Bagi banyak tim operasi pemasaran, merger atau akuisisi menjadi salah satu kendala atas kemungkinan peristiwa yang akan terjadi terutama dengan rencana pemasaran yang sudah dirancang sebelumnya.
Berikut kami akan membagikan beberapa tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh tim operasi pemasaran agar mendapat kesempatan ditengah kesulitan merger atau akuisisi.
Daftar Isi
M&A sebagai peluang
Helen Abramova, pimpinan teknologi pemasaran di Verizon menggambarkan proses M&A sebagai peluang untuk lebih memahami dan menyelaraskan operasi pemasaran dalam sebuah organisasi.
Setelah merger atau akuisisi dilakukan, tim operasi tentu ingin memastikan bahwa tidak ada rencana pemasaran yang berubah ataupun dibatalkan. Menjadi sangat penting bagi Anda untuk menilai perubahan rencana pemasaran dan tantangan yang signifikan serta dampak apa yang diberikan pada infrastruktur.
Menyelaraskan struktur tim
Menggabungkan tim bisa menjadi tantangan tambahan pada tim operasi pemasaran. Di sinilah peran kepemimpinan menjadi sangat penting. Dalam organisasi, transisi melalui merger atau akuisisi membutuhkan pemecahan masalah teknis, serta keterampilan seseorang.
Inventaris dan penilaian
Langkah berikutnya adalah Anda harus memahami sistem dan alur kerja, keseluruhan arsitektur data, dan skema perjalanan pelanggan yang diformalkan.
Secara ideal, organisasi seharusnya sudah secara teratur mengevaluasi aliran datanya. Jenis inventaris menyeluruh ini akan mengekspos kemungkinan tumpang tindih. Tak hanya itu, kerusakan dan titik lemah lainnya dalam aliran data juga dapat ditemukan.
Prioritaskan tumpukan
Mengambil stok data juga akan membantu Anda memprioritaskan sistem dan layanan vendor untuk ditinjau dalam tumpukan.
Dalam beberapa tim pemasaran, apa pun yang berkaitan dengan pengalaman konten juga bisa dianggap hal yang utama. Alat dan platform konten menjadi tempat atas banyaknya investasi mengalir untuk beberapa tim.
Data dan alat manajemen lainnya akan tetap menjadi data sekunder dari data pelanggan aktual yang dimiliki organisasi. Operasi pemasaran dapat mempertimbangkan opsi antara dua vendor data yang berbeda, bahkan memutuskan untuk tidak menggunakan satu vendor untuk semua sementara mereka membuat keputusan terbaik bagi mereka.
Dengan memprioritaskan vendor dan sistem untuk ditinjau, akan memungkinkan operasi pemasaran untuk mengarahkan transisi melalui cara yang terkoordinasi.
Dengan adanya merger dan akuisisi dapat menjadi katalisator untuk penyelarasan dan komunikasi yang lebih baik dalam tim operasi pemasaran.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.