Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 85

Aplikasi Traveloka : Kupas Tuntas Aplikasi Wisata Terbaik

0
aplikasi traveloka, sejarah traveloka, fitur traveloka

Siapa yang tidak suka pergi berwisata? Banyak orang gemar pergi berwisata untuk melepas kepenatan yang menumpuk dari rutinitas sehari-hari. Beristirahat sejenak atau menghabiskan waktu menyenangkan dengan orang-orang terkasih terbukti manjur membuat kita lebih semangat dalam menjalani rutinitas berikutnya. Aplikasi Traveloka menjadi salah satu pilihan untuk bisa mewujudkan liburan Anda.

Indonesia sendiri terkenal sebagai negara dengan beragam destinasi wisata yang keindahannya tidak perlu untuk diragukan lagi. Contohnya saja Bali, Bandung, Malang, dan Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi oleh aneka turis, baik domestik ataupun mancanegara.

Sayangnya, terkadang kita tidak bisa berwisata menikmati keindahan tempat-tempat tersebut lantaran terkendala harga tiket travel yang mahal. Setiap destinasi wisata mematok harga tiket travel yang berbeda-beda, belum pula termasuk biaya akomodasi, makanan, souvenir, dan lain-lainnya. Bikin pusing!

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang, semua masalah tersebut sudah teratasi. Berkat Traveloka tiket travel, Anda bisa bebas melancong kemanapun yang Anda inginkan bahkan sesuai budget. Ingin tahu lebih banyak seputar Traveloka dan promo-promo liburan menarik yang ditawarkan untuk Anda? Yuk langsung meluncur ke artikel berikut ini!

Apa Itu Aplikasi Traveloka

aplikasi traveloka, sejarah traveloka, fitur traveloka

Pergi berlibur memang keinginan yang sering diidam-idamkan banyak orang. Hanya saja, cita-cita tersebut kerapnya terhalang oleh permasalahan harga tiket travel yang terlampau mahal. Namun sekarang Anda sudah bisa bersuka hati, sebab sudah ada Traveloka tiket travel yang siap sedia membantu Anda untuk liburan on budget.

Nama Traveloka pastinya sudah familiar di benak Anda, khususnya jika Anda gemar berlibur mengunjungi beragam destinasi wisata. Traveloka adalah perusahaan pelopor pemesanan tiket travel ke beragam destinasi wisata secara online. Dengan Traveloka tiket travel, Anda bisa bebas pesan tiket travel beragam transportasi liburan seperti pesawat, kereta api, dan bus. Harganya sudah dijamin ramah di kantong!

Lebih jauh lagi, di Traveloka, Anda tidak hanya bisa sekadar melakukan pesan tiket travel saja. Traveloka juga turut membantu Anda dalam proses booking hotel di lokasi wisata yang Anda tuju. Semua proses survey, pencarian, dan pemesanan dapat dilakukan secara online, praktis dan gratis. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan survey hotel ke hotel saat pergi liburan.

Inovasi kecanggihan inilah yang sukses menjadikan Traveloka sebagai agen travel terkemuka untuk level Asia Tenggara. Perusahaan startup di bidang travelling ini berkantor pusat di Jakarta, dan telah melayani lebih dari 200.000 aktivitas liburan ke beragam tempat di seluruh dunia. 

Dengan Traveloka, Anda bisa pesan tiket travel ke lokasi liburan di dalam ataupun luar negeri, sebab perusahaan ini memiliki lebih dari 100 mitra maskapai serta akomodasi internasional dan domestik.

Traveloka kini sudah sukses menjadi salah satu startup Unicorn se-Asia Tenggara. Akan tetapi di balik prestasi tersebut, ada kerja keras dan semangat berinovasi dari para pendiri serta elemen-elemen lain yang tergabung di dalamnya. Berikut ini adalah sekilas kisah perjuangan Traveloka yang bisa memotivasi Anda untuk berkarya.

Sepak Terjang Sejarah Traveloka

Sebelum sukses dan terkenal seperti sekarang, sejarah Traveloka yang memiliki perjalanan panjang di dunia travel agency. PT Trinusa Travelindo adalah nama resmi dari Traveloka Indonesia. 

Perusahaan ini didirikan oleh trio Ferry Unardi, Albert Zhang dan Derianto Kusuma pada tahun 2012. Tiga tahun setelah pendiriannya, Traveloka sukses berekspansi ke beragam negara di Asia Tenggara, seperti Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Gagasan pembuatan Traveloka muncul saat Ferry Unardi mengalami kesulitan ketika memesan tiket pesawat dari Amerika Serikat ke Padang. Kala itu, Ferry adalah mahasiswa S2 di Amerika dan ingin pulang ke rumah asalnya di Padang. Permasalahannya itulah yang menjadikan Ferry terdorong untuk menciptakan search engine Traveloka.

Pada awal kehadirannya, Traveloka bekerja sebatas membandingkan harga tiket pesawat dari beragam situs jual tiket pesawat online. Baru di tahun 2013, Traveloka berubah menjadi tempat pemesanan tiket pesawat online. Sejak saat itu, aplikasi ini terus dikembangkan. Pada tahun 2014, Traveloka akhirnya memperluas layanannya ke sektor perhotelan dan pemesanan secara online.

Traveloka berkembang cepat di masyarakat sebab di saat yang sama, Ferry mampu melihat potensi di bidang bisnis pemesanan tiket pesawat online ini. Strategi yang efektif digunakannya untuk berhasil menarik sejumlah besar investor yang berinvestasi di Traveloka, termasuk East Ventures (November 2012), Global Founders Capital (September 2013), Expedia (Juli 2017), dan GIC (2019).

Berkat usaha dan kerja keras banyak pihak itulah, Traveloka kini sukses menjadi startup Unicorn berbasis teknologi komunikasi di Asia Tenggara. Namun perusahaan manapun tidak akan lepas dari tantangannya sendiri. 

Dibalik gelar Unicorn-nya, Traveloka telah melewati banyak tantangan sulit seperti perkembangan perusahaan dan elemen-elemen internalnya, pengelolaan sistem manajemen pariwisata lokal dan internasional, menghadapi kompetitor, hingga menjalin kerjasama dengan beragam maskapai kapal serta akomodasi perhotelan.

Banyaknya tantangan yang dihadapi oleh Traveloka menjadikannya senantiasa berinovasi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Ingin tahu apa saja inovasi terbaru dari Traveloka? Mari lanjut membaca ke bagian selanjutnya!

5 Fitur Traveloka yang Bikin Puas Liburan

Salah satu kunci kesuksesan Traveloka terletak pada fitur-fitur unggulan yang dimilikinya. Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur berikut ini untuk memaksimalkan pengalaman liburan bersama Traveloka:

Price Alert

Fitur Traveloka yang sering digunakan oleh para konsumen, khususnya kaum milenial, adalah Price Alert. Inovasi ini hadir sebagai solusi atas sulitnya pengaturan dana yang sering menimpa pelanggan setia Traveloka saat ingin berlibur.

Dengan Price Alert, Anda bisa memperoleh harga tiket pesawat, hotel, dan lainnya sesuai dengan budget yang dimiliki ataupun lebih murah. Informasi harga tiket travel juga akan dikirimkan secara otomatis ke akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot searching dan membandingkan harga tiket terbaik.

  1. Fitur Price Alerts telah tersedia di akun Traveloka versi terbaru ataupun website. Untuk memanfaatkannya, ikuti petunjuk-langkah ini:
  2. Login ke Traveloka. Masuk ke My Account.
  3. Pilih Flight Price Alerts.
  4. Untuk menambahkan notifikasi harga tiket, klik icon “+”.
  5. Isi formulir yang diberikan secara lengkap terkait jadwal liburan Anda.
  6. Pilih tipe notifikasi yang diinginkan, bisa push notification atau e-mail.
  7. Buat pengaturan kapan notifikasi diberikan, semisal seminggu sekali atau saat ada harga tiket pesawat di bawah budget.
  8. Selesai! Klik Save, lalu tunggulah hingga notifikasi muncul dengan sendirinya di gadget Anda.

Online Check-in

Selain Price Alert, banyak pengguna Traveloka juga memakai fitur Online Check-in. Fitur ini memungkinkan Anda untuk check-in bahkan sebelum benar-benar tiba di hotel. Cukup dengan aplikasi saja, Anda bisa melakukan proses check-in mulai dari 24 jam sebelum keberangkatan. 

Nantinya, Anda bisa langsung masuk begitu tiba di hotel tanpa perlu repot-repot mengantri. Asyik, bukan? Untuk menggunakan fitur online check-in, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  1. Login di akun Traveloka.
  2. Pilih My Booking atau Online Check-In.
  3. Buka e-ticket.
  4. Isi detail check-in, pilih kursi atau kamar yang diinginkan.
  5. Klik “Check-In”. Selesai! Anda akan mendapat boarding pass di e-tiket untuk ditunjukkan kepada pegawai hotel yang bertugas.

Flight Status dan Airport Lounge

Traveloka memang tak henti-hentinya berinovasi. Selain booking tiket dan hotel, Traveloka juga menyajikan fitur pelayanan bandara yang dinamakan Flight Status dan Airport Lounge.

Flight Status dipakai untuk menginformasikan jadwal keberangkatan serta kedatangan pesawat. Anda juga bisa membagikan informasi kedatangan secara praktis via aplikasi ke orang-orang yang menjemput Anda di bandara. Cukup dengan melihat notifikasi saja, mereka sudah tahu kapan pesawat Anda tiba.  Berikut cara-cara menggunakan Flight Status:

  1. Buka aplikasi Traveloka, cari Flight Status di halaman beranda.
  2. Isi rincian penerbangan, rute, tanggal dank ode penerbangan.
  3. Klik “see status”. Semua informasi yang dibutuhkan akan muncul otomatis di layar.

Kemudian ada fitur Traveloka lainnya yaitu Airport Lounge. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda membeli tiket lounge bandara ketika check-in online menggunakan aplikasi Traveloka. Nantinya saat tiba di bandara, Anda bisa langsung menuju airport lounge dan menikmati beragam fasilitas menyenangkan seperti makan dan minum sepuasnya, WiFi gratis, hingga beristirahat di sofa sembari menonton TV.

On Booking Meal, Extra Baggage and Seat

Mayoritas bandara serta maskapai umumnya memberi pelayanan ekstra kepada pelanggannya, seperti makanan, kursi ternyaman, hingga tambahan bagasi untuk barang-barang yang Anda bawa. Traveloka juga memiliki penawaran khusus yang memungkinkan Anda merasakan semua fasilitas tersebut sekaligus.

Bagaimana caranya? Hanya dengan memesan tiket penerbangan di Traveloka, Anda sudah bisa memesanan layanan tambahan seperti makanan, tambahan bagasi dan pembungkusnya, hingga bebas memilih kursi yang diinginkan.

Traveloka Xperience

Inovasi terbaru terakhir dari Traveloka adalah Traveloka Xperience. Fitur Xperience menyediakan beragam jenis liburan ramah di kantong sekaligus paling pas dengan gaya hidup milenial kekinian. 

Fitur ini memiliki setidaknya 12 kategori hiburan yang dapat Anda akses, seperti bioskop, resto makanan dan minuman, spa dan kecantikan, layanan atraksi, event dan tour, olahraga, taman bermain, workshop, serta hiburan lain. Dengan melakukan pemesanan via Traveloka Xperience, Anda bisa mendapat beragam rekomendasi aktivitas seru sekaligus aneka diskon jalan-jalan. Tertarik untuk mencoba?

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Traveloka

aplikasi traveloka, sejarah traveloka, fitur traveloka

Tibalah kita di bagian terakhir dalam pembahasan tentang Traveloka travel agen nomor 1 se-Asia Tenggara! Memang tidak ada aplikasi yang benar-benar sempurna, termasuk Traveloka. Aplikasi Traveloka masih memiliki sejumlah kelebihan dari kekurangannya sendiri. Memahami dengan baik kelebihan serta kekurangan aplikasi ini akan membantu Anda nantinya dalam proses perencanaan liburan maupun perjalanan bisnis. Mari kita kupas lebih lanjut, yuk!

Kelebihan Aplikasi Traveloka

  • Beragam Pilihan Destinasi: Sebagai aplikasi travel agen terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka mempunyai basis data yang luas. Anda bisa menemukan lebih dari 100 mitra maskapai, baik lokal maupun internasional, serta ribuan pilihan akomodasi hotel di berbagai destinasi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan begitu, Anda memiliki beragam pilihan destinasi yang dapat disesuaikan dengan keinginan.
  • Harga Terjangkau: Traveloka selalu berusaha memberikan harga tiket travel dan akomodasi yang terjangkau untuk pelanggan. Selain itu, ada juga fitur Price Alert yang membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik sesuai dengan budget yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan liburan tanpa perlu khawatir akan biaya yang mahal.
  • Kemudahan dalam Pembayaran: Traveloka mendukung beragam metode pembayaran, termasuk transfer bank, kartu kredit, debit, dan Pay Later. Ini memberikan fleksibilitas dalam bertransaksi dan memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran sesuai dengan preferensi mereka.
  • Fitur Online Check-In: Fitur Online Check-In memungkinkan Anda untuk melakukan check-in secara online sehingga Anda tidak perlu lagi mengantri di bandara atau hotel. Ini menghemat waktu Anda dan membuat pengalaman perjalanan lebih nyaman.
  • Traveloka Xperience: Traveloka Xperience adalah tambahan yang luar biasa bagi pelancong yang ingin menjelajahi berbagai kegiatan wisata dan hiburan selama perjalanan. Dengan beragam kategori hiburan yang ditawarkannya, Anda dapat menemukan aktivitas yang sesuai dengan minat Anda dan bahkan mendapatkan diskon eksklusif.

Kekurangan Aplikasi Traveloka

  • Keterbatasan dalam Pilihan Hotel Internasional: Salah satu kekurangan yang dapat diidentifikasi adalah keterbatasan dalam pilihan hotel di luar Indonesia. Ini terutama relevan bagi mereka yang merencanakan perjalanan internasional. Meskipun Traveloka terus berkembang, beberapa pengguna mungkin merasa bahwa pilihan mereka terbatas saat mencari akomodasi di luar negeri. 
  • Beberapa Masalah Teknis: Beberapa pengguna juga telah melaporkan beberapa masalah teknis yang terjadi saat menggunakan Traveloka. Meskipun ini mungkin terjadi pada sebagian kecil pengguna, ini adalah aspek yang harus diperbaiki untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan tanpa hambatan.

Meskipun ada kekurangan, Traveloka tetap menjadi pilihan utama bagi banyak pelancong. Kelebihan aplikasi ini, seperti fitur Price Alert yang membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik, serta kenyamanan online check-in, membuatnya layak digunakan. Traveloka juga sering menawarkan berbagai diskon dan promo, menjadikan liburan Anda lebih terjangkau.

Terlepas dari beberapa kekurangan, Traveloka tetap menjadi pilihan yang kuat untuk merencanakan dan memesan perjalanan Anda. Dengan inovasi terus-menerus dan komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, tidak mengherankan bahwa Traveloka telah mendapatkan popularitas yang besar di Asia Tenggara.

Jadi, jika Anda berencana untuk pergi berlibur atau merencanakan perjalanan bisnis, Traveloka adalah teman yang dapat diandalkan. Unduh aplikasinya secara gratis dari Google Play Store atau App Store dan temukan sendiri semua manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi travel agen terkemuka di Asia Tenggara.

Dalam dunia yang terus berubah dan bergerak cepat ini, memiliki alat seperti Traveloka adalah hal yang sangat berharga. Ini tidak hanya mempermudah perjalanan Anda tetapi juga memberikan Anda akses ke berbagai penawaran dan pengalaman yang dapat mengubah liburan biasa menjadi petualangan yang tak terlupakan. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan Traveloka sebagai mitra perjalanan Anda selanjutnya dan nikmati kemudahan merencanakan perjalanan Anda.

Tips Cara Memilih Rekan Usaha Untuk Kelancaran Kemitraan Bisnis Online Anda

0
mitra usaha

Bagi Anda yang sedang mengembangkan sebuah bisnis, tidak ada salahnya untuk mengembangkan usaha Anda melalui mitra usaha. Tentunya hal ini sangat menguntungkan, tidak hanya dapat mengalami perluasan usaha, pendapatan pun akan semakin meningkat!

Artikel ini tidak hanya membahas bagaimana cara memilih mitra usaha yang baik, tetapi juga Anda yang bisa memperluas bisnis Anda dengan bekerja sama dengan karyawan, sehingga pantas disebut sebagai mitra usaha sampingan karyawan, asalkan Anda dapat menyesuaikan bisnis Anda dengan kebutuhan karyawan.

Bagaimana? Menarik, bukan? Mari simak liputannya yang satu ini!

Pengertian Mitra Usaha

mitra-usaha

Secara sederhana, mitra usaha berasal dari dari kata mitra dan usaha. Mitra adalah hubungan pertemanan, dimana didalamnya terdapat unsur pertemanan sekaligus kerja sama. Sementara usaha adalah bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau institusi untuk tujuan komersial.

Jadi mitra usaha adalah pertemanan sekaligus kerja sama yang dilakukan oleh seseorang untuk aktivitas bisnis demi mendapatkan keuntungan bersama.

Pada umumnya merupakan kerja sama yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang lebih besar dengan perusahaan-perusahaan yang lebih kecil, atau antar perusahaan yang sama skalanya.

Jadi, tidak harus antara perusahaan yang lebih besar dengan perusahaan yang lebih kecil. Biasanya, dilakukan dalam rentang waktu yang lama.

Tujuan adanya mitra usaha, pada umumnya, adalah untuk pertumbuhan ekonomi perusahaan, perluasan usaha, hingga hubungan sosial.

Mitra Usaha Karyawan

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, mitra usaha pada umumnya adalah kerja sama antara perusahaan yang lebih besar dengan perusahaan yang kecil, tetapi Anda juga dapat memanfaatkan karyawan sebagai mitra usaha Anda.

Karyawan identik dengan gaji tetap dan waktu yang terbatas, dikarenakan bekerja di suatu perusahaan. Dan dikarenakan tingkat kebutuhan yang kian melonjak setiap tahunnya, tentunya seorang karyawan membutuhkan kerjaan sampingan demi menambah penghasilan.

Anda bisa membantunya dengan menjadikannya sebagai mitra usaha!

Selain itu, tingkat kebutuhan yang tinggi yang disandingkan dengan tingkat penghasilan yang tetap, biasanya karyawan mencari mitra usaha tanpa modal yang sering tersebar di internet.

Anda pun dapat melakukan hal yang sama, misalnya dengan menyediakan alat-alat dan bahan baku, sekaligus tempat usaha, sehingga karyawan tidak perlu lagi keluar modal. Bahkan ikut membayarkan biaya air dan listrik, sehingga karyawan hanya perlu fokus untuk mengembangkan usaha, sehingga dapat memberikan hasil untuk Anda.

Bisnis yang biasanya dapat dilakukan oleh karyawan pada umumnya jenis bisnis yang dapat dilakukan diluar jam kerja atau saat jam istirahat, misalnya agen pulsa, agen pegadaian, bisnis online, atau bahkan penulis lepas. Sehingga karyawan dapat menjadikannya sebagai bisnis sampingan demi menambah penghasilannya.

Ciri Mitra Usaha

mitra-usaha-1

Setelah Anda memutuskan untuk memiliki mitra usaha, maka terdapat sejumlah ciri mitra usaha yang harus Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut!

1. Adanya Jalinan Kerja Sama

Dengan mitra bisnis, sudah pasti terjadi kerja sama, dan kerja sama ini harus ditandai dengan dokumen perjanjian yang dilindungi hukum. Di dalam dokumen perjanjian tersebut tercantum hubungan kerja sama tertulis sekaligus hal-hal penting lainnya, misalnya tujuan yang ingin dicapai bersama. Jadi perusahaan yang bekerja sama tersebut harus beroperasional demi kerja sama tersebut!

2. Pengembangan Usaha Kecil

Mitra bisnis biasanya terjadi antara perusahaan yang lebih besar dengan perusahaan yang lebih kecil, dalam hal modal maupun hal lainnya terkait dengan operasional perusahaan. Dengan adanya hubungan mitra ini, harapannya adalah perusahaan kecil ini dapat dibina dan dikembangkan oleh perusahaan yang lebih besar.
Dan hubungan kerja sama ini semakin lama semakin dapat ditingkatkan. Tentunya hal ini akan membuat perusahaan kecil dapat terus bertahan dalam kondisi apa saja, dan tujuan perusahaan tetap dapat dicapai. Demikian juga bagi perusahaan besar, omset penghasilannya juga akan semakin bertambah.

3. Saling Menguntungkan!

Pada umumnya terjalin suatu motivasi bersama, dimana pada umumnya adalah keuntungan yang diperoleh oleh masing-masing perusahaan. Melalui kerja sama ini, diharapkan keuntungan yang diperoleh dapat maksimal.
Oleh karena itu, sudah pasti akan selalu diusahakan dengan saling memberikan dukungan dan kekuatan. Dengan demikian, diharapkan dapat selalu memberikan keuntungan antara ke dua belah pihak sehingga masing-masing perusahaan dapat tetap berdiri.

Bagaimana Memilih Mitra yang Baik?

Setelah memahami apa yang harus dilakukan pada mitra sehingga dapat dikatakan sebagai mitra  bisnis Anda, Anda pun memerlukan kriteria untuk memilih mitra yang baik.

Same Passion!

Carilah mitra bisnis yang memiliki passion sama, karena dipastikan akan mengalami persamaan visi, sehingga dapat menghindarkan Anda dari hal-hal buruk saat kemitraan Anda sedang berjalan. Sebagai contoh, Anda ingin membuka restoran, maka carilah mitra yang memiliki passion di bidang makanan dan minuman, sehingga restoran Anda tidak akan berhenti di tengah jalan.

Utamakan Kejujuran!

Demi mendapatkan profit dari perusahaan, memerlukan waktu yang tidak sebentar, karena itu kejujuran sangat dipentingkan disini, sebab ini akan memengaruhi jalan usaha Anda. Jujur bukan hanya dalam hal keuangan, tetapi juga dalam hal keterbukaan antara satu sama lain. Semakin terbuka antara Anda dengan mitra Anda, hubungan Anda pun semakin baik.

Kapabilitas yang Tinggi!

Kapabilitas diartikan sebagai kemampuan atau keterampilan dalam menjalankan bidang usaha yang akan ditekuni, dan hal ini sangat diperhatikan. Apabila Anda tidak memilih rekan yang tidak capable, bisa jadi usaha yang Anda jalankan akan tidak berhasil. Sebaliknya, jika rekan Anda sangat capable di bidangnya, sudah dipastikan bisnis Anda mudah dijalankan dan potensi kesuksesan terbuka lebar!

Mau Bekerja Sama

Kata ‘mitra’ itu sendiri sudah mengacu pada suatu hubungan dan dengan demikian sudah dipastikan ada banyak kerja sama yang terjadi di depannya. Oleh karena itu, sudah dipastikan Anda harus mencari mitra yang terbuka dan mau bekerja sama.

Saling Mendukung

Dengan saling mendukung, artinya Anda dan mitra Anda sudah siap untuk mencapai tujuan bersama. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk saling menjatuhkan saat menghadapi sebuah masalah, apalagi saat bisnis Anda dan mitra Anda sedang berada dalam kondisi kurang baik.

Mau Menyelesaikan Konflik

Banyak kasus yang menunjukkan banyaknya mitra yang memilih mundur saat bisnis sedang dilanda bencana. Dengan demikian Anda butuh mitra yang bersedia bersama-sama sampai mendapatkan kesuksesan, dalam artian tahan banting, mau dilibatkan saat terjadi sebuah konflik atau masalah.

Punya Target Jelas!

Hal ini identik dengan passion yang dimiliki, sehingga terbentuklah tekad yang bulat, dan pada akhirnya memiliki target yang jelas dalam menjalankan sesuatu. Dan ini termasuk dalam hal bermitra dengan Anda!

Mengapa Banyak Hubungan Mitra Bisnis Gagal?

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, ada beberapa kriteria yang dibutuhkan dalam memilih partner kerja yang tepat Anda, sehingga dapat dipastikan jika partner Anda tidak memenuhi kriteria tersebut bisnis Anda akan gagal di tengah jalan.

Namun, ada banyak faktor lain yang menyebabkan sebuah kemitraan gagal di tengah jalan. Sebagai contoh, kepribadian yang tidak cocok. Kepribadian yang terlalu kontras dapat memperkuat perbedaan pendapat sekaligus konflik. Terkadang Anda harus mengevaluasi kepribadian calon partner Anda apabila Anda belum berkenalan dengan baik, melalui sebuah wawancara kerja. Meskipun terkadang perbedaan kepribadian juga bisa menjadi keuntungan, asalkan terdapat visi yang sama dalam bisnis Anda.

Selain itu terdapat sejumlah faktor lain, seperti pembagian tugas yang kurang adil antara Anda dengan business partner Anda, hingga kurangnya kesuksesan yang terjadi dalam bisnis Anda. Tentunya semua ini mempengaruhi hubungan yang terjadi dengan mitra bisnis Anda. Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis Anda sangatlah dibutuhkan! Bukan hanya sekedar memilih partner terbaik! Dengan begitu bisnis Anda dapat berjalan  sempurna.

Demikian informasi mengenai mitra bisnis yang tentunya semakin menambah wawasan Anda mengenai bagaimana perluasan usaha sebaiknya dilakukan, yang tentunya melalui kemitraan. Tentunya informasi ini bermanfaat untuk Anda semua dan selamat bermitra!

Yuk Belajar Contoh Struktur Organisasi dalam Sebuah Perusahaan!

0
contoh struktur organisasi perusahaan

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana struktur sebuah perusahaan? Biasanya saat diterima sebagai karyawan baru, Anda akan diperkenalkan terlebih dahulu dengan susunan organisasi perusahaan tersebut. Pemahaman terkait struktur perusahaan ini tergolong penting sebab akan membantu Anda memahami jalur serta tingkatan koordinasi milik organisasi.

Setiap perusahaan memiliki contoh struktur organisasi perusahaan yang berbeda-beda. Seperti apa bentuk-bentuknya? Bagaimana pula cara membuat contoh struktur organisasi perusahaan kecil milik sendiri? Yuk langsung simak artikel berikut ini terkait contoh struktur organisasi perusahaan kecil dan jasa!

Apa Itu Struktur Organisasi Perusahaan?

struktur-organisasi

Pernahkah Anda merasa kesulitan saat menentukan alur koordinasi dan perintah dalam perusahaan yang Anda miliki? Jika iya, maka sudah pasti Anda memerlukan susunan struktur organisasi perusahaan. Apa itu struktur organisasi perusahaan?

Struktur organisasi adalah susunan jabatan disertai jalur-jalur koordinasi serta tanggung jawab yang dibuat sedemikian rupa. Umumnya, struktur ini dibangun dalam bentuk bagan untuk mempermudah saat dibaca.

Perusahaan yang dilengkapi dengan contoh struktur organisasi perusahaan akan membantu para manajer dan pekerja memahami garis koordinasi serta kepada siapa mereka bertanggung jawab saat bekerja.

Contoh struktur organisasi perusahaan yang baik biasanya memuat penempatan orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Susunan ini juga bisa memudahkan bagian HRD untuk memahami posisi setiap karyawan sekaligus menentukan besaran gaji mereka.

Sebagai catatan penting, setiap perusahaan memiliki contoh struktur organisasi perusahaan yang berbeda. Struktur organisasi milik Perseroan Terbatas (PT) tentunya akan berbeda jika dibandingkan contoh struktur organisasi perusahaan jasa ataupun perusahaan kecil.

Struktur milik PT umumnya memuat susunan para direksi, pemegang saham dan komisaris. Namun contoh struktur organisasi perusahaan kecil, susunan jabatannya bisa lebih sederhana seperti pemilik, manajer, dan pegawai.

Setiap isi contoh struktur organisasi perusahaan berbeda-beda, tergantung pada kepentingan dan kebutuhan perusahaan, serta divisi-divisi apa yang terlibat dalam pekerjaan. Akan tetapi penyusunan struktur organisasi perusahaan pada dasarnya sama saja. Bagaimana caranya? Yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya!

5 Komponen yang Wajib Ada dalam Struktur Organisasi Perusahaan

Bagaimana cara membuat struktur organisasi perusahaan yang baik? Kunci jawabannya terletak pada penyusunan setiap posisi dalam struktur. Jika susunan posisi diatur dengan baik, maka struktur organisasi perusahaan Anda akan otomatis benar. Jadi, Anda harus cermat dalam menempatkan seseorang pada divisi kerja yang tepat.

Secara garis besar, ada 5 komponen yang wajib dalam struktur organisasi milik perusahaan. Semua komponen ini bersifat general dan dapat dimasukkan ke dalam contoh struktur organisasi perusahaan jasa, perusahaan kecil, dan lainnya.

Pimpinan

Pimpinan umumnya menduduki posisi teratas dalam semua bagan struktur organisasi perusahaan. Posisi pimpinan bisa diduduki oleh pemilik perusahaan, direktur utama, jajaran direksi, pemegang saham, ataupun kepala perusahaan cabang untuk kantor-kantor cabang.

Pimpinan merupakan orang-orang dengan kuasa tertinggi untuk membuat kebijakan sekaligus memiliki tanggung jawab terbesar atas keberlangsungan perusahaan.

Kepala Keuangan

Selanjutnya adalah kepala keuangan. Kepala keuangan bertugas mengatur keseimbangan keuangan dan anggaran milik perusahaan dibantu oleh staf-stafnya. Ia juga bertanggung jawab untuk membuat prosedur pelaksanaan keuangan yang rinci, dan melakukan evaluasi terhadap profit maupun defisit perusahaan.

Manajer

Manajer adalah orang-orang yang bertugas me-manage atau mengatur operasi perusahaan. Mereka bertanggung jawab membuat keputusan, memberi arahan, mencetuskan inovasi, sekaligus merancang sistem kerja efisien untuk perusahaan.

Ada beragam tipe manajer berdasarkan bidang-bidang kerja yang difokuskan, seperti manajer produksi dan pabrik, manajer personalia, manajer keuangan, hingga manajer pemasaran. Biasanya, semakin besar dan banyak divisi milik perusahaan maka akan semakin banyak posisi manajer yang dibutuhkan. Begitupun sebaliknya.

