Kenali Aspek Pemasaran Digital Untuk Strategi Bisnis Anda!

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Di zaman millennium seperti sekarang ini, menjadi sosok yang menonjol di internet adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin memiliki bisnis yang sukses. Namun, kenyataannya kebanyakan orang berpikir bahwa hanya dengan hanya memiliki nama domain yang bagus maka akan bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnisnya. Padahal sebenarnya dibutuhkan lebih dari itu untuk berhasil menang dan diakui di medan perang online yaitu Internet.

Strategi pemasaran web Anda harus berlapis-lapis jika Anda mengharapkan untuk melihat hasil yang positif. Triknya adalah dengan memiliki strategi yang efektif untuk semua aspek pemasaran web dan bukan hanya satu atau dua aspek saja. Jadi, jika Anda tidak melihat hasil dari upaya pemasaran online Anda, mungkin saja Anda belum benar-benar memperhatikan aspek pemasaran digital berikut ini dalam membangun strategi bisnis Anda.

Pemasaran Konten

Aspek pemasaran melalui internet yang pertama adalah konten pemasaran. Dalam memasarkan produk maupun layanan di internet sangat penting untuk memiliki konten yang menarik, orisinil, menghibur, dan informatif yang diposting secara online agar orang dapat menikmati, terlepas dari industri apa yang Anda miliki. Jika Anda tidak memposting sesuatu yang dapat digunakan, maka pengunjung tidak akan menggunakan apa pun dalam situs web Anda. Demikian pula, jika Anda memposting konten omong kosong atau spam, orang-orang akan mengetahuinya dan menyadari bahwa situs web Anda tidak sepadan dengan waktu yang mereka luangkan untuk mengunjungi situs web Anda.

Sponsor Link

Desain Situs Web

Bahkan jika produk atau layanan Anda adalah yang terbaik di antara para pesaing Anda dalam industry tertentu, namun jika situs web Anda terlihat seperti anak berusia lima tahun yang mendesainnya alias tidak pro, maka tidak akan ada yang mau berbisnis dengan Anda. Di Indonesia ada ratusan bahkan ribuan perusahaan software house yang menyediakan layanan desain web dan dapat membantu Anda mengubah situs web di bawah standar yang Anda miliki menjadi sebuah situs web yang hebat. Hanya saja, sangat sedikit yang tahu dan faham bagaimana menggabungkan desain web dengan strategi pemasaran web yang unggul dan baik. Maka itu carilah perusahaan yang memang benar-benar memahami kedua hal ini dengan baik.

Fungsionalitas

Salah satu penyebab tercepat kita kehilangan lalu lintas kunjungan situs web adalah memiliki situs yang rumit atau yang tidak berfungsi dengan baik. Pastikan semua informasi yang ditampilkan di dalam situs web perusahaan Anda bisa dimuat dengan cepat, semuanya mudah ditemukan, dan setiap fungsi (seperti bilah gulir, tautan, dan media apa pun) benar-benar berfungsi ketika pengguna mengunjunginya. Selain kuantitas konten, aspek pemasaran yang satu ini juga sangat penting bagi pengguna layanan internet masa kini.

Search Engine Optimization (SEO)

Setelah memiliki situs web yang profesional, Anda pasti ingin orang lain dapat menemukannya. Mungkin ada banyak bisnis lain seperti milik Anda di daerah Anda, sehingga persaingan tidak terhindarkan. Dengan SEO, Anda dapat menghasilkan lalu lintas lebih banyak mengalir ke situs web Anda.

SEO adalah jantung dari pemasaran digital. Orang-orang terus mencari informasi melalui Google. Dan mereka biasanya cenderung mengklik hasil pencarian pertama yang muncul saat mencari karena mereka ingin menemukan informasi dengan cepat dan efisien. SEO memungkinkan Anda bekerja membuat situs web Anda menjadi salah satu hasil organik yang muncul di peringkat teratas.

SEO menciptakan potensi laba atas investasi yang lumayan besar. Ini mungkin tidak tampak seperti itu, tetapi ada perbedaan besar dalam laba antara tempat kedua dan tempat kesepuluh. Perbedaannya jelas bahkan di antara tiga tempat teratas.

Dalam kasus produsen mobil, rasio klik per tayang adalah 60% untuk hasil pertama dan turun hingga 19% untuk hasil kedua. Persentase tingkat klik per tayang berkurang sejak saat itu saat Anda mendapatkan hasil yang lebih rendah.

Posisi situs web Anda adalah faktor kunci dalam tingkat konversi dan rasio klik per tayang. Dengan memanfaatkan SEO dengan perusahaan yang tepat, Anda dapat melihat lalu lintas situs web Anda, rasio klik per tayang, dan tingkat konversi bertambah.

Mobile

Anehnya, mayoritas orang yang mengunjungi situs web kini sudah tidak melakukannya lagi dari komputer desktop atau bahkan laptop. Setiap orang menggunakan ponselnya untuk berbelanja dan mengunjungi situs web. Jadi jika strategi pemasaran Anda tidak memenuhi aspek pemasaran yang satu ini di era yang serba menggunakan perangkat mobile, maka bersiaplah karena bisnis Anda akan menjadi debu dan menjadi debu.

Media Sosial

Media sosial adalah salah satu bagian paling unik dari pemasaran. Popularitas platform sosial selalu berubah. Sepuluh tahun yang lalu, MySpace adalah Facebook hari ini. Eksekuensinya berbeda antara situs-situs ini, tetapi konsepnya – untuk menghubungkan orang satu dengan yang lain – adalah sama.

Sangat penting untuk mengetahui platform sosial mana yang sedang tren dan siapa yang menggunakan platform tersebut. Anda tentu tidak ingin menggunakan Pinterest untuk mengiklankan produk kepada pria karena demografis pengguna utamanya adalah wanita. Langkah pertama yang baik adalah meneliti dan menemukan situs media sosial paling populer untuk target pasar Anda.

Media sosial adalah alat yang hebat untuk bisnis apa pun. Platform ini memungkinkan Anda menjangkau orang yang mungkin tidak dapat Anda jangkau melalui pemasaran tradisional.

Bagian terbaik tentang media sosial adalah gratis. Tidak ada biaya apa pun untuk membuat halaman untuk bisnis Anda. Meskipun gratis, masih ada opsi untuk membayar biaya untuk meningkatkan posting dan mendapatkan lebih banyak kunjungan di situs media sosial Anda. Fleksibilitas media sosial menjadikannya alat pemasaran yang hebat untuk semua jenis bisnis.

Konsistensi

Bagian terpenting dari setiap strategi pemasaran web adalah bahwa semua berbagai aspek pemasaran yang digunakannya saling terhubung satu sama lain dan konsisten. Setiap aspek dari kehadiran online Anda mencerminkan merek Anda. Pastikan semua yang Anda lakukan secara online mencerminkan citra perusahaan Anda dengan cara yang paling positif.

6 Aspek Pemasaran Jika Dilihat dari Psikologi

Dengan meningkatnya penggunaan strategi pemasaran canggih dan mode pintar pemasaran internet seperti yang sudah kita bahas di atas, banyak dari Anda mungkin menganggap bahwa kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dan lebih efektif. Padahal sebaliknya, kegiatan pemasaran yang efektif dan produktif sekarang ini jauh lebih menantang daripada sebelumnya. Bahkan, pada 2018, 40% pelaku pemasaran mengklaim bahwa semakin sulit untuk mendapatkan respons yang positif dari calon pelanggan langsung yang mereka dekati.

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang bisa menjadi penyebab dari tren ini. Alasannya tidak terlalu mengada-ada, itu lebih berkaitan dengan perilaku pelanggan. Evolusi mereka dalam menanggapi strategi pemasaran yang mereka temui terus berubah secara teratur. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi Anda untuk memahami dan menerapkan aspek psikologi dalam hal pemasaran, hanya jika Anda benar-benar ingin mendapatkan yang terbaik dari strategi pemasaran Anda.

Anda perlu tahu bahwa karena strategi pemasaran semakin maju, perilaku calon pelanggan juga menjadi lebih canggih. Bisa dipastikan kegiatan prospek tidak digunakan dalam strategi pemasaran yang serba canggih seperti sekarang ini. Itu sebabnya para pelanggan cenderung lebih sulit diyakinkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami dan menerapkan aspek pemasaran yang bersifat psikologi berikut dalam strategi pemasaran Anda. Apa saja aspek pemasaran itu, mari kita bahas lebih lanjut.

Sponsor Link

1. Visual yang kuat dapat mendatangkan keajaiban

Tahukah Anda? Manusia dapat mengingat 65% dari konten visual yang mereka lihat, bahkan setelah tiga hari berlalu. Konten visual lebih menarik bagi calon pelanggan dan Anda dapat dengan mudah menyampaikan banyak pesan lebih cepat melalui konten visual daripada teks. Video produk juga membantu meningkatkan pembelian banyak produk. Dalam aspek pemasaran ini, bukan berarti Anda boleh mengabaikan text, namun lebih kepada melakukan penggabungan antara konten text dan gambar untuk membuat konten yang benar-benar berkualitas.

Penggunaan aspek visual dalam konten pemasaran Anda dapat memberi Anda keunggulan dalam industri Anda. Menurut Anda mengapa lebih dari 50% orang dewasa di Amerika Serikat menggunakan YouTube? Hal ini karena manfaat pemasaran dari konten visual yang kaya tidak bisa terlalu ditekankan. Aplikasi konten visual telah melampaui pemasaran saja.

2. Satu keberuntungan layak untuk yang lain

Secara alami, orang cenderung memberi sedikit peluang setelah menerima peluang juga. Dalam pemasaran digital juga sama, pelanggan akan secara alami bersedia menawarkan Anda rekomendasi mereka setelah menerima hadiah kecil dari Anda. Siapa bilang Anda tidak bisa menawarkan saran atau aksesori profesional secara gratis demi memenangkan kepercayaan dari pelanggan ini.

Ini adalah konsep di balik pemasaran inbound dan pemasaran konten. Anda menawarkan konten yang berharga dan mencerahkan bagi pelanggan Anda dan kapan pun diperlukan bagi mereka untuk memanfaatkan produk atau layanan yang terkait dengan konten Anda, mereka secara alami akan merasa berkewajiban untuk melindungi Anda. Pemilik bisnis yang selalu menggunakan teknik ini akan menguntungkan banyak pelanggan.

3. Menyampaikan emosi atau perasaan

Emosi adalah salah satu dari aspek pemasaran yang harus Anda perhatikan dalam kegiatan pemasaran. Penelitian telah menunjukkan bahwa emosi adalah keinginan yang membuat pengguna mencari produk atau layanan apa pun, bukan fitur. Bahkan ketika produk Anda dapat memberikan fitur-fitur yang luar biasa, Anda tidak dapat menarik calon pelanggan dengan memamerkan fitur-fitur produk terutama ketika itu tidak dapat memenuhi kebutuhan dari emosi calon pelanggan. Beberapa pemasar gadget sering melakukan kesalahan dengan memamerkan cara kerja gadget daripada menggambarkan bagaimana gadget dapat membantu pelanggan.

Emosi calon pelanggan lebih terkait dengan bagaimana produk atau layanan Anda dapat menyelesaikan masalah mereka dan inilah yang akan Anda gunakan untuk menghubungkannya dengan emosi mereka. Ketika Anda dapat dengan jelas menunjukkan aspek pemecahan masalah dari produk atau layanan Anda, calon pelanggan Anda secara alami akan menginginkannya. Kemampuan Anda untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan sangat relevan di sini karena memainkan peran utama dalam membantu Anda terhubung dengan emosi pelanggan Anda.

4. Anchoring

Teknik ini sangat umum dilakukan di kalangan pemilik toko, terutama toko online. Anda terkadang dapat memutuskan untuk menjual produk Anda dengan harga murah. Namun, pelanggan yang tidak mengetahui harga rendah ini mungkin hanya menganggapnya sebagai harga reguler dan mereka mungkin tidak dipindahkan. Dengan menggunakan teknik penahan, Anda akan menampilkan harga jual rendah di samping harga awal produk. Ini akan mendorong pelanggan untuk membeli sebanyak mungkin, karena mengetahui bahwa harganya sangat murah.

Dengan menggunakan teknik ini, Anda telah berhasil menerapkan aspek psikologi pemasaran karena pengetahuan Anda tentang preferensi pelanggan untuk produk yang lebih murah telah dimanfaatkan secara menguntungkan. Penahan dapat digunakan untuk mencapai penjualan produk yang cepat yang menjadi tujuan dalam penjualan.

5. Pembuktian secara sosial

Orang biasanya menggunakan bukti sosial dalam mode dan dalam menjual produk lain yang melekat pada gengsi. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang cenderung berperilaku sejalan dengan pendapat orang lain atau sekelompok orang yang mereka sukai atau kagumi. Ketika pengguna melihat orang yang mereka sukai menggunakan produk tertentu, mereka cenderung merasa aman menggunakan produk tersebut juga.

Hal ini sering dijadikan sebagai konsep di balik beberapa kontrak di mana selebriti bertindak sebagai duta merek untuk beberapa perusahaan. Begitu orang melihat selebriti tersebut menggunakan beberapa produk dari perusahaan, mereka sudah memiliki bukti sosial bahwa produk seperti itu baik dan itulah cara seorang selebriti memutuskan untuk menggunakannya. Karena itu, mereka membeli produk tersebut berdasarkan bukti sosial yang mereka miliki tentang keasliannya. Dalam strategi pemasaran Anda, menggunakan bukti sosial menunjukkan bahwa Anda memahami siapa yang dapat memengaruhi perilaku calon pelanggan Anda. Setelah Anda membuktikan bahwa orang tersebut menggunakan produk Anda, pelanggan kemungkinan besar akan membeli juga.

Sponsor Link

6. Teknik umpan

Teknik umpan adalah salah satu cara cerdas lainnya untuk membuat pelanggan menghargai harga produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dalam metode ini, Anda akan secara cerdik membatasi pelanggan Anda untuk beberapa opsi membuat opsi yang Anda inginkan agar produk yang mereka pilih terlihat sangat menarik. Misalnya, toko dapat memasang cangkir seharga Rp 50,000, sendok teh seharga Rp 40,000 dan kombinasi cangkir dan sendok teh seharga Rp 70,000.

Secara alami, pelanggan yang bijak akan memilih kombinasi, mereka akan berpikir bahwa sangatlah murah untuk membeli cangkir dan sendok teh seharga Rp 70,000 daripada membeli yang dijual terpisah. Sedangkan maksud sebenarnya dari pemilik toko adalah untuk benar-benar menjual kedua produk tersebut seharga Rp 70,000. Teknik umpan memanfaatkan keinginan pelanggan untuk mendapatkan manfaat maksimal dengan biaya sesedikit mungkin.

7. Kesabaran

Kesabaran bisa dibilang merupakan aspek pemasaran yang bersifat psikologis. Ini mungkin menjadi bagian terpenting dari pemasaran digital. Ini mungkin bukan metode pemasaran, tetapi merupakan aspek pemasaran yang penting bagi keberhasilan pemasaran digital. Pertumbuhan Internet menciptakan kebutuhan ini untuk hasil dan jawaban segera. Dengan pemasaran digital, kedekatan itu tidak ada.

Dengan pengecualian PPC, melihat hasil dari menggunakan metode pemasaran ini membutuhkan waktu alias Anda harus sabar. Kesabaran adalah kunci terbesar untuk memanfaatkan pemasaran digital dengan sukses. SEO tidak bisa membuat situs web Anda ke tempat peringkat tinggi dalam semalam. Dibutuhkan waktu dan usaha untuk melihat hasilnya, tetapi percayalah bahwa waktu yang Anda lewati itu sangat berguna.

Sebuah bisnis tidak serta merta menjadi populer pada hari pertama mereka buka. Butuh waktu dan kesabaran untuk membangun basis pelanggan dan menciptakan hubungan dengan mereka. Hubungan ini dibuat selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun interaksi. Seperti halnya hubungan ini, SEO membutuhkan kesabaran dan waktu untuk melihat hasil yang bisa dihasilkannya.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol