Last Updated on September 8, 2020 by
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana struktur sebuah perusahaan? Biasanya saat diterima sebagai karyawan baru, Anda akan diperkenalkan terlebih dahulu dengan susunan organisasi perusahaan tersebut. Pemahaman terkait struktur perusahaan ini tergolong penting sebab akan membantu Anda memahami jalur serta tingkatan koordinasi milik organisasi.
Setiap perusahaan memiliki contoh struktur organisasi perusahaan yang berbeda-beda. Seperti apa bentuk-bentuknya? Bagaimana pula cara membuat contoh struktur organisasi perusahaan kecil milik sendiri? Yuk langsung simak artikel berikut ini terkait contoh struktur organisasi perusahaan kecil dan jasa!
Daftar Isi
Apa Itu Struktur Organisasi Perusahaan?
Pernahkah Anda merasa kesulitan saat menentukan alur koordinasi dan perintah dalam perusahaan yang Anda miliki? Jika iya, maka sudah pasti Anda memerlukan susunan struktur organisasi perusahaan. Apa itu struktur organisasi perusahaan?
Struktur organisasi adalah susunan jabatan disertai jalur-jalur koordinasi serta tanggung jawab yang dibuat sedemikian rupa. Umumnya, struktur ini dibangun dalam bentuk bagan untuk mempermudah saat dibaca.
Perusahaan yang dilengkapi dengan contoh struktur organisasi perusahaan akan membantu para manajer dan pekerja memahami garis koordinasi serta kepada siapa mereka bertanggung jawab saat bekerja.
Contoh struktur organisasi perusahaan yang baik biasanya memuat penempatan orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Susunan ini juga bisa memudahkan bagian HRD untuk memahami posisi setiap karyawan sekaligus menentukan besaran gaji mereka.
Sebagai catatan penting, setiap perusahaan memiliki contoh struktur organisasi perusahaan yang berbeda. Struktur organisasi milik Perseroan Terbatas (PT) tentunya akan berbeda jika dibandingkan contoh struktur organisasi perusahaan jasa ataupun perusahaan kecil.
Struktur milik PT umumnya memuat susunan para direksi, pemegang saham dan komisaris. Namun contoh struktur organisasi perusahaan kecil, susunan jabatannya bisa lebih sederhana seperti pemilik, manajer, dan pegawai.
Setiap isi contoh struktur organisasi perusahaan berbeda-beda, tergantung pada kepentingan dan kebutuhan perusahaan, serta divisi-divisi apa yang terlibat dalam pekerjaan. Akan tetapi penyusunan struktur organisasi perusahaan pada dasarnya sama saja. Bagaimana caranya? Yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya!
5 Komponen yang Wajib Ada dalam Struktur Organisasi Perusahaan
Bagaimana cara membuat struktur organisasi perusahaan yang baik? Kunci jawabannya terletak pada penyusunan setiap posisi dalam struktur. Jika susunan posisi diatur dengan baik, maka struktur organisasi perusahaan Anda akan otomatis benar. Jadi, Anda harus cermat dalam menempatkan seseorang pada divisi kerja yang tepat.
Secara garis besar, ada 5 komponen yang wajib dalam struktur organisasi milik perusahaan. Semua komponen ini bersifat general dan dapat dimasukkan ke dalam contoh struktur organisasi perusahaan jasa, perusahaan kecil, dan lainnya.
Pimpinan
Pimpinan umumnya menduduki posisi teratas dalam semua bagan struktur organisasi perusahaan. Posisi pimpinan bisa diduduki oleh pemilik perusahaan, direktur utama, jajaran direksi, pemegang saham, ataupun kepala perusahaan cabang untuk kantor-kantor cabang.
Pimpinan merupakan orang-orang dengan kuasa tertinggi untuk membuat kebijakan sekaligus memiliki tanggung jawab terbesar atas keberlangsungan perusahaan.
Kepala Keuangan
Selanjutnya adalah kepala keuangan. Kepala keuangan bertugas mengatur keseimbangan keuangan dan anggaran milik perusahaan dibantu oleh staf-stafnya. Ia juga bertanggung jawab untuk membuat prosedur pelaksanaan keuangan yang rinci, dan melakukan evaluasi terhadap profit maupun defisit perusahaan.
Manajer
Manajer adalah orang-orang yang bertugas me-manage atau mengatur operasi perusahaan. Mereka bertanggung jawab membuat keputusan, memberi arahan, mencetuskan inovasi, sekaligus merancang sistem kerja efisien untuk perusahaan.
Ada beragam tipe manajer berdasarkan bidang-bidang kerja yang difokuskan, seperti manajer produksi dan pabrik, manajer personalia, manajer keuangan, hingga manajer pemasaran. Biasanya, semakin besar dan banyak divisi milik perusahaan maka akan semakin banyak posisi manajer yang dibutuhkan. Begitupun sebaliknya.
Secara ringkas, berikut ini adalah tanggung jawab setiap manajer:
- Manajer Produksi dan Pabrik: Bertanggung jawab atas proses produksi dan segala kebutuhan pabrik terkait pembuatan produk.
