Komunikasi Pemasaran | Definisi, Strategi & Manfaat

 

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan dagang atau perusahaan apapun itu yang dikelola oleh swasta, terutama jika Anda berada pada posisi marketing, tentunya memahami betul bahwa seorang marketer yang baik tentunya menjadikan tehnik berkomunikasi sebagai modal utama dalam karirnya. Nah, dalam tulisan saya kali ini, saya akan mencoba membahas apa itu komunikasi pemasaran dan seberapa pentingnya hal ini dalam membantu meningkatkan kinerja perusahaan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Definisi Komunikasi Pemasaran

Komunikasi Pemasaran mengacu pada cara yang diadopsi oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan tentang produk dan merek yang mereka jual, baik secara langsung atau tidak langsung kepada pelanggan dengan maksud untuk membujuk mereka untuk membeli.

Dengan kata lain, media berbeda yang digunakan perusahaan untuk bertukar informasi tentang barang dan jasa mereka kepada pelanggan disebut sebagai Komunikasi Pemasaran.

Pemasar menggunakan alat komunikasi pemasaran untuk menciptakan kesadaran merek di antara para pelanggan potensial, yang berarti beberapa citra merek diciptakan dalam pikiran mereka yang membantu mereka untuk membuat keputusan pembelian.

Komunikasi pemasaran menawarkan solusi untuk pertanyaan-pertanyaan berikut.

Mengapa produk harus digunakan?

 Bagaimana cara produk digunakan?

 Siapa yang dapat menggunakan produk?

 Di mana produk dapat digunakan? Dan

 Kapan produk dapat digunakan?

Komunikasi pemasaran terdiri dari Periklanan, Promosi Penjualan, Event dan Pengalaman (sponsorship), Hubungan Masyarakat dan Publikasi, Pemasaran Langsung, Pemasaran Interaktif, Pemasaran Dari Mulut ke Mulut, Penjualan Pribadi.

Sponsor Link

Elemen Komunikasi Pemasaran

Periklanan

Ini adalah metode tidak langsung dan berbayar yang digunakan oleh perusahaan untuk menginformasikan pelanggan tentang barang dan jasa mereka melalui televisi, radio, media cetak, situs web online, dll. Periklanan adalah salah satu metode campuran komunikasi yang paling banyak digunakan di mana informasi lengkap tentang produk dan layanan perusahaan dapat dikomunikasikan dengan mudah dengan cakupan audiens target yang sangat besar.

Promosi Penjualan

Promosi penjualan mencakup beberapa insentif jangka pendek untuk membujuk pelanggan untuk memulai pembelian barang dan jasa. Teknik promosi ini tidak hanya membantu mempertahankan pelanggan yang sudah ada, tetapi juga menarik pelanggan baru dengan manfaat tambahan. Pembicaraan, diskon, pengembalian, skema pembelian, dapatkan satu skema gratis, kupon, dll. Adalah beberapa alat promosi penjualan.

Acara dan Pengalaman

Beberapa perusahaan mensponsori acara-acara seperti acara olahraga, hiburan, nirlaba atau komunitas dengan tujuan untuk memperkuat merek mereka di benak pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan mereka.

Nama perusahaan yang mensponsori acara tersebut dapat dilihat di batas taman bermain, kaus pemain, piala, penghargaan dalam pertunjukan hiburan, penimbunan di atas panggung, dll.

Hubungan Masyarakat dan Publisitas

Perusahaan melakukan beberapa kegiatan sosial dengan tujuan untuk menciptakan citra merek positif mereka di pasar. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan seperti, membangun kenyamanan publik, menyumbangkan sebagian dari pembelian mereka untuk pendidikan anak, mengatur kamp donor darah, menanam pohon, dll. Adalah beberapa langkah umum untuk meningkatkan Hubungan Masyarakat.

Pemasaran Langsung

Dengan maksud teknologi, perusahaan menggunakan email, faks, ponsel, untuk berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan tanpa melibatkan pihak ketiga di antaranya.

Pemasaran Interaktif

Pemasaran Interaktif baru-baru ini mendapatkan popularitas sebagai alat komunikasi pemasaran, di mana pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan secara online dan dapat menyelesaikan pertanyaan mereka secara online.

Amazon adalah salah satu contoh terbaik dari pemasaran interaktif di mana pelanggan membuat pilihan mereka dan dapat melihat apa yang telah mereka pilih atau pesan di masa lalu. Juga, Beberapa situs web menawarkan platform kepada pelanggan tempat mereka mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban secara online seperti answer.com.

  • Komunikasi pemasaran dari mulut ke mulut : Ini adalah salah satu metode alat komunikasi yang paling banyak dipraktikkan di mana pelanggan berbagi pengalaman mereka dengan teman dan rekan mereka tentang barang dan jasa yang mereka beli baru-baru ini. Metode ini sangat penting bagi perusahaan karena citra merek tergantung pada apa yang dirasakan pelanggan tentang merek dan pesan apa yang dia sampaikan kepada orang lain.
  • Penjualan kepada pribadi : Ini adalah metode tradisional komunikasi pemasaran di mana salesman mendekati calon pelanggan secara langsung dan memberi tahu mereka tentang barang dan jasa yang mereka tangani. Ini dianggap sebagai salah satu mode komunikasi yang paling dapat diandalkan karena dilakukan secara langsung baik secara lisan, yaitu, tatap muka atau secara tertulis melalui email atau pesan teks.

Dengan demikian, bauran komunikasi pemasaran mengacu pada berbagai alat yang dapat diadopsi perusahaan untuk memberi informasi, membujuk, dan mengingatkan pelanggan tentang produk dan layanan yang dijualnya.

Pentingnya Komunikasi Pemasaran

1) Mengembangkan visi strategis

Poin pertama dalam daftar Pentingnya Komunikasi Pemasaran adalah membantu manajemen perusahaan dan manajer pemasaran mengembangkan visi strategis tentang memanfaatkan berbagai peluang pemasaran dan platform serta perangkat untuk membantu perusahaan dalam membuat inovasi baru dalam metode untuk mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan.

Hal ini membuat perusahaan menciptakan identitas khas di pasar dan di benak para pelanggan sebagai merek memiliki cara pemasaran dan promosi yang tidak hanya strategis namun juga memiliki keunggulan dalam cara berkomunikasi tentang fitur dan keunggulan dari produk dan layanan.

Sponsor Link

2) Menciptakan kesadaran merek

Konsep branding sangat terkait dengan mempromosikan tujuan dan visi merek dagang perusahaan secara keseluruhan tetapi mengecilkan Pentingnya Komunikasi Pemasaran membantu dalam menciptakan dan memberikan dorongan yang diperlukan untuk kesadaran merek secara tidak langsung. Sebagai strategi dan karya seni kreatif dari komunikasi pemasaran, hal ini dimulai dengan memanfaatkan kekuatan merek dan keunikan yang dimiliki oleh produk dan layanan.

3) Mengekspresikan keunggulan kompetitif

Ada terlalu banyak merek di pasar yang menawarkan lini produk dan layanan yang sama sehingga memberi pelanggan cukup banyak pilihan dan alternatif untuk dipilih dan sering kali pelanggan mencari produk dan layanan yang ditawarkan oleh pesaing.

Oleh karena itu, dengan memahami Pentingnya Komunikasi Pemasaran akan sangat membantu perusahaan untuk mempromosikan produknya dengan cara yang unik dan inovatif dengan memilih berbagai saluran pemasaran dan media seperti iklan cetak, iklan televisi, radio, pemasaran digital, pemasaran interaktif, dan PR lainnya yang memungkinkan untuk menampilkam keunggulan produk dan layanan perusahaan dengan cara yang unik sehingga bisa menjadi factor penarik pelanggan yang bisa bersaing dengan kompetitor.

4) Menumbuhkan niat baik

Kemudian hal penting lainnya sehubungan dengan komunikasi pemasaran adalah bahwa hal itu membantu perusahaan untuk menumbuhkan niat baik di pasar seperti ketika menerapkan strategi komunikasi secara konsisten dan berkelanjutan, aspek kepercayaan akan tertanam dalam pikiran yang ada dan prospektif pelanggan ketika mereka terus menyaksikan komunikasi dan pesan dari perusahaan beserta penawarannya sehingga memunculkan perspektif bahwa perusahaan tersebut asli dan otentik dalam penawarannya.

Aspek lain untuk poin ini adalah bahwa komunikasi pemasaran juga ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial perusahaan untuk kepentingan masyarakat yang membantu perusahaan untuk mendapatkan itikad baik dari pelanggan dan pemangku kepentingannya.

5) Menarik bakat

Strategi komunikasi pemasaran dan pesan pemasaran yang asli dan inovatif tidak hanya menarik pelanggan baru tetapi juga menarik bakat bagi perusahaan yang bersedia untuk dikaitkan dengan perusahaan sebagai karyawan, vendor, investor, agensi, dan rekan bisnis lain yang membantu perusahaan untuk tumbuh dan mencapai tujuan dengan sukses.

6) Menarik para investor

Berbicara tentang pentingnya komunikasi pemasaran, manfaat lain bagi perusahaan adalah memberi penerangan kepada komunitas investor tentang kekuatan, nilai-nilai inti, fundamental, visi, pendekatan, dan tujuan perusahaan serta daya saingnya. keuntungannya, proposisi penjualan yang unik, dan fitur serta kelebihan dari produk dan layanan yang ditawarkan ke pasaran.

Dan begitu investor terkesan dan puas dengan nilai-nilai dan tujuan perusahaan, maka mereka akan siap berinvestasi di perusahaan yangpasti dapat membantu manajemen untuk mencapai tujuan keuangan yang selanjutnya akan memberikan dorongan untuk operasional bisnis guna menghasilkan penjualan yang lebih tinggi dan peningkatan laba.

7) Meningkatkan keuntungan

Dalam aturan praktis dari strategi bisnis, departemen pemasaran dan penjualan berfungsi sebagai tulang punggung perusahaan, keuntungan perusahaan dibandingkan dengan pesaing karena peningkatan penjualan dan pangsa pasar apabila komunikasi pemasaran bersifat strategis, inovatif, dan kreatif plus sejalan dengan tujuan bisnis perusahaan secara keseluruhan.

8) Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan

Untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, komunikasi pemasaran yang Anda miliki harus transparan, konsisten, segar, langsung, dan membantu menyelesaikan masalah pelanggan.

Dan manajemen perusahaan dan departemen pemasaran wajib memahami Pentingnya Komunikasi Pemasaran, kepercayaan pelanggan terhadap merek akan otomatis meningkat apabila Anda memiliki kualitas produk dan merek yang unggul. Dengan demikian akan mampu memajukan dan mencapai tujuan perusahaan.

9) Memunculkan ide-ide pemasaran dan promosi yang inovatif

Memahami Pentingnya Komunikasi Pemasaran membantu manajemen dan departemen pemasaran untuk mencoba dan memunculkan ide-ide pemasaran dan promosi yang inovatif yang tidak hanya menyampaikan pesan merek dengan cara yang inventif tetapi juga memberi merek perusahaan Anda sebuah nilai lebih dibandingkan dengan merek lainnya di pasaran.

Selain itu, penting juga bagi perusahaan untuk melakukan penelitian berkelanjutan tentang apa dan bagaimana tren pemasaran terbaru di pasar dan perusahaan juga harus terbuka untuk mencoba ide-ide baru untuk promosi produk dan layanan.

Itulah mengapa sebuah tehnik komunikasi pemasaran sangat penting untuk Anda kuasai guna mencapai visi dan misi perusahaan dan meningkatkan penjualan produk dan layanannya.

Strategi Komunikasi Pemasaran

Strategi komunikasi pemasaran adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan atau individu untuk mencapai target pasar melalui berbagai jenis komunikasi. Hal ini termasuk pesan Anda (apa yang harus dikatakan) dari perusahaan, media (di mana atau dengan apa harus dikatakan), dan target (kepada siapa pesan Anda akan disampaikan).

Anda mungkin bertanya-tanya: apa strategi komunikasi pemasaran yang selalu berhasil, bahkan tanpa anggaran?

Mudah saja, bangunlah hubungna dengan jurnalis (pers) untuk mendapatkan liputan pers, guest post dan tautan balik (backlinks).

Komunikasi pemasaran atau Hubungan Masyarakat adalah bagian ‘Promosi’ dari “4 unsur pemasaran” yang mungkin telah Anda pelajari selama masa kuliah Anda yang terdiri dari “produk, tempat, harga, promosi”.

Karena “strategi komunikasi pemasaran” sangat penting, kebanyakan orang hanya mempersingkatnya menjadi “Hubungan Masyarakat” yang pada dasarnya menggunakan saluran dan perangkat lunak online untuk mengidentifikasi jurnalis yang relevan, menyampaikan berita yang cocok kepada mereka dan mendapatkan liputan media gratis.

Biasanya, strategi hubungan masyarakat diterapkan dengan membangun kesadaran pikiran di antara pelanggan ideal Anda tentang produk atau layanan dari perusahaan .

Bagaimana Anda melakukannya akan sangat tergantung pada pengalaman, industri, dan anggaran Anda. Jika rencana pemasaran Anda memiliki anggaran hingga milyaran Rupiah, Anda dapat menjangkau pasar target Anda dengan campuran promosi yang mencakup iklan di TV atau Facebook.

Namun, jika Anda seperti kebanyakan pengusaha lainnya yang ingin mempromosikan bisnis Anda tanpa menghabiskan banyak biaya, maka cara yang paling baik adalah melakukan strategi hubungan masyarakat sendiri di internal perusahaan tanpa menggunakan layanan perusahaan media (pers) atau jasa perusahaan pemasaran lainnya.

Tunggu, apakah ini gratis seperti halnya kita bisa makan siang gratis?

Tepat sekali! Jika Anda menerapkan metode dalam artikel ini ke strategi komunikasi pemasaran Anda sendiri, Anda akan belajar bagaimana membangun hubungan yang langgeng dengan jurnalis dan influencer, mendapatkan liputan pers gratis, dan mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui pendekatan organik yang berkelanjutan.

Anda mungkin bisa menggunakan siapa saja dari team pemasaran Anda untuk berperan sebagai manager komunikasi pemasaran. Di sini Anda tidak perlu menyewa seorang yang sangat profesional, cukup gunakan sumber daya manusia yang ada saja untuk mulai menerapkan strategi ini.

Lalu, apa itu strategi komunikasi pemasaran?

Sponsor Link

Strategi Komunikasi Pemasaran

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, strategi komunikasi pemasaran mendefinisikan seluruh rentang kegiatan yang akan Anda lakukan untuk memasarkan produk perusahaan Anda. Ini mencakup semua hal, mulai dari pemasaran berbayar hingga hubungan media (hubungan masyarakat).

Strategi komunikasi pemasaran terpadu apa pun harus memiliki tiga prinsip panduan yang terdiri dari :

  • Penyelarasan merek: Apa pun saluran pemasaran yang Anda pilih harus memiliki persepsi merek yang sama dengan Anda. Misalnya, jika Anda menjual jam tangan mewah, bangun hubungan dengan jurnalis dari majalah TIME atau majalas fashion lainnya, bukannya menulis di koran lokal daerah Anda (kecuali jika Anda tinggal di daerah yang terpencil!).
  • Penyelarasan pelanggan: Coba ikuti aturan terlama dalam ilmu pemasaran yaitu ‘berada di tempat yang sudah ada pelanggan Anda’. Pilihlah tempat di mana konsumen Anda sudah aktif. Jika Anda menargetkan generasi muda milenium, beriklanlah di platform media sosial seperti Instagram, bukan Facebook, dan tentu saja bukan saluran TV siang hari!
  • Penyelarasan anggaran: Pilih media pemasaran yang sesuai dengan anggaran Anda (jelas). Jika Anda tidak memiliki anggaran, mendapatkan iklan cetak koran harian saja akan berada di luar jangkauan Anda. Tapi mungkin Anda bisa mendapatkan liputan pers gratis di situs web berita online dengan menghubungi para jurnalis.

Rencana pemasaran perusahaan besar mana pun akan memiliki beberapa promosi di berbagai saluran secara bersamaan. Kombinasi semua saluran ini biasanya akan terdiri dari PPC, media sosial, iklan di TV, cetak, radio, dan lain-lain yang bisa disebut sebagai “pemasaran tergabung” dari strategi komunikasi pemasaran.

Namun, untuk bisnis yang lebih kecil biasanya akan tetap menggunakan satu atau dua media pemasaran untuk mencapai target penjualan mereka. Karena jika menggunakan berbagai media maka akan berisiko mengurangi anggaran yang ada.

Sekian tulisan yang dapat saya bagi dengan Anda hari ini, semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam membangun strategi komunikasi pemasaran pada perusahaan Anda.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry