Last Updated on November 25, 2023 by APPKEY-HERI
Cara untuk menjangkau pelanggan saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan promosi lewat iklan, promosi di media sosial, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua cara tersebut dapat menjangkau pelanggan secara langsung. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjangkau pelanggan secara langsung adalah dengan newsletter.
Apakah Anda pernah mendapatkan email tentang informasi terkait perusahaan? Nah, email itulah yang disebut dengan newsletter. Cara ini dianggap efektif dalam marketing karena performanya yg baik dan dapat meningkatkan ROI dari perusahaan. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara membuatnya dengan baik dan benar. Mengetahui cara membuat jenis email marketing satu ini sangat penting untuk bisnis perusahaan Anda.
Jangan khawatir karena kali ini kami akan menyajikan ulasan lengkap tentang pengertian, manfaat dan cara membuat salah satu jenis email marketing dengan performa tinggi ini. Jadi, tunggu apa lagi, langsung saja simak pembahasannya hingga akhir dibawah ini!
Daftar Isi
Apa itu Newsletter?
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, newsletter didefinisikan sebagai sebuah lembaran cetak yang berupa pamflet atau surat kabar. Ini biasanya berisi informasi terkait informasi terbaru dari perusahaan. Selain pengertian tersebut, email ini juga dikatakan sebagai media informasi berupa siaran berita singkat yang ditujukan untuk pelanggan. Pelanggan yang dituju biasanya pelanggan yang sibuk dan tak sempat membaca berita panjang.
Dari kedua pengertian diatas, tentu Anda sudah bisa menyimpulkan pengertian dari jenis email marketing satu ini. Jadi, Newsletter adalah siaran berita singkat yang menghubungkan pelanggan dengan perusahaan untuk berbagi berita terbaru dan menarik seputar perusahaan.
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, menggunakan tools ini dapat membantu perusahaan untuk menjangkau pelanggan secara langsung. Dengan tools ini, konten-konten menarik mengenai marketing dapat dikirim dengan mudah. Konten tersebut dapat berupa promosi produk dan event, engaging content, ataupun survei untuk mengetahui minat dari pelanggan.
Newsletter biasanya berbentuk sebuah email campaign. Hal tersebut membuat perusahaan lebih mudah dalam melakukan evaluasi. Melalui email yang dikirim ke seluruh pelanggan, perusahaan dapat mengkategorikan jenis pelanggan. Terdapat dua kategori pelanggan, pertama adalah kategori pelanggan yang rutin membuka email. Sementara, kategori kedua adalah pelanggan yang tidak membuka email.
Manfaat Penggunaan Newsletter
Terdapat berbagai manfaat yang bisa diambil oleh perusahaan dan bisnis. Manfaat tersebut dapat membantu meningkatkan performa bisnis dari perusahaan. Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil oleh perusahaan ketika menggunakan toos ini.
Mampu Menjangkau Audiens Lebih Banyak
Jika Anda ingin perusahaan terhubung secara langsung dengan pelanggan, maka newsletter adalah jawaban yang tepat. Email jenis ini dapat dikirim pada semua pelanggan dari perusahaan secara rutin. Seluruh pelanggan potensial, baik itu pelanggan baru maupun lama dapat dikirimkan email ini tanpa terkecuali.
Para pelanggan tidak selalu memiliki waktu untuk membuka dan mengecek informasi terbaru dari website tertentu setiap hari. Sehingga, menggunakan jenis email marketing satu ini akan membuat pelanggan mengetahui seluruh info terbaru. Informasi tersebut biasanya berupa promo terbaru, event, produk baru dirilis, dan lainnya.
Memudahkan Pelanggan Mengetahui Update Terbaru
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi paling utama dari tools ini adalah membantu pelanggan untuk tidak ketinggalan semua informasi terbaru. Pelanggan yang telah dikirimkan email tersebut merupakan pelanggan potensial yang setia. Hal itu karena perusahaan tidak mungkin memiliki email dari pelanggan tanpa adanya transaksi dari pelanggan tersebut.
Selain adanya transaksi, pelanggan yang mensubscribe perusahaan juga menjadi faktor yang membuat perusahaan mengetahui email pelanggan. Untuk tetap terhubung dengan pelanggan tersebut, peran dari newsletter sangat penting untuk mewujudkan promosi yang tepat sasaran.
Membantu Menentukan Segmentasi dan Profil Pelanggan
Selain sebagai media promosi, tools ini juga dapat digunakan sebagai media untuk survei. Survei disini dilakukan untuk mengetahui minat pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Selain itu, hasil dari survei yang dilakukan dapat menjadi sumber data untuk personalisasi perusahaan.
Meningkatkan Hubungan Pelanggan
Relasi atau hubungan yang baik dengan pelanggan adalah hal yang paling penting. Oleh karena itu, newsletter dapat membantu mewujudkan hal tersebut. Tool ini dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan seluruh pelanggan. Dengan membaca email dari perusahaan, pelanggan akan senantiasa ingat dengan perusahaan tersebut dan engagement perusahaan akan bertambah.
Membantu menambah Konversi Penjualan
Manfaat terakhir yang bisa diperoleh perusahaan adalah meningkatnya konversi penjualan. Hal tersebut karena elemen seperti Call to Action akan membantu mengarahkan pelanggan pada pembelian. Biasanya, CTA pada email akan mengarah pada laman yang berisi produk dari perusahaan.
Cara Membuat Newsletter yang Baik Untuk Perusahaan
Saat ini banyak perusahaan yang telah menggunakan fitur ini untuk melakukan promosi. Namun, tidak semua perusahaan mengetahui bagaimana bentuk newsletter yang baik dan benar. Nah, maka dari itu, berikut beberapa cara untuk membuat jenis email marketing ini dengan baik dan benar.
Pilih Alat Untuk Membuat Newsletter
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih alat untuk membuat email marketing ini. Ada banyak alat yang bisa dipilih untuk digunakan oleh perusahaan. Namun, agar dapat berjalan dengan baik, sesuaikan alat dengan kebutuhan perusahaan. Kebutuhan mendasar seperti tujuan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan sangatlah penting.
Selain tujuan, menyesuaikan dana yang dimiliki perusahaan saat memilih alat yang digunakan juga tak kalah penting. Jika dana perusahaan cukup besar, maka Anda bisa memilih alat yang canggih dengan banyak fitur. Namun sebaliknya, ketika dana yang dimiliki tidak terlalu besar, Anda dapat memilih alat yang sesuai dengan jumlah budget itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang dialami perusahaan.
Jika alat yang dipilih sudah sesuai dengan tujuan dan budget, jangan lupa untuk memperhatikan faktor teknis dalam memilihnya. Sesuaikan skill teknis dari SDM yang dimiliki perusahaan agar output yang dihasilkan dapat maksimal.
Cari Tahu Tujuan Newsletter
Sebelum Anda mulai menyusun kata-kata, pastikan untuk mengetahui tujuan dari email tersebut. Sesuaikan dengan strategi konten yang telah ada pada perusahaan agar tidak melenceng. Setelah mengetahui tujuan dan mengambil keputusan, catat indikator kinerja dari sasaran yang ditetapkan dan kaitkan dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.
Untuk mengetahui bagaimana kinerja dari email, Anda bisa melihat jumlah pelanggan yang membuka email yang Anda kirim. Hal tersebut akan menunjukan tingkat kinerja dari email tersebut. Semakin tinggi jumlah keterbukaan email, maka email yang Anda kirimkan telah sukses.
Pilih dan Personalisasikan Template Newsletter
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih dan mengatur template email yg akan Anda gunakan. Pilih template yang menarik dan sesuai dengan preferensi perusahaan Anda. Dengan menggunakan template yang menarik, pelanggan akan tertarik dan membuka email yang telah Anda kirimkan.
Setelah memilih template mana yang akan Anda gunakan, mulailah mengatur template tersebut agar sesuai dan tak berlebihan. Sesuaikan semua bagian pada template seperti header, body, ukuran, serta jangan lupa untuk memaksimalkan CTA pada email Anda. Setelah semua selesai, jangan lupa untuk menyimpan template tersebut agar bisa digunakan dalam jangka panjang.
Maksimalkan Body Email
Setelah mengatur template, Anda dapat mulai mengatur isi dari email Anda. Maksimalkan konten pada body email Anda. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat tertarik dengan penawaran dalam email yang dikirimkan.Usahakan menggunakan bahasa marketing yang sopan dan tepat. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan gambar agar email Anda semakin menarik.
Pilih Subject dan Nama Pengirim
Sebelum mulai mengirimkan email ke seluruh pelanggan, jangan lupakan hal terpenting dalam sebuah email yaitu subject. Pilihlah subject yang tepat untuk email Anda.Gunakan subject yang menarik dan bisa mengundang pelanggan untuk mengklik dan membaca email Anda. Hal tersebut akan membuat kinerja email Anda menjadi semakin baik.
Selain memilih subject, tambahkan juga email pengirim pada newsletter yang akan dikirim. Gunakan email pengirim dengan nama sebenarnya agar tidak menimbulkan kecurigaan pada pelanggan Anda. Dengan menggunakan nama pengirim yg benar, kepercayaan pelanggan dapat meningkat dan hubungan dengan pelanggan akan semakin baik.
Lakukan Testing di Device Berbeda
Setelah semua siap, lakukan testing pada beberapa device dan platform yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar tampilan email Anda sesuai pada semua device maupun platform. Anda dapat melakukan testing pada penyedia layanan email seperti Gmail, Outlook dan lainnya dan pastikan semua sudah baik dan sesuai.
Kirim Email
Nah, setelah melakukan testing, tahap selanjutnya adalah mengirimkan email ke seluruh pelanggan. Pastikan Anda mengecek kembali daftar pelanggan yang akan dikirimkan email tersebut. Usahakan agar tidak ada yang terlewat saat proses mengirim dilakukan.
Lakukan Analisa Kembali
Tahapan terakhir yang perlu Anda lakukan adalah melakukan analisis secara berulang terhadap email yang telah Anda kirim. Cek performa dari email yang telah Anda kirim mulai dari jumlah klik dan jumlah balasan yang didapatkan melalui email tersebut. Lakukan hal ini secara berulang dan terus menerus untuk melihat efektifitas kinerja dari email tersebut.
Kesimpulan
Nah, itu dia ulasan mengenai newsletter yang perlu Anda ketahui. Jenis email marketing yg satu ini merupakan siaran berita yang digunakan untuk menghubungkan perusahaan dengan pelanggan yang berisi informasi terbaru terkait perusahaan. Penerapannya pada bisnis Anda dapat membantu untuk meningkatkan kinerja dari perusahaan. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan selamat mencoba!
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.