Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Perusahaan AI generatif, baik perusahaan lama yang menambahkannya ke solusi mereka maupun startup baru, muncul di mana-mana dan berkembang pesat. Dalam artikel ini, akan dibahas perusahaan-perusahan AI generatif tersebut dan penjelasan masing-masingnya. Yuk disimak ulasan lengkapnya dibawah!
Daftar Isi
Apa Itu AI Generatif?
AI generatif adalah jenis kecerdasan buatan yang menggunakan kumpulan data pelatihan analitik, pemrosesan bahasa alami, pembelajaran mendalam untuk menciptakan konten baru dan orisinal. Kontennya dapat dibuat untuk penggunaan pribadi atau bisnis dan dapat berupa teks, gambar, video, audio, data sintetis, dan model objek. Contoh terkenal saat ini adalah pemodelan bahasa generatif, penulisan, dan alat imajiner, seperti ChatGPT dan Stable Diffusion.
Daftar Perusahaan di Industri AI Generatif
Dilansir dari eWeek, berikut daftar perusahaan terkemuka dalam AI Generatif
OpenAI – Terbaik Secara Keseluruhan
Jika Anda baru-baru ini mendengar tentang AI generatif, kemungkinan besar OpenAI dan produknya, seperti Chat GPT, muncul dalam percakapan tersebut. OpenAI adalah perusahaan dalam industri ini yang paling sukses hingga saat ini, senilai sekitar $29 miliar dan didukung oleh perusahaan teknologi besar seperti Microsoft. Selain solusi generasi konten Chat GPT yang saat ini gratis dan solusi generasi gambar DALL-E, OpenAI juga menawarkan API dan berbagai model untuk mendukung perusahaan dalam upaya pengembangannya. GPT-4, model obrolan, model instruksi, model fine-tuning, model audio, model gambar, dan model embedding semuanya dapat disesuaikan dengan biaya penggunaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis masing-masing.
Kelebihan:
*Perusahaan yang didanai dengan baik.
*Dikelola oleh organisasi nirlaba dengan model laba terbatas.
*Ketersediaan umum API OpenAI.
Kekurangan:
*Kadang-kadang menghasilkan konten yang tidak akurat atau bahkan menyinggung.
*Berita dan data real-time tidak cepat dimasukkan ke basis pengetahuan Chat GPT; misalnya, Chat GPT tidak dapat menyebutkan perusahaan AI generatif paling populer saat ini secara akurat.
*Model tertentu bisa menjadi sangat mahal untuk digunakan, tergantung pada kebutuhan penggunaan Anda.
Hugging Face – Terbaik untuk Pengembangan AI Berbasis Komunitas
Hugging Face adalah forum pengembang yang didorong oleh komunitas untuk inisiatif pengembangan model AI dan ML. Berbagai macam model prediksi dan dataset yang dimilikinya memungkinkan organisasi untuk membuat solusi AI generatif mereka sendiri dan alat AI lainnya. AWS baru-baru ini menjadi mitra Hugging Face dan sekarang menawarkan produk Hugging Face langsung kepada pelanggannya. Sejumlah perusahaan lain bekerja pada Hugging Face untuk mengoptimalkan model AI yang ada dan mengembangkan yang baru dari awal. Meskipun forum ini dirancang untuk pengembang dan pemrogram, beberapa solusi Hugging Face, seperti AutoTrain, memerlukan sedikit sekali hingga tanpa pemrograman.
Kelebihan:
*Lingkungan pengembangan yang bersifat open-source dan kolaboratif.
*Kemitraan dengan AWS.
*Teknologi yang dapat diintegrasikan untuk skalabilitas yang terjangkau.
Kekurangan:
*Format yang ditujukan untuk pengembang membuatnya kurang ramah bagi pengguna non-teknis.
*Pengawasan terbatas terhadap alat pengembangan pihak ketiga, seperti Stable Diffusion.
*Ketersediaan dukungan pelanggan terbatas.
Alphabet (Google) – Terbaik untuk Skalabilitas
Meskipun kebanyakan media akan menganggap Microsoft unggul dari Google dalam perlombaan AI generatif saat ini, Google sedang membangun fondasi yang menjanjikan untuk rencana industri ini kedepannya. Google sedang menggarap alat untuk Office Suite, pencarian, dan berbasis teks, mirip dengan Microsoft, tetapi perusahaan ini sebenarnya fokus pada membangun ekosistem cloud yang beroperasi dan terintegrasi di seluruh sistem. Sebagai contoh, sekelompok kecil pelanggan saat ini dapat menguji fungsionalitas AI di Vertex AI dan Generative AI App Builder.
Selain itu, perusahaan ini mengembangkan AI dengan skalabilitas dan etika sebagai prioritas utama. Prinsip AI-nya dibuat pada tahun 2017 untuk memandu pengembangan AI, dan Google secara rutin merilis laporan tentang bagaimana mereka menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam rilis dan pembaruan produk terbaru mereka.
Kelebihan:
*Lab milik Google yaitu DeepMind, adalah pemain inovatif di bidang ini dan merupakan anak perusahaan dari Alphabet.
*Google memiliki pendekatan yang komprehensif dan transparan dalam etika AI.
*Infrastruktur Google Cloud untuk AI dioptimalkan untuk biaya dan kinerja tinggi.
Kekurangan:
*Keraguan awal perusahaan untuk meluncurkan AI generatif dapat membuatnya tertinggal dibandingkan pemain lain dalam waktu tertentu.
*Di sisi lain, upaya Google untuk mengejar Microsoft dan pemain lain dapat menyebabkan perusahaan meluncurkan alat yang belum diuji dan diverifikasi secara menyeluruh.
*Banyak program Google saat ini hanya tersedia melalui Trusted Tester Program.
Microsoft – Terbaik untuk Operasi Bisnis dan Produktivitas
Microsoft merupakan salah satu pemimpin dinamis dalam AI generatif saat ini, mengembangkan banyak produknya sendiri sambil mendukung dan mendanai teknologi baru dari OpenAI. Bing, mesin pencari milik Microsoft, baru-baru ini bertransformasi dan menjadi mesin pencari utama pertama yang menggabungkan fungsi AI melalui chatbot. Microsoft juga baru-baru ini merilis fitur konten AI di seluruh produk Microsoft 365.
Salah satu inovasi AI Microsoft yang paling menarik adalah Copilot, alat bantu yang ditenagai oleh GPT-4 yang kini terintegrasi ke dalam beberapa aplikasi Microsoft.
Kelebihan:
*Hubungannya dengan OpenAI memberi Microsoft akses untuk membangun sejumlah alat berbasis GPT-4 dan solusi OpenAI yang sedang berkembang.
*Perusahaan telah membangun alat AI yang intuitif ke dalam Office Suite dan mulai mengeksplorasi bidang lain seperti keamanan siber.
*Pengguna dapat memanfaatkan pencarian AI yang dikontekstualisasikan secara gratis di Bing.
Kekurangan:
*Sebagian besar pekerja yang berhubungan dengan ‘etika tentang AI dan masyarakat’ baru-baru ini di-PHK, meskipun Microsoft masih memiliki Divisi ‘Responsible AI’.
*Microsoft mungkin bergerak terlalu cepat — dalam upaya mengalahkan kompetisi dalam produk AI yang mutakhir — dan berpotensi tidak mempertimbangkan implikasi dari rilis baru mereka.
*Banyak pengembangan dari Microsoft didasarkan pada produk OpenAI; dengan keberhasilan OpenAI dan harapan untuk pertumbuhan, sulit untuk mengatakan apakah ini akan mempengaruhi skalabilitas Microsoft sendiri seiring waktu.
Cohere – Terbaik untuk Pengolahan Bahasa Alami
Cohere menawarkan berbagai alat pengolahan bahasa alami bertenaga tinggi untuk pengambilan teks, klasifikasi, dan generasi. Pendekatan mereka terhadap model bahasa besar komprehensif, tidak hanya memberikan kemampuan kepada pengguna untuk menghasilkan konten baru tetapi juga mencari dan merangkum sekumpulan besar konten yang telah ditulis sebelumnya. Dengan API yang mudah digunakan, integrasi aplikasi, dan panduan langkah cepat, Cohere memungkinkan dan mendorong perusahaan untuk menyesuaikan produk Cohere agar sesuai dengan kebutuhan mereka.
Kelebihan:
*Model bahasa dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tertentu; sumber daya untuk pengembang luas dan API mudah digunakan.
*Model dapat beroperasi di lingkungan cloud publik, pribadi, dan/atau hibrida.
*Bekerja dengan 100+ bahasa.
Kekurangan:
*Harga dapat menjadi mahal, terutama jika Anda memerlukan model khusus, saluran dukungan, atau penyesuaian ekstensif.
