Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Konsep 8C dari social media marketing merupakan hal wajib yang perlu diketahui oleh setiap pemasar digital, karena dapat menciptakan perbedaan besar dalam pemasaran digital. Di era digital saat ini, media sosial dapat dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis Anda kepada pelanggan yang ditargetkan dengan biaya yang relatif murah. Jika Anda ingin memanfaatkan kekuatan pemasaran digital untuk bisnis Anda, baca artikel ini dan ikuti panduan lengkapnya. Dilansir dari marketingeon.com, berikut pembahasannya. Yuk disimak!
Daftar Isi
Konsep 8C dari Social Media Marketing
Bagaimana konsep dari 8C ini? Berikut panduan lengkap apa saja delapan bagian tersebut.
1. Core Values (Nilai Inti)
Nilai inti dari merek Anda akan membantu menarik pelanggan dan membuat mereka kembali lagi. Inilah alasan Anda harus fokus untuk menciptakan identitas merek yang unik dan menarik untuk bisnis Anda. Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis Anda; Anda harus fokus pada nilai inti Anda. Ini mencakup logo dan slogan atau moto, yang harus sama di semua jenis media yang berbeda. Anda harus memastikan bahwa segala sesuatu tentang identitas merek Anda konsisten. Merek Anda harus memiliki suara yang unik yang akan menarik pelanggan dan membuat mereka kembali lagi. Oleh karena itu, Anda harus meluangkan waktu dan upaya untuk menciptakan suara yang unik. Memastikan bahwa Anda menggunakan bahasa dan nada yang tepat merupakan elemen pertama dari 8 C dalam social media marketing. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda berkomunikasi dengan pelanggan dengan cara yang benar. Ada banyak cara untuk menciptakan suara yang unik untuk bisnis Anda, seperti menggunakan video, wawancara, menulis blog dan artikel yang berfokus pada topik tertentu, atau bahkan membuat podcast. Semua ini dapat membantu Anda menciptakan suara yang unik untuk bisnis Anda. Yang paling penting, pastikan Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda dengan cara yang dapat mereka pahami.
2. Content (Konten)
Jika Anda ingin konten media sosial Anda menonjol, Anda harus bisa menjawab pertanyaan orang dan menawarkan informasi yang berguna bagi mereka. Anda harus fokus pada jenis konten yang berguna bagi audiens Anda. Misalnya, jika Anda menulis blog tentang suatu produk, Anda perlu menulis tentang fitur-fitur produk tersebut dan menawarkan tips serta petunjuk yang berguna tentang produk tersebut. Ketika Anda membuat konten untuk platform media sosial Anda, pastikan bahwa Anda berbicara tentang hal-hal yang benar-benar bermanfaat bagi audiens Anda. Orang hanya akan membaca konten Anda jika konten tersebut bermanfaat bagi mereka. Oleh karena itu, Anda harus jujur dan transparan dalam apa yang Anda lakukan.
3. Community (Komunitas)
Dalam melakukan social media marketing, Anda harus memastikan bahwa Anda menciptakan komunitas yang menarik dari orang-orang yang peduli dengan produk dan layanan Anda. Ketika orang mengenal merek Anda, mereka akan ingin mendukung Anda. Mempertahankan pelanggan yang menyukai merek Anda akan menghasilkan lebih banyak penjualan. Anda bisa membangun komunitas pelanggan yang terlibat dengan membuat postingan yang menarik di halaman Facebook Anda. Jika orang menyukai apa yang mereka lihat, mereka mungkin ingin membagikan halaman Anda dengan teman-teman mereka. Orang yang menyukai halaman Anda akan kembali mengunjungi situs Anda dan membeli dari Anda. Anda juga dapat membuat saluran YouTube di mana Anda dapat menunjukkan kepada orang-orang apa yang Anda lakukan dengan produk Anda. Jika orang menikmati apa yang Anda posting di saluran Anda, mereka akan memberi tahu teman-teman mereka tentang hal itu.
4. Collaboration (Kolaborasi)
Berkolaborasi dengan orang lain merupakan salah satu cara terpenting untuk mempromosikan bisnis Anda. Lebih spesifiknya, Anda perlu berkolaborasi dengan para influencer, yang merupakan elemen penting dari 8 C dalam social media marketing. Orang-orang senang mengikuti orang lain di media sosial dan influencer memiliki basis penggemar yang kuat dengan jumlah pengikut yang besar. Influencer dapat memengaruhi keputusan pembelian pelanggan Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penting untuk terhubung dengan influencer lain di niche Anda. Dengan terhubung dengan mereka, Anda akan dapat mempelajari cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dan mendapatkan ide untuk konten baru.
5. Connection (Koneksi)
Koneksi adalah bagian terpenting dari 8 C social media marketing. Jika Anda ingin memiliki kampanye social media marketing yang sukses, Anda harus menciptakan koneksi yang baik dan membina hubungan dengan pelanggan Anda. Media sosial adalah platform terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Jika Anda tidak memiliki hubungan dengan pelanggan Anda, Anda tidak akan bisa mendapatkan kepercayaan mereka dan mempertahankan hubungan yang baik dengan mereka. Anda harus membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda untuk memastikan sistem koneksi yang efektif. Anda dapat melakukan ini dengan berkomunikasi dengan mereka, menjawab pertanyaan mereka, dan menanggapi komentar yang mereka berikan. Anda juga dapat membangun komunitas.
6. Conversation (Percakapan)
Anda harus merancang sebuah sistem untuk layanan pelanggan. Ini akan membantu pelanggan Anda mengetahui apa yang diharapkan dari Anda. Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk memberikan layanan pelanggan terbaik kepada mereka. Ketika pelanggan tahu apa yang diharapkan, mereka akan lebih cenderung mempercayai Anda dan menyukai produk serta layanan Anda. Pelanggan senang mendapatkan informasi terbaru tentang bagaimana bisnis Anda berjalan. Pastikan Anda segera membalas email dan panggilan telepon. Jika orang harus menunggu balasan dari Anda, mereka akan mulai meragukan profesionalisme Anda. Anda harus mengirimkan pembaruan tentang apa yang Anda lakukan di situs web Anda dan mempostingnya di platform media sosial Anda. Anda juga harus memperbaruinya ketika Anda memiliki produk atau layanan baru.
7. Consistency (Konsistensi)
Jika Anda ingin mendapatkan yang terbaik dari social media marketing, Anda harus sangat konsisten dengan kehadiran Anda di media sosial. Buatlah rencana dan cobalah untuk mengikuti kalender konten agar audiens Anda mendapatkan tanggapan yang teratur dari Anda.
Daripada memposting secara acak, Anda dapat membuat jadwal dan memposting pada waktu tertentu. Ini akan membantu Anda menjadi konsisten dengan aktivitas media sosial Anda dan audiens Anda akan dapat mengingat merek Anda.
8. Conversion (Konversi)
Ini adalah salah satu faktor paling penting dari 8 C social media marketing yang membantu Anda mendapatkan pengunjung untuk mengunjungi situs web Anda. Untuk membuat mereka membeli dari Anda, Anda harus memiliki penawaran yang menarik. Misalnya, jika Anda menjual produk yang bermanfaat bagi audiens Anda, Anda harus menyertakan tautan di postingan Anda.
Ketika orang mengklik tautan ini, mereka akan datang ke halaman Anda. Anda perlu memastikan bahwa Anda menyediakan konten yang bermanfaat di situs web Anda. Anda harus memberikan banyak informasi tentang produk Anda. Ini akan membantu orang untuk melakukan pembelian.
Anda juga harus memberikan alasan kepada orang-orang untuk membeli dari Anda. Orang tidak akan membeli dari Anda jika mereka tidak memiliki alasan yang baik untuk melakukannya. Anda harus memberi tahu audiens Anda mengapa Anda menawarkan diskon atau pengiriman gratis.
Kesimpulan
8 C social media marketing, yang mencakup core values (nilai inti), content (konten), community (komunitas), collaboration (kolaborasi), connection (koneksi), conversation (percakapan), consistency (konsistensi), conversion (konversi), merupakan prinsip-prinsip penting dalam strategi pemasaran digital. Core values berfokus pada penciptaan identitas merek yang kuat dan konsisten. Konten harus informatif dan bermanfaat, sementara Komunitas dan Koneksi mendukung pembinaan hubungan yang kuat dengan pelanggan dan membangun keterlibatan. Kolaborasi, khususnya dengan influencer, dapat membantu memperluas jangkauan merek. Percakapan melibatkan layanan pelanggan yang responsif dan informatif, sementara Konsistensi menuntut kehadiran reguler di media sosial. Akhirnya, Konversi berkaitan dengan upaya untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan melalui penawaran menarik dan informasi produk yang bermanfaat. Semoga informasi ini berguna ya!
Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.