Last Updated on May 20, 2022 by
Bisnis online bertumbuh semakin marak dari hari ke hari. Tak hanya dari segi pedagang saja, jumlah pelanggan setia bisnis online juga meningkat.
Fenomena ini tentunya tidak mengherankan sebab toko-toko online menjual beraneka ragam kebutuhan konsumen, mulai dari kepala hingga kaki.
Di sisi lain, besarnya potensi bisnis online ini juga menjadi peluang segar yang harus dimanfaatkan. Hanya dengan membuka sebuah toko online saja, Anda bisa menjual beraneka ragam barang dan memperoleh keuntungan secara tak terbatas.
Bisnis online adalah pilihan terbaik untuk Anda yang ingin mendapatkan uang tambahan tapi tidak ingin repot. Bisnis online bisa dijalankan secara fleksibel dari segi waktu dan tempat, serta tidak banyak memakan modal.
Dari segi ketahanan pun, jenis usaha yang satu ini tergolong tahan banting. Buktinya saja, bisnis online menjadi satu-satunya usaha dengan omset menguat secara signifikan ketika ekonomi melesu akibat wabah. Ketika toko-toko konvensional terpaksa tutup, toko-toko online sukses berjaya dengan memasarkan produk melalui dunia maya. Alhasil, pemasukan Anda bisa terus mengalir setiap hari.
Penasaran kira-kira bagaimana cara memulai bisnis online dengan gampang dan sukses mendapat keuntungan tiap hari? Selamat karena Anda sudah berada di artikel yang tepat! Berikut ini kami sudah menyiapkan 9 cara mudah memulai bisnis online untuk para pemula. Tunggu apa lagi, ayo kita simak pembahasan detilnya berikut ini!
Daftar Isi
9 Cara Jualan Online Ampuh untuk Anda yang Baru Merintis
Tidak seperti bisnis konvensional yang menuntut modal besar, menyetok produk dan rancangan strategi khusus, bisnis online bisa dijalankan dengan cara-cara yang jauh lebih mudah. Itulah mengapa dewasa ini, tidak sedikit orang ragu-ragu untuk turun berkecimpung di dunia usaha yang satu ini.
Jika Anda perhatikan lagi secara seksama, mungkin Anda pernah menemukan beberapa akun media sosial yang rajin memposting aneka produk atau jasanya setiap hari. Aktivitas sesederhana memposting foto-foto produk pun sudah terhitung sebagai usaha bisnis online, lho.
Bahkan, media yang bisa digunakan untuk berjualan online sudah banyak dan tidak asing lagi di telinga kita, walaupun Anda baru pertama kali terjun mencoba jualan online. Contohnya seperti menggunakan aplikasi sosial media Instagram, Facebook, Twitter bahkan Whatsapp. Media-media ini akan memudahkan Anda dalam berbisnis karena pastinya Anda sudah tahu cara media tersebut bekerja.
Supaya semakin afdol, kini Anda hanya perlu memahami bagaimana cara jualan online yang tepat agar lebih efektif menjaring pelanggan. Berikut ini kami turut sajikan tips-tips jualan online termudah yang bisa Anda terapkan agar online shop Anda laris manis dan mengalahkan kompetitor yang lain:
Baca juga : 10 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Tanpa Modal Terbaru
1. Banjir Promo dan Diskon
Kiat sukses bisnis online pertama adalah rajin-rajin memberikan promo dan diskon untuk calon pembeli. Tentu saja ini adalah strategi yang tak pernah gagal karena faktanya tidak ada seorangpun yang membenci diskon atau promo belanja.
Salah satu kesalahan dari pebisnis online adalah mengira bahwa mereka perlu menunggu bisnis menjadi ramai dan besar sebelum bisa memberikan banjir promo. Padahal cara yang benar justru sebaliknya. Jika Anda baru saja membuka online shop, maka Anda harus memberikan banyak promo dan diskon untuk menarik perhatian masyarakat.
Sering kali, masyarakat tertarik berbelanja hanya karena mendapat promo saja. Studi menunjukkan ada lebih dari 90% orang mengunjungi toko baru demi mengincar promonya saja. Namun di kebanyakan kasus, banyak pembeli “iseng-iseng” tadi berakhir menjadi pelanggan tetap karena menyukai produk atau layanan yang Anda berikan. Menarik, bukan?
Agar trik di atas berhasil, maka Anda wajib untuk memerhatikan sejumlah rambu-rambu saat berpromosi. Pertimbangkan harga-harga yang Anda berikan selama promosi supaya harga produk yang didiskon tidak menjadi bumerang dan membuat anda merugi. Salah perhitungan saat memberikan diskon justru bisa menjadikan Anda rugi dan tidak dapat meraih keuntungan di setiap penjualan.
Selain itu, Anda pun tidak perlu memaksakan diri untuk memberikan diskon atau promosi besar-besaran jika memang belum mampu. Berikan saja penawaran atau diskon kecil-kecilan. Cara tersebut juga terbukti efektif, meskipun promo yang diberikan tidak terlalu besar.
Kemudian, cobalah untuk membuat timeline waktu promo dengan baik. Upayakan bagaimana caranya agar pelanggan bisa datang secara rutin dan tidak hanya datang ketika waktu waktu promo saja.
Terakhir, pastikan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik. Dengan begini, konsumen yang datang saat promo pun akan lebih besar peluangnya untuk menjadi konsumen tetap.
2. Aktifkan Sosial Media
Hampir semua orang di zaman ini telah memiliki minimal satu media sosial yang aktif. Tak jarang juga satu orang memang aktif di berbagai media sosial. Namun dari aspek bisnis, setiap media sosial mempunyai kelebihan dan spesifikasi masing-masing.
Semisal pada Facebook dan Whatsapp, mungkin Anda hanya bisa menjual ke teman-teman Anda saja alias jangkauannya terbatas. Namun tidak halnya untuk Twitter dan Instagram karena postingan Anda masih ada kemungkinan untuk terlihat di fitur explore.
Explore memungkin orang-orang yang bukan merupakan teman Anda ataupun ada di lingkaran Anda bisa melihat postingan Anda. Hal tersebut tentunya akan membantu menjangkau calon konsumen lebih banyak.
Untuk memulai usaha online Anda, cobalah terapkan cara jualan online dengan memasang iklan di suatu platform yang ramai traffic-nya, seperti Facebook atau Instagram. Iklan media sosial terbukti ampuh dalam meningkatkan awareness dan engagement.
Akan tetapi jika hal ini dirasa cukup memberatkan, maka cobalah untuk memaksimalkan sosial media yang Anda punya sebagai media penyebaran promosi barang dagangan Anda.
Selain tidak ada biaya tambahan untuk membagikan postingan Anda, orang-orang yang mengetahui produk Anda akan lebih banyak. Cara ini tetap lebih baik ketimbang Anda tidak mengiklankannya sama sekali atau pemasarannya hanya secara tradisional dari rumah ke rumah.
3. Gunakan Website Olshop Sendiri
Tak hanya mengandalkan media sosial untuk bisnis, online shop Anda juga bisa dimaksimalkan dengan menggunakan website bisnis milik sendiri. Membuat website online shop sendiri ternyata merupakan hal yang penting, lho.
Mengapa demikian? Bukankah saat ini sudah ada banyak marketplace atau e-commerce yang lebih mudah untuk digunakan seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Blibli.com?
E-commerce memang lebih praktis dan sudah mempunyai pasarnya tersendiri. Pun berbisnis di marketplace memang terkesan membuka peluang keuntungan yang besar untuk Anda. Namun pada kenyataannya, tingkat persaingan di marketplace sangat tinggi dan sulit untuk level pemula.
Mau tidak mau, Anda yang membuka toko online di marketplace harus selalu berebut calon pelanggan dan menjual produk semurah mungkin, atau memberikan promosi yang kelewat sering.
Dengan kata lain, Anda akan terdorong untuk mencoba menghalalkan segala cara demi meraih konsumen. Padahal, belum tentu cara yang diaplikasikan itu membawa keuntungan bagi bisnis.
Kerugian kedua dari menggunakan marketplace adalah orang-orang tidak pernah mengingat brand milik Anda. Mereka hanya akan mengingat nama marketplace di mana mereka membeli produk Anda.
Kalau Anda ingin membangun branding sembari berjualan online dan membesarkan usaha sendiri, maka sudah jelas, membuka toko di marketplace bukanlah pilihan yang tepat. Lebih baik, gunakanlah website toko online milik sendiri dengan nama dan branding yang jelas.
Sebagian orang mungkin masih mengira bahwa membuka website toko online sendiri adalah hal yang sulit. Padahal sejatinya tidak demikian. Saat ini Anda sudah bisa membuka blog bisnis sendiri dengan mudah atau mencari jasa developer pengembangan website bisnis berkualitas dengan harga murah.
Salah satu developer website bisnis termurah berkualitas yang bisa Anda coba adalah APPKEY di https://appkey.co.id/. Bersama APPKEY, Anda bebas merancang website bisnis idaman dan semua prosesnya akan dikerjakan secara langsung oleh tenaga profesional.
Dengan mempunyai website toko online sendiri, Anda juga bisa melakukan beragam hal sepenuhnya untuk memaksimalkan penjualan di toko Anda. Berbeda dengan sistem marketplace yang menerapkan biaya admin atau bagi hasil, semua keuntungan penjualan lewat website toko online sendiri 100% akan jatuh ke rekening Anda!
Anda pun bisa mendapatkan semua data penjualan, data konsumen, merancang model produk yang disukai, dan mengetahui tren-tren penjualan secara lengkap dan praktis dalam website. Anda juga memiliki kontrol sepenuhnya untuk mengadakan promosi besar-besaran, flash sale, giveaway, merancang sistem pelayanan konsumen yang lebih baik, memanajemen produk sesuka hati, hingga membuka opsi reseller dan dropshipper untuk memperluas bisnis.
Hal-hal tersebut nyatanya hanya bisa diperoleh melalui website sendiri. Apabila fitur yang sama tersedia di marketplace, tentulah Anda harus mengikuti syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh pihak pemilik marketplace. Alias, Anda tidak bebas sepenuhnya dalam mengelola toko.
4. Buat Konten yang Bermanfaat
Salah satu cara jualan online yang meningkatkan image produk Anda adalah dengan membuat konten pendukung yang juga menarik dan dicari pengguna. Untuk menarik minat pembeli, Anda juga harus memikirkan konten apa yang akan Anda buat.
Akan lebih bagus jika cara penyampaian Anda beda dari yang lainnya padahal tetap menjual produk yang sama. Hal tersebut akan memberi nilai plus bagi Anda dan akan memberikan keunikan bagi brand Anda.
Selain itu, usahakan juga untuk memposting hal-hal lain selain daripada produk Anda. Misalnya pengetahuan-pengetahuan atau informasi yang menarik terkait dengan produk yang Anda jual.
Misalnya saja Anda menjual tas secara online. Anda bisa berbagi pengetahuan jenis tas apa saja yang warnanya akan pudar jika terkena sinar matahari secara terus menerus. Kemudian, kaitkan informasi dengan produk Anda yang memberikan solusi terhadap masalah yang ada. Alhasil, konten-konten Anda akan terlihat lebih berbobot dibandingkan hanya posting spam produk dan harga saja.
5. Memadukan Kekuatan Beragam Media Sosial (Content Marketing)
Poin ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Dewasa ini, dunia Digital marketing sedang diramaikan dengan trik atau strategi content marketing. Sesuai namanya, content marketing merupakan salah satu teknik berpromosi yang berfokus pada pembuatan dan persebaran konten di internet.
Dengan kata lain, Anda tidak hanya membuat konten-konten promosi secara asal-asalan atau sembarangan. Seluruh konten promosi atau informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda harus menghadirkan manfaat, relevansi dan tentunya bisa menarik perhatian audiens secara kontinyu.
Pun semakin bagus dan bermanfaat konten bisnis yang Anda posting di media sosial atau website, maka akan semakin besar pula kemungkinan brand Anda ditemukan oleh calon pembeli. Otomatis, keuntungan dan penjualan online anda pun dapat meningkat secara signifikan.
Strategi content marketing inilah yang mendasari banyak toko online atau perusahaan ternama menghadirkan konten-konten unik hingga viral di dunia maya. Semakin viral sebuah konten di media sosial, maka akan semakin besar tingkat engagement, awareness serta jumlah calon pembeli yang berdatangan dan tertarik untuk mencoba produk.
Satu hal yang perlu Anda ketahui dengan baik adalah tipe-tipe konten yang bisa diposting di setiap media atau platform. Pasalnya, setiap platform memiliki tipe konten yang berbeda-beda.
Semisal YouTube yang khusus menampilkan konten video; Instagram yang mengutamakan konten gambar atau foto; serta blog dan website yang menyediakan konten-konten tulisan.
Setiap platform juga memiliki kekuatan masing-masing jika digunakan dalam strategi content marketing. Blog dan website misalnya. Kedua platform ini ampuh untuk digunakan dalam strategi content marketing jangka panjang.
Melalui tulisan-tulisan di blog dan website, Anda bisa menampilkan informasi-informasi menarik serta mendalam terkait bisnis, membangun hubungan akrab dengan audiens, melakukan branding, serta mengumpulkan data-data calon pelanggan.
Promosi-promosi di blog dan website juga cenderung berbobot karena Anda bisa menghadirkan aneka jenis konten. Mulai dari artikel informatif, newsletter bulletin, e-book, hingga video kepada audiens.
Berbeda dengan blog, platform Twitter lebih cocok digunakan untuk mengadakan kampanye bisnis. Semisal Anda ingin mengadakan giveaway besar-besaran dalam rangka ulang tahun brand, maka Twitter menjadi tempat yang paling tepat untuk mempromosikan giveaway tersebut karena pengguna Twitter dapat lebih mudah menyebarkan informasi dalam tweet.
Instagram juga memiliki sifat uniknya tersendiri dalam strategi marketing. Instagram lebih mengedepankan tampilan visual daripada tulisan. Jadi, untuk menarik perhatian audiens di IG, Anda bisa menggunakan aneka foto dan video singkat yang estetik terkait produk atau jasa layanan. Nantinya Anda bisa menautkan link website di profil instagram atau dalam fitur swipe up supaya calon pelanggan yang tertarik untuk mengetahui informasi dapat membaca lebih banyak di halaman website.
Supaya strategi content marketing berjalan dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengombinasikan penggunaan beragam platform secara sinergis.
6. Posting Konten di Waktu yang Tepat
Waktu posting juga menjadi hal yang sangat penting. Pada jam berapa biasanya orang-orang membuka sosial media? Timing posting konten yang tepat akan menjaring calon pembeli lebih banyak lagi, karena akan ada lebih banyak orang yang melihat postingan baru Anda.
Selanjutnya, perhatikan juga jarak postingan Anda dari satu ke yang lainnya. Membuat postingan setiap saat tentunya akan mengganggu bagi calon konsumen Anda karena dianggap sebagai spam. Tetapi jangan pula memberikan jarak yang terlalu lama misalnya Anda posting tiap 3 bulan sekali. Bisa-bisa calon konsumen lupa Anda berdagang apa dan produk-produknya yang dihadirkan apa saja.
7. Mengenali USP (Unique Selling Produk / Nilai Jual Produk)
Cara berikutnya adalah mengenali USP atau nilai jual dari produk Anda. USP adalah jawaban utama dari pertanyaan “apa kelebihan produk yang menjadikannya unik dibandingkan produk kompetitor?”.
Salah satu kunci utama dari kesuksesan berbisnis online adalah menghadirkan produk yang unik dan mempunyai nilai jual yang berbeda dari produk milik kompetitor. Nilai jual yang khas inilah yang akan sukses membawa bisnis online anda ke gerbang kesuksesan.
Satu saja ada poin USP di produk Anda, maka masyarakat sudah bisa membedakan bisnis Anda dari bisnis milik pesaing lainnya. Akan lebih bagus lagi jika poin USP tersebut bisa langsung memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan permasalahan konsumen secara lebih baik dibandingkan dengan produk milik pesaing.
Bagaimana cara supaya kita bisa mengetahui apa nilai jual produk kita sendiri? Caranya sesungguhnya mudah. Anda hanya perlu memposisikan diri sebagai calon pelanggan. Cobalah untuk berpikir dari kacamata para pelanggan:
“Apakah produk yang ditawarkan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka?”
“Apakah pelanggan di sekitar Anda lebih membutuhkan produk atau jasa layanan?”
“Jika Anda adalah pelanggan yang mencoba produk Anda sendiri, apakah masih terdapat kekurangan dalam produk yang ditawarkan?”
8. Memasang Online Ads
Sudah rajin menggencarkan promosi produk, tetapi hasilnya belum memuaskan? Jika Anda menjawab “iya”, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memasang online ads (iklan online atau iklan media sosial).
Memasang online ads membawa banyak keuntungan untuk Anda, mulai dari meningkatkan exposure, jangkauan pemirsa, awareness, dan tentu saja kesempatan untuk menaikkan penjualan (sales) secara signifikan. Beriklan di media sosial juga lebih mudah dan praktis untuk menghasilkan keuntungan. Anda tidak perlu repot atau capek-capek memposting konten setiap hari.
Iklan online di media sosial sangat cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis. Mengapa? Sebab, iklan media sosial ditujukan untuk meningkatkan awareness dan engagement toko. Iklan online medsos bisa menggapai pelanggan yang bahkan belum tahu persis mereka ingin membeli apa. Konsepnya mirip seperti ketika Anda sedang ber-“windows shopping” alias “lihat-lihat saja dulu, siapa tahu ada produk yang menarik”.
Iklan media sosial mampu menuntun calon pelanggan mengarungi masa “customer journey” tersebut. Iklan juga bisa ditampilkan berdasarkan segmentasi pasar atau konsumen target yang dibuat. Pun kalau Anda belum tahu persis siapa calon konsumen target terbaik, maka sistem online ads di media sosial bisa menawarkan opsi advanced targeting (membantu memprediksi sasaran pasar terbaik).
Setidaknya ada 4 opsi advanced targeting yang disediakan, antara lain:
Custom targeting
Cocok untuk menjangkau calon konsumen menggunakan data-data yang Anda punya seperti nomor telepon aktif dan e-mail.
Interest targeting
Bekerja selayaknya target keyword di Google Ads. Sistem akan menganalisis siapa saja user yang pernah mengakses keyword serupa dengan yang Anda iklankan. Nantinya, user-user tersebut yang akan memperoleh iklan.
Lookalike targeting
Menjangkau calon konsumen baru dengan ciri, karakteristik atau pribadi yang serupa dengan pelanggan Anda saat ini. Sistem akan mensortir mereka dari kesukaan, preferensi, minat, kebutuhan dan lain-lain dari user.
Behaviour atau Connection targeting
Sistem akan menjangkau calon pelanggan berdasarkan kebiasaan dan tujuan belanja mereka. Pun sistem akan menganalisa cara-cara mereka terkoneksi atau tiba ke halaman di website bisnis Anda sebelumnya.
Semua kebutuhan promosi Anda sudah dikerjakan oleh sistem iklan media sosial, dan Anda kini hanya perlu bersantai menunggu hasilnya.
9. Word of Mouth Marketing
Terakhir adalah word of mouth marketing (marketing atau pemasaran dari mulut ke mulut). Trik terakhir ini cocok untuk mendorong jumlah penjualan Anda. Pemasaran melalui mulut ke mulut memang terkadang lebih efektif dibanding hanya dengan memposting produk semata (content marketing) atau memasang iklan.
Hal ini disebabkan oleh sifat strategi word of mouth ini yang mampu menimbulkan kepercayaan bagi orang yang mendapatkan informasi. Penelitian psikologi membuktikan bahwa masyarakat lebih mudah terbujuk oleh rekomendasi orang-orang terdekat atau yang mereka percaya, seperti keluarga, teman, pacar, hingga influencer.
Dikarenakan di lingkungan mereka sendiri sudah ada orang yang mempunyai pengalaman nyata – bukan lagi kata-kata settingan yang mencoba membujuk si calon pembeli untuk melakukan transaksi – alhasil calon konsumen dapat lebih kuat keinginannya untuk mencoba produk yang direkomendasikan.
Pemasaran word of mouth bisa disamakan prakteknya dengan pemberian testimoni via online. Testimoni selalu sukses memperkuat rasa kepercayaan calon konsumen sebelum membeli sebuah produk sebab kolom testimoni pengguna memang tidak bisa dibuat-buat atau direkayasa.
Cara mendapatkan testimoni pun tergolong cukup mudah. Anda dapat meminta pelanggan Anda yang puas dengan produk Anda untuk memposting review di akun media sosialnya jika ia merasa puas.
Dari sana, orang-orang di lingkaran pertemanan pelanggan Anda itu akan menaruh sedikit kepercayaan terhadap brand Anda karena temannya sudah membuktikan sendiri. Anda juga bisa memposting ulang atau men-share review tersebut supaya terlihat oleh semakin banyak pengguna internet.
Dibandingkan dengan pemasaran produk yang sama namun tanpa testimoni, brand Anda tentu bisa dianggap lebih kredibel karena menghadirkan review pengguna asli. Review jujur akan menghapus keraguan “Apakah brand itu dapat dipercaya atau tidak? Apakah brand itu bodong atau tidak?” dalam benak calon konsumen.
Peranan testimoni pun menjadi semakin penting oleh karena dalam dunia bisnis online semuanya berbasis digital dan tidak ada toko fisiknya. Maka wajar saja jika timbul sikap kehati-hatian yang lebih bagi para calon pembeli untuk menyelamatkan diri dari penipuan dan kerugian.
Bagaimana? Kini Anda sudah mengetahui beberapa tips jualan online mudah dan ampuh untuk mendatangkan awareness, engagement dan keuntungan besar.
Sudah siap untuk berjualan online sekarang juga? Yuk tunggu apa lagi, buka handphone Anda sekarang juga, aplikasikan langkah-langkah di atas dan dapatkan penghasilan tambahan dari rumah melalui bisnis online! Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini, ya. Sampai jumpa di pembahasan menarik dan bermanfaat lainnya dari Markey!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.