Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Marketing dengan AI seringkali terlihat menakutkan karena anggapan bahwa AI dapat menggantikan manusia dan bahkan mengancam kita. Padahal, jika digunakan secara etis dan kreatif, AI dapat meningkatkan upaya marketing kita, mengurangi biaya, dan menghemat waktu. Dilansir dari mailmodo.com, berikut adalah beberapa contoh dan studi kasus penggunaan AI dalam marketing yang menarik untuk membantu kita memulai. Yuk disimak!
Daftar Isi
Contoh Marketing dengan AI dan Studi Kasus Bagaimana Cara Mengadopsinya
Untuk memahami lebih baik penggunaan marketing dengan AI dan bagaimana AI menghasilkan bagi berbagai merek di berbagai industri, berikut adalah beberapa contoh penggunaan AI dalam marketing dan studi kasus bagaimana cara mengadopsinya.
Nutella menggunakan AI untuk menciptakan kemasan
Ide dan Hasil
Industri: Makanan & Minuman
Studi kasus penggunaan untuk: Desain
Ide: Nutella ingin menciptakan kemasan yang menonjol dan membuat produk mereka lebih diinginkan dan menjadi pembicaraan merek. Tantangan transformasi ini diberikan kepada sebuah agensi branding bernama Ogilvy Italia. Mereka menggunakan AI dan puluhan pola untuk menciptakan 7 juta label yang unik dan ekspresif seperti orang Italia. Kemudian lahirlah Nutella Unica.
Hasilnya: 7 juta botol yang diproduksi untuk kampanye ini terjual habis begitu mereka tiba di pasaran!
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
AI dapat sangat efektif dalam desain branding, seperti yang kita lihat dalam contoh ini. Jika kita ingin mencoba desain kampanye marketing dengan AI, ada beberapa alat yang tersedia. Berikut beberapa alat yang dapat kita coba:
Midjourney
DALL-E
Alpaca
Dream Studio
Cyber Inc menggunakan AI untuk membuat kursus video dalam jumlah besar
Ide dan Hasil
Industri: Layanan IT
Studi kasus penggunaan untuk: Pembuatan Konten
Ide: Cyber Inc berhasil berkat bantuan tool Synthesia AI, platform pembuatan video AI untuk menghasilkan video untuk kursus online mereka. Cyber Inc ingin cepat berkembang dan memperluas jangkauan global dengan membuat video dalam berbagai bahasa.
Mereka tidak hanya menggunakan AI ini untuk menciptakan avatar sebagai pengganti aktor, tetapi juga untuk mengurangi biaya produksi video.
Hasilnya: Seperti yang diharapkan, Cyber Inc dapat membuat video 2x lebih cepat. Dengan menghasilkan konten dalam berbagai bahasa, memperluas market mereka lebih awal dari yang direncanakan, yang sebelumnya merupakan proses yang memakan waktu dan mahal tanpa adanya AI. Inilah skalabilitas dengan harga yang terjangkau!
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
Kita dapat membuat konten dengan kecepatan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah dengan AI. Ini juga memberi kita keuntungan dalam mencoba variasi konten tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu. Ini beberapa alat hebat yang bisa kita coba!
Synthesia AI
HeyGen
Pictory
In-Video
Cosabella Menggunakan AI untuk Pembuatan Iklan
Ide dan Hasil
Jenis Industri: Pakaian & Mode Ritel
Studi kasus penggunaan untuk: Media Sosial & Iklan
Ide: Media sosial dan iklan adalah elemen penting dalam marketing, dan Cosabella berhasil dengan mengizinkan AI masuk ke operasi marketing mereka. Ketika komunikasi marketing antara Cosabella dan agensinya memakan waktu dan terasa sulit, mereka memutuskan untuk memberikan tanggungjawabnya kepada Algoritma bernama Albert. Albert ditugaskan untuk marketing digital dan pencarian berbayar menggunakan kreasi dan KPI yang disediakan oleh merek.
Hasilnya: Meskipun AI mengambil alih dunia bisa menjadi menakutkan, bagi Cosabella, Albert meningkatkan pengembalian modal iklan di pencarian berbayar dan media sosial mereka sebesar 50% dan mengurangi pengeluaran iklan mereka sebesar 12%.
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
Kemajuan AI telah menjadi keajaiban bagi para pemasar, terutama dalam hal media sosial dan periklanan. Dengan AI, kita dapat mengotomatisasi tugas-tugas dan melihat peningkatan angka, seperti halnya Cosabella. Periksa alat AI ini untuk mengimplementasikan iklan yang lebih baik dan manajemen media sosial:
Adext AI
Lately
Optimove
Madgicx
Volkswagen Menggunakan AI Untuk Memprediksi Keputusan Pembelian
Ide dan Hasil
Jenis Industri: Otomotif
Studi kasus penggunaan untuk: Analisis Prediktif
Ide: Karena agensi iklan yang bekerja dengan Volkswagen memberikan interpretasi pribadi tentang keputusan pembelian iklan, para pemasar di Volkswagen memutuskan untuk menugaskan pada AI untuk keputusan ini. Mereka memutuskan untuk mempercayai AI agar dapat menginvestasikan lebih sedikit dalam kampanye dan meningkatkan penjualan.
Hasilnya: Dengan prediksi keputusan pembelian yang lebih baik, Volkswagen dapat mengurangi biaya tersembunyi yang sebelumnya dikenakan oleh agensi media. Tidak hanya itu, penjualan dari dealer Volkswagen meningkat sebesar 20%.
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
Seperti Volkswagen, kita dapat meningkatkan keputusan pengeluaran kita dan menghemat banyak uang. Ada banyak alat AI untuk analisis data yang dapat kita coba! Berikut beberapa yang bagus untuk kita pertimbangkan:
Tableau
RapidMiner
DataRobot
IBM SPSS
Tomorrow Sleep Menggunakan AI Untuk Menghasilkan Konten Secara Massal
Ide dan Hasil
Jenis Industri: Kasur
Studi kasus penggunaan untuk: marketing Konten
Ide: Tomorrow Sleep, sebagai startup, membutuhkan bantuan untuk meningkatkan traffic di situs web mereka. Apa yang membuat traffic mereka melesat? Tomorrow Sleep menggunakan MarketMuse, alat yang ditenagai oleh AI, untuk penelitian dan menghasilkan konten yang kuat, yang meningkatkan traffic secara signifikan.
Hasilnya: Dari traffic yang hanya 4.000 per bulan, mereka melonjak menjadi 400.000 dalam waktu satu tahun. Selain itu, situs web mereka mendapatkan otoritas di search engine untuk mendapatkan cuplikan unggulan. Marketing dengan AI memungkinkan mereka mendapat traffic yang menakjubkan.
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
Kita dapat menggunakan berbagai alat AI dalam operasi marketing untuk meningkatkan traffic secara signifikan. Untuk memulai, berikut beberapa alat yang dapat kita coba:
Frase.io
Writesonic
Narrato
Surferseo
Netflix Menggunakan AI untuk Rekomendasi Personal
Ide dan Hasil
Jenis Industri: Hiburan
Studi kasus penggunaan untuk: Personalisasi
Ide: Kita semua tahu betapa hebatnya Netflix dalam marketing, tetapi satu hal yang menonjol adalah penggunaan AI untuk personalisasi. Bagaimana mereka melakukannya? Menurut Netflix, “Kami melakukannya dengan menggunakan data tentang konten apa yang disukai anggota kami dan bagaimana mereka berinteraksi dengan layanan kami untuk menjadi lebih baik dalam mencari tahu film atau acara TV hebat berikutnya untuk mereka.” AI mengumpulkan data tersebut dan merekomendasikan acara, film, bahkan karya seni yang kita lihat dipersonalisasi sesuai dengan pengguna.
Hasilnya: Sekarang kita tahu bagaimana Netflix selalu membuat kita tertarik. Mari kita lihat seberapa menguntungkan AI bagi Netflix. Mesin rekomendasi Netflix bernilai lebih dari $1 Miliar per tahun, yang tentunya berasal dari susunan saran yang dipersonalisasi hanya untuk selera penonton.
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
Personalisasi dan eksperimen dengan data menjadi lebih mudah dengan adanya AI sekarang. Yang kita butuhkan hanyalah alat untuk mewujudkannya, dan kami memiliki beberapa yang bagus untuk kita coba:
Evolve AI
Kameleoon
Optimizely
Dynamic Yield
JP Morgan Chase mempercayai AI untuk Penulisan Iklan
Ide dan Hasil
Jenis Industri: Perbankan
Studi kasus penggunaan untuk: Penulisan Iklan
Ide: Ketika mereka menyadari bahwa AI dapat menciptakan iklan yang lebih baik daripada manusia, Chase menandatangani kesepakatan dengan Persado, sebuah perusahaan perangkat lunak, ketika hasil iklan yang dihasilkan oleh AI memiliki tingkat klik yang lebih tinggi – bahkan dua kali lipat dalam kebanyakan kasus. Dalam sebuah pernyataan, Kristin Lemkau, kepala petugas marketing di JPMorgan Chase, mengatakan, “Teknologi Persado sangat menjanjikan. Mereka berhasil menulis ulang iklan dan judul yang mungkin tidak akan dilakukan oleh seorang pemasar menggunakan penilaian subjektif dan pengalamannya sendiri. Dan itu berhasil.”
Hasilnya: Seperti yang disebutkan oleh Kristin, Persado berhasil membuat keajaiban dalam penulisan iklan mereka. Chase melihat peningkatan 450% dalam tingkat klik pada iklan dengan bantuan Persado. Hal ini membuat Chase mempertahankan Persado sebagai mitra mereka untuk jangka waktu yang lebih lama.
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
Alat ini bisa dicoba untuk membantu menulis iklan menggunakan AI:
Copy AI
Jasper AI
ClosersCopy
Shortly AI
FARFETCH Menggunakan AI untuk Meningkatkan Brand Voice
Ide dan Hasil
Industri: Ritel Mode Mewah
Studi kasus penggunaan untuk: Optimalisasi Bahasa Merek
Ide: FARFETCH berusaha untuk menyesuaikan komunikasinya dengan jutaan pengguna. Mereka bermitra dengan Phrasee, sebuah alat yang menghasilkan konten sesuai dengan merek dengan kontrol dan optimasi tingkat perusahaan dengan menguji gaya, nada, kata-kata, dan frasa baru dan menemukan bahasa yang paling resonan dengan audiens mereka. Mereka mencoba menerapkan strategi ini dalam kampanye marketing melalui email mereka.
Hasilnya: Dengan memberikan wewenang kepada Phrasee untuk mengelola konten marketing melalui email, FARFETCH melihat hasil yang mengesankan, dengan peningkatan rata-rata tingkat klik sebesar 38% dan peningkatan rata-rata tingkat buka sebesar 31% dalam kampanye pemicu mereka. Mereka berhasil menangkap suara merek yang unik dan mempertahankannya secara konsisten.
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
Bahasa merek kita sangat penting ketika berkomunikasi dengan audiens kita. Membiarkan konten AI membantu adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa konten tersebut sempurna atau mendekati sempurna. Berikut ini beberapa yang dapat kita coba:
Phrasee
Whispir
INK
Mastercard Menerapkan Kecerdasan AI untuk Menghadapi Ancaman Kompetitif
Ide dan Hasil
Jenis Industri: Layanan Keuangan / Teknologi
Studi kasus penggunaan untuk: Analisis Kompetitif
Ide: Selama pandemi global, Mastercard Payment Gateway Services (MPGS) menghadapi tantangan yang terus-menerus dan membutuhkan kecerdasan untuk menghadapi ancaman kompetitif. Di sinilah Crayon, platform yang ditenagai oleh AI, digunakan oleh MPGS untuk mendapatkan pkitangan dari pesaingnya dan memprediksi ancaman yang akan datang.
Hasilnya: Crayon membuat perbedaan besar dalam strategi intelijen kompetitif mereka. Direktur Global Product Marketing and Sales Enablement, Mike Wienke, mengatakan, “Crayon memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana setiap pesaing mendekati pasar, sehingga lebih mudah melihat Mastercard dari sudut pkitang eksternal. Hal ini tidak hanya membuat latihan ini jauh lebih efektif, tetapi juga memungkinkan kami untuk melibatkan orang-orang dari seluruh organisasi dan membuka dialog—di mana setiap orang dapat memberikan kontribusi ide berharga.”
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
Seperti halnya MPGS, terdapat banyak potensi dalam alat AI untuk menganalisis pesaing dan memperbarui strategi kita. Untuk mengawasi pesaing kita dengan lebih dekat, berikut adalah beberapa alat yang bisa kita investasikan:
Klue
Kompyte
Contify
The News Movement menggunakan analitik AI untuk mendengarkan sosial media
Ide dan Hasil
Jenis Industri: Media dan Penerbitan
Studi kasus penggunaan untuk: Manajemen Media Sosial
Ide: The News Movement, platform media, ingin audiensnya terlibat dan berkembang sebanyak mungkin. Untuk itu, mereka perlu mempelajari data dengan mendalam dan memahami apa yang dipikirkan dan dibicarakan oleh audiens mereka. Mereka menggunakan Sprinklers Unified-CXM yang didukung oleh AI, mengumpulkan petabyte data pelanggan dari berbagai platform, dan menginterpretasikan, mengenali, dan memahami setiap sinyal niat pelanggan.
Hasilnya: Dengan alat yang didukung oleh AI ini, TNM dapat menghemat banyak jam setiap minggu, dan mereka dapat menggunakan data media sosial mereka untuk lebih baik berinteraksi dengan audiens mereka di media sosial, semua ini tercapai dalam waktu kurang dari 6 bulan. Ini memberikan mereka data historis dari TikTok yang sebelumnya tidak mereka miliki, yang mengubah permainan media sosial untuk TNM.
Bagaimana Kita Dapat Mengadopsi Hal Ini?
Mendengarkan sosial media dapat membantu kita memahami selera, preferensi, dan niat audiens kita. Untuk lebih memahami hal ini, alat pemantauan sosial yang didukung oleh AI seperti ini dapat membantu:
SentiOne
Meltwater
Emplifi
Kesimpulan
Dalam studi kasus marketing dengan AI ini, kita telah mempelajari bagaimana merek-merek, bahkan yang terbesar seperti Nutella, Volkswagen, Netflix, dll., berhasil dalam strategi marketing mereka dengan menggunakan kecerdasan buatan. Memberikan tanggung jawab operasi marketing kepada AI dapat membuat perbedaan besar dan membuat hasil yang menakjubkan. Untuk membuat semuanya jelas, AI mungkin segera dapat mengambil alih operasi bisnis, jadi jika kita masih berpikir itu tidak akan sepadan dengan uang kita, pikirkan lagi karena kita tidak ingin ketinggalan jauh dari kompetisi. Manfaatkan potensi AI dalam marketing kita dan lihat bagaimana hasilnya dapat membawa kita ke level yang lebih tinggi. Semoga informasi ini berguna ya!
Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.