Media Bisnis Online | by APPKEY

TeknologiAIContoh Inspiratif AI di Bidang Digital Marketing

Contoh Inspiratif AI di Bidang Digital Marketing

-

Last Updated on October 3, 2023 by appkey

Kecerdasan buatan (AI) di bidang digital marketing telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi ini membantu perusahaan mengatasi tantangan dalam mengidentifikasi dan menarik audiens mereka di dunia digital. Dilansir dari SMSsummit, berikut adalah beberapa contoh menakjubkan dari AI pada digital marketing dan bagaimana teknologi ini telah mengubah strategi bisnis. Mari disimak yuk!

digital marketing

Contoh Pengaplikasian AI pada Digital Marketing oleh Berbagai Perusahaan

Whole Foods Memanfaatkan AI untuk Menarik Minat Pengunjung 

Raksasa ritel makanan Whole Foods membuka 24 toko ‘Just Walk Out’ di seluruh AS. Terdapat sensor dan kamera yang tersebar di dalam toko-toko ini, yang memungkinkan pembeli mengambil barang-barang mereka dan langsung pergi tanpa berhenti di kasir. Alih-alih itu, pesanan dipantau dan dibebankan melalui AI.

Tidak mengherankan, elemen “pergi tanpa membayar” dari Just Walk Out telah memenangkan semua perhatian. Namun, dari perspektif pemasaran, bagian yang paling menarik dari strategi ini berkaitan dengan pengumpulan data.

Semua pembelian dilacak hingga tingkat individu, memungkinkan Whole Foods memanfaatkan AI untuk menganalisis aktivitas belanja, mengidentifikasi pola, dan memprediksi perilaku masa depan.

Inisiatif ini juga membuka pintu untuk pemasaran hiper-personalisasi: jika seorang pelanggan secara teratur membeli pasta, daun basil, dan tomat kaleng, penjual ritel dapat menyajikan mereka dengan kode promo untuk bahan-bahan lain yang terkait dengan masakan Italia.

 

Euroflorist Menggunakan AI untuk Pengujian Berskala Besar 

Pengujian A/B adalah teknik yang sangat efektif untuk mengoptimalkan berbagai elemen halaman web. Namun, proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk mencapai hasil optimal. 

Sekali lagi, AI pada digital marketing memberikan solusi. Berbeda dengan uji A/B tradisional, platform seperti Evolv AI menggunakan “pengujian multivariat massal” untuk menemukan kombinasi yang sempurna dari ribuan variasi. Dan ini bahkan dibuat lebih kompleks dengan membagi eksperimen menjadi “generasi” dan hanya menguji variasi yang paling berhasil dari setiap generasi hingga mengidentifikasi kombinasi terbaik yang mungkin.

Salah satu perusahaan yang mendapat manfaat dari pendekatan pengujian A/B yang didorong oleh AI ini adalah Euroflorist, yang menjalankan eksperimen selama 11 minggu yang mengalami empat generasi pengujian.

Kombinasi yang lebih baik ini meningkatkan tingkat konversi situs web sebesar 4,3%, dan membantu toko ini menghasilkan lebih banyak penjualan dan pendapatan.

 

Interactive Investor Mengurangi Biaya Per Akuisisi dengan Optimasi PPC Berbasis AI 

Periklanan pay-per-click (PPC) adalah area digital marketing lain yang cocok untuk input AI. Dalam lingkungan yang sarat data, AI dapat membantu mengoptimalkan kinerja kampanye dengan cepat. 

Interactive Investor, perusahaan layanan investasi online, menggunakan alat AI bernama Albert untuk merancang dan mengelola kampanye pemasaran yang mengoptimalkan diri di berbagai saluran. Albert membuat perbaikan kampanye PPC secara real-time untuk penargetan demografi, kata kunci yang dapat mengonversi, salinan iklan, waktu kampanye, dan lain-lain.

Alat tersebut membuat hampir 10.000 iklan teks yang berbeda dan memberikan peningkatan 286% dalam kata kunci, membantu Interactive Investor mendapatkan pangsa suara yang impresif sebesar 89% di antara 10 istilah merek teratas. Hal ini kemudian menghasilkan penurunan yang signifikan dalam biaya per akuisisi.

Artikel terkait  Social Commerce : Ulasan Lengkap Manfaat Hingga Contohnya

Imagine Business Development Melakukan Penjadwalan Email Berbasis AI 

Mengirim email pada waktu yang paling mungkin dilihat oleh penerima individu adalah salah satu cara untuk meningkatkan tingkat buka dan klik email. Namun, ini hampir mustahil dilakukan oleh manusia jika memiliki daftar pemasaran yang besar. AI dapat mengatasinya dengan mudah. 

