Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Iklan Contoh Tagline Keren dari Beberapa Perusahaan dan Tips Cara...

Contoh Tagline Keren dari Beberapa Perusahaan dan Tips Cara Membuat Tagline yang Menarik

-

Tag line telah melakukan keajaiban bagi pemasaran, dan mereka tidak sendirian. Ratusan perusahaan, dari Apple ke Microsoft hingga Nike, telah menggunakan tagline untuk menambah pemasaran mereka dan membuat pelanggan mengaitkan pesan dengan merek mereka. Seperti “Gak Ada Loe Gak Rame”. Mungkin frasa ini sering Anda dengar dan lihat.

Banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa yang sering mengucapkan kata-kata ini. Dan seperti yang kita tahu, “Gak Ada Loe Gak Rame” merupakan tagline dari sebuah perusahaan rokok yang terkenal, Sampoerna Hijau. Dalam tayangan iklan maupun iklan di berbagai media, kata-kata ini begitu melekat.

Di sisi lain, sebagai sebuah perusahaan rokok, pesan layanan masyarakat yang ditampilkan memang tidak bisa divisualkan secara langsung. Oleh karenanya, mereka menampilkan pesan melalui sebuah tagline perusahaan agar melekat di masyarakat

Ada fenomena psikologis yang disebut efek paparan belaka, di mana kita cenderung mengembangkan preferensi untuk hal-hal semata-mata karena kita mengenalnya. Inilah sebabnya mengapa tagline perusahaan bekerja dengan sangat baik. Mereka mudah diingat bagi pelanggan Anda dan membukanya hanya untuk efek paparan.

Apa Itu Tagline?

tag-line-1

Ketika datang ke pemasaran, tagline adalah mantra bisnis Anda. Itu memberi tahu orang-orang siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan dalam beberapa kata singkat. Tujuan dari tagline adalah untuk menciptakan frase positif dan mudah diingat yang melekat di kepala pelanggan Anda dan membantu mereka mengidentifikasi merek dan pesan pemasaran Anda.

Tagline adalah sebuah kalimat pendek yang digunakan untuk promosi sebuah brand atau produk dagang suatu perusahaan. Bisa dibilang jika tagline adalah sebuah logo, namun berbentuk verbal.  Tagline biasanya tersusun tidak lebih dari 7 kata yang disertakan dalam logo suatu produk. Ini dibutuhkan oleh sebuah bisnis apa pun itu, baik online maupun offline marketing. Simak informasi selengkapnya!

Artikel terkait  Bagaimana Cara Menggunakan Google AdWords

 

Cara Membuat Tagline Iklan dan Contohnya

Dalam contoh tag line dari Sampoerna Hijau, bisa kita lihat sangat sederhana. Membuat satu frasa, namun gampang diingat bukan merupakan perkara yang mudah. Akan tetapi, Anda juga bisa mencoba membuat tagline keren sendiri. Dan di sini, akan dijelaskan cara membuat contoh tag line yang menarik, namun mudah.

Kenali target konsumen

Jenis produk dan jasa apa yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen? Siapa saja target yang ditujukan untuk produk maupun jasa yang Anda miliki? Ini perlu digarisbawahi sebelum memulai untuk membuat sebuah tagline keren. Kenali target konsumen Anda, dan pikirkan tagline keren dengan kata-kata sederhana, namun konsumen bisa merasa diistimewakan.

“Teman Bermain dan Belajar” jadi pilihan tagline untuk majalah Bobo. Target konsumennya sudah terlihat di sana. Yaitu untuk anak-anak yang ingin bermain sekaligus belajar. Ini juga sederhana dan mudah diingat. Juga, bisa digunakan untuk lebih menyaring target konsumen yang ingin ditujukan.

Ketahui keunggulan produk

Mengapa konsumen harus menggunakan produk maupun jasa yang Anda miliki? Keunggulan apa yang dimiliki oleh produk atau jasa Anda dibandingkan yang lain? Ketahui dan gali lebih dalam tentang produk Anda. Tentu saja, banyak pesaing di luar sana yang memiliki produk sama dengan yang Anda tawarkan. Ini adalah cara jitu untuk membuat tagline keren.

“Bukan Cuma Ayam” dari CFC merupakan tagline perusahaan yang menunjukkan keunggulan dari produk. CFC tentu saja memiliki menu ayam, namun mereka juga menawarkan berbagai menu selain ayam yang bisa Anda temukan di sana. Panasonic memiliki tagline “Ideas for Life”. Ini menyiratkan jika Panasonic sangat ideal untuk hidup Anda.

Tampilkan manfaat produk

Dengan menampilkan dan menonjolkan manfaat dari produk Anda di tag line, banyak konsumen yang akan mencari sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini juga bisa digunakan untuk menyaring konsumen, seperti pada tag line untuk target konsumen.

Tagline keren dari OLX, “Cara Tepat Jual Cepat” bisa menjadi contoh untuk tag line yang menampilkan manfaat produk. “Connecting People” milik Nokia juga merupakan tagline perusahaan yang menampilkan manfaat untuk bisa menghubungkan setiap orang.

Perjelas produk yang ditawarkan

Tagline yang sederhana, namun jelas apa yang Anda tawarkan juga bisa menjadi perhatian. Khusus untuk toko online, tagline ini bisa dijadikan identitas bisnis yang Anda lakukan. Anda bisa mencantumkan penawaran produk atau jasa yang Anda miliki. Livaza.com memiliki tagline “#1 Marketplace Furniture Indonesia”.

Sudah jelas jika situs web tersebut menawarkan barang-barang furnitur sebagai produk yang diunggulkan. Ada juga oke.com dengan tagline-nya “Toko Handphone Online Indonesia”. Sesuai dengan tagline mereka, tentu saja produk yang ditawarkan adalah kebutuhan untuk ponsel Anda.

Artikel terkait  Facebook Ads Manager dan Cara Penggunaannya

 

Deskripsikan misi

Misi apa yang kalian ingin lakukan untuk produk yang Anda jual saat ini? Adakah manfaat misi dari usaha yang ditawarkan? Jika Anda memiliki usaha, tentu akan ada misi yang ingin dicapai, bukan? Misi usaha ini juga bisa menjadi ide untuk Anda membuat tag line yang tepat dan mudah diingat. Coba untuk memasukkan misi usaha Anda dalam sebuah frasa untuk menciptakan tagline keren.

“Memang Beda” dari tvOne menjadi tagline perusahaan yang mengedepankan misi. Tag line dari Pegadaian yang berupa “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”, juga merupakan contoh tag line yang menunjukkan misi usaha.

Memprovokasi

Pancingan atau provokasi bisa juga menjadi salah satu ide untuk tagline. Buat agar konsumen merasa jika produk lain bukan saingan dari produk Anda. Seperti obat nyamuk Tiga Roda dengan tagline “Nyamuk Sini Cuma Takut Tiga Roda”. Ada juga “Orang Pintar Minum Tolak Angin” yang menjadi tagline dari Tolak Angin.

Jadikan yang paling unggul

Tentu saja, ini bisa merupakan contoh tag line yang bisa Anda pakai. Dengan mengunggulkan produk atau jasa Anda, tentu konsumen akan merasa terjamin. Mereka bisa tahu jika mendapatkan produk yang terbaik. Tagline dari Teh Botol Sosro yang terkenal, “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro” merupakan salah satu tagline yang mengunggulkan diri. Juga “Jaminan Mutu” dari Baygon adalah salah satunya.

Artikel terkait  8 Ciri-Ciri Bahasa Iklan yang Ampuh Menarik Konsumen

Kriteria Tagline yang Efektif

kualitas produk

Dari beberapa metode yang bisa dilakukan, dan beberapa tagline perusahaan terkenal yang dicantumkan, sudahkah Anda mencoba untuk membuat tagline Anda sendiri? Dan apakah ini sudah cukup efektif untuk bisa menarik pelanggan? Untuk menambahkan, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan untuk membuatnya. Ini bisa menjadikan tag line Anda lebih indah, lebih lucu, atau bahkan bisa lebih unik. Berikut beberapa kriteria yang harus dipenuhi:

Mengandung makna yang jelas

Tak hanya sekedar sederhana dan enak didengar, namun harus memiliki makna yang jelas. Dari beberapa kata yang digunakan, ini telah menjelaskan target, produk, manfaat, misi dan keunggulan. Jangan coba untuk membuat konsumen bertanya-tanya tentang produk Anda. Intinya, to the point! Buat agar tag line Anda mudah diingat dan melekat.

Spesifik

Hindari untuk membuat tag line yang terlalu umum. Pastikan ini mengarahkan agar konsumen tertarik untuk produk Anda.

Mudah diingat

Dengan sedikit kata-kata, tagline harus menjadi hal yang bisa membuat produk Anda diingat. Jika mudah diingat, konsumen akan terus terngiang dengan produk Anda ke depannya. Ini bisa mengarahkan mereka untuk mencoba produk Anda.

Hindari konotasi negatif

Pilih kata yang memiliki konotasi positif. Dengan energi positif yang dikirimkan melalui tag line produk Anda, ini tidak akan memicu kesalahpahaman. Juga, lebih baik hindari membuat ambigu dalam kata yang dipilih

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya