Last Updated on August 26, 2022 by
Setiap pebisnis pasti menginginkan agar usaha yang tengah ia jalankan diterima oleh masyarakat agar dapat berkembang sesuai harapan. Untuk mencapai hal tersebut tentu hal yang sangat penting untuk dilakukan ialah memasarkan produk kepada konsumen dengan tujuan agar produk yang diproduksi perusahaan dikenal oleh masyarakat sehingga akhirnya dilakukan pembelian.
Pemasaran yang dilakukan harus tepat dan efektif, salah satu hal terpenting ialah dalam menentukan target pasar. Tujuannya adalah membuat segmentasi (pengelompokan) konsumen berdasarkan sifat yang sama. Mengapa segmentasi konsumen harus dilakukan? Oleh karena itu kali ini kami menyajikan informasi terkait target pasar, manfaat, faktor penentu, serta contohnya. Berikut ulasan lengkapnya.
Daftar Isi
Pengertian Target Pasar
Target pasar ialah suatu kelompok konsumen atau pembeli yang menjadi target pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang perusahaan tawarkan. Sederhananya merupakan kelompok yang akan perusahaan Anda layani sebagai konsumen. Umumnya dikelompokkan berdasarkan umur, tempat, kebutuhan yang sama, serta tingkat ekonomi.
Penentuan ini merupakan hal yang sangat penting karena perusahaan tidak akan bisa melayani atau menyediakan beragamnya kebutuhan dan keinginan konsumen di pasar. Dengan demikian, perlu melakukan identifikasi bagian pasar mana yang akan perusahaan Anda layani sebagai target pasar Anda.
Manfaat Target Pasar
Setelah menentukan dan menerapkan target pasar, perusahaan akan dapat mengembangkan produknya serta strategi marketing untuk setiap target yang dipilih. Lebih lanjut, berikut manfaatnya :
Memudahkan Penyesuaian
Akan memudahkan Anda melakukan penyesuaian produk serta strategi marketing mix atau bauran pemasaran yang perusahaan Anda lakukan. Dengan begitu konsumen dapat dilayani dengan baik dan efektif sehingga produk Anda memiliki posisi baik di pasar.
Mengantisipasi Pesaing
Anda akan mengetahui sekiranya pesaing seperti apa yang akan Anda hadapi sehingga Anda dapat menyediakan strategi terbaik sehingga para pesaing yang bermunculan dapat Anda atasi. Atau sekurang-kurangnya Anda tidak terjatuh dan dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan.
Efektifitas Sumber Daya
Apabila sumber daya yang dimiliki perusahaan Anda terbatas, dengan menetapkan sasaran pasar maka Anda dapat memanfaatkan sumber daya yang terbatas ini secara efektif dan efisien.
Menciptakan Daya Tarik Pemasaran
Dengan mengetahui kebutuhan konsumen serta mengetahui tipe dan sifat konsumen Anda, Anda dapat menerapkan strategi pasar terbaik yang akan menarik bagi konsumen. Tentunya ini akan menjadi daya tarik perusahaan Anda terutama dalam pemasaran produk.
Menemukan dan Membandingkan Kesempatan Pasar
Dengan melakukan identifikasi, analisa pasar, serta pengelompokan konsumen, Anda akan mengetahui kelompok mana yang sekiranya sesuai untuk menjadi sasaran pasar dari produk yang perusahaan Anda produksi. Jika ada beberapa kelompok potensial, Anda dapat melakukan perbandingan kelompok mana yang paling memberikan peluang dan kesempatan lebih besar.
Meningkatkan Kualitas Produk
Anda dapat melakukan evaluasi produk baik dengan meminta review dari konsumen Anda terkait produk. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan produk serta produk seperti apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, Anda dapat melakukan perbaikan serta meingkatkan kualitas produk Anda.
Memposisikan Perusahaan Lebih Baik
Jika konsumen Anda terpuaskan atas pelayanan yang Anda berikan, maka dengan sendirinya perusahaan Anda akan memiliki posisi atau tempat tersendiri di hati para konsumen. Dengan begitu posisi perusahaan Anda semakin kuat yang ditandai dengan banyaknya konsumen, baik konsumen lama maupun konsumen baru yang terus berdatangan karena kepercayaan konsumen.
Faktor Penentu
Sebelum menentukan segmen yang akan Anda tuju untuk menentukan target pasar, berikut faktor-faktor yang harus Anda ketahui.
Ukuran Segmen
Apakah perusahaan Anda adalah perusahaan baru dan masih kecil? Atau perusahaan Anda merupakan perusahaan besar dan telah berkembang? Jika perusahaan Anda masih dalam tahap pengembangan atau baru maka tuju lah segmen pasar kecil, sebaliknya jika perusahaan Anda telah berkembang maka tujulah segmen pasar yang besar. Penentuan ukuran segmen ini bertujuan agar perusahaan dapat menyesuaikan sasaran pasar dengan kemampuan yang dimiliki perusahaan.
Pertumbuhan Segmen
Melakukan analisis pertumbuhan segmen wajib Anda lakukan sebelum penentuan target pasar. Dengan memperhatikan pertumbuhan segmen yang dituju bertujuan melihat kemungkinan bisnis Anda akan berkembang di masa mendatang. Walaupun awalnya ukuran segmen sangat kecil, tidak menutup kemungkinan akan berkembang menjadi besar di masa yang akan datang. Sebenarnya, segmen kecil adalah segmen pasar yang potensial.
Analisis Situasi
Anda harus melakukan analisa situasi dengan teliti dan cermat sebelum menentukan target pasar yang dituju. Ini berhubungan dengan konsumen, pemasok, dan distributor yang dapat dilakukan menggunakan analisis SWOT (Strengh, Weaknesses, Opportunities, and Threats).
Sumber Daya Perusahaan
Memerhatikan kemampuan atau sumber daya perusahaan yang didapat perusahaan, penting Anda perhatikan. Terutama bila sumber daya perusahaan Anda dapatkan dari kerja sama dengan pihak luar, karena keuntungan dan risiko yang mungkin Anda dapat akan ditanggung bersama.
Dana yang Tersedia
Perhatikan dana yang dimiliki perusahaan Anda, apabila dana yang dimiliki terbatas jangan ambil risiko dengan menetapkan target pasar yang besar. Usahakan keseimbangan antara dana yang dimiliki dengan sasaran pasar yang menjadi sasaran perusahaan.
Tujuan yang Sesuai
Setelah menetapkan segmen pasar, perusahaan sebaiknya tetap fokus pada segmen tersebut. Usahakan juga tidak beralih ke segmen pasar lain yang memang tidak Anda rencanakan sebelumnya. Ini untuk menghindari resiko kerugian perusahaan.
Cara Efektif Menentukan Target Pasar
Setelah mempelajari pengertian, manfaat, serta faktor yang mempengaruhi sasaran pasar, selanjutnya ialah mengetahui bagaimana menentukan sasaran pasar tersebut.
Tentukan Konsumen Anda
Setelah memiliki produk yang akan ditawarkan, tentukan konsumen berdasarkan segementasi geografi, demografi, dan psikologi. Geografi merupakan segmentasi pasar berdasarkan lokasi atau tempat konsumen Anda berada dengan harapan setiap daerah berbeda kebutuhannya sehingga dapat dicocokkan dengan karakteristik tertentu.
Demografi ialah segmentasi pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat Pendidikan, serta pendapatan. Ini bertujuan mengetahui apakah produk sesuai dengan klasifikasi tersebut atau tidak. Lalu segmentasi psikologi, yang merupakan pembagian pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian, serta kebiasaan gaya hidup.
Segmentasi ini berdasarkan teori bahwa pilihan dibuat seseorang saat akan membeli produk merupakan cerminan dari preferensi gaua hidup atau sosio ekonomi
Mengetahui Kebutuhan
Setelah menentukan konsumen, Anda harus mengetahui keinginan dan kebutuhan mereka. Ini dapat Anda lakukan dengan tes produk. Anda dapat mengikut bazar untuk melakukannya sebagai media pengenalan produk.
Evaluasi
Evaluasi kebutuhan dan ketertarikan konsumen perlu Anda lakukan terhadap produk yang Anda pasarkan. Ini penting untuk menentukan langkah strategis berikutnya apakah akan melanjutkan dan mengembangkan usaha atau tidak. Jangan sampai setelah memulai bisnis namun ternyata penentuan konsumennya salah.
Strategi Pasar
Lakukan strategi yang tepat dalam pemasaran produk karena setiap segmentasi pasar yang Anda pilih mempunyai sifat dan gaya berbeda sehingga strategi yang Anda terapkan juga harus berbeda antara segmentasi satu dengan yang lainnya.
Evaluasi Respon Pasar
Cara terakhir ialah dengan mengevaluasi respon pasar terkait strategi yang Anda terapkan apakah berjalan efektif atau tidak. Jika tidak, Anda dapat merubah strategi pemasaran produk. Ini dapat Anda lakukan apabila penjualan mulai berjalan serta telah menghasilkan. Ini bertujuan mempertahankan dan meningkatkan penjualan.
Contoh Target Pasar
Pakaian Anak-anak
Produk yang dijual: pakaian anak-anak yang dijual online
Target tempat: kota besar seperti wilayah Jabodetabek, Semarang, Surabaya, dan kota lain di pulau Jawa yang dapat dijangkau kurir maksimal dalam 4 hari pengiriman
Target Demografi: Ibu rumah tangga berusia 23-40 tahun yang memiliki anak kecil usia 3-10 tahun. Berpenghasilan 3-5 juta sebulan.
Karakter psikologis pelanggan: terbiasa dengan internet, komputer, dan sosial media. Mengikuti trend fashion anak dan hobi membaca majalah anak.
Pakaian Wanita
Produk yang dijual: pakaian wanita yang dijual online
Target lokasi: kota besar seperti wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Palembang, dan lainnya. Yang dapat dijangkau kurir dengan lama pengiriman maksimal 3 hari.
Target demografi: wanita usia 17-35 tahun dengan penghasilan 2-3 juta sebulan
Karakter psikologis pelanggan: terbiasa dengan internet dan sosial media serta mengikuti perkembangan trend fashion.
Produk Kecantikan
Produk yang dijual : Produk kecantikan wanita yang dijual online dan offline
Target lokasi : di kota tempat perusahaan berlokasi serta kota-kota besar potensial seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan lain-lain yang dapat dijangkau dengan waktu maksimal pengiriman 4 hari
Target demografi : wanita berusia 17-30 tahun dengan penghasilan 2-4 juta sebulan
Karakter psikologi pelanggan : memperhatikan kesehatan dan kecantikan diri, terbiasa menggunakan internet, dan aktif di sosial media serta mengikuti trend kecantikan terbaru.
Sekian informasi terkait target pasar yang wajib Anda ketahui sebelum memulai bisnis atau tengah mengembangkan bisnis. Ini penting untuk Anda ketahui untuk mengetahui sasaran konsumen produk Anda. Selain itu, penting untuk selalu memperhatikan perubahan dan perkembangan sasaran pasar Anda untuk menyesuaikan dengan perkembangan perusahaan.
Lakukan segmentasi pasar secara tepat agar sasaran pasar yang Anda tuju dapat memberikan keuntungan maksimal bagi perusahaan Anda. Jangan lupa untuk terus fokus pada segmen yang telah Anda pilih dan jangan mudah mengubahnya agar usaha Anda tidak mengalami kerugian karena kesalahan yang tidak seharusnya dilakukan. Semangat mencari dan semoga berhasil.
Yuk ikuti terus MARKEY di https://markey.id/ supaya tidak ketinggalan info, tips dan inovasi menarik untuk mengembangkan bisnis online. Baca gratis langsung dari web atau via app MARKEY (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.