Secara ringkas, berikut ini adalah tanggung jawab setiap manajer:

  • Manajer Produksi dan Pabrik: Bertanggung jawab atas proses produksi dan segala kebutuhan pabrik terkait pembuatan produk.
  • Manajer Personalia: Bertugas mengorganisir segala proses administrasi perusahaan, termasuk perekrutan karyawan baru.
  • Manajer Keuangan: Bekerja mengatur aktivitas keuangan perusahaan, keseimbangan finansial, hingga pembukuan kas.
  • Manajer Pemasaran: Bertanggung jawab melakukan riset pasar serta merancang strategi pemasaran yang efektif.

Pergudangan dan ADM

Bagian ini bertugas mengontrol serta mendata setiap transaksi dan administrasi perusahaan. Divisi ini disusun oleh staf-staf yang terlibat langsung dalam transaksi dan pelaporan, seperti staf akunting, CMT, dan kasir.

Divisi Karyawan

Karyawan menduduki posisi paling bawah dalam struktur organisasi suatu perusahaan. Setiap karyawan memiliki jobdesc yang berbeda-beda, tergantung pada divisi dimana ia bekerja.

Semua bagian di atas umumnya tercantum dalam struktur organisasi perusahaan. Meskipun begitu, Anda masih tetap bisa menambahkan divisi serta posisi di luar bagian-bagian di atas, mengingat setiap perusahaan memiliki divisi yang berbeda-beda. Intinya, selalu sesuaikan bagan perusahaan Anda dengan kebutuhan serta fakta di lapangan, ya!

Manfaat Struktur Organisasi untuk Perusahaan Anda

Mengapa kita perlu memiliki struktur organisasi perusahaan? Meski hanya berupa bagan, rupanya struktur organisasi memegang peranan penting bagi perusahaan. Beberapa manfaat struktur organisasi adalah:

Mempertegas Garis Koordinasi antar Pekerja

Manfaat pertama struktur organisasi adalah memperjelas garis koordinasi antar elemen dalam perusahaan. Semakin besar sebuah perusahaan, biasanya akan ada semakin banyak orang bekerja di dalamnya. Hal ini lantas berimbas pada sistem koordinasi yang bisa menjadi semakin panjang dan rumit.

Oleh sebab itu, struktur organisasi perusahaan diperlukan guna mempermudah setiap orang mengetahui kepada siapa mereka dapat berkoordinasi dan bertanggung jawab. Struktur juga akan mempertegas posisi masing-masing elemen perusahaan, sehingga meminimalisir terjadinya pemberian perintah keluar jalur atau tidak pada divisi yang sesuai.

Mempermudah HRD untuk Menentukan Gaji

Struktur organisasi juga dapat membantu banyak tugas HRD, mulai dari penempatan karyawan hingga penentuan besaran gaji. Seorang HR harus mempelajari susunan struktur perusahaan agar bisa memosisikan setiap karyawan dalam divisi yang tepat.

Bagan juga akan membantu HR membuat rentang perkiraan gaji setiap pekerja, sebab setiap posisi pekerjaan pastinya memiliki beban dan tanggung jawab yang berbeda. Biasanya, semakin tinggi posisi seseorang dalam struktur, maka akan semakin besar tanggung jawab plus gaji yang ia dapatkan.

Menjadi “Insight” Jenjang Karir

Hampir semua pegawai yang bekerja di sebuah perusahaan mengejar jenjang karir. Namun setiap perusahaan memiliki perkembangan jenjang karir yang berbeda-beda. Mengamati struktur organisasi perusahaan pun menjadi jalan terbaik untuk mengetahui pasti jenjang karir di perusahaan tempat Anda bekerja.

Perhatikan baik-baik susunan dari posisi terbawah hingga ke atas. Dengan begitu, Anda sudah bisa mendapatkan “insight” atas jenjang karir yang tersedia di perusahaan tempat Anda bekerja.

Memperjelas Jobdesc Setiap Karyawan

Manfaat terakhir dari struktur organisasi perusahaan adalah memperjelas jobdesc setiap karyawan. Setiap divisi tentunya memiliki tanggung jawab dan pekerjaan yang berbeda-beda. Dengan mempelajari susunan struktur organisasi perusahaan, Anda bisa memahami kepada siapa Anda bertanggung jawab sekaligus apa-apa saja pekerjaan yang harus diurusi oleh divisi Anda. Jadi, Anda bisa mengcegah terjadinya konflik internal seperti mengerjakan pekerjaan yang keliru dan tak sesuai tanggung jawab divisi, ataupun salah berkoordinasi dengan atasan.

Contoh Struktur Organisasi untuk Perusahaan

Anda telah mempelajari banyak hal terkait struktur perusahaan. Lantas seperti apa contoh struktur organisasi perusahaan yang bisa Anda buat? Tidak perlu repot-repot, Anda bisa membuat struktur sederhana seperti contoh bagan ini:

struktur perusahaan

Demikianlah pembahasan kali ini terkait contoh struktur organisasi perusahaan jasa dan perusahaan kecil. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menyusun struktur organisasi untuk perusahaan Anda, ya! Jangan lupa untuk mengecek artikel informatif plus bermanfaat lainnya dari kami.

[business-about]

Tips Langkah-Langkah Mengatasi Connection Timeout

0
connection time out

Salah satu kesalahan yang paling menjengkelkan adalah ketika koneksi internet Anda habis, dan Anda tidak dapat mengakses halaman web tertentu. Anda akan melihat pesan di layar “Halaman web tidak tersedia”. Kesalahan ini umumnya terjadi jika ada masalah pada koneksi internet, dan halaman tidak dapat dimuat. Anda dapat melihat pesan di layar Anda dengan nama kesalahan ini.

Ketika situs web atau halaman web membutuhkan waktu terlalu lama untuk merespons, atau waktu koneksi habis, maka Chrome menyarankan tiga cara untuk menghilangkan kesalahan:

  • Memeriksa koneksi
  • Memeriksa proxy dan firewall
  • Menjalankan diagnostik jaringan windows

Ini adalah solusi terbatas yang tidak berfungsi dengan baik untuk mengatasi masalah ini. Anda perlu mengambil tindakan lebih lanjut untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda tidak tahu tentang solusi lain, Anda akan mendapatkan semua ini di artikel ini.

Kami menyediakan metode terbaik untuk menghapus kesalahan dari browser Anda.  Anda tidak perlu khawatir karena solusi ini tidak memerlukan keahlian apa pun. Anda dapat menggunakan metode ini sendiri. Berikut ini kami akan memberikan langkah-langkah atau cara mengatasi connection timeout. Yuk simak informasi selengkapnya!

Apa Itu Connection Timeout?

connection-timeout1

Connection timeout server berarti bahwa server terlalu lama membalas permintaan data yang dibuat dari perangkat lain. Timeout bukanlah pesan balasan. Ini muncul saat tidak ada balasan dan permintaan server tidak dipenuhi dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Connection timeout error server tidak banyak memberi tahu Anda apa yang salah atau mengapa kesalahan itu terjadi. Itu hanya mengidentifikasi bahwa kesalahan itu terjadi. Connection timeout error dapat terjadi karena sejumlah alasan. Server, perangkat yang meminta, perangkat keras jaringan, dan bahkan koneksi Internet bisa jadi salah.

Penyebab Connection Timeout

Penyebab kesalahan dapat memberi tahu banyak hal tentang masalah yang membantu mendapatkan solusi yang sesuai untuk masalah tersebut. Saat kita berbicara tentang connection timeout error, maka Anda harus tahu tentang penyebab kesalahan ini sebelum mendapatkan jawabannya. Berikut beberapa alasan yang dapat menyebabkan masalah ini.

  • Server tidak dapat memproses permintaan yang dikirim oleh browser Anda
  • Server menjadi tidak responsif atau menunda dalam memberikan respon
  • Koneksi tidak terjalin antara server dan browser
  • URL tidak valid
  • Koneksi internet terbatas atau tidak ada akses

Ini bisa menjadi penyebab yang mungkin untuk masalah waktu koneksi habis. Jadi kita perlu fokus pada koneksi internet. Metode kami akan terkait dengan masalah ini. Lihat tekniknya dan coba yang cocok untuk Anda.

Cara Mengatasi Connection Timeout

connection-timeout-2

Kami memiliki berbagai metode untuk mengatasi masalah ini berdasarkan alasan di balik kesalahan tersebut. Cara terbaik untuk menghilangkan kesalahan tersebut adalah dengan mendapatkan solusi yang sesuai.

Anda dapat mulai menggunakan metode pertama dan jika tidak berhasil mengatasi masalah, lanjutkan ke solusi lain. Coba sampai masalah Anda diberantas. Selain itu, gunakan metode ini dengan hati-hati dan ikuti setiap langkah. Berikut cara yang bisa Anda gunakan.

Metode 1 : Hapus data penjelajahan dan cache dari browser

Masalah terkait cookie dan cache selalu menimbulkan masalah dalam membangun koneksi antara server dan browser. Metode satu-satunya untuk menghapus masalah ini adalah menghapus data penelusuran dari awal.

Terkadang kita mengunjungi halaman web, dan cache-nya dibuat di browser kami. Cache itu sekarang menahan kita untuk membuat koneksi dengan situs web. Untuk menghapus cache dari perangkat Anda. Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukan tugas ini, lihatlah

  1. Buka Google Chrome dan masukkan URL Chrome: //settings/clearBrowserData
  2. Pindah ke tab lanjutan dan ubah juga rentang waktu dari awal
  3. Centang semua opsi terutama Cookies dan opsi terkait cache
  4. Klik tombol Hapus data

Dengan cara ini, Anda akan membersihkan cache dan riwayat dari perangkat Anda. Sekarang periksa apakah halaman web sedang dimuat atau tidak. Jika Anda masih mendapatkan masalah, coba metode lain.

Metode 2 : Ubah pengaturan LAN

Beberapa pengaturan internet mungkin dipengaruhi oleh virus atau mungkin Anda telah melakukan beberapa perubahan secara tidak sengaja. Jadi lebih baik ubah pengaturan ini.

  1. Buka panel kontrol dengan menggunakan menu mulai
  2. Sesuaikan tampilan menurut kategori menjadi ikon besar dan klik Opsi Internet
  3. Pindah ke tab koneksi dan klik tombol pengaturan LAN
  4. Sekarang hapus centang semua opsi yang diberikan di konfigurasi otomatis dan bagian server proxy
  5. Klik OK
  6. Mulai ulang browser dan mulailah berselancar

Jika Anda kembali mendapatkan kesalahan, maka pengaturan proxy dan LAN bukanlah alasan di balik masalah ini. Jadi pindah ke metode lain.

Metode 3 : Ubah file host windows

Ini hanya berlaku untuk satu kesalahan situs web karena file host mungkin yang menyebabkan masalah. Jadi perbaiki masalah file host dengan membuat perubahan di dalamnya. ikuti langkah-langkah jika Anda tidak tahu cara memodifikasi file host windows

  1. Buka menu mulai lalu pilih semua program> aksesori
  2. Sekarang klik kanan pada notepad dan pilih “run as administrator”
  3. Jendela Notepad akan muncul di layar. Klik pada menu file dan pilih buka dari daftar
  4. Pilih semua jenis dari menu drop-down yang diberikan di sudut kanan bawah jendela
  5. Klik pada host dari daftar
  6. Jika ada alamat IP atau nama host situs web setelah baris tanda # terakhir, hapus alamat itu atau semua data yang diberikan setelah baris # akhir
  7. Simpan perubahan dan mulai ulang browser Anda

Jika masalahnya masih ada, coba metode lain nanti.

Metode 4 : Perbarui dan Hapus DNS

Ada kemungkinan bahwa masalah DNS dan IP membatasi koneksi antara server dan browser sehingga Anda harus menghapus masalah ini dengan flush DNS dan memperbaharui IP. Ini bukanlah tugas yang sulit untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah terperinci yang akan mempermudah Anda.

  1. Tekan tombol logo Windows + tombol R secara bersamaan untuk membuka kotak dialog Run
  2. Ketik cmd di kotak dialog run dan klik tombol OK
  3. Di jendela command prompt ketik perintah yang diberikan di bawah ini
    • ipconfig /flushdns
    • ipconfig /registered
    • ipconfig /release
    • ipconfig /renew
    • netsh Winsock reset

Jangan lupa tekan enter setelah mengetik setiap perintah dan ketik perintah dengan urutan yang sama. Mulai ulang komputer Anda setelah menutup prompt perintah.

Jika masalah tidak teratasi, gunakan solusi berikutnya. Ini pasti akan membantu Anda karena pengaturan firewall atau antivirus mungkin bertanggung jawab atas masalah ini.

Metode 5 : Periksa pengaturan firewall dan antivirus

Firewall dan antivirus tampaknya sering memblokir beberapa situs web ketika mereka memiliki tanda tanya tentang kredibilitas situs web tersebut. Firewall menahan koneksi dengan server dan tidak mengizinkan Anda mengakses halaman web.

Ini membantu dalam melindungi perangkat Anda dari file berbahaya. Jika Anda mengetahui bahwa situs web tersebut aman, maka Anda dapat mematikan firewall dan mengakses situs web tersebut. Dan itu adalah kasus yang sama dengan antivirus karena Anda dapat menghapus perangkat lunak untuk mengakses situs web.

Anda disarankan untuk mengaktifkan firewall dan antivirus setelah pekerjaan Anda selesai. Jika tidak, perangkat Anda akan berisiko. Perisai dimatikan jika menimbulkan masalah dalam pekerjaan, tetapi Anda tidak boleh lupa bahwa itu melindungi Anda dari benda berbahaya. Jadi buat kemungkinan perubahan dalam pengaturan firewall dan antivirus tetapi ubah setelah selesai bekerja.

Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel menarik lainnya. Semoga artikel yang kami sajikan di Markey selalu bermanfaat untuk Anda!

Konsolidasi Adalah : Ciri-Ciri, Tujuan dan Contohnya

0
konsolidasi adalah

Banyak cara dilakukan oleh pengusaha dalam upaya memajukan usahanya. Mulai dari pembukaan cabang baru, bekerja sama dengan perusahaan lain, hingga melakukan konsolidasi. Konsolidasi adalah bentuk kerja sama yang dilakukan antar pemilik usaha untuk menggabungkan usaha mereka dan membuka usaha baru dengan membubarkan usaha sebelumnya.

Penggabungan ini juga dilakukan tanpa proses likuidasi terlebih dahulu. Mau tau lebih jauh tentang konsolidasi? Mulai dari pengertian, ciri-ciri, tujuan, hingga contohnya akan kami bahas pada artikel kali ini. Jadi, ikuti terus hingga akhir ya.

Pengertian Konsolidasi

Pengertian konsolidasi secara umum ialah suatu tindakan atau upaya yang dilakukan untuk menyatukan atau menggabungkan dengan tujuan memperkuat dan memperteguh hubungan antara dua kelompok atau lebih.

Hal ini dilakukan agar terbentuk persatuan yang lebih kuat. Sementara dalam dunia bisnis, konsolidasi adalah peleburan atau penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi perusahaan baru. Di mana perusahaan baru yang terbentuk ini akan mengambil alih seluruh hak dan kewajiban dari setiap perusahaan yang dileburkan atau digabungkan. Penggabungan yang dilakukan ini tanpa proses likuidasi terlebih dahulu.

Dalam perkembangannya, tolak ukur yang dijadikan patokan adalah kebutuhan masyarakat yang terus bertambah setiap harinya sehingga bermunculan media atau perusahaan yang semakin beragam. Keberagaman jenis perusahaan ini semakin terlihat jelas dengan berbagai orientasi yang berbeda satu sama lainnya, namun dengan hampir seluruhnya memiliki tujuan yang sama, yaitu keuntungan.

Ciri-ciri Konsolidasi

konsolidasi-1

Konsolidasi adalah sesuatu yang memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan proses penggabungan perusahaan yang dilakukan dengan cara lainnya. Berikut ciri-ciri atau karakteristik konsolidasi yang harus Anda pahami:

  1. Dalam konsolidasi akan terjadi peleburan atau merger dari dua atau lebih perusahaan yang kemudian akan membentuk satu perusahaan yang baru.
  2. Ciri kedua konsolidasi adalah setiap perusahaan lama yang bergabung dalam konsolidasi ini akan melalui proses pembubaran tanpa adanya proses likuidasi terlebih dahulu.
  3. Ciri selanjutnya ialah, perusahaan baru yang dilakukan tindak penggabungan oleh beberapa perusahaan harus memiliki status hukum yang baru.
  4. Desain ataupun konsep pembuatan konsolidasi harus terlebih dahulu disetujui oleh RUPS pada masing-masing perusahaan.
  5. Pada setiap perusahaan yang melakukan penggabungan maka semua aset dan liabilitas perusahaan akan otomatis beralih pada perusahaan baru yang dibentuk.
  6. Konsep dalam akta konsolidasi yang telah disetujui dalam RUPS kemudian dimasukkan dalam akta konsolidasi. Pembuatan akta ini dilakukan dihadapan notaris dengan menggunakan bahasa Indonesia.
  7. Perusahaan yang telah melakukan konsolidasi selanjutnya akan mempunyai status badan hukum pada waktu tanggal diterbitkannya keputusan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tentang perusahaan yang telah bergabung tanpa melalui proses likuidasi.

Tujuan Dilakukannya Konsolidasi

Ada beberapa alasan yang membuat perusahaan akhirnya memilih melakukan konsolidasi. Tujuan dilakukannya konsolidasi ialah:

1. Memperbesar Perusahaan

Tujuan utama yang diharapkan perusahaan dalam melakukan konsolidasi adalah memperbesar skala perusahaan. Dengan adanya penggabungan yang dilakukan perusahaan maka tentunya akan menguntungkan semua pihak yang melakukan konsolidasi.

Hal ini karena perusahaan yang melakukan konsolidasi akan memiliki kesempatan lebih besar untuk berkembang serta memperkuat daya saing perusahaan.

2. Kesehatan Perusahaan

Yang dimaksud kesehatan perusahaan ialah terkait pelaporan atau kinerja dengan tolak ukur yang telah ditetapkan oleh Bank Sentral. Biasanya hal ini terjadi pada perusahaan yang menjalankan bisnis perbankan.

Apabila suatu bank telah dinyatakan tidak sehat oleh Bank Sentral, maka bank tersebut akan melakukan penggabungan dengan bank lainnya. Penggabungan terbaik yang dapat dilakukan dengan bergabung bersama bank lain yang masih berstatus sehat.

3. Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Tujuan berikutnya yang ingin diraih oleh perusahaan yang melakukan konsolidasi adalah meningkatkan efesiensi kinerja dalam sebuah perusahaan. Hal ini dapat terjadi karena dengan melakukan peleburan, dua atau lebih perusahaan tersebut akan bergabung menjadi satu.

Sehingga proses kinerja hanya berasal dari satu sumber. Sumber yang dipilih tentunya yang paling efektif. Tentunya cara ini akan jauh lebih efisien dibandingkan dengan dijalankan oleh dua perusahaan yang berbeda namun memiliki satu tujuan.

4. Mengurangi Tingkat Risiko Persaingan

Tujuan berikutnya dengan adanya kegiatan ini ialah jumlah pesaing yang ada dalam pasar akan mengalami pengurangan. Hal ini tentunya secara otomatis akan mengurangi risiko persaingan sekaligus meningkatkan profit yang diperoleh perusahaan yang melakukan konsolidasi.

5. Memberi Jaminan Pasokan, Penjualan, serta Distribusi

Perusahaan yang melakukan konsolidasi akan memperoleh jaminan pasokan, penjualan, serta distribusi. Dalam hal ini, jaminan yang dimaksud adalah perusahaan yang melakukan konsolidasi tidak perlu khawatir akan kehabisan stok barang atau proses produksi hingga penjualan.

Hal ini karena sebelum melakukan konsolidasi tentunya telah mempunyai pemasok, konsumen tetap, sampai dengan distributor masing-masing. Dengan begitu tentunya setelah melakukan peleburan akan lebih terjamin.

6. Diversifikasi Produk atau Jasa

Tujuan terakhir perusahaan melakukan konsolidasi adalah mudahnya melakukan diversifikasi terkait produk, baik berupa barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Hal ini karena setiap perusahaan memiliki ciri khas tersendiri dan juga telah memiliki pangsa pasar masing-masing. Ke depannya, yang akan terjadi ialah upaya setiap perusahaan untuk saling memperkokoh dan memperkuat hubungan antar perusahaan.

Contoh Perusahaan yang Melakukan Konsolidasi

konsolidasi-2

Pembahasan terkait contoh perusahaan yang melakukan konsolidasi kali ini adalah perusahaan yang sudah tidak asing lagi untuk Anda. Perusahaan tersebut adalah Bank Mandiri. Salah satu bank terbesar di Indonesia ini ternyata berdiri atas hasil konsolidasi yang dilakukan oleh empat bank. Empat bank tersebut ialah Bank Bumi Daya, Bank BDN, Bank Bapindo, serta Bank Ekspor Impor. Konsolidasi yang dilakukan oleh empat bank ini dilakukan pada tahun 1998.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsolidasi dilakukan tanpa proses likuidasi, begitu juga dengan keempat perusahaan ini. Namun kendati demikian, setiap perusahaan harus memiliki status hukum yang resmi dan jelas.

Selanjutnya, seluruh aktiva maupun pasiva yang dimiliki oleh setiap perusahaan, ketika melakukan konsolidasi akan beralih ke perusahaan baru, yang merupakan hasil dari penggabungan yang dilakukan.

Nah, apakah dengan contoh di atas Anda dapat memahami dengan baik konsolidasi dalam dunia bisnis? Konsolidasi adalah jalan yang baik dan solusi yang cukup baik bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis atau perusahaan Anda. Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan konsolidasi ialah mencari rekanan yang memiliki citra dan bisnis yang baik.

Hal lainnya yang akan menjadi tantangan ialah memperkenalkan perusahaan baru yang terbentuk kepada masyarakat luas. Hal ini tentunya bergantung dari strategi yang Anda lakukan. Waktu yang dibutuhkan untuk memperkenalkan perusahaan umumnya cukup lama, namun tergantung juga pada cara yang Anda lakukan. Sekian pembahasan kali ini terkait konsolidasi, terima kasih telah mengikuti hingga akhir. Sampai jumpa di artikel berikutnya, semoga bermanfaat.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Interpersonal Skill : Tips Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

0
interpersonal skill

Saat duduk di bangku sekolah, ada kalanya kita diberitahu bahwa mengembangkan interpersonal skill adalah hal yang penting. Namun masih banyak orang mengabaikan pentingnya mengembangkan kecerdasan interpersonal. Faktanya, memiliki kecerdasan interpersonal adalah salah satu kunci sukses menapaki jenjang karir profesional.

Apa itu kecerdasan interpersonal? Bagaimana cara mengembangkannya agar kita sukses di dunia kerja? Mari simak bersama pembahasan lengkap terkait keterampilan interpersonal berikut ini.

Apa itu Interpersonal Skill dan Mengapa Penting Bagi Anda?

interpersonal skill

Topik interpersonal skill seringkali kita dengar di sekolah ataupun kelas-kelas seminar pengembangan diri. Konon, mempunyai kecerdasan interpersonal adalah hal yang wajib, sebab dapat mengantarkan kita pada kesuksesan. Apakah benar begitu? Jawabannya tentu saja “iya”.

Interpersonal skill merupakan keterampilan seseorang saat berinteraksi dengan orang lain. Skill ini mencakup kecerdasan komunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain, seperti rekan kerja, atasan, bawahan, dan lain-lain.

Seseorang dengan kemampuan komunikasi interpersonal adalah mereka yang mampu mengutarakan ide-ide dengan baik. Komunikasi interpersonal adalah jenis percakapan yang dibangun oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Kecakapan komunikasi interpersonal adalah hal yang cukup luas. Ini disebabkan sifat dari komunikasi yang mencakup verbal ataupun non-verbal. Dengan komunikasi, semua orang bisa mengekspresikan perasaan dan pendapat mereka kepada orang lain. Alhasil, memiliki skill komunikasi interpersonal merupakan hal yang amat penting.

Kemampuan interpersonal tak hanya mencakup berbicara saja, melainkan proses mendengarkan dan memahami lawan bicara saat mereka berpendapat. Jadi, untuk benar-benar memiliki skill interpersonal yang baik, Anda harus mempelajari cara-cara merespon dan mengenali perasaan dan sikap dari orang lain. Dari sinilah Anda bisa membangun hubungan interpersonal yang baik dengan orang di sekitar Anda.

Faktor-Faktor Interpersonal Skill

interpersonal skill

Tujuan utama memiliki interpersonal skill adalah menciptakan hubungan antar manusia yang harmonis. Mempunyai hubungan yang baik di lingkungan sekolah ataupun pekerjaan akan memberikan Anda banyak relasi dan beragam keuntungan lainnya. Namun bagaimana cara membangun hubungan interpersonal?

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi terbentuknya hubungan interpersonal. Berikut beberapa faktor tersebut.

Feedback

Salah satu faktor dalam hubungan interpersonal adalah kemampuan memberikan feedback kepada lawan bicara. Kemampuan merespon orang lain menunjukkan seberapa baik Anda memahami situasi dan dampak perbuatan Anda kepada orang lain. Feedback dapat diberikan dalam beragam bentuk, seperti pujian, nasehat, hingga bantuan atas masalah.

Mendengar

Banyak orang menyepelekan perkara mendengarkan orang lain. Masih banyak orang berpikir bahwa mendengar hanya sebatas menyimak suara menggunakan telinga. Padahal, menjadi pendengar yang baik memerlukan proses latihan.

Saat mendengar, Anda harus mampu mencerna, menerjemahkan pesan, bahkan dalam kasus tertentu harus memosisikan diri sebagai orang berbicara. Segera tanamkan pemahaman untuk tidak menyepelekan soal mendengarkan. Sebab, kunci utama membangun hubungan interpersonal adalah mendengar dan memahami.

Teori Biologis

Faktor terakhir dalam hubungan interpersonal adalah teori biologis. Teori biologis merupakan teori yang berkaitan dengan hubungan antar manusia menggunakan anggota badannya. Memahami teori ini dapat mempermudah Anda untuk memahami sesama manusia guna menciptakan hubungan yang baik ke depannya.

Manfaat Menguasai Interpersonal Skill

Anda ingin memulai jenjang karir yang baik di tempat kerja atau ingin memiliki banyak relasi? Semua itu baru sebagian kecil dari manfaat menguasai skill interpersonal. Ada beragam manfaat dari memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Mudah Bergaul

interpersonal skill

Mudah bergaul adalah manfaat interpersonal skill yang paling mudah dirasakan. Anda akan bisa membangun hubungan yang harmonis, mudah berinteraksi dengan orang baru, sekaligus gampang mendapat teman. Anda akan diterima oleh siapa saja sebab mampu memahami posisi lawan bicara, serta memberikan timbal-balik berupa membagikan pengetahuan kepada mereka.

Di dunia kerja, skill interpersonal akan menjadikan Anda mudah beradaptasi dan diterima oleh para pekerja lain. Bahkan dengan skill komunikasi yang baik, Anda pun bisa menjadi dekat dengan atasan di kantor.

Kesempatan ini tentunya akan membuka peluang lebih besar untuk Anda menduduki posisi yang lebih tinggi. Jika Anda memutuskan untuk membuka bisnis sendiri, skill interpersonal tetap berguna untuk memperluas relasi yang bisa mendukung bisnis Anda.

Menjadi Problem Solver

Manfaat selanjutnya dari skill interpersonal adalah menjadi seorang problem solver. Kadangkala, berhubungan dengan manusia bisa menjadi hal yang rumit. Mengalami masalah dalam hubungan adalah hal yang biasa. Namun, dengan interpersonal skill yang baik, Anda bisa lebih terampil dalam memecahkan masalah dalam hubungan.

Seseorang dengan kemampuan interpersonal yang baik tidak akan panik saat menemui masalah dalam hubungannya dengan orang lain. Sebaliknya, ia akan menggunakan kemampuan berkomunikasinya untuk memperbaiki keadaan. Ia juga dapat melontarkan pandangan dan pendapat terbaik atas masalah tanpa menimbulkan ketersinggungan ataupun masalah baru.

Membangun Image Diri

Keuntungan terakhir yang bisa Anda rasakan dari memiliki skill interpersonal yang baik adalah membangun image diri yang positif. Masyarakat umumnya akan menaruh respek pada Anda, jika Anda memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan ramah kepada siapa saja. Image diri yang baik akan membukakan lebih banyak pintu relasi yang bermanfaat untuk kehidupan Anda.

Bentuk-Bentuk Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki

Sudah siap untuk mengembangkan skill interpersonal Anda? Ada beberapa bentuk interpersonal skill yang wajib untuk Anda miliki agar bisa menjadi sosok yang bersahaja dan berkualitas di mata masyarakat. Semua skill berikut ini dapat dilatih sendiri agar Anda terbiasa menjadi sosok yang baik.

Memimpin Diri Sendiri

Sebelum bisa memimpin orang lain di tempat kerja atau organisasi, Anda harus bisa memimpin diri sendiri terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan memimpin diri sendiri adalah memahami dan mengenal dengan baik diri Anda sendiri. Setelah Anda mampu memahami diri sendiri dengan baik, barulah Anda bisa memimpin dan mengarahkan orang lain.

Komunikasi Verbal dan Non-Verbal

Seperti yang sempat disinggung pada bagian sebelumnya, komunikasi terdiri dari verbal dan non-verbal. Komunikasi verbal dilakukan dengan tindak tutur, sedangkan komunikasi non-verbal bisa dilakukan dengan ekspresi diri serta gestur tubuh.

Belajar membangun komunikasi yang tak hanya mengutarakan isi pikiran Anda, tetapi juga mengarahkan agar topik yang Anda bahas bisa “nyambung” dengan lawan bicara. Libatkan selalu ekspresi, nada, dan gestur tubuh agar kualitas komunikasi menjadi semakin baik.

Mengambil Keputusan dengan Percaya Diri

Skill selanjutnya adalah kemampuan mengambil keputusan dengan percaya diri. Banyak orang masih ragu-ragu saat hendak membuat keputusan lantaran tidak percaya diri. Sebisa mungkin tepis pemikiran tersebut dari benak Anda. Mulailah untuk menumbuhkan rasa percaya diri, sebab kepercayaan diri akan membantu Anda meraih banyak peluang dalam hidup.

Mampu Bernegosiasi

Faktanya, kemampuan bernegosiasi adalah hal yang dibutuhkan dalam banyak aspek, terutama berbisnis. Negosiasi adalah keterampilan untuk memengaruhi orang lain agar sepemikiran dengan Anda.

Hanya saja, skill ini memerlukan kemampuan dasar berupa komunikasi dan sifat empati dengan orang lain. Untuk mempelajarinya, Anda bisa memulai dengan menumbuhkan kepekaan terhadap orang di sekitar Anda sekaligus belajar berkomunikasi.

Belajar Mendengarkan

Lawan dari berbicara adalah mendengarkan. Skill mendengarkan tak kalah pentingnya dibandingkan skill berbicara. Belajar untuk memahami perasaan dan gagasan orang lain akan membantu Anda untuk memperoleh rasa empati dari mereka. Nantinya, Anda akan mampu untuk membangun hubungan interpersonal yang baik dengan mereka.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang interpersonal skill. Teruslah berlatih mengembangkan skill interpersonal dalam keseharian guna meningkatkan kualitas diri, ya! Terima kasih sudah membaca artikel edisi kali ini, sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya dari kami.

12 Tips Jitu Untuk Membangun Team Work yang Solid

0
team work

Meskipun team work sering kali merupakan cara paling efisien untuk menyelesaikan proyek besar, banyak manajer berjuang untuk memimpin tim yang kohesif. Mengelola karyawan individu bersama dengan dinamika grup yang lebih luas membawa kebingungan pada proyek tim, menyebabkan pekerjaan dan kemampuan manajemen tim Anda terganggu.

Mempraktikkan team work membangun hubungan verbal dan nonverbal yang kuat di antara rekan kerja. Saat bekerja bersama dalam proyek tim, Anda harus belajar bagaimana berkomunikasi dengan jelas dan mengumpulkan ide seluruh kelompok untuk membangun kepercayaan.

Bagaimana Membuat Tim Yang Efektif

team-work-1

Orang-orang di setiap tempat kerja berbicara tentang membangun tim, bekerja dengan tim, namun sedikit yang memahami cara menciptakan pengalaman team work atau cara mengembangkan tim yang efektif.

Menjadi bagian dari tim, dalam arti luas, adalah hasil dari merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri Anda sendiri. Ini banyak berkaitan dengan pemahaman Anda tentang misi atau tujuan organisasi Anda.

Dalam lingkungan yang berorientasi tim, Anda berkontribusi pada kesuksesan organisasi secara keseluruhan. Anda bekerja dengan sesama anggota organisasi untuk memberikan hasil maksimal.

Meskipun Anda memiliki fungsi pekerjaan tertentu dan Anda termasuk dalam departemen tertentu, Anda bersatu dengan anggota organisasi lain untuk mencapai tujuan keseluruhan.

Anda perlu membedakan keseluruhan rasa team work ini dari tugas mengembangkan tim utuh yang efektif yang dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu.

Tips Membangun Team Work Yang Solid

Ketika rekan kerja memulai team work, kejujuran adalah  hal utama dari interaksi. Tim yang efektif dengan cepat belajar untuk terbuka dan berbagi pendapat yang jujur ​​untuk menyelesaikan perselisihan.

Tim yang sukses tahu selalu untuk mengatakan yang sebenarnya, tidak peduli seberapa sulitnya. Mengajukan kritik membangun memberi rekan kerja umpan balik yang jujur ​​dan bermanfaat yang dapat mereka manfaatkan untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Komunikasi langsung ini mengarah pada hubungan profesional yang kokoh yang berakar pada kepercayaan.

12 tips membangun kesolidan team work adalah sebagai berikut

1. Pekerjakan orang yang tepat untuk peran

Kesenjangan keterampilan menyebabkan seluruh tim menderita ketika peran tidak diisi dengan benar. Evaluasi setiap anggota tim secara individu untuk memastikan bahwa peran tersebut sesuai dengan karyawan.

Jika selama proses wawancara Anda melihat calon karyawan lebih cocok untuk posisi yang berbeda, jangan ragu untuk menyarankan pergantian posisi. Melakukan perubahan di awal proses perekrutan menjamin calon karyawan tidak akan berakhir di posisi yang salah.

2. Kenali setiap anggota tim

Mengembangkan hubungan yang baik dengan setiap karyawan membentuk ikatan yang kuat di seluruh tim. Membangun hubungan individu membantu memastikan rasa saling menghormati antara Anda dan setiap karyawan.

Mengenal anggota tim secara individu juga memperkuat posisi Anda sebagai pemimpin kelompok dan orang yang diajak bicara jika ada masalah saat team work berlangsung.

3. Mainkan kekuatan individu

Setiap anggota membawa keterampilan berbeda ke grup. Rahasia team work yang efektif adalah menemukan bagaimana keterampilan individu ini bekerja sama sebaik mungkin. Pikirkan kemampuan anggota tim sebagai roda penggerak unik di mesin tim Anda.

Ketika roda penggerak ini diposisikan dengan benar, mesin berjalan dengan lancar.  Sebagai seorang manajer, tujuan Anda adalah membangun mesin yang dipelumas dengan baik agar tidak rusak. Jangan takut untuk menyesuaikan peran individu seiring berjalannya waktu.

4. Tetapkan aturan dasar

Buat infrastruktur pelaporan sehingga anggota tim mengetahui peran mereka dan kepada siapa mereka harus melaporkan masalah. Jika tim tidak setuju pada suatu masalah, putuskan anggota mana yang dapat melakukan panggilan terakhir. Menetapkan aturan dasar untuk konflik mencegah argumen keluar dari kendali.

5. Setuju dalam misi tim

Mulai proyek team work dengan mengartikulasikan misi tim secara jelas. Membiarkan karyawan melihat keseluruhan visi perusahaan untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang peran individu mereka dalam proyek. Lukis gambaran besarnya dan buka lantai untuk diskusi jika ada pertanyaan.

6. Promosikan berbagi

Jika seorang anggota tim tidak berkontribusi, tanyakan pendapat mereka tentang suatu masalah agar mereka angkat bicara. Setiap anggota tim harus berkontribusi dalam percakapan.

Meskipun berbicara di depan umum mungkin bukan keterampilan terkuat karyawan, kelompok tersebut perlu mendengar dari semua orang untuk menghindari kebencian atas kontribusi yang tidak seimbang.

7. Arahkan percakapan

team-work-2

Izinkan semua orang untuk berkontribusi saat memulai proses brainstorming . Tidak ada ide adalah kondisi yang buruk saat team work terlaksana. Melanjutkan untuk menembak jatuh ide menyebabkan keraguan dari karyawan yang sebelumnya ingin berbagi pemikiran mereka. Tim terbaik memiliki kebijakan pintu terbuka dalam berbagi ide.

Namun, jika Anda menemukan tim sedang menjalankan garis singgung yang tidak sesuai dengan proyek, lanjutkan percakapan. Agar anggota tim tidak merasa malu atau jengkel, tulis setiap ide sehingga Anda memiliki kerangka kertas untuk dievaluasi oleh tim secara keseluruhan.

8. Petakan tujuan dan jadwal

Garis waktu yang solid membuat karyawan tetap sesuai jadwal saat mengerjakan proyek tim. Dengan memetakan tujuan individu pada timeline yang ditetapkan, individu dapat melihat bagaimana mereka perlu maju seiring dengan berjalannya proyek tim. Tanpa rencana yang dinyatakan dengan jelas, tanggung jawab berada di pinggir jalan dan tersesat.

9. Gunakan bagian kontribusi kerja tim dalam tinjauan kinerja

Tinjau kontribusi karyawan untuk tujuan yang tim rencanakan dan selama setiap tinjauan kinerja telah terpenuhi. Buat garis besar kekuatan dan diskusikan area untuk perbaikan. Penilaian kinerja memberi anggota tim dasar untuk menilai bagaimana keterampilan mereka terus tumbuh dalam jangka panjang. Tunjukkan bahwa seluruh perusahaan menghargai kerja tim, dan karyawan juga akan sangat menghargainya.

10. Bangun hubungan tim di luar kantor

Buatlah acara untuk berkumpul di luar kantor secara berkala untuk mendiskusikan pekerjaan dalam suasana yang lebih santai. Tamasya, makan siang atau berlibur adalah cara yang bagus untuk berkumpul dan membicarakan pekerjaan tanpa mengganggu waktu pribadi karyawan.

Selain itu, menciptakan lingkungan yang nyaman bagi rekan kerja untuk saling mengenal akan menghasilkan ikatan yang lebih kuat di antara rekan satu tim.

11. Pastikan komunikasi yang jelas

Baik menggunakan komunikasi langsung atau tidak langsung, konfirmasikan bahwa setiap orang memiliki pendapat yang sama dan tidak memiliki pertanyaan apa pun. Periksa untuk memastikan tim menerima email penting dan bahwa setiap karyawan sepenuhnya memahami pesan yang dimaksud.

Usahakan untuk menggunakan email dan komunikasi tidak langsung hanya jika benar-benar diperlukan, karena nada dan pesan sering kali membingungkan jika tidak dibahas secara langsung.

12. Bersikaplah adil

Seorang manajer tidak boleh bermain favorit dengan karyawan. Meskipun Anda hanyalah manusia dan keadaan individu dapat mengubah pandangan Anda, cobalah untuk mempertahankan reaksi yang adil dan merata kepada setiap anggota kelompok.

Dalam kasus khusus, seimbangkan kebutuhan kelompok dengan beban kerja dan jadwal individu. Jika beban kerja didistribusikan secara tidak adil, kebencian berkembang, dan anggota tim Anda kehilangan rasa hormat terhadap otoritas Anda.

Kesimpulan

Orang harus sudah beroperasi dalam lingkungan yang berorientasi tim yang dicirikan oleh filosofi seperti tujuan bersama, visi bersama, misi bersama, dan sistem pengembangan kinerja yang memungkinkan orang untuk tumbuh baik secara pribadi maupun profesional. Atau, organisasi Anda harus secara proaktif mengejar team work sebagai strategi bisnis dan karyawan.

Dalam sistem seperti itu, perilaku tim dihargai dan dikenali. Tim memecahkan masalah dan meningkatkan proses. Karyawan memiliki perhatian yang tulus dan kebijakan serta pekerjaannya. Ketika masalah atau kegagalan terjadi, pencarian bukan untuk yang bersalah, melainkan, manajer bertanya, “Bagaimana dengan sistem kerja yang menyebabkan orang atau tim itu gagal?”

Ketika struktur seperti itu ada secara berkelanjutan dalam suatu organisasi, usaha pembangunan tim dapat meningkat dan membantu sistem tumbuh lebih kuat.

