Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranDasar PemasaranDasar-Dasar Strategi Promosi dan Jenis-Jenisnya

Dasar-Dasar Strategi Promosi dan Jenis-Jenisnya

-

Last Updated on June 14, 2022 by

Strategi promosi merupakan langkah-langkah yang perlu diperhitungkan dalam melakukan kegiatan manajemen pemasaran. Berikut merupakan penjelasan mengenai dasar-dasar strategi promosi beserta jenis-jenisnya dan terbagi dalam 4 poin.

Mempelajari Dasar-Dasar Strategi Promosi

Di dalam istilah pemasaran, terdapat beberapa hal yang mungkin tidak dapat Anda uraikan dengan baik ketika Anda diminta untuk menjelaskan istilah tersebut, meskipun Anda sedikit memahami tentang isitilah-istilah asing di dalamnya.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai strategi promosi yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran.

Metode Promosi Pada Umumnya

Metode promosi pada umumnya adalah berupa kegiatan periklanan, pengiriman promosi melalui e-mail kepada pelanggan menggunakan internet, panduan ke sebuah situs website, kegiatan PR (Public Relation), dan sebagainya. Kegiatan promosi memiliki peranan untuk menarik perhatian orang-orang agar terdorong untuk membeli produk yang dijual oleh suatu perusahaan.

Promosi merupakan salah satu tujuan dari sebuah perusahaan, namun, perlu adanya komunikasi yang baik di dalamnya agar promosi yang dilakukan dapat dengan mudah dipahami.

Misalnya, ada kemungkinan diperlukannya komunikasi dengan para pelanggan melalui sebuah email untuk tujuan promosi.

Perlahan-lahan mulai muncul kebutuhan untuk melakukan promosi melalui media sosial seperti Twitter sehingga komunikasi dengan pelanggan dapat dilakukan dengan mudah.

Hal yang paling penting dari apapun adalah bahwa sangat sulit untuk memperoleh sebuah produk agar dibeli oleh pelanggan.

Sangat penting untuk mengetahui apa yang paling dicari oleh pelanggan, apakah hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan perlu diketahui bahwa apakah orang-orang ada di dalam dua kondisi tersebut.

Karena beberapa poin yang disebutkan di atas, dapat dikatakan bahwa kegiatan promosi dan komunikasi merupakan dua hal penting yang dianggap sebagai seperangkat sarana dalam strategi pemasaran.

Penjualan yang dilakukan kemungkinan akan mengalami peningkatan tergantung pada penggabungan dua hal tersebut saat melakukan strategi promosi.

Pengertian Strategi Promosi

Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar istilah tentang strategi promosi? Secara sederhana, strategi promosi mengacu pada perencanaan mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan sebuah produk agar sampai ke tangan para pelanggan.

Untuk membuat produk dan layanan menjadi dikenal oleh masyrakat luas, ‘komunikasi dalam pemasaran’ merupakan hal yang sangat efektif untuk hal tersebut, namun, tidak banyak hasil yang dapat diharapkan jika melakukannya secara asal dan tanpa perencanaan sebelumnya.

Dalam strategi promosi, perlu direncanakan secara rinci mengenai bagaimana, kapan, kepada siapa, dan waktu seperti apa yang tepat untuk melakukan pemasaran atau promosi terhadap sebuah produk/layanan. Strategi pemasaran memang sangat penting untuk sebuah perusahaan, namun strategi promosi lebih penting daripada hal tersebut.

Artikel terkait  7 Cara Pakai Preview Text Email Marketing : Naikkan Omset 70%

Tentang Komunikasi dalam Pemasaran

Kegiatan pemasaran dibagi menjadi ke dalam empat (4) kerangka kerja, diantaranya, Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Komunikasi dalam pemasaran terdapat diantara salah satu dari empat kerangka kerja pemasaran tersebut. Kerangka kerja yang mengacu pada komunikasi dalam pemasaran adalah Promotion (Promosi).

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap perusahaan memiliki sebuah strategi pemasaran untuk produk-produk dan layanan yang mereka miliki dan hal tersebut berdasarkan dari cara komunikasi yang dilakukan dalam pemasaran. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran juga dibagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing dari mereka akan disesuaikan dengan strategi promosi dan akan digabungkan agar secara efektif dapat membuat produk menjadi lebih menarik.

Jenis-Jenis Strategi Promosi

Setiap perusahaan berusaha mengembangkan produk yang dapat memuaskan pelanggan dan mempersiapkan strategi promosi untuk membuat pelanggan mengetahui produk mereka yang telah jadi. Strategi promosi sangat penting agar pelanggan dapat mengetahui keberadaan dan kualitas dari sebuah produk, dan kegiatan promosi tersebut akan meningkatkan penjualan.

Terdapat berbagai jenis komunikasi dalam pemasaran. Secara garis besar terbagi menjadi empat (4), yaitu iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat (public relation).

1. Iklan

Iklan merupakan promosi yang dilakukan melalui media seperti televisi, radio, koran, majalah, brosur dan selebaran, atau langsung melalui e-mail. Media tersebut digunakan agar produk dapat diketahui oleh masyarakat luas, meningkatkan merk atau brand, dan lainnya yang dapat mengesankan masyarakat luas terhadap suatu produk.

2. Penjualan Perorangan (Personal Selling)

Personal Selling merupakan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi langsung (tatap muka), layanan customer service dan follow-up service. Tenaga personal selling ini melakukan hal-hal seperti misalnya, melayani pelanggan yang ingin melakukan konsultasi di bagian cosmetic counter, sehingga pelanggan membeli produk kosmetik tersebut. Keuntungan diperoleh ketika para tenaga personal selling ini mampu mendengar dan membantu secara langsung para pelanggan mereka. Selain itu, ada kemungkinan pelanggan setia akan terus datang dan membeli suatu produk/layanan dengan adanya layanan konsultasi di bagian depan kantor/perusahaan karena pengaruh dari tenaga personal selling ini.

 

3. Promosi Penjualan

Pada promosi penjualan, hal ini merupakan cara agar produk dapat diketahui oleh khalayak umum dengan melakukan start-up seperti uji coba terhadap produk, memberikan hadiah atau tiket kupon untuk setiap pembelian produk, diskon produk, dan lain-lain. Biasanya uji coba atau pengambilan sampel terhadap produk dilakukan di jalan-jalan. Dibandingkan dengan beriklan, hal ini dikatakan lebih sebagai kegiatan promosi penjualan.

4. PR (Public Relation)

Hal umum yang berkaitan dengan ini biasanya adalah siaran pers atau press release. Selain itu, PR juga memiliki tujuan untuk meningkatkan popularitas perusahaan dan produk melalui sponsorship serta untuk meningkatkan keandalan dan ketertarikan terhadap suatu produk. Tujuan penyebaran informasi ke publik dibagi secara terpisah karena tujuan dan metode yang dimiliki berbeda-beda, seperti iklan dengan menggunakan media seperti TV dan berbagai media lainnya.

Dengan cara ini, maka terdapat berbagai jenis dan metode komunikasi pemasaran. Tidak dapat dikatakan mana metode dan cara yang terbaik dan tidak baik untuk digunakan karena hal tersebut tergantung pada karakteristik barang dan jasa, citra perusahaan, dan sebagainya.

Tentu saja, cara dan metode tersebut dapat digabungkan agar dapat meningkatkan ketertarikan terhadap suatu produk secara efektif. Semua hal di atas dapat dilakukan dengan strategi promosi yang dilakukan secara hati-hati dan terencana. Kegiatan promosi yang didasarkan pada strategi yang terencana dengan pasti akan menghasilkan respon yang positif.

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya