Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranMarketing strategy5 Inspirasi Pemasaran Kreatif dan Anti-Mainstream Terbaru untuk B2B...

5 Inspirasi Pemasaran Kreatif dan Anti-Mainstream Terbaru untuk B2B Marketplace

-

Last Updated on March 3, 2021 by

B2B adalah bisnis yang masih sering dicap “membosankan” dari segi marketing pemasarannya. Hal ini dikarenakan target marketing bisnis B2B adalah perusahaan-perusahaan dalam berbagai skala.

Alhasil, taktik pemasaran yang dilakukan B2B marketplace cenderung terkesan formal, kaku dan tidak begitu menarik.

Coba bandingkan dengan tipe bisnis lain seperti B2C atau C2C yang lebih variatif, menarik dan bahkan bombastis. Bisnis B2C maupun C2C jauh lebih beruntung karena memiliki target pasar yang beragam dan luwes.

Seperti membuat konten media sosial yang unik, viral, hingga menggunakan caption kata-kata bahasa gaul kekinian. Alhasil, para pelaku bisnis B2B dan C2C bisa bebas berkreasi melancarkan aneka contoh promosi kreatif untuk menggaet minat konsumen secara online maupun offline.

Namun Anda kini beruntung karena sudah ada 5 terobosan unik untuk strategi marketing B2B marketplace yang lebih menarik dan memikat calon konsumen. Kini, bisnis B2B pun bisa tampil sama menarik dan asyiknya seperti bisnis B2C ataupun C2C.

Yuk kita simak bersama kelima tips promosi seru khusus B2B marketing pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

5 Contoh Promosi Kreatif dan Memikat untuk B2B Marketplace

b2b-marketplace

B2B merupakan singkatan dari business to business. Artinya, sebuah perusahaan bisa menjual produk atau layanan jasanya kepada perusahaan lain sebagai klien atau konsumen. Bisnis ini tidak menargetkan masyarakat umum sebagai calon konsumen utamanya.

Oleh sebab transaksinya yang berjalan di sekitar kawasan perusahaan, maka sering kali, budaya promosi serta negosiasi perusahaan yang formal sering mewarnai strategi marketing B2B.

Meskipun B2B adalah konsep bisnis dari perusahaan ke perusahaan, kenyataannya, strategi marketing dan promosi yang Anda gencarkan untuk bisnis ini tidak melulu harus terkesan formal, kaku, apalagi membosankan. Sebab sama seperti masyarakat umum, perusahaan klien juga bisa merasa tidak tertarik jika strategi marketing yang Anda pakai selalu sama itu-itu saja.

Kini, sudah ada banyak cara dan contoh promosi kreatif yang bisa Anda aplikasikan untuk memikat konsumen dan meningkatkan angka penjualan B2B. Trik promosi kreatif untuk bisnis B2B ini juga dapat diwujudkan dengan cara-cara mudah sekaligus murah meriah. Seperti apa? Berikut pembahasan lengkapnya:

Promosi dengan Video Marketing

Di beberapa tahun belakangan ini, 85% bisnis mengklaim menggunakan video marketing sebagai sarana promosi yang efektif dan unggul. Penggunaan video sebagai materi promosi kreatif B2B juga semakin dimungkinkan dengan mudah karena saat ini, kita sudah memiliki banyak software canggih untuk membuat aneka video menarik.

Anda pun bisa bebas mengunggah video ke berbagai platform online seperti YouTube, website atau media sosial untuk menarik sebanyak mungkin viewers.

Oleh sebab itulah, rekomendasi strategi promosi unik pertama untuk B2B adalah dengan memakai video marketing. Anda dan tim bisa menyajikan penawaran produk atau jasa dalam kemasan video berdurasi singkat 2 sampai 3 menit untuk disimak perusahaan calon konsumen.

Cantumkan poin-poin penting seperti informasi kontak perusahaan Anda, value produk atau jasa yang ditawarkan dan kelebihan-kelebihan lain yang sekiranya menarik untuk ditampilkan.

Video menjadi sarana marketing jitu karena lebih mengesankan dibandingkan format promosi lain seperti teks atau gambar yang tidak bergerak. Tampilan audio-visual yang keren dijamin lebih cepat ditangkap oleh pandangan mata sekaligus meraih rasa penasaran penonton ketika ditayangkan di media sosial atau website.

Anda juga bisa mengemas video dalam berbagai bentuk. Semisal, membuat video dokumenter singkat sebagai bentuk perkenalan perusahaan yang anti-mainstream sekaligus tidak membosankan ketika ditonton calon klien.

Artikel terkait  Pengertian & Manfaat Lingkungan Bisnis Bagi Perusahaan

Kuis Trivia Interaktif di Website

Strategi promosi menarik kedua untuk B2B adalah menggunakan kuis trivia interaktif yang disebarkan secara online. Taktik promosi yang menyenangkan sekaligus tidak biasa ini pernah dicoba oleh perusahaan software desain creative ternama dunia, Adobe.

Melalui platformnya, Adobe merilis kampanye promosi dan survey berbentuk kuis dengan pertanyaan utama “Seberapa Kreatifkah Diri Anda?”.  Karena kuis ini Adobe sukses memperkenalkan produk mereka kepada konsumen.

Cara unik yang satu ini bisa Anda coba adaptasi dan sesuaikan untuk kebutuhan promosi B2B, khususnya untuk menjaring rasa ketertarikan dari bisnis-bisnis lokal berskala kecil supaya mau melirik produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Pun sama seperti tujuan dari Adobe, kuis interaktif juga bisa menjadi sarana Anda untuk melakukan survey konsumen atau penilaian terhadap brand B2B dengan pendekatan yang lebih baik. Sebab biasanya, konsumen atau calon target market memang paling susah diminta kesediaannya untuk mengisi review dari perusahaan.

Channel Podcast

podcast-5

Siapa yang tidak kenal dengan podcast? Bentuk hiburan berbasis audio yang satu ini memang sedang meroket di kalangan masyarakat modern. Format penyajian unik podcast berupa wawancara atau monolog menjadi bentuk hiburan yang segar sekaligus informatif bagi masyarakat.

Sering kali, orang-orang dari berbagai kalangan mendengarkan podcast untuk memperoleh aneka tips, trik atau sekadar berbagi cerita inspiratif serta menghibur.

Nah, Anda bisa memanfaatkan podcast sebagai salah satu bentuk promosi unik B2B marketing! Cobalah untuk membuat aneka konten informatif seputar dunia B2B atau bisnis digital ke dalam bentuk podcast.

Jika memungkinkan, jangan lupa untuk menyelipkan penawaran dari perusahaan Anda dalam sesi rekaman supaya para audiens bisa mengetahui produk atau jasa dari toko Anda saat menyimak podcast.

Melalui trik podcast ini, audiens bisa lebih mudah terpersuasif dengan produk-produk yang Anda jual. Namun mereka sekaligus tetap mendapat edukasi yang bermanfaat bagi diri sendiri melalui topik-topik bahasan podcast.

Sebisa mungkin hindari melakukan hard-selling atau penjualan langsung dalam podcast, karena masyarakat umumnya mendengarkan podcast untuk mengetahui aneka tips trik atau informasi bermanfaat.

Jika dilakukan dengan benar, menarik dan tekun, bukan tidak mungkin juga bagi Anda untuk sekaligus melakukan branding positif bisnis melalui strategi konten podcast ini. Tertarik untuk mencoba?

Promosi dengan Buku

Buku juga bisa menjadi sarana promosi menarik untuk bisnis B2B. Meskipun bisnis B2B adalah bentuk usaha yang unik, namun pada praktek promosinya tetap saja Anda harus menggaet ketertarikan audiens.

Salah satu cara ampuh untuk menarik perhatian masyarakat adalah dengan menghadirkan konten gratis yang dirasa bermanfaat bagi mereka. Buku pun bisa menjadi sarana yang tepat!

Buku yang bisa Anda bagikan secara cuma-cuma tidak boleh merupakan buku sembarangan berkualitas abal-abal. Buku yang Anda tawarkan kepada calon klien haruslah dipastikan cocok dengan permasalahan mereka, atau bisa memberikan insight menarik kepada calon konsumen.

Untuk bisa mendapatkan buku-buku berkualitas ini pun tidak sulit. Jika kebetulan Anda memiliki skill menulis yang baik serta pengetahuan mumpuni di bidang digital marketing B2B, maka Anda bisa membuat sendiri buku untuk dipublikasikan ke website bisnis Anda.

Ada pula beragam cara promosi menarik yang bisa dilakukan dengan media buku, seperti menghadirkan 1 hingga 2 bab pertama secara gratis di web untuk dibaca bebas. Kemudian, sisa bab dalam buku bisa Anda jual secara online di website. Atau bisa juga, Anda mengarahkan calon klien untuk berlangganan newsletter supaya bisa mendapatkan buku secara utuh.

Cara lainnya, Anda bisa memberikan hadiah gratis berupa buku karangan penulis terkenal untuk pembeli yang beruntung dan memenuhi syarat belanja tertentu. Menarik, ya!

Artikel terkait  Panduan Terlengkap Cara Iklan di IG (Instagram Ads) Terbaru Tahun ini

Kalkulator Interaktif

Trik promosi unik terakhir untuk bisnis B2B adalah dengan memakai kalkulator interaktif. Kalkulator interaktif ini sejatinya adalah salah satu tool yang sering muncul di website B2B.

Kalkulator ini bermanfaat untuk mempersonalisasi konten marketing Anda sekaligus menghitung nilai (value) yang ditawarkan bisnis Anda. Pun kalkulator B2B adalah mesin hitung sekaligus alat analisa ROI, konsumen baru, dan potensial revenue (cost-saving).

Beberapa brand B2B bahkan membuat sendiri kalkulator khusus yang lebih unik plus canggih. Dengan kalkulator ini, pedagang bisa langsung menunjukkan nilai dari produk kepada calon pembeli guna meyakinkan sekaligus memudahkan mereka dalam berbelanja.

Itulah 5 ide strategi promosi unik yang bisa Anda aplikasikan untuk bisnis B2B. Setiap ide di atas masih bisa untuk dikembangkan serta dimaksimalkan lebih lanjut untuk mewujudkan strategi marketing yang lebih rinci serta sempurna ketika dijalankan. Selain itu, ide-ide promosi unik B2B di atas dijamin mampu menjadikan brand Anda tampak lebih menarik sekaligus menonjol di mata calon pembeli!

Namun kalau Anda masih ragu bagaimana caranya mengembangkan ide-ide promosi dengan strategi promosi B2B yang baik, maka Anda tidak perlu cemas. Cukup hubungi layanan pemasaran digital dan jasa web murah APPKEY, dan tim profesional akan langsung hadir turun tangan membantu Anda.

APPKEY adalah penyedia jasa web murah beserta aplikasi bisnis yang sudah banyak terlibat membantu pertumbuhan aneka bisnis se-Indonesia. Pengalaman dan skill yang dimiliki oleh tim APPKEY bahkan di bidang B2B marketing pun sudah teruji mumpuni profesional.

Tim APPKEY memahami bahwa B2B merupakan bisnis yang unik, sehingga penanganannya pun memerlukan strategi khusus pula. Oleh sebab itu, tim kami menyediakan paket layanan yang mendukung pemasaran B2B secara menyeluruh mencakup:

  • Bantuan pemasaran dengan situs B2B untuk mencapai closing akhir bisnis.
  • Membantu Anda memahami situasi bisnis serta medan hambatan yang mungkin menghampiri usaha Anda.
  • Merancang strategi terbaik untuk mengatasi semua permasalahan usaha Anda.
  • Membangun website atau aplikasi (iOS dan Android) lengkap dan khusus untuk bisnis B2B dengan aneka fitur canggih di dalamnya.

Lengkap sekali bukan penawaran dari APPKEY? Yuk jangan ragu lagi untuk menghubungi kami kapanpun di manapun hanya di https://appkey.co.id/ . Semua penawara di atas bisa Anda dapatkan dengan harga paling ramah di kantong karena APPKEY adalah jasa web murah berkualitas terbaik se-Indonesia!

Kontak kami sekarang juga untuk bisa mendapatkan aneka penawaran menarik lainnya yang telah tersaji menanti Anda. Sampai jumpa di APPKEY!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya