Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Bisnis Biaya Peluang : Definisi, Cara Menghitung dan Contohnya

Biaya Peluang : Definisi, Cara Menghitung dan Contohnya

-

Istilah opportunity cost sering kita dengar dalam pelajaran ekonomi di sekolah. Masihkah Anda mengingat pengertian dan contoh opportunity cost? Tahukah Anda bahwa opportunity cost merupakan suatu peristiwa ekonomi yang kerap Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari?

Kapasitas dan kemampuan ekonomi setiap orang tentunya berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hai. Hal inilah yang mendasari sikap serta kecenderungan setiap orang untuk memenuhi hal-hal tertentu saja serta “mengorbankan” yang lain yang dirasa tidak terlalu penting. Apakah aktivitas ini mulai terasa familiar di telinga Anda? Ya, dalam dunia ekonomi, fenomena pengorbanan suatu hal demi memenuhi yang lain ini dikenal dengan opportunity cost atau biaya kesempatan / peluang.

Ingin tahu lebih banyak seputar opportunity cost? Anda beruntung, sebab artikel kali ini akan mengupas tuntas pengertian, konsep, ciri-ciri, contoh-contoh serta rumus opportunity cost. Setelah memahami lebih dalam seluk beluk opportunity cost, dijamin Anda bisa lebih mudah menyusun skala prioritas kebutuhan! Tunggu apa lagi? Yuk check this article out!

Pengertian Biaya Peluang

pengertian-biaya-peluang

Apakah pengertian biaya peluang? Apakah biaya peluang adalah biaya untuk suatu peluang? Eits, jangan asal merumuskan! Dalam ilmu ekonomi, biaya peluang adalah biaya yang dikeluarkan saat memilih untuk melakukan suatu kegiatan atau pembelian. Selain itu, masih ada beragam pengertian biaya dari peluang menurut ahli. Agar tidak salah memahaminya, yuk simak sejumlah definisi biaya kesempatan atau peluang ini!

Dalam Bahasa Inggris, biaya kesempatan dikenal sebagai opportunity cost. Istilah ini juga dikenal dengan biaya kesempatan. Biaya peluang adalah suatu biaya yang Anda keluarkan ketika memilih untuk membeli salah satu benda dari sekian kebutuhan Anda yang lainnya. Meski kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, nyatanya, biaya ini berbeda dari biaya harian seseorang. Biaya ini hanya muncul dari aktivitas-aktivitas alternatif yang bisa Anda lakukan, tetapi tidak Anda pilih untuk lakukan pada kenyataannya.

Opportunity cost muncul dikarenakan manusia selalu menggunakan kesadaran penuh untuk menentukan hal apa yang mereka lakukan atau beli guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Saat membuat keputusan, manusia juga sering mempertimbangkan manfaat yang bisa ia peroleh serta biaya yang harus ia keluarkan. Pada akhirnya, manusia akan sering menjatuhkan pilihan pada satu hal lalu melepas yang lain.

Artikel terkait  13 Ide Bisnis UKM yang Menjanjikan Tahun 2020

 

Beberapa ahli ekonomi turut merumuskan definisi opportunity cost. Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus mendefinisikan biaya kesempatan sebagai nilai dari barang ataupun jasa yang telah hilang sekaligus paling bernilai. Menurut Samuelson dan Nordhaus, biaya ini muncul hanya di saat seseorang harus melepaskan suatu hal guna mendapatkan yang lain. Sedangkan Gregoru Mankiw mengartikan opportunity cost sebagai segala hal yang dikorbankan seseorang untuk mendapatkan yang lain.

Menggali Konsep Biaya Peluang

Jika Anda belum memahami alasan terjadinya opportunity cost, maka saatnya mempelajari lebih dalam soal konsep biaya dari peluang! Konsep biaya peluang sesungguhnya sederhana. Ingatlah bahwa apapun pilihan yang “korbankan” agar bisa mendapatkan hal lain, maka itulah yang dinamakan opportunity cost.

Ambil contoh sebagai berikut. Anda memiliki uang Rp20.000. Di saat yang sama, Anda ingin makan nasi goreng dan ayam geprek. Sayangnya, uang Anda hanya cukup untuk membeli salah satu. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya Anda membeli ayam geprek dan mengorbankan nasi goreng. Peluang untuk membeli nasi goreng ini lah yang merupakan opportunity cost dalam dunia ekonomi.

Opportunity cost muncul sebab sumber daya ekonomi kerap bersifat terbatas yang mengakibatkan ketiadaan pilihan selain untuk memilih satu dari sekian kebutuhan saja. Keputusan ini biasanya dibuat berdasarkan pada skala prioritas kebutuhan seseorang. Alhasil, hal-hal lain yang tidak menjadi skala prioritas akan dikorbankan dan menimbulkan opportunity cost.

4 Ciri Utama Opportunity Cost

Ada 4 ciri dari suatu opportunity cost. Ciri-ciri ini membantu membedakan biaya kesempatan dengan biaya kebutuhan sehari-hari dari seseorang. Apa sajakah?

1) Secara umum merupakan biaya untuk kebutuhan sekunder atau tersier.

2) Memiliki banyak peluang penggunaan yang berkaitan dengan manfaat.

3) Tidak selalu berkaitan dengan uang. Opportunity cost bisa juga berkaitan dengan kegembiraan, waktu, pengalaman, keuntungan di masa depan, serta lainnya.

4) Penentuan opportunity cost didasari oleh situasi, kondisi dan tujuan masing-masing orang ataupun perusahaan.

Cara Menghitung: Rumus Biaya Peluang Termudah

rumus-biaya-peluang

Siapa bilang tak ada cara menghitung biaya dari peluang yang mudah? Kenyataannya, ada banyak rumus biaya peluang yang gampang dan bisa Anda praktekkan sendiri dalam aktivitas sehari-hari.

Namun sebelum membahas rumus biaya peluang, selalu pastikan bahwa perhitungan ini membutuhkan 2 pilihan atau lebih. Anda tidak akan bisa mengaplikasikan cara menghitung biaya peluang jika tidak memiliki minimal 2 pilihan benda atau aktivitas saat membuat keputusan. Ingat, salah satu dari pilihan tersebut nantinya akan Anda “korbankan” guna memilih hal yang lain.

Selanjutnya, ada 2 rumus mudah yang bisa Anda terapkan guna menghitung opportunity cost. Kedua rumus tersebut yakni:

1) Menghitung nilai barang, aktivitas, atau produk yang tidak dipilih. Rumus ini biasa digunakan jika hanya terdapat 2 pilihan produk, aktivitas atau jasa saja.

2) Menghitung pilihan yang dikorbankan dengan nilai terbaik atau tertinggi. Rumus ini dipakai jika terdapat lebih banyak pilihan aktivitas, produk atau jasa.

Pada dasarnya, rumus menghitung opportunity cost adalah dengan melihat serta mempertimbangkan hal-hal yang harus dikorbankan. Sedangkan besaran nilai dari hal-hal yang Anda korbankan merupakan hasil dari opportunity cost. Sebagai catatan kembali, perhitungan opportunity cost tidak harus selalu berhubungan dengan uang. Sebab bisa jadi Anda harus mengorbankan hal dengan beragam pertimbangan lain seperti waktu, pengalaman, hingga keuntungan di masa depan.

Mari ambil contoh biaya peluang sederhana. Anda memiliki uang sebesar Rp25.000.000 yang bisa digunakan untuk membeli motor baru atau membuka toko kelontong. Di sini, Anda memiliki 2 hal yang bisa dibandingkan, yaitu motor dan toko kelontong.

Manakah yang akan Anda pilih dari motor baru atau toko kelontong? Saat menentukan hal mana yang akan Anda ambil dan korbankan, di sinilah rumus opportunity cost bekerja. Ketika membuat pertimbangan, tentunya Anda harus mempertimbangkan sejumlah hal seperti:

1) Manakah yang lebih Anda butuhkan? Motor baru atau toko kelontong?

Artikel terkait  CMS Adalah? Pengertian, Jenis dan Fungsinya

 

2) Apakah sepeda motor Anda masih dapat digunakan? Perlukah untuk membeli motor baru lagi?

3) Jika Anda memutuskan membuka toko kelontong, apakah Anda sudah memiliki tempat usaha? Dimanakah kira-kira tempat terbaik untuk membuat toko kelontong agar mudah dijangkau pembeli? Serta masih ada banyak pertanyaan lainnya.

Hasil dari perhitungan opportunity cost ini nantinya terletak pada keputusan akhir yang Anda buat. Jika Anda memilih membeli motor, maka otomatis Anda akan kehilangan kesempatan untuk membuka toko, termasuk kesempatan untuk meraih keuntungan tambahan dari toko tersebut di masa depan. Kesempatan membuka toko dan meraih pemasukan tambahan di masa depan menjadi opportunity cost yang bukan merupakan uang.

Selain contoh sederhana di atas, masih ada lebih banyak contoh biaya peluang yang dapat Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran apa aja? Yuk lanjut membaca!

Contoh-Contoh Biaya Peluang dalam Kehidupan Sehari-Hari

contoh-biaya-peluang

Sebagai penutup, berikut kami sertakan beberapa contoh dari opportunity cost yang dapat Anda jumpai dalam kehidupan pribadi sehari-hari, di dalam masyarakat, hingga perusahaan.

1) Anda memiliki uang sebesar Rp100.000 dan ada kebutuhan pribadi harian yang ingin dipenuhi seperti membeli makanan, membeli pakaian baru dan membeli kuota internet. Dengan mempertimbangkan makanan sebagai kebutuhan primer, Anda akhirnya memutuskan menggunakan uang untuk membeli makanan. Alhasil, kesempatan untuk membeli pakaian baru dan kuota internet menjadi opportunity cost.

2) Contoh opportunity cost dalam kehidupan masyarakat adalah saat menerima tawaran pekerjaan. Rani mendapat 2 tawaran pekerjaan yang berbeda yakni tutor Bahasa Inggris di perusahaan A dan staf administrasi di perusahaan B. Sebab Rani memilih bekerja sebagai staf administrasi, maka opportunity cost yang ia tanggung adalah kesempatan untuk berkarir sebagai tutor di perusahaan A.

3) Contoh opportunity cost di ranah bisnis dan perusahaan adalah sebagai berikut. Perusahaan Cellular Abadi memiliki aset gedung di lokasi strategis. Anda selaku pemilik perusahaan kini dihadapi oleh 2 peluang yaitu menggunakan aset sebagai lokasi usaha atau menyewakannya kepada pihak lain. Akhirnya, Anda memilih menggunakan gedung sebagai lokasi usaha. Berdasarkan pilihan yang dibuat, maka opportunity cost yang Anda tanggung selaku pemilik perusahaan adalah kesempatan mendapat keuntungan pasif setiap tahun dari aktivitas penyewaan.

Artikel terkait  Investasi Emas? | Yuk Intip Tips Berikut Ini

Bagaimana, penjelasan di atas lengkap sekali, bukan? Selamat karena Anda sudah mempelajari perihal opportunity cost mulai dari definisi, konsep, ciri-ciri hingga rumus dan contoh! Semoga ilmu yang Anda dapat hari ini berguna, ya. Jangan lupa untuk membagikan artikel bermanfaat ini kepada teman-teman dan kerabat. Have a nice day!
[business-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya