Strategi Pemasaran Jasa Untuk Tingkatkan Omset

Apakah Anda merupakan pemilik salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, namun omset per bulannya tak kunjung naik juga? Ingin tahu apa saja yang menjadi penyebabnya? Ada banyak kemungkinan mengapa omset penghasilan Anda tak kunjung naik, diantaranya adalah publik belum mengenal bisnis Anda, proses marketing yang kurang tepat dan kurang mempromosikan bisnis Anda.

Perlu diketahui, bahwa salah satu parameter terpenting dalam bisnis adalah seberapa besar jumlah omset yang diperoleh. Sebab sebagai pemilik bisnis Anda pasti sudah mengetahui secara akurat mengenai seberapa besar pendapatan omset Anda secara berkala.

Apabila Anda menawarkan jasa profesional, maka Anda bisa meningkatkan omset lewat strategi pemasaran jasa yang tepat. Dengan teknik dan strategi pemasaran yang tepat, maka memungkinkan bagi Anda untuk meningkatkan omset dalam jumlah besar dan usaha Anda pun akan selalu diminati serta mendapatkan kepercayaan penuh dari pelanggan.

Strategi Pemasaran Jasa | Seputar Omset

Salah satu tujuan dilakukannya strategi pemasaran jasa tentu saja untuk meningkatkan pendapatan omset perusahaan. Namun sebelum mengatur teknik pemasaran untuk bisnis Anda, terlebih dahulu penting bagi Anda untuk mengetahui informasi yang berkaitan dengan omset. Setelah Anda mengetahui informasi lengkapnya, tentu Anda bisa mengatur segala sesuatunya dengan baik sebagai upaya untuk meningkatkan omset perusahaan.

Pengertian Omset

Omset merupakan sejumlah uang yang dihasilkan dari keberhasilan penjualan produk / jasa selama masa jual yang ditentukan oleh perusahaan yang kalkulasinya biasanya akan dilakukan sebulan sekali maupun satu tahun sekali. Dapat dikatakan bahwa  kesimpulan dari pengertian omset adalah pendapatan dari hasil keseluruhan jasa atau produk dalam kurun waktu tertentu.

Namun total pendapatan tersebut belum termasuk pengurangan untuk HPP (Harga Pokok Penjualan dan biaya-biaya lainnya seperti gaji karyawan, biaya perlengkapan dan lain sebagainya. Dalam hal ini bisa dibilang bahwa omset merupakan laba kotor yang dihasilkan dari penjualan produk / jasa Anda.

Pengertian Profit

Setelah mengetahui pengertian dari omset, apakah Anda sudah mengetahui mengenai pengertian profit? Profit merupakan surplus atau jumlah yang tersisa  setelah total biaya keperluan dikurangkan dari total pendapatan. Bisa juga diartikan bahwa profit merupakan pendapatan bersih setelah dikurangi segala biaya keperluan perusahaan, seperti gaji perusahaan, biaya perlengkapan, biaya listrik dan lain sebagainya.

Cara Menghitung Omset

Dari pengertian di atas Anda bisa langsung menarik kesimpulan bahwa untuk menghitung omset, Anda harus mengetahui biaya jumlah total penjualan Anda. Berikut ini adalah cara penghitungan omset secara sederhana.

Omset = jumlah jasa yang disewa x harga jasa

Namun untuk Anda yang hanya menjual jasa profesional dengan variasi harga yang berbeda, maka proses penghitungannya harus disesuaikan. Sesudah Anda mengetahui informasi yang berkaitan dengan omset, maka yang menjadi pertanyaan saat ini adalah, “bagaimana cara Anda untuk meningkatkan omset penjualan?”

Strategi Pemasaran Jasa Untuk Tingkatkan Omset 

Berikut akan diinformasikan mengenai strategi pemasaran jasa terbaik untuk meningkatkan omset. Strategi ini dapat Anda terapkan dalam bisnis jasa yang sedang Anda jalankan. Mungkin masih banyak juga orang yang belum mengetahuinya, Simak informasinya berikut.

Memperkuat Brand Perusahaan

Diketahui bahwa sekitar 60% konsumen pengguna internet lebih suka menggunakan jasa profesional dari brand atau perusahaan yang telah mereka kenal dengan baik. Untuk itu, Anda wajib memperkuat branding perusahaan. Sebab tanpa brand yang kuat persaingan Anda hanya berlangsung mengarah pada persaingan harga saja, sehingga Anda tidak bisa berharap untuk meningkatkan omset perusahaan.

Namun jika Anda mampu untuk membangun brand dengan baik, maka akan menjadi lebih mudah untuk keluar dari persaingan harga, sehingga Anda pun tetap bisa menetapkan harga tinggi. Contohnya apabila Anda menjalankan bisnis di bidang jasa sewa kursi pesta, tetapi jika Anda menyewakan kursi pesta tanpa brand yang sudah dikenal public, maka Anda akan langsung bersaing harga dengan layanan jasa sewa kursi pesta lainnya. Akan tetapi, jika Anda mampu menggunakan brand perusahaan, maka persaingan lebih teralihkan pada segi kualitas pelayanan.

Mengenali Pelanggan

Mengenali pelanggan sangat berguna untuk mengidentifikasi target pasar Anda. Misalnya, jika usaha Anda bergerak di bidang jasa pembuatan kaos sablon distro, maka target pemasaran Anda adalah generasi milenial yang gemar mengenakan kaos, terutama di kalangan laki-laki. Proses identifikasi target pasar harus dilakukan dengan tepat, agar Anda mampu menyusun strategi pemasaran jasa yang lebih efektif.

Melakukan Promosi Offline 

Penting untuk memperkenalkan jasa Anda kepada para calon pelanggan dengan cara se-kreatif mungkin. Usahakan untuk melakukan promosi secara konsisten, dalam hal ini Anda juga bisa meningkatkan omset penghasilan melalui promosi offline, yakni dengan menyebarkan brosur, beriklan di media cetak hingga melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Memilih Lokasi Yang Strategis

Dalam berbisnis di bidang jasa, rasanya tak cukup apabila hanya bermodalkan website maupun media sosial saja. Oleh karena itu Anda harus memiliki lokasi fisik perusahaan secara strategis. Dengan memilih lokasi yang tepat untuk perusahaan Anda, maka akan semakin memudahkan para pelanggan yang hendak datang langsung ke kantor untuk melakukan pemesan atau hanya untuk memastikan profesionalitas perusahaan Anda.

Menggunakan Internet Marketing

Memanfaatkan internet merupakan wujud promosi pemasaran yang paling banyak digunakan saat ini. Namun untuk menerapkan internet marketing tak cukup apabila hanya dilakukan di media sosial saja, karena setidaknya Anda membutuhkan sebuah website resmi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan akan kualitas layanan jasa yang Anda tawarkan. Dalam pelaksanaan internet marketing melalui situs website, ada beberapa hal yang harus dioptimalkan. Adapun diantaranya, meliputi :

Menerapkan SEO (Search Engine Optimization)

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung website Anda, adalah dengan menerapkan SEO. Ketika website Anda berhasil mendapatkan banyak kunjungan, maka penghasilan yang bisa Anda peroleh pun semakin berlipat ganda, yakni dari hasil penjualan dan juga dari hasil kunjungan pengunjung yang terus meningkat.

Menerapkan SEM (Search Engine Marketing)

Tak jauh berbeda dengan SEO, SEM juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran jasa yang efektif untuk bisnis Anda. Pasalnya, penerapan SEM juga merupakan cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan traffic pengunjung web Anda. Namun, dalam hal ini SEM lebih merujuk pada optimasi mesin pencarian dengan cara memasang iklan.

Menerapkan SMM (Social Media Marketing) 

Penerapan SMM memiliki dampak yang besar terhadap penjualan jasa yang Anda tawarkan. Yang mana, penggunaan SMM akan membawa Anda untuk melakukan pemasaran lewat media sosial. Walaupun demikian, proses pelaksanaanya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Facebook Ads merupakan salah satu metode SMM yang bisa digunakan untuk memperbanyak leads yang lumayan handal, yakni dengan cara memaksimalkan penggunaan iklan Facebook untuk meningkatkan omset penjualan jasa Anda.

Memberikan Harga Spesial Kepada Pelanggan Setia

Salah satu cara yang paling efektif untuk mendatangkan pelanggan baru dalam jumlah yang lebih besar, adalah dengan merawat pelanggan lama atau pelanggan setia. Di saat para pelanggan lama Anda sudah merasa puas dengan layanan jasa yang Anda berikan, maka sepenuhnya mereka akan memberikan kepercayaannya, sehingga tak menutup kemungkinan bahwa mereka juga akan merekomendasikan layanan jasa Anda kepada banyak pihak.

Memperbanyak Metode Penjualan

Setiap pelanggan memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sehingga mengharuskan Anda untuk menggunakan metode penjualan yang beragam.  Sebab di zaman serba digital seperti sekarang ini, metode berjualan online pasti lebih banyak dipilih. Namun, Anda tetap harus memperbanyak metode penjualan, yakni dengan berjualan di media sosial, berjualan lewat website dan semacamnya. Anggaplah ketika melaksanakan marketing online, bahwa jarak antara penjual dan pembeli tidak dibatasi oleh waktu serta tempat, sehingga Anda bisa memperbanyak metode penjualan dengan mudah.

Melakukan Promosi Yang Efektif 

Bisa dikatakan bahwa promosi merupakan ujung tombak dari penjualan jasa yang Anda tawarkan. Untuk itu, dalam melakukan promosi dibutuhkan strategi marketing yang tepat. Sebab, ini bukan hanya perkara membuat calon pembeli segera menggunakan layanan jasa Anda atau tidak, melainkan tentang bagaimana kondisi perekonomian negara kita saat ini. Oleh karena itu, Anda harus mampu untuk melakukan promosi yang efektif dan juga tepat sasaran.

Meningkatkan Kualitas Layanan Jasa

Karena yang ditawarkan dan yang dijual merupakan layanan jasa, maka Anda pun harus meningkatkan layanan jasa Anda dengan lebih baik, mulai dari segi kualitas, kinerja yang maksimal, hasil memuaskan hingga respon pelayanan yang cepat. Sebab, kepuasan pelanggan merupakan kunci kesuksesan untuk bisnis Anda.

Setelah Anda mengetahui beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan layanan jasa yang Anda tawarkan, sebaiknya terapkan strategi-strategi tersebut terus-menerus dengan konsisten, maka dengan sendirinya Anda akan merasakan sendiri bagaimana hasilnya nanti.

Pentingnya Strategi Pemasaran Jasa

Penjualan jasa profesional memang terbilang lebih sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan, mengingat bahwa yang dijual bukan dalam bentuk fisik, sehingga tak heran jika masih ada banyak orang yang merasa kurang yakin dengan layanan jasa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, peran dari strategi pemasaran jasa sangatlah penting, terlebih lagi jika memang Anda memang terbilang baru menggeluti bidang ini.

  • Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat meningkatkan kepercayaan para pelanggan.
  • Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat meningkatkan omset penghasilan perusahaan.
  • Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat menjadikan bisnis Anda dalam pengelolaan sistem yang lebih baik dari sekarang.
  • Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat bisa memperbaiki kualitas dan kemampuan marketing Anda.
  • Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat membuat bisnis Anda sukses dan berpotensi untuk memiliki masa depan yang lebih baik.

Cara Menerapkan Strategi Pemasaran Jasa Yang Tepat Untuk Hal-Hal Yang Bersifat Sederhana

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi marketing jasa dalam hal-hal yang bersifat sederhana, diantaranya adalah :

Memberikan Bukti Layanan Jasa Anda h3

Sebab yang Anda jual sekaligus yang ditawarkan merupakan layanan jasa profesional, maka satu-satunya cara untuk memperlihatkan bukti kualitas layanan Anda, yakni dengan memberikan foto-foto maupun video hasil pengerjaan Anda. Semisal jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa pembuatan kaos sablon / jersey olahraga, maka Anda bisa menampilkan foto kaos-kaos yang Anda buat, sekaligus Anda bisa menampilkan cara pembuatannya agar lebih terlihat profesional di mata para pelanggan.

Memberikan Informasi Testimoni Pelanggan

Untuk para pelanggan yang masih merasa belum yakin dengan kualitas pelayanan yang mampu Anda berikan, maka Anda bisa mencoba menyakinkan mereka dengan menginformasikan review pelanggan atau pembeli sebelumnya lewat testimoni pelanggan yang berisi tentang bukti kualitas pelayanan jasa Anda, bukti kualitas kinerja Anda, bukti respon layanan dan lain sebagainya. Dengan begitu, calon pembeli dapat memberikan penilaian tersendiri mengenai kualitas jasa Anda melalui testimoni-testimoni yang telah diberikan.

Memberikan Layanan Paket Murah

Sebagai penyedia layanan jasa berkualitas, Anda harus paham bahwa tidak semua calon pembeli memiliki kondisi keuangan yang sama. Agar memudahkan mereka bertransaksi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, sebaiknya siapkanlah layanan paket jasa dengan harga yang lebih murah. Dengan demikian, para pelanggan pun dapat memilih paket harga sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka masing-masing.

Sebenarnya ada banyak lagi cara strategi pemasaran jasa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset penghasilan sekaligus menyukseskan bisnis Anda. Namun dalam pelaksanaanya, Anda harus membuat strategi marketing jasa yang se-kreatif mungkin agar para pelanggan menjadi lebih tertarik untuk menggunakan layanan jasa yang Anda tawarkan saat ini.

Pemasaran jasa tak jauh berbeda dengan pemasaran produk. Walaupun memiliki wujud yang berbeda, namun setiap pelanggan selalu menginginkan pelayanan dengan kualitas terbaik agar mereka merasa terpuaskan. Lantas, apakah Anda bisa selalu meningkatkan kualitas pelayanan Anda secara berkala?

Sekali saja pelanggan merasa dikecewakan, maka hal tersebut akan berimbas pada reputasi bisnis Anda. Sebab, saat ini masyarakat kita sudah menjelma sebagai pribadi yang menjadi be smart consumer, sehingga mereka akan lebih selektif memilih apapun, tak terkecuali jika hendak menggunakan layanan jasa tertentu.

Berbisnis dalam bidang pelayanan jasa memerlukan ekstra kerja keras dalam hal waktu, tenaga dan juga kemampuan. Walaupun Anda tidak akan pernah dipusingkan dengan masalah expired produk, karena memang yang Anda tawarkan adalah jasa. Kendati demikian, Anda akan terus dituntut untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, agar menjadi lebih unggul dengan para kompetitor bisnis Anda, sekaligus agar mampu selalu meningkatkan kualitas jasa dari perusahaan Anda.

Intinya dalam mengelola bisnis di bidang jasa, sebagai pemilik sekaligus pihak pengelola, Anda harus pintar-pintar dalam melakukan berbagai upaya untuk mengatur strategi pemasaran jasa tersebut agar layanan jasa yang Anda miliki menjadi semakin dikenal khalayak public agar mampu menjadi layanan jasa yang selalu disukai oleh semua orang karena kualitasnya, sehingga dapat meningkatkan omset penghasilan bisnis Anda dengan lebih cepat.

Pada dasarnya meningkatkan pendapatan omset secara berkala sangat mudah dilakukan dengan pemilihan strategi dan teknik marketing yang tepat. Namun yang menjadi kesulitannya adalah, bagaimana Anda mampu mempertahankan penghasilan omset yang terus mengalami peningkatan?

Mudah sekali karena pada awal menjalankan bisnis, Anda harus sudah memiliki gambaran mengenai hal-hal apa saja yang akan dilakukan sebagai bagian dari perencanaan bisnis. Dengan demikian walaupun nantinya terjadi masalah terburuk bagi perusahaan Anda, maka Anda mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan upaya yang terbaik, yakni dengan tujuan untuk membangun dan membangkitkan usaha Anda menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol