Last Updated on November 10, 2023 by APPKEY-HERI
Saat duduk di bangku sekolah, ada kalanya kita diberitahu bahwa mengembangkan interpersonal skill adalah hal yang penting. Namun masih banyak orang mengabaikan pentingnya mengembangkan kecerdasan interpersonal. Faktanya, memiliki kecerdasan interpersonal adalah salah satu kunci sukses menapaki jenjang karir profesional.
Apa itu kecerdasan interpersonal? Bagaimana cara mengembangkannya agar kita sukses di dunia kerja? Mari simak bersama pembahasan lengkap terkait keterampilan interpersonal berikut ini.
Daftar Isi
Apa itu Interpersonal Skill dan Mengapa Penting Bagi Anda?
Topik interpersonal skill seringkali kita dengar di sekolah ataupun kelas-kelas seminar pengembangan diri. Konon, mempunyai kecerdasan interpersonal adalah hal yang wajib, sebab dapat mengantarkan kita pada kesuksesan. Apakah benar begitu? Jawabannya tentu saja “iya”.
Interpersonal skill merupakan keterampilan seseorang saat berinteraksi dengan orang lain. Skill ini mencakup kecerdasan komunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain, seperti rekan kerja, atasan, bawahan, dan lain-lain.
Seseorang dengan kemampuan komunikasi interpersonal adalah mereka yang mampu mengutarakan ide-ide dengan baik. Komunikasi interpersonal adalah jenis percakapan yang dibangun oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya.
Kecakapan komunikasi interpersonal adalah hal yang cukup luas. Ini disebabkan sifat dari komunikasi yang mencakup verbal ataupun non-verbal. Dengan komunikasi, semua orang bisa mengekspresikan perasaan dan pendapat mereka kepada orang lain. Alhasil, memiliki skill komunikasi interpersonal merupakan hal yang amat penting.
Kemampuan interpersonal tak hanya mencakup berbicara saja, melainkan proses mendengarkan dan memahami lawan bicara saat mereka berpendapat. Jadi, untuk benar-benar memiliki skill interpersonal yang baik, Anda harus mempelajari cara-cara merespon dan mengenali perasaan dan sikap dari orang lain. Dari sinilah Anda bisa membangun hubungan interpersonal yang baik dengan orang di sekitar Anda.
Faktor-Faktor Interpersonal Skill
Tujuan utama memiliki interpersonal skill adalah menciptakan hubungan antar manusia yang harmonis. Mempunyai hubungan yang baik di lingkungan sekolah ataupun pekerjaan akan memberikan Anda banyak relasi dan beragam keuntungan lainnya. Namun bagaimana cara membangun hubungan interpersonal?
Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi terbentuknya hubungan interpersonal. Berikut beberapa faktor tersebut.
Feedback
Salah satu faktor dalam hubungan interpersonal adalah kemampuan memberikan feedback kepada lawan bicara. Kemampuan merespon orang lain menunjukkan seberapa baik Anda memahami situasi dan dampak perbuatan Anda kepada orang lain. Feedback dapat diberikan dalam beragam bentuk, seperti pujian, nasehat, hingga bantuan atas masalah.
Mendengar
Banyak orang menyepelekan perkara mendengarkan orang lain. Masih banyak orang berpikir bahwa mendengar hanya sebatas menyimak suara menggunakan telinga. Padahal, menjadi pendengar yang baik memerlukan proses latihan.
Saat mendengar, Anda harus mampu mencerna, menerjemahkan pesan, bahkan dalam kasus tertentu harus memosisikan diri sebagai orang berbicara. Segera tanamkan pemahaman untuk tidak menyepelekan soal mendengarkan. Sebab, kunci utama membangun hubungan interpersonal adalah mendengar dan memahami.
Teori Biologis
Faktor terakhir dalam hubungan interpersonal adalah teori biologis. Teori biologis merupakan teori yang berkaitan dengan hubungan antar manusia menggunakan anggota badannya. Memahami teori ini dapat mempermudah Anda untuk memahami sesama manusia guna menciptakan hubungan yang baik ke depannya.
Manfaat Menguasai Interpersonal Skill
Anda ingin memulai jenjang karir yang baik di tempat kerja atau ingin memiliki banyak relasi? Semua itu baru sebagian kecil dari manfaat menguasai skill interpersonal. Ada beragam manfaat dari memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.
Mudah Bergaul
Mudah bergaul adalah manfaat interpersonal skill yang paling mudah dirasakan. Anda akan bisa membangun hubungan yang harmonis, mudah berinteraksi dengan orang baru, sekaligus gampang mendapat teman. Anda akan diterima oleh siapa saja sebab mampu memahami posisi lawan bicara, serta memberikan timbal-balik berupa membagikan pengetahuan kepada mereka.
Di dunia kerja, skill interpersonal akan menjadikan Anda mudah beradaptasi dan diterima oleh para pekerja lain. Bahkan dengan skill komunikasi yang baik, Anda pun bisa menjadi dekat dengan atasan di kantor.
Kesempatan ini tentunya akan membuka peluang lebih besar untuk Anda menduduki posisi yang lebih tinggi. Jika Anda memutuskan untuk membuka bisnis sendiri, skill interpersonal tetap berguna untuk memperluas relasi yang bisa mendukung bisnis Anda.
Menjadi Problem Solver
Manfaat selanjutnya dari skill interpersonal adalah menjadi seorang problem solver. Kadangkala, berhubungan dengan manusia bisa menjadi hal yang rumit. Mengalami masalah dalam hubungan adalah hal yang biasa. Namun, dengan interpersonal skill yang baik, Anda bisa lebih terampil dalam memecahkan masalah dalam hubungan.
Seseorang dengan kemampuan interpersonal yang baik tidak akan panik saat menemui masalah dalam hubungannya dengan orang lain. Sebaliknya, ia akan menggunakan kemampuan berkomunikasinya untuk memperbaiki keadaan. Ia juga dapat melontarkan pandangan dan pendapat terbaik atas masalah tanpa menimbulkan ketersinggungan ataupun masalah baru.
Membangun Image Diri
Keuntungan terakhir yang bisa Anda rasakan dari memiliki skill interpersonal yang baik adalah membangun image diri yang positif. Masyarakat umumnya akan menaruh respek pada Anda, jika Anda memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan ramah kepada siapa saja. Image diri yang baik akan membukakan lebih banyak pintu relasi yang bermanfaat untuk kehidupan Anda.
Bentuk-Bentuk Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki
Sudah siap untuk mengembangkan skill interpersonal Anda? Ada beberapa bentuk interpersonal skill yang wajib untuk Anda miliki agar bisa menjadi sosok yang bersahaja dan berkualitas di mata masyarakat. Semua skill berikut ini dapat dilatih sendiri agar Anda terbiasa menjadi sosok yang baik.
Memimpin Diri Sendiri
Sebelum bisa memimpin orang lain di tempat kerja atau organisasi, Anda harus bisa memimpin diri sendiri terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan memimpin diri sendiri adalah memahami dan mengenal dengan baik diri Anda sendiri. Setelah Anda mampu memahami diri sendiri dengan baik, barulah Anda bisa memimpin dan mengarahkan orang lain.
Komunikasi Verbal dan Non-Verbal
Seperti yang sempat disinggung pada bagian sebelumnya, komunikasi terdiri dari verbal dan non-verbal. Komunikasi verbal dilakukan dengan tindak tutur, sedangkan komunikasi non-verbal bisa dilakukan dengan ekspresi diri serta gestur tubuh.
Belajar membangun komunikasi yang tak hanya mengutarakan isi pikiran Anda, tetapi juga mengarahkan agar topik yang Anda bahas bisa “nyambung” dengan lawan bicara. Libatkan selalu ekspresi, nada, dan gestur tubuh agar kualitas komunikasi menjadi semakin baik.
Mengambil Keputusan dengan Percaya Diri
Skill selanjutnya adalah kemampuan mengambil keputusan dengan percaya diri. Banyak orang masih ragu-ragu saat hendak membuat keputusan lantaran tidak percaya diri. Sebisa mungkin tepis pemikiran tersebut dari benak Anda. Mulailah untuk menumbuhkan rasa percaya diri, sebab kepercayaan diri akan membantu Anda meraih banyak peluang dalam hidup.
Mampu Bernegosiasi
Faktanya, kemampuan bernegosiasi adalah hal yang dibutuhkan dalam banyak aspek, terutama berbisnis. Negosiasi adalah keterampilan untuk memengaruhi orang lain agar sepemikiran dengan Anda.
Hanya saja, skill ini memerlukan kemampuan dasar berupa komunikasi dan sifat empati dengan orang lain. Untuk mempelajarinya, Anda bisa memulai dengan menumbuhkan kepekaan terhadap orang di sekitar Anda sekaligus belajar berkomunikasi.
Belajar Mendengarkan
Lawan dari berbicara adalah mendengarkan. Skill mendengarkan tak kalah pentingnya dibandingkan skill berbicara. Belajar untuk memahami perasaan dan gagasan orang lain akan membantu Anda untuk memperoleh rasa empati dari mereka. Nantinya, Anda akan mampu untuk membangun hubungan interpersonal yang baik dengan mereka.
Demikianlah pembahasan kali ini tentang interpersonal skill. Teruslah berlatih mengembangkan skill interpersonal dalam keseharian guna meningkatkan kualitas diri, ya! Terima kasih sudah membaca artikel edisi kali ini, sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya dari kami.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.