Last Updated on January 29, 2024 by APPKEY-ARIANI
WhatsApp kini menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Popularitas WhatsApp ini tentunya menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkannya sebagai sarana promosi yang efektif. Salah satu fitur menarik di WhatsApp untuk keperluan promosi adalah broadcast message atau pesan siaran. Fitur ini memungkinkan Anda mengirimkan pesan yang sama secara serentak ke banyak kontak sekaligus. Tentunya ini akan sangat menghemat waktu dan tenaga dibandingkan harus mengirim satu per satu ke banyak orang. Lalu, bagaimana contoh broadcast Whatsapp yang baik dan tepat guna?
Lewat artikel ini, kami ingin berbagi contoh penggunaan broadcast WhatsApp yang tepat untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda. Kami yakin informasi ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memaksimalkan WhatsApp sebagai sarana promosi bisnis dengan cara yang efektif dan efisien.
Dengan memanfaatkan fitur broadcast WhatsApp dengan benar, Anda bisa meningkatkan awareness atau kesadaran masyarakat terhadap brand bisnis Anda. Selain itu, broadcast WhatsApp juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan engagement dan loyalitas pelanggan.
Nah, tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk simak contoh-contoh broadcast WhatsApp untuk promosi bisnis yang akan kami sajikan melalui artikel ini. Semoga informasi ini bisa memberikan inspirasi dan menjadi panduan berharga bagi Anda dalam mempromosikan bisnis lewat WhatsApp.
Daftar Isi
Mengapa WhatsApp Layak Dijadikan Sarana Promosi Bisnis?
WhatsApp kini menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di Indonesia. Data terbaru menunjukkan pengguna aktif WhatsApp di Indonesia mencapai sekitar 160 juta pengguna per bulan.
Popularitas WhatsApp ini tentu menjadikannya sebagai salah satu pilihan tepat untuk dijadikan sarana promosi bisnis. Berikut beberapa keunggulan WhatsApp sebagai alat promosi bisnis:
1. Jangkauan luas
Dengan penetrasi pengguna yang besar di Indonesia, maka jangkauan promosi bisnis di WhatsApp juga bisa sangat luas. Anda bisa menargetkan promosi ke berbagai segmen konsumen baik tua maupun muda.
2. Interaksi personal
WhatsApp memungkinkan Anda berinteraksi secara personal dan langsung dengan calon konsumen maupun pelanggan existing.
3. Penyampaian pesan cepat
Informasi promosi bisa cepat tersampaikan ke banyak orang sekaligus melalui fitur broadcast WhatsApp. Anda tak perlu mengirim satu per satu pesan yang sama berulang kali.
4. Biaya rendah
Jika dibandingkan dengan iklan di media konvensional, biaya promosi di WhatsApp relatif jauh lebih murah. Anda hanya perlu memiliki akun WhatsApp aktif.
5. Mudah diukur
Anda bisa dengan mudah melacak dampak promosi WhatsApp misalnya dari jumlah pesan yang dibaca, respon konsumen, jumlah pesanan yang masuk, dan lain sebagainya.
Nah, dengan beragam keunggulan di atas, sudah selayaknya WhatsApp dijadikan sebagai salah satu metode promosi bisnis utama di era digital saat ini.
Mengapa Interaksi Langsung dengan Pelanggan Itu Penting?
Salah satu kelebihan utama WhatsApp untuk promosi bisnis adalah kemampuannya untuk berinteraksi secara langsung dan personal dengan calon maupun pelanggan existing.
Lalu mengapa sih interaksi langsung ini begitu penting untuk promosi bisnis? Berikut alasannya:
- Membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Dengan bisa chatting atau berkirim pesan langsung, Anda bisa lebih memahami mereka.
- Meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Pelanggan akan merasa dihargai jika bisa langsung berkomunikasi dengan perusahaan.
- Mendapatkan umpan balik yang cepat. Dengan berinteraksi langsung, Anda bisa segera menerima tanggapan dan masukan dari pelanggan.
- Meningkatkan rasa percaya pelanggan. Interaksi personal akan membuat pelanggan merasa diperhatikan dengan baik oleh perusahaan.
- Sebagai sarana customer service. WhatsApp bisa dimanfaatkan untuk layanan CS bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan.
- Memperbaiki citra perusahaan di mata pelanggan dengan cepat jika ada masalah.
Nah, dengan beragam manfaat di atas, sudah selayaknya Anda memanfaatkan WhatsApp untuk bisa berinteraksi langsung dengan para pelanggan bisnis Anda. Hal ini akan sangat membantu dalam meraih loyalitas dan kepuasan pelanggan.
Tips Membuat Contoh Broadcast yang Efektif
Berikut adalah beberapa tips agar hasil broadcast menjadi lebih efektif.
Personalisasi Pesan untuk Mencapai Sasaran
Agar broadcast WhatsApp bisa efektif mencapai sasaran, penting untuk mempersonalisasi pesan sesuai dengan audiens target Anda. Jangan kirim pesan copy-paste yang sama ke semua orang.
Sebagai contoh broadcast yang baik, jika sasaran Anda adalah orang tua, gunakan bahasa yang lebih sopan. Jika untuk kalangan muda, gunakan gaya bahasa yang lebih casual. Demikian pula, sesuaikan konten dengan minat dan kebutuhan masing-masing segmen audiens.
Dengan personalisasi pesan yang tepat, audiens akan merasa pesan itu ditujukan khusus untuk mereka sehingga lebih tertarik untuk membaca dan mengikuti call to action di dalamnya.
Konten Menarik dan Singkat Demi Efektivitas
Agar broadcast WhatsApp efektif, kontennya harus dibuat semenarik mungkin namun tetap singkat dan jelas. Gunakan bahasa yang sederhana, hindari terlalu banyak kata-kata bertele-tele.
Untuk menarik perhatian, sertakan gambar atau video singkat sesuai konten promosi. Pastikan ukuran file multimedia tidak terlalu besar sehingga mudah diterima audiens.
Poin-poin penting harus disampaikan langsung di bagian awal pesan. Jangan sampai audiens bingung dengan broadcast WhatsApp yang terlalu panjang dan bertele-tele. Singkat, padat dan jelas adalah kunci konten dan contoh broadcast WhatsApp yang efektif.
Strategi Penjadwalan untuk Hasil Maksimal
Waktu penjadwalan pengiriman broadcast WhatsApp perlu diperhatikan agar pesan bisa efektif. Misalnya, jika promosi makanan, kirim saat menjelang waktu makan. Promosi produk kecantikan bisa dikirim di pagi dan malam hari.
Selain itu, jangan kirim broadcast terlalu pagi atau larut malam ketika audiens sedang istirahat. Kirimkan di saat target audiens sedang aktif menggunakan WhatsApp untuk mendapatkan perhatian maksimal.
Demikian beberapa tips praktis agar broadcast WhatsApp Anda bisa efektif menjangkau audiens dan mencapai tujuan promosi bisnis maksimal. Pastikan selalu uji coba dan improvisasi agar mendapatkan strategi terbaik untuk bisnis Anda!
Contoh Broadcast Whatsapp
Bagaimana pengaplikasian broadcast atau Whatsapp Blast yang tepat? Mari kita simak contoh-contohnya di bawah ini.
1. Pengenalan Produk Baru
Pengaplikasian broadcast bisa digunakan untuk pengenalan produk baru. Contohnya seperti berikut:
“Halo! kami dari PT Maju Jaya ingin memperkenalkan produk terbaru kami, yaitu Kopi Bento. Kopi Bento adalah kopi hitam asli Indonesia dengan cita rasa strong yang kaya dan aroma kopi yang menggoda. Cocok banget buat teman ngoding, nge-game, atau aktivitas berat lainnya.
Kopi Bento ini adalah hasil kerja sama kami dengan petani kopi terbaik di Bandung yang menggunakan biji kopi Arabika terpilih. Kualitas terbaik tanpa bahan pengawet. Kopi Bento siap menemani harimu dengan energi dan fokus tinggi.
Buruan pesan sekarang juga dengan cara reply pesan ini atau kunjungi link berikut untuk informasi selengkapnya tentang produk & cara pemesanan. Dapatkan promo spesial harga Rp50.000 untuk pembelian perdana Kopi Bento untuk 100 pembeli pertama!”
Contoh broadcast lainnya berupa info produk aplikasi baru dari Bank Mandiri. Tampilannya seperti di bawah ini. Dengan adanya informasi tersebut, nasabah jadi paham dengan adanya informasi sistem baru dari Mandiri, dan mengikuti arahan untuk instalasi aplikasi terbaru.
2. Penawaran Khusus Grup WA
Untuk promosi khusus seperti ini, kata-katanya bisa seperti berikut:
“Special Offer Hanya untuk Member Grup WA Ini
Dapatkan diskon 50% untuk pembelian paket wisata ke Bali senilai diatas Rp5 juta.
Promo ini hanya berlaku khusus untuk member grup WhatsApp Sahabat Liburan.
Promo berlaku sampai tanggal 31 Januari 2024. Buruan borong tiket liburan keluarga ke Bali dengan penawaran terbaik ini!”
3. Promo Diskon Khusus
Untuk promo diskon khusus, contoh broadcast seperti berikut:
“DISKON 30% UNTUK PEMBELANJAAN DI ATAS RP200.000
Hanya 3 hari lagi! Jangan lewatkan kesempatan langka ini.
Dapatkan diskon 30% untuk pembelanjaan minimal Rp200.000 di toko online kami. Promo ini hanya berlaku tanggal 1-3 Februari 2024.
Buruan borong kebutuhan bulananmu sekarang juga. Kunjungi link sekarang juga dan pakai kode promo SPESIAL30 untuk mendapatkan diskonnya!”
Contoh broadcast lainnya misalnya dari salah satu professional beauty clinic House of Dura, dengan promosi diskon khusus berbatas waktu. Dengan mengirimkan brodcast lewat Whatsapp, diharapkan promosi ini didengar oleh banyak orang dan strategi marketing berhasil diterapkan.
4. Informasi Perubahan Kebijakan
Untuk informasi perubahan kebijakan, contohnya seperti berikut:
“Halo, kami dari PT Sinar Jaya ingin menginformasikan perubahan kebijakan pengiriman barang mulai 1 Februari 2024:
- Minimum pembelian untuk free ongkir menjadi Rp300.000 (sebelumnya Rp200.000)
- Maksimal estimasi pengiriman menjadi 2×24 jam (sebelumnya 3×24 jam)
Kebijakan baru ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kami. Mohon pengertiannya. Terima kasih.”
5. Pengumuman Event atau Webinar
Contoh broadcast via Whatsapp seperti di bawah ini:
“YUK GABUNG WEBINAR GRATIS BERSAMA KAMI
Untuk teman-teman yang ingin memulai usaha sendiri, jangan lewatkan webinar SUPER SERU ini ya.
Hari/tanggal: Sabtu, 15 Januari 2024
Waktu: Pukul 13.00-15.00 WIB
Pembicara: ________________
Di webinar ini akan dibahas tips sukses memulai bisnis baru, memilih ide bisnis terbaik, strategi promosi yang efektif untuk startup, dan masih banyak lagi.
Daftar sekarang juga lewat link berikut ini dan dapatkan materi webinar GRATIS:
*link pendaftaran webinar
Let’s grow your business together!”
Contoh broadcast lainnya seperti broadcast yang dilakukan salah satu produk susu bayi dan anak dari Frisian Flag, yang menyebarkan informasi adanya kulwap (sharing informasi yang dilakukan di dalam Forum pada Whatsapp) dan mengajak audiens untuk mengikutinya.
6. Update Perkembangan Perusahaan
Untuk update perkembangan perusahaan, contohnya bisa seperti berikut:
“Halo Pelanggan Setia,
Kami senang berbagi kabar gembira bahwa PT Maju Jaya baru saja meraih penghargaan sebagai 10 Startup Paling Inovatif 2024 versi Majalah Wirausaha. Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan dari pelanggan sehingga kami bisa terus berkembang hingga mencapai apresiasi ini. Ke depannya kami akan terus berinovasi untuk memberikan produk dan layanan terbaik bagi Anda semua. Dukung terus perkembangan perusahaan konotek pertumbuhan bersama kami!”
7. Tips atau Informasi Bermanfaat
Contoh broadcast seperti di bawah ini:
“Yuk Optimalkan Pemanfaatan Fitur WhatsApp Business
Fitur WhatsApp Business dapat membantu bisnis Anda mencapai engagement dan layanan pelanggan yang lebih optimal. Berikut 3 tips memanfaatkannya:
– Buat profil bisnis yang lengkap dengan deskripsi produk, alamat, kontak dan link website.
– Gunakan opsi Quick Reply untuk membalas pertanyaan pelanggan dengan cepat.
– Aktifkan Away Messages saat sedang tidak bisa merespons cepat, misalnya: “Halo, terima kasih telah menghubungi kami. Kami akan segera membalas pesan Anda begitu online kembali.””
Contoh broadcast lainnya, seperti informasi yang dibagikan oleh Bank di bawah ini. Himbauan untuk mengganti PIN secara berkala untuk transaksi lebih aman. Diharapkan dengan penyebaran informasi tersebut, pengguna terjaga keamanannya ketika menggunakan jasa ataupun bertransaksi.
8. Cerita Penggunaan Produk
Bagaimana memasukkan testimoni dalam broadcast? Contoh broadcast nya seperti berikut.
“Cerita Jane, 32 thn:
“Sejak pakai face serum dari Beauty Store, jerawat dan flek hitam di wajah saya berkurang banyak. Kulit muka jadi terasa lebih halus dan glow. Rasanya jadi lebih pede saat selfie dan foto tanpa perlu filter lagi!”
Nikmati manfaat serupa dengan face serum dari Beauty Store. Dapatkan potongan harga 30% di www.beautystore.com/serum untuk pembelian perdana.”
9. Ucapan Hari Raya atau Hari Spesial
Contoh broadcast nya seperti berikut:
“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H.
Mohon maaf lahir dan batin.
PT Maju Jaya turut berbahagia menyambut Lebaran 2024. Bagi yang merindukan suasana kampung halaman, buruan pesan tiket pulang ke kampung di agen perjalanan kami.
Dapatkan promo tiket Lebaran dengan harga mulai 200rb an. Berlaku kelas ekonomi untuk rute Jakarta-Surabaya pp.
Klik bit.ly/tiketlebaran untuk info promo lebih lengkap.”
Contoh lainnya dari Bank Bukopin, yang menawarkan promo khusus untuk nasabah yang berulang tahun. Promo di hari spesial membuat pengguna merasa spesial dan terapresiasi.
10. Meminta Ulasan
Untuk meminta ulasan, contoh broadcast yang bisa dilakukan seperti berikut:
“Halo, bagaimana kabar Anda?
Kami harap Anda puas dengan pelayanan yang kami berikan selama ini. Untuk meningkatkan kualitas layanan lebih baik lagi, boleh minta waktunya sebentar untuk memberi ulasan atau testimoni tentang pengalaman Anda menggunakan produk/layanan kami?
Ulasan dari Anda sangat berharga bagi perkembangan bisnis kami kedepannya. Silakan kirim ulasannya melalui WhatsApp atau kunjungan website kami di www.contoh.com/testimoni
Terima kasih atas dukungan dan kerjasama Anda selama ini. Salam dari team kami.”
Tips Etika dalam Broadcast Whatsapp
Hindari Terlihat Seperti Spam
Meski broadcast WhatsApp sangat membantu promosi, pastikan penggunaannya tidak berlebihan hingga terlihat seperti spam. Beberapa tips menghindari spam:
- Jangan kirimkan broadcast berulang dengan frekuensi tinggi dalam waktu dekat. Atur pacing yang ideal, misalnya 1-2 broadcast per minggu.
- Jangan kirim broadcast di waktu-waktu yang tidak tepat seperti tengah malam atau subuh.
- Sertakan opsi unsubscribe di setiap broadcast untuk respek privasi. Kalimatnya bisa berupa “balas ‘berhenti’ untuk berhenti berlangganan”.
- Jangan terus kirim broadcast jika tidak ada respon sama sekali dari kontak.
- Pastikan broadcast Anda informatif dan bukan sekedar promosi murahan.
Hormati Privasi Pelanggan
Saat melakukan broadcast promosi di WhatsApp, sangat penting untuk menghormati privasi pelanggan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
- Pastikan Anda sudah mendapatkan izin untuk mengirimkan broadcast promosi ke kontak yang dituju.
- Jika memungkinkan, gunakan fitur Group Chat agar pelanggan bisa keluar dengan mudah jika merasa terganggu.
- Berikan opsi “unsubscribe” di setiap broadcast agar pelanggan bisa berhenti berlangganan.
- Jangan bagikan atau jual kontak pelanggan Anda ke pihak ketiga tanpa izin.
- Mematuhi aturan dari WhatsApp mengenai pemasaran pesan.
Contoh Broadcast: Mengukur Efektivitas Whatsapp Blast
Bagaimana cara mengukur efektivitas dari broadcast melalui Whatsapp? Mari kita telaah satu persatu.
Ukur Respon dan Feedback Pelanggan
Cara paling mudah untuk mengukur efektivitas broadcast WhatsApp adalah dengan melihat respon dan feedback langsung dari pelanggan. Anda bisa menganalisis:
- Tingkat membaca pesan broadcast. Apakah sebagian besar kontak membaca pesan Anda?
- Jumlah pertanyaan atau permintaan informasi lebih lanjut yang masuk.
- Jumlah pelanggan yang melakukan konversi atau aksi sesuai CTA.
- Ulasan dan testimoni positif dari pelanggan.
- Jumlah pelanggan yang proaktif membalas dan terlibat dengan broadcast Anda.
Semakin positif respon-respon di atas, berarti broadcast WhatsApp Anda sudah efektif dan engaging bagi pelanggan.
Lakukan Analisis dan Penyesuaian
Setelah mendapatkan data respon pelanggan, lakukan analisis mendalam. Lihat pola pesan mana yang paling efektif dan kurang efektif. Temukan waktu pengiriman terbaik dan target audiens yang paling responsif.
Gunakan insight ini untuk penyesuaian dan optimasi strategi broadcast WhatsApp bisnis Anda ke depannya agar lebih efisien dan mengena. Testing dan improvisasi secara berkala sangat penting untuk meningkatkan efektivitas broadcast promosi di WhatsApp.
Ukur terus feedback pelanggan Anda dan lakukan evaluasi rutin terhadap hasilnya untuk menyempurnakan strategi promosi di WhatsApp agar semakin efektif.
Mengintegrasikan Broadcast Whatsapp dengan Strategi Pemasaran Lainnya
Pemasaran akan lebih baik bila tidak bergantung pada satu channel saja. Mari kita cek cara mengintegrasikannya dengan platform yang lain.
Integrasikan dengan Media Sosial
Jangan gunakan broadcast WhatsApp secara terisolasi. Integrasikan dengan strategi konten dan promosi di media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter.
Misalnya, Anda bisa mengirimkan cuplikan konten menarik lewat broadcast WhatsApp, kemudian mengarahkan pelanggan untuk mengakses konten lengkapnya di media sosial dengan CTA Follow akun kami.
Atau sebaliknya, promosikan penawaran spesial via broadcast WhatsApp yang hanya berlaku bagi follower media sosial Anda. Integrasi WhatsApp dan media sosial bisa saling menguatkan.
Manfaatkan Email Marketing
Email marketing juga bisa berperan memperkuat strategi broadcast WhatsApp. Anda bisa mengarahkan pelanggan untuk berlangganan newsletter via email di akhir broadcast.
Sebaliknya, sisipkan broadcast WhatsApp sebagai salah satu konten di newsletter untuk ajakan bertindak lebih cepat karena sifat WhatsApp yang lebih personal dan langsung.
Dengan mengintegrasikan berbagai saluran pemasaran yang ada, brand awareness dan conversion rate bisnis Anda bisa dimaksimalkan.
Kesimpulan
Lewat artikel ini kita telah membahas berbagai hal terkait pemanfaatan broadcast, contoh broadcast WhatsApp untuk kepentingan promosi bisnis. Dengan berbekal informasi di atas, sekarang saatnya Anda menerapkan broadcast WhatsApp untuk mempromosikan bisnis atau brand Anda. Mulailah dengan strategi dan konten sederhana, uji coba berbagai variasi, dan terus optimalkan hasilnya.
Jangan ragu untuk mulai memanfaatkan fitur broadcast WhatsApp ini agar promosi bisnis Anda lebih efektif dan efisien. Semoga sukses!
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips bisnis dan marketing terbaru setiap hari? Yuk follow, subscribe MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Thumbnail by rawpixel.com on Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.