Last Updated on June 22, 2022 by appkey
Pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda terus-menerus merupakan keinginan yang selalu didambakan oleh para pelaku bisnis. Namun Anda sebagai pelaku bisnis belum sanggup mewujudkannya walaupun Anda sudah memasang iklan hingga membuat konten menarik?
Lalu, sudahkah Anda memaksimalkan email marketing dalam meningkatkan penjualan? Simak jurus jitu memaksimalkan email marketing untuk menjadikan pelanggan Anda repeat order terus!
Daftar Isi
Repeat Order melalui Email Marketing: Definisi dan Fungsi Email Marketing
Keberadaan email dijadikan untuk alat komunikasi digital sejak internet muncul pertama kali, eksistensi email yang bukan merupakan hal baru terkadang diabaikan begitu saja. Hal ini tentunya sangat disayangkan, karena email jika dimaksimalkan keberadaannya dapat membantu meningkatkan penjualan bagi para pelaku bisnis atau pemilik usaha.
Email yang dapat dimanfaatkan dan membantu sebuah perusahaan untuk melakukan pemasaran merupakan email marketing. Email marketing merupakan strategi pemasaran digital yang masih efektif dan relevan sejak tahun 1978. Email marketing dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan dan perkembangan.
Para pemilik usaha dapat memanfaatkan email marketing untuk mempromosikan produk, layanan bisnis, atau promo-promo yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Dengan demikian email marketing membantu para pelanggan lama hingga calon konsumen untuk mengetahui produk atau penawaran terbaru.
Email marketing juga berfungsi untuk mendapatkan prospek lebih tinggi dan meningkatkan brand awareness dari masyarakat, dan menjalin hubungan dengan para pelanggan lama. Penggunaan email marketing sangat membantu perusahaan dalam pemasaran digital, berikut adalah manfaat email marketing
Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat
1. Menghemat Biaya Pemasaran
Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis dan menggunakan email sebagai salah satu alat untuk melakukan pemasaran, itu berarti Anda sudah memilih jalur yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda dengan biaya serendah mungkin.
2. Indikator Keberhasilan Kampanye
Email marketing juga membantu Anda untuk melihat bagaimana respon para pelanggan atau calon pelanggan Anda menanggapi pesan atau promo yang Anda kirimkan. Oleh karena itu, email marketing dapat digunakan untuk menilai kampanye atau pemasaran yang Anda lakukan. Kampanye pemasaran yang efektif tentunya akan membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan.
3. Menjalin Kedekatan Personal dengan Pelanggan
Menemukan pelanggan baru tentunya bukan perkara sulit bagi seorang marketer, namun untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan menjadikannya selalu datang kembali adalah hal yang sulit.
Email marketing dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut, dengan menggunakan email marketing maka perusahaan atau brand Anda dapat membangun kedekatan yang lebih personal dan jangka panjang kepada konsumen.
Email marketing yang menarik, dan disampaikan dengan konsiten tanpa harus menganggu atau spamming kepada pelanggan, akan membuat pelanggan memberi kepercayaannya kepada produk atau brand Anda dalam jangka waktu yang lama.
4. Media Melakukan Survey
Suatu perusahaan ketika ingin mengeluarkan suatu produk atau layanan jasa terbaru, tentunya akan melakukan pengumpulan data-data yang berhubungan dengan produk yang akan dikeluarkan tersebut.
Melakukan survey tentunya memerlukan biaya yang banyak, dengan adanya email marketing maka biaya untuk survey produk baru dapat membantu mengendalikan cashflow perusahaan. Melalui email marketing juga dapat membantu mempersingkat waktu melakukan survey.
Jenis Email Marketing
Email marketing yang dapat dikirimkan oleh para pemilik bisnis kepada pelanggan dapat dibagi berdasarkan tujuannya
1. Invitation Email
Email marketing membantu Anda untuk memberikan informasi terkini terkait informasi dan acara-acara yang diselenggarakan oleh perusahaan. Jenis email invitation ini dikirimkan kepada pelanggan untuk mengundanng pelanggan untuk hadir ke acara yang akan diselenggarakan.
2. Digest Email
Email jenis ini adalah email yang dikirimkan otomatis dengan menggunakan mailing list elektronik. Kelebihan email ini adalah kita dapat menentukan periode pengiriman email kepada para pelanggan, misalnya menggunakan harian, mingguan, bulan, ataupun tahunan.
3. Newsletter
Email ini adalah jenis email yang isinya mengenai pemberitahuan atau update terbaru dari perusahaan atau brand Anda kepada pelanggannya. Newsletter ini biasanya dikirimkan kepada daftar pelanggan tertentu.
Bagaimana Email Marketing membantu Anda Meraih Repeat Order
Email marketing merupakan media promosi digital yang terbukti relevan dari tahun ke tahun, email marketing juga merupakan media promosi yang memerlukan biaya yang terjangkau. Sehingga saat ini banyak perusahaan yang mengandalkan email marketing sebagai media mempromosikan produk atau layanannya.
Bagi Anda yang baru mengetahui keahlian yang ditawarkan email marketing tentunya akan bertanya-tanya bagaimana email marketing dapat membantu mendatangkan ‘repeat order’ bagi para pelaku usaha. Menggunakan email marketing mampu membantu mengirimkan buletin, promosi, undangan acara kepada para pelanggan.
Selain itu, email marketing juga membantu menargetkan kepada siapa saja email akan dikirim. Pelanggan yang sudah tertarget ini juga dapat merupakan pelanggan potensial yang telah menanti-natikan informasi atau penawaran khusus terbaru terkait produk Anda. Email marketing dapat membantu membangun hubungan yang lebih personal kepada para pelanggan yang sudah pernah membeli produk atau menggunakan jasa Anda sebelumnya. Hubungan personal yang terjalin akan menciptakan loyalitas konsumen kepada produk atau jasa Anda.
Apabila Anda berhasil membuat konsumen loyal kepada produk atau jasa Anda, maka konsumen akan memikirkan bahwa memang hanya produk Anda yang terbaik. Hal ini akan mendorong kosnumen tersebut untuk selalu datang kembali membeli produk Anda, dengan demikian Anda
Menjadikan email marketing sebagai media untuk meningkatkan loyalitas dari para pelanggan dan menjadikan pelanggan berdatangan terus, maka email marketing yang dikirimkan haruslah dengan cara yang baik. Sebab pengiriman email marketing yang tidak tertarget atau asal-asalan akan menumbuhkan persepsi masyarakat bahwa email tersebut adalah email yang tidak penting dan spam.
Strategi Jitu Email Marketing Mendapa Repeat Order
Memaksimalkan email marketing sebagai alat promosi yang mampu mendatangkan repeat order tentunya harus menggunakan beberapa strategi jitu untuk meluluhkan hati para konnsumen. Berikut adalah strategi email marketing yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan penjualan Anda, sebagai berikut
1. Buat dan Ketahui Target Pelanggan
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan database pelanggan Anda. Setelah memiliki database customer, maka selanjutnya Anda dapat melakukan segmentasi dan targeting kepada pelanggan yang Anda miliki
Segmentasi berfungsi untuk memilih pelanggan yang lebih spesifik, sehingga kampanye atau penawaran yang Anda kirimkan juga spesifik, sehingga email yang Anda kirimkan akan lebih berkualitas dan terarah.
2. Struktur Email
Saat Anda mengirimkan email marketing, Anda harus memperhatikan judul email, subject email dan header pada email. Memahami penekanan pada struktur email ini sangat penting untuk membantu mencuri perhatian para calon pelanggan atau pelanggan lama terhadap email yang Anda kirimkan.
Subject dan judul email yang Anda kirimkan sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan hindari kata-kata yang menimbulkan persepsi spamming, seperti “klik disini”, “besok harga sudah naik”, dan “giveaway alert”. Judul dan subjek email yang baik adalah judul yang jelas dan ringkas serta dapat mewakili isi email.
Setelah memahami bagaimana sebaiknya judul email yang baik, maka selanjutnya Anda harus melakukan penekanan yang cukup kuat di bagian preheader. Preheader merupakan bagian email yang terlihat di bawah judul email marketing. Preheader dapat Anda tuliskan dengan tulisan yang menarik sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.
3. Waktu dan Frekuensi Pengiriman
Strategi email marketing yang harus Anda ketahui berikutnya adalah berkaitan dengan waktu dan frekuensi pengiriman email. Walaupun email merupakan pesan yang dapat dikirmkan kapanpun, namun khusus email marketing pengiriman pada waktu yang tidak tepat tentunya tidak akan membantu meningkatkan penjualan.
Email yang tidak mendatangkan efek apapun akan berujung pada email spam bahkan email yang tidak terbaca. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui prime time dalam mengirimkan email. Waktu yang tepat mengirimkan email biasanya berada pada uluk 14.00 – 17.00, namun waktu ini dapat disesuaikan lagi dengan perilaku dan kebiasaan para konsumen Anda.
Selain waktu pengiriman, frekuensi pengiriman juga harus diperhatikan. Terlalu sering mengirimkan email akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pelanggan Anda. Hal ini akan menimbulkan dampak buruk bagi bisnis Anda.
4. Perhatikan Konten Email
Konten yang terdapat di dalam email yang Anda kirimkan tentunya sangat dipengaruhi olh segmentasi yang telah Anda buat di awal tadi. Konten dan pesan yang ingin disampaikan kepada para pelanggan sebaiknya harus sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Sehingga pesan yang Anda sampaikan menjadi lebih bermanfaat dan bahkan menjadi solusi bagi para pelanggan Anda.
5. Perjelas Call to Action
Pemanfaatan email marketing untuk membantu peningkatan penjualan, maka email marketing tersebut secara tidak langsung akan memiliki tujuan untuk mengajak para pelanggan melakukan sesuatu, baik itu melihat promo terbaru, mengundang dalam acara yang Anda selenggarakan, atau mengarahkannya ke website Anda.
Email marketing yang Anda kirimkan sebaiknya memiliki tujuan yang jelas dan disertai ajakan kepada para customer untuk melakukan suatu tindakan, atau yang biasa disebut dengan call to action. Call to action ini juga dapat berguna untuk meningkatkan conversion dan traffic bagi sosial media bisnis Anda.
Setelah membaca ulasan di atas tentunya Anda sekarang telah memahami bahwa email bukanlah hanya media untuk bertukar pesan biasa, namun email dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan penjualan. Email marketing merupakan media promosi digital yang murah dan dapat meningkatkan penjualan, pasalnya email marketing dapat membantu untuk menjalin hubungan yang lebih personal kepada para pelanggan.
Hubungan personal ini dapat membantu meningkatkan loyalitas dari para konsumen, sehingga hal ini membantu munculnya pembelian lagi dari para kostumer yang sudah pernah membeli produk atau jasa Anda sebelumnya atau yang biasa disebut dengan repeat order.
Untuk mendapatkan tips dan strategi terkait pemasaran melalui email marketing Anda dapat membaca artikel lain kami disini
Jasa Pembuatan Aplikasi
Pemasaran digital saat ini sudah berkembang menjadi banyak cara mulai dari email marketing, website dan bahkan aplikasi daring yang membantu peningkatan penjualan melalui promosi digital.
APPKEY adalah jasa pengembang aplikasi dan kami menyediakan aplikasi-aplikasi terbaik khusus untuk Anda. Pastinya setiap aplikasi kami juga dilengkapi dengan sistem teknologi terbaru sekaligus tercanggih.
Berikut adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan APPKEY sebagai jasa pengembang aplikasimu:
-
Pembuatan Aplikasi yang Cepat dan Murah
APPKEY tidak hanya melayani jasa pembuatan aplikasi berbasis android saja, namun akan memprioritaskan kebutuhan dan pendapat dari pelanggan.
-
Kemampuan Teknis dan Struktur Pengembangan
APPKEY juga memiliki teknisi yang berpengalaman di bidang sistem server sehingga Anda tidak perlu meragukan sistem yang dirancang untuk aplikasi yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda
-
Mendukung Penuh dalam Strategi Mobile
Bagi Anda yang baru pertama kali mengembangkan sebuah aplikasi untuk bisnis, tidak hanya akan memberikan jasa pembuatan aplikasi saja, namun akan mendukung bisnis Anda hingga aplikasi Anda dapat digunakan oleh para konsumen Anda.
-
Memberikan Dukungan pasca rilis
Jangan khawatir kami akan membantu Anda saat pasca rilis aplikasi, mulai dari promosi hingga berlangsungnya pengoperasian aplikasi.
- Gratis konsultasi dengan tim profesional.
- Bantuan penggunaan aplikasi.
- Dampingan tim IT profesional seumur hidup.
Kalau Anda punya pertanyaan lebih lanjut, bisa hubungi APPKEY klik disini
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.