang dirancang untuk membawa banyak sinyal secara bersamaan dengan tujuan untuk menyediakan akses jaringan antara dua titik. Jika mengacu pada istilah komunikasi, trunking atau trunk adalah sebuah konsep di mana sistem komunikasi mampu menyediakan akses jaringan untuk banyak klien dengan saling berbagi satu set garis (aturan) atau frekuensi, artinya tidak diberikan secara individual.

Dari dua pengertian di atas, untuk kemudian dihubungkan dengan konsep jaringan komputer, trunk dapat disimpulkan sebagai sebuah konsep pembagian akses antar jaringan. Pembagian akses ini memanfaatkan berbagai perangkat jaringan, yaitu switch dan dengan set peraturan yang telah disepakati dan ditetapkan.

Peraturan ini menetapkan bahwa tidak sembarang komponen dapat melakukan pengaksesan kepada komponen lain dalam jaringan lain. Jika melihat kasus real atau nyata, konsep trunk ini, dalam jaringan komputer dilakukan pada perangkat switch. Switch dipilih karena kemampuannya yang dapat membaca dan menetapkan alamat IP mana saja yang telah diberikan izin untuk mengakses komputer lain dalam jaringan lain.

Contoh penerapan konsep trunk adalah : Apabila sebuah port yang terdapat pada switch di set ke dalam switchport mode access, yang terjadi adalah port itu hanya dapat dilewati oleh satu VLAN, yaity VLAN yang telah di-assign ke port tersebut. Hal ini dikarenakan tidak memungkinkan satu port dengan mode access melakukan assign kepada lebih dari satu VLAN. Lalu apabila jumlah port pada sebuah switch sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan jumlah PC atau Komputer, maka solusinya hanya satu, yaitu menambah switch baru agar jumlah port juga bertambah.

Pertanyaannya, bagaimana jika switch-switch yang akan dihubungkan terdiri lebih dari satu VLAN untuk masing-masing switch? Sementara di sisi lain, dengan menggunakan port mode access hanya memungkinkan untuk membawa satu VLAN saja? Maka konsep atau metode trunk adalah jawaban dan solusi yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Fungsi Trunk

jaringan-komputer-2

Fungsi dari trunk adalah untuk menjadi penghubung antara dua switch yang telah terkonfigurasi VLAN. Trunk dapat diibaratkan sebagai batang pohon yang berfungsi menghubungkan ranting-ranting pada pohon. Sementara ranting-ranting tersebut adalah VLAN pada konsep trunk ini. Selain menjadi penghubung, fungsi lain dari trunk adalah untuk membatasi akses antar jaringan, sehingga tidak sembarang komponen dapat melakukan pengaksesan terhadap komponen lain di dalam jaringan lain.

Penjelasan Tentang Trunk Link

Dalam VLAN ada dua mode yang digunakan, salah satunya ialah trunk link. Trunk link pada VLAN (Virtual Local Area Network) merupakan port yang melakukan konfigurasi untuk dilalui beberapa VLAN. Port switch yang menggunakan mode trunk link mampu membawa banyak VLAN. Port pada mode ini nantinya akan menjadi trunk link apabila port yang ada pada switch lawan telah di set ke mode trunk atau dynamic trunking protocol.

Mode trunk link ini umumnya digunakan untuk menghubungkan switch dengan switch, switch dengan router, atau ketika Anda ingin menghubungkan switch dengan server. Mode ini mampu mendukung teknologi fast ethernet yaitu 100Mbps dan gigabite yaitu 1000Mbps. Dalam istilah berbeda, trunk link ini disebut juga dengan tagged vlan.

Sekian artikel kali ini terkait trunk. Trunk adalah bagian dari sistem jaringan komputer yang sangat berperan penting dalam hal komunikasi antar komponen terutama untuk berbagi akses jaringan dengan set aturan yang sama. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel berikutnya. Semoga bermanfaat!

[online-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!