Last Updated on June 12, 2020 by
Pemasaran merupakan suatu aktivitas yang wajib dalam kehidupan bisnis perusahaan. Tanpa adanya pemasaran, produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak akan mampu untuk diketahui apalagi sampai ke tangan konsumen. Oleh sebab itu, agar bisa mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, Anda harus mampu melaksanakan pemasaran produk yang baik.
Banyak kegagalan pebisnis terjadi karena mereka tidak memahami konsep dari pemasaran dengan baik. Masih tak jarang pula orang-orang menyepelekan konsep dari pemasaran dan langsung memilih untuk terjun berpraktek. Padahal, pemahaman konsep adalah dasar dari pelaksanaan praktek pemasaran yang baik dan efisien.
Lalu, apa saja konsep-konsep yang terdapat dalam pemasaran bisnis? Jangan khawatir, berikut ini Anda dapat menyimak lebih dalam perihal definisi, contoh, fungsi dan tujuan dari konsep khususnya dalam bidang pemasaran. Dijamin, setelah membaca artikel ini, Anda akan dapat merumuskan konsep terbaik untuk mendukung pemasaran produk perusahaan Anda.
Daftar Isi
Apa Itu Konsep? Pengertian Konsep
Sebelum membahas lebih lanjut perihal konsep pemasaran, kita harus memahami kata “konsep” terlebih dahulu. Kita sering mendengar istilah konsep dipergunakan dalam aktivitas sehari-hari, baik itu dalam ranah akademis ataupun tidak.
Namun tak sedikit juga orang menggunakan kata konsep namun belum mengetahui persis apa itu konsep. Dalam benak masyarakat awam, pengertian konsep adalah sesuatu yang abstrak dan sulit dijelaskan.
Lalu, apa itu konsep? Ada beragam pengertian konsep yang dapat kita pahami. Pertama, konsep adalah suatu ilmu pengetahuan yang lahir dari aneka jenis karakteristik keilmuan. Selanjutnya, ada juga yang mendefinisikan konsep adalah ide-ide abstrak yang dituangkan dalam bentuk kata-kata, simbol, atau tutur lisan.
Mengenal Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
Setelah memahami definisi konsep, barulah kita mempelajari perihal konsep pemasaran. Apa itu konsep pemasaran? Berikut kami sudah menyiapkan penjelasannya khusus untuk Anda.
Banyak ahli ekonomi telah merumuskan konsep di bidang pemasaran. Menurut William J. Stanton (2009), pemasaran dari segi konsep adalah salah satu syarat ekonomi yang harus dipenuhi guna melangsungkan kehidupan perusahaan.
Selanjutnya menurut Keller dan Kotler dalam Asosiasi Pemasaran Amerika (2009), pemasaran dari segi konsep adalah suatu fungsi guna mengomunikasikan suatu nilai kepada konsumen sekaligus mengelola hubungan dengan mereka guna menguntungkan perusahaan.
Armstrong dan Kotler (2012) mendefinisikan pemasaran secara konsep adalah suatu proses pembangunan nilai di mata pelanggan demi mendapat umpan balik positif dari mereka. Lebih lanjut, proses ini umumnya dilakukan oleh perusahaan.
Terakhir menurut David (2011), pemasaran menurut konsep adalah upaya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat terkait produk dan jasa perusahaan yang meliputi proses penciptaan, pengantisipasian, dan pendefinisian.
Berdasarkan pemaparan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep dalam pemasaran adalah kunci yang dibutuhkan untuk mencapai target perusahaan. Konsep ini mencakup usaha penentuan minat dan kebutuhan pelanggan, hingga penyaluran produk dan jasa yang lebih efektif serta efisien ke tangan konsumen. Dengan menerapkan konsep yang baik, perusahaan dapat menjadi lebih unggul dibandingkan para kompetitor.
Contoh Konsep dalam Pemasaran: 6 Konsep Utama
Dalam dunia bisnis, terdapat 6 contoh konsep yang biasa dipakai untuk pemasaran produk dan jasa. Keenam contoh konsep tersebut adalah produk, produksi, pemasaran, penjualan, pemasaran global dan pemasaran sosial. Penjelasan dari setiap contoh konsep adalah sebagai berikut.
Konsep Produk
Secara konsep, produk yang baik adalah produk dengan kualitas dan mutu yang baik. Sedangkan di bidang jasa, suatu jasa yang baik mencakup karakteristik dan performa yang baik. Dengan mengacu pada prinsip ini, perusahaan harus senantiasa berusaha menciptakan produk dan jasa berkualitas baik untuk masyarakat.
Konsep Produksi
Sementara produksi dari segi konsep adalah suatu upaya untuk menghasilkan produk dengan efisien sekaligus bisa mencakup proses distribusi yang luas. Hal ini dikarenakan masyarakat selaku konsumen menyukai produk yang dapat ditemukan dengan mudah sekaligus memiliki harga murah.
Konsep Pemasaran
Pemasaran merupakan kegiatan penting lainnya dalam perusahaan. Pemasaran meliputi proses penentuan minat dan kebutuhan konsumen agar produk yang dikeluarkan oleh perusahaan menjadi tepat sasaran. Dengan demikian, proses pemasaran produk d apat berlangsung dengan efektif dan efisien.
