Kualitas Produk | Pengertian, Manfaat, dan Pengaruh

Kualitas produk adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Di mana kualitas produk menentukan tingkat kepuasan pelanggan dan masa depan usaha Anda.

Perkembangan bisnis yang bergerak secara dinamis menuntut setiap perusahaan untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang ditawarkan serta memperbaharui teknologi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas produk tersebut. Dalam artikel ini akan membahas terkait pengertian kualitas produk, manfaat, dan pengaruh seperti apa yang akan didapat pada bisnis Anda.

Pengertian Kualitas Produk

pengertian-kualitas-produk

Kualitas Produk adalah suatu kondisi secara fisik, fungsi dan sifat dari sebuah produk entah itu merupakan barang ataupun layanan yang didasarkan pada tingkat mutu sesuai dengan durabilitas, reliabilitas, mudahnya pengoperasian, kesesuaian, reparasi dan atribut lainnya dengan tujuan memenuhi kepuasan serta kebutuhan pelanggan.

Menurut Prawirosentono (2002) dijelaskan bahwa kualitas produk adalah keadaan suatu produk yang baik dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Kesimpulan yang dapat diambil mengenai penjelasan kualitas produk adalah karakteristik suatu produk yang berkemampuan untuk memenuhi harapan serta ekspektasi dari pelanggan.

Dimensi Kualitas Produk

dimensi-kualitas-produk

Performance (Kinerja)

Karakteristik kegiatan utama dari produk inti dan dapat diartikan sebagai tampilan sebuah produk yang sebenarnya. Performance merupakan gambaran bagaimana produk tersebut disajikan dan ditampilkan kepada pelanggan. Tingkat pengukuran performance mengacu pada karakteristik dasar produk tersebut. Contoh dimensi performance dari makanan adalah rasa.

Reliability (Keandalan)

Tingkat keandalan suatu produk maupun konsistensi produk tersebut dalam proses operasional di mata pelanggan. Reliability terkait dengan kemampuan produk untuk menarik minat pelanggan dan mendapat kepercayaan pelanggan.

Features (Keistimewaan)

Karakter sekunder yang hadir sebagai pelengkap dan dapat dimaknai sebagai kelengkapan atribut-atribut yang ada pada sebuah produk. Pada waktu tertentu kemungkinan performance sebuah produk akan sama dengan pesaingnya namun yang membedakan adalah fitur yang ada di dalamnya.

Conformance (Kesesuaian)

Karakteristik yang berkaitan dengan desain suatu produk dimana hasil yang diperoleh sesuai dengan standar yang telah ditentukan berdasarkan kesepakatan sebelumnya.

Durability (Daya Tahan)

Suatu karakteristik yang berhubungan dengan berapa lama ketahanan sebuah produk. Untuk produk jenis makanan dan minuman biasanya didefinisikan ke dalam tanggal kadarluasa sebuah produk.

Kemampuan Melayani

Kecepatan, kompetensi, serta kenyamanan yang mampu diberikan sebuah perusahaan kepada pelanggan terkait penanganan apabila ada keluhan terhadap produk yang dimiliki suatu perusahaan

Estetika

Keindahan sebuah produk yang berkaitan dengan panca indera di mana produk tersebut dapat mempresentasikan suatu keindahan yang terkait dengan rasa, warna, desain, aroma dan lain sebagainya.

Persepsi Kualitas

Persepsi atau pendapat dari pelanggan terkait dengan keunggulan yang dimiliki keseluruhan produk.

Manfaat Kualitas Produk

manfaat-kualitas-produk

Manfaat yang didapat dengan membuat kualitas produk yang baik ialah :

Meningkatkan Pangsa Pasar

Target dari pemasaran akan meningkat seiring dengan banyaknya pelanggan yang percaya dengan produk yang Anda tawarkan.

Meminimalisir Biaya

Dalam pembuatan produk yang berupa layanan ataupun barang akan lebih mengurangi biaya dengan adanya customer satisfaction yaitu kemampuan perusahaan untuk berorientasi pada jenis, tipe, waktu, dan jumlah produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Memberikan Dampak Internasional

Semakin banyaknya pelanggan yang Anda dapatkan, produk yang Anda miliki tentu saja akan semakin terkenal tidak hanya di pasar lokal saja namun produk Anda akan dilirik di pasar internasional

Meningkatkan Reputasi Perusahaan Anda

Perusahaan yang mampu menghasilkan produk yang berkualitas baik tentunya akan mendapat predikat perusahaan yang mengutamakan kualitas di mata konsumen dan hal ini tentu saja akan menaikan citra perusahaan.

Indikator Yang Mempengaruhi Kualitas Produk

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi suatu kualitas produk, di antaranya :

Human

SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan unsur terpenting yang memungkinkan berlangsungnya proses penambahan nilai, hal ini didapat tentunya dari hasil pemikiran dan ide serta tenaga dari manusia.

Metode

Prosedur kerja atau SOP di mana setiap orang diwajibkan untuk melaksanakan sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

Mesin

Peralatan yang digunakan dalam proses produksi yang mendukung penambahan nilai suatu produk.

Bahan Baku

Bahan utama yang akan diproses sehingga menghasilkan suatu produk yang telah ditentukan.

Lingkungan

Tempat atau lokasi di mana proses produksi dilaksanakan sehingga sangat mempengaruhi hasil dan kinerja proses produksi.

Pengaruh Kualitas Produk

Kepuasan Pelanggan

Kepuasan atau satisfaction berasal dari bahasa latin yaitu “satin” yang bermakna cukup baik, memadai dan “facio” yang berarti melakukan. Kepuasan dapat didefinisikan sebagai upaya pemenuhan sesuatu hal.

Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang terkhusus pelanggan setelah mendapat hasil yang dirasakannya dari perbandingan kinerja dan harapannya. Kepuasan dapat berupa perasaan senang maupun perasaan kecewa yang muncul terhadap produk yang dipikirkan terhadap kinerja atau hasil yang diharapkan.

Terkait dengan rasa kepuasan atau kekecewaan yang didapat pelanggan merupakan suatu respon yang dirasakan setelah proses pembelian.

Indikator kepuasan pelanggan antara lain:

  1. Pilihan untuk suatu penyedia layanan adalah satu hal yang baik
  2. Melakukan hal yang benar dengan berlangganan pada perusahaan penyedia produk
  3. Layanan yang diberikan memuaskan

Pengukuran kepuasan pelanggan perlu dilakukan perusahaan untuk memperoleh informasi terkait kinerja perusahaan menurut sudut pandang konsumen, berikut metodenya :

  1. Sistem keluhan dan saran
  2. Ghost shopper
  3. Lost costumer analys
  4. Survey kepuasan pelanggan

Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah sebuah komitmen pelanggan terhadap suatu merk, berdasarkan sikap positif yang tercermin dalam pembelian ulang secara konsisten.

Loyalitas pelanggan terkait dengan respon yang diberikan pelanggan untuk terus berkomitmen melakukan pembelian berkelanjutan.

Loyalitas berkembang berdasarkan tahap berikut ini :

Loyalitas Kognitif

Pelanggan yang memiliki loyalitas ini didasarkan pada basis informasi yang memaksa menunjuk pada satu merk. Loyalitas ini didasarkan pada aspek kesadaran

Loyalitas Afektif

Sikap yang didasarkan pada pengharapan di periode awal pembelian dan merupakan fungsi dari sikap kepuasan di periode setelah penggunaan.

Loyalitas Tindakan

Komitmen pembelian ulang yang dilakukan secara teratur bukan karena keterpaksaan untuk membeli produk tersebut dikarenakan sebagai produk pengganti.

Dengan kualitas produk yang baik tentunya keinginan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan akan terpenuhi. Apabila mutu produk yang diterima lebih tinggi dari yang diharapkan maka kualitas produk tersebut akan dianggap memuaskan. Dengan adanya kepuasan pelanggan maka pelanggan akan selalu menggunakan produk Anda.

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol