Last Updated on December 13, 2023 by APPKEY-HERI
Sebagai seorang pebisnis, Anda akan akrab dengan istilah promosi penjualan. Istilah ini adalah aktivitas memasarkan produk jualan Anda kepada konsumen. Aktivitas promosi biasanya melibatkan aksi persuasif dari penjual dengan tujuan merangsang konsumen untuk membeli produk. Kata “persuasif” merupakan nyawa dalam kegiatan promosi.
Persuasif sendiri merupakan bentuk komunikasi yang digunakan untuk meyakinkan atau memengaruhi orang lain. Oleh karena itu, tanpa sifat persuasif, aktivitas pemasaran Anda otomatis tidak akan berhasil.
Promosi penjualan juga dikenal dengan istilah sales promotion. Untuk mencapai keberhasilan pemasaran, aktivitas promosi dirancang oleh seperangkat instrumen atau alat insentif yang berguna untuk merangsang pembelian produk.
Tenggang waktu promosi pun rata-rata hanya dalam jangka pendek, sebab aktivitas ini menginginkan hasil berupa penjualan produk dalam dalam waktu yang cepat. Ingin tahu lebih lanjut perihal promosi penjualan? Cari tahu selengkapnya dalam ulasan tuntas mengenai tujuan dan jenis-jenis promosi di bawah ini.
Daftar Isi
5 Tujuan Promosi Penjualan
Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa tujuan promosi penjualan adalah untuk meningkatkan jumlah pembelian konsumen. Semakin tinggi tingkat kesuksesan promosi yang Anda lakukan, maka konsumen yang berbelanja di toko Anda akan semakin banyak.
Akan tetapi, tujuan dari perancangan promosi sesungguhnya bervariasi. Di bawah ini adalah 5 tujuan promosi yang biasa dilakukan oleh para pebisnis.
Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan
Promosi sangat ampuh untuk meningkatkan hasil penjualan dalam jangka pendek. Aktivitas promosi disusun menggunakan elemen insentif yang berfokus pada peningkatan pembelian konsumen dalam waktu dekat. Angka pendapatan bisnis akan meningkat seiring dengan naiknya angka penjualan.
Menyebarluaskan Informasi Produk
Konsumen tentunya tidak akan datang ke toko Anda jika mereka tidak tahu produk apa yang Anda jual. Melalui promosi, Anda bisa menyebarluaskan informasi terkait produk beserta penawaran-penawaran lain seperti diskon ke calon konsumen. Setelah mengetahui informasi produk Anda beserta keunggulannya, konsumen pun akan mulai berdatangan ke toko Anda.
Mendapatkan Konsumen Baru
Era digital saat ini memungkinkan Anda untuk melakukan promosi dengan lebih fleksibel. Promosi terkait produk Anda kini sudah bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia, bahkan ke luar negeri, hanya dengan bermodalkan jejaring dunia maya. Hal ini otomatis membuka kesempatan bagi bisnis Anda untuk menjaring konsumen baru.
Mengunggulkan Produk dari Pesaing
Promosi juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana untuk bersaing secara sehat. Di sini, Anda akan dituntut untuk pintar-pintar dalam menyusun promosi. Iklan yang gencar, unik dan menarik mampu meyakinkan masyarakat bahwa produk Anda memiliki kualitas terbaik dibandingkan produk keluaran toko lainnya.
Membangun Branding Produk
Kualitas suatu produk tidak akan sampai ke telinga masyarakat dengan sendirinya. Anda akan membutuhkan promosi sebagai sarana pengedukasi masyarakat terkait kelebihan serta manfaat produk sebelum meyakinkan mereka untuk membeli. Oleh karena itu, promosi dilakukan oleh banyak pebisnis untuk menumbuhkan branding produk mereka di mata masyarakat.
Jenis-Jenis Promosi Penjualan Pilihan
Ada beragam jenis promosi yang bisa Anda temui dalam aktivitas sehari-hari. Jenis promosi yang diterapkan oleh satu pebisnis dengan lainnya bisa berbeda. Ini dikarenakan jenis, cara dan media promosi yang dipilih akan selalu menyesuaikan dengan target pasar serta jenis produk yang dijual.
Terdapat 3 jenis promosi penjualan yang menjadi pilihan banyak pebisnis hingga saat ini, yakni promosi langsung (fisik), dengan media tradisional dan dengan media digital.
Promosi Penjualan Secara Langsung (Fisik)
Promosi secara langsung atau fisik dilakukan oleh pelaku promosi di lingkungan sekitar tempatnya berjualan. Pelaku promosi bisa sang pemilik usaha sendiri atau melalui tenaga sales promotion boy atau girl (SPB/SPG).
Promosi secara fisik dapat ditemukan pada acara atau event yang diselenggarakan oleh pihak tertentu. Contohnya adalah bazzar, festival, pameran dan konser. Para pedagang yang berjualan di acara-acara tersebut biasanya memiliki suatu booth atau stand untuk menampilkan dan menawarkan produk dagangan kepada peserta event.
Selain itu, bentuk promosi secara langsung bisa Anda amati di pasar tradisional. Anda bisa melihat beragam pedagang saling berlomba-lomba menawarkan produk jualannya kepada para pembeli yang melintas di tengah pasar. Sama halnya dengan pedagang yang berkontribusi di event seperti festival dan pameran, pedagang pasar juga memiliki booth masing-masing untuk menampilkan barang dagangan.
Promosi secara fisik masih menjadi pilihan bagi banyak pedagang hingga saat ini, dikarenakan keuntungannya tersendiri. Kelebihan dari promosi secara langsung yakni:
- Pedagang bisa menjangkau dan membujuk konsumen secara langsung untuk berbelanja.
- Konsumen dapat melihat secara langsung barang yang dijual.
- Konsumen dapat bertanya secara langsung mengenai produk.
- Aktivitas tawar-menawar antara konsumen dan pedagang dapat berlangsung secara mudah.
Namun, promosi secara langsung juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah jangkauan promosi yang terbatas, sebab pelaku promosi hanya dapat menawarkan produk di lingkungan sekitar tempatnya berjualan.
Promosi Penjualan dengan Media Tradisional
Selain secara langsung, promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan media tradisional. Media tradisional yang dimaksud seperti media cetak (koran, majalah, buletin), media elektronik (radio dan televisi), serta media publik (papan reklame, billboard, iklan banner).
Promosi dengan cara ini masih banyak dilakukan oleh para pebisnis karena media-media tersebut masih mampu menarik perhatian masyarakat. Meskipun internet sedang berkembang pesat, masih ada banyak orang yang suka menonton televisi, membaca koran, dan melihat papan reklame yang terpasang di jalan raya.
Promosi dengan media tradisional memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sisi baiknya, promosi menggunakan media tradisional dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen mulai dari lokal hingga nasional. Namun sayangnya, promosi dengan media tradisional memakan biaya yang sangat besar. Anda harus menyiapkan budget besar jika ingin memasang iklan di televisi nasional, papan reklame dan media tradisional lainnya.
Promosi Penjualan dengan Media Digital
Tipe promosi penjualan dengan media digital sedang naik daun di kalangan masyarakat kekinian. Banyak orang menilai promosi lewat jejaring dunia maya sebagai cara paling efektif dan menguntungkan.
Saat ini, ada lebih dari 2,7 miliar orang di seluruh belahan dunia menggunakan internet dan sosial media dalam kehidupan sehari-hari mereka. Makanya tak mengherankan jika strategi pemasaran bisnis banyak dilaksanakan di media sosial.
Banyak pebisnis beralih mempromosikan usaha mereka lewat media digital. Cara promosi ini tergolong sederhana, mudah dan tidak memakan biaya besar. Anda hanya cukup memposting iklan di akun media sosial bisnis Anda secara rutin, dan orang-orang dapat melihat iklan Anda melalui layar smartphone, tablet, atau laptop mereka. Mudah sekali bukan?
Dengan internet, iklan Anda dapat menjangkau calon konsumen baik dari dalam maupun luar negeri. Kelebihan lainnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memasang iklan. Anda hanya membutuhkan gadget dan koneksi internet saja.
Namun kekurangan promosi dengan media ini adalah banyaknya pesaing yang turut mempromosikan usaha mereka di sana. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis di internet, maka Anda dituntut untuk mampu membuat konten iklan yang unik dan kreatif. Berikan usaha ekstra agar bisnis Anda bisa lebih menonjol dibanding para kompetitor Anda.
Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian, tujuan dan jenis promosi penjualan yang ada di sekitar kita. Semoga dapat menjadi pedoman Anda dalam menyusun promosi bisnis, ya!
Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.