Konsep Penjualan
Konsep penjualan yang baik harus meliputi serangkaian strategi promosi produk yang menarik agar konsumen merasa tertarik berbelanja. Penjualan tidak akan bergerak kemanapun jika konsumen dibiarkan begitu saja tanpa adanya promosi ke konsumen.
Konsep Pemasaran Global
Pemasaran global dilakukan harus dengan sistem yang strategis. Tujuan dari pemasaran global adalah memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segenap upaya terbaik. Oleh sebab itu, sang manajer perusahaan di bidang pemasaran harus paham betul faktor-faktor yang memengaruhi pemasaran agar proses kerja dapat berlangsung dengan minim hambatan.
Konsep Pemasaran Sosial
Konsep terakhir adalah pemasaran sosial. Pemasaran sosial adalah tugas dari organisasi atau perusahaan untuk mendapatkan rasa kepuasan pelanggan dengan cara memenuhi kepentingan, keinginan dan kebutuhan mereka.
3 Tujuan Utama Pemasaran
Mengapa setiap perusahaan harus melaksanakan pemasaran yang baik? Alasannya tak lain adalah untuk mencapai tujuan pemasaran itu sendiri. Tujuan utama pemasaran adalah mencari tahu minat, keinginan, dan kebutuhan pelanggan agar perusahaan dapat menciptakan produk sesuai dengan apa yang diminta. Jika hal tersebut telah tercapai, maka produk dapat terjual dengan sendirinya di kemudian hari alias produk telah memiliki daya beli sendiri.
Dalam dunia bisnis, terdapat 3 tujuan utama dari pemasaran, yakni tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek. Penjelasan dari masing-masing tujuan adalah sebagai berikut.
Tujuan Jangka Panjang
Tujuan jangka panjang dari pemasaran yakni untuk memelihara loyalitas pengguna produk dan jasa, alias para konsumen. Untuk mewujudkan hal ini, perusahaan dapat melakukannya dengan cara melakukan program loyalitas konsumen, melakukan inovasi sekaligus meningkatkan kualitas produk.
Tujuan Jangka Menengah
Selanjutnya adalah tujuan jangka menengah dari pemasaran. Tujuan jangka menengah pemasaran adalah memperbesar cakupan distribusi produk dan mengoptimalkan biaya produksi serta volume penjualan produk.
Tujuan Jangka Pendek
Terakhir adalah tujuan pemasaran jangka pendek. Untuk tujuan jangka pendek, pemasaran dilakukan guna mendapatkan keuntungan penjualan secepat mungkin. Dengan melakukan penjualan dan pemasaran, biaya produksi dapat tertutupi dan keuntungan bisa diraih.
5 Fungsi Pemasaran
Bagian terakhir dari pembahasan kali ini adalah 5 fungsi pemasaran yang dapat perusahaan Anda rasakan. Kelima fungsi pemasaran tersebut adalah perencanaan, penetapan harga, penjualan, distribusi dan analisis konsumen.
Perencanaan
Fungsi perencanaan dilakukan terhadap produk dan jasa yang akan diproduksi oleh perusahaan untuk konsumen. Fungsi ini meliputi beragam aktivitas seperti uji pemasaran, penyediaan layanan konsumen, pengemasan produk dan gaya produk.
Untuk melaksanakan fungsi perencanaan ini, Anda dapat melaksanakan teknik uji pasar. Teknik uji pasar sudah terkenal efektif sehingga sering dipergunakan oleh perusahaan.
Penetapan Harga
Selanjutnya adalah fungsi penetapan harga. Fungsi ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor eksternal seperti kompetitor perusahaan, pemasok bahan baku, distibutor, pembeli atau konsumen dan pemerintah negara tempat perusahaan tersebut tumbuh dan berkembang. Kelima pihak ini dikenal juga sebagai para stakeholder dalam dunia pemasaran bisnis.
Penjualan
Fungsi penjualan mencakup produk dan jasa. Meski terlihat sederhana, aktivitas penjualan sendiri mencakup banyak kegiatan di dalamnya seperti promosi, iklan, manajemen distributor, pemeliharaan hubungan konsumen, dan melakukan komunikasi antar dealer.
Distribusi
Distribusi mencakup aktivitas penyaluran produk dari perusahaan ke konsumen. Elemen-elemen yang berperan dalam proses distribusi antara lain penjualan grosir, wilayah penjualan produk, lokasi ritel, dan saluran-saluran distribusi.
Analisis Konsumen
Fungsi pemasaran yang terakhir adalah analisis konsumen. Fungsi analisis diwujudkan dengan meninjau situasi, kondisi dan informasi dari para konsumen, proses penentuan dan pengembangan strategi pemasaran, pengamatan situasi pasar, serta melakukan evaluasi lokasi distribusi produi.
Menarik bukan? Demikianlah pembahasan kali ini seputar konsep dalam pemasaran. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan Anda, ya. Sampai bertemu di artikel lainnya. Have a great day.
[marketing-about]
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.