Last Updated on July 11, 2023 by appkey
Istilah insight adalah salah satu istilah yang sudah umum digunakan dan tentunya Anda sudah sering mendengarnya. Apakah Anda tahu apa itu insight? Yup, meski sering digunakan dan didengar, tidak banyak orang yang mengetahui apa sebenarnya insight.
Menurut Cambridge Dictionary, pengertian insight adalah suatu pemahaman mendalam terkait suatu hal dan selalu muncul, yang kemudian dijadikan sebagai tujuan atau acuan utama, sehingga sangat dipercaya.
Di dalam dunia bisnis ada yang disebut dengan consumer insight, pernah mendengar istilah satu ini? Jika belum, tenang saja karena artikel kali ini akan membahas terkait consumer insight. Mulai dari pengertian, konsep, hingga tekniknya yang digunakan untuk meningkatkan penjualan usaha Anda. Yuk simak artikel ini untuk informasi selengkapnya!
Daftar Isi
Pengertian Consumer Insight
Consumer insight adalah sebuah cara atau tahap dalam mencari tahu secara lebih mendetail tentang latar belakang perbuatan, pemikiran dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan komunikasi iklannya.
Consumer insight adalah sesuatu yang digunakan untuk menguji hasil kreativitas dalam mengembangkan produk dan atau layanan, dilakukan tanpa upaya untuk menyesuaikan hasil sebuah karya, dengan maksud supaya mendekati apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
Sehingga, dalam hal ini consumer insight adalah hal yang hanya digunakan untuk membuat atau Menyusun strategi dalam pemasaran serta komunikasi iklan atas suatu produk, baik barang maupun layanan jasa yang telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan.
Consumer insight juga dimanfaatkan untuk mendapatkan data statistic existing consumer yang nantinya akan berfungsi mengenali segmen konsumen pengguna produk yang dipasarkan oleh perusahaan Anda.
Konsep Dalan Consumer Insight
Dalam dunia usaha, consumer insight adalah suatu konsep dan pedoman yang digunakan dalam Menyusun strategi pemasaran serta periklanan untuk layanan produk, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dalam consumen insight ada 5 komponen dasar di dalamnya yang wajib diketahui oleh pengusaha agar dapat menentukan tindakan yang tepat dilakukan kepada konsumen. Berikut daftarnya;
1. Pengumpulan Data
Komponen pertama dalam konsep consumer insight adalah pengumpulan data, yang merupakan kompenen terpenting dalam proses ini. Pengumpulan data yang dimaksud ialah data yang berisi berbagai keinginan pelanggan atau konsumen akan produk yang Anda tawarkan.
Setiap pelaku usaha harus melakukan pendataan keinginan konsumen agar terjalin komunikasi yang baik dengan konsumen serta mengetahui wawasan konsumen.
2. Analisis Data
Komponen berikutnya dalam consumer insight adalah analisis data. Data yang dianalisis dalam hal ini ialah data keinginan konsumen yang sebelumnya telah dikumpulkan dari proses sebelumnya. Data-data tersebut kemudian dianalisis menjadi sedemikian rupa sesuai kebutuhan perusahaan. Analisis data yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk mengetahui apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen, dengan begitu perusahaan akan lebih mudah mengambil langkah yang tepat.
3. Optimalisasi
Proses selanjutnya dalam consumer insight adalah optimalisasi data sebelumnya yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada perusahaan, terkait tindakan yang akan diambil. Tindakan atau keputusan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serta kebutuhan konsumen.
Optimalisasi dapat dikatakan sebagai langkah pertama yang dilakukan perusahaan dalam mewujudkan consumer insight itu sendiri.
4. Manajemen Kampanye
Komponen ke empat ialah manajemen kampanye, komponen satu ini adalah sesuatu yang berkaitan dengan proses dalam promosi atau periklanan. Sehingga proses ini dikatakan sebagai media promosi suatu perusahaan demi memenuhi kebutuan konsumen.
Kampanye atau promosi yang dilakukan harus berisi berbagai hal yang terkait dengan consumer insight dalam produk yang ditawarkan perusahaan.
5. Personalisasi
Personalisasi adalah komponen terakhir dalam konsep consumer insight. Setelah seluruh rangkaian dalam proses sebelumnya dilakukan, maka proses terakhir adalah personalisasi yang merupakan proses memodifikasi, membuat sesuatu yang akan mejadi ciri bagi sebuah perusahaan.
Ini berarti, perusahaan harus mampu menciptakan produk yang sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen namun dengan tidak meninggalkan identitas atau keunikan dirinya.
Teknik Consumer Insight
Dalam dunia bisnis persaingan adalah hal yang sangat lumrah dan setiap perusahaan dituntut untuk mampu bertahan dalam persaingan tersebut. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk bertahan ialah dengan melakukan riset pasar yang berguna untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, yang dapat dilakukan dengan metode atau teknik ethnography.
Ethnography sendiri adalah sebuah studi yang dilakukan untuk mencari insight dari responden, yang dalam hal ini adalah konsumen. Studi yang dilakukan lebih mendalam hingga pokok dan dasar permasalahan.
Mulai dari penyebab, alasan mereka melakukannya hingga sikap yang diambil konsumen terkait permasalahan tersebut. Studi yang dilakukan pun tidak hanya berdasarkan apa yang disampaikan oleh konsumen, melainkan melalui observasi secara langsung, guna melihat aktivitas responden secara langsung. Sebab tanpa consumer insight akan sulit untuk memenangkan persaingan.
Dengan menggunakan metode ethnography untuk menerapkan consumer insight, akan memberikan jalan bagi perusahaan memperoleh insight yang mendalam. Sebab teknik atau metode satu ini mampu memberikan sebuah perspektif baru, melihat berbagai hal dengan sudut pandang konsumen atau pengguna, tidak lagi berdasarkan sudut pandang produsen.
Metode ini sangat penting dilakukan oleh perusahaan, terutama ketika perusahaan akan melakukan inovasi atau rekonstruksi nilai terkait produk agar lebih tepat sasaran. Berikut beberapa teknik dalam ethnography;
1. Participatory Observation
Participatory Observation adalah teknik pengamatan bersifat aktif, artinya ethnographer (orang yang melakukan teknik ethnography) ikut bersama dalam melakukan pengamatan terkait kegiatan responden yang tengah diamati. Ini dilakukan agar pemahaman yang didapatkan dengan lebih baik, terutama setiap proses yang terlibat dalam penelitian.
2. Non-participatory observation
Berkebalikan dengan sebelumnya, teknik ini adalah teknik pengamatan yang dilakukan secara pasif. Ini berarti, ethnographer hanya mengamati, memperhatikan, serta mencatat saja apa yang tengah terjadi.
3. Unstructured Interview
Teknik satu ini adalah kegiatan observasi yang dilakukan dengan dibarengi proses wawancara, namun tidak begitu ditekankan atau dipentingkan strukturnya. Wawancara dapat dilakukan bersamaan dengan melihat secara langsung perkembangan di lapangan.
4. Contextual In-depth Interview
Teknik terakhir adalah Contextual In-depth Interview atau biasa juga disebut dengan On-Site Depth Interview. Dalam metode satu ini, dilakukan wawancara namun dengan pertanyaan yang lebih terstruktur. Hal ini di dukung dengan asumsi bahwa ethnographer umumnya telah mendapatkan informasi serta pengetahuan lebih luas terkait pelanggan dan permasalahan yang mereka hadapi.
Nah, sekian informasi kali ini terkait consumer insight. Consumer insight adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan, terutama dalam upaya pemasaran dan periklanan, terutama kegiatan situasi ekonomi tengah melemah, misalnya ketika persaingan sedang ketat-ketatnya.
Perhatikan juga berbagai hal terkait pelaksanaan consumer insight, sehingga dari segi waktu atau output dapat dilakukan dengan tepat. Dengan begitu consumer insight tidak akan menjadi proses utama pemasaran yang sering kali dilupakan, terutama dalam upaya mengenal apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.
Dengan begitu, maka harapan perusahaan Anda dalam hal meningkatkan penjualan dapat diwujudkan. Sekian artikel kali ini, terima kasih telah mengikuti hingga akhir. Sampai berjumpa di artikel berikutnya, semoga bermanfaat!
[marketing-about]
Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.