Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 85

Sejasa VS Seekmi: Keunggulan, Fitur, dan Manfaat untuk Perawatan Rumah dan Kantor Anda

0
jasa service ac

Mempunyai hunian yang nyaman, lengkap dengan segala fasilitas yang beroperasi baik tentunya menjadi keinginan banyak orang. Terlebih saat pemerintah menetapkan PSBB dan aturan berada di rumah untuk mengurangi penyebaran virus Corona di tahun 2020, otomatis kita jadi ingin senyaman mungkin berada di rumah.

Kenyamanan tentu saja akan terganggu jika ada bagian atau perabotan di rumah kita yang rusak, seperti AC, atap rumah bocor, atau kondisi rumah yang kotor dan kita terlalu sibuk bekerja sehingga tidak sempat membersihkan. Jika sudah begini situasinya, mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana solusinya, bukan?

Daripada kerusakan di rumah dibiarkan berlarut-larut, lebih baik gunakan layanan jasa service ke rumah, yuk! Mulai dari jasa service AC, renovasi, hingga bersih-bersih, semua tersedia secara lengkap di platform on-demand Sejasa dan Seekmi.

Ingin tahu lebih banyak tentang layanan perawatan rumah berkualitas, murah dan praktis dari Sejasa dan Seekmi? Mari langsung meluncur ke artikel berikut ini.

Mengenal Sejasa.com, Penyedia Jasa Profesional Paling Lengkap se-Indonesia

layanan service ac

AC di rumah Anda rusak dan tidak tahu kemana harus memperbaikinya? Tenang, Sejasa.com punya solusi jasa service AC terbaik. Dijamin aman, berkualitas dan murah meriah!

Nama Sejasa menduduki peringkat teratas rekomendasi penyedia jasa profesional di Indonesia. Mengangkat tagline, “Kami memastikan penyedia jasa memberikan kualitas kerja yang terbaik,” pada laman website resminya, Sejasa sukses menjadi wadah yang mempertemukan penyedia jasa profesional dengan masyarakat yang membutuhkan.

Dulu, mengontak layanan home service secara online bukan hal yang umum apalagi populer di Indonesia. Namun belakangan ini, seiring melejitnya perkembangan teknologi aplikasi mobile dan internet, layanan home service mulai mendapat sorotan masyarakat tanah air.

Bantuan jasa profesional semakin mendapat angin lantaran banyak masyarakat merasa terbantu dengan hadirnya pelayanan ini. Hal ini pun turut mendukung inovasi Sejasa. Berawal dari layanan jasa service AC ke rumah, akhirnya layanan Sejasa semakin merambah luas. Beberapa jenis layanan yang bisa Anda nikmati di Sejasa antara lain:

  • Jasa service AC, kulkas, mesin cuci, dan perabotan lain
  • Jasa tukang untuk renovasi rumah
  • Jasa kebersihan rumah
  • Kelas aktivitas dan bimbingan belajar ke rumah
  • Jasa katering makanan
  • Jasa fotografi serta videografi untuk party, wedding, dan lainnya

Sesungguhnya, Sejasa merupakan startup asal Malaysia yang hadir di Indonesia sejak 2016. Startup ini berada di bawah naungan PT Recomn Technology Services, dan didirikan oleh 3 orang yakni Jes Min Lua, Alex Tan, dan Anthony Eka Wijaya selaku pengelola Sejasa di Indonesia.

Meski merupakan perusahaan dari negara tetangga, Sejasa tetap mampu eksis bersaing dengan penyedia jasa lainnya di Indonesia. Buktinya, startup ini sukses memiliki sekitar 115 kategori jasa, 300.000 lebih pengguna dan bekerja sama dengan 13.000 penyedia jasa dari seluruh Indonesia.

Keuntungan Sejasa untuk Anda dan Keluarga

Ada banyak keuntungan yang dihadirkan oleh Sejasa.com untuk Anda dan keluarga di rumah. Bagi Anda yang belum pernah mencoba layanan home service, yuk simak 4 keuntungan Sejasa berikut:

Respon Cepat

Tidak perlu waktu lama untuk menunggu layanan profesional tersedia di rumah. Dengan layanan on-demand express, Anda bisa mendapatkan penawaran jasa service detik ini juga.

On Budget

Sejasa menyediakan service yang bisa Anda sesuaikan dengan budget. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tawaran jasa berdasar lokasi terdekat dari rumah serta rating terbaik rekomendasi sesama pengguna.

Ratusan Service

Sejasa menawarkan hingga 115 ragam service untuk kebutuhan Anda. Mulai dari service perabot, bantuan pengadaan event, renovasi rumah, bersih-bersih hingga kursus.

Dijamin Asuransi

Anda bisa tenang menggunakan layanan Sejasa sebab setiap service yang diambil telah dilindungi asuransi. Anda bisa mengklaim garansi dan mendapat ganti rugi hingga 200 juta Rupiah.

3 Langkah Mudah Menggunakan Sejasa

Bagaimana cara menggunakan layanan Sejasa? Memesan layanan Sejasa ternyata sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mengisi Formulir terkait Kebutuhan

Pertama, isi formulir elektronik yang disediakan sistem website atau aplikasi Sejasa. Pada formulir terdapat sejumlah pertanyaan yang memudahkan Anda untuk menjelaskan kebutuhan service, apakah jasa service AC, bersih-bersih rumah, katering, atau lainnya.

2. Menunggu Validasi

Selanjutnya, tunggu beberapa saat untuk formulir Anda divalidasi. Begitu selesai, maka Anda akan memperoleh 1-6 tawaran jasa profesional sesuai kebutuhan.

3. Memilih dan Memesan Jasa

Tahap terakhir adalah memilih dan memesan jasa yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa membandingkan setiap penawaran, portofolio, profil, serta testimoni yang tersedia untuk mendapatkan kualitas serta harga terbaik.

Jika sudah menemukan jasa yang hendak dipesan, segera kontak penyedia jasa untuk merencanakan pertemuan. Jangan lupa lakukan pembayaran via SejasaPay. SejasaPay adalah rekening pihak ketiga yang memastikan pembayaran Anda diamankan dengan baik. Selain itu, membayar dengan SejasaPay akan memberikan Anda aneka keuntungan seperti bonus asuransi dan asistensi tim ahli secara gratis.

Pelayanan Unggulan Sejasa, Bikin Rumah Nyaman

jasa-renovasi-rumah

Tak hanya menyediakan jasa service AC dan renovasi saja, Sejasa memiliki lebih banyak pelayanan unggulan untuk Anda. Pelayanan premium dari Sejasa berikut ini dijamin bikin service lancar dan betah di rumah!

Bayar dengan SejasaPay

Untuk menghilangkan kemungkinan aksi penipuan oleh penyedia jasa, Sejasa menghadirkan fitur bayar dengan SejasaPay. SejasaPay adalah rekening bersama dan diamankan oleh pihak ketiga alias Sejasa sendiri. Nantinya, uang Anda akan dibayarkan separuh di muka ke penyedia jasa. Sisa dana baru akan dilepas jika Anda sudah puas dengan service yang diberikan.

On-Demand Express

Layanan on-demand express memberikan penanganan jasa yang lebih cepat dan praktis untuk sejumlah kategori seperti jasa service AC, mesin cuci, dan kulkas, dan elektronik lain. Di fitur ini, Anda bisa langsung menemukan penyedia jasa service yang tersedia dan mengontaknya. Harga yang ditawarkan pun tetap ramah di kantong.

Dilindungi Asuransi Allianz

Jangan khawatir jika service yang Anda terima tidak berjalan dengan baik, sebab Sejasa menawarkan proyek yang dilindungi oleh asuransi Allianz. Apabila terjadi kemalingan, kebakaran, atau perusahan properti pada proyek rumah Anda, maka pihak Sejasa akan memberikan ganti rugi hingga 300 juta rupiah. Selain itu, Anda bisa mendapat garansi sampai 30 hari untuk jasa service AC, kulkas, dan perabotan elektronik lain.

Selain Sejasa, ada pula layanan penyedia tenaga profesional untuk kebutuhan rumah lainnya yang bernama Seekmi. Seekmi pun tak kalah terkenal di Indonesia, lho. Ingin tahu tentang Seekmi dan perbandingannya dengan Sejasa? Yuk teruskan membaca ke bagian berikut!

Apa Itu Seekmi? Layanan Home Service Profesional untuk Keluarga

Saat ini kita pasti sudah tidak asing lagi dengan aneka layanan profesional online. Namun pernahkah Anda mencoba layanan home service profesional dari Seekmi?

Seekmi adalah platform penyedia aneka layanan online yang juga populer di Indonesia. Bersaing dengan Sejasa.com, Seekmi.com menyediakan lebih banyak ragam layanan. Di Seekmi, Anda bisa menemukan jasa tukang service, jasa kesehatan, bersih-bersih, hingga guru les.

Uniknya lagi, semua vendor penyedia jasa di Seekmi adalah milik lokal Indonesia. Hal ini disebabkan tujuan Seekmi sendiri untuk mendukung perkembangan vendor-vendor tenaga profesional tanah air.

Startup ini telah didirikan sejak 2015, oleh Nayoko Wicaksono yang kini menjabat sebagai CEO, Wilson Yanaprasetya sebagai Komisaris, dan Clarissa Leung selaku Chief Operating Officer. Perkembangan Seekmi juga didukung oleh banyak pihak lain, seperti Mari Elka Pangestu, mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, perusahaan Y Combinator dan Media Emtek selaku investor.

Anda bisa memesan jasa di Seekmi via website resmi di: https://seekmi.com/ atau aplikasi resmi di Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.seekmi.customer. Sebagai catatan, layanan Seekmi saat ini masih menjangkau wilayah Jabodetabek saja.

Intip 5 Keuntungan Pakai Seekmi untuk Keluarga

Meski berbeda dari Sejasa ataupun penyedia layanan profesional lain, Seekmi tetap menawarkan aneka keuntungan yang tak boleh dilewatkan untuk keluarga Anda. Beberapa keuntungan dari Seekmi yang sering diincar masyarakat adalah:

Menyediakan Jasa untuk Rumah dan Kantor

Seekmi memperluas kliennya dengan memberikan penanganan untuk skala rumah dan kantor. Terlebih di wilayah Jabodetabek ada cukup banyak kantor yang tentunya memerlukan pemeliharaan. Jadi, Anda tidak perlu pusing jika tidak sempat membersihkan rumah atau kantor karena kesibukan yang padat. Cukup hubungi Seekmi, dan semuanya akan beres!

Banyak Kategori Pelayanan

Seekmi menghadirkan banyak kategori pelayanan untuk Anda. mulai dari bersih-bersih, reparasi peralatan elektronik, laundry, tukang ledeng, tukang harian, hingga jasa disinfeksi perabotan guna mensterilkan rumah dan kantor dari virus Corona. Tentunya semua pelayanan diberikan dengan harga yang ramah di kantong.

Bekerja Sama dengan Banyak Pihak

Guna memaksimalkan pelayanannya, Seekmi bekerja sama dengan banyak perusahaan ternama seperti Shopee, Grab, Zenrooms, Go Work, Kolega, JD.ID, Gojek, Traveloka, dan masih banyak lagi. Nantinya Anda bisa menemukan aneka promo dan pelayanan dari Seekmi pada platform-platform tersebut. Menarik sekali, bukan?

Terhubung Cepat dengan Penyedia Jasa

Di Seekmi, Anda bisa langsung terhubung dengan penyedia jasa melalui fitur chat. Tidak perlu lama menunggu, Anda bisa langsung bertanya terkait penawaran yang diberikan, harga, durasi waktu pengerjaan, hingga membuat kesepakatan dan jadwal temu dengan tukang. Semuanya diproses secepat mungkin oleh Seekmi untuk menghemat waktu Anda.

