Last Updated on July 11, 2023 by appkey
Free ongkir adalah tawaran paling ampuh untuk memikat keinginan belanja konsumen. Maka tidaklah mengherankan jika belakangan ini banyak toko online menawarkan gratis ongkir. Bahkan ada juga yang memberi gratis ongkir tanpa minimal pembelian.
Tidak hanya toko-toko besar saja, online shop (olshop) kecil pun dituntut untuk menyediakan fitur gratis ongkir demi memaksimalkan kepuasan pembeli. Tetapi Anda harus waspada dan hati-hati saat menyusun trik gratis ongkir. Jika salah perhitungan, maka Anda otomatis akan bertemu dengan kerugian besar.
Jadi seperti apa trik gratis ongkir yang benar, khususnya bagi online shop kecil? Mungkinkah olshop baru menawarkan gratis ongkir tanpa minimal pembelian?
Semuanya telah kami rangkum dan jawab khusus untuk Anda di artikel edisi kali ini. Mari kita lanjutkan membaca sampai tuntas!
Daftar Isi
Arti Gratis Ongkir Tanpa Minimal Pembelian Sesungguhnya
Faktanya, banyak orang tidak senang ketika dimintai biaya tambahan saat berbelanja online. Baik itu biaya tambahan untuk pengemasan, administrasi, dan juga ongkos pengiriman barang (ongkir). Penelitian psikologi pun menunjukkan bahwa seseorang lebih senang membayar paket 50 ribu dan gratis ongkir, ketimbang belanja 40 ribu tapi ada ongkir 10 ribu.
Oleh sebab itulah, trik gratis ongkir mulai ramai digunakan oleh berbagai toko online. Mulai dari olshop kecil hingga e-commerce populer, semuanya memfasilitasi pelayanan toko dengan gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Namun apakah gratis ongkir tanpa minimal pembelian tersebut benar adanya?
Free ongkir adalah trik yang menguntungkan penjual serta konsumen. Tapi, tentu saja, penjual sudah melakukan strategi khusus supaya tidak rugi akibat trik gratis ongkir. Bahkan pengamat dunia bisnis online menilai bahwa gratis ongkir tanpa minimal pembelian adalah akal-akalan promosi para pemilik olshop saja. Tidak ada tawaran gratis ongkir yang 100% gratis bebas syarat.
Free Ongkir adalah Alat untuk Meningkatkan Penjualan
Kehadiran free ongkir adalah hal pertama yang menarik konsumen datang ke toko Anda. Apalagi jika produk yang Anda tawarkan cukup menggiurkan bagi mereka. Ditambah dengan adanya free ongkir, konsumen cenderung tidak ragu lagi berpikir untuk membeli barang.
Namun peranan trik gratis ongkir belum berakhir sampai di sana. Free ongkir juga mampu mendorong konsumen untuk berbelanja sebanyak mungkin dengan beberapa permainan psikologis.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak ada gratis ongkir yang benar-benar gratis. Biasanya, e-commerce atau online shop yang menawarkan free ongkir mempunyai syarat dan ketentuan yang berlaku. Gratis ongkir baru akan diberikan ketika belanjaan konsumen memenuhi batas minimal tertentu yang ditetapkan penjual bisa 30, 40, 50, atau 100 ribu.
Ketika pembeli terbuai dengan produk maupun promo free ongkir, mereka cenderung tidak menyadari kehadiran syarat tersebut. Akhirnya, mereka pun “terjebak”. Kini, mau tak mau konsumen harus menambah barang belanjaan mereka demi mendapat free ongkir.
Konsumen pun cenderung memilih menambah belanjaan atau membeli produk yang lebih mahal ketimbang batal belanja. Mereka merasa sayang jika harus batal membeli produk yang diinginkan, terutama dengan adanya voucher gratis ongkir di depan mata. Menambah belanjaan sedikit lagi pun dirasa bukan masalah.
Hampir semua toko online yang ada menerapkan taktik di atas. Meskipun promosinya berbunyi “Gratis Ongkir Tanpa Minimal Pembelian”, nyatanya Anda tetap harus menetapkan syarat dan ketentuan agar tidak rugi.
4 Jenis Trik Gratis Ongkir yang Berlaku di E-Commerce
Sebagai pemula, tentu Anda perlu tahu apa-apa saja jenis trik gratis ongkir yang biasanya diterapkan oleh e-commerce. Anda bisa menjadikan jenis-jenis trik gratis ongkir tersebut sebagai acuan untuk dilakukan di olshop milik sendiri:
1. Gratis Ongkir Bersyarat
Jenis pertama free ongkir adalah gratis ongkir bersyarat. Penjual bisa memberikan free ongkir kepada seluruh pembeli, asalkan transaksi yang berlangsung sudah memenuhi syarat.
Syarat yang berlaku bisa apa saja, sesuai perhitungan penjual. Yang terpenting adalah syarat tersebut tetap menjaga keuntungan bagi pemilik toko walaupun ada gratis ongkir.
Beberapa contoh gratis ongkir bersyarat:
- Gratis ongkir untuk pesanan seberat 1 kg. Jika pesanan melebihi bobot tersebut, maka pembeli ikut menanggung sisa ongkir. Penjual hanya menanggung gratis ongkir untuk beban 1 kg saja.
- Gratis ongkir dengan minimal pembelian. Jumlah minimal belanjaan tersebut bisa diatur oleh penjual: misal 30 ribu, 50 ribu, 100 ribu dan seterusnya.
- Gratis ongkir dengan jarak tertentu. Misalnya gratis ongkir untuk wilayah pengiriman dalam kota (alamat toko dan rumah konsumen masih dalam 1 areal yang sama).
- Gratis ongkir dengan metode pembayaran tertentu, semisal dengan e-wallet khusus milik toko saja.
- Gratis ongkir memakai kode voucher khusus dan terbatas. Jadi tidak semua konsumen bisa mendapat free ongkir. Hanya mereka yang punya voucher saja yang bisa memanfaatkan fitur tersebut.
- Gratis ongkir dalam periode tertentu. Di luar tanggal atau waktu yang ditetapkan, ongkir tetap berlaku.
- Gratis ongkir hingga jumlah maksimal tertentu. Semisal gratis ongkir tapi maksimal hanya sampai 20 ribu. Jika ongkos kirim seharga lebih dari 20 ribu, maka sisa tagihan tetap ditanggung oleh konsumen.
Anda diperbolehkan menggabungkan beberapa syarat di atas sebagai aturan mendapatkan promo gratis ongkir. Rata-rata toko online bebas dan marketplace menerapkan lebih dari 1 syarat gratis ongkir.
2. Gratis Ongkir Non-Permanen
Tipe kedua adalah gratis ongkir non-permanen. Yang dimaksud dengan “non-permanen” adalah fitur gratis ongkir yang hanya diberikan pada momen tertentu saja (tidak selamanya).
Hampir semua marketplace menerapkan taktik ini, terutama saat baru hadir ke masyarakat. Mereka akan memberikan gratis ongkir untuk semua pembelian saat periode awal beroperasi. Lama-kelamaan, fitur gratis ongkir tanpa minimal pembelian tadi mulai dibatasi atau bahkan dihilangkan.
3. Gratis Ongkir Khusus Event
Ada juga jenis trik gratis ongkir khusus saat event tertentu. Semisal Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), Black Friday Sale, perayaan hari ulang tahun olshop, dan hari raya lainnya.
Selama momen tersebut, toko Anda boleh mengadakan gratis ongkir tanpa minimal pembelian untuk meningkatkan penjualan. Namun saat perayaan berakhir, sistem ongkos kirim otomatis kembali normal seperti pada hari biasa.
4. Gratis Ongkir dengan Permainan Harga
Anda bisa pula memberikan gratis ongkir dengan siasat harga. Semisal harga barang aslinya 30 ribu dan ongkir ke pembeli seharga 20 ribu. Daripada menawarkan harga terpisah, penjual cerdik akan mempromosikan produk seharga 50 ribu dan free ongkir.
Pembeli pun bisa tergiur dengan penawaran free ongkir, sebab kembali lagi, secara psikologis masyarakat enggan membayar lebih banyak dari apa yang mereka pesan.
Pedoman Membuat Free Ongkir untuk Olshop Kecil
Sekarang tibalah kita pada bagian terpenting: cara membuat layanan gratis ongkir bagi online shop kecil. Menyusun free ongkir adalah tugas yang harus dilakukan dengan cermat. Jika tidak, Anda justru bisa merugi.
Nah, daripada salah langkah, lebih baik ikuti pedoman mengadakan free ongkir berikut ini:
1. Tentukan Waktu Promo
Pertama, tentukan waktu promo gratis ongkir tanpa minimal pembelian akan berlangsung. Entah Anda akan melakukannya pada Harbolnas, hari raya besar, atau di tanggal-tanggal cantik tertentu, semuanya bebas Anda sendiri yang menentukan.
Menentukan tanggal promo free ongkir akan membawa dampak positif bagi bisnis. Pertama, Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan untuk mengadakan event gratis ongkir dengan baik sekaligus maksimal. Anda masih punya banyak waktu untuk menghitung harga jual, mempersiapkan stok, menyebar pengumuman, dan lain-lain.
Kedua, masyarakat akan antusias dan menanti-nanti momen tersebut. Mereka akan menunda belanja dari tempat lain dan memilih menunggu sampai momen free ongkir dari Anda tiba. Hasilnya, toko online Anda bisa meraup keuntungan maksimak.
2. Tentukan Wilayah Free Ongkir
Tidak hanya tanggal pelaksanaan saja, Anda juga perlu menetapkan wilayah pemberlakuan gratis ongkir. Apakah promo gratis pengiriman bisa dinikmati untuk masyarakat seluruh Indonesia atau hanya di wilayah tertentu saja?
