Last Updated on May 27, 2022 by appkey
Mau dagangan laris manis diserbu pembeli tahun ini? Ayo praktekkan 7 contoh SEO wajib berikut ini!
SEO adalah tips jualan online laris bagi pemula yang paling populer. Banyak orang berhasil membesarkan usahanya berkat dorongan SEO mulai dari meningkatkan branding sampai memaksimalkan jumlah penjualan.
Hanya saja, jenis jenis SEO populer selalu berganti setiap tahunnya. Jangan sampai Anda salah pilih jenis jenis SEO untuk bisnis tahun ini!
Lalu apa sajakah contoh SEO tahun ini? Inilah rangkuman 7 jenis SEO terbaik di tahun ini agar dagangan laris manis diserbu pembeli.
Baca juga : Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap!
Daftar Isi
7 Contoh SEO Tahun ini, Wajib Agar Dagangan Laris!
Apa sajakah contoh SEO yang harus diaplikasikan supaya omset bisnis berlipat ganda? Ini dia ulasannya:
1. SEO Penelusuran Suara (Voice Search)
Pola penelusuran internet di tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mulai sekarang, penelusuran berbasis suara (voice search) diyakini akan menjadi yang paling terkenal.
Dulu, kita bisa menelusuri informasi di Google dengan mengetikkan kata kunci (penelusuran teks). Namun sekarang, cara tersebut sudah dipandang kuno. Teknologi terbaru saat ini memungkinkan pengguna menelusuri info online semudah mengucapkan kata kunci penelusuran saja.
Terbukti menurut survey dari NeilPatel.com, lebih dari 40% penelusuran Google dewasa ini dilakukan melalui suara. Penelusuran suara juga dilakukan terbanyak oleh pengguna smartphone karena lebih praktis dan cepat mendapat hasil.
Oleh sebab itu, Anda wajib mengoptimalkan konten website atau sosial media sesuai aturan SEO voice search. Dijamin konten promosi dagangan laris Anda akan disimak banyak orang!
Tips SEO Voice Search :
- Perbanyak gunakan keyword yang bersifat long tail (panjang, spesifik dan rinci).
- Buat konten dengan bahasa yang tidak terlalu kaku, atau agak menyerupai bahasa lisan.
- Buat konten yang tampilannya smartphone friendly.
- Gunakan heading pada konten untuk mempermudah konten dipilih menjadi snippet.
- Buat pembahasan yang relevan dengan topik atau permasalahan.
2. SEO Lokal (Local SEO)
Contoh SEO tahun ini berikutnya adalah SEO lokal atau local SEO. Sesuai namanya, manfaat SEO ini adalah untuk menonjolkan usaha-usaha online di wilayah tempat tinggal pengguna.
Semisal Anda bertempat tinggal di Surabaya dan ingin mencari layanan bengkel motor. Otomatis, SEO lokal akan merekomendasikan bisnis-bisnis bengkel di sekitar Surabaya.
Manfaat SEO lokal sangat besar untuk memaksimalkan jumlah transaksi dengan konsumen terdekat. Sebanyak 46% pengguna Google terbukti membeli produk atau jasa dari olshop-olshop lokal karena lebih murah dan cepat prosesnya.
Pun di tahun ini, SEO lokal disebut-sebut akan lebih digencarkan lagi dalam persaingan dunia ecommerce. Jangan sampai terlewat, ya!
Tips SEO Lokal :
- Lengkapi identitas online shop Anda dengan lokasi bisnis (semisal: Toko Baju Surabaya, Restoran Bakmi Jakarta, Online Shop Jogja, dan lain-lain).
- Aktifkan fitur lokasi pada akun olshop Anda.
- Daftarkan bisnis pada Google Bisnis agar bisnis Anda lebih sering direkomendasikan pada pengguna lokal.
- Lengkapi info bisnis dengan alamat lengkap.
- Buat konten dengan keyword-keyword relevan bermuatan info lokasi (misalnya: rekomendasi bisnis kuliner Bali, penginapan murah daerah Kuta, dan seterusnya).
3. SEO Evergreen
Tips jualan online laris bagi pemula berikutnya bisa dilakukan dengan evergreen content. Evergreen content adalah konten-konten yang relevan untuk jangka waktu panjang (6 bulan sampai 1 tahun, bahkan lebih).
Konten promosi ini sangat unggul dibandingkan jenis lain, karena bisa disimak kapan saja dan tetap bermanfaat. Dari sisi pebisnis, Anda diuntungkan sebab tidak perlu susah payah menulis banyak artikel setiap hari.
Banyak pakar SEO meyakini konten evergreen adalah tips jualan online bagi pemula terbaik. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui cara mengoptimasinya menurut SEO.
Kabar bagusnya lagi, konten evergreen bisa langsung masuk halaman 1 Google tanpa perlu banyak optimalisasi. Anda bisa mengoptimalkan artikel ini langsung ketika menulisnya.
Tips SEO Evergreen :
- Tulislah artikel kreatif dengan topik yang sering ditanyakan pembaca.
- Buat artikel dengan pembahasan yang bersifat jangka panjang: ilmunya bisa dipraktekkan atau berlaku selamanya (semisal tips kesehatan, tips bisnis, informasi faktual, dan lain-lain).
- Tetap gunakan keyword-keyword pencarian yang relevan dan tinggi volumenya.
- Buatlah judul yang menarik rasa penasaran pembaca.
- Apabila memungkinkan, tulis isi artikel dengan mendetil agar pembaca puas bisa menerima informasi dengan lengkap.
- Sertakan backlink sumber yang mendukung artikel Anda untuk meningkatkan nilai SEO sekaligus menghindari plagiarisme.
4. SEO Semantik (Semantic SEO)
Sistem penelusuran Google terkini telah beralih menggunakan pencarian semantik. Tidak seperti pencarian biasa, penelusuran semantik lebih canggih dan akurat.
Penelusuran semantik diciptakan karena sistem pencarian dulu belum bisa memahami betul apa maksud keyword yang digunakan pengguna. Kini, pencarian semantik bisa memahami konteks dan tujuan dari setiap pencarian.
Semisal seseorang ingin mencari informasi tentang “Jaguar”. Google akan mendalami apakah Jaguar yang dimaksud adalah hewan atau merk mobil ‘Jaguar’. Penelusuran semantik yang akurat otomatis meningkatkan kepuasan konsumen.
Tips SEO Semantik :
- Tulis artikel yang menjawab pertanyaan dari konsumen. Usahakan menjawab pertanyaan konsumen sejelas mungkin dan eksplisit.
- Fokus menulis untuk pembaca asli, bukan mesin. Jangan buat tulisan yang ‘kaku’ atau terlalu berorientasi pada mesin pencari, sebab pada akhirnya pembaca artikel Anda adalah manusia bukan Google.
- Masukkan data-data terstruktur yang mendukung pembahasan Anda. Data bisa berupa angka, grafik atau tabel untuk mempermudah pembaca memahami isi tulisan.
5. SEO On Page
SEO on page adalah jenis jenis SEO paling mendasar yang tak boleh ditinggalkan. Jika Anda belum bisa mempraktekkan contoh SEO lain, paling minimal Anda sudah melakukan SEO on page.
SEO on page adalah optimalisasi konten yang diterbitkan dalam website Anda. Isi dan elemen-elemen penting dalam website Anda lah yang ditingkatkan kualitasnya guna menaikkan ranking Google.
Jenis jenis SEO ini pun termasuk yang termudah serta bisa dilakukan siapa saja.
Tips SEO On Page :
- Optimalkan penggunaan keyword pada artikel, seperti melakukan riset keyword terlebih dahulu.
- Lakukan optimalisasi SEO untuk elemen visual pendukung artikel (gambar dan video).
- Sisipkan link artikel lama dari website Anda pada artikel baru. Pastikan kedua artikel tetap relevan isinya.
- Hindari penulisan artikel copy paste (plagiat) dan perbanyak ide-ide kreatif milik sendiri (artikel original).
- Gunakan perpaduan keyword utama (short tail) dan keyword pendukung (long tail).
6. SEO Off Page
SEO on page tidak lengkap tanpa SEO off page. Berkebalikan dengan on page, SEO off page dilakukan pada elemen-elemen pendukung bisnis di luar website Anda.
Otomatis, manfaat SEO off page berbeda dari on page. Optimalisasi di luar web berguna untuk menambah jumlah kunjungan masyarakat ke website bisnis. Semisal mendatangkan pembaca artikel baru dari sosial media ke website.
Trik SEO off page juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas bisnis online. Website-website dengan optimasi off page terbaik biasanya dinilai kredibel, baik oleh Google maupun pengguna.
Tips SEO Off Page :
- Melakukan SEO lokal.
- Aktif membagikan artikel di komunitas-komunitas online.
- Mempraktekkan link building (pembangunan backlink eksternal).
- Menggencarkan interaksi dan engagement di sosial media bisnis.
- Meningkatkan autoritas domain dan halaman website.
- Mempraktekkan strategi EAT alias Expertise, Authoritativeness, serta Trustworthiness pada konten-konten brand.
7. SEO Teknis (Technical SEO)
Jenis SEO terakhir adalah SEO teknis (technical SEO). Khusus optimasi ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga IT profesional karena bersifat sangat teknis memakai software-software tertentu.
SEO teknis harus selalu dilakukan agar website bisnis tetap relevan dengan sistem algoritma dari Google. Terlebih lagi algoritma Google diperbaharui secara berkala.
Jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukan optimalisasi SEO teknis, jangan khawatir. Ada banyak jasa SEO teknis yang bisa Anda hubungi untuk mendapat bantuan.
Contoh SEO teknis :
- Peningkatan kecepatan loading website (page speed loading).
- Pembuatan sitemap website.
- Analisa performa web bisnis menggunakan Google Analytics.
5 Manfaat SEO untuk Bisnis
Apa yang bisa Anda peroleh jika mengaplikasikan jenis jenis SEO di atas? Ini jawabannya:
1. Promosi Mudah dan Gratis 24 Jam
Mana yang lebih menguntungkan: link website di peringkat 1 Google selama berbulan-bulan atau iklan berbayar untuk periode harian? Sudah tentu jawabannya adalah link web di peringkat 1.
Website yang menerapkan SEO berkesempatan untuk menduduki ranking 1 Google selama berbulan-bulan, bahkan tahun. Hal ini sudah setara dengan promosi gratis di Google tanpa batas waktu, karena konsumen pasti akan langsung mengklik web di peringkat teratas.
2. Menambah Penjualan Bisnis
Website yang dioptimasi SEO berkesempatan lebih banyak untuk di-klik konsumen, alhasil, inilah kesempatan Anda untuk menjadikan dagangan laris di pasaran.
Berikan penawaran menarik pada akhir artikel yang bisa membuat pembaca penasaran mencoba produk atau jasa Anda. Dijamin, jumlah penjualan bisnis Anda akan bertambah lebih banyak!
3. Mendongkrak Brand Awareness di Masyarakat
Manfaat SEO berikutnya adalah meningkatkan brand awareness usaha di masyarakat. Ini karena 100% pengguna pasti membaca artikel rekomendasi pertama Google. Otomatis, jumlah orang yang mengetahui nama bisnis Anda akan ikut meningkat.
Menurut strategi SEO, sangat penting bagi web bisnis online untuk mendominasi kata kunci penelusuran. Bayangkan jika web Anda sanggup menjuarai ranking 1 artikel di lebih dari satu kata kunci. Pastinya orang-orang akan lebih sering melihat nama web Anda dan jadi mengingat nama usaha tersebut.
4. Mudah Bersaing dengan Bisnis Besar
Jangan minder atau takut karena olshop Anda bersaing dengan brand-brand besar! Strategi SEO terbukti ampuh meningkatkan daya saing bisnis kecil dengan usaha-usaha lain yang lebih dulu terkenal.
Walaupun kompetitor adalah bisnis besar, faktanya, belum tentu mereka menerapkan taktik SEO seperti Anda. Jadi kesempatan Anda untuk unjuk gigi dan merebut hati pelanggan baru masih terbuka lebar.
5. Membuka Trafik Kunjungan Baru
Terakhir, manfaat SEO tentunya bisa membuka peluang baru bagi trafik kunjungan yang lebih banyak. Website di posisi 1 Google berkesempatan menerima lebih banyak klik ketimbang web-web yang berada di ranking 2, 3 dan seterusnya.
Demikianlah ulasan tips jualan online laris bagi pemula kali ini seputar 7 contoh SEO populer. Yuk mulai praktekkan 7 contoh SEO di atas sekarang juga guna mengoptimalkan bisnis online Anda!
Penasaran dengan tips jualan online laris bagi pemula lainnya? Temukan tips bisnis gratis setiap hari hanya dari MARKEY. Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download aplikasinya di Google Play dan App Store. Ada ratusan artikel informatif terupdate menanti Anda di sini!
Sampai bertemu lagi di tips jualan online laris bagi pemula lainnya, ya. Sayonara!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.