Setiap Proyek Dilindungi Asuransi

Kecelakaan saat kerja, kemalingan, kebakaran, atau kegagalan proyek adalah hal-hal yang tak dapat diduga. Oleh sebab itu, untuk menjaga kepuasan dan memberikan rasa aman kepada pengguna, Seekmi memberikan jaminan garansi serta asuransi untuk setiap jasa yang Anda gunakan. Setiap proyek di Seekmi diberikan jaminan asuransi hingga 5 juta rupiah dan dapat diklaim jika Anda tidak puas dengan service.

Cara Mudah Pesan Jasa Lewat Seekmi

Memesan jasa layanan di Seekmi dapat dilakukan kapanpun dimanapun. Cukup menggunakan gadget dan koneksi internet saja, Anda sudah bisa memesan layanan Seekmi dalam tiga tahap. Bagaimana langkah-langkahya? Berikut jawabannya

1. Memilih Layanan yang Diinginkan

Masuk ke akun Anda di aplikasi atau website resmi Seekmi. Kemudian, pilih layanan yang diinginkan, apakah jasa service AC dan perabot, tukang harian, jasa disinfeksi, dan lainnya.

2. Tetapkan Lokasi dan Waktu Service

Berikutnya, tetapkan lokasi dan waktu untuk pelaksanaan service. Sistem Seekmi akan membantu mencocokkan keterangan Anda dengan layanan serta jasa yang tersedia pada waktu tersebut. Pilihlah layanan yang Anda rasa paling cocok dengan kebutuhan.

3. Book and Deal

Begitu menemukan jasa layanan yang cocok dengan kebutuhan, segera kontak vendor penyedia jasa untuk melakukan booking. Selesai! Kini Anda sudah bisa menikmati service yang akan mendatangi rumah atau kantor sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

5 Fitur Unggulan Seekmi, Yuk Coba!

Pembahasan terakhir dari artikel kali ini adalah fitur-fitur unggulan Seekmi yang wajib Anda coba. 5 fitur unggulan Seekmi berikut ini akan membantu Anda dalam melakukan pemesanan aneka service yang tersedia di Seekmi.

MiChat

Daripada menunggu lama untuk mendapatkan penawaran jasa, di Seekmi, Anda bisa langsung berkomunikasi dengan vendor jasa menggunakan fitur MiChat. MiChat adalah fitur live chat untuk vendor dan pengguna jasa, sehingga mereka bisa langsung mengobrol terkait ketersediaan penawaran ataupun informasi lainnya.

Anda bebas bertanya kepada vendor jika memiliki pertanyaan seputar penawaran jasa yang berlaku. Tidak perlu repot pindah ke aplikasi lain, semua obrolan langsung difasilitasi dengan aman oleh Seekmi.

Seekmi Agent

Tak hanya bisa memanfaatkan Seekmi untuk memperoleh bantuan jasa profesional, sekarang Anda bisa mencari uang tambahan sendiri dengan menjadi tenaga profesional di Seekmi Agent. Seekmi Agent adalah fitur terbaru dari Seekmi yang memungkinkan siapa saja untuk bergabung menjadi penyedia jasa bagi masyarakat. Dengan Agent Seekmi, Anda bisa bekerja full time atau part time dengan bayaran yang menjanjikan.

Paket Jasa

Seekmi terus berinovasi dari waktu ke waktu. Belakangan, Seekmi menghadirkan fitur unggulan baru berupa paket jasa. Dengan sistem paket, Anda bisa mendapatkan harga bundling yang jauh lebih murah. Paket jasa diberikan untuk beragam kategori jasa Seekmi, seperti cleaning service, perbaikan, laundry dan instalasi.

Re-Order

Apakah Anda puas dengan pelayanan jasa oleh Seekmi dan ingin memesannya kembali? Seekmi memiliki fitur Re-Order (pesan kembali) yang mana memungkinkan Anda untuk memesan jasa yang pernah dipanggil sebelumnya. Dengan fitur Re-Order, Anda tidak perlu khawatir kehilangan kontak vendor yang pernah Anda gunakan jasanya.

Pembayaran Cashless

Anda bisa mendapatkan asuransi dan garansi proyek hingga 5 juta rupiah jika menggunakan metode pembayaran cashless di Seekmi. Pembayaran cashless di Seekmi didukung oleh beragam bank ternama di Indonesia, seperti Mandiri, BCA, BNI dan BRI.

Bagaimana, Anda tertarik untuk menggunakan layanan jasa service AC dan kebutuhan rumah lainnya? Yuk segera coba pesan di Sejasa atau Seekmi sekarang dan rasakan manfaatnya untuk membantu memperbaiki kebutuhan rumah agar keluarga Anda lebih nyaman tinggal di rumah.

Mengenal OLX, Tempat Jual Barang Bekas Terbesar se-Indonesia

0
tempat jual barang bekas

Anda punya banyak barang tak terpakai di rumah dan hanya mempersempit ruangan? Daripada pusing dan stress, yuk jual barang tak terpakai di rumah Anda ke OLX!

Nama OLX tentunya sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. OLX terkenal sebagai tempat jual barang bekas online terbesar sekaligus terlengkap di Tanah Air.

Nama situs jual beli barang bekas ini semakin beken sebab menyediakan semua jenis barang, mulai dari yang kecil seperti aksesoris, makanan dan baju hingga yang besar seperti rumah dan mobil.

Tertarik untuk mencoba belanja atau jualan di OLX? Yuk langsung simak informasi lengkap situs jual beli barang bekas OLX berikut ini!

Apa Itu OLX? Situs Jual Beli Barang Bekas Terpopuler No 1

tempat-jual-barang-bekas

Bisnis online adalah hal biasa bagi masyarakat abad ini. Kemajuan teknologi telah menghapus segala sekat dan ketidakmungkinan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dunia bisnis.

Bisnis online digemari masyarakat sebab bisa menjaring konsumen seluas-luasnya. Barang yang dijual online pun tidak melulu harus baru. Anda bisa memasarkan barang-barang lama yang menumpuk tak terpakai di rumah ke dunia maya. Pasar barang second masih terus diburu oleh masyarakat, sebab konsumen bisa memperoleh barang murah dengan kualitas baik.

Sayangnya, masih banyak orang tidak memahami cara membeli atau menjual barang bekas online. Apakah Anda juga demikian? Daripada pusing, lebih baik gunakan saja tempat jual barang bekas online OLX!

Banyak orang mungkin sudah mengenal OLX, mengingat nama tempat jual barang bekas online satu ini sangat sering berseliweran di telinga kita. Hadir sebagai tempat jual barang bekas secara online, OLX sukses membuktikan dedikasinya sebagai e-commerce terbesar dan terlengkap sampai hari ini.

Nama OLX merupakan singkatan dari “OnLine Exchange”. Perusahaan ini mengusung logo sederhana yang terdiri dari 3 huruf: “OlX”. Meski sederhana, logo tersebut memiliki makna filosofisnya tersendiri, lho!

Huruf “O” di logo menggambarkan pilihan terbaik yang dibuat pengguna OLX dalam kehidupan mereka. Selain itu, bentuk lingkaran “O” yang tidak putus merepresentasikan jutaan barang yang tersedia di tempat jual barang bekas ini.

Huruf “L” yang lurus ke atas (“l”) menyampaikan pesan bahwa peningkatan ke atas adalah kunci kesuksesan. Terakhir, huruf “X” melambangkan keputusan bijak Anda untuk menjual barang yang tak terpakai agar benda tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang lain yang lebih membutuhkan.

Saat ini, perusahaan OLX Group memiliki cabang yang beroperasi di 106 negara seluruh dunia serta memiliki lebih dari 4000 orang karyawan. Sedangkan kantor pusat OLX Group berada di Amsterdam, dikelola oleh Naspers. Untuk melihat-lihat seperti apa grup e-commerce raksasa ini, yuk langsung meluncur ke situs resmi mereka: www.olxgroup.com.

Khusus platform OLX Indonesia, websitenya bisa diakses di: www.olx.co.id. Anda juga bisa menggunakan aplikasi resmi OLX yang tersedia gratis di Google Play Store. Aplikasi OLX Indonesia telah diunduh lebih dari 10 juta kali serta mendapat rating 4,4 bintang di Google Play. Aplikasi ini juga tidak memakan banyak memori, hanya 14MB saja.

Di Indonesia, OLX telah berdiri selama 15 tahun lebih, lho! Ingin tahu perkembangan OLX Indonesia yang unik ini? Mari lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya.

Sejarah OLX Indonesia dari Tahun ke Tahun

tempat-jual-barang-bekas-3

OLX Indonesia tak hanya sekadar tempat jual barang bekas saja. Platform ini memiliki kisah perjalanan yang unik. Sebelum terkenal dengan nama OLX, tempat jual barang bekas online ini awalnya hadir dengan nama Toko Bagus (tokobagus.com).

Toko Bagus didirikan oleh 2 pria asal Belanda bernama Remco Lupker dan Arnold Sebastian Egg pada tahun 2005 di Bali. Gagasan ini lahir pasca mereka terinspirasi dari kesuksesan e-commerce Amazon dan besarnya potensi bisnis online di Indonesia.

9 tahun berikutnya, tepatnya pada 20 Mei 2014, nama “Toko Bagus” berganti menjadi “OLX Indonesia” dan digunakan sampai sekarang. Perubahan terjadi lantaran Toko Bagus memilih bergabung dengan OLX Group, jaringan pasar e-commerce dunia yang sudah berinvestasi pada perusahaan ini dari tahun 2010.

Oleh sebab keputusan inilah, situs tempat jual barang bekas ini lantas mengganti total nama, logo, nama aplikasi, hingga link URL website mereka. Meski sempat berganti identitas, konsep platform ini tetap sama dari awal berdiri, yaitu menjadi platform online jual beli barang bekas serta tenaga jasa freelance.

Di tahun 2015, OLX Indonesia mengumumkan bahwa mereka resmi bergabung dengan platform e-commerce Berniaga.com. Kerjasama ini dilakukan untuk memajukan eksistensi, pelayanan serta kualitas dari OLX Indonesia.

Namun penggabungan dua e-commerce ini tetap tidak mengubah hal-hal penting untuk user seperti username, setting akun, produk yang dijual, dan highlight iklan produk yang telah dipublikasikan.

OLX Indonesia telah eksis menyita perhatian masyarakat selama kurang lebih 15 tahun. Saat ini kantor OLX Indonesia berpusat di Jakarta dan diketuai oleh CEO Daniel Tumiwa. Meski sudah tergolong sukses besar, nyatanya OLX Indonesia masih belum berhenti mencetuskan beragam inovasi terkini untuk memuaskan penggunanya. Semua inovasi baru OLX yang bisa Anda coba langsung telah terangkum di bagian selanjutnya.

Pernak-Pernik Inovasi OLX: Dari Jual Mobil Hingga Amazing Seller

Apakah Anda sudah tidak sabar untuk mencoba OLX? Platform jual beli barang bekas online ini memiliki banyak fitur keren yang wajib Anda gunakan untuk memaksimalkan penjualan ataupun pembelian barang. Semuanya tersedia lengkap di sini, mulai dari fitur chat, jual mobil auto, hingga reward amazing seller.

Yuk kenali satu per satu fitur-fitur bermanfaat dan inovasi baru OLX bersama-sama!

Chat OLX Baru

Untuk mempermudah interaksi dengan pengguna lain dan juga peluang transaksi, OLX kini dilengkapi dengan fitur chat terbaru bernama “Chat OLX Baru”. Di fitur chat baru, Anda bisa memastikan jika pesan sudah dibaca oleh lawan chat, melihat kapan pesan terakhir dilihat, mengirim voice note, gambar dan lokasi Anda, hingga melaporkan iklan yang tak pantas, menghapus obrolan dan memblokir pengguna lain.

Fitur chat ini sudah otomatis tersedia pada website atau aplikasi OLX versi terbaru yang Anda gunakan di gadget. Fitur ini tersedia pada bagian menu website, tepatnya di bagian tab pertama setelah menu pencarian. Sementara di aplikasi, Anda bisa mencari fitur chat dengan mengklik menu. Kemudian, pilih tab kedua pada bagian kiri bawah. Mudah, bukan?

Amazing Seller

Inovasi menarik lainnya dari OLX adalah Amazing Seller. Program ini memberikan banyak poin yang bisa Anda tukarkan dengan beragam doorprize mewah, salah satunya adalah mobil. Untuk bisa mengikuti program ini, Anda cukup berjualan menggunakan hashtag #amazingseller di OLX. Semakin banyak poin yang bisa dikumpulkan, maka akan semakin besar kesempatan Anda memenangkan hadiah utama dari OLX.

Program Amazing Seller ini sejatinya berupa reward kepada pedagang-pedagang yang sukses berprestasi di OLX. Selain itu, program ini lahir berkat pertumbuhan bisnis OLX yang cemerlang dari waktu ke waktu. Amazing Seller akhirnya diciptakan sebagai bentuk apresiasi serta support OLX kepada masyarakat Indonesia yang telah memercayakan bisnis onlinenya ke perusahaan ini.

OLX Autos

Salah satu keunggulan OLX adalah menyediakan jasa jual beli mobil dan motor bekas secara online. Inovasi ini masih belum dikembangkan pada e-commerce lain di Indonesia selain OLX. Menjual motor dan mobil secara online tentu menjadi solusi yang amat baik mengingat masih banyak warga Indonesia kesulitan menjual kendaraan pribadi mereka secara manual.

Fitur jual beli mobil bekas di OLX dinamai OLX Autos. Lewat OLX Autos, Anda bisa mengiklankan kendaraan secara online serta mendapatkan fasilitas berupa perkiraan harga jual terbaik, pengecekan kelayakan mobil, dan pembayaran yang terlindungi. Semua fasilitas ini pun bisa Anda nikmati secara gratis!

Untuk menggunakan OLX Autos, Anda bisa membuka situs atau aplikasi OLX kemudian pilih menu Autos. Upload foto kendaraan yang ingin dijual beserta keterangan-keterangan lainnya secara mendetail. Lalu buat jadwal untuk pengecekan kondisi mobil ke rumah oleh tim OLX. Begitu semua selesai, pihak OLX akan meneruskan proses penawaran mobil Anda ke lebih dari 2000 mitra OLX.

Produk Berdasar Lokasi dan Privacy Setting

Tak hanya memanjakan pengguna dengan doorprize menarik, OLX terus memantapkan pelayanan dari segitu fitur kelengkapan produk, keamanan pengguna, dan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Untuk mempermudah penjualan, OLX berfokus pada sistem transaksi berdasarkan jarak lokasi dari setiap user. Tidak seperti aplikasi e-commerce lain yang menawarkan produk berdasarkan data riwayat pencarian, aplikasi OLX justru menampilkan aneka produk menarik yang dijual sekitar Anda. Jadi Anda otomatis terbebas dari biaya ongkos kirim yang mahal.

Dari segi keamanan pun OLX sudah menjamin Anda terbebas dari spam yang tidak dikenal. Juga untuk mencegah aksi penipuan, pada versi terbaru aplikasi dan website OLX, semua user tampil dengan identitas resmi masing-masing. Setiap akun juga dilengkapi dengan privacy setting agar informasi kontak Anda tidak dibagikan begitu saja ke masyarakat umum.

Highlights

Inovasi keren terakhir dari OLX adalah fitur highlights. Highlights merupakan fitur promosi yang mengutamakan produk Anda di antara iklan-iklan lainnya di OLX. Beriklan dengan highlights akan menjadikan produk Anda berada di posisi teratas pada kolom pencarian keyword serta dilabeli list warna kuning yang menarik perhatian konsumen.

Hanya saja Anda harus membayar untuk bisa menggunakan fitur highlights ini. Harga iklan highlights ini bervariasi, mulai dari Rp25.000 sampai Rp7.999.000 tergantung pada kategori, durasi waktu promosi (1 bulan sampai 1 tahun), dan jenis produk. Banyak penjual OLX sukses menjual produknya menggunakan fitur ini. Apakah Anda juga ingin seperti mereka?

Untuk mengaktifkan promosi highlights, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cari iklan produk Anda yang sudah sukses terjual. Pilih menu “Jual lebih cepat”.
  2. Laman Highlights akan terbuka berisikan daftar paket promosi yang berbeda-beda. Pilih paket yang Anda inginkan.
  3. Pilih metode pembayaran. Beberapa metode pembayaran yang tersedia adalah ATM, transfer bank, kartu kredit, Alfamart, Indomaret dan DOKU Wallet.
  4. Tunggu sejenak, nanti Anda akan dapat notifikasi untuk pembayaran. Ikuti langkah-langkahnya, dan begitu selesai, fitur highlights akan otomatis aktif.

5 Keunggulan OLX

Kenapa kita harus mencoba OLX? Selain inovasi-inovasi menarik yang telah disinggung di atas, masih ada banyak keunggulan lain dari tempat jual barang bekas ini yaitu:

Registrasi Mudah

Registrasi pengguna baru OLX sangat mudah! Anda bisa mendaftar membuat akun menggunakan Facebook, Google Plus, ataupun mengisi form singkat secara manual.

Proteksi Canggih

Untuk mengurangi aksi penipuan, OLX lebih menekankan pada transaksi berdasarkan lokasi yang dekat. Dengan demikian, penjual dan pembeli dapat bertemu dan bertransaksi langsung (COD).

Jutaan User

Jutaan user yang tergabung dalam OLX akan menguntungkan Anda selaku penjual sebab ada banyak target konsumen yang bisa mengunjungi lapak Anda.

Banyak Event Lomba

OLX memberi banyak hadiah kepada pengguna setianya melalui beragam event lomba yang diadakan secara rutin.

Pencarian Barang yang Mudah

OLX memungkinkan pengguna untuk mencari barang yang diinginkan menggunakan pencarian keyword atau filter berdasarkan lokasi. Dengan begini, pencarian produk akan jauh lebih mudah.

Pedoman Lengkap Belanja Mudah di OLX

Pembahasan terakhir dari artikel kali ini adalah pedoman ringkas belanja mudah di OLX. Jika Anda adalah pengguna baru OLX, maka tidak perlu cemas! Yuk langsung simak 6 langkah mudah belanja di OLX berikut:

  1. Buka aplikasi OLX atau www.olx.co.id. Login ke akun Anda.
  2. Pilih lokasi tempat tinggal Anda.
  3. Ketik keyword produk yang diinginkan.
  4. Tunggu sejenak hingga beberapa rekomendasi produk muncul di layar gadget Anda. Pilihlah barang yang ingin dibeli.
  5. Anda bisa membaca deskripsi serta melihat foto produk. Jika tertarik, hubungi langsung penjual lewat fitur chat.
  6. Jika sudah deal dengan penjual, Anda bisa transfer menggunakan rekening bersama atau lakukan pembelian COD.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait situs jual beli barang bekas OLX! Tertarik untuk mencoba menjual barang bekas Anda di situs ini? Yuk segera download aplikasinya dan bersiaplah untuk berselancar di jutaan produk berkualitas yang bisa Anda beli atau jual dengan harga oke!

Ingin mendapat lebih banyak inspirasi, ide bisnis, dan tips trik sukses berbisnis online? Yuk ikuti terus update kiat-kiat rahasia bisnis di MARKEY. Baca gratis sekarang juga di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Aplikasi Traveloka : Kupas Tuntas Aplikasi Wisata Terbaik

0
aplikasi traveloka, sejarah traveloka, fitur traveloka

Siapa yang tidak suka pergi berwisata? Banyak orang gemar pergi berwisata untuk melepas kepenatan yang menumpuk dari rutinitas sehari-hari. Beristirahat sejenak atau menghabiskan waktu menyenangkan dengan orang-orang terkasih terbukti manjur membuat kita lebih semangat dalam menjalani rutinitas berikutnya. Aplikasi Traveloka menjadi salah satu pilihan untuk bisa mewujudkan liburan Anda.

Indonesia sendiri terkenal sebagai negara dengan beragam destinasi wisata yang keindahannya tidak perlu untuk diragukan lagi. Contohnya saja Bali, Bandung, Malang, dan Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi oleh aneka turis, baik domestik ataupun mancanegara.

Sayangnya, terkadang kita tidak bisa berwisata menikmati keindahan tempat-tempat tersebut lantaran terkendala harga tiket travel yang mahal. Setiap destinasi wisata mematok harga tiket travel yang berbeda-beda, belum pula termasuk biaya akomodasi, makanan, souvenir, dan lain-lainnya. Bikin pusing!

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang, semua masalah tersebut sudah teratasi. Berkat Traveloka tiket travel, Anda bisa bebas melancong kemanapun yang Anda inginkan bahkan sesuai budget. Ingin tahu lebih banyak seputar Traveloka dan promo-promo liburan menarik yang ditawarkan untuk Anda? Yuk langsung meluncur ke artikel berikut ini!

Apa Itu Aplikasi Traveloka

aplikasi traveloka, sejarah traveloka, fitur traveloka

Pergi berlibur memang keinginan yang sering diidam-idamkan banyak orang. Hanya saja, cita-cita tersebut kerapnya terhalang oleh permasalahan harga tiket travel yang terlampau mahal. Namun sekarang Anda sudah bisa bersuka hati, sebab sudah ada Traveloka tiket travel yang siap sedia membantu Anda untuk liburan on budget.

Nama Traveloka pastinya sudah familiar di benak Anda, khususnya jika Anda gemar berlibur mengunjungi beragam destinasi wisata. Traveloka adalah perusahaan pelopor pemesanan tiket travel ke beragam destinasi wisata secara online. Dengan Traveloka tiket travel, Anda bisa bebas pesan tiket travel beragam transportasi liburan seperti pesawat, kereta api, dan bus. Harganya sudah dijamin ramah di kantong!

Lebih jauh lagi, di Traveloka, Anda tidak hanya bisa sekadar melakukan pesan tiket travel saja. Traveloka juga turut membantu Anda dalam proses booking hotel di lokasi wisata yang Anda tuju. Semua proses survey, pencarian, dan pemesanan dapat dilakukan secara online, praktis dan gratis. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan survey hotel ke hotel saat pergi liburan.

Inovasi kecanggihan inilah yang sukses menjadikan Traveloka sebagai agen travel terkemuka untuk level Asia Tenggara. Perusahaan startup di bidang travelling ini berkantor pusat di Jakarta, dan telah melayani lebih dari 200.000 aktivitas liburan ke beragam tempat di seluruh dunia. 

Dengan Traveloka, Anda bisa pesan tiket travel ke lokasi liburan di dalam ataupun luar negeri, sebab perusahaan ini memiliki lebih dari 100 mitra maskapai serta akomodasi internasional dan domestik.

Traveloka kini sudah sukses menjadi salah satu startup Unicorn se-Asia Tenggara. Akan tetapi di balik prestasi tersebut, ada kerja keras dan semangat berinovasi dari para pendiri serta elemen-elemen lain yang tergabung di dalamnya. Berikut ini adalah sekilas kisah perjuangan Traveloka yang bisa memotivasi Anda untuk berkarya.

Sepak Terjang Sejarah Traveloka

Sebelum sukses dan terkenal seperti sekarang, sejarah Traveloka yang memiliki perjalanan panjang di dunia travel agency. PT Trinusa Travelindo adalah nama resmi dari Traveloka Indonesia. 

Perusahaan ini didirikan oleh trio Ferry Unardi, Albert Zhang dan Derianto Kusuma pada tahun 2012. Tiga tahun setelah pendiriannya, Traveloka sukses berekspansi ke beragam negara di Asia Tenggara, seperti Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Gagasan pembuatan Traveloka muncul saat Ferry Unardi mengalami kesulitan ketika memesan tiket pesawat dari Amerika Serikat ke Padang. Kala itu, Ferry adalah mahasiswa S2 di Amerika dan ingin pulang ke rumah asalnya di Padang. Permasalahannya itulah yang menjadikan Ferry terdorong untuk menciptakan search engine Traveloka.

Pada awal kehadirannya, Traveloka bekerja sebatas membandingkan harga tiket pesawat dari beragam situs jual tiket pesawat online. Baru di tahun 2013, Traveloka berubah menjadi tempat pemesanan tiket pesawat online. Sejak saat itu, aplikasi ini terus dikembangkan. Pada tahun 2014, Traveloka akhirnya memperluas layanannya ke sektor perhotelan dan pemesanan secara online.

Traveloka berkembang cepat di masyarakat sebab di saat yang sama, Ferry mampu melihat potensi di bidang bisnis pemesanan tiket pesawat online ini. Strategi yang efektif digunakannya untuk berhasil menarik sejumlah besar investor yang berinvestasi di Traveloka, termasuk East Ventures (November 2012), Global Founders Capital (September 2013), Expedia (Juli 2017), dan GIC (2019).

Berkat usaha dan kerja keras banyak pihak itulah, Traveloka kini sukses menjadi startup Unicorn berbasis teknologi komunikasi di Asia Tenggara. Namun perusahaan manapun tidak akan lepas dari tantangannya sendiri. 

Dibalik gelar Unicorn-nya, Traveloka telah melewati banyak tantangan sulit seperti perkembangan perusahaan dan elemen-elemen internalnya, pengelolaan sistem manajemen pariwisata lokal dan internasional, menghadapi kompetitor, hingga menjalin kerjasama dengan beragam maskapai kapal serta akomodasi perhotelan.

Banyaknya tantangan yang dihadapi oleh Traveloka menjadikannya senantiasa berinovasi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Ingin tahu apa saja inovasi terbaru dari Traveloka? Mari lanjut membaca ke bagian selanjutnya!

5 Fitur Traveloka yang Bikin Puas Liburan

Salah satu kunci kesuksesan Traveloka terletak pada fitur-fitur unggulan yang dimilikinya. Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur berikut ini untuk memaksimalkan pengalaman liburan bersama Traveloka:

Price Alert

Fitur Traveloka yang sering digunakan oleh para konsumen, khususnya kaum milenial, adalah Price Alert. Inovasi ini hadir sebagai solusi atas sulitnya pengaturan dana yang sering menimpa pelanggan setia Traveloka saat ingin berlibur.

Dengan Price Alert, Anda bisa memperoleh harga tiket pesawat, hotel, dan lainnya sesuai dengan budget yang dimiliki ataupun lebih murah. Informasi harga tiket travel juga akan dikirimkan secara otomatis ke akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot searching dan membandingkan harga tiket terbaik.

  1. Fitur Price Alerts telah tersedia di akun Traveloka versi terbaru ataupun website. Untuk memanfaatkannya, ikuti petunjuk-langkah ini:
  2. Login ke Traveloka. Masuk ke My Account.
  3. Pilih Flight Price Alerts.
  4. Untuk menambahkan notifikasi harga tiket, klik icon “+”.
  5. Isi formulir yang diberikan secara lengkap terkait jadwal liburan Anda.
  6. Pilih tipe notifikasi yang diinginkan, bisa push notification atau e-mail.
  7. Buat pengaturan kapan notifikasi diberikan, semisal seminggu sekali atau saat ada harga tiket pesawat di bawah budget.
  8. Selesai! Klik Save, lalu tunggulah hingga notifikasi muncul dengan sendirinya di gadget Anda.

Online Check-in

Selain Price Alert, banyak pengguna Traveloka juga memakai fitur Online Check-in. Fitur ini memungkinkan Anda untuk check-in bahkan sebelum benar-benar tiba di hotel. Cukup dengan aplikasi saja, Anda bisa melakukan proses check-in mulai dari 24 jam sebelum keberangkatan. 

Nantinya, Anda bisa langsung masuk begitu tiba di hotel tanpa perlu repot-repot mengantri. Asyik, bukan? Untuk menggunakan fitur online check-in, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  1. Login di akun Traveloka.
  2. Pilih My Booking atau Online Check-In.
  3. Buka e-ticket.
  4. Isi detail check-in, pilih kursi atau kamar yang diinginkan.
  5. Klik “Check-In”. Selesai! Anda akan mendapat boarding pass di e-tiket untuk ditunjukkan kepada pegawai hotel yang bertugas.

Flight Status dan Airport Lounge

Traveloka memang tak henti-hentinya berinovasi. Selain booking tiket dan hotel, Traveloka juga menyajikan fitur pelayanan bandara yang dinamakan Flight Status dan Airport Lounge.

Flight Status dipakai untuk menginformasikan jadwal keberangkatan serta kedatangan pesawat. Anda juga bisa membagikan informasi kedatangan secara praktis via aplikasi ke orang-orang yang menjemput Anda di bandara. Cukup dengan melihat notifikasi saja, mereka sudah tahu kapan pesawat Anda tiba.  Berikut cara-cara menggunakan Flight Status:

  1. Buka aplikasi Traveloka, cari Flight Status di halaman beranda.
  2. Isi rincian penerbangan, rute, tanggal dank ode penerbangan.
  3. Klik “see status”. Semua informasi yang dibutuhkan akan muncul otomatis di layar.

Kemudian ada fitur Traveloka lainnya yaitu Airport Lounge. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda membeli tiket lounge bandara ketika check-in online menggunakan aplikasi Traveloka. Nantinya saat tiba di bandara, Anda bisa langsung menuju airport lounge dan menikmati beragam fasilitas menyenangkan seperti makan dan minum sepuasnya, WiFi gratis, hingga beristirahat di sofa sembari menonton TV.

On Booking Meal, Extra Baggage and Seat

Mayoritas bandara serta maskapai umumnya memberi pelayanan ekstra kepada pelanggannya, seperti makanan, kursi ternyaman, hingga tambahan bagasi untuk barang-barang yang Anda bawa. Traveloka juga memiliki penawaran khusus yang memungkinkan Anda merasakan semua fasilitas tersebut sekaligus.

Bagaimana caranya? Hanya dengan memesan tiket penerbangan di Traveloka, Anda sudah bisa memesanan layanan tambahan seperti makanan, tambahan bagasi dan pembungkusnya, hingga bebas memilih kursi yang diinginkan.

Traveloka Xperience

Inovasi terbaru terakhir dari Traveloka adalah Traveloka Xperience. Fitur Xperience menyediakan beragam jenis liburan ramah di kantong sekaligus paling pas dengan gaya hidup milenial kekinian. 

Fitur ini memiliki setidaknya 12 kategori hiburan yang dapat Anda akses, seperti bioskop, resto makanan dan minuman, spa dan kecantikan, layanan atraksi, event dan tour, olahraga, taman bermain, workshop, serta hiburan lain. Dengan melakukan pemesanan via Traveloka Xperience, Anda bisa mendapat beragam rekomendasi aktivitas seru sekaligus aneka diskon jalan-jalan. Tertarik untuk mencoba?

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Traveloka

aplikasi traveloka, sejarah traveloka, fitur traveloka

Tibalah kita di bagian terakhir dalam pembahasan tentang Traveloka travel agen nomor 1 se-Asia Tenggara! Memang tidak ada aplikasi yang benar-benar sempurna, termasuk Traveloka. Aplikasi Traveloka masih memiliki sejumlah kelebihan dari kekurangannya sendiri. Memahami dengan baik kelebihan serta kekurangan aplikasi ini akan membantu Anda nantinya dalam proses perencanaan liburan maupun perjalanan bisnis. Mari kita kupas lebih lanjut, yuk!

Kelebihan Aplikasi Traveloka

  • Beragam Pilihan Destinasi: Sebagai aplikasi travel agen terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka mempunyai basis data yang luas. Anda bisa menemukan lebih dari 100 mitra maskapai, baik lokal maupun internasional, serta ribuan pilihan akomodasi hotel di berbagai destinasi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan begitu, Anda memiliki beragam pilihan destinasi yang dapat disesuaikan dengan keinginan.
  • Harga Terjangkau: Traveloka selalu berusaha memberikan harga tiket travel dan akomodasi yang terjangkau untuk pelanggan. Selain itu, ada juga fitur Price Alert yang membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik sesuai dengan budget yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan liburan tanpa perlu khawatir akan biaya yang mahal.
  • Kemudahan dalam Pembayaran: Traveloka mendukung beragam metode pembayaran, termasuk transfer bank, kartu kredit, debit, dan Pay Later. Ini memberikan fleksibilitas dalam bertransaksi dan memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran sesuai dengan preferensi mereka.
  • Fitur Online Check-In: Fitur Online Check-In memungkinkan Anda untuk melakukan check-in secara online sehingga Anda tidak perlu lagi mengantri di bandara atau hotel. Ini menghemat waktu Anda dan membuat pengalaman perjalanan lebih nyaman.
  • Traveloka Xperience: Traveloka Xperience adalah tambahan yang luar biasa bagi pelancong yang ingin menjelajahi berbagai kegiatan wisata dan hiburan selama perjalanan. Dengan beragam kategori hiburan yang ditawarkannya, Anda dapat menemukan aktivitas yang sesuai dengan minat Anda dan bahkan mendapatkan diskon eksklusif.

Kekurangan Aplikasi Traveloka

  • Keterbatasan dalam Pilihan Hotel Internasional: Salah satu kekurangan yang dapat diidentifikasi adalah keterbatasan dalam pilihan hotel di luar Indonesia. Ini terutama relevan bagi mereka yang merencanakan perjalanan internasional. Meskipun Traveloka terus berkembang, beberapa pengguna mungkin merasa bahwa pilihan mereka terbatas saat mencari akomodasi di luar negeri. 
  • Beberapa Masalah Teknis: Beberapa pengguna juga telah melaporkan beberapa masalah teknis yang terjadi saat menggunakan Traveloka. Meskipun ini mungkin terjadi pada sebagian kecil pengguna, ini adalah aspek yang harus diperbaiki untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan tanpa hambatan.

Meskipun ada kekurangan, Traveloka tetap menjadi pilihan utama bagi banyak pelancong. Kelebihan aplikasi ini, seperti fitur Price Alert yang membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik, serta kenyamanan online check-in, membuatnya layak digunakan. Traveloka juga sering menawarkan berbagai diskon dan promo, menjadikan liburan Anda lebih terjangkau.

Terlepas dari beberapa kekurangan, Traveloka tetap menjadi pilihan yang kuat untuk merencanakan dan memesan perjalanan Anda. Dengan inovasi terus-menerus dan komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, tidak mengherankan bahwa Traveloka telah mendapatkan popularitas yang besar di Asia Tenggara.

Jadi, jika Anda berencana untuk pergi berlibur atau merencanakan perjalanan bisnis, Traveloka adalah teman yang dapat diandalkan. Unduh aplikasinya secara gratis dari Google Play Store atau App Store dan temukan sendiri semua manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi travel agen terkemuka di Asia Tenggara.

Dalam dunia yang terus berubah dan bergerak cepat ini, memiliki alat seperti Traveloka adalah hal yang sangat berharga. Ini tidak hanya mempermudah perjalanan Anda tetapi juga memberikan Anda akses ke berbagai penawaran dan pengalaman yang dapat mengubah liburan biasa menjadi petualangan yang tak terlupakan. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan Traveloka sebagai mitra perjalanan Anda selanjutnya dan nikmati kemudahan merencanakan perjalanan Anda.

Tips Cara Memilih Rekan Usaha Untuk Kelancaran Kemitraan Bisnis Online Anda

0
mitra usaha

Bagi Anda yang sedang mengembangkan sebuah bisnis, tidak ada salahnya untuk mengembangkan usaha Anda melalui mitra usaha. Tentunya hal ini sangat menguntungkan, tidak hanya dapat mengalami perluasan usaha, pendapatan pun akan semakin meningkat!

Artikel ini tidak hanya membahas bagaimana cara memilih mitra usaha yang baik, tetapi juga Anda yang bisa memperluas bisnis Anda dengan bekerja sama dengan karyawan, sehingga pantas disebut sebagai mitra usaha sampingan karyawan, asalkan Anda dapat menyesuaikan bisnis Anda dengan kebutuhan karyawan.

Bagaimana? Menarik, bukan? Mari simak liputannya yang satu ini!

Pengertian Mitra Usaha

mitra-usaha

Secara sederhana, mitra usaha berasal dari dari kata mitra dan usaha. Mitra adalah hubungan pertemanan, dimana didalamnya terdapat unsur pertemanan sekaligus kerja sama. Sementara usaha adalah bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau institusi untuk tujuan komersial.

Jadi mitra usaha adalah pertemanan sekaligus kerja sama yang dilakukan oleh seseorang untuk aktivitas bisnis demi mendapatkan keuntungan bersama.

Pada umumnya merupakan kerja sama yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang lebih besar dengan perusahaan-perusahaan yang lebih kecil, atau antar perusahaan yang sama skalanya.

Jadi, tidak harus antara perusahaan yang lebih besar dengan perusahaan yang lebih kecil. Biasanya, dilakukan dalam rentang waktu yang lama.

Tujuan adanya mitra usaha, pada umumnya, adalah untuk pertumbuhan ekonomi perusahaan, perluasan usaha, hingga hubungan sosial.

Mitra Usaha Karyawan

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, mitra usaha pada umumnya adalah kerja sama antara perusahaan yang lebih besar dengan perusahaan yang kecil, tetapi Anda juga dapat memanfaatkan karyawan sebagai mitra usaha Anda.

Karyawan identik dengan gaji tetap dan waktu yang terbatas, dikarenakan bekerja di suatu perusahaan. Dan dikarenakan tingkat kebutuhan yang kian melonjak setiap tahunnya, tentunya seorang karyawan membutuhkan kerjaan sampingan demi menambah penghasilan.

Anda bisa membantunya dengan menjadikannya sebagai mitra usaha!

Selain itu, tingkat kebutuhan yang tinggi yang disandingkan dengan tingkat penghasilan yang tetap, biasanya karyawan mencari mitra usaha tanpa modal yang sering tersebar di internet.

Anda pun dapat melakukan hal yang sama, misalnya dengan menyediakan alat-alat dan bahan baku, sekaligus tempat usaha, sehingga karyawan tidak perlu lagi keluar modal. Bahkan ikut membayarkan biaya air dan listrik, sehingga karyawan hanya perlu fokus untuk mengembangkan usaha, sehingga dapat memberikan hasil untuk Anda.

Bisnis yang biasanya dapat dilakukan oleh karyawan pada umumnya jenis bisnis yang dapat dilakukan diluar jam kerja atau saat jam istirahat, misalnya agen pulsa, agen pegadaian, bisnis online, atau bahkan penulis lepas. Sehingga karyawan dapat menjadikannya sebagai bisnis sampingan demi menambah penghasilannya.

Ciri Mitra Usaha

mitra-usaha-1

Setelah Anda memutuskan untuk memiliki mitra usaha, maka terdapat sejumlah ciri mitra usaha yang harus Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut!

1. Adanya Jalinan Kerja Sama

Dengan mitra bisnis, sudah pasti terjadi kerja sama, dan kerja sama ini harus ditandai dengan dokumen perjanjian yang dilindungi hukum. Di dalam dokumen perjanjian tersebut tercantum hubungan kerja sama tertulis sekaligus hal-hal penting lainnya, misalnya tujuan yang ingin dicapai bersama. Jadi perusahaan yang bekerja sama tersebut harus beroperasional demi kerja sama tersebut!

2. Pengembangan Usaha Kecil

Mitra bisnis biasanya terjadi antara perusahaan yang lebih besar dengan perusahaan yang lebih kecil, dalam hal modal maupun hal lainnya terkait dengan operasional perusahaan. Dengan adanya hubungan mitra ini, harapannya adalah perusahaan kecil ini dapat dibina dan dikembangkan oleh perusahaan yang lebih besar.
Dan hubungan kerja sama ini semakin lama semakin dapat ditingkatkan. Tentunya hal ini akan membuat perusahaan kecil dapat terus bertahan dalam kondisi apa saja, dan tujuan perusahaan tetap dapat dicapai. Demikian juga bagi perusahaan besar, omset penghasilannya juga akan semakin bertambah.

3. Saling Menguntungkan!

Pada umumnya terjalin suatu motivasi bersama, dimana pada umumnya adalah keuntungan yang diperoleh oleh masing-masing perusahaan. Melalui kerja sama ini, diharapkan keuntungan yang diperoleh dapat maksimal.
Oleh karena itu, sudah pasti akan selalu diusahakan dengan saling memberikan dukungan dan kekuatan. Dengan demikian, diharapkan dapat selalu memberikan keuntungan antara ke dua belah pihak sehingga masing-masing perusahaan dapat tetap berdiri.

Bagaimana Memilih Mitra yang Baik?

Setelah memahami apa yang harus dilakukan pada mitra sehingga dapat dikatakan sebagai mitra  bisnis Anda, Anda pun memerlukan kriteria untuk memilih mitra yang baik.

Same Passion!

Carilah mitra bisnis yang memiliki passion sama, karena dipastikan akan mengalami persamaan visi, sehingga dapat menghindarkan Anda dari hal-hal buruk saat kemitraan Anda sedang berjalan. Sebagai contoh, Anda ingin membuka restoran, maka carilah mitra yang memiliki passion di bidang makanan dan minuman, sehingga restoran Anda tidak akan berhenti di tengah jalan.

Utamakan Kejujuran!

Demi mendapatkan profit dari perusahaan, memerlukan waktu yang tidak sebentar, karena itu kejujuran sangat dipentingkan disini, sebab ini akan memengaruhi jalan usaha Anda. Jujur bukan hanya dalam hal keuangan, tetapi juga dalam hal keterbukaan antara satu sama lain. Semakin terbuka antara Anda dengan mitra Anda, hubungan Anda pun semakin baik.

Kapabilitas yang Tinggi!

Kapabilitas diartikan sebagai kemampuan atau keterampilan dalam menjalankan bidang usaha yang akan ditekuni, dan hal ini sangat diperhatikan. Apabila Anda tidak memilih rekan yang tidak capable, bisa jadi usaha yang Anda jalankan akan tidak berhasil. Sebaliknya, jika rekan Anda sangat capable di bidangnya, sudah dipastikan bisnis Anda mudah dijalankan dan potensi kesuksesan terbuka lebar!

Mau Bekerja Sama

Kata ‘mitra’ itu sendiri sudah mengacu pada suatu hubungan dan dengan demikian sudah dipastikan ada banyak kerja sama yang terjadi di depannya. Oleh karena itu, sudah dipastikan Anda harus mencari mitra yang terbuka dan mau bekerja sama.

Saling Mendukung

Dengan saling mendukung, artinya Anda dan mitra Anda sudah siap untuk mencapai tujuan bersama. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk saling menjatuhkan saat menghadapi sebuah masalah, apalagi saat bisnis Anda dan mitra Anda sedang berada dalam kondisi kurang baik.

Mau Menyelesaikan Konflik

Banyak kasus yang menunjukkan banyaknya mitra yang memilih mundur saat bisnis sedang dilanda bencana. Dengan demikian Anda butuh mitra yang bersedia bersama-sama sampai mendapatkan kesuksesan, dalam artian tahan banting, mau dilibatkan saat terjadi sebuah konflik atau masalah.

Punya Target Jelas!

Hal ini identik dengan passion yang dimiliki, sehingga terbentuklah tekad yang bulat, dan pada akhirnya memiliki target yang jelas dalam menjalankan sesuatu. Dan ini termasuk dalam hal bermitra dengan Anda!

Mengapa Banyak Hubungan Mitra Bisnis Gagal?

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, ada beberapa kriteria yang dibutuhkan dalam memilih partner kerja yang tepat Anda, sehingga dapat dipastikan jika partner Anda tidak memenuhi kriteria tersebut bisnis Anda akan gagal di tengah jalan.

Namun, ada banyak faktor lain yang menyebabkan sebuah kemitraan gagal di tengah jalan. Sebagai contoh, kepribadian yang tidak cocok. Kepribadian yang terlalu kontras dapat memperkuat perbedaan pendapat sekaligus konflik. Terkadang Anda harus mengevaluasi kepribadian calon partner Anda apabila Anda belum berkenalan dengan baik, melalui sebuah wawancara kerja. Meskipun terkadang perbedaan kepribadian juga bisa menjadi keuntungan, asalkan terdapat visi yang sama dalam bisnis Anda.

Selain itu terdapat sejumlah faktor lain, seperti pembagian tugas yang kurang adil antara Anda dengan business partner Anda, hingga kurangnya kesuksesan yang terjadi dalam bisnis Anda. Tentunya semua ini mempengaruhi hubungan yang terjadi dengan mitra bisnis Anda. Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis Anda sangatlah dibutuhkan! Bukan hanya sekedar memilih partner terbaik! Dengan begitu bisnis Anda dapat berjalan  sempurna.

Demikian informasi mengenai mitra bisnis yang tentunya semakin menambah wawasan Anda mengenai bagaimana perluasan usaha sebaiknya dilakukan, yang tentunya melalui kemitraan. Tentunya informasi ini bermanfaat untuk Anda semua dan selamat bermitra!

Yuk Belajar Contoh Struktur Organisasi dalam Sebuah Perusahaan!

0
contoh struktur organisasi perusahaan

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana struktur sebuah perusahaan? Biasanya saat diterima sebagai karyawan baru, Anda akan diperkenalkan terlebih dahulu dengan susunan organisasi perusahaan tersebut. Pemahaman terkait struktur perusahaan ini tergolong penting sebab akan membantu Anda memahami jalur serta tingkatan koordinasi milik organisasi.

Setiap perusahaan memiliki contoh struktur organisasi perusahaan yang berbeda-beda. Seperti apa bentuk-bentuknya? Bagaimana pula cara membuat contoh struktur organisasi perusahaan kecil milik sendiri? Yuk langsung simak artikel berikut ini terkait contoh struktur organisasi perusahaan kecil dan jasa!

Apa Itu Struktur Organisasi Perusahaan?

struktur-organisasi

Pernahkah Anda merasa kesulitan saat menentukan alur koordinasi dan perintah dalam perusahaan yang Anda miliki? Jika iya, maka sudah pasti Anda memerlukan susunan struktur organisasi perusahaan. Apa itu struktur organisasi perusahaan?

Struktur organisasi adalah susunan jabatan disertai jalur-jalur koordinasi serta tanggung jawab yang dibuat sedemikian rupa. Umumnya, struktur ini dibangun dalam bentuk bagan untuk mempermudah saat dibaca.

Perusahaan yang dilengkapi dengan contoh struktur organisasi perusahaan akan membantu para manajer dan pekerja memahami garis koordinasi serta kepada siapa mereka bertanggung jawab saat bekerja.