Marketplace besar tentu sudah bisa melakukan pengiriman gratis ke seluruh provinsi Indonesia – bahkan luar negeri. Namun sebagai pemula, Anda tidak perlu terburu-buru. Cobalah untuk melakukan promo gratis ongkir di wilayah Anda saja, seperti pengiriman dalam kota. Jika sudah terbiasa, lebarkan lagi areal free ongkir hingga ke wilayah lain.
3. Jaga dan Maksimalkan Kualitas Produk
Selama masa persiapan, tugas Anda yang lain adalah menjaga dan sebisa mungkin, memaksimalkan kualitas produk. Jika kualitas produk buruk, konsumen tetap akan merasa kesal dan kecewa meskipun Anda getol menawarkan gratis pengiriman.
Ingat, gratis ongkir hanya magnet dan bonus untuk menarik perhatian konsumen berbelanja di tempat Anda. Supaya produk laku dan toko selalu laris, maka kuncinya adalah menawarkan barang-barang berkualitas baik.
Jadi janganlah terlalu mengandalkan fitur gratis biaya kirim saja. Tetaplah berusaha maksimalkan kualitas produk serta harganya, memberi pelayanan optimal, menerima review konsumen, menyiapkan kemasan menarik dan seterusnya.
4. Buat Aturan Promo Free Ongkir
Lanjutkan persiapan Anda dengan membuat aturan promo untuk mendapatkan free ongkir. Sekali lagi, syarat dan ketentuan bebas ongkir adalah hal terpenting supaya toko tidak bangkrut gara-gara promo.
Jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan, Anda bisa menetapkan syarat minimal belanja untuk mendapat free ongkir. Akibatnya konsumen akan memborong produk lebih banyak dari toko. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan survey dan pengamatan terlebih dahulu untuk mengetahui aturan gratis ongkos kirim mana yang paling tepat diterapkan.
5. Buat Perhitungan Cermat
Saat membuat aturan promo, lakukan juga kalkulasi atau perhitungan cermat agar tidak rugi. Beberapa hal yang wajib Anda hitung seperti stok produk dan keuntungan yang diperoleh ketika semua produk laku terjual. Sebisa mungkin pastikan masih ada sisa keuntungan penjualan setelah jumlah omset dikurangi biaya ongkos kirim yang Anda tanggung.
6. Pilih Produk yang Hendak Dijual
Demi menekan peluang kerugian, Anda tidak wajib memberi free ongkir untuk semua produk yang dijual. Gratis ongkir bisa diberikan untuk produk-produk tertentu yang nilainya memungkinkan. Tentunya hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan keadaan masing-masing saat ini. Jika toko Anda sudah sebesar marketplace, maka tidak ada salahnya memberikan gratis ongkir pada semua barang yang dijual.
Anda juga bisa membuatkan paket-paket promo menarik untuk menarik pembeli dengan harga beragam. Semisal produk A bisa mendapat gratis ongkir, sedangkan produk B ada diskon 50%. Penawaran yang berbeda bisa mendorong konsumen untuk memborong sebanyak mungkin barang yang promo.
7. Jangan Naikkan Harga Barang
Walaupun ada penjual yang memilih naikkan harga demi menawarkan free ongkir, sebisa mungkin jangan meniru langkah tersebut. Cara ini hanya akan membuat konsumen menilai toko Anda buruk dan manipulatif. Sistem bebas ongkir yang baik dilakukan dengan mengurangi keuntungan 1 produk demi memaksimalkan penjualan keseluruhan.
8. Pakai Aplikasi Gratis Ongkir
Tips terakhir, gunakan aplikasi gratis ongkir untuk mempermudah semua persiapan penyelenggaraan free-ong Anda. Aplikasi gratis ongkir bisa menyediakan beragam voucher free-ong untuk diklaim langsung oleh pembeli. Selain itu, Anda juga bisa menginfokan promo ke pembeli secara praktis lewat push notification pada aplikasi gratis ongkir
Nah, Anda juga beruntung karena sekarang sudah ada aplikasi gratis ongkir e-commerce terbaru dari APPKEY. Aplikasi ini dibuat dengan teknologi canggih mirip marketplace ternama. Bedanya, tentu saja, aplikasi e-commerce APPKEY bisa dikustomisasi sesuka hati sehingga menjadi toko online dengan brand sendiri.
Sudah banyak orang membuktikan langsung kecanggihan aplikasi e-commerce APPKEY. Anda juga bisa mendapat layanan konsultasi gratis dengan staf ahli kami terkait beragam masalah bisnis online. Kami akan membimbing Anda dari nol sampai mencapai target bisnis dengan senang hati.
Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan aplikasi gratis ongkir e-commerce APPKEY di sini atau kunjungi https://appshop.co.id/ untuk informasi lebih lanjut. Sayonara!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.