Last Updated on June 10, 2022 by
Kegiatan berbisnis tentunya tidak akan pernah terlepas dari strategi promosi dan periklanan, baik dengan memanfaatkan metode iklan konvensional atau metode iklan digital. Namun, di era yang semuanya serba canggih seperti sekarang ini, tentunya akan lebih memudahkan jika Anda memanfaatkan strategi promosi melalui kemampuan teknologi dan internet. Selain dapat menjangkau target audience yang luas, strategi promosi dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet. tentunya akan lebih efisien dan lebih efektif dibandingkan strategi promosi dengan memanfaatkan iklan konvensional.
Lalu apa contoh strategi promosi iklan yang cocok untuk bisnis Anda di era serba digital ini? Jawabannya adalah Pay Per Click atau biasa disingkat dengan PPC. Pay Per Click adalah salah satu strategi promosi iklan terbaik yang dapat Anda terapkan, dikarenakan kecanggihan jaringan internet yang sudah semakin meluas sehingga memudahkan Anda untuk menjangkau target audience yang lebih luas.
Untuk membuat pemahaman Anda semakin baik mengenai strategi promosi Pay Per Click, berikut ini akan diberikan penjelasan mengenai apa itu sebenarnya metode iklan Pay Per Click.
Daftar Isi
Pengertian Pay per Click
Pay Per Click adalah salah satu metode internet marketing dimana seorang pemasang iklan atau pemilik bisnis melakukan pembayaran setiap kali iklan milik mereka di-click pengguna internet yang menjadi target audience, atau pengguna internet yang tidak sengaja berkunjung ke website atau blog milik mereka.
Dapat dikatakan Pay Per Click adalah metode yang digunakan untuk mendapatkan kunjungan ke blog atau website milik seorang pemilik bisnis atau pemasang iklan. Dan karena sifatnya tersebut dapat dikatakan Pay Per Click adalah salah satu strategi promosi di bidang internet marketing yang cukup banyak digunakan oleh para pemilik bisnis.
Ada banyak alasan mengapa seorang pemilik bisnis memutuskan untuk menggunakan Pay Per Click, dan alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut.
Pengaturan Target Audience
Dalam berbisnis, penentuan target audience adalah hal yang paling penting, dan jika Anda tertarik untuk dapat menentukan berapa jumlah target audience Anda, mempersempit ruang lingkup audience Anda, hingga menentukan target audience Anda dengan berdasarkan lokasi, maka metode Pay Per Click adalah media promosi yang paling tepat.
Pengaturan Jumlah Budget untuk Iklan
Jika Anda memiliki pengaturan mengenai jumlah dana yang dapat Anda keluarkan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, maka memilih menggunakan Pay Per Click adalah pilihan yang tepat. Mengapa Pay Per Click adalah sebuah pilihan yang tepat? Sebab Pay Per Click adalah sistem iklan digital yang memberikan kemudahan pada Anda untuk mengatur biaya untuk iklan agar sesuai dengan budget yang mampu Anda sediakan. Budget ini pun dapat Anda ubah dan sesuaikan lagi kapan saja Anda membutuhkannya. Saat Anda melihat hasil yang positif dari penghasilan Anda, Anda dapat menambahkan jumlah budget Anda khusus untuk biaya iklan. Semakin tinggi Anda menambahkan jumlah budget Anda, maka akan semakin sering iklan Anda muncul di pencarian target audience Anda.
Memberikan Pengaruh Positif untuk SEO
Anda pasti tahu apa itu Search Engine Optimization atau SEO. Aspek lain yang perlu Anda ketahui dari Search Engine Optimization atau SEO adalah aturan dari SEO selalu diubah-ubah, dikarenakan SEO selalu mengubah dan memperbaharui algoritma khusus. Tidak hanya SEO, sosial media seperti Facebook dan Instagram pun juga sering mengubah algoritma-nya dengan berdasarkan minat juga aktivitas dari penggunanya.
