Last Updated on June 28, 2022 by
Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa pendapatan bisnis Anda hanya mentok segitu-segitu saja? Nyatanya, berbisnis tak cukup hanya dengan mengandalkan kemampuan serta pengetahuan seadanya.
Jika Anda hanya terfokus dan mengandalkan taktik berbinis yang monoton, maka dijamin bisnis Anda akan sulit untuk berkembang. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi promosi yang tepat agar bisnis Anda berkembang pesat dan mampu meraup untung berlipat ganda.
Apa itu strategi promosi? Strategi promosi merupakan tahapan-tahapan yang harus Anda pertimbangkan saat menjalankan kegiatan manajemen dari bisnis Anda. Strategi promosi mencakup segala aktivitas dalam bisnis khususnya di bidang pemasaran produk kepada konsumen. Aktivitas pemasaran tersebut biasanya berupa komunikasi atau interaksi dengan konsumen seperti memberikan informasi terhadap produk, hingga meyakinkan konsumen untuk mencoba atau membeli produk yang ditawarkan.
Lantas, bagaimana caranya mengaplikasikan strategi promosi yang tepat untuk bisnis? Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini kami sajikan 10 strategi promosi terbaik sekaligus mudah untuk Anda terapkan. Strategi-strategi promosi di bawah ini dijamin ampuh untuk membuat keuntungan bisnis Anda membengkak!
Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini!
Baca juga : Promosi Adalah : Pengertian Para Ahli, Tujuan, dan Jenis
Daftar Isi
3 Unsur Wajib Pembentuk Strategi Promosi
Pada dasarnya, strategi promosi merupakan rencana dan cara yang ditempuh untuk menarik minat serta perhatian konsumen. Tujuannya tentu saja, agar terdapat semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba atau membeli produk Anda. Dengan demikian, bisnis Anda pun akan mendapatkan keuntungan penjualan yang semakin banyak.
Strategi pemasaran yang baik dan manjur haruslah mengandung 3 unsur penting di dalam perumusannya. 3 unsur tersebut dikenal dengan “K-I-I”, yaitu :
Komunikasi
Komunikasi merupakan kunci utama dari strategi pemasaran produk Anda. Dekati calon konsumen sasaran dari bisnis Anda dan berikan informasi terkait produk yang dapat menarik perhatian mereka.
Insentif
Berikan pelayanan terbaik dan secara khusus kepada calon konsumen. Pelayanan dengan kualitas nomor satu tentunya akan menanamkan yang kesan baik sekaligus menumbuhkan rasa nyaman bagi calon konsumen Anda.
Invitation
Unsur terakhir adalah invitation. Setelah mendapatkan perhatian dan kenyamanan dari konsumen, saatnya bagi Anda untuk mengundang para konsumen membeli produk yang ditawarkan.
Meraih Keuntungan Besar dengan 10 Strategi Promosi Termanjur
Setelah mengetahui 3 unsur yang wajib ada dalam strategi promosi Anda, yuk simak 10 tips strategi promosi termanjur berikut ini! Strategi-strategi promosi ini dijamin ampuh untuk membuat keuntungan bisnis Anda berlipat ganda.
Memanfaatkan Media Sosial dan Platform Toko Online
Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini, apapun sudah serba online. Setiap hari, hampir semua orang pasti akan mengecek dan memperbaharui sosial media mereka. Internet menjadi sarana hiburan yang sangat digemari oleh masyarakat kekinian. Bahkan kegunaan internet pun bertambah hingga digunakan oleh masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, memanfaatkan internet sebagai sarana utama promosi bisnis pun patut untuk Anda coba.
Internet memberikan keuntungan yang sangat besar bagi para pebisnis untuk melakukan strategi pemasaran. Dengan internet, Anda bisa melakukan promosi bisnis setiap hari tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Anda cukup memanfaatkan media sosial yang digunakan oleh banyak masyarakat seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp.
Selain itu, memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia juga dapat menjadi pilihan alternatif untuk memasarkan bisnis Anda, sebab aktivitas berbelanja online dinilai oleh banyak orang lebih praktis.
Meluncurkan Inovasi Baru secara Musiman
Konsumen menggemari adanya produk-produk baru yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan secara berkala atau musiman. Inovasi-inovasi baru pada bisnis masih dinilai sangat ampuh untuk menarik minat konsumen. Hal ini disebabkan oleh rasa penasaran konsumen terhadap produk baru dari bisnis Anda yang akan mengundang mereka untuk datang dan berbelanja. Selalu pastikan juga bahwa inovasi baru yang Anda tawarkan memiliki keunikan plus keuntungan bagi konsumen, ya!
Memasang Iklan Cara Baru (Paid Promote, Endorsement)
Jika pada zaman dahulu, iklan biasanya hanya dipasang di televisi, koran, atau berupa brosur. Namun sekarang, sudah ada cara baru yang lebih segar untuk beriklan. Anda bisa memasang iklan di media sosial melalui sistem paid promote atau endorsement dari teman-teman, keluarga, hingga selebriti di jagat maya.
Sistem paid promote dan endorsement mengaplikasikan sistem “word of mouth” yang memiliki nilai kefektifan tinggi. Sistem “word of mouth” sendiri masih sangat ampuh untuk meyakinkan calon pembeli agar berbelanja. Konsumen selalu lebih mudah merasa yakin terhadap suatu produk setelah mendengar testimonial, review, atau mendapat rekomendasi dari orang lain yang mereka kenal.
Menjadi Sponsor Acara
Suatu acara yang bersifat umum seperti seminar nasional, fun bike, jalan sehat, dan lainnya selalu membutuhkan sponsor. Anda bisa memanfaatkan acara-acara ini sebagai sarana promosi bisnis. Dengan menjadi sponsor acara, maka produk dari bisnis Anda akan ikut dipasarkan ke peserta acara yang terlibat. Bisnis Anda pun juga akan semakin dikenal berkat bantuan sounding atau promosi yang dilakukan oleh pihak penyelenggara acara.
Mengadakan Program Give Away alias Bagi-Bagi Produk Gratis
Siapa yang tidak suka produk gratis? Saat ini, banyak sekali perseorangan bahkan toko online yang rutin mengadakan program give away alias bagi-bagi produk gratis di media sosial. Tujuan setiap orang mengadakan give away pun beragam, salah satunya adalah memasarkan produk yang mereka jual.
Anda bisa mengadakan give away sejumlah barang dagangan untuk menarik minat calon konsumen. Tidak perlu membagi banyak barang, Anda bisa memilih beberapa produk yang menarik. Program give away saat ini dinilai ampuh untuk membuat banyak orang “mampir” ke bisnis online Anda.
Memberikan Diskon Besar-Besaran
Hampir semua konsumen menyukai diskon, apalagi diskon besar-besaran. Mengadakan program diskon besar-besaran terbukti meningkatkan jumlah pembelian konsumen terhadap suatu produk. Akan tetapi, Anda harus tetap memperhitungkan dengan baik persentase diskon yang bisa Anda tawarkan terlebih dahulu.
Contohnya, Anda bisa mulai dengan menawarkan diskon kecil seperti 5-10%. Jika feedback dari konsumen cukup baik, tingkatkan persentase diskon Anda. Paket diskon besar-besaran cocok untuk diterapkan jika target Anda adalah untuk menghabiskan stok barang dagangan yang tersisa.
Mengadakan Program Loyalitas Pelanggan
Selain kualitas dan harga barang yang kompetitif, Anda tidak boleh melupakan pelayanan terhadap konsumen. Anda bisa menerapkan program loyalitas pelanggan untuk mempertahankan kenyamanan pelanggan di toko Anda. Program loyalitas pelanggan pun bisa beragam bentuknya, seperti menyediakan banyak penawaran spesial dan bonus jika pelanggan memiliki kartu member di toko Anda. Program loyalitas pelanggan ini dinilai sebagai suatu ide yang brilian sebab telah terbukti ampuh mempertahankan kesetiaan pelanggan untuk berbelanja di toko yang sama.
Menganalisa Target Market
Kondisi pasar bisa selalu berubah-ubah dan akan mempengaruhi bisnis Anda. Oleh karena itu, strategi pemasaran secara berkala yang Anda terapkan harus diseimbangkan dengan analisa target market. Selalu cek seberapa efektif sistem promosi yang Anda jalankan mampu menjaring minat konsumen, seberapa luas kira-kira daya jangkau promosi, serta besar penjumlahan calon konsumen baru yang dapat diraih oleh sistem promosi Anda. Apabila sistem promosi Anda dirasa kurang membuahkan hasil, segera ganti dengan sistem lain yang lebih efektif.
Mengadakan Buy One Get One Free
Program beli satu gratis satu atau buy one get one free adalah salah satu bentuk penawaran lain yang tak kalah menarik dibandingkan diskon dan give away. Malahan tidak sedikit toko yang menjalankan program buy one get one free berbarengan dengan diskon dan give away. Menjual dua produk dengan harga satu produk selalu berhasil meningkatkan daya beli konsumen. Program buy one get one free juga memberikan rasa puas terhadap konsumen sebab bisa mendapatkan lebih banyak barang dengan harga murah.
Memberikan Gratis Ongkos Kirim
Tips terakhir yakni menerapkan sistem gratis ongkos kirim. Strategi pemasaran ini wajib dijalankan bagi Anda pemilik toko online. Sistem ini telah terbukti manjur. Kebanyakan konsumen merasa enggan kalau harus membayar lebih untuk ongkos kirim dari barang belanjaan mereka. Memberikan gratis ongkos kirim terhadap konsumen menjadi solusi terbaik agar konsumen mau berbelanja di toko Anda.
Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan yakni memberikan gratis ongkos kirim dengan minimal jumlah pembelanjaan tertentu. Hal ini dijamin akan mendorong konsumen melakukan pembelian dengan jumlah yang lebih banyak. Otomatis, pendapatan dari bisnis Anda pun akan meningkat.
Itulah 10 strategi promosi yang dijamin ampuh untuk membuat keuntungan bisnis Anda berlipat ganda. Semoga bermanfaat, ya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.