- Manajer Personalia: Bertugas mengorganisir segala proses administrasi perusahaan, termasuk perekrutan karyawan baru.
- Manajer Keuangan: Bekerja mengatur aktivitas keuangan perusahaan, keseimbangan finansial, hingga pembukuan kas.
- Manajer Pemasaran: Bertanggung jawab melakukan riset pasar serta merancang strategi pemasaran yang efektif.
Pergudangan dan ADM
Bagian ini bertugas mengontrol serta mendata setiap transaksi dan administrasi perusahaan. Divisi ini disusun oleh staf-staf yang terlibat langsung dalam transaksi dan pelaporan, seperti staf akunting, CMT, dan kasir.
Divisi Karyawan
Karyawan menduduki posisi paling bawah dalam struktur organisasi suatu perusahaan. Setiap karyawan memiliki jobdesc yang berbeda-beda, tergantung pada divisi dimana ia bekerja.
Semua bagian di atas umumnya tercantum dalam struktur organisasi perusahaan. Meskipun begitu, Anda masih tetap bisa menambahkan divisi serta posisi di luar bagian-bagian di atas, mengingat setiap perusahaan memiliki divisi yang berbeda-beda. Intinya, selalu sesuaikan bagan perusahaan Anda dengan kebutuhan serta fakta di lapangan, ya!
Manfaat Struktur Organisasi untuk Perusahaan Anda
Mengapa kita perlu memiliki struktur organisasi perusahaan? Meski hanya berupa bagan, rupanya struktur organisasi memegang peranan penting bagi perusahaan. Beberapa manfaat struktur organisasi adalah:
Mempertegas Garis Koordinasi antar Pekerja
Manfaat pertama struktur organisasi adalah memperjelas garis koordinasi antar elemen dalam perusahaan. Semakin besar sebuah perusahaan, biasanya akan ada semakin banyak orang bekerja di dalamnya. Hal ini lantas berimbas pada sistem koordinasi yang bisa menjadi semakin panjang dan rumit.
Oleh sebab itu, struktur organisasi perusahaan diperlukan guna mempermudah setiap orang mengetahui kepada siapa mereka dapat berkoordinasi dan bertanggung jawab. Struktur juga akan mempertegas posisi masing-masing elemen perusahaan, sehingga meminimalisir terjadinya pemberian perintah keluar jalur atau tidak pada divisi yang sesuai.
Mempermudah HRD untuk Menentukan Gaji
Struktur organisasi juga dapat membantu banyak tugas HRD, mulai dari penempatan karyawan hingga penentuan besaran gaji. Seorang HR harus mempelajari susunan struktur perusahaan agar bisa memosisikan setiap karyawan dalam divisi yang tepat.
Bagan juga akan membantu HR membuat rentang perkiraan gaji setiap pekerja, sebab setiap posisi pekerjaan pastinya memiliki beban dan tanggung jawab yang berbeda. Biasanya, semakin tinggi posisi seseorang dalam struktur, maka akan semakin besar tanggung jawab plus gaji yang ia dapatkan.
Menjadi “Insight” Jenjang Karir
Hampir semua pegawai yang bekerja di sebuah perusahaan mengejar jenjang karir. Namun setiap perusahaan memiliki perkembangan jenjang karir yang berbeda-beda. Mengamati struktur organisasi perusahaan pun menjadi jalan terbaik untuk mengetahui pasti jenjang karir di perusahaan tempat Anda bekerja.
Perhatikan baik-baik susunan dari posisi terbawah hingga ke atas. Dengan begitu, Anda sudah bisa mendapatkan “insight” atas jenjang karir yang tersedia di perusahaan tempat Anda bekerja.
Memperjelas Jobdesc Setiap Karyawan
Manfaat terakhir dari struktur organisasi perusahaan adalah memperjelas jobdesc setiap karyawan. Setiap divisi tentunya memiliki tanggung jawab dan pekerjaan yang berbeda-beda. Dengan mempelajari susunan struktur organisasi perusahaan, Anda bisa memahami kepada siapa Anda bertanggung jawab sekaligus apa-apa saja pekerjaan yang harus diurusi oleh divisi Anda. Jadi, Anda bisa mengcegah terjadinya konflik internal seperti mengerjakan pekerjaan yang keliru dan tak sesuai tanggung jawab divisi, ataupun salah berkoordinasi dengan atasan.
Contoh Struktur Organisasi untuk Perusahaan
Anda telah mempelajari banyak hal terkait struktur perusahaan. Lantas seperti apa contoh struktur organisasi perusahaan yang bisa Anda buat? Tidak perlu repot-repot, Anda bisa membuat struktur sederhana seperti contoh bagan ini:
Demikianlah pembahasan kali ini terkait contoh struktur organisasi perusahaan jasa dan perusahaan kecil. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menyusun struktur organisasi untuk perusahaan Anda, ya! Jangan lupa untuk mengecek artikel informatif plus bermanfaat lainnya dari kami.
[business-about]
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.