Pemasaran Tidak Langsung : Kelebihan dan Kekurangannya

Sponsor Link

 

Di era tahun yang sudah mengalami banyak perkembangan dari sisi ilmu pengetahuan maupun teknologi. Kondisi kehidupan masyarakat pun turut berubah. Masyarakat saat ini hidup lebih konsumerisme dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Banyak orang yang menggantungkan diri pada orang lain karena memang tersedia media yang memudahkan mereka untuk melakukan hal tersebut. Nah berkaitan dengan sisi konsumerisme manusia akhir-akhir ini, banyak orang mulai tertarik dengan dunia bisnis. Bisnis saat ini adalah salah satu jenis usaha yang menjanjikan dibandingkan dengan pekerjaan yang lain.

Walaupun apabila berbisnis kita sebagai manusia harus secara siap menanggung risiko keuntungan maupun kerugian yang ada. Saat ini dalam berbisnis banyak sekali strategi pemasaran yang dipakai oleh kebanyakan orang.

Strategi pemasaran adalah salah satu kunci suksesnya seseorang pengusaha dalam berbisnis. Dalam membesarkan usaha anda agar dikenal banyak konsumen. Anda harus pintar dalam memainkan strategi pemasaran. Biasanya strategi pemasaran yang baik akan mendatangkan keuntungan atau profit yang lebih besar dibandingkan suatu usaha yang dijalankan tanpa adanya strategi pemasaran.

Strategi pemasaran sendiri merupakan suatu usaha atau cara yang digunakan dalam berbisnis untuk menarik minat konsumen. Bisa dikatakan pula strategi pemasaran sendiri adalah sebuah strategi mengajak orang lain untuk membeli atau menggunakan produk dari si penjual dengan cara yang sangat menarik sampai konsumen tersebut tertarik untuk membelinya.

Dengan adanya strategi pemasaran yang menarik maka penjualan anda akan semakin meningkat. Seseorang yang memilih menjadi pengusaha atau memiliki sebuah usaha pada dasarnya memang ingin mencari profit atau laba yang sebesar-besarnya. Hal tersebut tentunya untuk menutup segala biaya produksi yang telah dikeluarkan dan untuk membayar gaji para karyawan yang bekerja. Maka dari itu salah satu manfaat dari strategi pemasaran sendiri adalah membantu suatu usaha untuk memperoleh laba atau profit sebesar-besarnya.

Tanpa kita ketahui ada seseorang yang kemudian tertarik karena melihat strategi pemasaran yang kita lakukan. Tentunya anda pasti ingin usaha anda jauh dikenal oleh publik luas bukan? Perlu untuk anda ketahui, strategi pemasaran sendiri ada dua macam. Strategi yang pertama adalah strategi langsung dan yang kedua adalah strategi pemasaran tidak langsung.

Pengertian Strategi pemasaran langsung

 

Jasa Pembuatan Aplikasi

Strategi pemasaran langsung merupakan strategi penjualan dengan menggunakan media pemasaran secara langsung tanpa ada pihak perantara dalam transaksi penjualan.

Pengertian Strategi Pemasaran Tidak Langsung

Pemasaran tidak langsung merupakan sebuah metode penjualan yang menggunakan saluran dan media pemasaran secara tidak langsung kepada pembeli atau konsumen. Strategi pemasaran ini bisa menggunakan beberapa cara, seperti memanfaatkan iklan, public relation, website, blog, dan media-media iklan lainnya.  Strategi pemasaran ini lebih kepada memanfaatkan pihak perantara dalam transaksi penjualan.

Perbedaan kedua strategi ini jelas terlihat pada peran pihak perantara atau pihak ketiga.

Nah pada artikel kali ini kita tidak akan mengulas atau membahas secara detail mengenai pemasaran langsung. Pada artikel kali ini kita akan membahas dan mengulas lebih jauh mengenai pemasaran tidak langsung. Maka dari itu untuk anda yang berkeinginan untuk menggunakan strategi ini untuk berwirausaha simak terus sampai habis dan dapatkan informasi yang lengkap.

Tujuan Pemasaran Tidak Langsung

Tujuan dari pemasaran tidak langsung adalah untuk menyentuh hati dan pikiran dari pembeli sebagai seorang konsumen untuk kemudian berminat untuk membeli atau menggunakan apa yang telah kita pasarkan. Maka dari itu dalam strategi pemasaran ini, Anda di tuntun untuk memiliki kreatifitas yang dapat membuat sesuatu yang menarik.

Contoh Pemasaran Tidak Langsung

Contoh dari pemasaran tidak langsung sendiri ada beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Media Iklan

Pertama yang akan kita bahas adalah media iklan. Media iklan merupakan salah satu media yang sangat wajib untuk dicoba. Mengiklankan suatu produk atau barang akan membuat banyak konsumen mengetahui dan semakin memperjelas apa produk atau barang yang kita tawarkan kepada pembeli. Media iklan sendiri sangat banyak ada koran, televisi, radio, majalah, internet, media sosial, dan lain-lainnya.

Iklan dikategorikan menjadi beberapa kategori diantaranya. Pertama adalah iklan niaga. Jenis iklan ini digunakan untuk memasarkan produk dengan tujuan target utamanya adalah masyarakat luas.

Jenis iklan yang satu ini bisa dipasangkan di beberapa media seperti radio, televisi, dan internet yang mencakup media sosial seperti instagram, whatsapp, dan lain-lainnya.

Kedua adalah iklan keluarga. Jenis iklan ini adalah pemasaran dengan tujuan target adalah berupa lingkup kecil dalam suatu kelompok atau keluarga. Contohnya adalah berita hari ulang tahun, berita tentang kelahiran dan sebagainya.

Ketiga adalah iklan baris, iklan baris biasanya terlihat di kolom koran. Dulu iklan ini memang sangat populer sebelum adanya media-media sosial yang lebih interaktif untuk saat ini dan lebih dapat dengan mudah diakses.

Keempat, iklan layanan masyarakat. Iklan tersebut lebih kepada himbauan yang ditujukan kepada masyarakat umum. Biasanya iklan masyarakat sendiri lebih kepada suatu larangan dari pemerintah atau pihak-pihak tertentu dalam melindungi lingkungan atau melindungi manusia itu sendiri sebagai makhluk hidup. Contohnya larangan merokok, penggunaan SIM pada pengendara.

Kelima adalah iklan pengumuman. Jenis iklan satu ini adalah pengumuman yang biasa dipasang di baliho atau poster besar. Biasanya kita bisa melihatnya di jalan-jalan.

Sponsor Link

Media Humas

Kedua adalah media humas atau hubungan masyarakat dan lebih populer dengan istilah public relation. Fungsi dari kegiatan atau media ini adalah mengajak dan menyebarluaskan informasi atau berita kepada masyarakat. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Biasanya dalam suatu usaha ada pihak tertentu yang memang diberi tugas dan wewenang untuk menjadi bagian dari public relation. Hal tersebut karena fungsi dari public relation sendiri adalah langsung terjun kepada masyarakat. Public relation sendiri biasanya memanfaatakan media-media lain seperti media cetak, broadcasting, pada special event, maupun kegiatan-kegiatan atau media outdoor yang memiliki banyak peminat.

Media Pemasaran Interaktif(Media Online)

Media selanjutnya dan terakhir pada kali ini adalah media pemasaran interaktif atau populer dengan sebutan media online. Media online sendiri berhasil menyingkirkan media-media sebelumnya yang pernah populer dan dapat menarik banyak minat orang yang melihat atau membacanya. Media online menjadi yang paling populer dan dapat menarik banyak sekali pembeli untuk saat ini. Perkembangan teknologi memang sangat luar biasa. Perkembangan teknologi dan kemudahan akses internet sangat mempengaruhi munculnya tren memasarkan barang secara online melalui media sosial.

Banyak sekali video dan foto yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan sebelum membeli suatu produk atau memakai suatu jasa tertentu. Maka dari itu tren ini semakin meningkat dan mempermudah banyak orang untuk berjualan atau memasarkan produk tertentu.

Memasarkan suatu produk atau barang tentunya susah-susah gampang apalagi untuk seorang pemula maka dari itu strategi pemasaran yang dilakukan secara tidak langsung adalah salah satu contoh media pemasaran yang bisa membantu anda dalam memasarkan suatu produk atau barang begitu juga dengan hal yang berkaitan dengan jasa.

Kelebihan Media Pemasaran Tidak Langsung

Setelah membahas mengenai media pemasaran tidak langsung, selanjutnya kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam strategi pemasaran ini. Setiap strategi promosi tentunya bukan hanya memiliki kelebihan namun juga memiliki kekurangan. Nah pada strategi promosi pemasaran ini kelebihannya adalah sebagai berikut:

Memiliki Pelanggan Loyal

Dengan segala bentuk promosi yang telah dilakukan. Anda sebagai pihak penjual pasti telah menyiapkan banyak video, foto yang tentunya menarik. Anda bisa membagikannya pada media yang telah anda pilih. Selain itu anda bisa membagikan ratusan atau bahkan ribuan testimoni yang sudah anda tentukan untuk dibagikan.

Ketika anda benar-benar mengirimkan pesanan sesuai dengan apa yang telah anda bagikan melalui media iklan maka anda akan mendapatkan customer atau pelanggan yang loyal kepada anda. Hal tersebut karena anda telah menjaga kualitas anda sebagai seorang penjual. Pembeli akan loyal dan memilih selalu barang dagangan anda untuk kegiatan mereka. Apa yang anda jual pasti akan mudah laku karena pelanggan loyal anda telah dengan setia menunggu apa yang hendak anda tawarkan kepada mereka. Hal yang paling penting disini adalah trust atau kepercayaan. Ketika kepercayaan telah terbentuk maka tidak mungkin bagi anda untuk tidak mendapatkan pelanggan yang loyal.

Mudah Mendapatkan Pelanggan Dengan Strategi Yang Pas

Nah ketika menggunakan strategi pemasaran tidak langsung. Ada beberapa hal yang memang harus anda lakukan. Anda sebagai seorang penjual harus bisa melihat situasi dan kondisi yang tercipta di lapangan. Anda harus bisa memprediksi suatu gejala.

Strategi yang pas memang perlu untuk dilakukan. Mengingat anda tidak berjumpa secara face to face atau langsung kepada pembeli yang akan anda jadikan sebagai target konsumen. Maka dari itu anda dituntut untuk memiliki kreatifitas yang lebih. Selain itu anda harus memiliki ide-ide segar yang mampu menarik konsumen anda untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

Membantu Penjualan Pengusaha Pemula

Setiap orang memiliki karakter dan watak yang berbeda-beda. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi anda sebagai seorang pengusaha. Hal tersebut karena setiap pengusaha dituntut lebih dalam hal percaya diri. Namun untuk anda yang memiliki masalah dengan tingkat kepercayaan diri, dan masih ingin membentuk kepercayaan diri kamu. Apakah kamu tidak bisa menjadi seorang pengusaha? Tentu jawabannya bisa. Kamu tetap memiliki kesempatan yang sama dengan yang lain. Dengan memanfaatkan strategi pemasaran ini, anda hanya harus mengandalkan kreatifitas anda untuk berhubungan dengan orang lain melalui beberapa media yang juga tak langsung. Nah disini yang paling penting adalah anda harus memiliki komunikasi yang baik, integritas, kejujuran, dan tanggung jawab. Hal ini karena anda tidak harus bertemu dan bertatap secara langsung dengan orang yang menjadi target konsumen anda.

Lebih Dikenal Publik Secara Luas

Strategi pemasaran tidak langsung memanfaatkan beberapa media online. Hal ini berarti anda harus bisa melihat suatu sisi positifnya. Anda bisa memasarkan produk atau jasa anda tidak hanya pada skala lingkup kecil. Namun pemasaran yang anda lakukan bisa jadi lebih luas. Anda bisa memanfaatkan media-media sosial yang bisa diakses dan dilihat oleh banyak orang yang tak terbatas. Jadi disini anda tidak hanya memiliki pelanggan loyal dari kota anda saja. Bisa jadi anda memiliki pelanggan yang banyak dari beberapa kota lainnya yang ada di Indonesia.

Kekurangan Media Pemasaran Tidak Langsung

Setelah membahas mengenai kelebihan pada strategi pemasaran tidak langsung. Berikutnya kita akan membahas mengenai kekurangan yang ada pada strategi ini. Hal tersebut karena strategi ini juga memiliki dampak yang mengarah kepada kekurangan. Jadi, pikirkan baik-baik dan timbang sisi lebih maupun kekurangan yang ada pada strategi pemasaran ini. Kekurangan strategi pemasaran ini adalah sebagai berikut:

Proses Pencarian Pelanggan

Dalam mencari pelanggan, sistem pemasaran langsung bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan sistem pemasaran yang tidak langsung. Pada sistem pemasaran tidak langsung anda pasti tidak akan cepat untuk mendapatkan pelanggan sebelum anda bisa membuktikan bahwa apa yang anda tawarkan adalah benar-benar sesuatu produk yang bagus dan anda sebagai penjual dapat benar-benar dipercaya.

Hal ini karena anda dan pembeli tidak bertemu secara langsung dan sebelumnya tidak pernah saling mengenal. Sehingga untuk membentuk suatu kepercayaan antara anda dan pembeli pastinya tidak akan berjalan dengan mudah. Anda harus melalui proses-proses yang kemudian bisa membuat anda sebagai seorang penjual memiliki integritas tinggi di hadapan pelanggan anda. Sistem ini tidak disarankan untuk anda yang mengejar target penjualan. Penjualan dengan sistem yang ditarget lebih baik dijalankan dengan cara sistem penjualan secara langsung.

Ditipu Pelanggan

Biasanya hal ini bisa terjadi pada penjual dan pelanggan. Anda sebagai penjual ketika memakai sistem pemasaran tidak langsung bisa jadi ditipu oleh pelanggan. Disini anda harus banyak belajar kepada mereka yang berpengalaman sebelumnya. Gunakan strategi-strategi yang bisa menguntungkan anda sebagai penjual dan bagi pelanggan anda.

Jangan sampai mudah ditipu oleh orang yang berkedok penjahat dan mengaku sebagai pembeli. Gunakan metode untuk mentransfer uang yang akan dibayarkan terlebih dahulu sebelum anda mengirimnya gunakan media online yang terpercaya dan bisa menarik banyak minat konsumen dan bisa melihat serta memantau penjualan dan pembelian yang berada pada usaha anda.

Mengeluarkan Budget Khusus

Untuk anda yang memilih strategi pemasaran langsung mungkin anda akan memanfaatkan kemampuan atau public speaking anda dalam menawarkan suatu produk atau jasa. Namun bagi anda yang memilih menggunakan sistem pemasaran tidak langsung maka anda harus mengeluarkan budget khusus untuk membayar iklan.

Iklan pada setiap media tentunya tidak gratis, namun apabila anda ingin gratis anda bisa memanfaatkan sosial media yang anda miliki. Tentunya anda harus bisa mendesain secara bagus dan sekreatif mungkin media sosial anda. Apabila anda tidak memiliki kemampuan desain maka anda harus menyewa jasa atau menggunakan jasa penambah followers aktif atau melakukan iklan pada sosial media dari selebgram yang dapat menambah konsumen yang anda miliki.

Tidak Berkembang Tanpa Adanya Kreatifitas dan Keberanian

Nah kekurangan yang terakhir disini adalah anda tidak akan mungkin menjalankan usaha anda dengan memanfaatkan sistem pemasaran tidak langsung dan berharap sukses. Apabila anda tidak mengembangkan kreatifitas dan tidak ada keberanian dari dalam diri anda untuk membuat suatu gebrakan yang berbeda. Anda harus memiliki dua hal tersebut apabila anda ingin sukses dalam menggunakan sistem ini. Hal tersebut karena sistem ini menuntut anda untuk berlaku kreatif dan berani. Kreatifitas akan memunculkan sesuatu hal menarik yang akan membuat anda lebih bisa menarik minat dari konsumen untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang anda miliki. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol