Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranInternet marketingBelajar Marketing Dari Seller Shopee, E-Commerce Paling Sukses Di...

Belajar Marketing Dari Seller Shopee, E-Commerce Paling Sukses Di Indonesia

-

Last Updated on April 23, 2022 by

Tahukah Anda, Shopee menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia saat ini. Dalam beberapa waktu terakhir, shopee telah melakukan investasi yang signifikan dalam teknologi untuk memenuhi permintaan dari pelanggan dan pedagang termasuk melakukan perbaikan pada solusi pembayaran digital, mesin rekomendasi dan bahkan logistik.

E-commerce asal China yang berbasis di Singapura ini bahkan membuktikan kepada dunia bahwa e-commerce sekarang menjadi lebih besar, lebih baik, dan lebih makmur daripada sebelumnya.

Hal ini karena Shopee dikabarkan tumbuh secara signifikan dengan 70 juta item yang terjual dalam penjualan Singles Day.

Namun, hal yang paling menarik adalah Shopee tidak hanya menarik pembeli muda, temuan Shopee mengungkapkan bahwa pelanggan yang berusia di atas 50 tahun juga ikut berkumpul di platform e-commerce ini.

Selain itu, hal yang membuat Shopee amat familiar di telinga setiap orang adalah karena ekonomi internet Asia Tenggara mencapai titik perubahan pada tahun 2018 ketika mencapai $ 72 miliar dalam nilai barang dagangan kotor, menurut laporan sebelumnya oleh Google.

Sektor e-niaga, yang merupakan bagian dari ekonomi internet, telah mengalami pertumbuhan tercepat, mencatat $ 23 miliar dalam nilai barang dagangan kotor tahun lalu dan diperkirakan mencapai $ 100 miliar pada tahun 2025. Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari pemasaran digital yang biasa dilakukan oleh seller shopee.

1. Buat Daftar Produk Hebat

 seller shopee

Jika Anda gagal membuat daftar produk yang memenuhi atau melebihi standar yang ditetapkan oleh pesaing Anda, Anda bisa berakhir tidak menjual apa pun atau, tidak menghasilkan uang sebanyak yang Anda bisa.

Di Shopee, ada ratusan hingga ribuan produk yang mirip seperti yang Anda coba jual. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat daftar produk yang menarik karena dapat membantu Anda mendapatkan perhatian pembeli. Di bawah ini, kami akan membahas bagaimana daftar produk yang hebat dapat menguntungkan toko Shopee Anda.

Product Searchability

Katakanlah dari semua tas di Shopee, produk Anda adalah satu-satunya yang memiliki kemampuan pengisian daya seluler. Namun, Anda memperhatikan bahwa Anda tidak menghasilkan banyak penjualan dibandingkan dengan penjual tas tangan lainnya.

Kemungkinan hal ini bisa terjadi karena kemampuan penelusuran produk Anda yang buruk. Jadi, ketika seseorang membuka kotak pencarian untuk mencari tas tangan, Anda bahkan tidak sampai di tiga halaman pertama hasil pencarian.

Pengoptimalan Rasio Konversi Cantuman Produk

Aspek penting lainnya untuk dipertimbangkan adalah pengoptimalan tingkat konversi. Hal yang hebat tentang e-commerce adalah memungkinkan siapa saja untuk memulai bisnis tanpa harus menggunakan modal yang besar.

Sisi negatifnya adalah di e-commerce, Anda tidak memiliki banyak cara untuk meyakinkan pengguna untuk membeli produk. Anda hanya dapat mengandalkan kualitas gambar produk dan kemampuan copywriting yang baik.

Melakukan Riset Kata Kunci

Melakukan riset kata kunci bertujuan untuk memastikan bahwa Anda sudah menargetkan orang yang tepat. Dengan kata kunci yang tepat, memungkinkan Anda untuk melihat istilah mana yang memiliki volume pencarian tinggi.

Mempublish daftar produk yang tidak dioptimalkan dengan kata kunci bisa sangat memengaruhi kemampuan penelusuran dan visibilitas produk Anda. Artinya produk Anda tidak akan muncul atau jarang muncul dalam hasil pencarian item di Shopee.

Artikel terkait  Strategi Promotion Mix: Arti, Komponen dan Cara Penerapannya

Pilih Kategori Paling Relevan Untuk Produk Anda

Ada banyak pembeli yang mencari produk dengan menelusuri kategori alih-alih mencari kata kunci pada pencarian. Sekitar 25% konversi di Shopee datang melalui navigasi kategori atau gambar spanduk lain yang mengarahkan pelanggan ke koleksi produk.

Karena itu, penting untuk mempublikasikan produk Anda di bawah kategori yang paling sesuai. Kategori membantu pembeli untuk menemukan produk yang coba Anda jual dengan mudah saat mereka melihat kategori tertentu.

Pastikan Semua Atribut Produk Terisi

Atribut adalah salah satu dari beberapa produk berkaitan dengan detail atau karakteristik yang menggambarkan produk Anda. Apabila Anda memasukkan atribut produk yang tepat & akurat, Anda tidak hanya akan meningkatkan keterpaparan produk dan kemudahan pencarian, tetapi Anda juga akan membantu pelanggan mendapatkan gambaran yang jelas tentang bahan pembuatan produk Anda.

2. Secara Efektif Menggunakan Alat Promosi

shopee-4

Untuk meningkatkan penjualan dan eksposur toko, Anda harus efektif dalam menggunakan alat promosi Shopee. Untungnya, Shopee telah menyediakan beberapa alat bagi penjual untuk meningkatkan penjualan Anda sehingga Anda hanya perlu mempelajari cara menggunakannya secara efektif.

Shopee My Ads

Shopee My Ads membantu penjual menjadi lebih mudah diakses dan dicari di platform melalui iklan promosi yang ditempatkan di bagian yang paling terlihat di situs web Shopee.

Salah satu aspek yang sangat baik dari Shopee My Ads adalah bahwa telah dilengkapi dengan mesin kata kunci yang diperlukan untuk membantu seller shopee melakukan penelitian kata kunci dengan cara yang paling mudah dan mulus. Ini adalah dorongan besar bagi seller shopee karena memungkinkan mereka lebih efektif dalam menargetkan pembeli potensial.

Penawaran Add-On

Add-On memungkinkan Anda mengajak atau mendorong pembeli untuk membeli barang lain yang melengkapi produk yang mereka incar. Berikut beberapa contoh item tambahan pelengkap:

Sikat Gigi + Pasta Gigi

Sepatu + Kaus Kaki

Smartphone + casing ponsel

Bedak Rias + Kuas

Apabila pembeli membeli produk pelengkap sebagai kesepakatan tambahan, dia juga akan mendapatkan produk tambahan dengan harga diskon.

3. Pemasaran di Luar Situs

Karena prospek Anda adalah pembeli online, penting juga untuk meningkatkan visibilitas dan reputasi online Anda di luar Shopee. Pemasaran ini membantu Anda mendiversifikasi risiko akun atau masalah penjualan yang memengaruhi penjualan toko Shopee Anda.

Halaman Facebook

Untuk memulai dengan pemasaran di luar situs, Anda perlu membuat halaman Facebook. Salah satu alasannya adalah audiens Anda tidak selalu masuk ke Shopee. Mereka hanya melakukannya ketika mereka hampir membeli sesuatu.

Ada baiknya jika Anda memposting pembaruan setiap kali Anda memberikan penawarkan diskon dan promo di toko Anda. Selain itu, apabila pelanggan Anda secara terus-menerus melihat postingan Anda di medsos, ini akan membantu mereka menjadi lebih akrab dengan merek Anda.

Pemasaran Instagram

pemasaran Instagram

Kunci pemasaran Instagram yang sukses adalah, membuat foto dan pesan hebat yang mendorong keterlibatan, suka, dan berbagi. Anda tidak hanya akan menarik lebih banyak perhatian ke merek dan produk Anda, tetapi Anda juga akan memiliki akses ke data yang dapat membantu Anda meningkatkan pemasaran Anda secara keseluruhan (melalui strategi pemasaran ulang). Buatlah akun Instagram bisnis daripada Instagram pribadi agar lebih terlihat profesional.

