Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Jika Anda berasal dari bidang pemasaran konten, Anda mungkin mendengar istilah “Content Pillar Post” atau konten postingan pilar. Ini digunakan untuk memberikan informasi komprehensif tentang suatu topik.
Content pillar post biasanya dibuat oleh profesional pemasaran dan blogger untuk mendapatkan keterlibatan pengguna dan penjualan yang maksimal.
Namun, membuat konten postingan pilar yang efektif bukanlah tugas yang mudah untuk dilakukan. Anda harus mengikuti pendekatan yang tepat, jika tidak, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang diperlukan (seperti peringkat lebih tinggi) dari content pillar yang dibuat.
Jadi, pada artikel kali ini, kita akan membahas prosedur langkah demi langkah tentang cara membuat konten postingan pilar yang efektif. Namun sebelum itu, mari kita jelaskan secara singkat apa sebenarnya konten postingan pilar.
Daftar Isi
Apa itu Content Pillar Post (Konten Postingan Pilar)?
Konten postingan pilar juga disebut sebagai konten landasan . Ini adalah postingan luas atau panjang yang mencakup setiap detail tentang topik tertentu.
Secara umum, content pillar adalah jenis konten yang memberikan jawaban lengkap atas pertanyaan yang dicari pengguna. Ini berfungsi sebagai landasan topik tertentu di situs web Anda. Ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan nilai kepada pembaca dan meningkatkan peringkat mesin pencari.
Apa yang membuat konten postingan pilar istimewa? Simak alasannya di bawah ini:
- Lebih panjang (setidaknya 2.500 kata)
- Cara yang mutakhir
- Lebih kompetitif dibandingkan dengan posting blog biasa
Sekarang Anda sudah memahami apa sebenarnya content pillar, sehingga sudah memahami bagaimana Anda dapat membuatnya sendiri.
Cara Membuat Content Pillar – Panduan Langkah demi Langkah
Di bawah ini, kami memiliki prosedur langkah demi langkah yang akan membantu menghasilkan konten postingan pilar yang efektif.
1. Pilih Topik yang Luas
Anda harus memilih topik yang luas (lebih dari dua kata) di mana Anda akan membuat konten postingan pilar. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih topik yang luas. Itu adalah sebagai berikut:
- Topik yang dipilih harus memiliki volume pencarian yang baik (minimal 3.000).
- Harus memiliki beberapa subtopik (setidaknya 5 subtopik)
- Topik yang dipilih harus mencerminkan maksud informasi
Tip: Jangan membahas topik yang terlalu luas atau terlalu sempit.
Jika Anda memilih topik yang terlalu luas, Anda mungkin harus menghadapi persaingan yang ketat, sehingga menyulitkan Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Di sisi lain, jika Anda memilih topik yang terlalu sempit, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk mencakup banyak subtopik.
Untuk menemukan topik luas dengan cepat, Anda dapat menggunakan alat online seperti Ahref dan SEMrush . Alat-alat ini memberikan wawasan yang berguna untuk topik yang dicari seperti volume, persaingan rata-rata, dll.
2. Pilih Subtopik
Setelah Anda selesai memilih topik yang luas, sekarang saatnya memilih subtopik yang paling sesuai. Hal ini penting, karena jika Anda menemukan subtopik menggunakan alat online, mereka akan memberi Anda daftar subtopik yang panjang. Namun tidak semuanya bagus dalam hal volume pencarian dan relevansi.
Jadi, Anda harus memilih subtopik yang volumenya bagus dan relevan dengan topik utama. Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik, mari kita jelaskan dengan sebuah contoh.
Katakanlah topik utama Anda adalah motherboard Gaming. Ide subtopik untuk topik ini dapat berupa “ motherboard gaming terbaik di bawah 200Rp ” atau “ motherboard gaming RGB terbaik ”. Sekarang, Anda mungkin sudah mendapat gambaran tentang bagaimana Anda dapat memilih subtopik.
3. Lakukan Riset Kata Kunci
Kata kunci adalah kata dan frasa spesifik yang diketik pengguna di mesin pencari untuk menemukan informasi tertentu.
Menambahkan kata kunci yang relevan di konten postingan pilar Anda akan berkontribusi besar dalam meningkatkan peringkat mesin pencarinya. Itu sebabnya, setelah menemukan topik utama dan subtopik, Anda perlu melakukan riset kata kunci secara intensif.
Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan alat seperti Google Keyword Planner, dan banyak lagi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengulas kompetitor.
Anda perlu menentukan kata kunci apa yang mereka gunakan dan kata kunci apa yang paling cocok untuk mereka. Meninjau pesaing akan memberikan gambaran bagus tentang apa yang perlu Anda lakukan agar dapat bersaing dengan mereka.
Namun, perlu diingat, Anda tidak boleh membebani konten dengan terlalu banyak kata kunci, tidak peduli seberapa relevan kata kunci tersebut. Sebaliknya, Anda harus menggunakan kata kunci secara strategis.
4. Tulis Kerangka Secara Rinci
Menguraikan Content Pillar akan membantu Anda mengatur subtopik dan informasi yang dikandungnya dengan cara yang efisien . Ini memungkinkan Anda untuk menentukan judul mana yang perlu dibahas secara detail dan mana yang hanya memerlukan sentuhan.
Selain itu, kerangka akan bertindak sebagai kerangka, memungkinkan Anda menulis lebih cepat. Tidak hanya itu, outline juga akan mencegah kemungkinan hilangnya detail/poin penting saat membuat content pillar.
Garis besar yang baik memuat hal-hal berikut:
- Urutan yang tepat dari subtopik yang berbeda
- Kepentingan relatif setiap subtopik satu sama lain
- Penggunaan tag heading SEO (H1, H2, H3, H4, H5, dan H6)
- Gunakan statistik dan contoh yang kredibel untuk mendukung klaim Anda
Secara keseluruhan, membuat detail merupakan langkah penting untuk membuat konten postingan pilar yang efektif.
5. Buat Konten Berkualitas
Ini akan bertindak sebagai langkah penentu. Semakin baik konten yang Anda tawarkan, semakin besar kemungkinan konten tersebut diprioritaskan oleh mesin pencari dan pembaca. Ada beberapa elemen yang menentukan kualitas konten, elemen-elemen tersebut adalah sebagai berikut:
Konten dengan tata bahasa
Elemen pertama adalah konten yang benar secara tata bahasa. Artinya konten yang bebas dari segala jenis kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Ketika content pillar Anda bebas dari kesalahan, hal itu tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan diri Anda tetapi juga membantu membangun kepercayaan pembaca terhadapnya.
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat konten yang bebas dari segala jenis kesalahan. Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda perlu meningkatkan pengetahuan tata bahasa Anda yang dapat dilakukan dengan membaca manual tata bahasa atau memainkan permainan tata bahasa.
Keunikan Konten
Elemen kunci lainnya dari konten berkualitas adalah keunikan. Konten unik akan diprioritaskan oleh pembaca dan mesin pencari. Hal ini karena konten yang unik merupakan indikasi bagus bahwa penulis telah meluangkan waktu dan tenaga untuk menghasilkan informasi yang berguna.
Jadi, untuk membuat konten yang berkualitas, Anda juga perlu menjaga keunikan konten tersebut. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan menulis konten postingan pilar dengan kata-kata Anda sendiri.
Keterbacaan konten
Ini mengacu pada betapa sederhananya memahami konten Anda bagi pembaca. Ini melibatkan penggunaan kata-kata sederhana daripada kata-kata rumit dan mengikuti struktur kalimat yang tepat untuk menyampaikan pemikiran dan ide Anda secara efisien. Anda dapat melakukannya dengan menulis kata-kata yang mudah dipahami secara manual dan mengikuti struktur yang rumit.
Namun, jika Anda bisa melakukan ini, maka Anda dapat mengambil bantuan dari alat parafrase indonesia. Ini akan dengan cepat menyusun ulang teks yang diberikan dengan mengganti kata-kata sulit dengan sinonimnya yang mudah dan mengubah struktur kalimat untuk meningkatkan keterbacaan.
6. Tambahkan Daftar Isi
Konten postingan pilar yang Anda buat akan berisi sejumlah topik. Jadi, untuk memudahkan pembaca menavigasi dan melompat ke topik tertentu yang mereka inginkan, Anda harus menambahkan daftar isi. Ingat, daftar isi harus dapat diklik atau responsif.
Ketika daftar isi dapat diklik, setiap kali pengunjung mengklik topik tertentu di tabel, tabel tersebut akan dengan cepat membawa mereka ke bagian konten postingan pilar tersebut.
Catatan: Daftar isi biasanya ditambahkan setelah bagian pendahuluan.
7. Tambahkan Media dan Tautan
Selain menambahkan daftar isi, Anda juga harus menambahkan media dan link yang relevan di content pillar. Yang dimaksud dengan media di sini adalah penambahan gambar, video, infografis, grafik, bagan, dan visual pendukung lainnya. Penambahan media tidak hanya membuat konten postingan pilar Anda menarik, tetapi juga membantu pembaca untuk cepat memahami hal-hal yang Anda bahas di dalamnya.
Saat menambahkan tautan, Anda perlu mengidentifikasi halaman cluster dan tautan content pillar Anda di dalam halaman tersebut. Melakukan hal ini tidak akan meningkatkan jaringan backlink Anda, tetapi juga membuat pengunjung tetap bertahan di website Anda, dari satu halaman ke halaman lainnya.
Catatan: Hanya tambahkan link ke halaman cluster yang membahas topik terkait secara lebih mendalam.
8. Tinjau dan Publikasikan
Setelah menyelesaikan semua langkah yang disebutkan di atas, selanjutnya Anda perlu meninjau konten postingan pilar dari awal hingga akhir. Saat meninjau, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:
- Setiap topik dibahas secara efisien.
- Informasi yang diberikan bebas dari kesalahan tata bahasa.
- Pastikan nada kontennya sederhana dan persuasif bagi pembaca.
- Pastikan kalimat dan paragrafnya kecil
- Konfirmasikan tautan yang ditambahkan berfungsi dengan benar
Setelah meninjau semua hal ini, Anda kemudian dapat menekan tombol “Publikasikan”, dan terus menganalisis untuk mengetahui bagaimana kinerja konten postingan pilar Anda di Search Engine.
Kesimpulan
Konten postingan pilar adalah konten berbentuk panjang yang mencakup segala sesuatu tentang satu topik. Ini adalah strategi konten yang sangat efektif yang digunakan untuk mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi dan menarik jumlah pengunjung maksimum.
Namun, membuat konten postingan pilar yang efisien bagi orang lain bukanlah tugas yang mudah, karena Anda harus mengikuti pendekatan yang tepat. Pada artikel ini, kami telah membahas panduan langkah demi langkah yang akan membantu Anda dalam membuat konten postingan pilar yang efektif. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi Anda.
Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
*thumbnail source: <a href=”https://www.freepik.com/free-vector/people-with-digital-content-creation-concept_3585162.htm#query=Content%20pillar&position=8&from_view=search&track=ais”>Image by rawpixel.com</a> on Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.