Perusahaan yang sukses secara teratur menunjukkan komitmen mereka untuk membangun persatuan tim, kepercayaan, dan moral positif di antara karyawan mereka di tempat kerja sehari-hari. Tanpa komitmen ini dan adanya faktor keberhasilan pembangunan tim, efek negatif dapat dihasilkan dari sisi pembangunan tim atau perencanaan formal. Semoga informasi ini berguna ya!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Feedback Adalah : Mengapa Feedback Penting Dalam Proses Komunikasi Bisnis

0
feedback adalah

Mungkin dalam kehidupan sehari-hari Anda sering mendengar kata feedback atau umpan balik. Tetapi, tahu tidak bahwa feedback sebenarnya sangat penting? Misalnya, untuk mendukung proses komunikasi, menyelesaikan seluruh proses komunikasi dan membuat komunikasi terus berlanjut, hingga untuk mengukur efektivitas komunikasi.

Lalu, apa yang dimaksud dengan feedback itu sebenarnya? Artikel ini akan membahas seluk-beluk feedback, mulai dari pengertian feedback, jenis-jenis feedback, hingga mengapa feedback itu penting dalam komunikasi bisnis. Simak liputannya yang satu ini!

Feedback Adalah

feeback-1

Feedback berasal dari kata feed dan back yang berarti memberi makan kembali, tetapi sebenarnya artinya adalah memberi masukan kembali. Ada banyak sekali sumber yang mengartikan kata feedback, mulai dari Cambridge Dictionary, Kamus Besar Bahasa Indonesia, hingga para ahli.

Namun, secara umum, feedback adalah pendapat atau reaksi tentang sesuatu, yang diberikan dari seorang komunikan atau penerima pesan, kepada komunikator atau pemberi pesan. Tujuannya adalah agar sesuatu, seperti produk atau hal lain, dapat ditindak lanjuti demi diciptakannya suatu bentuk perbaikan, agar dapat memberikan kepuasan bagi ke dua belah pihak.

Bagi komunikator, umpan balik atau feedback memberikan gambaran mengenai seberapa berhasil komunikasi yang ia lakukan, sehingga feedback menjadi satu-satunya elemen untuk menilai apakah komunikasi berhasil atau gagal dilakukan. Jadi, feedback adalah bentuk penilaian atas komunikasi yang dibangun sebelumnya!

Jenis-Jenis Feedback!

feedback-2

Ada banyak sekali jenis feedback, diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Feedback Positif dan Negatif

Positive feedback adalah isyarat atau gejala dimana komunikan memahami dan mau bekerja sama dengan komunikator dalam mencapai sasaran. Hal ini ditandai dengan komunikan mengangguk-angguk, memperhatikan dengan seksama, bahkan responsif ketika ditanya.

Sementara umpan balik negatif adalah reaksi yang ditunjukkan oleh komunikan dimana komunikan tidak menyetujui atau bahkan tidak menyukai pesan atau cara penyampaian komunikator. Hal ini ditandai dengan sikap acuh tak acuh, hingga melakukan hal lainnya yang tidak ada hubungannya dengan informasi yang sedang dibahas.

2. Feedback Netral dan Zero!

Umpan balik netral adalah jenis umpan balik yang sulit untuk dinilai, sebagai isyarat atau gejala yang menunjukkan respon positif atau negatif. Misalnya, sikap diam saat ditanya mengerti atau tidak.

Sementara zero feedback adalah jenis feedback dimana seorang komunikator sulit untuk memahaminya. Misalnya, komunikan yang tertawa saat komunikator tidak menyampaikan hal yang lucu, dan sebagainya!

3. Feeback Internal dan Eksternal!

Feedback ini berkaitan dengan sumber isyarat yang menjadi umpan balik. Apabila itu berasal dari komunikator, maka disebut sebagai feedback internal. Tetapi apabila berasal dari komunikan maka disebut sebagai feedback eksternal.

4. Feedback Verbal dan Non-Verbal!

Verbal feedback adalah jenis feedback dimana terdapat wujud dari apa yang disampaikan komunikan, sebagai reaksinya terhadap suatu komunikasi tertentu yang sedang berlaku. Sebagai contoh, interupsi, atau nyeletuk ketika komunikator sedang menyampaikan pesan.

Sedangkan non-verbal feedback adalah jenis feedback dimana bentuknya bukan secara lisan ataupun tulisan. Misalnya, gerak gerik, berdiri, menatap, dan sebagainya.

5. Feedback Langsung dan Tidak Langsung

Sejumlah pakar komunikasi tidak sependapat dengan adanya kedua jenis feedback ini, sebab mereka berpendapat bahwa feedback adalah sesuatu yang harusnya nampak saat terjadinya proses komunikasi, bukan sesudahnya.

Apabila sesudahnya maka disebut dengan tanggapan. Mereka menyatakan dikarenakan pengertian dari feedback langsung adalah feedback yang dapat ditunjukkan langsung ketika komunikasi sedang berlangsung. Sementara delayed feedback adalah feedback yang disampaikan ketika komunikasi telah selesai.

Adapun jenis feedback lainnya adalah sebagai berikut!

1. Internal Feedback

Internal feedback adalah feedback yang diterima oleh komunikator sendiri, bukan dari komunikan.

2. External Feedback

Feedback eksternal adalah feedback yang diterima oleh komunikator dari komunikan, dan sifatnya bisa langsung bisa tidak.

3. Immediate Feedback

Immediate feedback adalah reaksi yang dapat ditangkap langsung oleh komunikator.

4. Delayed Feedback

Delayed feedback adalah feedback yang diterima oleh komunikator setelah melewati suatu rentang waktu. Sebagai contoh, dalam suatu majalah atau surat kabar dimana terdapat rubrik Surat Pembaca, dimana menampung aspirasi sekaligus feedback dari pembaca.

5. Representative Feedback

Dalam komunikasi massa, komunikannya bersifat heterogen, karena itu sulit sekali untuk mengukur umpan balik yang didapat dari seluruh komunikan. Oleh karena itu, biasanya umpan balik didapatkan dalam bentuk sampel dari beberapa komunikan yang menjadi perwakilan atau representative. Hal ini dianggap dapat mewakili komunikan secara keseluruhan, meskipun sebenarnya yang memberikan pendapatnya hanya sebagian orang saja.

6. Cumulative Feedback

Feedback jenis ini adalah feedback yang datang kepada komunikator dulu untuk kemudian dihimpun, tidak segera diubah menjadi tindakan. Hal ini dikarenakan komunikator harus mampu mempertimbangkan dulu untuk dapat membuat kebijaksanaan selanjutnya.

7. Quantitative Feedback

Feedback jenis ini umumnya diukur dengan menggunakan jumlah atau kuantitasnya.

8. Institutionalized Feedback

Umpan balik jenis ini diupayakan oleh lembaga, dilakukan dengan cara mendatangi langsung warga sebagai komunikan untuk mengumpulkan pendapatnya. Setelah terkumpul, akan dianalisis sendiri oleh lembaga tersebut, kemudian dijadikan acuan untuk memperbaiki kinerja mereka.

Mengapa Feedback itu Penting?

feedback-3

Dalam bisnis, komunikasi adalah salah satu faktor penting keberhasilan. Komunikasi dalam bisnis memiliki tujuan untuk memberikan informasi, persuasi, bahkan melakukan kerja sama, dengan begitu seorang pengusaha dapat menjual produk yang dimilikinya.

Dalam komunikasi, tentunya feedback sangat dibutuhkan! Seringkali seorang komunikan memiliki kebutuhan untuk menyampaikan feedback secara sengaja, di sisi lain, seorang komunikator harus dapat menafsirkan gejala yang ditunjukkan oleh komunikan untuk kemudian mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan.

Bahkan feedback pun dibutuhkan saat proses melahirkan suatu produk. Sebuah produk pada umumnya lahir dari asumsi-asumsi penciptanya. Produk yang diciptakan hanya berdasarkan asumsi, sudah pasti tidak akan bertahan lama, oleh karena itu dibutuhkan pemahaman mengenai apa yang dibutuhkan calon pengguna kalian.

Dalam proses ini, Anda secara sadar atau tidak sudah menggunakan feedback dari calon pengguna kalian, baik itu dengan market validation, user research atau user interview, atau melalui metode lain.

Jadi, bagaimana, bahkan sebelum produk Anda meluncur di pasaran, peran feedback dari calon pengguna Anda mengambil peran yang sangat penting, kan, untuk produk Anda?

Feedback ibarat Anda menekan tombol starter motor Anda dan motor Anda langsung menyala seolah mengatakan “Ayo kita jalan-jalan!”. Selanjutnya motor Anda membawa Anda kemanapun yang Anda inginkan dan ini merupakan contoh feedback lanjutan dengan dibawah instruksi Anda.

Kerja sama antara Anda dan motor Anda tentunya menciptakan keharmonisan dan kesinambungan, hal yang sama terjadi pada komunikator dan komunikan, dan semuanya dikarenakan feedback!

Oleh karena pentingnya umpan balik, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan umpan balik.

Umpan balik lebih bersifat berbagi rasa dan persepsi dibandingkan nasihat, oleh karenanya umpan balik hanya sebatas masukan, tetapi keputusan tetap di tangan orang yang bersangkutan. Dengan demikian komunikator diberi kebebasan untuk menentukan pilihannya.

Umpan balik juga tidak bersifat memaksa. Umpan balik diberikan seseorang untuk membantu memberikan kesadaran sekaligus memperbaiki kesadaran diri. Dalam kasus lain, umpan balik hanya diberikan kepada orang yang mampu menerima umpan balik tersebut.

Dalam berbagai kasus, feedback juga tidak dibutuhkan hanya dalam komunikasi bisnis, tetapi juga dalam komunikasi interpersonal. Misalnya antar teman, karyawan, atau bahkan untuk pengembangan karir.

Dalam memberikan feedback juga usahakan dalam bentuk deskripsi, jangan berbentuk penilaian. Selain itu fokus pada situasi yang spesifik, daripada perilaku yang abstrak. Dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan umpan balik, sebab akan menyebabkan orang lain merasa overload sehingga hanya akan mubazir saja nantinya!

Ikuti terus website dan sosial media MARKEY supaya Anda tidak ketinggalan update info, trend dan juga prediksi insight dunia bisnis online terbaru. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download versi aplikasi di Google Play dan Apple Store, ya.

Sampai bertemu lagi di pembahasan inspiratif lainnya dari MARKEY!