Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 125

Bandwidth Adalah : Kupas Tuntas Pengertian Hingga Fungsinya

0
bandwidth adalah, bandwidth

Bagi sudah lama berkecimpung dalam dunia IT, pasti sudah sangat familiar sekali dengan penggunaan dan fungsi bandwidth. Apakah nama Bandwith masih asing bagi Anda? Penting untuk diketahui bahwa bandwidth adalah kapasitas maksimal besaran transfer yang dilakukan pada satu waktu dalam proses pertukaran data.

Anda mungkin sering mendengar kata atau istilah bandwidth ketika membahas topik virtual private server (VPS). Namun yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah Anda sudah memahami penjelasan detail tentang bandwidth? Sehubungan dengan itu, maka perkenankan kami untuk membahas informasi seputar bandwidth secara lebih detail dan lebih lengkap.

Pasalnya, pengertian hingga fungsi atau peranan bandwidth perlu untuk dipelajari dengan baik, terutama bagi Anda yang ingin banyak belajar tentang IT di dunia digital seperti sekarang ini.

Arti Bandwidth Adalah

bandwidth adalah, bandwidth

Bandwidth adalah kapasitas yang dapat digunakan dalam kabel Ethernet sehingga dapat ditransmisikan menggunakan lalu lintas data paket dengan kinerja maksimal yang diberikan. Sementara, untuk pengertian lain dari bandwidth internet adalah, jumlah konsumsi kapasitas transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second atau yang biasa disebut dengan bps.

Dengan demikian, bandwidth internet dapat dikatakan sebagai kapasitas maksimum saluran transmisi yang digunakan untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam beberapa detik. Selain itu, terdapat juga istilah bandwidth analog, yakni jenis bandwidth yang memiliki perbedaan antara frekuensi paling rendah hingga frekuensi paling tinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang bisa diukur menggunakan Hertz (Hz).

Satuan tersebut difungsikan untuk mengetahui data atau informasi yang dapat ditransmisikan di dalam suatu waktu tertentu. Kehadiran bandwidth sering dianalogikan sebagai jalan raya. Sedangkan data yang masuk dan melewati bandwidth sendiri diibaratkan sebagai sebuah kendaraan yang melintas pada jalan raya tersebut.

Jadi, jika semakin sedikit jumlah kendaraan yang melewati jalan tersebut, maka lalu lintas jalan raya akan berjalan semakin lancar. Sebaliknya, apabila jumlah kendaraan yang melintas semakin banyak, maka lalu lintas di jalan tersebut menjadi semakin padat dan tersendat, sehingga dapat berpengaruh terhadap aktivitas kendaraan lainnya.

Akan tetapi, semakin lebar atau semakin besar jalan (bandwidth) tersebut, maka akan semakin banyak pula jumlah kendaraan yang dapat melalui jalan tersebut dengan lancar. Maka dari itu, tak salah jika bandwidth selalu menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi para pengguna dari jaringan internet. Faktanya, semakin besar jumlah bandwidth yang digunakan, semakin cepat pertukaran data dan semakin besar jumlah data yang dapat melewatinya sekaligus.

Fungsi Bandwidth Adalah

bandwidth adalah, bandwidth

Berdasarkan perannya dalam jaringan internet. Berikut ini adalah beberapa fungsi bandwidth yang terbagi berdasarkan penggunaannya masing-masing. Adapun diantaranya, meliputi :

Pengukur Media Pengiriman Data

Salah satu fungsi bandwidth adalah untuk mengukur jalur data dan media yang dimiliki oleh komputer atau jaringan tertentu. Fungsi ini hampir berlaku pada semua tempat yang memiliki jaringan komputer.

Keberadaan Bandwidth sangatlah berguna, terlebih lagi pada hal-hal yang berhubungan dengan distribusi jaringan. Besaran bandwidth sendiri umumnya akan dijadikan acuan bagi pengguna dalam memilih penyedia koneksi internet atau service provider. Faktanya bahwa semakin besar jumlah bandwidth yang disediakan maka semakin baik pula layanan yang dapat diberikan.

Pembagi Kecepatan Transfer Data

Fungsi lain dari bandwidth yakni sebagai pembagi kecepatan transfer data. Dengan adanya fungsi tersebut, kecepatan yang dimiliki dapat didistribusikan secara adil dan merata ke seluruh pengguna. Pembagian ini juga dilakukan untuk memberikan pembatas, agar para pengguna tidak saling berebut kapasitas bandwidth yang telah disediakan.

Sebab, jika tidak dibagikan secara adil dan merata, maka seluruh kapasitas bandwidth yang dialokasikan cenderung hanya digunakan oleh satu pengguna saja, sementara pengguna lain tidak bisa memperoleh hal yang sama.

Mengatur Besar Data yang Ditransfer

Administrator jaringan terkadang memberlakukan batasan pada jumlah data yang dapat dilihat atau diunduh melalui Internet. Ini untuk mengurangi lalu lintas tinggi dalam jangka panjang. Jadi, jika terdapat trafik yang tinggi dalam waktu yang lama dapat mengganggu kestabilan jaringan karena akan mempengaruhi jumlah bandwidth yang telah dialokasikan.   

Keutamaan Dalam Penggunaan Multimedia

Salah satu aspek penting lainnya yang sering terabaikan dalam diskusi tentang bandwidth adalah kebutuhan untuk multimedia, seperti streaming video, audio, dan permainan online. Aplikasi-aplikasi ini memerlukan kapasitas bandwidth yang lebih tinggi agar dapat berfungsi dengan baik tanpa gangguan.

Ketika Anda menonton video atau mendengarkan musik secara online, kualitas streaming yang Anda peroleh bergantung pada kapasitas bandwidth yang Anda miliki. Misalnya, untuk menonton video dengan resolusi tinggi tanpa buffering, Anda memerlukan kapasitas bandwidth yang memadai. Oleh karena itu, bagi pengguna yang sering menikmati konten multimedia atau bermain game online, memiliki bandwidth yang cukup adalah kunci untuk mendapatkan pengalaman yang optimal.

Meningkatkan Efisiensi Dalam Komunikasi

Kapasitas bandwidth yang memadai juga memainkan peran penting dalam komunikasi. Apakah itu telekonferensi, webinar, atau bahkan panggilan video biasa dengan keluarga dan teman-teman; semuanya memerlukan koneksi yang stabil dan cepat. Dengan kapasitas bandwidth yang cukup, komunikasi menjadi lebih jelas dan efisien, tanpa hambatan seperti lag atau putus-putus.

Dari beberapa fungsi bandwidth tersebut sedikit banyaknya dapat memberikan gambaran umum bagi Anda, sehingga Anda dapat lebih memahami bandwidth dengan baik. Walaupun dalam kebenarannya, bandwidth adalah sebuah istilah yang biasa digunakan untuk mendefinisikan suatu kapasitas besaran kabel ethernet atau besarnya jaringan internet yang digunakan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth

Kecepatan dan keandalan dari suatu bandwidth dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi bandwidth yang harus diketahui.

  • Jenis Koneksi Internet: Ada berbagai jenis koneksi internet yang tersedia, seperti DSL, kabel, satelit, dan fiber optik. Setiap jenis memiliki kapasitas bandwidth yang berbeda. Misalnya, koneksi fiber optik umumnya menawarkan bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan dengan DSL.
  • Trafik Jaringan: Semakin banyak pengguna yang aktif pada jaringan, semakin besar pula potensi terjadinya pemakaian bandwidth yang tinggi. Ini bisa menyebabkan jaringan menjadi lebih lambat, terutama pada jam-jam sibuk.
  • Perangkat Keras dan Perangkat Lunak: Kualitas dan spesifikasi router, switch, dan perangkat keras lainnya yang digunakan dapat mempengaruhi kapasitas dan stabilitas bandwidth. Sementara itu, perangkat lunak yang tidak dioptimalkan bisa menyebabkan penggunaan bandwidth yang tidak efisien.
  • Limitasi Provider: Beberapa penyedia layanan internet membatasi bandwidth pengguna, terutama pada paket dengan harga yang lebih rendah. Ini berarti bahwa pengguna hanya dapat mencapai kecepatan tertentu, meskipun infrastruktur mendukung kecepatan yang lebih tinggi.
  • Jarak dari Server: Kecepatan transfer data dapat dipengaruhi oleh jarak antara pengguna dengan server. Semakin jauh jaraknya, semakin tinggi potensi terjadinya latensi.

Manfaat Bandwidth Adalah

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan akses internet yang cepat dan stabil, pentingnya bandwidth menjadi semakin tak terelakkan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari bandwidth:

  • Kualitas Komunikasi yang Lebih Baik: Bandwidth yang memadai memastikan bahwa komunikasi melalui video call atau telekonferensi berjalan dengan lancar dan jernih, tanpa gangguan seperti buffering atau lag.
  • Mendukung Aktivitas Multitasking: Bagi pengguna yang sering menjalankan banyak aplikasi atau tugas secara bersamaan, bandwidth yang cukup dapat memastikan bahwa semua aktivitas berjalan dengan efisien tanpa saling mengganggu.
  • Pengunduhan dan Pengunggahan Data Lebih Cepat: Sebuah bandwidth yang tinggi mempercepat proses transfer data, baik itu mengunduh (download) maupun mengunggah (upload). Ini sangat penting bagi profesional di berbagai bidang, seperti desainer, editor video, atau gamer.
  • Streaming Berkualitas Tinggi: Bagi mereka yang suka menonton video atau mendengarkan musik secara online, bandwidth yang cukup memastikan bahwa streaming berjalan dengan kualitas terbaik tanpa hambatan.
  • Bermain Game Online dengan Lancar: Untuk para gamer, bandwidth yang stabil adalah kunci untuk pengalaman bermain game yang menyenangkan, terutama untuk game online yang memerlukan respon cepat.

Contoh Bandwidth Pada Komputer

bandwidth adalah, bandwidth

Yang dimaksud bandwidth pada jaringan komputer merupakan kecepatan dalam suatu jaringan saat melakukan transfer data yang dihitung per detik, yakni pada pengukuran kecepatan dalam bits per second.Bandwidth adalah kapasitas yang bisa digunakan dalam banyak jangkauan jaringan. Salah satunya, pada jaringan komputer.

Misalnya, jika Anda menggunakan layanan koneksi jaringan area lokal (LAN), kecepatan transfer data yang diterima dapat mencapai 100 Mbps. Sebab, semakin besar bandwidth sebuah jaringan, maka semakin cepat pula data yang ditransfer.

Bandwidth pada komputer memiliki 2 jenis, diantaranya yaitu.

Bandwidth Digital

Bandwidth digital adalah satuan data yang ditransmisikan dalam bit per detik, artinya dalam jaringan dikirim melalui saluran komunikasi tanpa hambatan. Jenis bandwidth ini menjalankan fungsinya dengan mentransmisikan informasi digital melalui saluran kabel atau nirkabel (nirkabel).

Bandwidth Analog

Fungsinya tidak jauh berbeda bandwidth digital. Namun, yang membedakan diantara keduanya, adalah satuan hitungnya menggunakan Hertz.