Tetapi jika Anda menggunakan Pay Per Click, maka Anda tidak akan terkena dampak yang dikarenakan algoritma organik, sebab Pay Per Click adalah metode iklan yang dapat membuat iklan Anda muncul di pencarian pertama dalam hasil pencarian di SEO. Berbeda dengan SEO organic yang tentunya membutuhkan waktu agar selalu bisa ditemukan di halaman pertama Google search engine.
Berdasarkan manfaat dari Pay Per Click yang telah dipaparkan sebelumnya, Anda pasti akan semakin yakin untuk segera menggunakan metode Pay Per Click sebagai strategi promosi Anda. Kemudian, apa saja langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk dapat segera menggunakan metode ini?
Panduan Pay Per Click untuk Bisnis Online
Saat ini, metode iklan Pay Per Click adalah metode internet marketing yang tidak hanya disediakan oleh Google saja, tetapi juga sosial-sosial media lain seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dikarenakan jenisnya yang bermacam-macam, Anda pun dapat menggunakannya secara bersamaan demi keuntungan Anda sendiri. Berikut penjelasan untuk dapat menggunakan Pay Per Click platform Google Ads.
Google Ads, juga dikenal dengan nama Google Adwords, merupakan metode iklan Pay Per Click yang digunakan oleh Google untuk menampilkan paid search atau iklan berbayar yang dihasilkan dari search engine Google. Google Adwords tergolong sebagai search advertising dan sangat disarankan bagi Anda yang baru pertama kali ingin melakukan Pay Per Click.
Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan menggunakan Google Ads adalah memiliki akun Google. Kemudian apalagi langkah-langkah selanjutnya? Berikut ini akan dibahas langkah-langkah untuk membuat Google Adwords hingga pembayaran Google Adwords.
Memilih Goal untuk Iklan Bisnis Anda
Setelah Anda membuka Google Ads dan memiliki akun Google, Anda akan diminta untuk memilih satu goal dari tiga goal yang paling cocok dengan bisnis milik Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis yang transaksi-nya mayoritas membutuhkan komunikasi dengan menggunakan telepon, maka Anda pasti akan memilih goal yang pertama. Goal yang ke dua adalah jenis bisnis yang mengharuskan pelanggan Anda mengunjungi lokasi bisnis Anda secara fisik, misalnya Anda memiliki bisnis restoran atau kafe. Goal yang ketiga atau terakhir menjadi pilihan Anda jika transaksi bisnis Anda mayoritas dilakukan melalui website bisnis Anda sendiri, sehingga pelanggan Anda hanya perlu mengunjungi website bisnis Anda.
Pilih Jangkauan Lokasi
Kemudian pilihlah jangkauan lokasi yang Anda targetkan, bisa di Indonesia atau di luar negeri, hingga mempersempit jangkauan lokasi Anda hingga ke kota atau provinsi.
Pilih Kategori Bisnis Anda
Kategori bisnis yang Anda pilih berfungsi untuk menentukan target audience untuk iklan bisnis milik Anda.
Buat Copy Iklan untuk Bisnis Anda
Yang dimaksud dengan copy iklan adalah kalimat-kalimat yang menjadi tubuh iklan yang akan diperlihatkan kepada target audience Anda, yang tentunya harus singkat, padat, jelas, juga menarik. Google Ads pun memberikan aturan-aturan seperti berapa karakter huruf yang dapat Anda tuliskan di headline dan isi iklan Anda, termasuk foto untuk menampilkan bisnis Anda.
Tentukan Budget dan Metode Pembayaran
Google Ads menerapkan sistem Pay Per Click, yaitu sistem yang membuat Anda hanya perlu membayar jika iklan milik Anda di-click oleh pengunjung website atau blog Anda. Oleh karena itu, Anda pun bisa menghemat biaya iklan. Anda pun bisa menetapkan estimasi biaya yang akan Anda keluarkan sekaligus mengevaluasi performa iklan milik Anda. Jika performa-nya cukup baik, Anda bisa menjangkau lebih banyak target audience. Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih metode pembayaran, baik dengan menggunakan kartu kredit atau transfer bank.
[business-about]
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.