Last Updated on January 11, 2024 by APPKEY-ARIANI
Anda tentunya ingin strategi marketing atau strategi pemasaran Anda berhasil. Pemasaran adalah nadi dari setiap perusahaan, menjadi penopang pertumbuhan. Dengan pemasaran yang efektif, Anda bisa mengubah mereka yang hanya tertarik menjadi pelanggan setia. Namun, saat bisnis Anda merasa stagnan atau bahkan menurun, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam strategi Anda. Dilansir dari entrepreneur.com, berikut pembahasan selengkapnya. Yuk disimak!
Daftar Isi
Kesalahan yang Mungkin Dilakukan Dalam Marketing; dan Tips Memperbaikinya
Photo by Merakist on Unsplash
Berikut adalah kemungkinan-kemungkinan kesalahan yang terjadi dalam strategi marketing, dan bagaimana cara memperbaikinya.
Tidak Memanfaatkan Media Sosial Dengan Tepat
Salah satu kesalahan umum adalah mengabaikan kekuatan media sosial. Memang, memiliki akun Instagram saja untuk bisnis Anda bukanlah jaminan sukses. Sudah tahu kah Anda, di mana sebenarnya audiens Anda menghabiskan waktunya? Misalnya, banyak generasi muda yang kini lebih aktif di TikTok daripada di Facebook dan Instagram.
Sebagai tips, jangan hanya fokus pada satu platform. Sebaiknya, pelajari dan pahami di mana audiens Anda berada. Mungkin mereka lebih aktif di LinkedIn, Twitter, Threads, atau platform lainnya. Dan ketika Anda memutuskan untuk terjun ke media sosial, selalu ingat untuk tetap autentik. Bangunlah kehadiran Anda dengan nilai-nilai perusahaan, tampilkan cerita sukses dari pelanggan, dan tentu saja, tawarkan produk atau layanan yang benar-benar dibutuhkan.
Hal penting lainnya adalah keaslian merek Anda. Sebagai contoh, ada perusahaan yang dengan bangga menanam pohon setiap kali mendapatkan klien baru. Namun, jangan hanya ikut-ikutan tren demi tampak “baik”. Pastikan setiap langkah yang Anda ambil selaras dengan visi dan misi perusahaan.
Tidak Memanfaatkan Email Marketing Dengan Baik
Jangan remehkan kekuatan pemasaran email! Tahukah Anda bahwa 86% konsumen berharap mendapatkan email promosi dari perusahaan yang mereka percayai setidaknya sekali sebulan? Bahkan, ada 15% yang lebih memilih mendapatkan email setiap hari. Email bisa menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan penjualan, memberitahu acara mendatang, atau bahkan mengajak klien lama kembali berinteraksi.
Namun, perlu diingat bahwa rata-rata konsumen menerima sekitar 100 email setiap hari. Jadi, bagaimana caranya agar email Anda tidak tenggelam bersama ratusan email lainnya? Begini beberapa tips yang bisa Anda coba:
- Desain yang Simpel: Pilih desain yang minimalis, informatif namun tetap singkat, dan pastikan responsif di semua ukuran layar.
- Personalisasi: Manusia cenderung merasa spesial saat disebut namanya. Oleh karena itu, tambahkan unsur personal seperti nama depan, tanggal pembelian terakhir, atau bahkan tanggal ulang tahun mereka.
- Baris Subjek yang Menarik: Baris subjek memiliki andil besar dalam keputusan seseorang untuk membuka email. Anda harus bersaing dengan banyak email lainnya, jadi pastikan baris subjek Anda menarik dan memancing rasa ingin tahu. Ingat, tujuan utamanya adalah mendapatkan perhatian dan membuat penerima membuka email Anda.
- Penawaran yang Tepat: Selalu tawarkan sesuatu yang menarik dan relevan. Apakah ada acara khusus atau peluncuran produk baru? Pastikan penawarannya sesuai dan menarik.
Dengan mengaplikasikan tips di atas, Anda bisa meningkatkan efektivitas pemasaran email Anda dan memastikan pesan Anda sampai ke audiens yang tepat.
Tidak Mengenal Audiens Dengan Baik
Memahami audiens Anda adalah kunci keberhasilan dalam dunia pemasaran. Bayangkan berkomunikasi tanpa tahu dengan siapa Anda berbicara? Tentunya tidak efektif, bukan? Oleh karena itu, ketika Anda ingin strategi periklanan digital Anda memberikan dampak, pastikan Anda benar-benar mengenal audiens Anda.
Tidak hanya sekadar tahu, Anda perlu memahami kehidupan mereka, apa yang menjadi minat mereka, dan nilai apa yang mereka pegang teguh. Ini bukan sekedar informasi tambahan, namun esensial untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens target Anda dan meningkatkan kepuasan klien.
Tapi, bagaimana cara mendapatkan informasi mendalam ini? Alat analitik bisa menjadi solusi untuk mengetahui karakteristik pelanggan ideal Anda. Namun, ada satu hal yang mungkin sering diabaikan: mengetahui apa yang memicu pelanggan untuk memutuskan membeli produk atau layanan Anda.
Salah satu cara untuk mendapatkan insight ini adalah dengan menyelenggarakan survei pasca pembelian. Dengan demikian, Anda tidak hanya mendapatkan informasi tentang karakteristik pelanggan, tapi juga alasan di balik keputusan pembelian mereka. Sebuah informasi yang sangat berharga untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda di masa depan.
Terlalu Salesy (Berlebihan dalam Menjual)
Berlebihan dalam menjual seringkali menjadi bumerang. Bayangkan Anda berada dalam kencan pertama, tentu Anda tidak akan langsung mengajukan lamaran pernikahan, bukan? Kenapa? Karena hubungan memerlukan waktu untuk berkembang dan membangun kepercayaan.
Sama halnya dengan pemasaran. Orang sering merasa terganggu jika Anda terlalu agresif dalam berusaha menjual produk atau layanan. Alih-alih hanya fokus pada penjualan, lebih baik tunjukkan siapa Anda dalam bisnis ini. Apa yang menjadi nilai inti Anda? Apa yang Anda pedulikan? Apa yang menginspirasi Anda dalam bisnis ini?
Bila Anda mulai membangun hubungan yang otentik dengan audiens Anda, Anda akan terkejut dengan bagaimana mereka merespons. Bukan hanya soal meningkatnya penjualan, tapi juga tentang bagaimana mereka mempercayai dan merasa terhubung dengan Anda. Dan ketika kepercayaan sudah terbangun, penjualan akan mengikuti dengan sendirinya.
Mengharapkan Hasil Segera atau Instan
Memanfaatkan pemasaran dengan harapan hasil instan? Anda mungkin harus memikirkannya ulang. Pemasaran mirip dengan proses menanam pohon. Anda tentu mendengar ungkapan, “Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik selanjutnya adalah hari ini.” Pemasaran pun demikian.
Keberhasilan di dunia pemasaran memerlukan konsistensi dan kesabaran. Bayangkan berbicara dengan calon pelanggan atau mengingatkan pelanggan lama – interaksi sekali atau dua kali mungkin tidak cukup untuk meninggalkan kesan mendalam. Ambil contoh dari kampanye politik: seringkali diperlukan enam interaksi atau lebih untuk membujuk seseorang agar memberikan suara mereka. Hal yang sama berlaku dalam pemasaran. Audiens Anda perlu mendengar dari Anda berulang kali, melalui berbagai saluran – situs web, media sosial, email, surat langsung, radio, dan sebagainya.
Sebuah statistik menarik menunjukkan bahwa seringkali memerlukan 6-8 titik kontak sebelum konversi atau penjualan terjadi. Jadi, pesan utamanya? Jangan cepat menyerah. Tetaplah konsisten dan Anda akan melihat perubahan yang Anda harapkan.
Photo by Diggity Marketing on Unsplash
Tips Konsistensi dalam Marketing
Dalam dunia marketing, konsistensi adalah salah satu hal yang penting agar strategi sukses dan kunci untuk membangun kepercayaan dan mengukuhkan merek Anda di mata pelanggan. Konsistensi memastikan bahwa pesan Anda disampaikan dengan jelas dan kohesif di seluruh saluran pemasaran, memperkuat identitas merek dan meningkatkan kesadaran merek. Namun, mempertahankan konsistensi dalam pemasaran tidaklah mudah. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memastikan konsistensi dalam strategi pemasaran Anda.
- Mentalitas Pertumbuhan: Konsistensi dalam marketing juga berkaitan dengan mentalitas pertumbuhan. Seorang pemasar harus memiliki pemikiran yang terbuka untuk belajar dari kesalahan dan menerima feedback. Dengan memiliki mentalitas ini, konsistensi dalam pemasaran akan semakin mudah diterapkan karena Anda selalu siap untuk beradaptasi dan memperbaiki strategi.
- Pentingnya Kalender Pemasaran: Menyusun kalender pemasaran bisa membantu tim Anda tetap fokus dan konsisten. Dengan rencana yang jelas, Anda bisa memastikan bahwa setiap kampanye atau inisiatif pemasaran dilaksanakan dengan tepat waktu dan sesuai target.
- Penggunaan Teknologi: Maksimalkan penggunaan teknologi, seperti otomasi pemasaran, yang dapat membantu Anda mempertahankan konsistensi tanpa harus membuang banyak waktu dan energi. Teknologi dapat memastikan bahwa pesan Anda dikirimkan ke audiens yang tepat pada waktu yang tepat.
- Pengukuran dan Evaluasi: Untuk tetap konsisten, Anda perlu mengetahui apa yang bekerja dan apa yang tidak. Oleh karena itu, penting untuk terus mengukur dan mengevaluasi strategi pemasaran Anda. Menggunakan metrik yang tepat akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang efektivitas upaya pemasaran Anda.
- Jangan Takut Mengambil Risiko: Terkadang, konsistensi tidak berarti melakukan hal yang sama berulang kali. Justru, konsistensi dapat berarti berani untuk mengambil risiko dan mencoba pendekatan baru ketika Anda melihat bahwa strategi lama Anda mungkin tidak lagi efektif.
- Pentingnya Self-Care: Konsistensi dalam pemasaran juga memerlukan energi dan dedikasi. Jaga kesehatan mental dan fisik Anda. Saat Anda merasa baik secara pribadi, Anda akan memiliki energi dan motivasi untuk tetap konsisten dalam pemasaran.
- Komunitas dan Kolaborasi: Bergabung dengan komunitas pemasar atau forum bisnis dapat memberikan dukungan moral dan motivasi tambahan untuk tetap konsisten. Diskusi dengan sesama pemasar bisa memberikan inspirasi baru dan cara pandang yang berbeda.
Penutup
Jika Anda merasa strategi marketing atau strategi pemasaran Anda belum membuahkan hasil, pertimbangkan untuk menyegarkan pendekatan Anda. Dengan memaksimalkan potensi media sosial, mengoptimalkan strategi email Anda, mendalam mengenal audiens, menunjukkan sisi autentik Anda, dan tentu saja, berbekal kesabaran, Anda akan merancang strategi pemasaran yang tidak hanya menarik tetapi juga efektif. Semoga informasi ini berguna ya!
Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
*thumbnail source: <a href=”https://www.freepik.com/free-vector/digital-marketing-concept-with-online-advertising-media-symbols-flat_7378401.htm#query=marketing&position=0&from_view=search&track=sph”>Image by macrovector</a> on Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.