Last Updated on December 27, 2022 by appkey
Trend fashion 2023 di Indonesia pastinya sangat berbeda dibandingkan tahun lalu. Tidak hanya sekadar inovasi bentuk busana saja, koleksi tren fashion Indonesia juga dapat dikembangkan menjadi ide bisnis UKM kekinian lho!
Fashion adalah industri dengan laju perkembangan yang sangat cepat, terutama di era serba teknologi saat kini. Banyak ide bisnis fashion lahir mengikuti perkembangan trend di masyarakat. Tentunya inilah peluang emas baru untuk mengembangkan olshop fashion Anda!
Apa sajakah ide-ide dan tren segar untuk bisnis fashion saat ini? Langsung simak 10 trend fashion 2023 Indonesia yang telah kami rangkum spesial untuk Anda berikut ini.
Daftar Isi
Pentingnya Trend Fashion 2023 bagi UKM Kekinian
Berinovasi menurut trend merupakan strategi bisnis yang baik sekaligus menguntungkan.
Faktanya, konsumen cenderung lebih tertarik membeli produk yang up to date sesuai selera dan kebutuhan zaman. Apalagi jika bisnis Anda bergerak di bidang tata busana yang selalu update koleksinya.
Cobalah perhatikan brand-brand pakaian yang sukses di sekitar Anda. Hampir semuanya pasti selalu menghadirkan koleksi sesuai tren terkini. Semakin baru koleksi fashion yang Anda tawarkan, otomatis semakin besar pula peluang usaha Anda dilirik konsumen.
Maka dari itu berinovasi bukan lagi sebuah strategi opsional, melainkan kewajiban jika Anda ingin usaha selalu sukses.
Anda tidak perlu menunggu usaha menjadi besar dan populer untuk rajin menciptakan inovasi. Justru bisnis-bisnis kecil (UKM dan online shop) lah yang harus gencar mengupdate referensinya supaya lebih cepat terkenal di pasaran.
10 Trend Fashion 2023 Indonesia Paling Inspiratif untuk Bisnis
Mencari ide inovasi bisnis sebenarnya tidak sulit. Pasalnya, gagasan-gagasan unik dapat Anda petik dari mana saja, salah satunya adalah isu-isu yang sedang naik daun (trending).
Lalu apa sajakah “sentuhan baru” untuk usaha fashion kekinian? Berikut 10 ide bisnis fashion paling fresh yang dapat Anda coba:
1. Bisnis Berbasis Komunitas (Social Commerce)
Teknologi memainkan peran penting di hampir semua aspek kehidupan kita saat ini. Dunia fashion pun tak luput dari sasarannya.
Kemajuan teknologi khususnya internet dan sosial media sukses menghapus sekat-sekat yang menghalangi ruang gerak seseorang. Akses ke dunia maya sudah menjadi rutinitas harian, baik untuk individu maupun bisnis fashion.
Dari sinilah pergerakan bisnis berbasis komunitas (atau “social commerce”) lahir sebagai tren fashion Indonesia baru. Ada semakin banyak brand fashion lokal Indonesia sukses yang mengedepankan gaya usaha start up. Contohnya seperti CottonInk, Berrybenka, dan HijUp.
2. Aksesoris “Sustainable Fashion”
Kampanye daur ulang dan pemeliharaan lingkungan ditanggapi serius oleh industri fashion akhir-akhir ini. Salah satu buktinya adalah popularitas penggunaan aksesoris yang bersifat sustainable (ramah lingkungan).
Konsep ini dikenal dengan istilah sustainable fashion, atau gerakan peduli lingkungan oleh para pegiat busana. Contoh nyata dari bisnis sustainable fashion adalah menjual totebag kain untuk mengurangi pemakaian tas plastik. Atau, daur ulang kain perca menjadi baju outer, tas, kalung, dan lain-lain.
Bisnis-bisnis UKM yang mengusung konsep ini diyakini akan sangat laris-manis di pasaran, mengingat mayoritas masyarakat kekinian sangat peduli dengan isu-isu lingkungan.
3. Proses “Circular Design Fashion”
Trend fashion 2023 Indonesia ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, yakni seputar sustainable fashion.
Proses circular design fashion menitik beratkan pada produksi daur ulang dan permak item busana yang masih layak pakai sehingga menjadi barang baru bernilai tinggi. Aktivitas ini juga mengusung filosofi “zero waste”, yakni tindakan untuk tidak membuang-buang benda yang masih bermanfaat.
Industri fashion di zaman dahulu terkenal sering asal membuang pakaian yang tidak laku atau dianggap ‘ketinggalan trend’. Akibatnya, sampah lingkungan pun jadi menumpuk. Sikap tersebutlah yang kini diubah oleh bisnis fashion kekinian.
Usaha baju kecil bisa meniru konsep circular design zero waste ini untuk menghemat modal usaha. Siapa tahu, fashion daur ulang yang Anda ciptakan juga dapat menjadi icon fashion unik berikutnya!
4. Virtual Fashion
Ingin menarik lebih banyak pengunjung ke toko baju Anda? Cobalah terapkan ide trend virtual fashion.
Pandemi melahirkan tren fashion Indonesia secara virtual. Hingga kini pun masih banyak orang memilih berbelanja busana secara online ketimbang langsung ke toko.
Ada banyak strategi unik pelaksanaan virtual fashion ini yang bisa Anda coba, di antaranya:
- Melakukan ajang fashion show online.
- Berjualan online di e-commerce
- Melakukan promosi fashion (flash sale) secara live streaming.
- Mengadakan webinar perilisan koleksi busana baru.
- Mendesain item fashion dengan teknologi 3D atau VR (Virtual Reality).
5. Warna Baju Trend 2023
Warna-warni baju yang Anda jual saat ini juga memengaruhi minat belanja konsumen, lho. Mayoritas konsumen di tahun ini terbukti memilih dan membeli warna-warni pakaian tertentu.
Warna baju trend 2023 terbelah ke dalam dua kelompok mengikuti musim (season). Koleksi warna pakaian yang terang dan netral (light) akan trending selama periode musim panas dan semi 2023.
Namun pada musim gugur – dingin akhir tahun nanti, kombinasi warna-warni yang hangat dan membumi (earth color) diprediksi akan lebih diminati. Beberapa contoh warna baju trend 2023 adalah:
- Warna baju kuning manis bernuansa jingga.
- Warna biru lembut dengan efek ketenangan.
- Warna hijau dipadukan cokelat demi menciptakan nuansa bumi, dan lain-lain.
6. Kata Kunci Bertema Alam
Pandemi dan isu lingkungan memang mendominasi trend fashion 2023 Indonesia. Selain perkembangan sustainable fashion, pemakaian kata-kata kunci bertema alam juga menjadi trend kekinian.
Contoh keyword fashion bertema alam yang banyak digunakan saat ini adalah:
- Organik / organic.
- Warna hangat.
- Terang / light.
- Earth color.
- Ramah lingkungan.
- Sustainable.
- Earthy.
- Home.
- Tekstur halus.
- Dan masih banyak lagi.
Kata-kata kunci tersebut biasanya disematkan pada artikel copywriting, nama maupun deskripsi item. Ada juga yang menjadikan kata-kata kunci ini sebagai ide branding bisnis fashion mereka. Anda bebas memilih keyword tertentu dan menggunakannya sesuai kebutuhan.
7. Proyek Kolaborasi
Konsep bisnis fashion “start up” dapat dipadukan dengan proyek kolaborasi untuk mencapai hasil yang optimal. Saat ini, kolaborasi brand fashion menjadi trend sekaligus ide bisnis fashion yang menguntungkan.
Proyek kolaborasi pun tidak melulu harus antar label bisnis baju. Anda bisa berkolaborasi dengan individu atau organisasi lain yang memiliki nilai unik. Misalnya kolaborasi dengan selebriti, influencer, brand, komunitas/organisasi dan desainer.
Ide produk inovatif juga bisa didapat lewat proses kolaborasi ini. Contohnya sepatu viral unik antara brand Aero Street dengan Swallow, atau Uniqlo dengan Studio Ghibli.
Jangan ragu memulai kolaborasi unik dengan orang-orang berpotensi di sekitar Anda. Bisa saja inilah peluang emas untuk menjadikan brand fashion Anda lebih populer!
8. Key item Fashion
Perbanyak koleksi key item fashion yang trending di 2023 agar toko Anda lebih menarik perhatian calon konsumen! Key item merupakan produk-produk yang menjadi unggulan dari sebuah bisnis.
Adapaun item-item fashion yang banyak diincar pembeli pada tahun ini adalah:
- Maxi dress.
- Kemeja klasik dilengkapi siluet longgar.
- Baju kerah ala karakter dongeng Peter Pan atau turtle neck.
- Dress dengan model A-line.
- Jaket (coat) casual trench.
- Celana dengan bagian kaki yang lebar (wide-leg pants).
Selalu update info-info terkait key item fashion terbaru agar bisnis Anda tidak ketinggalan zaman dan menawarkan produk sesuai selera konsumen.
9. Bahan Pakaian
Berbicara seputar tren fashion tentunya kita tidak akan bisa lepas juga dari bahan (material) pembuat pakaian. Ada sejumlah bahan baju yang menjadi tren fashion Indonesia terkini, antara lain:
- Sheer (kain transparan).
- Kain bertekstur.
- Kain batik.
Anda bebas menggabungkan kombinasi kain-kain di atas untuk menciptakan inovasi ide bisnis fashion terbaru. Misalnya, menggabungkan kain tenun batik dengan sheer. Atau, mencoba menjadi distributor kain-kain tersebut ke produsen-produsen pakaian lain.
10. Tema Trend Fashion 2023
Trend fashion 2023 Indonesia yang terakhir jatuh pada konsep atau temanya. Pertumbuhan teknologi yang kian kuat pasca pandemi melahirkan sebuah tema unik bernama “above keyboard dressing”. Apa itu?
Kebiasaan video call dan meeting online dengan tampilan “setengah badan ke atas” membuat masyarakat fokus berdandan untuk tubuh bagian atas saja. Style inilah yang dikenal dengan above keyboard dressing.
Bukan hal yang aneh lagi melihat seseorang mengenakan make up, kemeja dan jas rapi, namun bagian tubuh bawahnya hanya terbalut celana pendek rumahan.
Akibatnya tentu saja, tingkat penjualan baju atasan melambung lebih tinggi daripada celana atau rok bawahan. Anda bisa meraih peluang dengan memperkaya koleksi pakaian atasan di online shop.
Demikianlah 10 trend fashion 2023 Indonesia dengan potensi inovasi bisnis online kekinian. Anda dapat memperbaharui konsep toko baju online dengan perpaduan trend di atas, namun sebaiknya tetap dengan memerhatikan karakteristik target konsumen, ya.
Jangan lupa juga untuk memanfaatkan teknologi e-commerce guna mempermudah promosi dan meraih omset semaksimal mungkin! Simak lebih banyak tips sukses berbisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore).
Selamat mencoba!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.