Sebagai contoh, mitra agensi HubSpot, Imagine Business Development memanfaatkan platform AI Seventh Sense, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan dan mempersonalisasi waktu pengiriman email untuk setiap orang dalam database.

Dengan kata lain, jika satu penerima paling mungkin membuka email pada pukul 9:30 pagi, maka itulah saat mereka akan menerimanya.

Sebelum bekerja dengan Seventh Sense, Imagine Business Development melihat rata-rata tingkat pembukaan email sekitar 20% dan tingkat klik sebesar 2% – 3%. 

Seventh Sense mengubah semuanya, membantu agensi tersebut meningkatkan tingkat pembukaan dan kliknya menjadi dua kali lipat dan meningkatkan konversi email total hingga 100%.

 

Heinz Meluncurkan Kampanye Iklan dengan Gambar yang Dihasilkan AI 

Heinz, bekerja sama dengan agensi pemasaran Rethink Ideas, meluncurkan kampanye iklan yang menampilkan gambar yang dihasilkan sepenuhnya oleh AI. Mereka menggunakan generator gambar AI DALL-E 2 untuk menghasilkan gambar yang terkait dengan saus tomat, yang kemudian dimasukkan dalam iklan media sosial dan cetak. 

Heinz, dengan bantuan agensi pemasaran Rethink Ideas, memutuskan untuk meluncurkan kampanye iklan yang mereka sebut sebagai “kampanye iklan pertama yang sepenuhnya dihasilkan oleh kecerdasan buatan”.

Seperti biasa, kampanye ini berasal dari ide sederhana. Setelah bermain-main dengan generator gambar AI DALL-E 2, Rethink Ideas menyadari bahwa instruksi terkait saus tomat (seperti “saus tomat di luar angkasa” dan “saus tomat menyelam”) sering menghasilkan hasil yang terlihat seperti botol Heinz.

Oleh karena itu, agensi ini mendorong konsumen untuk berpartisipasi dengan berbagi instruksi AI mereka sendiri untuk gambar berbasis saus tomat.

Apa yang dihasilkan AI untuk saus tomat?

Seperti yang dijelaskan oleh Rethink Ideas: “Ternyata seperti manusia, AI lebih memilih Heinz.”

Kampanye ini membuktikan bahwa AI dapat digunakan untuk menghasilkan konten visual yang menarik dan efektif.

digital marketing

Dept and Hello Monday Membuat “Cermin Sepatu” Berbasis AI 

Agensi digital Dept and Hello Monday mengembangkan “Cermin Sepatu” berbasis AI untuk mengubah etalase kosong menjadi iklan interaktif yang menghasilkan pendapatan. 

Berikut idenya: Cermin Sepatu menganalisis apa yang dipakai oleh orang yang lewat, menemukan sepatu yang cocok dengan pakaiannya, dan menempatkannya di kaki digital mereka melalui augmented reality, menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap pemirsa.

Teknologi ini bahkan menggunakan motion capture untuk mereplikasi gerakan pengguna – sehingga saat mereka berjalan melewati toko, cermin akan menyesuaikan langkah mereka.

Cermin sepatu ini menganalisis pakaian yang dikenakan oleh pejalan kaki, menemukan sepatu yang cocok dengan pakaian mereka, dan menempatkannya pada kaki digital mereka melalui teknologi augmented reality. Pengguna dapat memindai kode QR untuk membeli versi fisik sepatu yang ditampilkan.

 

Coca-Cola Meluncurkan Platform AI Kreatif 

Coca-Cola meluncurkan platform AI eksklusif mereka sendiri, yang dibangun oleh OpenAI dan Bain & Company, bernama “Create Real Magic”. Platform ini menggabungkan GPT-4 dan DALL-E untuk menghasilkan teks dan gambar berdasarkan input teks. 

Disebut “Create Real Magic”, platform tersebut menggabungkan GPT-4 – digunakan untuk menghasilkan teks yang menyerupai manusia dari permintaan mesin pencari – dan DALL-E, yang mengubah prompt teks menjadi gambar.

Kampanye yang dihasilkan membuat Coca-Cola mendorong penggemar untuk membuat karya seni digital mereka sendiri berdasarkan puluhan aset merek, seperti botol kontur khas merek dan logo skrip.

Para seniman diizinkan untuk mengunduh dan mengirimkan karyanya, dengan hasil terbaik muncul di billboard digital di Times Square New York dan Piccadilly Circus London.

Sebuah kampanye yang terdengar sangat canggih, tetapi ini hanya awal bagi Coca-Cola. Kepala pemasaran global Manolo Arroyo menjelaskan, “Kami melihat banyak aplikasi AI – termasuk pembuatan konten dan iterasi cepat, personalisasi konten dan pesan untuk konsumen dan pelanggan, dan mendorong percakapan dua arah dengan konsumen.”

 

Starbucks Menggunakan Analitik Prediktif untuk Rekomendasi Personalisasi 

Menurut perusahaan riset Aberdeen, perusahaan yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan melalui analitik prediktif dapat meningkatkan pendapatan mereka sebesar 21% tahun ke tahun, dibandingkan dengan rata-rata 12% tanpa analitik prediktif.

Starbucks menggunakan kartu loyalitas dan aplikasi seluler mereka untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan. Mereka menggunakan analitik prediktif untuk menyajikan pesan pemasaran yang dipersonalisasi kepada pelanggan, termasuk rekomendasi saat pengguna mendekati toko lokal dan penawaran khusus untuk meningkatkan nilai pesanan rata-rata pelanggan.

Sejak saat itu, mereka telah membangun pengalaman aplikasi yang cukup baik. Aplikasi ini mencatat pembelian, termasuk di mana pembelian dilakukan dan pada waktu apa. Starbucks menggunakan analitik prediktif untuk memberikan pesan marketing yang dipersonalisasi kepada pelanggan. Ini termasuk rekomendasi ketika pengguna mendekati toko lokal dan penawaran khusus untuk meningkatkan order rata-rata pelanggan.

Artikel terkait  Apa Itu Sales Pipeline dan Bagaimanakah Langkah-Langkahnya?

Unilever Membantu Ben & Jerry’s Mengidentifikasi Tren “Es Krim untuk Sarapan” 

Perusahaan barang konsumen Unilever menggunakan pusat data AI di seluruh dunia untuk merangkum informasi dari berbagai sumber, termasuk sosial media, CRM, dan riset pemasaran tradisional. Dengan menggunakan teknologi ini, Unilever menemukan kaitan antara es krim dan sarapan: setidaknya 50 lagu di domain publik mencakup lirik tentang “es krim untuk sarapan,” dan bisnis seperti Dunkin’ Donuts telah menjual es krim di pagi hari.

Unilever mencatat hal ini dan mengembangkan berbagai rasa es krim yang terinspirasi dari sereal (termasuk Fruit Loop dan Frozen Flakes) untuk merek Ben & Jerry’s.

 

eBay Menggunakan Optimasi Bahasa Merek untuk Meningkatkan Keberhasilan Marketing via Email

Sejak 2016, eBay telah bekerja sama dengan platform pengalaman pelanggan yang didukung kecerdasan buatan Phrasee untuk meningkatkan penjualan mereka melalui email.

Tim linguistik komputasi Phrasee membangun model bahasa untuk eBay, yang memungkinkan raksasa e-commerce ini untuk mendapatkan hasil kustom yang terkait dengan nada merek, kebutuhan pelanggan, dan promosi spesifik hanya dengan sekali klik.

Dalam beberapa tahun sejak pertama kali bekerja sama dengan Phrasee, eBay telah menikmati peningkatan yang signifikan dalam metrik pemasaran email utamanya, termasuk:

*Peningkatan rata-rata pembukaan sebesar 16%

*700.000+ pembukaan tambahan per kampanye

*56.000+ klik tambahan per kampanye

*Peningkatan rata-rata klik sebesar 31%

 

Kesimpulan

AI pada digital marketing telah mendorong beberapa kemajuan terbesar dalam pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Dari informasi yang berharga hingga rekomendasi produk yang dipersonalisasi dan dukungan teknologi, AI terus membantu bisnis untuk berkembang dan mencapai kesuksesan dalam dunia digital yang kompetitif. 

Sebagai kesimpulan, kecerdasan buatan telah merevolusi strategi digital marketing dan membantu bisnis menghadapi tantangan dalam mengidentifikasi dan menarik audiens ideal mereka. Teknologi ini terus berkembang, menciptakan peluang baru bagi perusahaan untuk berinovasi, mengoptimalkan, dan tumbuh dalam dunia digital yang selalu berubah. Semoga ulasan ini bermanfaat ya!

 

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya