Last Updated on August 19, 2022 by
Masyarakat masa kini lebih senang menyimak konten-konten video ketimbang tulisan atau gambar yang kaku. Tak sedikit juga calon konsumen olshop tertarik berbelanja setelah menyimak video iklan. Jadi, berpromosi dengan video adalah trik yang wajib untuk Anda coba tahun ini.
Strategi berpromosi dengan video dikenal sebagai video marketing. Video marketing adalah hal yang sudah ada lama dalam dunia bisnis. Meski bukan barang baru, faktanya masih banyak orang kebingungan terkait cara membuat video promosi yang menarik. Apalagi di tahun 2021 muncul beragam konsep video promosi yang menarik sekaligus berbeda drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Penasaran apa saja konsep video promosi yang menarik dan trending di tahun ini? Yuk langsung kita simak pembahasan lengkapnya pada artikel ini! Pastikan juga untuk menyimak sampai tuntas karena kami juga menyediakan rekomendasi cara membuat video promosi termudah tanpa skill khusus untuk Anda.
Baca juga : Terkuak! Ini Trend Marketing yang Disukai Konsumen Kekinian
Daftar Isi
8 Trend Video Marketing yang Booming di 2021
Mengikuti trend kekinian amat penting untuk keberlangsungan bisnis online. Menjalankan bisnis yang up-to-date akan memudahkan Anda mengungguli para kompetitor dan memungkinkan bisnis menjadi trendsetter.
Menggunakan strategi video marketing adalah salah satu kegiatan mengikuti trend yang sudah disebutkan di atas. Mengapa demikian? Pasalnya, para konsumen modern lebih suka menyimak konten video dibandingkan konten bentuk lain. Video marketing adalah konten yang cocok untuk masyarakat segala usia, menjangkau semua kalangan, tentunya menarik dan mudah disimak.
Namun membuat video marketing adalah hal yang susah-susah gampang. Anda tidak bisa sekadar merekam produk dan mempostingnya. Agar sukses, Anda perlu memahami aneka trend video yang sedang digemari masyarakat di tahun ini. Berikut daftarnya:
1. Smartphone Livestreaming
Konsep video promosi yang menarik pertama di 2021 adalah smartphone livestreaming. Banyak pengamat bisnis dan studi internasional menilai video smartphone livestreaming adalah tipe video terpopuler tahun ini.
Menurut Newswire, rata-rata masyarakat selaku konsumen di Amerika Serikat memiliki aplikasi video streaming dengan kualitas terbaik di smartphone masing-masing. Dari jumlah total seluruh aplikasi yang diinstal oleh masyarakat, lebih dari 10% tipe aplikasi tersebut adalah aplikasi livestreaming.
Video livestreaming di smartphone juga terbukti sukses menaikkan jumlah keuntungan pasar sebesar hampir 50% dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak mengherankan karena video-video livestreaming memungkinkan penjual lebih mudah berkomunikasi dengan audiens selayaknya saat mereka bertatapan langsung. Calon konsumen bisa mudah menawar produk dan berbelanja ketika livestreaming berlangsung.
2. User-Generated Video
Selanjutnya ada User-Generated Content alias video-video yang dibuat oleh masyarakat terkait sebuah produk. Tak kalah tenar dari livestreaming, video User-Generated Content (UGC) juga turut menjadi salah satu trend video di 2021.
Video User-Generated Content diminati karena mampu menumbuhkan engagement serta hubungan baik antara akun bisnis dengan para followersnya. Contoh video UGC adalah video review singkat dari konsumen terkait produk atau jasa yang pernah mereka gunakan. Biasanya, seorang konsumen terdorong untuk membuat review karena mereka mendapatkan manfaat positif dan puas dengan produk.
Plus, si konsumen seringkali sengaja men-tag akun bisnis terkait supaya postingan mereka bisa di-repost. Sebuah bisnis yang baik pasti akan mengapresiasi konten UGC tersebut dan memposting ulang konten di laman mereka. Dari sinilah rasa apresiasi, engagement dan keuntungan besar bisa mengalir ke toko online Anda.
Studi dari Econsultacy membuktikan audiens yang mengenali brand dari UGC bisa menghabiskan lebih banyak waktu melihat-lihat website brand tersebut. Besar kemungkinan juga si audiens akan segera beralih dari visitor menjadi konsumen baru.
Bahkan untuk industri khusus seperti kecantikan, kesehatan dan pariwisata, kemungkinan visitor dari UGC menjadi konsumen yang berbelanja bisa mencapai 184%. Para audiens ini juga bisa berbelanja hingga 45% lebih banyak dibandingkan konsumen lain yang tidak datang berkat konten video UGC.
3. Video Kreatif Bisnis
Berikutnya adalah video-video kreatif terkait bisnis yang akan trending di 2021. Namun tak hanya semata-mata kreatif, video-video marketing ini juga memiliki manfaat, kegunaan dan informasi menarik untuk disimak oleh para audiens.
Ada dua alasan kuat mengapa seseorang mau menyimak sebuah video: 1) Tampilannya yang menarik, 2) Menghadirkan konten menarik. Kedua elemen ini saling berkaitan dan sama pentingnya. Jika video Anda hanya mengandalkan tampilan, maka audiens akan segera meninggalkan video setelah menyadari bahwa isi konten tidak bermanfaat bagi mereka. Pun percuma juga jika isi konten video Anda bermanfaat tapi tampilannya tidak menarik dan membosankan.
Anda harus ekstra cerdas dalam menghadirkan video kreatif bisnis yang unik, fresh sekaligus memikat audiens. Beberapa rekomendasi ide ide video yang bisa Anda coba buat antara lain:
- Parodi video viral disertai dengan promosi brand.
- Video penjelasan sebuah informasi, tips dan trik, edukasi faktual tentang hal-hal yang belum banyak diketahui masyarakat.
- Video testimoni, perjalanan konsumen dengan brand, serta kisah keberhasilan pengguna produk Anda.
- Iklan video, video sales dan video presentasi bisnis.
4. Short-Form Video (Klip Video Pendek)
Short-Form video atau klip video pendek juga menjadi salah satu konsep video promosi yang menarik di 2021. Trend Short-Form video mulai bermunculan seiring dengan hadirnya media sosial TikTok dan Instagram Stories. Kedua platform sosmed ini sama-sama sukses menjadi trendsetter di masyarakat. Buktinya sudah ada jutaan pengguna Instagram dan TikTok dari seluruh penjuru dunia.
Untuk mengungguli persaingan konten berbentuk Short-Form, Anda perlu membuat video menarik berdurasi singkat, ringkas, jelas, cepat dan energik. Video singkat yang penuh semangat selalu terbukti ampuh menggaet banyak view.
5. Shoppable Video
Pernahkah Anda menonton sebuah video dan tertarik untuk membeli sebuah produk yang ditampilkan di dalamnya? Dulu, kita tentu tidak bisa membeli produk dari sebuah video secara langsung.
Namun di tahun 2021 ini, muncul trend video marketing yang memungkinkan audiens untuk membeli produk sembari menonton video. Ya, trend tersebut bernama Shoppable video.
Trend Shoppable video lahir sebagai inovasi dan peningkatan pengalaman belanja online dari konsumen terhadap sebuah brand. Video-video Shoppable memberikan pengalaman belanja interaktif pada konsumen di mana siapa saja bisa membeli produk yang diiklankan langsung dalam video.
Konsumen Anda hanya perlu mengklik link atau gambar produk atau menghubungi call-center yang tertera untuk memesan barang. Cara yang sangat praktis, bukan?
Saking canggihnya teknologi Shoppable video ini, banyak pengamat bisnis digital meyakini teknologi ini tak hanya akan trend di 2021 saja tetapi juga tahun-tahun seterusnya.
6. Video Interaktif Augmented Reality (AR)
Teknologi Augmented Reality (AR) sudah mulai diperkenalkan sejak 2020 dan perkembangannya pun mulai semakin luas di 2021. Teknologi AR memungkinkan kita untuk melihat sebuah produk atau item dalam bentuk 3D persis sebagaimana aslinya.
Perusahaan kebutuhan rumah tangga ternama dunia IKEA adalah salah satu bisnis yang sudah mulai mengadopsi video interaktif AR ini, lho! Jadi, konsumen IKEA sudah tidak perlu lagi repot-repot datang ke toko hanya untuk melihat produk secara rinci.
Mereka cukup mengakses website atau aplikasi IKEA dan sudah bisa mendapatkan gambaran produk dalam format 3D menggunakan teknologi AR.
Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi AR akan sangat bermanfaat dalam perkembangan bisnis online masa depan. Diperkirakan di tahun 2024 nanti, teknologi AR yang diaplikasikan untuk bisnis e-commerce bisa mendulang keuntungan hingga 72,8 miliar dollar Amerika atau setara dengan 1,59 triliun rupiah.
7. Virtual Event
Di posisi berikutnya ada video marketing berbentuk Virtual Event yang lahir dan langsung populer di masyarakat sebagai efek pandemi di tahun 2020 lalu. Semenjak pandemi, masyarakat tidak bisa mengadakan event tatap muka langsung.
Untuk itu, orang-orang beralih mengadakan virtual event di dunia maya menggunakan beragam aplikasi telekonferensi seperti Zoom dan Google Meet.
Ternyata, video virtual event juga memberikan peluang menjanjikan untuk berpromosi produk atau jasa. Virtual event terbukti sukses mempermudah masyarakat melangsungkan aktivitas yang mengharuskan mereka untuk berkumpul, alhasil, peluang orang-orang menghadiri seminar atau pertemuan online menjadi lebih tinggi.
Virtual event juga mampu menjembatani orang-orang dari berbagai wilayah untuk bertemu dan berdiskusi secara praktis dan gratis.
Jadi, tidak ada salahnya untuk Anda memanfaatkan peluang seperti dengan mengadakan seminar gratis dan edukatif sembari menyelipkan promosi di dalamnya. Cara ini pernah dipraktekkan oleh platform konsultan HR online MauKerja.ID. Mereka mengadakan kelas bedah CV online sembari menyelipkan promosi flashsale voucher bagi para peserta seminar. Strategi yang menarik, bukan?
8. Video Ads (Iklan Video)
Konsep video marketing trending di 2021 terakhir adalah video ads atau iklan video. Video ads memang bukan barang baru, tetapi masih tergolong trending di tahun ini sehingga wajib untuk Anda coba juga. Dengan video ads, bisnis Anda bisa lebih cepat mencapai angka pertumbuhan yang optimal.
Menurut studi dari lembaga Statista, angka pertumbuhan bisnis online yang menggunakan video ads selalu bertambah dari tahun ke tahun. Di 2021 sendiri terjadi pertumbuhan bisnis sebesar 13% dari profit $9,95 miliar (tahun 2020) menjadi $11,24. Angka ini akan terus bertambah hingga diperkirakan mencapai $12,66 miliar di tahun 2024 mendatang.
Jadi mengapa ragu untuk mencoba beriklan dengan video ads? Dengan peluang yang amat cerah ini, bisnis Anda sangat berpotensi untuk mendulang kesuksesan jangka panjang. Tapi kalau Anda masih terkendala di cara membuat video promosi yang menarik dan memikat audiens, maka Anda perlu lanjut menyimak solusi terbaiknya di bahasan selanjutnya.
Jasa Video Promosi Terbaik 2021: Buat Video Ads Terbaik Anda di Sini Sekarang!
Anda telah menyimak kumpulan trend video marketing yang nge-hits di 2021. Namun trend-trend di atas tidak akan membawa pengaruh apa-apa jika tidak Anda realisasikan ke dalam bentuk video nyata untuk promosi usaha.
Sekarang adalah waktunya berpraktek! Ayo segera buat video iklan terbaik Anda supaya bisnis bisa lebih cepat meraih keuntungan. Tetapi, bagaimana jadinya kalau Anda tidak begitu mahir dalam mengedit dan memproduksi video sendiri? Apakah Anda harus mengurungkan niat menjalankan video marketing? Jawabannya tentu saja tidak!
Saat ini sudah ada banyak cara membuat video promosi yang mudah dan bagus, lho. Jika Anda tidak percaya diri dengan kemampuan editing video sendiri atau tidak tahu bagaimana cara membuat video yang baik, maka percayakanlah jasa video promosi APPKEY untuk mengurus semua kebutuhan Anda!
Jasa video promosi APPKEY bukan tim sembarangan. Kami adalah tim profesional yang mengetahui seluk-beluk detil cara pembuatan video marketing terbaik untuk menggambarkan keunggulan bisnis Anda.
Tim APPKEY akan mengerjakan video marketing Anda secara rinci mulai dari perencanaan konsep, produksi, hingga penyelesaian post-produksi secara lengkap. Tak lupa, kami juga menyediakan semua pelayanan dan fasilitas dalam 1x pembayaran harga terjangkau dan bisa dinegosiasi menyesuaikan kebutuhan Anda.
Beberapa layanan unggulan jasa video promosi APPKEY meliputi:
- Video branding: video tentang aneka keuntungan, keunggulan dan nilai unik dari bisnis, produk dan jasa Anda untuk mempermudah branding dan mengungguli kompetitor.
- Short movie: paket lengkap untuk produksi film pendek tentang bisnis seperti video deskripsi produk, jasa dan informasi perusahaan dari berbagai perspektif. Kami menyediakan tim produksi lengkap dengan copywriter, desainer grafis dan art directors.
- Video Web dan App: video marketing untuk mendukung konten website dan aplikasi e-commerce Anda.
- Video iklan/ads: iklan-iklan video dengan efisiensi dan resolusi tinggi. Bisa Anda posting di mana saja mulai dari YouTube hingga TV.
Lengkap sekali, bukan? Anda juga masih bisa mengomunikasikan pembuatan video tipe lainnya kepada tim APPKEY langsung di https://videoshot.co.id/. Yuk jangan ragu lagi untuk menghubungi kami segera dan dapatkan langsung video marketing terbaik untuk bisnis sesuai trend 2021! Sampai jumpa di APPKEY!
Baca juga
4 Cara Maksimalkan Video Marketing Agar Web Ramai Dicari
9 Aplikasi Edit Video TikTok Paling Top untuk Konten Jualan
Cara Kreatif Membuat Video Testimoni Kekinian & Banyak View
Membuat Video Tiktok untuk Pemasaran Produk Anda
5 Aplikasi Edit Video Terbaik dan Cocok untuk Marketing Bisnis Kecil
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.