Last Updated on January 7, 2023 by
Quick commerce disebut-sebut sebagai dunia bisnis online terbaru pengganti ecommerce dan marketplace. Bukan tanpa sebab, bisnis online tersebut mulai populer karena memiliki inovasi terbaik dibandingkan para pendahulunya.
Kelebihan utama online shop ini adalah menyediakan pengiriman paket secepat kilat. Alhasil pengalaman belanja konsumen menjadi dua kali lipat lebih baik daripada sebelumnya. Keunikan tersebutlah yang menjadikan bisnis Q commerce tumbuh subur, termasuk di Indonesia.
Lalu seperti apa cara kerja dan manfaat dari Q commerce? Yuk langsung saja kita simak ulasan selengkapnya terkait quick commerce berikut ini!
Daftar Isi
Pengertian Quick Commerce
Quick commerce adalah bisnis online cepat yang mampu menuntaskan pesanan dalam waktu singkat. Bisnis ini juga dikenal dengan serangkaian nama lain, seperti Q commerce, niaga cepat dan ecommerce jarak pendek.
Ciri khas utama dari Q commerce adalah waktu pelayanannya yang tidak lebih dari sehari usai pesanan dibuat. Mereka mengedepankan pengiriman di hari yang sama (same day logistic) atau di hari berikutnya (next day).
Oleh sebab itu, pesanan pembeli akan sampai dalam kurun waktu bervariasi, namun maksimal selama satu jam—misalnya 15 menit atau 30 menit. Begitupun untuk pengiriman next day. Paket akan dikirim dan langsung sampai ke tujuan pada keesokan hari usai check out.
Namun karena sifat gesitnya itulah, kebanyakan Q commerce hanya menyediakan produk-produk praktis dan termasuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya seperti makanan siap santap, sembako eceran, bahan makanan, hingga produk rumah tangga dan skincare.
Perbedaan Quick Commerce dan Ecommerce
Q commerce tidak sama dengan ecommerce, meski keduanya sama-sama menawarkan barang dagangan di platform online. Adapun perbedaan keduanya dapat dilihat pada tabel berikut:
Aspek Kerja | Quick Commerce | Ecommerce |
Waktu Pengiriman | Pengiriman cepat, kurang dari 1×24 jam usai konsumen melakukan check out. | Bisa memakan waktu berhari-hari, tergantung pada kecepatan ekspedisi dan jarak toko dan alamat pembeli. |
Daya Jangkau | Konsumen lokal yang berada dalam satu wilayah dengan store. | Daya jangkau lebih luas, bisa mencakup konsumen nasional maupun luar negeri. |
Tipe Produk | Produk-produk skala kecil, eceran dan instan bisa langsung dikonsumsi. Contohnya seperti makanan, obat-obatan dan kebutuhan sehari-hari. | Bisa berupa produk eceran maupun grosir dalam skala besar. Kategori produk lebih lengkap, contohnya gadget, kebutuhan rumah tangga, fashion, otomotif, dan lain-lain. |
Pengelolaan Logistik | Menggunakan dark store yang terletak di jantung kota atau posisi paling strategis untuk mempercepat pengiriman. | Memiliki gudang lebih besar dan terletak di daerah pinggiran kota. |
Beberapa ecommerce dan marketplace kini juga menghadirkan fitur same day dan next day delivery untuk menghemat waktu proses pesanan. Namun fitur tersebut bisa lebih mahal daripada ongkos kirim reguler serta belum tersedia merata akibat perbedaan lokasi toko dan konsumen.
Menjual makanan online—baik yang siap santap ataupun bahan baku—juga tidak dianjurkan memakai ecommerce. Pengiriman yang lama berhari-hari bisa membuat makanan basi atau rusak di perjalanan. Akan lebih baik jika Anda memanfaatkan layanan niaga cepat.
Model Bisnis dan Cara Kerja Quick Commerce
Q commerce bekerja dengan cara khusus untuk mempercepat proses pengiriman setiap pesanannya. Adapun metode yang digunakan bisnis niaga cepat adalah dark store atau cloud store.
Dark store adalah suatu rangkaian hubungan logistik yang sengaja ditempatkan di posisi-posisi strategis sebuah wilayah. Contohnya seperti jantung kota atau area padat pemukiman warga. Dengan penempatan khusus ini, diharapkan proses penjualan bisa lebih ringkas, cepat dan banyak jumlahnya.
Seperti apa bentuk dark store? Rupanya, gudang-gudang Q commerce berbentuk sebagaimana minimarket biasa, di mana produk-produk jualan disusun dalam rak-rak sesuai kategori. Hanya para mitra atau kurir saja yang bisa mengambil barang sesuai pesanan di aplikasi Q commerce.
Namun menyediakan dark store saja masih belum cukup. Setiap Q commerce haruslah memaksimalkan bisnis mereka dengan strategi marketing tertentu, di antaranya:
- Lebih fokus menawarkan produk yang laris atau banyak diminati pembeli. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya penyimpanan dan perawatan stok di dark storedan memperbesar peluang transaksi.
- Menghitung tarif belanja sesuai metode pengiriman. Total biaya check out dihitung dari jarak store ke alamat konsumen, jumlah pesanan dan metode pengiriman yang dipilih (same day atau next day). Beberapa bisnis juga menambahkan biaya admin sesuai syarat dan ketentuan masing-masing.
- Merancang strategi pengiriman dengan matang. Seluruh bisnis Q commerce sudah merancang strategi pengirimannya dengan matang. Ada yang sengaja membagi jumlah orderan untuk zona dalam dan luar kota per harinya; atau mengarahkan kurir mengirim lebih dari satu paket sekaligus. Semua aktivitas pengiriman pun selalu dipantau melalui GPS dan dievaluasi.
Kelebihan dan Kekurangan Quick Commerce
Salah satu kelemahan besar marketplace adalah belum bisa menyediakan pengiriman kilat selayaknya Q commerce. Apabila memungkinkan pun, tetap masih sedikit ecommerce yang sanggup memenuhi fitur tersebut.
Namun toko-toko kilat tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang harus diantisipasi. Adapun keuntungan dari Q commerce mencakup:
- Memberikan kepuasan belanja yang lebih baik. Konsumen bisa menerima pesanan dalam hitungan waktu singkat. Mereka tidak perlu khawatir menunggu lama untuk menuntaskan kebutuhan yang mendesak.
- Praktis dengan pengiriman setiap saat. Anda bisa memesan produk di Q commerce melalui aplikasi dan paket akan tetap diantar kapan saja dimana saja (24 jam).
- Menyediakan harga produk lebih murah. Banyak toko Q commerce menyediakan harga produk lebih murah disertai diskon. Ini karena mereka membeli produk grosir dan dijual eceran.
- Menghadirkan banyak kategori produk. Bisnis niaga cepat kini telah merambah industri selain kebutuhan sehari-hari, misalnya gadget, baju, buku, sepatu dan lain-lain.
- Membuka kerjasama mitra kurir. Q commerce tentunya membutuhkan sebanyak mungkin kurir untuk meningkatkan pelayanan. Dengan membuka bisnis ini, Anda bisa turut menghadirkan lapangan kerja baru di masyarakat.
- Tersedia fitur pelacak pesanan. Konsumen bisa langsung mengecek proses pengiriman melalui GPS di aplikasi Q commerce.
Sayangnya, bisnis niaga cepat tetap belum terlepas dari berbagai kekurangan, seperti:
- Menghabiskan cukup banyak modal bisnis. Sistem operasi yang efisien membutuhkan biaya operasional yang lebih tinggi dari ecommercedan marketplace.
- Dapat menginterupsi sistem perekonomian lokal. Kehadiran q commerce dikhawatirkandapat mengganggu kelancaran warung, pasar tradisional dan UKM-UMKM yang masih mengandalkan transaksi offline.
6 Contoh Quick Commerce Terbaik di Indonesia
Penasaran apa saja contoh bisnis Q commerce yang populer berkembang di Indonesia? Berikut sejumlah contohnya:
1. Astro
Pertama ada Astro yang bergerak khusus di bidang jual beli kebutuhan sehari-hari secara daring (e-groceries). Astro diminati karena sanggup mengirimkan pesanan konsumen selama 15 menit dan menawarkan garansi produk. Berkat popularitasnya, Astro berhasil memperoleh pendanaan sebesar 27 juta US Dollar.
2. Allo Fresh
Nama Allo Fresh mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bisnis online kilat tersebut dimiliki oleh korporasi CT Corp milik Chairul Tanjung dan Bukalapak.
Allo Fresh menawarkan sekitar 150 ribu item dari berbagai kategori yang bisa dibeli langsung melalui aplikasi. Proses pengirimannya juga dipastikan secepat-cepatnya, tak sampai tiga jam usai check out.
3. Tokopedia Now
Setelah sukses sebagai startup Unicorn di Indonesia, Tokopedia kini turut merambah dunia Q commerce, lho! Mereka pun merilis layanan Tokopedia Now yang siap memenuhi pesanan dan pengiriman kurang dari 2 jam.
Namun Tokopedia Now baru akan dirilis untuk wilayah Jawa dan Bali usai masa PPKM di Indonesia. Q commerce Tokopedia ini pun direncanakan dapat diakses selama 24 jam oleh konsumen.
4. Dropezy
Berikutnya ada Dropezy yang didanai oleh Forge Ventures—investor ternama di balik Bukukas dan Kopi Kenangan. Dropezy saat ini masih beroperasi di wilayah sekitar Jabodetabek. Bisnis Q commerce ini menjanjikan layanan delivery pesan online selama 20 menit.
5. GrabMart Kilat
Tak mau kalah dengan startup lokal lainnya, Grab juga membuka layanan niaga cepat bernama GrabMart Kilat.
Cara kerja GrabMart Kilat sama seperti pesan GrabMart biasa. Bedanya, proses pengiriman GrabMart Kilat yang lebih singkat yakni 30 menit. Sedangkan pesanan GrabMart reguler bisa berlangsung hingga satu jam.
6. Bananas
Terakhir ada Bananas, sebuah startup Q commerce yang dirilis pada bulan Maret 2022. Bananas beroperasi di Jakarta dengan menyediakan pengiriman paket dalam waktu 10 menit ke alamat konsumen.
Hebatnya, Bananas adalah niaga kilat asal Indonesia yang termasuk Y Combinator—sebuah program akselerator startup di Silicon Valley, USA. Mereka juga telah tembus pendanaan sebesar 1 juta Dollar Amerika.
Demikianlah ulasan hal-hal penting terkait bisnis Q commerce, mulai dari pengertian hingga perkembangannya di Indonesia. Jadi bagaimana, apakah Anda sendiri turut tertarik mencoba merintis bisnis Q commerce?
Yuk terus perkaya wawasan bisnis online Anda bersama MARKEY! Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore untuk membaca gratis beragam berita, info terupdate, dan tips-tips sukses bisnis online setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.