*Integrasi yang agak terbatas melalui API Cohere.
*Teknologi pengembangan NLP, seperti produk Cohere, sangat sulit untuk dipahami dan dikembangkan; penyesuaian alat Cohere akan memerlukan tingkat keahlian yang tinggi.
Anthropic – Terbaik untuk Generasi Konten yang Dapat Disesuaikan
Anthropic adalah startup AI generatif terkemuka yang percaya kualitas dan keamanan harus lebih diutamakan daripada kuantitas dan kecepatan. Tim mereka terdiri dari peneliti AI dan insinyur tetapi juga ahli kebijakan, pemimpin bisnis, dan pemangku kepentingan dari latar belakang pemerintahan, akademisi, nirlaba, dan industri.
Produk unggulan Anthropic adalah Claude, asisten AI yang berfokus pada generasi konten berkualitas tinggi, ringkasan, dan penjelasan. Claude sangat dapat disesuaikan dan dapat digunakan untuk otomatisasi alur kerja, percakapan alami, pemrosesan teks, dan Q&A.
Kelebihan:
*Penelitian yang transparan dan luas tersedia untuk dibaca publik.
*Claude dirancang untuk menghindari keluaran konten yang berbahaya.
*Secara umum fokus pada pengembangan produk yang aman dan dapat dikendalikan.
Kekurangan:
*Cakupan yang terbatas pada ruang publik; Claude sebagian besar memberikan bantuan melalui generasi teks, klasifikasi, dan ringkasan.
*Fokus Anthropic pada pengujian keamanan dan kinerja yang ekstensif mengarah ke peluncuran produk yang lebih lambat; hanya Claude yang tersedia untuk publik.
*Claude-v1 bisa menjadi mahal untuk tugas yang lebih besar; namun, Claude Instant adalah opsi yang lebih terjangkau untuk jenis kasus ini.
Jasper – Terbaik untuk Pemasar
Jasper merupakan favorit AI generatif untuk pemasar dan pembuat konten, menawarkan fitur untuk mendukung penulisan blog dan email, optimasi SEO, serta penciptaan gambar seni dan iklan. Mudah digunakan dan diakses, dengan ekstensi Chrome dan Microsoft Edge serta peluncuran pengalaman in-line baru-baru ini.
Jasper selalu berorientasi pada bisnis dengan fokusnya pada konten bergaya pemasaran, tetapi pada Februari 2023, perusahaan tersebut mengangkatnya ke tingkat baru dengan pengumuman Jasper for Business. Paket ini mencakup Jasper Brand Voice, yang memungkinkan pelanggan melatih Jasper pada nada, gaya, dan bahasa merek atau perusahaan mereka. Perusahaan kini juga menawarkan Jasper API untuk membantu pemasar mengintegrasikan Jasper ke dalam tumpukan alat mereka yang sudah ada dan membangun CMS kustom.
Kelebihan:
*Fokus pada branding merupakan pembeda unik di antara pesaing teratas.
*Mesin AI yang intuitif mengkurasi pemilihan model untuk permintaan pekerjaan yang berbeda.
*Antarmuka yang mudah digunakan, terutama dengan ekstensi peramban dan kursor in-line.
Kekurangan:
*Harga dapat menjadi mahal, tergantung pada berapa banyak kata yang dihasilkan per bulan.
*Batas pengguna terbatas di luar paket harga tertinggi.
*Fitur Jasper Brand Voice hanya tersedia dalam paket harga tertinggi.
Kesimpulan
Perusahaan generative AI menawarkan teknologi AI yang menarik tidak hanya untuk pengguna teknis dan pengembang tetapi juga untuk konsumen biasa. Perusahaan dalam daftar ini telah menampilkan beberapa alat dan kasus penggunaan generative AI paling menarik hingga saat ini. Beberapa perusahaan ini telah meluncur dengan cepat, merilis beberapa produk berbeda dan menghasilkan jutaan dolar dalam pendanaan. Di sisi lain, beberapa organisasi telah mengambil pendekatan yang lebih lambat dan mantap, pertama-tama berfokus pada ide mereka dan etika serta keamanan di balik pengembangan sebelum terjun ke peluncuran produk. Dalam semua kasus ini, perusahaan generative AI teratas menciptakan solusi yang memiliki potensi untuk meningkatkan skala dengan harapan bisnis dan pengguna pribadi dalam jangka panjang. Semoga ulasan kali ini bermanfaat!
Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.