Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Apa itu IT Helpdesk? Penting Diketahui Manfaat dan...

Apa itu IT Helpdesk? Penting Diketahui Manfaat dan Cara Kerjanya

-

Helpdesk adalah alat yang mengatur komunikasi pelanggan untuk membantu bisnis merespons pelanggan dengan lebih cepat dan efektif. Menggunakan helpdesk memungkinkan tim dukungan Anda untuk menawarkan pengalaman terbaik kepada pelanggan Anda.

Helpdesk menawarkan fitur untuk memberikan konteks dan wawasan tentang pengalaman pelanggan dan juga menyediakan fitur internal untuk membandingkan kinerja tim dukungan Anda dan memastikan bahwa tim Anda benar adalah yang terbaik.

Alat helpdesk adalah salah satu alat yang paling tidak terpisahkan ketika mendukung basis pelanggan dengan sukses. Ada begitu banyak informasi tentang helpdesk diluar sana, itu bisa sangat membingungkan.

Artikel kali ini telah mengumpulkan beberapa informasi yang akan membantu Anda belajar tentang apa itu helpdesk, manfaat helpdesk untuk Anda, dan bagaimana helpdesk dapat bekerja.

IT Helpdesk

IT-help-desk

IT helpdesk adalah departemen didalam organisasi yang bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan teknis penggunanya. Sebagian besar perusahaan IT besar telah menyiapkan helpdesk untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan mereka.

Pertanyaan dan jawaban mereka biasanya ditransfer menggunakan email, telepon, situs web, atau obrolan online. Selain itu, ada helpdesk internal yang bertujuan menawarkan bentuk bantuan yang sama, tetapi hanya untuk karyawan didalam organisasi.

Artikel terkait  5 Aplikasi Tour Travel Android Populer dan Terbaik

 

Siapa Yang Menggunakan Helpdesk

Setiap perusahaan yang melakukan bisnis dengan pelanggan akan mendapat manfaat dari helpdesk. Yang sedang berkata, kebutuhan memenuhi helpdesk adalah tergantung pada apa ukuran perusahaan Anda, dan jenis bisnis apa yang Anda lakukan.

Helpdesk Untuk Usaha Kecil Atau Perusahaan

Bisnis Kecil

Menjalankan bisnis kecil berarti Anda tidak mampu membuat kesalahan langkah tunggal dengan pelanggan Anda hanya memiliki begitu banyak. Karena itu, Anda harus pergi keatas dan keluar untuk mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat mereka.

Itu berarti segalanya, mulai dari menjawab pertanyaan mereka, menerima permintaan khusus, dan bahkan terkadang menelepon diluar jam reguler.

Enterprise

Helpdesk yang baik  untuk perusahaan  memungkinkan kolaborasi yang lebih cepat antara tim Anda, terutama yang diluar dukungan, untuk membantu Anda memberikan layanan pelanggan enterprise.

Semakin cepat tim Anda, seperti teknik atau produk, dapat masuk ke helpdesk Anda dan menyelidiki apa yang mungkin terjadi dengan masalah skala besar, atau harga tinggi, semakin baik Anda dapat melayani pelanggan perusahaan Anda yang bernilai tinggi. Kemungkinan keuntungan semakin banyak.

Helpdesk Cocok Untuk Segmen Konsumen Yang Berbeda

B2B

B2B singkatan dari business-to-business kemungkinan, dalam perangkat lunak manajemen layanan pelanggan, bisnis B2B akan mencari sesuatu yang menawarkan  dukungan multichannel, termasuk saluran seperti telepon atau obrolan.

Akan sangat baik bagi tim manajemen layanan pelanggan mereka jika mereka dapat memasukkan rekaman telepon, untuk meninjau kembali panggilan untuk kontrol kualitas.

B2C

B2C adalah singkatan dari business-to-customer, dan memiliki kebutuhan yang sedikit berbeda dari B2B. Seringkali, karena produk B2C biasanya merupakan titik harga yang lebih rendah daripada saudara-saudara B2B mereka, mereka memiliki volume yang jauh lebih tinggi dengan pengguna yang membayar lebih rendah.

Artikel terkait  Trend Google : Cara Melihat Trending Topik di Internet

 

Menggunakan Helpdesk Dalam Tim Layanan Pelanggan

Helpdesk-Cocok-Untuk-Segmen

Customer Service Representative

Seorang  customer service representative  bertanggung jawab untuk menjawab setiap tiket masuk atau pertanyaan dimana saluran yang tersedia untuk pelanggan Anda saat ini.

Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk memperbarui dokumentasi alat bantu Anda (baik internal maupun eksternal). Ada kemungkinan bahwa mereka dapat memeriksa matrix kinerja mereka tanpa dorongan, tetapi jika tidak, Anda, sebagai manajer mereka, harus mendorong mereka untuk melakukannya.

Manajer Layanan Pelanggan

Peran manajer layanan pelanggan merupakan spesialis, atau pemimpin tim, atau bahkan seseorang dengan latar belakang teknik sedikit. Mereka mungkin akan peduli dengan keseimbangan dua hal antara manajer dan perwakilan.

Mereka akan ingin melihat bagaimana seluruh tim melakukan dan dimana mereka bisa menjadi lebih baik, tetapi mereka juga masih akan memerlukan akses ke alat-alat seperti mengedit dokumentasi, menulis tiket, integrasi, dan menambahkan tag baru.

Manfaat Helpdesk Bagi Bisnis dan Usaha

manfaat-helpdesk

Mengelola kantor yang sibuk bisa sedikit berlebihan, terutama jika bisnis sedang booming.  Telepon berdering, email menumpuk, komentar facebook menunggu, dan pelanggan membutuhkan perhatian semua hal ini mulai bertambah ketika mereka tidak segera ditangani.

Itu sebabnya helpdesk adalah sangat penting untuk Anda miliki dalam bisnis Anda. Manfaat helpdesk adalah sebagai berikut.

Peningkatan Efisiensi

Setiap bisnis ingin beroperasi seperti mesin yang diminyaki dengan baik. Dengan kata lain, mereka ingin berjalan dengan lancar dan mudah dengan setiap komponen melakukan bagiannya.

Jika Anda harus terus-menerus berurusan dengan bagian yang bergerak lambat, gangguan, atau area yang mulai dan berhenti, maka Anda tidak akan menyelesaikan semua pekerjaan yang perlu Anda lakukan.

Service helpdesk meningkatkan efisiensi operasi Anda. Ini berfungsi sebagai lokasi terpusat untuk semua komunikasi layanan pelanggan Anda. Service helpdesk adalah pusat layanan pelanggan yang memungkinkan aktivitas masuk kesatu tempat.

Seamless Experience

Pelanggan menginginkan pengalaman yang lancar dan menyenangkan ketika mereka berinteraksi dengan bisnis Anda. Customer service IT helpdesk adalah prioritas nomor satu bagi banyak pelanggan.

Bahkan, lebih dari tiga perempat pelanggan potensial mundur dari penjualan karena pengalaman buruk. Sangat penting untuk memiliki pengalaman layanan pelanggan yang baik untuk mempertahankan pelanggan.

Pelanggan bertemu dengan konsistensi dimana pun atau bagaimanapun mereka menghubungi bisnis, dan respons bisnis seragam disemua platform.

Peningkatan Produktivitas

Ketika karyawan Anda dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa hambatan dan masalah, maka produktivitas meningkat. Dengan menerapkan banyak fitur otomatisasi dari helpdesk, karyawan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan dengan lebih mudah.

Resolusi Masalah

IT helpdesk adalah memfasilitasi manajemen masalah. Ketika insiden datang ke helpdesk, mereka dilacak dan dianalisis. Jika terlalu banyak masuk yang berada diarea atau kategori tertentu, itu menimbulkan bendera merah.

Pada titik itu, manajemen (departemen atau manajer utama) dapat memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut untuk melihat apakah ada korelasi antara semua insiden.

Jika demikian, maka masalah yang lebih besar diselesaikan. Fitur manajemen masalah tertanam dihelp desk untuk memfasilitasi proses ini.

Artikel terkait  Pengertian Apache | Lalu Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya

Bagaimana Helpdesk Bekerja Bagi Bisnis dan Usaha?

Berikut cara helpdesk bekerja:

Bekerja Lebih Efisien

Pekerja kantor dapat mengirimkan masalah dengan mudah dan memperbaiki masalah teknologi mereka dengan lebih cepat, memungkinkan setiap orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjadi produktif, dan lebih sedikit waktu untuk memutar-mutar masalah yang dihadapi.

Profesional TI membuang lebih sedikit waktu untuk proses manual yang tidak perlu, membebaskan waktu yang berharga untuk pekerjaan yang lebih penting.

Multitask Lebih Pintar, Bahkan Saat Bepergian

Sistem helpdesk memungkinkan para profesional TI untuk lebih mudah mengkategorikan dan memprioritaskan masalah, yang memungkinkan mereka untuk mengurutkan masalah yang lebih baik untuk dikerjakan.

Misalnya, seorang teknisi mungkin ingin menangani beberapa masalah serupa dalam satu perjalanan dari ruang server, memanfaatkan waktu mereka dengan lebih baik.

Satu Tempat Untuk Semua Permintaan TI

Sebagian besar sistem helpdesk termasuk portal pengguna yang menyediakan satu tempat bagi pengguna untuk membuat tiket, melihat status masalah terbuka, dan menutup tiket setelah diselesaikan.

Portal juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi penting kepada pengguna (seperti downtime yang direncanakan), yang dapat mengurangi tiket yang tidak perlu.
[business-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya