Last Updated on January 2, 2024 by APPKEY-HERI
Apa yang Anda pikirkan tentang social media? Untuk beberapa orang, social media adalah media untuk membagikan foto berharga, kehidupan sehari-hari, hingga berbelanja. Tetapi, jika Anda berasal dari kalangan pebisnis, social media tentunya dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi pemasaran dan promosi. Nah, social media marketing adalah salah satu solusinya.
Di era ini, banyak sekali bisnis yang dijalankan melalui akun sosial media, baik dalam skala kecil maupun besar. Bahkan, hanya sekedar online shop saja sudah banyak tersebar di Facebook dan Instagram. Mulai dari bidang produk fashion, makanan hingga obat-obatan. Hal ini juga dikenal dengan nama social media marketing.
Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan social media marketing? Berikut ini akan disajikan untuk Anda informasi menarik mengenai social media marketing.
Daftar Isi
Pengertian Social Media Marketing Adalah
Social media marketing adalah salah satu bagian dari digital marketing dimana social media digunakan sebagai strategi untuk memasarkan produk atau layanan. Social media marketing merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Ini karena mayoritas orang adalah pengguna sosial media, mulai dari Instagram, Facebook, hingga Youtube.
Anda dapat menjaring banyak pelanggan melalui social media untuk produk atau layanan milik Anda. Untuk menarik perhatian banyak pelanggan, Anda pun dapat membagikan konten menarik secara teratur seperti foto, tulisan, video. Karena itulah social media marketing adalah media yang paling tepat untuk berpromosi.
Selain itu, kelebihan social media marketing adalah memiliki fitur paid advertising. Ini yang membuat konten yang Anda buat dapat disebarkan ke target audiens yang sudah Anda tetapkan.
Keuntungan Penggunaan Social Media Marketing Adalah
Sebelum Anda memulai strategi social media marketing, Anda harus menentukan objektif Anda terkait social media marketing. Yang dimaksud dengan business objective adalah alasan Anda mengaktifkan social media. Apakah melalui Facebook atau Instagram dan hal ini adalah yang paling penting.
Business objective juga dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan sifat produk atau layanan milik Anda dengan social media yang Anda aktivasikan. Sebab, tidak semua produk atau layanan akan cocok dengan setiap strategi social media marketing yang ada.
Contohnya, akun sosial media dapat dibedakan menjadi beberapa macam, seperti akun sosial media khusus bisnis produk fashion. Akun sosial media khusus untuk produk kesehatan, dan banyak lagi macamnya. Penggunaan sosial media yang berbeda, demi memasarkan produk atau layanan yang berbeda. Ini akan menentukan jenis konten yang akan Anda bagikan, baik dalam bentuk gambar, tulisan maupun video.
Saat Anda sudah menetapkan business objective dengan cara menyesuaikan sifat produk atau layanan, mulailah mengaktivasikan social media yang Anda pilih. Setelahnya, penggunaan social media marketing dapat memberikan Anda keuntungan berupa.
Bersifat Gratis
Strategi social media marketing adalah strategi menguntungkan karena tidak akan memberatkan dalam hal biaya alias bersifat gratis. Sebagai gantinya, Anda harus dapat membagikan konten yang kreatif demi menarik perhatian pelanggan terhadap produk dan layanan Anda. Sehingga, bisnis Anda akan dapat berjalan lancar.
Fitur Paid Advertising
Social media marketing adalah strategi melalui social media, maka Anda akan sangat akrab dengan fitur yang berkaitan dengan strategi pemasaran dan promosi. Salah satunya adalah paid advertising yang ditawarkan oleh Facebook Ads. Manfaat paid advertising adalah dapat dijalankan kapanpun saat Anda membutuhkannya. Selain itu, Anda dapat menentukan budget sesuai dengan kemampuan dan keinginan.
Pembagian Konten secara Teratur
Social media marketing adalah strategi promosi dan pemasaran melalui social media yang paling jitu. Ini tercapai saat Anda dapat memanfaatkan kekreatifitasan Anda melalui konten yang Anda bagikan. Bukan hanya itu saja, Anda pun harus dapat membagikan konten menarik secara teratur.
Jika dibandingkan dengan iklan melalui radio atau televisi, iklan melalui media tersebut hanya dapat dijalankan dalam satu script yang sudah disiapkan. Iklan ini pun akan ditayangkan secara berulang-ulang. Sementara, jika menggunakan social media, Anda dapat membagikan konten menarik yang berbeda setiap harinya.
Social Media Presence
Social media presence juga dapat digunakan sebagai strategi pembentukan brand awareness. Saat Anda secara teratur membagikan konten kreatif dan bermanfaat untuk mempromosikan produk atau layanan, maka akan semakin memperkuat brand awareness untuk produk atau layanan Anda.
Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk Anda sebab selain search engine, social media adalah media bagi para calon konsumen untuk mencari informasi mengenai suatu produk atau layanan.
Customer Relationship Management
Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang tidak pernah melupakan hubungan baik dengan para pelanggan. Seringkali suatu bisnis melupakan arti dari sebuah hubungan yang baik dengan para konsumen. Hal ini membuat konsumen dapat dengan mudah berpaling ke kompetitor lainnya.
Social media dapat menjadi media yang tepat untuk menampung ide, complain, hingga saran dari konsumen. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui kekurangan dalam bisnis Anda sehingga Anda dapat segera memperbaikinya. Ini juga akan memudahkan Anda saat ingin menjalankan strategi pengembangan produk baru.
Bagaimana pendapat Anda sekarang? Bukankah strategi social media marketing adalah strategi yang jitu untuk promosi dan pemasaran produk dan layanan Anda? Jika Anda semakin tertarik, berikut ini akan dipaparkan tips menjalankan social media marketing.
Tips Menjalankan Social Media Marketing Adalah
Pembuatan Konten yang Tepat
Buatlah konten social media marketing yang menarik tetapi tetap sejalan dengan tujuan yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. Hal ini pada umumnya berkaitan dengan target audiens Anda. Contohnya, jika target audiens Anda berusia muda, tentunya Anda harus membagikan konten yang menarik dan fresh. Selain itu, hal ini pada umumnya juga berkaitan dengan tema konten dan jenis konten.
Konten dengan tema yang selalu up-to date sesuai dengan trend target audiens yang berusia muda akan membuat Anda dapat menarik perhatian calon pelanggan sesuai dengan target Anda. Selain itu, konten yang tepat akan menghasilkan conversion rate yang bagus dan maksimal.
Konsistensi
Selain perencanaan yang matang mengenai konten yang Anda bagikan, tentunya konsistensi juga dibutuhkan. Sebab, konsistensi berkaitan erat dengan komitmen untuk membangun brand awareness produk atau layanan Anda di social media. Apa yang terjadi jika Anda hanya membagikan post satu bulan sekali atau bahkan dua bulan sekali?
Maka brand milik Anda tidak akan dapat dikenal dengan cepat. Sementara, brand pesaing yang berkomitmen dalam hal brand awareness, dapat lebih cepat berkembang dibandingkan dengan brand Anda. Apalagi saat awal Anda memutuskan untuk berpromosi melalui sosial media, maka konsistensi adalah hal yang harus Anda perhatikan.
Berdasarkan pemaparan diatas, tentunya dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan social media adalah hal yang paling tepat sebagai media untuk berpromosi sekaligus memasarkan.
Demikian informasi menarik mengenai social media marketing¸ keuntungan dan tips untuk menjalankan social media marketing. Tentunya hal ini akan semakin menambah pengetahuan Anda mengenai pilihan strategi dalam hal promosi dan pemasaran. Ini juga sekaligus memperdalam wawasan Anda mengenai social media marketing.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.