Contoh struktur organisasi perusahaan yang baik biasanya memuat penempatan orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Susunan ini juga bisa memudahkan bagian HRD untuk memahami posisi setiap karyawan sekaligus menentukan besaran gaji mereka.

Sebagai catatan penting, setiap perusahaan memiliki contoh struktur organisasi perusahaan yang berbeda. Struktur organisasi milik Perseroan Terbatas (PT) tentunya akan berbeda jika dibandingkan contoh struktur organisasi perusahaan jasa ataupun perusahaan kecil.

Struktur milik PT umumnya memuat susunan para direksi, pemegang saham dan komisaris. Namun contoh struktur organisasi perusahaan kecil, susunan jabatannya bisa lebih sederhana seperti pemilik, manajer, dan pegawai.

Setiap isi contoh struktur organisasi perusahaan berbeda-beda, tergantung pada kepentingan dan kebutuhan perusahaan, serta divisi-divisi apa yang terlibat dalam pekerjaan. Akan tetapi penyusunan struktur organisasi perusahaan pada dasarnya sama saja. Bagaimana caranya? Yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya!

5 Komponen yang Wajib Ada dalam Struktur Organisasi Perusahaan

Bagaimana cara membuat struktur organisasi perusahaan yang baik? Kunci jawabannya terletak pada penyusunan setiap posisi dalam struktur. Jika susunan posisi diatur dengan baik, maka struktur organisasi perusahaan Anda akan otomatis benar. Jadi, Anda harus cermat dalam menempatkan seseorang pada divisi kerja yang tepat.

Secara garis besar, ada 5 komponen yang wajib dalam struktur organisasi milik perusahaan. Semua komponen ini bersifat general dan dapat dimasukkan ke dalam contoh struktur organisasi perusahaan jasa, perusahaan kecil, dan lainnya.

Pimpinan

Pimpinan umumnya menduduki posisi teratas dalam semua bagan struktur organisasi perusahaan. Posisi pimpinan bisa diduduki oleh pemilik perusahaan, direktur utama, jajaran direksi, pemegang saham, ataupun kepala perusahaan cabang untuk kantor-kantor cabang.

Pimpinan merupakan orang-orang dengan kuasa tertinggi untuk membuat kebijakan sekaligus memiliki tanggung jawab terbesar atas keberlangsungan perusahaan.

Kepala Keuangan

Selanjutnya adalah kepala keuangan. Kepala keuangan bertugas mengatur keseimbangan keuangan dan anggaran milik perusahaan dibantu oleh staf-stafnya. Ia juga bertanggung jawab untuk membuat prosedur pelaksanaan keuangan yang rinci, dan melakukan evaluasi terhadap profit maupun defisit perusahaan.

Manajer

Manajer adalah orang-orang yang bertugas me-manage atau mengatur operasi perusahaan. Mereka bertanggung jawab membuat keputusan, memberi arahan, mencetuskan inovasi, sekaligus merancang sistem kerja efisien untuk perusahaan.

Ada beragam tipe manajer berdasarkan bidang-bidang kerja yang difokuskan, seperti manajer produksi dan pabrik, manajer personalia, manajer keuangan, hingga manajer pemasaran. Biasanya, semakin besar dan banyak divisi milik perusahaan maka akan semakin banyak posisi manajer yang dibutuhkan. Begitupun sebaliknya.

Secara ringkas, berikut ini adalah tanggung jawab setiap manajer:

  • Manajer Produksi dan Pabrik: Bertanggung jawab atas proses produksi dan segala kebutuhan pabrik terkait pembuatan produk.
  • Manajer Personalia: Bertugas mengorganisir segala proses administrasi perusahaan, termasuk perekrutan karyawan baru.
  • Manajer Keuangan: Bekerja mengatur aktivitas keuangan perusahaan, keseimbangan finansial, hingga pembukuan kas.
  • Manajer Pemasaran: Bertanggung jawab melakukan riset pasar serta merancang strategi pemasaran yang efektif.

Pergudangan dan ADM

Bagian ini bertugas mengontrol serta mendata setiap transaksi dan administrasi perusahaan. Divisi ini disusun oleh staf-staf yang terlibat langsung dalam transaksi dan pelaporan, seperti staf akunting, CMT, dan kasir.

Divisi Karyawan

Karyawan menduduki posisi paling bawah dalam struktur organisasi suatu perusahaan. Setiap karyawan memiliki jobdesc yang berbeda-beda, tergantung pada divisi dimana ia bekerja.

Semua bagian di atas umumnya tercantum dalam struktur organisasi perusahaan. Meskipun begitu, Anda masih tetap bisa menambahkan divisi serta posisi di luar bagian-bagian di atas, mengingat setiap perusahaan memiliki divisi yang berbeda-beda. Intinya, selalu sesuaikan bagan perusahaan Anda dengan kebutuhan serta fakta di lapangan, ya!

Manfaat Struktur Organisasi untuk Perusahaan Anda

Mengapa kita perlu memiliki struktur organisasi perusahaan? Meski hanya berupa bagan, rupanya struktur organisasi memegang peranan penting bagi perusahaan. Beberapa manfaat struktur organisasi adalah:

Mempertegas Garis Koordinasi antar Pekerja

Manfaat pertama struktur organisasi adalah memperjelas garis koordinasi antar elemen dalam perusahaan. Semakin besar sebuah perusahaan, biasanya akan ada semakin banyak orang bekerja di dalamnya. Hal ini lantas berimbas pada sistem koordinasi yang bisa menjadi semakin panjang dan rumit.

Oleh sebab itu, struktur organisasi perusahaan diperlukan guna mempermudah setiap orang mengetahui kepada siapa mereka dapat berkoordinasi dan bertanggung jawab. Struktur juga akan mempertegas posisi masing-masing elemen perusahaan, sehingga meminimalisir terjadinya pemberian perintah keluar jalur atau tidak pada divisi yang sesuai.

Mempermudah HRD untuk Menentukan Gaji

Struktur organisasi juga dapat membantu banyak tugas HRD, mulai dari penempatan karyawan hingga penentuan besaran gaji. Seorang HR harus mempelajari susunan struktur perusahaan agar bisa memosisikan setiap karyawan dalam divisi yang tepat.

Bagan juga akan membantu HR membuat rentang perkiraan gaji setiap pekerja, sebab setiap posisi pekerjaan pastinya memiliki beban dan tanggung jawab yang berbeda. Biasanya, semakin tinggi posisi seseorang dalam struktur, maka akan semakin besar tanggung jawab plus gaji yang ia dapatkan.

Menjadi “Insight” Jenjang Karir

Hampir semua pegawai yang bekerja di sebuah perusahaan mengejar jenjang karir. Namun setiap perusahaan memiliki perkembangan jenjang karir yang berbeda-beda. Mengamati struktur organisasi perusahaan pun menjadi jalan terbaik untuk mengetahui pasti jenjang karir di perusahaan tempat Anda bekerja.

Perhatikan baik-baik susunan dari posisi terbawah hingga ke atas. Dengan begitu, Anda sudah bisa mendapatkan “insight” atas jenjang karir yang tersedia di perusahaan tempat Anda bekerja.

Memperjelas Jobdesc Setiap Karyawan

Manfaat terakhir dari struktur organisasi perusahaan adalah memperjelas jobdesc setiap karyawan. Setiap divisi tentunya memiliki tanggung jawab dan pekerjaan yang berbeda-beda. Dengan mempelajari susunan struktur organisasi perusahaan, Anda bisa memahami kepada siapa Anda bertanggung jawab sekaligus apa-apa saja pekerjaan yang harus diurusi oleh divisi Anda. Jadi, Anda bisa mengcegah terjadinya konflik internal seperti mengerjakan pekerjaan yang keliru dan tak sesuai tanggung jawab divisi, ataupun salah berkoordinasi dengan atasan.

Contoh Struktur Organisasi untuk Perusahaan

Anda telah mempelajari banyak hal terkait struktur perusahaan. Lantas seperti apa contoh struktur organisasi perusahaan yang bisa Anda buat? Tidak perlu repot-repot, Anda bisa membuat struktur sederhana seperti contoh bagan ini:

struktur perusahaan

Demikianlah pembahasan kali ini terkait contoh struktur organisasi perusahaan jasa dan perusahaan kecil. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menyusun struktur organisasi untuk perusahaan Anda, ya! Jangan lupa untuk mengecek artikel informatif plus bermanfaat lainnya dari kami.

[business-about]

Tips Langkah-Langkah Mengatasi Connection Timeout

0
connection time out

Salah satu kesalahan yang paling menjengkelkan adalah ketika koneksi internet Anda habis, dan Anda tidak dapat mengakses halaman web tertentu. Anda akan melihat pesan di layar “Halaman web tidak tersedia”. Kesalahan ini umumnya terjadi jika ada masalah pada koneksi internet, dan halaman tidak dapat dimuat. Anda dapat melihat pesan di layar Anda dengan nama kesalahan ini.

Ketika situs web atau halaman web membutuhkan waktu terlalu lama untuk merespons, atau waktu koneksi habis, maka Chrome menyarankan tiga cara untuk menghilangkan kesalahan:

  • Memeriksa koneksi
  • Memeriksa proxy dan firewall
  • Menjalankan diagnostik jaringan windows

Ini adalah solusi terbatas yang tidak berfungsi dengan baik untuk mengatasi masalah ini. Anda perlu mengambil tindakan lebih lanjut untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda tidak tahu tentang solusi lain, Anda akan mendapatkan semua ini di artikel ini.

Kami menyediakan metode terbaik untuk menghapus kesalahan dari browser Anda.  Anda tidak perlu khawatir karena solusi ini tidak memerlukan keahlian apa pun. Anda dapat menggunakan metode ini sendiri. Berikut ini kami akan memberikan langkah-langkah atau cara mengatasi connection timeout. Yuk simak informasi selengkapnya!

Apa Itu Connection Timeout?

connection-timeout1

Connection timeout server berarti bahwa server terlalu lama membalas permintaan data yang dibuat dari perangkat lain. Timeout bukanlah pesan balasan. Ini muncul saat tidak ada balasan dan permintaan server tidak dipenuhi dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Connection timeout error server tidak banyak memberi tahu Anda apa yang salah atau mengapa kesalahan itu terjadi. Itu hanya mengidentifikasi bahwa kesalahan itu terjadi. Connection timeout error dapat terjadi karena sejumlah alasan. Server, perangkat yang meminta, perangkat keras jaringan, dan bahkan koneksi Internet bisa jadi salah.

Penyebab Connection Timeout

Penyebab kesalahan dapat memberi tahu banyak hal tentang masalah yang membantu mendapatkan solusi yang sesuai untuk masalah tersebut. Saat kita berbicara tentang connection timeout error, maka Anda harus tahu tentang penyebab kesalahan ini sebelum mendapatkan jawabannya. Berikut beberapa alasan yang dapat menyebabkan masalah ini.

  • Server tidak dapat memproses permintaan yang dikirim oleh browser Anda
  • Server menjadi tidak responsif atau menunda dalam memberikan respon
  • Koneksi tidak terjalin antara server dan browser
  • URL tidak valid
  • Koneksi internet terbatas atau tidak ada akses

Ini bisa menjadi penyebab yang mungkin untuk masalah waktu koneksi habis. Jadi kita perlu fokus pada koneksi internet. Metode kami akan terkait dengan masalah ini. Lihat tekniknya dan coba yang cocok untuk Anda.

Cara Mengatasi Connection Timeout

connection-timeout-2

Kami memiliki berbagai metode untuk mengatasi masalah ini berdasarkan alasan di balik kesalahan tersebut. Cara terbaik untuk menghilangkan kesalahan tersebut adalah dengan mendapatkan solusi yang sesuai.

Anda dapat mulai menggunakan metode pertama dan jika tidak berhasil mengatasi masalah, lanjutkan ke solusi lain. Coba sampai masalah Anda diberantas. Selain itu, gunakan metode ini dengan hati-hati dan ikuti setiap langkah. Berikut cara yang bisa Anda gunakan.

Metode 1 : Hapus data penjelajahan dan cache dari browser

Masalah terkait cookie dan cache selalu menimbulkan masalah dalam membangun koneksi antara server dan browser. Metode satu-satunya untuk menghapus masalah ini adalah menghapus data penelusuran dari awal.

Terkadang kita mengunjungi halaman web, dan cache-nya dibuat di browser kami. Cache itu sekarang menahan kita untuk membuat koneksi dengan situs web. Untuk menghapus cache dari perangkat Anda. Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukan tugas ini, lihatlah

  1. Buka Google Chrome dan masukkan URL Chrome: //settings/clearBrowserData
  2. Pindah ke tab lanjutan dan ubah juga rentang waktu dari awal
  3. Centang semua opsi terutama Cookies dan opsi terkait cache
  4. Klik tombol Hapus data

Dengan cara ini, Anda akan membersihkan cache dan riwayat dari perangkat Anda. Sekarang periksa apakah halaman web sedang dimuat atau tidak. Jika Anda masih mendapatkan masalah, coba metode lain.

Metode 2 : Ubah pengaturan LAN

Beberapa pengaturan internet mungkin dipengaruhi oleh virus atau mungkin Anda telah melakukan beberapa perubahan secara tidak sengaja. Jadi lebih baik ubah pengaturan ini.

  1. Buka panel kontrol dengan menggunakan menu mulai
  2. Sesuaikan tampilan menurut kategori menjadi ikon besar dan klik Opsi Internet
  3. Pindah ke tab koneksi dan klik tombol pengaturan LAN
  4. Sekarang hapus centang semua opsi yang diberikan di konfigurasi otomatis dan bagian server proxy
  5. Klik OK
  6. Mulai ulang browser dan mulailah berselancar

Jika Anda kembali mendapatkan kesalahan, maka pengaturan proxy dan LAN bukanlah alasan di balik masalah ini. Jadi pindah ke metode lain.

Metode 3 : Ubah file host windows

Ini hanya berlaku untuk satu kesalahan situs web karena file host mungkin yang menyebabkan masalah. Jadi perbaiki masalah file host dengan membuat perubahan di dalamnya. ikuti langkah-langkah jika Anda tidak tahu cara memodifikasi file host windows

  1. Buka menu mulai lalu pilih semua program> aksesori
  2. Sekarang klik kanan pada notepad dan pilih “run as administrator”
  3. Jendela Notepad akan muncul di layar. Klik pada menu file dan pilih buka dari daftar
  4. Pilih semua jenis dari menu drop-down yang diberikan di sudut kanan bawah jendela
  5. Klik pada host dari daftar
  6. Jika ada alamat IP atau nama host situs web setelah baris tanda # terakhir, hapus alamat itu atau semua data yang diberikan setelah baris # akhir
  7. Simpan perubahan dan mulai ulang browser Anda

Jika masalahnya masih ada, coba metode lain nanti.

Metode 4 : Perbarui dan Hapus DNS

Ada kemungkinan bahwa masalah DNS dan IP membatasi koneksi antara server dan browser sehingga Anda harus menghapus masalah ini dengan flush DNS dan memperbaharui IP. Ini bukanlah tugas yang sulit untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah terperinci yang akan mempermudah Anda.

  1. Tekan tombol logo Windows + tombol R secara bersamaan untuk membuka kotak dialog Run
  2. Ketik cmd di kotak dialog run dan klik tombol OK
  3. Di jendela command prompt ketik perintah yang diberikan di bawah ini
    • ipconfig /flushdns
    • ipconfig /registered
    • ipconfig /release
    • ipconfig /renew
    • netsh Winsock reset

Jangan lupa tekan enter setelah mengetik setiap perintah dan ketik perintah dengan urutan yang sama. Mulai ulang komputer Anda setelah menutup prompt perintah.

Jika masalah tidak teratasi, gunakan solusi berikutnya. Ini pasti akan membantu Anda karena pengaturan firewall atau antivirus mungkin bertanggung jawab atas masalah ini.

Metode 5 : Periksa pengaturan firewall dan antivirus

Firewall dan antivirus tampaknya sering memblokir beberapa situs web ketika mereka memiliki tanda tanya tentang kredibilitas situs web tersebut. Firewall menahan koneksi dengan server dan tidak mengizinkan Anda mengakses halaman web.

Ini membantu dalam melindungi perangkat Anda dari file berbahaya. Jika Anda mengetahui bahwa situs web tersebut aman, maka Anda dapat mematikan firewall dan mengakses situs web tersebut. Dan itu adalah kasus yang sama dengan antivirus karena Anda dapat menghapus perangkat lunak untuk mengakses situs web.

Anda disarankan untuk mengaktifkan firewall dan antivirus setelah pekerjaan Anda selesai. Jika tidak, perangkat Anda akan berisiko. Perisai dimatikan jika menimbulkan masalah dalam pekerjaan, tetapi Anda tidak boleh lupa bahwa itu melindungi Anda dari benda berbahaya. Jadi buat kemungkinan perubahan dalam pengaturan firewall dan antivirus tetapi ubah setelah selesai bekerja.

Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel menarik lainnya. Semoga artikel yang kami sajikan di Markey selalu bermanfaat untuk Anda!

Konsolidasi Adalah : Ciri-Ciri, Tujuan dan Contohnya

0
konsolidasi adalah

Banyak cara dilakukan oleh pengusaha dalam upaya memajukan usahanya. Mulai dari pembukaan cabang baru, bekerja sama dengan perusahaan lain, hingga melakukan konsolidasi. Konsolidasi adalah bentuk kerja sama yang dilakukan antar pemilik usaha untuk menggabungkan usaha mereka dan membuka usaha baru dengan membubarkan usaha sebelumnya.

Penggabungan ini juga dilakukan tanpa proses likuidasi terlebih dahulu. Mau tau lebih jauh tentang konsolidasi? Mulai dari pengertian, ciri-ciri, tujuan, hingga contohnya akan kami bahas pada artikel kali ini. Jadi, ikuti terus hingga akhir ya.

Pengertian Konsolidasi

Pengertian konsolidasi secara umum ialah suatu tindakan atau upaya yang dilakukan untuk menyatukan atau menggabungkan dengan tujuan memperkuat dan memperteguh hubungan antara dua kelompok atau lebih.

Hal ini dilakukan agar terbentuk persatuan yang lebih kuat. Sementara dalam dunia bisnis, konsolidasi adalah peleburan atau penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi perusahaan baru. Di mana perusahaan baru yang terbentuk ini akan mengambil alih seluruh hak dan kewajiban dari setiap perusahaan yang dileburkan atau digabungkan. Penggabungan yang dilakukan ini tanpa proses likuidasi terlebih dahulu.

Dalam perkembangannya, tolak ukur yang dijadikan patokan adalah kebutuhan masyarakat yang terus bertambah setiap harinya sehingga bermunculan media atau perusahaan yang semakin beragam. Keberagaman jenis perusahaan ini semakin terlihat jelas dengan berbagai orientasi yang berbeda satu sama lainnya, namun dengan hampir seluruhnya memiliki tujuan yang sama, yaitu keuntungan.

Ciri-ciri Konsolidasi

konsolidasi-1

Konsolidasi adalah sesuatu yang memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan proses penggabungan perusahaan yang dilakukan dengan cara lainnya. Berikut ciri-ciri atau karakteristik konsolidasi yang harus Anda pahami:

  1. Dalam konsolidasi akan terjadi peleburan atau merger dari dua atau lebih perusahaan yang kemudian akan membentuk satu perusahaan yang baru.
  2. Ciri kedua konsolidasi adalah setiap perusahaan lama yang bergabung dalam konsolidasi ini akan melalui proses pembubaran tanpa adanya proses likuidasi terlebih dahulu.
  3. Ciri selanjutnya ialah, perusahaan baru yang dilakukan tindak penggabungan oleh beberapa perusahaan harus memiliki status hukum yang baru.
  4. Desain ataupun konsep pembuatan konsolidasi harus terlebih dahulu disetujui oleh RUPS pada masing-masing perusahaan.
  5. Pada setiap perusahaan yang melakukan penggabungan maka semua aset dan liabilitas perusahaan akan otomatis beralih pada perusahaan baru yang dibentuk.
  6. Konsep dalam akta konsolidasi yang telah disetujui dalam RUPS kemudian dimasukkan dalam akta konsolidasi. Pembuatan akta ini dilakukan dihadapan notaris dengan menggunakan bahasa Indonesia.
  7. Perusahaan yang telah melakukan konsolidasi selanjutnya akan mempunyai status badan hukum pada waktu tanggal diterbitkannya keputusan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tentang perusahaan yang telah bergabung tanpa melalui proses likuidasi.

Tujuan Dilakukannya Konsolidasi

Ada beberapa alasan yang membuat perusahaan akhirnya memilih melakukan konsolidasi. Tujuan dilakukannya konsolidasi ialah:

1. Memperbesar Perusahaan

Tujuan utama yang diharapkan perusahaan dalam melakukan konsolidasi adalah memperbesar skala perusahaan. Dengan adanya penggabungan yang dilakukan perusahaan maka tentunya akan menguntungkan semua pihak yang melakukan konsolidasi.

Hal ini karena perusahaan yang melakukan konsolidasi akan memiliki kesempatan lebih besar untuk berkembang serta memperkuat daya saing perusahaan.

2. Kesehatan Perusahaan

Yang dimaksud kesehatan perusahaan ialah terkait pelaporan atau kinerja dengan tolak ukur yang telah ditetapkan oleh Bank Sentral. Biasanya hal ini terjadi pada perusahaan yang menjalankan bisnis perbankan.

Apabila suatu bank telah dinyatakan tidak sehat oleh Bank Sentral, maka bank tersebut akan melakukan penggabungan dengan bank lainnya. Penggabungan terbaik yang dapat dilakukan dengan bergabung bersama bank lain yang masih berstatus sehat.

3. Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Tujuan berikutnya yang ingin diraih oleh perusahaan yang melakukan konsolidasi adalah meningkatkan efesiensi kinerja dalam sebuah perusahaan. Hal ini dapat terjadi karena dengan melakukan peleburan, dua atau lebih perusahaan tersebut akan bergabung menjadi satu.

Sehingga proses kinerja hanya berasal dari satu sumber. Sumber yang dipilih tentunya yang paling efektif. Tentunya cara ini akan jauh lebih efisien dibandingkan dengan dijalankan oleh dua perusahaan yang berbeda namun memiliki satu tujuan.

4. Mengurangi Tingkat Risiko Persaingan

Tujuan berikutnya dengan adanya kegiatan ini ialah jumlah pesaing yang ada dalam pasar akan mengalami pengurangan. Hal ini tentunya secara otomatis akan mengurangi risiko persaingan sekaligus meningkatkan profit yang diperoleh perusahaan yang melakukan konsolidasi.

5. Memberi Jaminan Pasokan, Penjualan, serta Distribusi

Perusahaan yang melakukan konsolidasi akan memperoleh jaminan pasokan, penjualan, serta distribusi. Dalam hal ini, jaminan yang dimaksud adalah perusahaan yang melakukan konsolidasi tidak perlu khawatir akan kehabisan stok barang atau proses produksi hingga penjualan.

Hal ini karena sebelum melakukan konsolidasi tentunya telah mempunyai pemasok, konsumen tetap, sampai dengan distributor masing-masing. Dengan begitu tentunya setelah melakukan peleburan akan lebih terjamin.

6. Diversifikasi Produk atau Jasa

Tujuan terakhir perusahaan melakukan konsolidasi adalah mudahnya melakukan diversifikasi terkait produk, baik berupa barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Hal ini karena setiap perusahaan memiliki ciri khas tersendiri dan juga telah memiliki pangsa pasar masing-masing. Ke depannya, yang akan terjadi ialah upaya setiap perusahaan untuk saling memperkokoh dan memperkuat hubungan antar perusahaan.

Contoh Perusahaan yang Melakukan Konsolidasi

konsolidasi-2

Pembahasan terkait contoh perusahaan yang melakukan konsolidasi kali ini adalah perusahaan yang sudah tidak asing lagi untuk Anda. Perusahaan tersebut adalah Bank Mandiri. Salah satu bank terbesar di Indonesia ini ternyata berdiri atas hasil konsolidasi yang dilakukan oleh empat bank. Empat bank tersebut ialah Bank Bumi Daya, Bank BDN, Bank Bapindo, serta Bank Ekspor Impor. Konsolidasi yang dilakukan oleh empat bank ini dilakukan pada tahun 1998.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsolidasi dilakukan tanpa proses likuidasi, begitu juga dengan keempat perusahaan ini. Namun kendati demikian, setiap perusahaan harus memiliki status hukum yang resmi dan jelas.

Selanjutnya, seluruh aktiva maupun pasiva yang dimiliki oleh setiap perusahaan, ketika melakukan konsolidasi akan beralih ke perusahaan baru, yang merupakan hasil dari penggabungan yang dilakukan.

Nah, apakah dengan contoh di atas Anda dapat memahami dengan baik konsolidasi dalam dunia bisnis? Konsolidasi adalah jalan yang baik dan solusi yang cukup baik bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis atau perusahaan Anda. Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan konsolidasi ialah mencari rekanan yang memiliki citra dan bisnis yang baik.

Hal lainnya yang akan menjadi tantangan ialah memperkenalkan perusahaan baru yang terbentuk kepada masyarakat luas. Hal ini tentunya bergantung dari strategi yang Anda lakukan. Waktu yang dibutuhkan untuk memperkenalkan perusahaan umumnya cukup lama, namun tergantung juga pada cara yang Anda lakukan. Sekian pembahasan kali ini terkait konsolidasi, terima kasih telah mengikuti hingga akhir. Sampai jumpa di artikel berikutnya, semoga bermanfaat.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Interpersonal Skill : Tips Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

0
interpersonal skill

Saat duduk di bangku sekolah, ada kalanya kita diberitahu bahwa mengembangkan interpersonal skill adalah hal yang penting. Namun masih banyak orang mengabaikan pentingnya mengembangkan kecerdasan interpersonal. Faktanya, memiliki kecerdasan interpersonal adalah salah satu kunci sukses menapaki jenjang karir profesional.

Apa itu kecerdasan interpersonal? Bagaimana cara mengembangkannya agar kita sukses di dunia kerja? Mari simak bersama pembahasan lengkap terkait keterampilan interpersonal berikut ini.

Apa itu Interpersonal Skill dan Mengapa Penting Bagi Anda?

interpersonal skill

Topik interpersonal skill seringkali kita dengar di sekolah ataupun kelas-kelas seminar pengembangan diri. Konon, mempunyai kecerdasan interpersonal adalah hal yang wajib, sebab dapat mengantarkan kita pada kesuksesan. Apakah benar begitu? Jawabannya tentu saja “iya”.

Interpersonal skill merupakan keterampilan seseorang saat berinteraksi dengan orang lain. Skill ini mencakup kecerdasan komunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain, seperti rekan kerja, atasan, bawahan, dan lain-lain.

Seseorang dengan kemampuan komunikasi interpersonal adalah mereka yang mampu mengutarakan ide-ide dengan baik. Komunikasi interpersonal adalah jenis percakapan yang dibangun oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Kecakapan komunikasi interpersonal adalah hal yang cukup luas. Ini disebabkan sifat dari komunikasi yang mencakup verbal ataupun non-verbal. Dengan komunikasi, semua orang bisa mengekspresikan perasaan dan pendapat mereka kepada orang lain. Alhasil, memiliki skill komunikasi interpersonal merupakan hal yang amat penting.

Kemampuan interpersonal tak hanya mencakup berbicara saja, melainkan proses mendengarkan dan memahami lawan bicara saat mereka berpendapat. Jadi, untuk benar-benar memiliki skill interpersonal yang baik, Anda harus mempelajari cara-cara merespon dan mengenali perasaan dan sikap dari orang lain. Dari sinilah Anda bisa membangun hubungan interpersonal yang baik dengan orang di sekitar Anda.

Faktor-Faktor Interpersonal Skill

interpersonal skill

Tujuan utama memiliki interpersonal skill adalah menciptakan hubungan antar manusia yang harmonis. Mempunyai hubungan yang baik di lingkungan sekolah ataupun pekerjaan akan memberikan Anda banyak relasi dan beragam keuntungan lainnya. Namun bagaimana cara membangun hubungan interpersonal?

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi terbentuknya hubungan interpersonal. Berikut beberapa faktor tersebut.

Feedback

Salah satu faktor dalam hubungan interpersonal adalah kemampuan memberikan feedback kepada lawan bicara. Kemampuan merespon orang lain menunjukkan seberapa baik Anda memahami situasi dan dampak perbuatan Anda kepada orang lain. Feedback dapat diberikan dalam beragam bentuk, seperti pujian, nasehat, hingga bantuan atas masalah.

Mendengar

Banyak orang menyepelekan perkara mendengarkan orang lain. Masih banyak orang berpikir bahwa mendengar hanya sebatas menyimak suara menggunakan telinga. Padahal, menjadi pendengar yang baik memerlukan proses latihan.

Saat mendengar, Anda harus mampu mencerna, menerjemahkan pesan, bahkan dalam kasus tertentu harus memosisikan diri sebagai orang berbicara. Segera tanamkan pemahaman untuk tidak menyepelekan soal mendengarkan. Sebab, kunci utama membangun hubungan interpersonal adalah mendengar dan memahami.

Teori Biologis

Faktor terakhir dalam hubungan interpersonal adalah teori biologis. Teori biologis merupakan teori yang berkaitan dengan hubungan antar manusia menggunakan anggota badannya. Memahami teori ini dapat mempermudah Anda untuk memahami sesama manusia guna menciptakan hubungan yang baik ke depannya.

Manfaat Menguasai Interpersonal Skill

Anda ingin memulai jenjang karir yang baik di tempat kerja atau ingin memiliki banyak relasi? Semua itu baru sebagian kecil dari manfaat menguasai skill interpersonal. Ada beragam manfaat dari memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Mudah Bergaul

interpersonal skill

Mudah bergaul adalah manfaat interpersonal skill yang paling mudah dirasakan. Anda akan bisa membangun hubungan yang harmonis, mudah berinteraksi dengan orang baru, sekaligus gampang mendapat teman. Anda akan diterima oleh siapa saja sebab mampu memahami posisi lawan bicara, serta memberikan timbal-balik berupa membagikan pengetahuan kepada mereka.

Di dunia kerja, skill interpersonal akan menjadikan Anda mudah beradaptasi dan diterima oleh para pekerja lain. Bahkan dengan skill komunikasi yang baik, Anda pun bisa menjadi dekat dengan atasan di kantor.

Kesempatan ini tentunya akan membuka peluang lebih besar untuk Anda menduduki posisi yang lebih tinggi. Jika Anda memutuskan untuk membuka bisnis sendiri, skill interpersonal tetap berguna untuk memperluas relasi yang bisa mendukung bisnis Anda.

Menjadi Problem Solver

Manfaat selanjutnya dari skill interpersonal adalah menjadi seorang problem solver. Kadangkala, berhubungan dengan manusia bisa menjadi hal yang rumit. Mengalami masalah dalam hubungan adalah hal yang biasa. Namun, dengan interpersonal skill yang baik, Anda bisa lebih terampil dalam memecahkan masalah dalam hubungan.

Seseorang dengan kemampuan interpersonal yang baik tidak akan panik saat menemui masalah dalam hubungannya dengan orang lain. Sebaliknya, ia akan menggunakan kemampuan berkomunikasinya untuk memperbaiki keadaan. Ia juga dapat melontarkan pandangan dan pendapat terbaik atas masalah tanpa menimbulkan ketersinggungan ataupun masalah baru.

Membangun Image Diri

Keuntungan terakhir yang bisa Anda rasakan dari memiliki skill interpersonal yang baik adalah membangun image diri yang positif. Masyarakat umumnya akan menaruh respek pada Anda, jika Anda memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan ramah kepada siapa saja. Image diri yang baik akan membukakan lebih banyak pintu relasi yang bermanfaat untuk kehidupan Anda.

Bentuk-Bentuk Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki

Sudah siap untuk mengembangkan skill interpersonal Anda? Ada beberapa bentuk interpersonal skill yang wajib untuk Anda miliki agar bisa menjadi sosok yang bersahaja dan berkualitas di mata masyarakat. Semua skill berikut ini dapat dilatih sendiri agar Anda terbiasa menjadi sosok yang baik.

Memimpin Diri Sendiri

Sebelum bisa memimpin orang lain di tempat kerja atau organisasi, Anda harus bisa memimpin diri sendiri terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan memimpin diri sendiri adalah memahami dan mengenal dengan baik diri Anda sendiri. Setelah Anda mampu memahami diri sendiri dengan baik, barulah Anda bisa memimpin dan mengarahkan orang lain.

Komunikasi Verbal dan Non-Verbal

Seperti yang sempat disinggung pada bagian sebelumnya, komunikasi terdiri dari verbal dan non-verbal. Komunikasi verbal dilakukan dengan tindak tutur, sedangkan komunikasi non-verbal bisa dilakukan dengan ekspresi diri serta gestur tubuh.

Belajar membangun komunikasi yang tak hanya mengutarakan isi pikiran Anda, tetapi juga mengarahkan agar topik yang Anda bahas bisa “nyambung” dengan lawan bicara. Libatkan selalu ekspresi, nada, dan gestur tubuh agar kualitas komunikasi menjadi semakin baik.

Mengambil Keputusan dengan Percaya Diri

Skill selanjutnya adalah kemampuan mengambil keputusan dengan percaya diri. Banyak orang masih ragu-ragu saat hendak membuat keputusan lantaran tidak percaya diri. Sebisa mungkin tepis pemikiran tersebut dari benak Anda. Mulailah untuk menumbuhkan rasa percaya diri, sebab kepercayaan diri akan membantu Anda meraih banyak peluang dalam hidup.

Mampu Bernegosiasi

Faktanya, kemampuan bernegosiasi adalah hal yang dibutuhkan dalam banyak aspek, terutama berbisnis. Negosiasi adalah keterampilan untuk memengaruhi orang lain agar sepemikiran dengan Anda.

Hanya saja, skill ini memerlukan kemampuan dasar berupa komunikasi dan sifat empati dengan orang lain. Untuk mempelajarinya, Anda bisa memulai dengan menumbuhkan kepekaan terhadap orang di sekitar Anda sekaligus belajar berkomunikasi.

Belajar Mendengarkan

Lawan dari berbicara adalah mendengarkan. Skill mendengarkan tak kalah pentingnya dibandingkan skill berbicara. Belajar untuk memahami perasaan dan gagasan orang lain akan membantu Anda untuk memperoleh rasa empati dari mereka. Nantinya, Anda akan mampu untuk membangun hubungan interpersonal yang baik dengan mereka.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang interpersonal skill. Teruslah berlatih mengembangkan skill interpersonal dalam keseharian guna meningkatkan kualitas diri, ya! Terima kasih sudah membaca artikel edisi kali ini, sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya dari kami.