7 Contoh Promosi Produk Bisnis Online

Sebagian besar orang yang menjalankan sebuah bisnis, terutama bisnis online yang sudah banyak dilakukan, pastilah membutuhkan promosi produk mereka. Tak jarang banyak yang merekrut bagian pemasaran yang andal hingga mengikuti seminar untuk mendapat contoh promosi produk. Simak pembahasan mengenai promosi produk bisnis Anda disini!

 Bisnis Online

bisnis online

Bisnis online merupakan suatu kegiatan jual beli produk/jasa dimana penjual maupun pembeli dapat melakukan transaksi dari jarak jauh dengan bantuan internet.

Meskipun dilakukan secara online, tentu saja bisnis ini tetap membutuhkan yang namanya promosi untuk meningkatkan penjualan serta menarik minat calon kostumer. Sebelum mengetahui cara promosi produk bisnis online, ada baiknya Anda mengetahui penjelasan terkait promosi.

Apa Itu Promosi?

promosi-2

Promosi merupakan suatu aktivitas komunikasi yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan dan menawarkan produk serta menarik calon konsumen untuk membeli produk dari bisnis Anda.

Tanpa adanya contoh promosi produk sebaik apapun, tidak akan dikenali oleh para calon konsumen. Lain hal dengan produk yang biasa saja namun dengan cara promosi produk yang tepat, produk Anda akan mudah dikenali calon konsumen dan laku dengan cepat di pasaran.

 Pentingnya Promosi

Promosi tentu saja memiliki tujuan untuk memasarkan produk, berikut tujuan yang akan dicapai dengan adanya promosi:

  1. Memberikan sebaran informasi yang luas mengenai suatu produk kepada calon konsumen yang memiliki potensial
  2. Memudahkan untuk menjangkau calon konsumen serta membuat pelanggan tetap menyukai produk Anda
  3. Upaya untuk menunjukkan produk Anda memiliki keunggulan dan memiliki perbedaan dengan produk saingan Anda
  4. Pendapatan Anda akan semakin meningkat serta mempengaruhi perilaku konsumen
  5. Menjadikan produk Anda memiliki branding yang menciptakan citra yang baik di mata konsumen
  6. Membuat angka penjualan meningkat serta keuntungan yang bertambah.

Contoh Promosi Produk

promosi-1

Promosi produk sendiri memiliki banyak teknik penjualan yang menjadi alat penting untuk keberlangsungan bisnis online Anda serta mempertahankan pelanggan agar tetap bertahan dengan produk bisnis Anda. Berikut contoh promosi produk yang dapat direkomendasi kan pada Anda:

Flash Sale

Menjual produk produk Anda secara cepat dengan dibatasi waktu atau yang biasa dikenal dengan flash sale ini menjadi salah satu contoh promosi produk yang sering ditawarkan pada bisnis online. Flash sale pada umumnya sama seperti diskon hanya saja jumlah produk yang ditawarkan jauh lebih sedikit dengan waktu yang terbatas.

 Flash sale memiliki keefektifan untuk meningkatkan kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek dan membuat konsumen tertantang untuk membelinya. Hal ini biasanya disebut dengan brand awareness. Strategi ini dinilai memiliki efektifitas untuk menarik minat customer, bisa dikatakan beberapa brand besar sering menggunakan strategi ini.

Cara promosi produk dengan flash sale yaitu dengan mempersiapkan jumlah produk yang akan Anda berikan pada flash sale dan cantumkan tulisan harga asli dan harga flash sale, hal ini tentu saja akan menarik minat customer karena menganggap produk yang Anda tawarkan telah diberikan potongan harga.

Diskon

Diskon atau potongan harga adalah sebuah benefit yang didapatkan oleh konsumen ketika mereka melakukan pembelian terhadap produk Anda berupa pengurangan harga dengan persentase tertentu. Diskon diberikan pada saat itu juga yang artinya pada saat melakukan pembayaran.

Contoh promosi produk ini tidak jauh dari permainan harga dimana sebelum memperoleh diskon biasanya harga produk akan dinaikkan terlebih dahulu.

Contoh diskon ada banyak sekali seperti

  1. Diskon tunai (Potongan Harga 20%, 50%, 70%)

Potongan harga ini diberikan dari harga resmi yang tertera pada brosur harga

  1. Diskon plus (20%+30%, 20%+50%)

Diskon yang diberikan  kepada pembeli besarnya sebanyak 2 kali pengurangan. Misal diskon 20%+30% itu berarti harga produk akan dikurang dengan 20% terlebih dahulu dan dikurangi dengan 30% kemudian.

Gift Box

Gift box merupakan contoh promosi produk dimana saat costumer membeli sebuah produk yang Anda jual, mereka akan mendapat hadiah berupa produk lain. Biasanya produk hadiah yang disediakan memiliki keterkaitan dengan produk yang Anda jual seperti Anda menjual sebuah smartphone dan Anda memberikan case smartphone atau temperglass atau micro sd sebagai hadiahnya. Biasanya produk yang dijadikan hadiah merupakan produk yang memiliki banyak stok dan kurang laku dipasaran. Anda dapat menaikkan harga produk yang Anda jual.

Cashback

Penawaran kepada customer dengan memberikan pengembalian uang tunai ataupun berupa voucher dengan persentasi dan jumlah uang maksimal yang Anda berikan ketika pembeli membeli produk Anda. Biasanya pembeli diharuskan membeli produk dengan jumlah minimal yang Anda tentukan.

Contoh sebuah brand produk make up memberikan promo cashback sebesar 10 % /s.d Rp 50.000 dengan belanja minimal Rp 300.000 yang artinya apabila customer hanya membeli Rp 300.000 maka akan mendapat cashback sebesar Rp 30.000 dan meski customer belanja hingga Rp 1.000.000 cashback yang didapatkan sejumlah maksimal yaitu Rp 50.000

Buy 1 Get 1 Free (BOGOF)

Kata-kata yang dapat memikat konsumen adalah gratis. Tidak ada satupun orang yang dapat menolak mendapat produk tanpa harus membayar. Contoh promosi produk ini dapat diterapkan ketika Anda berniat untuk memberikan potongan harga.

Berbeda dengan potongan 50%, BOGOF dapat memberikan keuntungan pada Anda karena pada dasarnya konsumen diharuskan untuk membeli produk Anda sejumlah 2 untuk mendapatkan potongan setengah harga, dengan kata lain BOGOF dapat lebih cepat menghabiskan stock di toko Anda.

Dengan adanya kata gratis tentunya memberikan daya tarik sendiri yang lebih efektif ketimbang diskon 50%. Strategi ini cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan stock produk yang mendekati kedaluwarsa atau produk fashion yang sudah tidak trend lagi.

Harga Produk -1

Ketika Anda sudah melakukan riset kecil-kecilan, pasti Anda pernah menjumpai cantuman harga dengan nominal yang nanggung seperti Rp 99.999, yang anehnya kenapa tidak sekalian dibulatkan menjadi Rp 100.000?

Nominal yang tanggung memiliki efek psikologis yang dapat memikat konsumen, karena konsumen akan lebih terpaku pada angka 9 dan menganggap harga tersebut masih di range harga Rp 90.000 pada hal nyatanya harga tersebut sudah masuk dalam range Rp 100.000

Gratis Ongkir

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan bisnis online, tentunya banyak consumen Anda yang berada jauh dari tempat bisnis Anda, dan ongkos pengiriman akan membuat consumen berfikir beberapa kali. Dengan memberikan gratis ongkir pada produk yang Anda berikan dengan syarat consumen diharuskan untuk melakukan pembelanjaan minimal. Tentu saja contoh promosi produk ini akan menarik minat pembeli.

Demikian pembahasan mengenai 7 contoh promosi produk yang dapat Anda terapkan pada bisnis online Anda. Anda juga perlu melakukan inovasi pada berbagai sektor seperti memanfaatkan teknologi informasi.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol