Last Updated on March 13, 2023 by
Berbicara soal desain situs web terbaik pastinya benar-benar membuat kita berpikir. Desain website yang baik itu bagaimana dan seperti apa sih? Sebuah website dengan desain yang baik biasanya akan mampu membuat Anda selalu mengkliknya dan betah berada di website tersebut sepanjang hari, dan bahkan selalu ingin menggunakannya.
Website dengan desain yang baik biasanya dapat memiliki tampilan yang interactive, konten gambar yang menarik, atau hanya mengandung informasi tentang sesuatu yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Apa pun itu, intinya website tersebut membuat Anda ketagihan untuk mengunjunginya.
Bagaimana website itu kemudian disebut sebagai yang memiliki desain website terbaik? Semuanya tergantung pada tren pengalaman pengguna (UX) terbaru. Dengan kata lain, perjalanan pengguna di situs tersebut.
Dan dengan meningkatkan traffic perjalanan pengguna akan mengubah sebuah situs web yang bagus menjadi situs yang hebat. Dan, seperti semua hal yang hebat dan trendi, selalu berusaha mengutamakan User Experience yang baik.
Jadi mengapa kita harus repot-repot dengan memperbaiki UX? Nah, jika Anda seorang pebisnis, situs web yang Anda miliki haruslah dirancang sebagai yang terbaik, menarik, terlibat, dan menjual.
Pada dasarnya, hal itulah yang akan menarik perhatian pengguna, membiarkannya tetap pada halaman website Anda dan, mudah-mudahan, mengarah pada pembelian produk atau layanan yang Anda jual.
Daftar Isi
9 Desain Website Terbaik yang Bisa Jadi inspirasi
Untuk para blogger dan portofolio, desain website terbaik dan konten yang selalu diperbarui akan membuat penggunanya tetap membaca dan berbagi. Patut diingat bahwa 75% orang menilai kredibilitas suatu situs web adalah melalui tampilannya. Jadi, sangat penting bagi setiap orang yang menjalankan bisnis online untuk membuatkan website yang terlihat profesional selain konten atau produk yang menarik.
Jadi, di bawah ini, kami telah menyoroti tren UX terbaru dan mengumpulkan beberapa desain website terbaik menurut kami pada tahun 2020 ini. Silahkan disimak dan semoga tulisan ini menginspirasi Anda.
UX Trends
Jika kita perhatikan apa yang sedang hangat di tahun 2020 ini? Mari kita mulai dengan dasar-dasar dari sebuah desain yang tergolong baik atau terbaik di tahun ini: Yang pertama adalah pada bagian judul.
Lebih besar lebih baik di tahun ini, dengan tipografi yang berani dipasangkan dengan animasi ramping menjadi lebih populer. Sekarang ini pengguna menghabiskan lebih sedikit waktu di situs web, dan sekitar 46% dari para pengguna situs web tersebut, mereka akan pergi jika halaman yang mereka kunjungi ‘tidak memiliki pesan’ dalam artian, informasi yang mereka butuhkan tidak ada dalam website yang dikunjungi.
Di sinilah tajuk atau judul yang berukuran besar menjadi sangat membantu, dan juga jangan lupa judul tersebut juga harus penuh warna. Sebuah penelitian menemukan bahwa warna meningkatkan pengenalan terhadap sebuah situs web sebesar 80 persen. Untuk itu kami merekomendasikan pembuatan caption atau judul berukuran besar dengan penggunaan font Sans Serif dengan latar belakang yang bersih dan penuh warna.
Jadi, untuk benar-benar melibatkan audiens, Anda harus bisa membawa mereka ke dalam situs web Anda (yang menyenangkan!), serta bercerita dengan konten yang tak terlupakan. Anda juga bisa menambahkan animasi yang dipicu dengan action gulir bisa menjadi pendongeng (pembawa cerita) yang hebat untuk website yang Anda kelola. Meski begitu, usahakan agar jangan terlalu rumit dalam membuat tata letaknya.
Apa yang kami sebutkan di atas hanyalah sebuah contoh, tetapi jika Anda bisa melakukan semua itu, kami yakin Anda akan mendapatkan manfaatnya.
Seriously Unsweetened
Kekurangan itu adalah sebuah kelebihan. Sebuah kalimat klise yang pastinya sangat sering kita dengar. Ya, dan kata-kata itu juga menjadi salah satu tren desain website terbaik di tahun 2020. Merek air minum yang berkilauan ini telah menghasilkan situs yang sangat minimalis, namun sangat menggugah pikiran.
Pada situs web resminya, mereka menampilkan warna-warna berani di belakang botol bening (satu untuk setiap rasa) dari produk minuman yang mereka jual. Dengan aliran visual yang mudah dipahami desain web ini sangat menarik meskipun dengan minimnya konten text yang dicantumkan.
Website ini juga menampilkan logo berbentuk X di seluruh halamannya, karena menegaskan pengakuan merek adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan. Situs ini benar-benar simple namun penuh warna sehingga menarik perhatian penggunanya.
Dengan menghapus apa yang oleh desainer disebut ‘usaha kognitif’ yaitu desain antarmuka yang kompleks, perusahaan ini berusaha membuat hidup lebih mudah bagi audiensnya. Pemuatan laman website ini juga lebih cepat, yang mengurangi rasio pentalan (pengunjung yang meninggalkan halaman sejak pertama kali akses) karena masalah pemuatan halaman yang lambat, dan berfokus pada tujuan pemasaran merek.
Oleh karena itu, Anda mungkin bisa menggunakan situs ini menjadi referensi desain untuk website yang akan Anda buat. Misalnya, Anda bisa menggunakan ruang putih dengan skema warna yang sederhana namun kontras, meletakkan fokus pada detail kecil, seperti variasi logo, dan menggunakan header yang menggambarkan dengan jelas setiap halaman.
Untuk melihat lebih jauh tentang bagaimana perusahaan ini menampilkan desain website terbaiknya, Anda bisa mengunjungi situs resmi mereka di link yang sudah tersedia di bawah ini.
http://www.drinkseriously.com/
Lemonade
Ketika perusahaan asuransi memberi Anda lemon, buat lemonade. Lemonade adalah situs web yang mengubah permainan. Menggunakan integrasi CUI (Conversational User Interface), ia menyediakan penawaran asuransi khususnya asuransi untuk properti hanya dalam lima menit.
Kenapa demikian, karena hanya dalam waktu 5 menit menjelajahi website mereka, kita sudah tahu apa yang mereka jual melalui website tersebut. Bahkan saya belum menjelajahinya selama dua menit untuk dapat mengerti apa yang mereka tawarkan.
Lemonade juga merupakan contoh luar biasa dari desain website terbaik dengan menampilkan satu halaman yang mampu menarik pengguna. Penyebaran tombol tindakan yang ditempatkan dengan baik misalnya pada ‘Dapatkan Harga Dan Alihkan’, sangat mudah dinavigasi. Yang kemudian berakhir dengan chatbot dimana pengguna bisa berkomunikasi langsung dengan admin perusahaan.
Untuk mempermudah Anda mengetahui bagaimana tampilan website keren ini, kunjungi saja https://www.lemonade.com/
Crypton Trading
Berikutnya adalah salah satu website khusus untuk pecinta teknologi. Crypton Trading adalah pusat untuk cryptocurrency dengan desain website terbaik yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi tren dan periode pembelian cryptocurrency yang optimal.
Anda bukan penggemar crypto? Walaupun demikian saya pikir animasi yang menakjubkan dan dipicu dari fungsi gulirnya yang seolah mengajak penggunanya mengobrol akan membuat Anda terus membaca informasi yang diberikan dalam situs ini.
Setiap kali Anda menggeser mouse pada website ini, yang Anda lihat bukanlah page baru seperti website pada umumnya, namun sebuah informasi baru akan Anda dapatkan di dalam page yang sama, membentuk kalimat dengan langkah santai. Anda akan dibawa dalam perjalanan crypto kursus kilat yang bertahap.
Tapi jangan khawatir, antarmuka pengguna (UI) yang terperinci dan mudah dimengerti membuatnya mudah dicerna meski mengandung hal-hal teknis – seperti layaknya mempelajari bahasa baru.
Bagaimana agar bisa membuat website seperti itu? Buatlah website dengan menggunakan JavaScript. Kemudian Anda dapat dengan mudah menghidupkan halaman Anda dengan animasi seperti itu. Tapi jika Anda tidak tahu Bahasa pemrograman, maka jangan khawatir. Sebagian besar pembuat situs web memiliki banyak fitur animasi untuk dipilih! Anda bisa menyewa mereka untuk membuat situs web professional Anda.
Mungkin Anda bingung dengan penjelasan saya, coba saja kunjungi https://crypton.trading/ maka Anda akan mengerti apa yang saya katakan. Hehe..
Apple
Mirip seperti kue buatan sendiri, daftar situs web yang cemerlang tidak dapat berjalan tanpa Apple. Dan raksasa inovatif ini telah menjadi semakin besar setiap tahunnya.
Ganesh, Arsitek Senior UX di MVF Global, yang mengatakan ia menyukai “gambar hiperrealitas dan sensasional yang diambil dari sudut yang aneh untuk mempromosikan produk mereka”.
Oke, tidak semua orang bisa bersaing dengan perusahaan ini. Saya mengerti itu. Tetapi prinsip intinya tetap sama: gambar produk berkualitas tinggi sangat laku. Jadi investasikan waktu (dan tentu saja uang Anda) ke dalam usaha pembuatan foto yang berkualitas, dan pikirkan juga siapa yang akan membeli produk perusahaan Anda.
Apakah Anda ingin menginspirasi dengan saran penggunaan? Atau cukup informasikan dengan tampilan close-up yang bersih? Bagaimanapun, sebuah gambar bernilai ribuan kata. Dan (berpotensi) menarik ribuah pembeli.
Penasaran dengan bagaimana profesionalnya website Apple, langsung saja browsing di Google ya! Jangan malas mencari tahu..
Leandro Pedretti
Ingin membangun kehadiran online pribadi Anda? Portofolio pribadi Anda tidak jauh lebih baik daripada situs web Leandro Pedretti yang merangsang secara visual, situs ini dibuat di Wix. Headernya menampilkan video lengkap yang menunjukkan keterampilan desain perusahaan tersebut. Satu klik saja dan Anda akan langsung terkesan.
Bagaimana sebuah video menjadi bagian yang efektif dari sebuah desain website terbaik? Itu karena video membangkitkan emosi. Jauh lebih menggugah dari sekadar gambar. Jadi kami sarankan Anda mengambil keuntungan dari kecepatan internet dengan menambahkan video sebagai pemanis website.
Namun pastikan bahwa isi dari video tersebut tetap pendek dan manis, dan dengan suara video yang otomatis dibisukan. Tidak ada yang lebih buruk dari pada situs web bising yang tidak bisa dilacak, kan? Ini seperti mencoba menemukan lalat di kamar Anda.
Situs web resminya adalah https://www.leandropedretti.com/
Harry’s
Perusahaan pisau cukur pria, Harry, memaksimalkan kinerja seluler dengan penampilannya website nya yang “dicukur bersih”. Maksud saya, situs webnya dibuat bersih namun tetap informative.
Selain itu mereka juga membuat tampilan situsnya menjadi responsive yang profesional dan smooth ketika kita menjelajah menggunakan perangkat mobile. Sebuah langkah yang bijak, mengingat survei baru-baru ini menemukan 83% pembeli di seluruh dunia sepertinya sebentar lagi akan beralih untuk melakukan pembelian melalui ponsel.
Berikut adalah situs resmi Harry’s : https://www.harrys.com/en/us yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat desain website terbaik dalam menentukan merek dagang.
Jadi Jika Anda membangun toko e-niaga, pertama-tama, pastikan Anda membuat situs dalam tema responsif seluler terbaru. Lalu, sampaikan tugas-tugas paling umum pengguna Anda dengan jelas (mis. ‘Mulai Uji Coba’), buat promosi yang mudah dimengerti, dan jaga agar menu tetap singkat!
Situs web e-commerce Anda juga harus menampilkan foto produk yang profesional. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan merek dan memamerkan stok Anda tanpa memerlukan toko offline. Inilah yang saya sukai dari situs Harry’s, yang dibangun menggunakan Shopify
Desain website yang foto-sentris lebih mudah dicerna oleh pengguna. Pinterest menyajikan kontennya (yang pada dasarnya adalah gambar) dalam kolase pengguliran yang dengan jelas menekankan teks. Meskipun Anda dapat menambahkan teks ke gambar dan mengklik untuk mengakses daftar panjang komentar, fokusnya tetap pada menciptakan komunitas orang-orang yang bergabung bersama oleh percakapan visual-bukan berbagi.
Pinterest mengambil dari dan membangun pembangunan sosial yang telah mendapatkan daya Tarik yang disukai oleh pengguna Internet (dan massa pada umumnya) menjadi semakin tidak toleran terhadap teks dan komunikasi tertulis.
Keberhasilan Tumblr, Instagram dan Pinterest, dan website lainnya yang kuat dari segi infografis, meme, dan gif menandakan bahwa masyarakat modern yang jelas berorientasi visual. Sejauh ini industri penerbitan adalah yang paling dirugikan oleh keengganan dari pengguna untuk membaca ini, tetapi hal ini justru menjadi peluang bisnis bagi para perancang web.
Dengan Pinterest yang baik dalam perjalanan untuk membentuk trifecta media sosial (bersama Facebook dan Twitter), visual telah menjadi sarana komunikasi yang paling kuat. Gambar menangkap perhatian lebih cepat dan menghasilkan respons emosional yang lebih kuat. Keberhasilan Pinterest memperkuat pepatah bahwa gambar mengatakan seribu kata.
Tumblr
Sementara WordPress bagaikan sebuah pembangkit tenaga listrik bertenaga turbo dengan setiap kemungkinan widget, plugin, dan add-on yang dapat Anda bayangkan, Tumblr adalah mesin dengan penampilan sederhana, minimalis dan ramping.
Tumblr merupakan platform “micro-blogging”, yang lebih merupakan situs media sosial daripada layanan penerbitan – pikirkan Twitter dengan kata-kata yang sedikit lebih banyak – yang mana pengguna berusaha untuk mengikuti blog lain, seperti posting, dan mendapatkan postingan mereka sendiri disukai atau reblog.
Komponen sosial yang berat sangat ideal jika itu yang dicari pengguna, tetapi bagi sebagian orang, platform ini agak terlalu ramping dan minimalis yang sepertinya dibuat untuk kebaikannya sendiri.
Tentu, platform ini menawarkan sejumlah besar tema premade yang dirancang untuk kustomisasi terbatas bagi Anda yang tahu pengkodean HTML atau CSS, akan tetapi Tumblr tidak menawarkan prasmanan widget dan plugin seperti yang dilakukan oleh platform WordPress.
Namun, Tumblr menawarkan aplikasi seluler yang menarik untuk perangkat smartphone Android, iOS dan Windows, yang juga memungkinkan pengguna untuk mengikuti blog favorit mereka dan memposting konten mereka sendiri saat bepergian.
Pengguna juga dapat membeli salah satu dari banyak tema premium yang disediakan, dengan biaya yang sangat terjangkau antara $ 9 dan $ 49, sehingga kita bisa melakukan penyesuaian dan administrasi yang lebih besar daripada jika menggunakan tema yang gratis. Selain itu, para desainer website professional bahkan mendukung tema premium jika pengguna menghadapi masalah implementasi atau memiliki pertanyaan sehubungan dengan tema yang mereka gunakan.
Demikianlah ulasan tentang konsep dari beberapa desain website terbaik dari perusahaan terkenal di dunia.
Kesimpulan yang dapat diambil dari beberapa situs web dengan desain unik mereka di atas adalah, SEO memang menjadi elemen terpenting dalam menentukan traffic situs web, namun komunikasi visual juga sangat penting di tengah masyarakat kita yang sudah mulai malas membaca. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita mampu membuat situs yang menggabungkan visual dan text yang seimbang.
Bagi Anda yang bingung menentukan desain untuk website yang akan dibuat atau ingin memperbarui situs yang sudah ada semoga tulisan saya ini dapat menjadi referensi untuk Anda semua. Terima kasih telah mengunjungi situs kami.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.