Last Updated on August 20, 2021 by
Tentunya kita semua pernah mendengar cerita sebelumnya, tentang dua sosok platform e-Commerce raksasa di Asia Tenggara, yaitu Shopee dan Lazada. Baik aplikasi Shopee atau aplikasi Lazada, mereka sudah lumayan lama berdiri dan membantu para konsumen dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan membantu bisnis e-Commerce di Indonesia.
Walau dari sekian banyak platform, rata-rata bisnis e-commerce di Indonesia cenderung menggunakan platform yang berasal dari aplikasi Shopee atau aplikasi Lazada.
Tingkat konsumtif masyarakat terhadap belanja online mengalami peningkatan, walau belanja online di aplikasi Shopee atau aplikasi Lazada didominasi oleh kaum remaja, tetapi kaum-kaum yang sudah dewasa juga sering menggunakan fitur belanja online di platform tersebut. Alasannya kemungkinan besar ada 2, yaitu “Bebas Ongkir” atau “Barang disana lebih banyak”.
Daftar Isi
Pertempuran Antar E-Commerce Raksasa Asia Tenggara
Bisnis e-Commerce adalah sebuah hal yang sudah lumrah dilakukan. Jika Anda pelaku bisnis e-commerce di Asia Tenggara yang sedang berkembang pesat, maka Anda mungkin sudah akrab dengan pertanyaan yang terlalu umum: “Shopee atau Lazada — mana yang lebih baik untukku?“.
Meskipun dihadapkan kepada 2 pilihan platform bisnis e-Commerce, keputusan tertinggi terletak di tangan Anda sendiri. Tetapi, pada faktanya dalam menentukan pilihan yang lebih baik antara Shopee dan Lazada melibatkan lebih banyak faktor dan pertimbangan daripada yang “katanya-katanya”.
Ketika memilih antara dua raksasa e-Commerce Asia Tenggara, penting untuk dipahami bahwa ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan platform mana yang lebih baik, seperti:
- Jenis produk yang ingin Anda pasarkan
- Beban biaya platform yang nyaman untuk bisnis Anda
- Tarif pengiriman sistem logistik internal dari masing-masing platform
- Garis waktu operasi standar yang diikuti oleh setiap opsi, serta bagaimana Anda dapat menyesuaikan atau bekerja dengan platform tersebut.
Dari semua cara diatas yang bisa Anda gunakan untuk pertimbangan keunggulan dari aplikasi Shopee dan aplikasi Lazada sebagai media pendukung bisnis e-Commerce Anda, ada satu metode yang dapat membantu Anda menentukan pilihan untuk berbisnis, yaitu Memahami dan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform.
Raksasa Asia Tenggara : Lazada
Lazada sering dianggap sebagai platform untuk memulai bisnis karena basis pengguna yang luar biasa. Hal ini sangat menarik bagi para pedagang, memiliki basis pengguna yang lebih besar dapat meningkatkan pendapatan untuk para pedagang.
Sebagai anak perusahaan dari platform e-commerce raksasa China yang sukses, Alibaba. Lazada telah dilengkapi fitur untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman, mudah, dan banyak pilihan yang bisa dinikmati oleh siapa pun, khususnya yang berada di negara ASEAN.
Selain dari fakta bahwa ia telah beroperasi untuk periode waktu yang lebih lama, terutama dalam menikmati kesuksesan. Hal itu berkat berbagai keunggulan, manfaat, fungsi, dan fitur yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Lazada secara lebih rinci:
Kelebihan dari aplikasi Lazada
Platform ini hadir berkat dukungan dan pengembangan yang disokong oleh perusahaan besar yang ada di China, Alibaba. Lazada hadir dan telah mengemas berbagai manfaat yang menarik bagi calon pebisnis e-Commerce. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang akan didapatkan dengan menggunakan Lazada sebagai platform e-Commerce Anda:
1. Basis pengguna yang lebih besar
Mengingat fakta bahwa Lazada memiliki salah satu basis pengguna terbesar di dunia hingga saat ini, bukan sebuah rahasia lagi bahwa Lazada juga memiliki berbagai potensi untuk memperoleh lebih banyak penjualan dan membangun merek bisnis Anda.
Ketika melakukan cara berbisnis dengan benar, tentunya dalam waktu yang relatif singkat Anda akan mendapatkan keuntungan, karena daya tarik Lazada yang memiliki basis pengguna yang lebih besar.
Dapat dikatakan, jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan Lazada untuk strategi bisnis e-commerce Anda, maka disarankan agar Anda mengoptimalkan daftar produk dan jelas mengidentifikasi audiens Anda tanpa harus kehilangan penjualan akibat pesaing Anda.
2. Serangkaian upgrade yang diinginkan
Lazada menawarkan beberapa fitur yang mudah bagi para pedagang dalam meraup keuntungan yang besar dan tentunya fitur ini telah efektif untuk diterapkan di pasaran, hal ini sangat membantu para pedagang yang menggunakan platform Lazada.
Salah satunya, Lazada menawarkan fitur iklan untuk mengiklankan produk Anda di internet. Lazada menawarkan bantuan ini, baik Anda seorang penjual yang masih baru atau bahkan penjual yang sudah berpengalaman, tak perlu khawatir. Dan ini tentunya sangat membantu mendongkrak penjualan Anda.
3. Bantuan pengiriman in-house yang mudah
Lazada tidak perlu kesusahan dalam mengatur pengiriman barang Anda, karena Lazada menyediakan beberapa fitur logistik. Apabila Anda tidak memiliki gudang untuk penyimpanan produk, Anda dapat menggunakan fasilitas penyimpanan milik Lazada yang berada di Hong Kong, China, dan Singapura. Tentunya dengan harga yang relatif terjangkau untuk para penjual.
Kekurangan dari aplikasi Lazada
Lazada juga rentan terhadap beberapa kendala yang harus diperhatikan, yaitu:
-
Tingkat persaingan yang lebih tinggi dengan produk-produk asal Cina
81% dari Lazada didukung oleh Alibaba. Hal ini berarti Anda tidak akan memiliki eksklusivitas terhadap produk dan menghadapi kesulitan bersaing dengan produk buatan China yang lebih murah (tentunya yang sering belanja lewat aplikasi Lazada sudah mengetahui hal ini).
2. Biaya pasar yang lebih mahal dan pembayaran tambahan dari setiap penjualan
Biaya tambahan dari platform Lazada kerap dianggap suatu permasalahan yang krusial bagi para pedagang. Hal ini karena akibat dari potongan laba yang signifikan untuk setiap toko para penjual.
Biaya komisi dan biaya penjualan tetap adalah harga yang kecil, tetapi harus dibayarkan untuk menggunakan basis pengguna yang besar. Ini membuat sangat penting untuk meningkatkan volume penjualan Anda untuk melewati titik balance untuk bisnis e-Commerce Anda.
Pendatang Baru Terkuat Yang Harus Diperhatikan : Shopee
Aplikasi Shopee telah menjadi platform raksasa bisnis e-Commerce dalam pembuatan yang pasti akan mengambil alih pasar bisnis e-Commerce Asia Tenggara yang terus meluas.
Kelebihan dari aplikasi Shopee
Sebagai pendatang yang lebih belakangan hadir, apalagi mitra-nya memiliki klaim pengguna yang berbasis lebih besar. Namun Anda tidak perlu khawatir, belakangan ini Shopee mampu mengimbangi hambatan berkat beberapa keunggulan utama yang membuatnya menonjol (Khususnya bagi kaum anak muda).
1. Penjualan bebas komisi
Dalam setiap transaksi, ada biaya tertentu yang harus dibayarkan oleh penjual. Namun, sistem penjualan tersebut tidak mengharuskan Shopee untuk mengambil komisi dari tiap penjual. Hal ini memungkinkan para penjual menghasilkan uang yang lebih besar di platform Shopee.
2. Gratis Ongkos Kirim
Keuntungan yang paling menarik yaitu Shopee menawarkan gratis biaya pengiriman untuk kg pertama. Hal ini tentunya membuat perbedaan bagi pedagang yang menjual barang yang lebih kecil. Contohnya ketika kita membuka aplikasi Shopee, kita akan menjumpai pedagang yang menjual baju, photocard, dan barang kecil lainnya.
Kekurangan dari aplikasi Shopee
Meskipun memiliki kelebihan yang menarik, Shopee juga memiliki hal-hal potensial yang harus diwaspadai oleh para penjual, diantaranya :
-
Pangsa pasar yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan Lazada
Shopee tidak memberi Anda pasar sebanyak yang Lazada berikan. Shopee menawarkan penjual banyak fasilitas. Namun, perusahaan masih mencari cara untuk menyingkirkan penjual buruk pada saat yang bersamaan. Hal ini menjelaskan mengapa Shopee dikatakan memiliki pasar yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan Lazada.
-
Tidak ada komunikasi langsung dengan pembeli itu sendiri (selain dari komentar dan ulasan)
Hal krusial dari seluruh pengalaman dari penjualan Shopee adalah bahwa platform tersebut belum menerapkan tindakan perlindungan kepada penjual. Hal ini terutama berlaku dalam kendala kasus komunikasi yang terbatas antara penjual dan pembeli. Tanpa garis kontak antara Anda dan pelanggan, servis pembeli dapat menjadi rumit dikala Anda sedang melindungi keuangan pada saat yang bersamaan.
Penutup
Dihadapkan pilihan antara berbisnis di Shopee atau Lazada merupakan hal yang membingungkan, dan bahkan bisa menimbulkan kecemasan kegagalan kepada bisnis Anda. Untungnya, mengetahui dan memahami kelebihan & kekurangan kedua platform dan mencocokkannya dengan preferensi bisnis e-Commerce Anda sendiri dapat membantu tugas Anda menjadi lebih mudah.
Namun, terlepas dari platform apa yang akan Anda pilih untuk berbisnis, keberhasilan dan potensi bisnis online Anda sebenarnya dapat diraih dengan Strategi penjualan yang tepat bagi bisnis Anda.
Untuk lebih lanjut mengenai tentang Cara untuk menjadikan bisnis e-Commerce Anda menjadi lebih efisien dan mendorong penjualan, bisa dibaca pada MARKEY | Media Bisnis Online secara gratis dan dapat diunduh di Google Play Anda! Atau bisa klik di sini. Serta masih banyak ulasan dan tips-tips, serta ide-ide yang menarik lainnya khusus untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.