Contoh Bandwidth Pada Hosting

bandwidth adalah, bandwidth

Ketika Anda membuka situs penyedia hosting, Anda pasti akan menemukan kata bandwidth di sana. Bandwidth yang tersedia pada layanan penyedia hosting tersebut biasanya difungsikan untuk menentukan berapa banyak besar jumlah pertukaran data yang terjadi pada akun hosting yang digunakan.

Penggunaan akun hosting yang melebihi kapasitas bandwidth yang telah ditentukan, maka secara otomatis akan tersuspend. Dengan kata lain, website tersebut tidak bisa diakses dalam waktu tertentu. Namun itu dulu. Pasalnya, layanan hosting sudah tidak lagi memberlakukan aturan seperti itu.

Pada umumnya penyedia layanan hosting telah memberikan pemakaian hosting murah, lengkap dengan kapasitas bandwidth untuk penggunanya yang juga ditawarkan dengan harga terjangkau. Selaku pengguna internet tentunya sangat penting untuk memahami tentang Bandwidth.

Terutama bagi orang-orang yang memang ditugaskan sebagai administrator jaringan dimana dia adalah pihak yang bertanggung jawab untuk membagi setiap jaringan dalam jangkauan yang adil dan merata.

Contoh singkatnya seperti ini, jika Anda memiliki layanan jaringan Wi-Fi yang disediakan sebagai fasilitas umum untuk meramaikan kunjungan cafe Anda, pastinya Anda akan mengatur kapasitas jaringan internet yang dapat diakses para pengunjung dalam satu waktu.

Nah, untuk mengaturnya, Anda bisa memanfaatkan bandwidth. bandwidth adalah kapasitas yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda sebagai pihak administrator. Sebab, jika tidak diatur dengan baik, maka akan ada beberapa pengguna yang bisa memanfaat kapasitas jaringan yang berlebihan. Sementara, pengguna lain bahkan tidak bisa mengaksesnya sama sekali, walau dalam waktu yang sama.

Pemasar Adalah? Pengertian Pasar, Pemasaran dan Pemasar

0

Di dunia bisnis mungkin Anda telah sering mendengar tentang istilah pasar, pemasaran dan juga pemasar. Tetapi, apakah Anda pernah bertanya-tanya, apakah pasar, pemasaran dan pemasar itu memiliki arti yang sama?

Pasar sendiri mengacu pada tempat, di mana pembeli dan penjual dapat melakukan kontak satu sama lain. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga dapat memperdagangkan barang dan jasa untuk mendapatkan nilai. Fungsi utamanya adalah untuk menentukan harga komoditas, dengan bantuan faktor permintaan dan penawaran.

Sedangkan untuk pemasaran, berasal dari istilah pasar. Pemasaran menyiratkan suatu proses yang melibatkan beberapa kegiatan yang menciptakan nilai bagi pelanggan, klien dan masyarakat secara keseluruhan. Ini mencakup promosi bisnis atau produk serta layanannya sehingga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Dan pemasar adalah seseorang yang melakukan pencarian sumber daya dari orang lain dan mereka mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika terdapat satu pihak yang lebih aktif dalam mencari pertukaran dari pihak lain, pihak pertama bisa menjadi pemasar/distributor dan pihak kedua akan menjadi calon pembeli.

Baca juga : Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)

Definisi Pasar, Pemasaran dan Pemasar

pemasar

Berikut ini kami jabarkan satu persatu pengertian dari pasar, pemasaran dan pemasar.

Pengertian Pasar

Istilah pasar didefinisikan sebagai tempat dimana para pihak bertemu dan bertukar barang, layanan, dan informasi mereka untuk dipertimbangkan. Pembelian dan penjualan komoditas antar pihak dikenal sebagai transaksi. Dua pihak yang terlibat dalam pertukaran adalah pembeli dan penjual.

Transaksi dapat dilanjutkan, baik secara langsung atau melalui perantara seperti agen atau institusi. Ada banyak pembeli dan penjual di pasar. Mereka memainkan peran penting dalam menetapkan harga barang dan jasa. Pembeli memutuskan permintaan, sedangkan penjual menentukan persediaan. Ini adalah pengaturan dimana perdagangan mudah disimpulkan, dan sumber daya dialokasikan, di antara anggota masyarakat yang berbeda.

Pasar saat ini, tidak terbatas pada lokasi fisik saja, melainkan telah memiliki cakupan yang luas termasuk juga pasar media hingga pasar internet (e-commerce). Jenis pasar dibagi menjadi tiga yaitu pasar lokal, nasional dan global. Ini termasuk pasar dalam jangka pendek atau jangka panjang. Pasar juga dapat dibagi sebagai pasar grosir, pasar ritel, pasar keuangan dan sebagainya.

Baca juga : Analisa Pemasaran Adalah? 6 Cara untuk Kuasai Pasar Bisnis

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah tentang menganalisis, mengidentifikasi, dan memuaskan kebutuhan konsumen. Ini mengacu pada serangkaian kegiatan dimana perusahaan terlibat dalam meneliti, memastikan, menciptakan, berkomunikasi dan memasok produk yang menciptakan alat bantu bagi pelanggan.

Tujuan pemasaran adalah untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan sehingga seluruh organisasi akan mendapat manfaat. Hal ini menciptakan tautan antara perusahaan dan pelanggan.

Kegiatan pemasaran dibagi menjadi empat, yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Ini adalah kegiatan sosial di mana individu dan masyarakat mendapatkan apa yang mereka minta, dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar serta penyediaan.

Pemasar Adalah?

Pemasar adalah seseorang yang tugasnya meliputi identifikasi barang dan jasa yang diinginkan oleh sekelompok konsumen, serta pemasaran barang dan jasa tersebut atas nama perusahaan. Bisa dibilang jika pemasar adalah individu yang melakukan kegiatan pemasaran.

Pemasar adalah orang yang membantu meningkatkan penjualan produk dan layanan, yang pada gilirannya meningkatkan pendapatan bagi organisasi dengan menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

Tugas-Tugas Pemasar

Ada beberapa pekerjaan atau tugas seorang pemasar. Termasuk menetapkan tujuan, mensegmentasi target pelanggan, mempelajari persaingan, menangani audiens target melalui komunikasi, memelihara hubungan dengan pelanggan, membuat konten, anggaran, hingga menetapkan prioritas dan merancang kampanye.

Berikut 6 (enam) jenis pemasar adalah sebagai berikut.

Pemasar Merek

Pemasar Merek berupaya membangun nama merek yang baik untuk bisnis. Dia memastikan bahwa nilai persepsi pelanggan terhadap merek adalah optimal. Dia dapat menggunakan pemasaran online dan offline untuk tujuan tersebut.

Pemasar Produk

Pemasar produk bertanggung jawab untuk memasarkan barang dan jasa perusahaan dengan merencanakan dan meluncurkan acara pemasaran. Bekerja sama dengan perusahaan periklanan untuk melaksanakan pengenalan produk di luar.

Pemasar Konten

Pemasar Konten sedikit lebih khusus. Tugasnya adalah membuat konten berkualitas tinggi dengan cara yang meningkatkan kemampuan pencarian dan keberadaan online perusahaan.

Pemasar Inbound 

Pemasar Inbound berkepentingan dengan mengubah pelanggan potensial menjadi pelanggan yang membayar dengan memberikan informasi yang berguna dalam bentuk template, bahan, e-book, posting blog ke segmen pelanggan target.

Pemasar Media Sosial

Pemasar Media Sosial berspesialisasi dalam mengelola berbagai akun sosial perusahaan. Memastikan pembaruan terus-menerus dan menerapkan strategi pemasaran untuk memperoleh lebih banyak pengikut.

Digital Marketer

Seorang pemasar digital berurusan dengan aspek pemasaran online mulai dari mengelola akun sosial perusahaan. Mereka juga merancang acara pemasaran online hingga mengirim email pemasaran ke calon pelanggan potensial.

Pemasar Adalah Orang Penting untuk Keberhasilan Sebuah Perusahaan

pemasar-8

Keberhasilan finansial organisasi mana pun tergantung pada kemampuan pemasar untuk melakukan pemasaran. Keuangan, operasi, dan operasi bisnis lainnya tidak akan menjadi masalah jika tidak ada cukup permintaan untuk produk dan layanannya yang ditangani oleh pemasar.

Semakin banyak orang tahu tentang suatu produk atau layanan, semakin mereka tertarik untuk membelinya. Pemasar adalah orang yang membantu membangun ekuitas merek menggunakan kombinasi logo merek, ikon, nama, keterangan, dan lain sebagainya. Melalui saluran online dan offline.

Pemasar membantu dalam meningkatkan kualitas hidup dengan menyebarkan kesadaran di antara orang-orang tentang produk dan layanan organisasi. Tanpanya, orang mungkin tidak mengetahui keberadaan produk atau layanan tertentu yang tersedia di pasar.

Pemasar adalah orang yang bekerja untuk mengidentifikasi kebutuhan, keinginan dan permintaan pelanggan. Identifikasi kebutuhan pasar itulah yang mengarah pada inovasi dan pengenalan ribuan produk dan layanan baru di pasar setiap saat.

Beberapa tanggung jawab utama seorang pemasar adalah untuk mendorong penjualan, memperkenalkan strategi, menemukan pasar baru, menumbuhkan merek, hingga mempublikasikan produk/layanan. Hubungan komunikasi yang baik antara pemasar dan pelanggan setiap saat adalah kunci keberhasilan strategi.

Pemasar adalah orang yang memahami kebutuhan dan persyaratan pelanggan adalah prioritas tertinggi. Penting bagi seorang pemasar untuk memahami pasar dan bersiap tergantung pada kebutuhan pelanggan dan skenario persaingan. Pemasar adalah orang yang mampu menargetkan pasar, produk, melakukan promosi, distribusi, menentukan harga, dan layanan pendukung.

Keuntungan & Kerugian dari Pemasar Adalah Sebagai Berikut

pemasar-6

Dari segi keuntungan, seorang pemasar dapat membantu dalam mempromosikan sebuah bisnis. Ini membantu untuk mencapai sasaran kelompok pelanggan yang tepat untuk produk dan layanan organisasi. Dengan meningkatkan visibilitas produk dan layanan di pasar, seorang pemasar juga dapat membantu meningkatkan pendapatan melalui peningkatan penjualan produk dan layanannya.

Namun pemasar juga bisa menyebabkan kerugian. Seorang pemasar mungkin akhirnya menargetkan audiens yang salah atau menggunakan saluran pemasaran yang salah untuk pemasaran produk atau layanannya, dimana mungkin memiliki harga tinggi bagi organisasi. Dan juga, waktu yang dihabiskan dalam riset pasar dan pengembangan strategi pemasaran sangat besar dan tidak terikat untuk memberikan hasil yang pasti seperti yang diharapkan.

Kunjungi terus situs Markey dan dapatkan selalu update terbaru mengenai dunia marketing.

3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer

0

Sebagai pengguna komputer atau laptop tentunya Anda pernah tidak sengaja menghapus file penting secara permanen. Selain merasa menyesal, Anda pun juga akan merasa kesal terlebih lagi jika file tersebut memang sedang dibutuhkan.

Jika Anda melakukan proses penghapusan dengan menekan tombol Delete, biasanya akan dipindahkan ke bagian Recycle Bin, sehingga file masih bisa dikembalikan dengan mudah yakni dengan beberapa klik.

Sebab, ketika terhapus dan tersimpan di dalam Recycle Bin, file akan disimpan selama 30 hari, sebelum mengalami proses penghapusan permanen secara otomatis. Namun, apabila Anda menghapus file dengan menekan tombol kombinasi Shift + Delete atau melakukan penghapusan dengan menggunakan aplikasi cleaner, maka file tersebut dengan sendirinya akan terhapus secara permanen.

Jika sudah demikian, lantas apa yang harus dilakukan? Jangan khawatir, walaupun file telah dihapus secara permanen, Anda bisa mengembalikannya seperti semula, yakni dengan mengupayakan beberapa cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen. Informasinya akan kami rangkum dalam perjumpaan artikel kali ini.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

file-komputer-1

Walaupun terkesan sepele, namun permasalahan penghapusan file permanen yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja adalah kesalahan yang fatal, apabila file tersebut memang bersifat sangat penting dan memang sedang dibutuhkan untuk waktu yang mendesak.

Ketahuilah bahwa, file yang telah dihapus secara permanen, bukan berarti file tersebut hilang sepenuhnya. Pasalnya, file yang telah terhapus secara permanen tersebut masih akan ditandai oleh sistem komputer sebagai ruang yang tersedia, sehingga file tersebut masih menunggu untuk di-overwrite oleh data baru.

Dengan kata lain, selama file tersebut terhapus sebelum terjadi proses overwrite, maka Anda masih bisa mengembalikan file tersebut seperti semula. Kuncinya, Anda harus merasa tenang, agar dapat menemukan file yang dimaksudkan. Pasalnya, kepanikan justru akan menimbulkan rasa kekhawatiran yang berlebihan, sehingga akan sulit bagi Anda untuk fokus dalam mencari file tersebut.

Berikutnya, Anda bisa browsing untuk mencari tahu langkah-langkah yang tepat untuk mengembalikan file yang telah terhapus secara permanen tersebut. Ya, seperti apa yang Anda lakukan saat ini, karena di sini kami memang selalu menyampaikan sajian informasi yang tepat dan akurat.

Berikut 3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer

file-komputer-6

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan sebagai cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen. Untuk melakukannya, terdapat tiga cara yang bisa dilakukan. Adapun diantaranya, adalah sebagai berikut ini.

Menggunakan Metode Backup dan Restore

Metode ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen di laptop/PC tanpa harus menggunakan software. Cara ini bisa digunakan untuk Windows 7, 8 dan 10. Akan tetapi, cara ini hanya bisa digunakan ketika Anda memiliki data backup terbaru pada Windows backup.

Caranya sangat mudah, yakni dengan.

  1. Klik menu Start dengan lambang Windows, kemudian pilih menu Control Panel.
  2. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih opsi System and Maintenance, lalu pilih Backup and Restore.
  3. Berikutnya, Klik Restore my files dan pilih Browse for files atau Browse for folder untuk memilih backup yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Yang terakhir, pilih lokasi tujuan untuk menyimpan file Anda.

Menggunakan Metode Restore Previous Versions

Jika Anda menggunakan laptop/PC versi Windows 7, 8 atau 10, maka Anda dapat mengembalikan file yang terhapus permanen dengan kembali pada versi sebelumnya. Namun untuk melakukannya, pastikan bahwa fitur File History Anda sudah aktif sebelumnya.

Cara mengembalikan filenya dilakukan dengan.

  1. Anda harus mulai dengan mencari folder dari tempat file atau folder yang telah terhapus secara permanen.
  2. Kemudian, klik kanan pada mouse. Lalu, di folder tersebut dan pilih opsi Restore Previous Versions.
  3. Nantinya, Anda akan melihat daftar yang berisi berbagai versi file atau folder. Lanjutkan dengan memilih versi yang terbaru dan klik Restore untuk mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen tersebut.

Menggunakan Aplikasi

Apabila kedua metode di atas tidak bisa dilakukan sebagai solusi, maka Anda bisa mencoba cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen dengan bantuan aplikasi. Sebenarnya, ada banyak aplikasi yang bisa dipilih, salah satunya seperti EaseUS Data Recovery Wizard. Adapun tutorial pelaksanaanya, meliputi.

  1. Langkah pertama, tentu Anda harus mendownload dan menginstal aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard terlebih dahulu pada PC/laptop.
  2. Selanjutnya, coba jalankan aplikasi seperti biasa dan pilih lokasi tempat penyimpanan file yang sebelumnya telah terhapus.
  3. Klik lokasi tersebut, kemudian pilih opsi scan.
  4. Kemudian, aplikasi tersebut akan bekerja secara otomatis untuk memindai lokasi yang dipilih. Beberapa saat kemudian, hasil pemindaian akan ditampilkan pada bagian Deleted files.
  5. Lanjutkan dengan memilih file yang hendak dikembalikan. Lalu, Recover untuk menyimpan file tersebut pada lokasi atau perangkat baru. Setelah itu, klik OK untuk menyelesaikan proses ini hingga akhir.

Sebenarnya, ketiga tutorial tersebut sangatlah mudah dilakukan. Jadi yang perlu diingat adalah ketika ada file yang sengaja atau tidak sengaja terhapus secara permanen, kemudian Anda hendak mengembalikan seperti semula, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan, sehingga Anda tidak boleh menyerah begitu saja untuk mengembalikan file yang dimaksudkan.

Apabila tidak bisa mengembalikan file yang terhapus secara permanen dengan menggunakan cara nomor 1 dan 2, maka Anda bisa langsung beralih untuk menggunakan cara yang ke 3. Namun, bagaimana jika 3 cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen tersebut tidak bisa dijadikan sebagai solusi?

Ada dua kemungkinan yang terjadi, yakni sistem pada PC/laptop telah mengalami proses overwrite dan mungkin saja file yang ingin dikembalikan tersebut sudah terinfeksi virus atau malware, sehingga file tersebut akan hilang selamanya. Bagaimana solusinya? Tentu saja mau tidak mau Anda harus membuat file ulang. Walaupun hal ini merupakan solusi yang terakhir, namun tentu saja Anda harus melakukannya dengan baik.

Kendati demikian, hal ini dapat dijadikan sebagai pengalaman, bahwa sebagai pengguna komputer, sebaiknya sangat penting untuk melakukan backup (pencadangan). Hal ini dapat dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terhapusnya file penting secara permanen yang dilakukan secara tidak sengaja.

Untuk cara lain, Anda bisa menggandakan file untuk disimpan di tempat yang berbeda, seperti di dalam flashdisk maupun pada memori eksternal. Dengan demikian ketika terdapat file penting yang tidak sengaja terhapus, maka Anda tak perlu merasa bingung untuk memikirkan cara mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Semoga dengan hadirnya informasi tentang tutorial atau cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen ini, dapat dijadikan sebagai solusi terbaik bagi permasalahan yang tengah Anda hadapi saat ini. Oleh karena itu, tetap lakukanlah upaya yang terbaik. Selamat mencoba!

[application-about]

10 Fungsi RAM Untuk Tingkatkan Performa Perangkat Anda!

0
fungsi ram, fungsi ram pada hp, fungsi ram pada komputer

Bagi yang sering berkutat dengan peralatan elektronik, pasti sudah tidak merasa asing dengan keberadaan RAM. Tepat sekali, RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory. yang difungsikan sebagai memori di dalam komputer maupun pada smartphone. Di era 90-an, penggunaan hanya disematkan pada PC atau personal komputer saja. Namun, saat ini hampir semua jenis perangkat elektronik menggunakan RAM sebagai media penyimpanan memori sementara. Lantas, apa saja fungsi RAM?

Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara, RAM juga berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat informasi pada sistem perangkat elektronik. Bahkan saat ini, penggunaan RAM dalam kapasitas besar sudah menjadi trend tersendiri di kalangan pengguna komputer dan di kalangan pengguna smartphone.

Kapasitas RAM yang paling sering digunakan pada perangkat elektronik, baik pada PC maupun smartphone, yakni mulai dari 1 GB hingga lebih dari 128 GB. Dengan kapasitas RAM yang lebih besar, tentu kecepatan pengoperasian dari sebuah perangkat elektronik dapat berjalan dengan lebih cepat.

Pemanfaatan Fungsi RAM

fungsi ram, fungsi ram pada hp, fungsi ram pada komputer

Apa perbedaan RAM dengan memori eksternal maupun memori internal? Walaupun sama-sama memiliki label memori, namun RAM memiliki kemampuan membaca yang jauh lebih cepat. Rata-rata kecepatannya, berkisar sekitar 10 kali lipat dibandingkan memori eksternal dan memori internal biasa.

Penggunaan memori RAM tergantung juga dari kebutuhan setiap user atau pengguna dari sebuah perangkat elektronik yang dimiliki. Pasalnya, tidak semua user (pengguna) membutuhkan perangkat elektronik dengan ukuran kapasitas RAM yang besar. Sebab itu semua tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga harus disesuaikan dengan kapasitas RAM dari suatu sistem perangkat elektronik yang digunakan.

10 Fungsi RAM Untuk HP dan Komputer

fungsi ram, fungsi ram pada hp, fungsi ram pada komputer

Kehadiran dari sebuah RAM memiliki fungsi yang sangat vital dan juga memiliki sifat yang begitu penting dalam suatu rangkaian pemrosesan informasi pada perangkat elektronik, baik pada PC maupun pada perangkat smartphone. Adapun 10 fungsi RAM, adalah sebagai berikut.

Sebagai Tempat Penyimpanan Sementara

Sebelumnya, telah disinggung di awal bahwa salah satu fungsi utama dari penggunaan RAM adalah, sebagai tempat penyimpanan sementara. Dalam bahasa Indonesia, RAM sering disebut sebagai penyimpanan memori acak, dimana keberadaanya memang difungsikan sebagai tempat penyimpanan sementara dari suatu aplikasi ataupun program.

Nantinya, setiap program yang berjalan akan memberikan informasi untuk disimpan ke dalam RAM. Kemudian, informasi tersebut akan diteruskan menuju prosesor untuk diproses. Sementara prosesor ini akan memproses informasi dari suatu aplikasi yang sudah tersimpan di dalam RAM.

Mekanisme sederhananya, seperti ini.

  • Aplikasi yang dibuka dan dijalankan akan mengirimkan informasi, yang kemudian disimpan di dalam RAM. Kemudian, RAM akan meneruskan informasi ke prosesor. Setelah itu, prosesor akan memproses setiap informasi yang sudah ada dan tersimpan di dalam RAM.
  • Proses tersebut akan berjalan dalam waktu beberapa detik saja, bahkan bisa berjalan jauh lebih cepat. Apabila, suatu perangkat memiliki RAM dengan kapasitas yang besar, maka proses penyimpanan dan pengelolaanya akan berjalan lebih cepat.

Membantu Proses Multitasking

Fungsi RAM selanjutnya adalah, untuk memberikan dukungan mendukung penggunaan multitasking dalam suatu perangkat elektronik. Multitasking merupakan suatu keadaan dimana perangkat PC maupun smartphone bisa mengerjakan atau membuka lebih dari 2 aplikasi sekaligus dalam sekali jalan.

Dalam pelaksanaanya, RAM adalah salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting dalam urusan proses multitasking ini. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin lancar pula dalam memproses penggunaan multitasking, sehingga dengan kapasitas yang mendukung, maka perangkat akan terbebas dari permasalahan hang.

Mempercepat Kinerja Pemrosesan Informasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin cepat pula pelaksanaan pemrosesan informasi yang dilakukan oleh prosesor. Artinya, kecepatan dari suatu sistem sangatlah ditentukan oleh besaran kapasitas RAM yang ada.

Di saat RAM memiliki kapasitas yang besar, maka proses penyimpanan dan penerusan memori dari RAM menuju bagian prosesor juga berjalan menjadi lebih cepat. Sebaliknya, jika kapasitas RAM memiliki ukuran yang kecil, maka seluruh sistem pengoperasiannya akan berjalan lambat atau lemot.

Memiliki Fungsi yang Vital

Seperti yang sudah diketahui bersama, penggunaan RAM memiliki fungsi yang sangat vital, terutama dalam hal penggunaan aplikasi berbasis desain dan juga penggunaan aplikasi game. Game dan aplikasi desain berbasis 3D merupakan software yang membutuhkan penggunaan RAM dengan kapasitas yang besar.

Menentukan Spesifikasi

Fungsi RAM yang lainnya adalah, sebagai salah satu patokan spesifikasi dari suatu perangkat. Selain melihat kualitas dan juga generasi dari processor, kapasitas RAM juga wajib diperhatikan ketika hendak membeli perangkat smartphone maupun komputer. Hal ini disebabkan karena, RAM memiliki peranan yang penting, sehingga Anda harus memilih kapasitas RAM sesuai dengan kebutuhan.

Melancarkan Proses Bermain Game dan Desain

Fungsi RAM pada HP dan komputer selanjutnya adalah melancarkan proses bermain game (gaming) dan desain grafis. Dua tugas ini membutuhkan kapasitas penyimpanan sementara yang besar agar dapat berjalan lancar.

Contohnya seperti proses pengunduhan elemen game di tengah permainan dan penyimpanan sementara progres desain sebelum tuntas. Seluruh data tersebut akan ditampung dalam RAM sampai user menyimpan data secara permanen di ROM.

Memperhalus Kinerja Gadget

RAM yang besar akan memperhalus kinerja gadget Anda. Gadget tidak akan terasa berat atau lemot meskipun harus mengoperasikan banyak aplikasi atau fitur sekaligus. Inilah fungsi RAM pada HP dan komputer yang paling banyak dicari masyarakat masa kini.

Membantu Mengoptimalkan Aplikasi

Fungsi RAM pada komputer dan HP yang menarik berikutnya adalah membantu mengoptimalkan update aplikasi-aplikasi Anda. Perkembangan aplikasi kekinian dengan beragam fitur canggih menjadikan banyak app menuntut spesifikasi RAM tertentu. Jika gadget Anda belum memenuhi kapasitas RAM yang diminta, otomatis aplikasi tidak bisa diupdate atau digunakan dengan baik.

Mencegah Gadget Menjadi Panas dan Not Responding

Beberapa ponsel menjadi cepat panas jika terlalu banyak menjalankan aplikasi sekaligus. Namun hal ini tidak akan terjadi jika ponsel atau komputer Anda memiliki RAM yang besar. Mengapa?

Kapasitas RAM besar bisa menampung banyak data-data sementara dari aplikasi. Otomatis kinerja aplikasi akan lebih ringan dan tidak menjadikan ponsel panas. Hal ini juga akan menghindarkan Anda dari masalah gadget tidak merespon tindakan (not responding atau hang). Sedangkan ponsel yang RAM-nya kecil cenderung mudah sekali nge-hang.

Membantu Menghapus Data Sampah secara Otomatis

Fungsi RAM pada komputer dan HP yang terakhir adalah membantu menghapus data-data sampah secara otomatis. Data sampah yang dimaksud di sini adalah data-data hasil pemrosesan aplikasi yang tidak dipakai lagi.

Ketika Anda menggunakan aplikasi, tentunya akan ada sejumlah data yang disimpan sementara di memori RAM. Lalu file data tersebut akan dihapus oleh RAM begitu aplikasi selesai digunakan atau data tidak dipakai lagi oleh user dalam kurun waktu yang lama. 

Namun ada juga sistem ponsel dan komputer yang menghapus data RAM ketika user menghidupkan ulang (restart) gadget mereka. Alhasil kapasitas RAM akan kembali kosong untuk menampung data-data baru.

Dari ke 10 fungsi RAM tersebut, maka tak heran apabila semakin besar kapasitas dari sebuah RAM, harganya pun menjadi semakin mahal. Sebab, semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, menjadikan performa sebuah PC/laptop maupun perangkat smartphone menjadi semakin baik, bahkan cenderung hampir tidak pernah mengalami permasalahan lemot dan hang.

Tips Memilih RAM

fungsi ram, fungsi ram pada hp, fungsi ram pada komputer

Agar tidak salah pilih dan agar bisa menggunakan perangkat elektronik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara memilih RAM yang sesuai. Ada beberapa hal yang diperhatikan. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Anda harus memperhatikan kapasitas maksimal RAM yang bisa di handle oleh perangkat yang Anda pilih.
  2. Kemudian, perhatikan jumlah pula kapasitas slot dari RAM yang tersedia.
  3. Perhatikan pula jenis RAM yang akan dipilih.
  4. Anda harus selalu teliti sebelum membeli, cek kembali agar menjadi lebih yakin untuk membelinya.
  5. Cek kelengkapan kapasitas RAM dari keterangan spesifikasi yang biasa tertera pada bagian luar.

Itulah beberapa fungsi RAM yang bisa Anda pahami. Dengan demikian, Anda tidak lagi merasa kebingungan mengenai fungsi-fungsinya. Diharapkan, untuk ke depannya Anda mampu memilih kapasitas RAM yang sesuai kebutuhan.

Namun penting juga untuk diketahui, bahwa tidak semua perangkat elektronik, baik smartphone maupun PC/laptop mampu menampung RAM dengan kapasitas yang besar. Pasalnya, perangkat-perangkat tersebut memiliki kapasitas maksimal.

Semisal, jika ada smartphone yang hanya mampu menampung kapasitas RAM hingga 1 GB saja, maka sebagai pengguna Anda tidak bisa memaksakan diri untuk menggunakan kapasitas RAM dalam jumlah yang lebih besar karena hal tersebut dapat membebani kinerja smartphone Anda, sehingga akan berdampak pada kualitas dan juga performanya.

Nah, setelah mengetahui fungsi RAM setidaknya Anda harus bersikap bijak dalam menggunakannya. Janganlah bersikap sebagai user yang egois, dimana Anda memasukkan apa saja di dalam perangkat yang dimiliki, padahal kapasitas RAM yang dimiliki sudah tidak sanggup menampungnya. Pasalnya, pemakaian RAM yang terlalu dipaksakan melebihi kemampuannya, justru akan memberikan dampak buruk terhadap perangkat Anda, karena memang akan berujung pada kerusakan fungsi secara keseluruhan.

Android Oreo : 14 Fitur dan Kelebihannya

0

Seperti yang sudah diketahui operating system atau OS Android memiliki banyak versi. Mulai dari versi keluaran paling lama hingga yang paling baru. OS Android keluaran terbaru tentunya telah dibekali dengan spesifikasi yang lebih lengkap dan lebih unggul dibandingkan dengan versi terdahulunya.

Dari beberapa versi OS Android yang ada, kali ini kami akan menjabarkan informasi yang berkaitan tentang Android Oreo. Yang mana OS Android versi kedelapan ini dilengkapi dengan aneka fitur-fitur yang menarik. Penggunaan OS Android versi Oreo ini telah banyak disematkan pada smartphone-smartphone Android keluaran terbaru.

Lantas, apakah smartphone Android lama bisa di update hingga memiliki OS Android versi 8. Tentu saja bisa, namun sebelum melakukannya Anda perlu untuk mengetahui segala fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh Android versi Oreo ini. Dengan demikian, Anda pun dapat merasa lebih yakin untuk melakukan upgrade OS Android versi terbaru.

Apa Itu Android Oreo?

android oreo

Pada dasarnya Android adalah sistem operasi yang bersifat open source karena memang memiliki sumber daya terbuka yang dapat dikembangkan pada perangkat mobile oleh Google. Sementara Android versi Oreo merupakan OS Android versi 8 yang paling banyak digunakan saat ini.

Sebab di dalamnya telah disediakan fitur-fitur yang lebih lengkap dan juga lebih menarik dibandingkan dengan versi Android terdahulunya. Kelengkapan fitur-fitur tersebut menjadi kelebihan yang dimilikinya.

14 Fitur dan Kelebihan Android Oreo

android oreo 1

Kehadiran dari versi OS Android yang satu ini masih tergolong baru. Kelengkapan fitur-fitur yang dimilikinya begitu menarik. Hal tersebut merupakan nilai plus dan menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Android versi Oreo ini. Adapun kelengkapan fitur-fitur yang dimilikinya adalah sebagai berikut.

Background Limit

Daya tahan dan kekuatan baterai smartphone merupakan fokus utama yang berusaha diperbaiki Google pada Android Oreo. Dengan disediakannya Fitur Background Limit ini, difungsikan untuk membatasi aktivitas aplikasi yang ada di background.

Hal ini tentunya akan meminimalkan aktivitas pada latar belakang atau background dalam aplikasi yang jarang digunakan. Tujuannya, agar aktivitas background tidak menyedot daya baterai secara berlebihan.

Autofill

Fitur unggulan Android versi Oreo berikutnya adalah Autofill, yakni sebuah fitur yang menawarkan kenyamanan dan keamanan saat melakukan login. Dengan kehadiran dari fitur ini, maka memudahkan Anda untuk login ke berbagai akun yang dimiliki, sehingga tak perlu ribet untuk mengetik username dan password secara berulang-ulang.

Picture in Picture

Picture-in-picture (PIP) juga fitur unggulan yang dimiliki oleh OS Android versi Oreo ini. Dalam fitur ini, Anda diberikan kebebasan untuk menonton video sambil menjalankan aplikasi lainnya. Dengan demikian, Anda bisa menonton video dan melakukan aktivitas lain secara bersamaan.

Notification Dots

Notification Dots merupakan fitur tanda notifikasi. Notifikasi tersebut akan muncul pada aplikasi tertentu yang sering Anda gunakan. Cara mengakses fitur Notification Dots ini sangatlah mudah, yakni dengan menekan titik kecil yang ada di atas icon aplikasi yang muncul. Di sini, Anda dapat melakukan quick preview, yakni dengan  cara men-tap dan menahan titik tersebut.

Android Instant Apps

Dengan adanya fitur Android Instant Apps, nantinya para pengguna smartphone Android Oreo dapat menjalankan dan mengoperasikan aplikasi baru langsung dari browser, tanpa perlu mendownloadnya terlebih dahulu.

Google Play Protect

Google juga dapat meningkatkan keamanan pada toko aplikasi digital (Google Play Store). Dalam hal ini Google bisa mendeteksi dan menghapus aplikasi berbahaya secara otomatis. Dalam rilisnya juga, Google pun mengatakan akan memindai lebih dari 50 miliar aplikasi per hari dengan bekalan fitur Google Play Protect ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi.

Emoji Baru

Bagi yang sering menggunakan aplikasi chatting dijamin Anda pasti senang sekali. Sebab, telah disediakan lebih dari 60 emoji atau emoticon baru di Android versi Oreo ini.

Tombol Accessibility

Fitur berupa tombol Accessibility pada Android versi Oreo ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengaksesan dengan lebih cepat. Sebab, telah disediakan fitur aksesibilitas pada panel navigasi. Misalnya, jika hendak melakukan perintah sederhana seperti pembesaran dan mengoperasikan fungsi dalam layanan aksesibilitas Anda bisa melakukannya dengan mudah, karena fungsinya sama seperti Select to Speak.

Smart Text Selection

Fitur Smart Text Selection yang disematkan pada Android Oreo ini, berfungsi untuk memudahkan Anda dalam melakukan copy paste yakni dengan mengaplikasikan langsung pada on device machine learning. Misalnya, ketika Anda hendak melihat tulisan sebuah alamat, maka Anda tak perlu lagi menyalin dengan melakukan blok kata per kata.

Secara otomatis Google akan mengenali frasa dan konteks tulisan tersebut, kemudian akan langsung mem-bloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Selain itu fitur Smart Text Selection ini juga dapat menyarankan maps pada tulisan alamat dan dapat menyarankan akses telepon ketika Anda melihat deretan nomor telepon di bagian kontak.

Codec Audio Bluetooth High-Quality

Fitur Android versi Oreo berikutnya adalah dukungan codec audio Bluetooth high quality. Saat ini fungsi dan kegunaan lubang jack audio di smartphone mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, smartphone keluaran terbaru sudah dibekali dengan headphone nirkabel sebagai bagian standarnya. Bagi para pecinta musik, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kualitas audio yang dihasilkan.

Neighborhood Aware Networking

Ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Android versi Oreo terbaru, yakni mengenai teknologi yang berkaitan dengan kualitas WiFi. Fitur ini disebut dengan Neighborhood Aware Networking (NAN), yakni difungsikan untuk memudahkan perangkat Anda dalam menemukan perangkat satu sama lain untuk berkomunikasi melalui WiFi tanpa perlu melakukan proses access point.

Wide Color Gamut Profile

Pada Android versi Oreo, Google menawarkan cara native dalam menentukan cara untuk menampilkan aplikasi pada mode wide color gamut. Yang mana Profil tersebut meliputi, Pro Photo RGB, DCI-P3 dan Adobe RGB. Ketiganya merupakan standar umum yang disematkan dalam aplikasi pencitraan, editing, hingga video profesional.

Fungsinya adalah untuk menampilkan warna yang diperlukan untuk video profil HDR seperti HDR-10 dan Dolby Vision dengan kualitas yang lebih baik. Walaupun demikian, sebagian pengguna mungkin belum menyadari akan keberadaan dari fitur ini.

Snooze Notifikasi

Bukan hanya fungsi dan kegunaan alarm saja yang dapat Anda tunda. Pada Android versi Oreo ini, Anda dapat melakukan snooze notifikasi dalam setiap aplikasi yang digunakan. Dimana, Anda dapat menunda selama 15 menit, 30 menit, hingga selama satu jam. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir  melewatkan pemberitahuan penting, karena sibuk dan ketika timer habis, Anda akan mendapatkan peringatan kembali.

Channel Notifikasi

Google juga mengubah sistem notifikasi yang hadir di smartphone atau tablet dalam Android Oreo ini. Salah satu perubahannya adalah, Anda dapat mengelompokkan notifikasi dari tiap-tiap aplikasi pada kategori tertentu. Hal ini yang disebut dengan “channels”.

Bukan hanya itu saja, penggunaan fitur ini juga memudahkan Anda untuk mengatur atau bahkan memblokir notifikasi dari kategori aplikasi yang dianggap mengganggu.

Cara Upgrade versi Android Oreo

Bagaimana? Apakah smartphone Android yang Anda miliki saat ini, sudah didukung dengan Android Oreo? Jika belum, maka Anda bisa melakukan upgrade atau pembaruan versi. Adapun caranya, adalah sebagai berikut.

Melalui OTA

Pilihan pertama, Anda bisa melakukan update sistem operasi Android menggunakan OTA (Over The Air). Untuk melakukan update via OTA, Anda hanya tinggal pergi ke menu Setting > About Phone > System Update. Namun, tetap pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet cepat dan stabil.

Selain itu, untuk menggunakan cara ini, Anda harus mengetahui apakah smartphone tersebut telah mendapatkan dukungan update langsung di developer atau tidak. Sebab, jika smartphone tidak mendapat dukungan dari developer, maka cara update melalui OTA ini mustahil untuk dilakukan.

Melalui Custom ROM

Apabila smartphone Anda tidak didukung untuk mendapatkan update sistem operasi secara resmi, maka Anda bisa memilih untuk menggunakan custom ROM yang bertebaran di internet. Dimana terdapat forum-forum internet populer seperti XDA Developers yang memberikan banyak thread dan tutorial, bagi siapa saja hendak melakukan kustomisasi pada perangkat Android.

Namun untuk melakukan custom ROM setidaknya Anda harus memiliki pemahaman yang jelas, mulai dari proses unlock bootloader, proses membuka akses root dan yang lainnya. Cara Install Custom ROM Android bisa dilakukan melalui 2 tahapan, yaitu Recovery dan Flashing ROM agar mampu mendapat perangkat dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh stock ROM.

Untuk melakukan update ke versi Android Oreo memang akan jauh lebih mudah dilakukan melalui proses root. Akan tetapi, cara tersebut memberikan dampak yang kurang baik terhadap perangkat Anda, terutama dari segi kualitas keamanannya.

[application-about]

Franchise Adalah? Pengertian, Jenis dan Keuntungannya

0

Dalam dunia bisnis, terdapat banyak variasi dunia usaha yang dapat dipilih dan dikembangkan. Mulai dari membuka bisnis sendiri, menjalankan bisnis online dan alternatif bisnis lainnya yang dapat dipilih adalah franchise.

Contoh nyata dari franchise adalah Mc Donalds, KFC dan Pizza Hut yang berasal dari USA, Bread Talk yang berasal dari Singapura, dan masih banyak lagi bisnis franchise lainnya. Bisnis-bisnis tersebut tergolong sebagai franchise dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, sehingga gambaran sederhana dari sebuah bisnis franchise sangat mudah untuk dipahami.

Perkembangan Bisnis Franchise

franchise 1

Istilah franchise pertama kali dikenal pada tahun 1850 oleh seorang pembuat mesin jahit, Isaac Singer, sebagai usaha untuk memperluas bisnisnya yaitu Singer Sewing Machine Company. Meskipun bisnisnya gagal, tetapi Issac Singer berhasil membuat format bisnis franchise pada masa itu. Dan konsep bisnis franchise miliknya banyak digunakan oleh pebisnis lain dan membuahkan hasil yang lebih baik, seperti pendiri Coca Cola yaitu John. S. Pemberton.

Namun jejak Isaac Singer pertama kali diikuti oleh industri otomotif asal USA yaitu General Motor Industry pada tahun 1898,  perusahaan tersebut menggunakan distributor franchise untuk menjual kendaraan bermotor produk perusahaan tersebut.

Perkembangan Bisnis Franchise di Indonesia

Perkembangan franchise di Indonesia sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu franchise milik asing dan franchise milik Indonesia. Franchise milik asing berarti pemilik franchise atau franchisor berasal dari luar negeri, dan jenis franchise ini lebih diminati dikarenakan faktor-faktor tertentu seperti sistem operasinya yang lebih terstruktur, brand yang sudah mendunia¸ dan saat menggunakan produk atau layanan dari brand tersebut akan memberikan perasaan bangga atau prestis tersendiri bagi konsumen. Contoh franchise milik asing seperti Starbucks, Mc Donalds, Pizza Hut, KFC, dan lain sebagainya.

Sementara franchise dari Indonesia menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin cepat memulai bisnis tetapi tidak memiliki pengetahuan signifikan sebagai modal awal sehingga mengikuti sistem operasional yang telah ditetapkan oleh franchisor. Contoh franchise milik Indonesia adalah Ayam Bakar Wong Solo, Es Teler 77, Alfamart, Geprek Bensu, Campina, dan sebagainya. Franchise di USA menyerap lebih dari 8 juta tenaga kerja dan juga merupakan jenis sistem bisnis yang paling banyak dipilih di segala jenis bidang usaha.

Persentase-nya mencapai 41% dari seluruh jumlah bisnis ritel di USA dan berdasarkan The International Franchise Association¸ saat ini jenis bisnis di USA, satu dari dua belas jenis bisnis adalah bisnis di bidang franchise. Dan persentase penjualan yang dihasilkan dari bisnis franchise adalah lebih dari 40% dari keseluruhan penjualan yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan di USA.

Di Indonesia sendiri, franchise adalah jenis bisnis yang sudah banyak dikenal sejak tahun 70-an. Pertama kali diprakarsai dikarenakan franchise adalah jenis bisnis yang paling banyak diminati sekaligus memberi dampak signifikan terhadap perekonomian USA, sehingga Departemen Perdagangan Indonesia saat itu tertarik untuk menggiatkan perekonomian Indonesia sekaligus menambah angka lapangan kerja di Indonesia.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan mendata seluruh bisnis franchise yang ada di Indonesia bekerjasama dengan International Labour Organization (ILO). Proses pengumpulan data di lapangan dilakukan oleh Lembaga Pengembangan dan Pendidikan Manajemen (LPPM) sedangkan dari pihak ILO sendiri memilih Mr. Martin Mendelsohn, pakar franchise Amerika, untuk menganalisa situasi dan kondisi di Indonesia sebelum merekomendasikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis franchise di Indonesia.

Bisnis franchise yang pertama kali muncul di Indonesia adalah Shakey Pisa, KFC, Swensen, dan KFC. Kemudian dimulai sejak tahun 1995, bisnis franchise semakin berkembang pesat, hingga saat ini. Berdasarkan pemaparan di atas, apa sebenarnya franchise itu?

Pengertian Franchise

franchise 2

Franchise adalah istilah yang berasal dari 2 bahasa, yaitu bahasa Inggris, franchising dan bahasa Prancis yaitu franchise, yang berarti hak atau kebebasan. Sementara definisi dari franchise sendiri adalah hak yang diberikan oleh pemilik franchise kepada penerima franchise untuk menjual produk, jasa ataupun layanan dengan berdasarkan aturan dan sistem yang telah ditetapkan antara kedua belah pihak.

Sementara, definisi menurut Asosiasi Franchise Indonesia, franchise adalah sistem pendistribusian produk atau jasa kepada pelanggan di berbagai wilayah dengan cara pemberi franchise melimpahkan hak-hak franchise kepada seseorang atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan brand, sistem, prosedur dan aturan-aturan yang telah disepakati bersama antara pemberi dan penerima franchise dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa franchise adalah sebuah sistem bisnis yang membuat seorang francshisor memberikan hak-hak eksklusif untuk mendistribusikan produk atau layanan di bawah bendera brand milik francishor, dalam artian menggunakan aturan, sistem operasi, juga prosedur yang ditetapkan oleh franchisor dan disetujui oleh franchise.

Konsep ini serupa dengan konsep saat pembuat bir asal Jerman memberikan hak-hak eksklusif kepada kedai-kedai tertentu yang ingin menjual home-made beer buatan mereka pada tahun 1840. Sejarah dari bisnis mesin jahit milik Isaac Singer pun turut memberikan kontribusi pada perkembangan franchise saat ini, yaitu dari segi bahasa, format dan kontrak perjanjian yang digunakan sebagai model dokumen franchise hingga saat ini.

Bentuk & Jenis Franchise 

franchise 3

Dikarenakan franchise adalah sebuah sistem bisnis, maka bentuk franchise dapat dibedakan menjadi dua yaitu product and trade franchise dan business format franchisee. Product and trade franchise adalah suatu sistem bisnis franchise dimana seorang franchise mendapatkan lisensi dari franchisor untuk menjual produk-produk milik franchisor. Sistem bisnis franchise ini biasanya digunakan oleh dealer-dealer mobil dan stasiun pengisian bahan bakar.

Sementara kategori kedua, business format franchisee adalah dimana seorang franchisee memperoleh semua konsep bisnis dari franchisor, dimulai dari pedoman dan standar operasi, strategi promosi dan pemasaran, hingga pedoman untuk menjalankan sistem operasi sebuah brand franchise. Pada umumnya, franchise jenis ini banyak digunakan oleh fastfood restaurant seperti KFC, Mc Donalds, Es Teler 77, dan sebagainya.

Kategori Franchise di Indonesia

Di Indonesia, franchise pun dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu berdasarkan produk atau kriteria, berdasarkan asal franchise tersebut, dan yang terakhir franchise menurut IFA atau International Franchise Association.

Kategori Berdasarkan Produk

Berdasarkan produknya, franchise terbagi menjadi tiga bagian, yaitu franchise menurut produk, jasa, dan gabungan ke duanya. Berdasarkan pembagian kategori tersebut dapat memberikan gambaran bahwa franchise dapat memperdagangkan sebuah produk, jasa atau layanan, bahkan gabungan dari keduanya.

Kategori Berdasarkan Asalnya

Kemudian berdasarkan asalnya, franchise terbagi menjadi dua, yaitu franchise dari luar negeri dan franchise dalam negeri. Pada umumnya masyarakat Indonesia lebih menyukai franchise dari luar negeri seperti Starbucks, Victoria Secret, KFC dan lain sebagainya.

Bukan hanya karena alasan-alasan yang telah dipaparkan sebelumnya, tetapi juga karena karakter dari masyarakat Indonesia sendiri pula yang begitu menggemari dan mempercayai brand-brand dari luar negeri. Sementara untuk franchise dalam negeri adalah jenis franchise yang didirikan dan dikembangkan oleh pengusaha dalam negeri, seperti Martha Tilaar, Campina, Alfamart, dan sebagainya.

Kategori Berdasarkan IFA

Kategori terakhir, yaitu jenis franchise berdasarkan International Franchise Association (IFA) dan franchise jenis ini digunakan di USA. Terdapat empat kategori, yaitu Product Franchise, Manufacturing Franchise, Business Opportunity Ventures dan Business Format Franchising.

Product Franchise

Product Franchise adalah jenis franchise dimana seorang produsen memiliki hak penuh untuk mengontrol seluruh aspek untuk mendistribusikan produknya yaitu dengan mengizinkan seorang pemilik toko untuk menggunakan brand dan hak cipta milik produsen.

Untuk tujuan tersebut, pemilik toko diharuskan membayar sejumlah uang yang ditetapkan untuk memperoleh hak tersebut sebagai bentuk kerja sama atau membeli sejumlah produk milik produsen. Contoh jenis franchise ini adalah toko peralatan komputer atau handphone dimana toko tersebut menjual produk milik produsen.

Manufacturing Franchise

Manufacturing Franchise adalah franchise dari produsen yang memproduksi produk kemudian memberikan hak produksi kepada seseorang yang kemudian dapat digunakan untuk menjual produk, dengan syarat yaitu menggunakan merk dagang dan merk franchise milik produsen tersebut. Biasanya jenis franchise ini adalah produk-produk dari industri makanan dan minuman.

Sebagai contoh, seseorang yang ingin membuka usaha dengan mendirikan suatu pabrik tetapi menggunakan brand yang sudah terkenal dan memiliki penggemar, calon franchise tersebut hanya perlu membeli hak izin untuk memproduksi sekaligus mengikuti prosedur yang ditetapkan, termasuk menggunakan bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi produk dari produsen.

Business Opportunity Ventures

Business Opportunity Ventures adalah jenis franchise dimana seorang pebisnis harus membeli dan mendistribusikan produk atau layanan dari suatu brand tertentu dan brand tersebut harus menyediakan pelanggan sekaligus rekening khusus untuk pebisnis tersebut. Sebagai gantinya, brand tersebut akan membayar biaya atau kompensasi atas usaha yang dilakukan seorang pebisnis demi keberlangsungan bisnis brand tersebut.

Business Format Franchising

Kategori franchise yang terakhir adalah Business Format Franchising, kategori ini merupakan jenis franchise yang paling terkenal dalam dunia bisnis. Jadi sebuah brand memiliki beberapa metode yang berbeda dalam hal sistem bisnis dan menawarkannya kepada pemilik bisnis, tetapi masih menggunakan nama dan brand dari pemilik brand.

Ciri-ciri utama dari franchise ini adalah brand akan menyediakan bantuan kepada pemilik bisnis yaitu dalam bentuk pendanaan atau bisa juga mengharuskan pemilik bisnis membeli persediaan produk perusahaan. Seperti yang telah diketahui, franchise adalah sistem pendistribusian produk atau layanan yang dilakukan oleh franchisee namun masih berada di bawah brand milik franchisor, termasuk dalam hal format, prosedur dan aturan yang diberlakukan oleh pihak franchisor.

Hal ini jugalah yang menjadi konsep dari franchise tipe Business Format Franchising. Berdasarkan pemaparan diatas, franchise adalah jenis bisnis yang terstruktur, rapi dan sistematis, yang bertujuan untuk menguntungkan semua pihak, yaitu franchisor, franchisee, customer, supplier dan tentunya konsumen.

Keuntungan Memiliki Franchise

Hal menarik dari memiliki bisnis franchise adalah pebisnis dapat memiliki pengetahuan sekaligus pengalaman di bidang bisnis tanpa harus melakukan banyak kesalahan seperti yang dilakukan oleh pebisnis pemula, sebab semua aturan, prosedur, juga sistem operasi sudah distandarisasi oleh pihak franchisor. Selain itu juga akan memberikan keuntungan bagi pihak franchisor karena bisnisnya semakin meluas yang berarti meningkatkan penghasilan.

Keuntungan lain dari memiliki bisnis franchise adalah seorang franchisee hanya perlu mengeluarkan sejumlah modal untuk membeli hak izin, persediaan produk sebuah brand atau ketentuan lainnya yang menjadi format bisnis sebuah brand. Hal ini akan membuat seorang franchise tidak perlu membangun sebuah bisnis dari awal, cukup hanya mengikuti sistem dan prosedur yang sudah tersistematis, mulai dari strategi bisnis hingga manajemen perusahaan.

Bahkan tidak jarang seorang franchisor akan memberikan pelatihan khusus kepada mitranya yaitu franchise, hampir di seluruh aspek bisnis, seperti marketing, keuangan, dan operasional bisnis. Inilah bentuk dukungan kuat dari seorang franchisor, tidak hanya dalam hal kerja sama dengan partner lain seperti supply bahan baku maupun strategi marketing.

Itu adalah bentuk keuntungan dari franchise yang dapat membangun mental, pengetahuan sekaligus pengalaman seorang franchise, selain keuntungan-keuntungan lainnya seperti jarang sekali mengalami kerugian. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Bisnis franchise ini pada umumnya digunakan oleh brand-brand tertentu yang sudah dikenal bahkan mendunia, sehingga tidak perlu mencari pelanggan tetapi fokus pada upaya untuk mempertahankan brand tersebut, ekspansi bisnis, dan juga menciptakan produk dan layanan baru namun masih dibawah brand yang sama.

Sehingga penghasilan dapat dikatakan stabil untuk setiap periodenya dan biaya pemasaran yang rendah, sebab tidak perlu membuat brosur atau iklan. Karena faktor-faktor tersebut, bisnis franchise memberikan keuntungan yang lebih besar.

Selain itu, terdapat prinsip keterbukaan dalam hal keuangan antara pihak franchisor dan franchise. Hal ini dibuktikan dengan adanya laporan keuangan yang dibuat oleh pihak franchise kepada pihak franchisor sebagai bentuk pertanggung jawaban dalam hal manajemen keuangan.

Demikianlah hal-hal menarik seputar franchise dan tentunya aspek-aspek yang berada dalam ruang lingkup bisnis franchise. Meskipun sebuah bisnis franchise memberikan kemudahan terhadap franchisee untuk menjalankan bisnis sekaligus mendapatkan keuntungan dibawah manajemen yang tersistematis dengan baik, tetap saja upaya-upaya untuk mempertahankan suatu bisnis layaknya seperti menjalankan bisnis milik sendiri, perlu untuk dilakukan. Semoga informasi ini berguna ya!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Panduan Lengkap Cara Mengganti Password Gmail Mudah dan Aman

0
cara mengganti password gmail, cara mengganti password, mengganti password gmail

Hampir semua orang didunia ini memiliki akun Gmail, termasuk juga Anda. Lantas, akun apa yang Anda miliki? Dari beberapa platform layanan pesan elektronik atau email, Gmail (Google Mail) lebih banyak dipilih, karena memang dianggap memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang lainnya seperti cara mengganti password gmail lebih mudah dilakukan.

Sebagaimana dengan namanya, Google Mail merupakan layanan email yang dimiliki secara resmi oleh Google. Layanan ini telah dilindungi oleh keamanan yang cukup baik. Namun, tetap saja sebagai penggunaannya, Anda tetap harus memperhatikan dan menjaga keamanan akun Gmail yang dimiliki.

Untuk meningkatkan sistem keamanan, Anda bisa mengganti password secara berkala. Lantas, bagaimana cara mengganti password Google mail? Caranya sangatlah mudah sekali, dimana dalam perjumpaan artikel kali ini, kami akan menjelaskannya secara gamblang. 

Akan tetapi, sebelum memulai untuk mengganti password akun Gmail Anda terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Adapun diantaranya, adalah sebagai berikut:

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mengganti Password Gmail

cara mengganti password gmail, cara mengganti password, mengganti password gmail

Gmail adalah platform layanan pesan elektronik atau email yang resmi milik Google dan salah satu yang terbesar untuk sekarang. Seiring berjalannya waktu, kita telah menyaksikan pertumbuhan yang sangat pesat dalam jumlah pengguna akun Gmail setiap tahunnya. 

Pertumbuhan ini bisa diatribusikan kepada berbagai faktor, salah satunya adalah beragamnya fitur-fitur pendukung yang disediakan oleh Gmail, yang tidak hanya mempermudah komunikasi melalui email, tetapi juga membantu pengguna dalam berbagai aspek lainnya.

Salah satu keunggulan utama Gmail adalah integrasinya yang kuat dengan layanan-layanan Google lainnya, seperti Google Dokumen, Google Drive, Google Map, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai alat produktivitas dan layanan Google dengan mudah dari satu akun. 

Misalnya, pengguna dapat dengan cepat mengirim dokumen dari Google Dokumen sebagai lampiran email, berbagi lokasi menggunakan Google Map, atau menyimpan file ke Google Drive tanpa perlu keluar dari kotak masuk email mereka.

Selain fitur-fitur tersebut, Gmail juga menawarkan keamanan yang kuat, termasuk deteksi email phishing, proteksi terhadap spam, dan penyandian end-to-end. Ini membantu menjaga keamanan dan privasi informasi pengguna.

Selain itu, Gmail juga terus mengembangkan diri dengan penambahan fitur-fitur baru, pembaruan tampilan, dan peningkatan kinerja. Semua ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berkembang dalam era digital yang cepat berubah.

Dengan semua fitur dan keunggulan ini, Gmail tetap menjadi salah satu platform email paling populer dan andal di dunia, yang digunakan oleh jutaan orang untuk keperluan komunikasi pribadi dan bisnis mereka. Terus berkembang dan berinovasi, Gmail tetap menjadi pilihan utama bagi banyak individu dan organisasi di seluruh dunia.

Bukan hanya itu saja, sistem pengoperasian Gmail memiliki performa cepat. Yang mana, dapat digunakan untuk mengirimkan pesan elektronik dengan cepat, yakni dalam hitungan detik saja. Biasanya, mereka yang memiliki akun Gmail adalah orang-orang yang kerap berkutat dan menghabiskan waktu di dunia digital, mulai dari para pebisnis online hingga orang yang melakukan komunikasi jarak jauh via email.

Namun, bagi Anda yang merupakan pengguna baru, mungkin Anda masih perlu sedikit beradaptasi agar bisa mengoperasikan dan menggunakan layanan Gmail (Google Mail) dengan lancar. Jika saat ini, Anda merasa kebingungan untuk mengubah atau menyetel ulang akun Gmail Anda. Maka, di sini akan dijabarkan mengenai cara mengganti password Gmail dengan tutorial yang lengkap dan jelas.

Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum mengganti password akun Gmail adalah sebagai berikut. Yang mana, cara ini dapat difungsikan untuk meningkatkan sistem keamanan pada akun email Anda.

  1. Pastikan Anda telah memiliki akses masuk dengan menggunakan nama pengguna dan password lama.
  2. Ketika Anda hendak mengganti password, sebaiknya pilih password yang sulit ditebak, namun tetap mudah diingat oleh Anda. Gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, dan elemen-elemen khusus seperti underscore, titik, atau koma untuk menguatkan keamanan password baru Anda.
  3. Jangan lupa untuk memasukkan nomor handphone dan alamat email alternatif sebagai akses masuk pemulihan akun apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, seperti lupa password atau akun Anda logout secara tiba-tiba. Ini adalah langkah yang sangat penting untuk memastikan Anda dapat dengan cepat mendapatkan kembali akses ke akun Anda jika terjadi masalah keamanan atau akses yang tidak sah.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan keamanan akun Gmail Anda dan menjaga informasi pribadi Anda tetap aman dari potensi ancaman online. Selalu penting untuk menjaga password dan akses akun Anda dengan baik, dan berkat panduan lengkap yang disediakan oleh Gmail, Anda dapat melakukan ini dengan lebih mudah dan efektif.

Cara Mengganti Password Gmail Dengan Aman

cara mengganti password gmail, cara mengganti password, mengganti password gmail

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk bisa mengganti password atau kata sandi lama Anda, maka Anda mengakses akun dengan nama pengguna dan dengan password lama. Adapun tutorialnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, Anda harus masuk atau login terlebih dahulu ke akun Gmail melalui browser, kemudian masukkan alamat email setelah itu memasukan password.

cara mengganti password gmail, cara mengganti password, mengganti password gmail

2. Lanjutkan dengan mengklik tombol gear yang terdapat pada bagian pojok kanan, kemudian pilih menu Setelan/Setting.

cara mengganti password gmail, cara mengganti password, mengganti password gmail

  1. Setelah itu, silahkan pilih menu Akun dan pilih Impor.
  2. Lalu klik ubah password/kata sandi.

cara mengganti password gmail, cara mengganti password, mengganti password gmail

  1. Di sana Anda akan melihat tab baru. Silakan masukkan password yang Anda gunakan verifikasi bahwa Anda memang mengganti password.
  2. Berikutnya Klik tombol Berikutnya/Next untuk melanjutkan.
  3. Lalu, silahkan masukkan password baru sebagai pengganti password sebelumnya. Anda perlu memasukkan password dua kali sebagai konfirmasi.
  4. Jika sudah yakin dengan password baru yang telah dibuat, lalu klik tombol Ubah Sandi.
  5. Yang terakhir tinggal menunggu prosesnya selesai. Untuk melakukan pengecekan, silahkan melakukan login kembali menggunakan password baru Anda.

Cara mengganti kata sandi sangatlah mudah untuk dilakukan. Siapapun pasti bisa melakukannya. Terlebih lagi, tata caranya tidak jauh berbeda dengan tutorial ketika hendak mengganti password/kata sandi pada akun media sosial pribadi Anda.

Jika Anda bisa menerapkan tutorial tersebut sedari awal, maka untuk selanjutnya Anda bisa langsung mengganti password dengan sendirinya, tanpa perlu mengacu pada penjelasan langkah-langkah tutorial yang sama.

Tips Membuat Password Google Mail Baru

cara mengganti password gmail, cara mengganti password, mengganti password gmail

Bukan hanya mudah untuk dilakukan, karena untuk mengganti password juga bisa dilakukan dengan cepat, yakni hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja. Cara mengganti password Gmail tersebut dapat diterapkan secara berkala dan teratur, guna untuk meningkatkan keamanan akun email yang Anda miliki. 

Apakah tidak repot jika harus mengganti password akun Gmail secara berkala? Walaupun Anda menganggapnya bahwa kegiatan tersebut cukup merepotkan, namun semaksimal mungkin harus dilakukan.

Pasalnya, akun Gmail juga rawan tindakan peretasan atau hacker akibat ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab. Terlebih lagi, jika di dalam akun email Anda terdapat data-data penting, maka akan lebih rawan dibobol oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. 

Sebagai salah satu tindakan pengamanan akun Gmail Anda, sangatlah penting untuk mengganti password atau kata sandinya secara berkala. Setidaknya sedari sekarang, Anda harus mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Setelah menjabarkan tentang tata cara mengganti password Gmail, berikut ini juga kami sertakan beberapa tips untuk membuat password baru agar akun Anda tidak mudah dibobol. Sebab, Anda harus membuat password yang kuat dan sulit ditebak. Adapun tipsnya, yakni:

  • Gunakan Kombinasi Karakter yang Kuat: Pastikan password baru Anda terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Semakin rumit, semakin aman.
  • Hindari Informasi Pribadi: Jangan gunakan informasi pribadi seperti nama atau tanggal lahir dalam password Anda.
  • Jangan Gunakan Password yang Sama: Jangan pernah menggunakan password yang sama dengan akun lain, terutama jika akun tersebut terkait dengan informasi penting.
  • Perbarui Password Secara Berkala: Selalu perbarui password Anda setiap beberapa bulan untuk menjaga keamanan akun Anda.
  • Aktifkan Autentikasi Dua Faktor: Jika memungkinkan, aktifkan autentikasi dua faktor untuk lapisan keamanan tambahan.

Apabila hendak meningkatkan sistem keamanan akun Gmail Anda, maka Anda bisa melakukan verifikasi menggunakan nomor handphone. Dimana nomor handphone tersebut bisa dijadikan sebagai media pemulihan akun, jika nantinya Anda lupa dengan penggunaan password baru yang baru saja dibuat.

Sekilas semua tips di atas memang mudah untuk dipraktekkan. Hanya saja, memang sedikit merepotkan, karena Anda perlu mengingat banyak password dengan ketentuan elemen yang rumit untuk akun yang berbeda. Apalagi, Anda masih perlu mengganti password terus menerus secara berkala.

Solusinya adalah, Anda bisa mencatat password baru tersebut di buku lalu Anda bisa menyimpannya di tempat yang aman. Untuk cara lainnya, Anda bisa menggunakan software password manager. Yang mana, software tersebut dapat digunakan untuk menyimpan semua password akun yang Anda miliki dengan aman.

Yang paling penting jangan pernah membocorkan atau memberitahukan password atau kata sandi Anda kepada orang lain. Bagaimana? Apakah sajian informasi tentang cara mengganti password Gmail ini dapat menjawab kebingungan Anda? Semoga dengan adanya perjumpaan artikel kali ini, Anda tidak lagi merasa kesulitan dalam mengganti password akun Gmail secara berkala.

Penutup

Mengamankan akun email adalah langkah penting dalam menjaga informasi pribadi dan data yang sensitif. Selain itu, melakukan verifikasi nomor handphone sebagai alat pemulihan akun adalah cara cerdas untuk menghindari masalah akses akun di masa depan.

Meskipun merepotkan untuk mengingat banyak password yang rumit, tetapi ini adalah langkah yang perlu diambil untuk menjaga keamanan akun online Anda. Menyimpan password di buku atau menggunakan software password manager adalah cara praktis untuk mengelola kata sandi yang berbeda-beda dengan aman.

Terakhir, penting untuk mengingatkan bahwa menjaga kerahasiaan password adalah kunci utama. Tidak pernah memberikan informasi tersebut kepada orang lain adalah langkah paling mendasar dalam menjaga keamanan akun Anda. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat memiliki kontrol yang lebih baik atas keamanan akun Gmail Anda dan melindungi data pribadi Anda dari potensi risiko peretasan.

 

Cara Menggunakan Google Trend untuk Melihat Trending Topik

0

Cara menggunakan google trend – Apakah Anda pernah mendengar Trend Google atau Google Trend? Trend Google adalah sebuah website layanan yang disediakan oleh Google dan dirilis pada tahun 2006, memiliki fungsi untuk menganalisis pencarian terbanyak dalam Google Search Engine, dan dapat disesuaikan berdasarkan area atau wilayah dan bahasa yang diinginkan.

Secara sederhana, Google Trend adalah website yang dapat digunakan untuk pencarian mengenai tren atau topik yang sedang hangat diperbincangkan di Google Search Engine. Meskipun dirilis pertama kali pada tahun 2006, Google Trend masih terus dikembangkan hingga saat ini.

Sebagai contoh, pada tahun 2008 Google memperkenalkan fitur Google Insight for Search yang berfungsi untuk pencarian tren dalam sebuah area geografi yang lebih spesifik. Fitur ini kemudian menjadi core part dari Google Trend. Selain memberikan layanan berupa pencarian tren atau topik yang sedang hangat diperbincangkan, Google Trend juga dapat dimanfaatkan untuk riset mengenai keyword yang sering digunakan dan juga melakukan perbandingan antar beberapa keyword sekaligus.

Selain itu, kelebihan lain dari Google Trend adalah tampilannya yang sederhana dan tidak rumit sehingga mudah untuk langsung dimengerti. Layanan inipun bersifat gratis sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan seperti masyarakat umum, kompetitor, blogger, produsen atau penyedia layanan, marketers, webmasters, hingga untuk kepentingan Google Adsense.

Lalu bagaimana cara menggunakan Google Trend untuk mencari trending topic di internet?

Cara Mengetahui Trending Topik Terkini dengan Trend Google

google trends

Ada banyak cara menggunakan Google Trend demi mendapatkan trending topic yang menarik dan sesuai dengan minat masing-masing pengguna. Orang-orang bisa menggunakan layanan ini sebagai alat untuk menganalisis suatu situasi, sebagai contoh yaitu penyedia layanan.

Salah satu cara menggunakan Google Trends untuk riset pasar yaitu Google Trend dapat digunakan untuk menganalisis audiens yang ditargetkan atau calon konsumen, sehingga marketers, produsen atau penyedia layanan dapat lebih mengenal minat konsumen dan menciptakan strategi bisnis, pemasaran atau promosi yang tepat. Pada umumnya, topik adalah hal utama yang dimiliki oleh pengguna layanan ini sebab penentuan topik akan membantu pengguna fokus dalam pencarian informasi yang dibutuhkan.

Saat melakukan pencarian informasi pengguna akan dibawa oleh Google Trend dari satu informasi ke informasi lainnya dan dari hal inilah informasi tersebut dianalisis untuk kepentingan yang berbeda-beda. Sebelum mengakses Trend Google, pengguna harus sudah memiliki akun Google terlebih dahulu sebelum dapat mengakses website ini.

Cara menggunakan Google Trends untuk riset produk dapat memberikan wawasan berharga tentang minat konsumen terhadap suatu produk atau kategori lainnya.

Cara Menggunakan Google Trend untuk Melihat Trending Topik

google trends

Pada saat membuka halaman Trend Google pertama kali, pengguna akan melihat tampilan berupa keyword-keyword tertentu dan peta dunia. Setiap keyword dilambangkan dengan warna tertentu dan peta dunia yang ditampilkan diberi warna yang berbeda sesuai dengan lambang dari masing-masing keyword. Hal ini menunjukkan ketertarikan yang berbeda terhadap keyword atau informasi oleh pengguna Trend Google di wilayah yang berbeda pula.

Sebagai contoh, terdapat dua keyword, yaitu Taylor Swift yang dilambangkan dengan warna ungu dan Kim Kardashian yang dilambangkan dengan warna biru tua. Kemudian di bawah kedua keyword tersebut terdapat peta USA yang terbagi berdasarkan wilayahnya dan wilayah yang berbeda diberi warna yang berbeda pula, yaitu ungu atau biru tua.

Wilayah yang diberi warna ungu diartikan bahwa pengguna Trend Google di wilayah tersebut banyak melakukan penelusuran terhadap keyword atau informasi tentang Taylor Swift. Hal yang sama pun dapat diartikan pada Kim Kardashian.

Di halaman yang sama jika di-scroll ke bawah, terdapat keyword atau topik-topik dalam Google Search Engine dengan tingkat penelusuran berbeda-beda. Trend Google memberikan informasi berapa kali topik-topik tersebut ditelusuri oleh pengguna lain.

Sebagai contoh 20 rb+ penelusuran. Selain itu, terdapat filter yang dapat digunakan untuk mencari topik dan topik tersebut dapat disesuaikan berdasarkan negara, waktu, kategori dan jenis penelusuran. Caranya dengan menuliskan sebuah keyword pada kolom Enter a Search Term or a Topic atau Add a Search Term.

Sebagai contoh, saat menuliskan topik Adam Levine di field tempat pencarian topik, maka Trend Google secara otomatis akan menampilkan informasi yang lengkap mengenai intensitas pengguna yang menelusuri informasi menggunakan keyword tersebut dan juga disediakan informasi dalam bentuk grafik.

Informasi dalam grafik tersebut disesuaikan berdasarkan lokasi pengguna, tetapi juga dapat disesuaikan berdasarkan negara, waktu topik tersebut diakses, kategori apa yang diinginkan berdasarkan keyword tersebut, dan terakhir, jenis penelusuran apa yang diinginkan seperti penelusuran berdasarkan gambar, berita, Google Shopping dan terakhir penelusuran berdasarkan Youtube. Semua informasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.

Hal menarik lainnya adalah peminat dari topik tersebut dapat dibandingkan berdasarkan sub wilayah dari suatu negara tertentu. Tampilannya seperti peta sebuah negara dan terdapat pembagian wilayah-wilayah. Setiap wilayah diberi warna biru atau biru muda atau tidak diberi warna.

Wilayah yang diberi warna biru menandakan penelusuran topik tersebut banyak dilakukan di wilayah tersebut, warna biru muda menandakan penelusuran topik yang lebih sedikit di wilayah tersebut, dan juga terdapat wilayah yang tidak diwarnai. Wilayah yang tidak diwarnai bukan berarti tidak terdapat penelusuran, tapi kemungkinan besar jumlah penelusurannya tidak signifikan.

Hal penting lainnya adalah angka (0-100). Angka ini bukan menunjukkan berapa jumlah pengguna yang menggunakan keywords tersebut tetapi angka perkiraan pengguna yang melakukan penelusuran dengan menggunakan keywords tersebut. Terdapat juga informasi mengenai topik-topik terkait Adam Levine dan juga tingkat ketertarikan terhadap topik tersebut, topik mana yang peminatnya meningkat dan topik mana yang menempati posisi teratas. Informasi ini dapat digunakan sebagai media untuk mengembangkan topik dan juga konten-konten yang menarik.

Jika kembali ke halaman awal, maka terdapat fitur berupa Daily Search. Fitur ini dapat diakses melalui icon Sidenav (≡) yang terletak di bagian pojok kiri atas, yaitu berupa lambang tiga garis horizontal yang disusun berurutan menjadi satu. Saat simbol ini dipilih, maka terdapat beberapa pilihan seperti Pelajari, Penelusuran Trending, Setahun Search, Langganan juga opsi lain seperti Bantuan dan Kirim Masukan.

Fitur Daily Search dapat diakses melalui opsi Penelusuran Trending dan secara otomatis Trend Google akan memberikan opsi berupa Tren Penelusuran Harian, Tren Penelusuran Real Time, dan juga penelusuran ini dapat disesuaikan berdasarkan negara.

Trend Google untuk Kebutuhan Spesifik

Selain untuk melihat trending topic di internet, website ini pun dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya yang lebih spesifik. Pada umumnya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk mencapai tujuan tertentu, seperti content creator untuk kebutuhan pembuatan konten, marketer untuk kebutuhan strategi pemasaran dan promosi, dan sebagainya.

Perbandingan Keyword 

Untuk mendapatkan keyword potensial dari Trend Google sangatlah mudah namun pengguna dapat membandingkan beberapa keyword sekaligus dengan menggunakan fitur Comparison. Maksimal keywords yang dapat dibandingkan adalah 5 keyword. Caranya cukup dengan menambahkan keyword lain yang sejenis dengan keyword yang ditetapkan sebelumnya. Misalnya, keyword pertama adalah Adam Levine, maka selanjutnya tambahkan nama penyanyi band asal Amerika lainnya.

Kemudian secara otomatis website ini akan memberikan informasi perbandingan antar keyword dalam bentuk grafik, peta wilayah dan kueri yang berkaitan. Dan fitur filter berdasarkan negara, waktu, kategori dan hal lainnya pun dapat dilakukan. Hal menarik lainnya adalah informasi tersebut dapat diunduh, embed dan dibagikan.

Opsi Pencarian Spesifik

Website ini juga tidak hanya dapat digunakan untuk menganalisis tingkat penelusuran di Google Search Engine¸ tetapi juga dapat menganalisis tingkat penelusuran di media lain seperti Youtube, Image Search, NewsSearch, dan Google Shopping. Meskipun posisi primadona masih dipegang oleh Youtube jika informasi dikaitkan dengan penelusuran melalui video.

Ketika penelusuran melalui Youtube dipilih, maka secara otomatis grafik yang muncul akan berdasarkan data menurut penelusuran di Youtube. Meskipun keyword yang digunakan sama, grafik yang dihasilkan dengan menggunakan penelusuran berdasarkan Google Search Engine dan Youtube, tentunya akan berbeda pula.

Prediksi Trend dan Siklus Trend

Berdasarkan pemaparan sebelumnya, website ini dapat dimanfaatkan untuk mencari topik hangat, keyword menarik dan apabila diteruskan dapat dimanfaatkan untuk membuat konten yang menarik. Tetapi tentu saja, bukan website inilah yang menyebabkan sebuah konten dapat menarik banyak peminat tetapi bagaimana pengguna website ini memandang data yang dihasilkan dan menganalisis data tersebut, untuk kemudian dibuat menjadi sebuah konten yang menarik.

Sebagai ilustrasi, pemakai website ini tentulah sangat banyak dan cakupannya pun luas, tetapi tidak semua orang dapat menggunakan data dan mendapatkan hasil analisis yang sama. Bisa jadi hal ini akan mempengaruhi konten yang diciptakan. Karena itulah website ini memberikan informasi berupa berapa banyak penelusuran dengan keyword tertentu, grafik, peta wilayah berdasarkan tingkat penelusuran dan lain sebagainya. Semua fitur-fitur tersebut jika dimanfaatkan dengan baik dapat dipergunakan untuk memprediksi sebuah trend.

Siklus trend merupakan, waktu-waktu tertentu disaat pengguna tertentu mencari informasi dengan menggunakan keyword tertentu yang berkaitan dengan waktu tersebut. Sebagai contoh, keyword “menu buka puasa” atau “natal”, pada umumnya akan mengalami peningkatan di waktu-waktu tertentu, yaitu di bulan Ramadhan dan juga menjelang Natal. Hal inilah yang dapat dipergunakan oleh produsen atau penyedia layanan untuk dapat menawarkan produk atau jasanya pada saat waktu tertentu tersebut.

Fitur-Fitur yang terdapat pada Google Trend

  1. Pencarian kata kunci: Dengan menggunakan fitur tersebut, pengguna akan lebih mudah untuk mencari topik yang diinginkan karena Google Trend akan memfilter konten-konten sesuai dengan kata kunci yang dimasukan oleh pengguna.
  2. Kategori: Pengguna dapat memilih kategori tertentu yang digemari atau ingin dicari seperti (hiburan, komedi, teknologi, kesehatan, dll). 
  3. Peringkat terkini: Pengguna dapat melihat daftar peringkat terkini untuk kata kunci atau topik tertentu, yang menunjukan apa yang dicari oleh pengguna lainnya.
  4. Data histori: Pengguna dapat mengakses data histori dengan beberapa dekade ke belakang, yang dapat membantu pengguna untuk menganalisis topik trend jangka panjang.
  5. Visualisasi data Google: Google Trend menyajikan data dalam bentuk grafik garis yang mudah dibaca dan dapat diunduh untuk analisis lebih lanjut.

Demikian hal-hal menarik dan bermanfaat yang dapat dipaparkan dan tentunya saja layak untuk dipelajari dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang dapat disimpulkan terkait website ini adalah website ini tidak hanya dapat menjadi sebagai alat untuk mencari informasi dan hiburan, tetapi juga untuk kebutuhan profesional terkait pekerjaan dan bahkan alat analisis untuk peluang penghasilan.