Akun bisnis hadir dengan berbagai alat gratis seperti Instagram Insight yang merupakan alat dalam aplikasi yang memungkinkan Anda melihat data keterlibatan, tayangan, dan lain-lain.

Setelah Anda mencapai setidaknya 100 pengikut di Instagram, Anda akan bisa mendapatkan rincian demografi pengikut Anda. Dengan melakukan hal diatas, Anda bisa menilai kepribadian dan minat persona calon pembeli Anda dan dengan demikian akan meningkatkan pemasaran Anda secara keseluruhan.

4. Otomatisasi

Penting untuk fokus pada hal-hal yang memberikan nilai paling besar bagi bisnis Anda agar berhasil dalam bisnis Shopee.  Ini bisa menjadi tantangan yang cukup berat untuk dicapai jika Anda mengelola setiap departemen bisnis online Anda sendiri atau dengan tim kecil.

Ada berbagai pekerjaan yang harus diselesaikan, seperti daftar produk, iklan berbayar, layanan pelanggan hingga pergudangan, SEO, pemenuhan pesanan, dan manajemen pengembalian. Cukup banyak bukan? Rekomendasi dari kami adalah agar Anda mulai menggunakan otomatisasi dan smart outsourcing jika memungkinkan.

Ketahuilah apabila terlalu banyak pekerjaan kecil yang Anda lakukan setiap hari dapat menghabiskan waktu Anda. Solusinya adalah dengan mendelegasikan tugas tertentu ke perangkat lunak otomatisasi, Anda akan dapat lebih memfokuskan waktu Anda pada tantangan paling kritis untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Berikut adalah rangkaian perangkat lunak otomatisasi yang dapat sangat membantu toko Shopee Anda:

Webchat Shopee

Webchat Shopee adalah fitur perpesanan terintegrasi di dalam platform Shopee. Ini adalah jalan bagi penjual dan pembeli untuk mengkomunikasikan pembaruan dan klarifikasi tentang transaksi mereka. Fitur webchat ini juga memungkinkan penjual melakukan serangkaian tindakan otomatis yang dapat membantu mereka meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas kecil.

Balas Otomatis

Seller Shopee menerima banyak pertanyaan dan kekhawatiran dalam sehari. Harus melewatinya satu per satu bisa melelahkan dan semi-produktif. Apa yang membantu Anda melakukan balasan otomatis Shopee adalah menulis balasan siap pakai untuk menjawab pertanyaan paling umum pelanggan Anda.

Artikel terkait  Brand Promise : Definisi, Cara Membangun, dan Contohnya

5. Mendapatkan Gudang Anda dan Pemenuhan Pesanan dengan Benar

Bergantung pada bagaimana Anda mengatur operasi pergudangan, Anda berpotensi mendistribusikan produk Anda ke berbagai lokasi gudang. Cara ini akan jauh lebih mudah dan lebih cepat.

Bagaimanapun, jika bisnis Shopee Anda baru saja dimulai dan belum berkembang pesat, ada baiknya jika Anda membangun atau menyewa gudang sederhana di mana Anda dapat dengan mudah bolak-balik mengelola dan memenuhi pesanan.

Untuk penjual kecil, kami merekomendasikan membangun ruang gudang di dalam rumah Anda, tetapi lokasi terdekat juga dapat digunakan. Lokasi apa pun yang Anda pilih, Anda perlu memastikan bahwa gudang Anda dapat memenuhi arus barang standar. Gudang harus cukup untuk melakukan kegiatan berikut:

  • Menerima
  • Penyimpanan
  • Pemetikan
  • Pengepakan dan Pengiriman
  • Area bebas
  • Menerima Area

Jika gudang Anda kecil, kemungkinan besar Anda hanya akan memiliki satu tempat untuk penerimaan dan pengiriman produk. Pastikan untuk menyisakan sedikit ruang untuk menghindari masalah stok yang masuk menghalangi stok yang akan dikirim ke luar negeri. Segera setelah stok baru tiba, pastikan untuk segera menurunkannya di area penerima untuk menghindari kemacetan.

Temukan lebih banyak insight, review dan strategi sukses bisnis online lainnya hanya dari MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) untuk langsung terhubung ke ratusan artikel digital marketing gratis.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya