Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranSEOInstagram Analysis Traffic : Pengertian dan Kegunaan untuk Toko...

Instagram Analysis Traffic : Pengertian dan Kegunaan untuk Toko Online Anda

-

Last Updated on August 27, 2022 by appkey

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Instagram? Berawal sebagai media sosial untuk sharing foto dan video ke publik, kini platform Instagram berkembang pesat sebagai sebuah forum jual-beli yang menjanjikan.

Tingginya minat orang menggunakan Instagram menjadi penyebab awal terbentuknya komunitas jual-beli aneka produk dalam media sosial ini. Hingga pada akhirnya, Instagram secara resmi mengeluarkan fitur business yang bisa Anda pakai untuk membangun toko online. Dalam fitur tersebut terdapat Instagram Insight yang bermanfaat untuk memaksimalkan perkembangan toko online.

Namun sayangnya, masih sedikit orang mengetahui cara memakai Instagram Insight untuk memaksimalkan traffic pengunjung. Kira-kira apa itu fitur Insight serta cara memanfaatkannya dengan benar? Mari meluncur ke artikel berikut ini untuk mencari tahu jawabannya bersama-sama. Selamat membaca!

Baca juga : Tips SEO Instagram untuk Meningkatkan Jangkauan Anda

Baca juga : Bagaimana Cara 3 Fitur Pemasaran Instagram dapat Membantu Peningkatan Penjualan?

Apa Itu Instagram Analysis Traffic? Definisi dan Keuntungan untuk Olshop

analisis-traffic-1

Perkembangan teknologi tak dapat dipungkiri menjadi semakin canggih dari hari ke hari. Seperti halnya pada media sosial. Dulu, kita menggunakan media sosial hanya untuk berinteraksi dengan keluarga, teman-teman, dan orang-orang terkasih saja. Kini, media sosial juga bisa digunakan untuk membuka toko online dan mendapatkan keuntungan.

Salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk berjualan adalah Instagram bisnis. Instagram terkenal sebagai media sosial untuk memposting foto dan video yang dapat dilihat oleh masyarakat di seluruh dunia. Sekarang, Instagram bisa digunakan untuk berjualan melalui fitur Instagram bisnis. Untuk menunjang aktivitas jual-beli di Instagram pun, pihak resmi perusahaan ini akhirnya merilis fitur terbaru bernama Instagram Insight atau Instagram Analytics.

Apa itu fitur Insight? Insight adalah fitur resmi Instagram untuk melakukan analysis traffic pada akun-akun bisnis IG. Dengan memanfaatkan fitur analysis traffic ini, kita bisa mengetahui banyak hal terkait perkembangan akun online shop kita di Instagram. Mulai dari jumlah engagement content, data demografi followers akun olshop, jumlah tayangan profil tokoh, dan masih banyak yang lainnya.

Jika dimanfaatkan dengan benar, fitur Insight dapat membantu Anda dalam mengelola Instagram business traffic serta menaikkan penjualan. Analysis traffic menggunakan Insight akan memberikan Anda data-data penting guna menyusun strategi jualan; seperti identitas rinci pengunjung akun, efektivitas strategi promosi dan persebaran content, jam-jam followers Anda sedang aktif di Instagram, hingga memahami apa-apa saja kebutuhan para followers akun bisnis Anda.

Sayangnya tidak banyak orang memahami betul bagaimana melakukan analysis traffic pada Instagram. Kebanyakan orang masih meyakini bahwa memposting konten saja sudah cukup untuk mengembangkan toko online. Padahal tidak demikian.

Untuk melancarkan promosi yang tepat sasaran dan efektif, Anda harus rajin mengecek kondisi Instagram business traffic milik toko online anda. Serutin apapun Anda berpromosi akan sia-sia belaka jika dilakukan secara sembarangan, tidak menyasar pasar yang tepat, dan tidak menggunakan kata kunci yang tepat pada bagian deskripsi konten.

Lalu bagaimana cara memakai fitur Insight untuk melakukan analysis traffic Instagram? Yuk lanjutkan membaca ke bagian berikutnya untuk mengetahui jawaban secara lengkapnya!

Baca juga : Pedoman Lengkap YouTube Analisis : Rahasia Menaikkan Traffic

Pedoman Mudah Analysis Traffic IG dengan Insight

analisis-traffic-2

Anda telah memahami apa itu Instagram bisnis dan fitur Insight di dalamnya. Kini waktunya untuk mencari tahu bagaimana cara terbaik agar Anda bisa melakukan analysis traffic di Instagram dengan memanfaatkan fitur Instagram Analytics. Berikut ini kami sudah sajikan pedoman lengkap melakukan analisis grafik IG dengan fitur Insight secara mudah untuk pengguna pemula. Yuk disimak!

Memiliki akun bisnis Instagram

Sesuai dengan tujuannya untuk mengembangkan bisnis, maka sudah pasti fitur Insight atau Instagram Analytics tidak akan muncul pada akun personal. Untuk itu, Anda harus mengubah akun personal menjadi akun bisnis. Berikut cara-caranya:

  1. Buka profil Instagram.
  2. Cari pengaturan profil IG.
  3. Cari di bagian pojok kanan atas berupa tanda titik 3, klik, dan pilih bagian “pengaturan akun”.
  4. Scroll sedikit, cari pilihan “beralih ke akun bisnis” atau “switch to business profile”.
  5. Saat mengubah akun personal ke akun jualan, Anda bisa sekalian mengkoneksi akun dengan halaman Facebook bisnis yang dimiliki oleh toko online Anda. Kegunaan koneksi ini adalah untuk memposting di Instagram dan Facebook secara bersamaan. Jadi, kapanpun Anda memposting produk di Instagram, maka postingan yang sama juga akan terupdate otomatis ke halaman Facebook bisnis Anda
  6. Selesai! Sekarang, akun personal Anda sudah beralih ke akun bisnis.

Baca juga : Bingung Mengecek YouTube Viewers? Gunakan +5 Tools Ini Yuk!

Baca juga : Inilah 8 Poin Twitter Analytics yang Bikin Bisnis Sukses

Mengakses dan Mengumpulkan Data-Data Insight

Setelah beralih ke akun bisnis, sekarang Anda bisa mengakses data-data yang terdapat di fitur Insight untuk digunakan dalam proses analysis traffic. Untuk mengakses data-data Insight Instagram business, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke profil Instagram toko.
  2. Klik icon berupa grafik statistik yang ada di bagian paling atas profil akun. Anda akan mendapati sejumlah data seperti:
  • Interaction = mencatat seluruh tindakan yang terjadi antara followers dengan akun Anda
  • Profile visit = jumlah kunjungan yang terjadi pada akun Instagram
  • E-mail = fitur yang menampakan jumlah klik email pada akun toko
  1. Klik “Discovery” untuk mengetahui jumlah impression dan reach dari masing-masing content. Di sini, Anda bisa mengetahui jumlah total engagement pengunjung akun bisnis terhadap masing-masing konten jualan Anda.
  2. Klik “Tab content”. Tab content memuat data-data rinci terkait konten yang diposting di akun Anda.
  3. Klik “Kolom Feed Post”. Untuk mengumpulkan data feed Instagram, gunakan fitur “kolom feed post”. Di sini terdapat seluruh konten yang sudah anda publikasikan ke feed. Untuk melihat lebih detail rincian impresi dan jangkauan postingan Anda, cukup gklik salah satu konten. Nanti data-datanya akan muncul di layar secara otomatis.
  4. Cari tahu data-data impresi dari Instagram Stories pada bagian “Stories”. Semua data impresi (jumlah total tayangan Instagram story), reach (jumlah orang yang melihat story Anda), exit (jumlah orang yang meninggalkan story Anda), reply (jumlah balasan yang didapat).
  5. Klik “promotion” untuk mengakses data-data seputar Instagram Ads yang pernah Anda gunakan.
  6. Terakhir, klik “Tab Audience” untuk mengakses data terkait pengikut toko online Anda seperti usia, jenis kelamin, lokasi dan jam aktif mereka mengakses Instagram.
Artikel terkait  Tepat Menentukan Harga Website Online Shop Produk Bersama iPrice

Lakukan Analisis

Setelah mengumpulkan data-data yang diperlukan, kini Anda dan tim bisa mulai melakukan analisis performa akun bisnis Instagram. Cari tahu seberapa banyak orang yang mengakses konten jualan Anda di Instagram dengan mengklik view insight pada setiap postingan konten. Langkah-langkah selengkapnya:

  1. Buka feed,
  2. Pilih salah satu postingan,
  3. Klik tombol view insight yang sudah tersedia.
  4. Tanpa perlu menunggu, data-data terkait konten akan langsung tampil ke hadapan Anda seperti jumlah like, komentar, interaction, jumlah simpan, visit dan masih banyak lainnya.

Indikator baik-buruknya pertumbuhan akun Instagram bisnis Anda terlihat dari seberapa besar jumlah engagement yang terjadi pada akun. Semakin banyak jumlah like, comment, share dan view postingan yang didapatkan, maka artinya persebaran konten Anda semakin baik di kalangan masyarakat. Begitupun sebaliknya, jika jumlah engagement masih kecil, Anda harus memikirkan strategi jitu baru agar konten bisa tersebar dan menjangkau lebih banyak masyarakat.

Anda juga bisa menambahkan hashtag yang berkaitan dengan tema konten yang dibuat untuk memperluas daya jangkau content di masyarakat. Selain itu, Anda bisa memasang Instagram Ads dan memposting konten di jam-jam followers paling aktif.

Itulah pembahasan lengkap terkait analysis traffic menggunakan Instagram insight. Semoga wawasan dan pedoman dalam artikel ini mampu membantu Anda dalam memaksimalkan Instagram business traffic, ya. Sampai jumpa di artikel menarik informatif lainnya dari kami.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya