Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Pemasaran Panduan untuk Pemasaran Mesin Pencari Berbayar dengan SEM

Panduan untuk Pemasaran Mesin Pencari Berbayar dengan SEM

-

Digitalisasi semakin mendominasi dunia. Dalam beberapa tahun saja semuanya sudah berubah bahkan ada yang ditinggalkan jika tidak mampu beradaptasi. Beberapa contoh diantaranya, handphone tidak lagi menggunakan keypad fisik. Hampir semuanya sudah menggunakan handphone yang berlayar touch screen. Begitu pula dengan layanan SMS yang awalnya merupakan sebuah fitur bertukar pesan sekarang mulai jarang digunakan dan digantikan oleh media sosial seperti, Whatsapp, Kakaotalk, Line dan aplikasi-aplikasi serupa.

Aplikasi-aplikasi tersebut adalah aplikasi pengirim pesan yang memanfaatkan jaringan internet. Ada pula teknologi yang sedang berkembang seperti dompet digital, anda bisa membayar, berbelanja bahkan ada beberapa promo menarik dari beberapa apps tersebut. Seperti diskon 60% tiap berbelanja di merchant tertentu. Terdengar sangat menggiurkan bukan? Kita tidak perlu lagi membawa dompet kemana-mana, hanya perlu membawa handphone dan semuanya beres.

Dari peristiwa tersebut, kita tahu bahwa dunia sedang dalam proses digitalisasi. Apa saja bisa diakses dengan menggunakan internet, mulai dari cakupan lokal sampai ke yang beda benua. Semua terasa tidak ada jarak dan berlangsung secara real time. Bagian pemasaran juga terkena dampak globalisasi. Mulai dari adanya online shop, munculnya istilah digital marketing, adanya posisi pekerjaan yang terkait dengan dunia digital seperti Social Media Specialist dan masih banyak lagi perubahan lainnya yang terjadi.

Pengertian SEM Adalah:

pemasar-4

Artikel terkait  Keywords adalah : Mendapatkan Keywords Terbaik untuk Konten Blog atau Website

Kini hampir seluruh perusahaan pastinya menggunakan digital marketing untuk menjangkau pasar yang mereka targetkan. Dengan menggunakan digital marketing, mereka tidak hanya bisa menjangkau pasar lokal tapi juga sangat amat memungkinkan menjangkau pasar di seluruh dunia. Hal ini tentu saja lebih efektif jika dibandingkan menggunakan pemasaran secara offline. Nah, salah satu cara digital marketing melakukan pemasaran adalah dengan menggunakan mesin pencari berbayar atau yang banyak dikenal dengan sebutan SEM (Search Engine Marketing).

Jika kita membahas mengenai SEM (Search Engine Marketing) pastinya orang juga akan berpikir mengenai SEO (Search Engine Optimization). Memang keduanya ada hubungannya, tetapi masing-masing cara kerja search engine nya cukup berbeda. Penerapan SEO biasanya lebih menekankan pada pencarian konten berdasarkan traffic. Traffic dapat dihasilkan dari berapa banyak orang yang sudah mengunjungi suatu website, berapa banyak halaman yang mereka lihat dan berapa lama durasi waktu yang mereka habiskan untuk berada dalam website tersebut yang mengukur seberapa populernya suatu website atau konten itu. SEO bisa disebut juga pertumbuhan organik, karena memanfaatkan keyword dan hashtag.

Pertumbuhan secara organik juga bisa disebut sebagai usaha gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan pengunjung website atau konten. Salah satu caranya yaitu, dengan membuat konten yang berkualitas sehingga memancing banyak viewer untuk berkunjung. Menggunakan keyword dan hashtag yang tepat bisa membantu memunculkan website di halaman terdepan karena banyaknya traffic yang terjadi untuk konten anda, berhubung dengan tepat sasarannya keyword dan hashtag anda. Ini pun prosesnya cukup memakan waktu sampai Google/Social Media lainnya melihat traffic yang stabil dari konten ataupun website anda.

Lain halnya dengan penggunaan SEM. Penggunaan SEM adalah juga untuk meningkatkan web traffic, hanya saja perbedaannya jika menggunakan metode SEM maka akan ada biaya yang harus dikeluarkan. Tidak seperti SEO yang berkembang secara organik. SEM adalah cara yang dinilai meningkatkan traffic lebih cepat dibandingkan dengan SEO yang membutuhkan waktu lama. Lalu apa sih sebenarnya itu SEM? SEM adalah kegiatan pemasaran pada mesin pencari yang menawarkan produk ataupun jasa secara berbayar dan menghasilkan traffic pada website dengan cara meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari.

Cara penerapan SEM Adalah Sebagai Berikut:

Salah satu cara menerapkan metode SEM adalah dengan  memakai Google Adword atau yang sekarang ini bisa disebut juga dengan Google Ads. Berikut ini merupakan keuntungan-keuntungan yang bisa anda peroleh dari penggunaan SEM:

Menghasilkan Revenue Lebih

Penggunaan SEM ini akan menghasilkan lebih banyak revenue. Dengan banyaknya jumlah orang yang mengetahui promo produk anda, tentunya akan menghasilkan pelanggan yang lebih banyak. Sistem yang digunakan contohnya seperti PPC (Pay Per Click) walaupun tidak diklik oleh visitor, iklan anda juga tetap bisa menjadi media untuk brand awareness bagi produk ataupun jasa anda.

Peningkatan Konversi

Artikel terkait  Perbedaan yang Mendasar antara Pemasaran dan Blogging

SEM juga dapat meningkatkan konversi, yaitu suatu pencapaian untuk sebuah kampanye pemasaran. Karena dengan menggunakan SEM, anda bisa menautkan iklan website anda baik berupa video promosi atau gambar dari promosi anda pada landing page ataupun beberapa website lainnya yang memiliki traffic yang stabil. Konversi itu ada berbagai macam jenisnya seperti, visitor yang berlangganan newsletter pada website anda, subscriber baru, melakukan transaksi pembelian dan masih banyak target lain yang bisa dicapai. Hanya dengan cara, visitor mengklik iklan yang tampil pada website pengiklanan kemudian diarahkan ke website brand dan melakukan aktivitas yang mendukung konvers tersebut. Banyaknya kunjungan yang terjadi pada website brand, akan berpengaruh juga terhadap SEO. Jika traffic pada website anda meningkat maka website anda akan selalu disarankan oleh search engine jika keyword yang dimasukan sesuai.

Peningkatan Brand Awareness

brand-awareness-4

Walaupun iklan yang dipasang tidak di klik oleh visitor tapi tenang saja, ini juga bisa menciptakan brand awareness. Dikarenakan iklan berada dibagian paling atas landing website ataupun berada disebelah kanan atau kiri, hal ini tetap membuatnya visible dan orang-orang masih bisa membacanya ataupun mengenali barang dari produk tersebut. Pastinya produk anda sedikit tidaknya akan mempengaruhi pikiran mereka karena muncul secara terus-menerus. Jika mereka ingin membeli suatu barang yang terkait dengan produk anda, kemungkinan besar mereka akan mengingat brand anda untuk yang pertama kalinya.

Cocok untuk Local Marketing

Penggunaan ads tentunya sangat membantu, terutama untuk para pebisnis lokal ataupun ingin melakukan local marketing. Contohnya adalah sebagai berikut, jika anda mengetikkan sebuah keyword pada search engine contoh saja untuk “pembuatan website di Bali” maka secara otomatis search engine akan memunculkan website yang menggunakan ads di list tampilan terdepan. Ini akan sangat menguntungkan anda untuk mendapat lebih banyak visitor.

Hasil yang cepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SEM akan memberikan hasil yang sangat cepat dibandingkan hanya mengandalkan SEO. Bahkan hasilnya dapat dirasakan dalam 1 jam setelah iklan dipasang. Sedangkan menggunakan SEO proses bisa saja lebih dari 6 bulan, itupun jika keyword dan hashtag yang digunakan sudah tepat. Jika anda tidak sabaran menunggu hasil yang sangat lama maka SEM adalah jawabannya.

Itulah tadi beberapa hal yang merupakan keuntungan dari menggunakan SEM. Nah berikut ini merupakan beberapa panduan persiapan yang perlu dilakukan sebelum menggunakan Search Engine Marketing.

Artikel terkait  5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Meluncurkan Blog Sendiri dalam Penerapan SEO

  1. Pilih letak geografis untuk iklan yang ingin ditampilkan, apakah pasar anda merupakan pasar lokal, nasional ataupun internasional.
  2. Pilih kata kunci yang akan terkait dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.
  3. Membuat iklan berupa teks untuk ditampilkan pada hasil pencarian dengan search engine
  4. Harga yang sanggup anda bayarkan untuk setiap klik pada iklan yang akan ditampilkan nantinya.

Kesimpulan

Nah jika anda sudah paham semua persyaratan beserta dengan manfaat dari penggunaan SEM untuk produk ataupun jasa anda. Jadi jangan ragu lagi untuk menghubungi jasa Search Engine Marketing untuk membuat iklan yang akan ditampilkan pada search engine. Selain manfaatnya akan terasa lebih cepat, penggunaan SEM juga meningkatkan brand awareness pada produk ataupun jasa anda karena kekonsistenan visibilitas iklan baik berupa video ataupun gambar promosi yang akan menarik perhatian bagi para calon konsumen yang potensial.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya