Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Lead magnet adalah umpan terbaik untuk mengumpulkan kontak para pelanggan. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat dalam aktivitas pemasaran nantinya.
Strategi personalized marketing tentunya tidak akan berjalan tanpa daftar kontak konsumen sasaran—baik itu berupa list nomor telepon maupun alamat email. Sayangnya, tidak semua orang secara sukarela mau memberikan info kontak mereka pada suatu perusahaan.
Tapi Anda tidak perlu bingung, karena Anda bisa memberikan item-item gratis bermanfaat sebagai imbalan atas informasi kontak konsumen. Hadiah tersebutlah yang dikenal dengan nama lead magnet.
Masih bingung seperti apa itu lead magnet dalam bisnis online? Yuk langsung simak definisi, jenis-jenis dan cara praktis membuat magnet lead yang efektif selengkapnya di sini!
Daftar Isi
Definisi Lead Magnet
Pernahkah Anda menerima hadiah-hadiah menarik usai mendaftar ke sebuah website atau program? Strategi pemberian hadiah bagi pengguna baru sering disebut sebagai lead magnet.
Lead magnet adalah servis gratis dari suatu brand yang bertujuan untuk mengumpulkan list kontak calon konsumennya. Nantinya list tersebut akan digunakan dalam strategi pemasaran yang spesifik, seperti email marketing atau phone marketing.
Layanan atau item gratis sengaja diberi sebagai “pancingan” agar orang-orang mau mendaftarkan diri ke situs layanan; atau sekadar memberikan info kontak mereka kepada Anda secara sukarela.
Kebanyakan orang pun cenderung tidak sadar bahwa mereka terpancing oleh sebuah magnet lead. Ini karena brand sengaja membagikan item-item bernilai unik yang juga sesuai minat calon konsumen. Contohnya ebook gratis, layanan konsultasi gratis, webinar gratis, sampai momen free trial sebuah servis di app.
10 Jenis Lead Magnet yang Populer Saat Ini
Tertarik mencoba strategi marketing yang satu ini? Kabar baiknya, kini ada banyak tipe magnet lead yang bisa Anda pakai untuk menjaring calon-calon pembeli baru.
Beberapa jenis lead magnet bisnis online yang populer saat ini adalah:
1. Ebook Gratis
Anda mungkin sudah sering melihat website-website bisnis yang menawarkan ebook gratis. Biasanya juga, ebook tersebut baru bisa diklaim setelah pengunjung mencantumkan alamat email mereka ke kolom ‘subscribe’ di laman web.
Strategi pemberian ebook gratis adalah contoh penerapan magnet lead yang populer. Ebook mempunyai daya pikat yang kuat karena memuat beragam ilmu-ilmu baru. Alhasil para audiens pun menjadi penasaran dan ingin mendapatkannya dari web Anda.
Supaya lebih efektif, ebook gratis yang disajikan sebaiknya memuat topik yang bermanfaat sesuai kebutuhan user. Anda bisa mengulas sedikit isi ebook pada artikel web, kemudian mengarahkan pembaca untuk “mencari tahu lebih lengkap” di ebook.
Desain cover ebook juga bisa dibuat seindah mungkin, mengingat cover yang menarik akan lebih mudah membuat audiens tertarik dengan isinya.
2. Template Konten
Berikutnya ada free item berupa template. Template ini bisa macam-macam jenisnya, tergantung keinginan Anda. Contohnya koleksi template desain Instagram Stories, slide PowerPoint, CV, business plan, logo olshop dan seterusnya.
Anda bisa menyesuaikan free template dengan niche bisnis. Misalnya perusahaan penyedia lowongan kerja membagikan koleksi free CV dan surat lamaran.
3. Giveaway Berhadiah
Pernahkah Anda mengikuti sebuah giveaway? Kontes giveaway kini sangat mudah kita jumpai di sosial media. Acara-acara giveaway adalah contoh magnet lead yang baik karena bisa mendatangkan traffic serta engagement rate yang tinggi.
Peserta giveaway bisa diwajibkan untuk memberi info kontak aktif mereka sebagai syarat partisipasi. Dari sinilah Anda dapat mengumpulkan list kontak calon konsumen potensial.
4. Webinar Gratis
Tren seminar online atau webinar mulai populer setelah masa pandemi Covid-19. Berawal dari sebuah aktivitas pengisi waktu luang, kini webinar merupakan sebuah acara yang dinanti-nanti banyak orang.
Alasannya karena sesi seminar online tersebut memberikan kita banyak ilmu baru, apalagi jika pembicaranya merupakan tokoh-tokoh ternama. Alhasil wajar saja kalau banyak orang tertarik mendaftar ke acara webinar gratis.
Banyak brand pun sengaja mengadakan webinar gratis sebagai upaya menjaring calon-calon konsumen potensial. Orang-orang yang tertarik dengan topik seminar akan memberikan alamat email mereka di form pendaftaran secara senang hati.
5. Grup atau Forum Eksklusif
Magnet lead tidak harus selalu berbentuk hadiah barang, bisa juga berupa akses ke grup eksklusif milik brand. Banyak orang juga mengincar bentuk hadiah ini karena diyakini menyimpan banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa membangun koneksi dengan orang-orang penting yang ada dalam forum tersebut.
6. Free Trial
Free trial atau periode gratis uji coba sejatinya merupakan suatu magnet lead. Memberikan periode gratis pemakaian suatu aplikasi atau jasa bisa meyakinkan seseorang untuk mencoba layanan Anda.
Mereka yang sudah nyaman dengan servis Anda akhirnya memilih lanjut berlangganan begitu periode free trial selesai. Anda pun akan memperoleh konsumen baru dengan sendirinya.
7. Konten Eksklusif
Jika tadi ada grup eksklusif, kali ini ada konten-konten premium yang hanya disebarkan kepada para subscribers bisnis online Anda. Cara kerja magnet lead ini sama dengan newsletter.
Konten eksklusif dapat dikirim melalui beragam media. Namun orang-orang lebih banyak mengandalkan platform email karena lebih privat, praktis dan bisa memuat banyak jenis file sekaligus (teks, dokumen, audio, link, foto dan video).
8. Laporan Hasil (Report)
Pernahkah Anda mengisi sebuah survey atau kuis lalu menerima hasilnya di email? Laporan tersebut adalah tipe magnet lead lainnya yang banyak digunakan.
Report mempunyai angka konversi yang terbaik dibandingkan jenis-jenis magnet lead lainnya. Ini karena konsumen bisa memahami seluk-beluk kebutuhan mereka secara rinci dalam laporan tersebut.
Misalnya klinik psikologi mengadakan kuis cek kesehatan mental. Selanjutnya, report gratis yang diterima konsumen akan membahas rincian informasi terkait hasil tes serta rekomendasi paket konseling terbaik.
9. Seri Panduan atau Tutorial
Ada juga perusahaan yang memberi magnet lead gratis berupa seri panduan mengerjakan sesuatu. Misalnya Anda tertarik memperoleh konten newsletter dari bimbel coding. Nantinya mereka akan mengirimkan seri panduan belajar coding ke email Anda.
Membuat magnet lead tutorial berseri ini cukup mudah. Pilihlah sebuah topik tertentu sesuai target pasar atau niche. Lalu, buat pembahasan dalam bentuk artikel maupun video tutorial. Anda bisa memisahkan pembahasan menjadi sekitar 3 sampai 7 bab (atau lebih sesuai selera).
Begitu selesai, kirimkanlah konten berseri tersebut ke konsumen melalui email secara berkala. Misalnya satu kali dalam seminggu.
10. Voucher Diskon
Contoh magnet lead yang terakhir adalah voucher diskon. Bisnis Anda dijamin segera laris-manis kalau menawarkan klaim voucher gratis sekarang juga!
Jangan lupa buat syarat tertentu untuk mengklaim voucher tersebut. Misalnya wajib mencantumkan alamat email atau membuat akun pengguna baru di website/aplikasi bisnis.
Strategi magnet lead satu ini paling sering diterapkan oleh bisnis-bisnis online atau ecommerce untuk menarik calon pembeli baru.
4 Cara Mudah Membuat Lead Magnet yang Menarik
Kita sudah melihat seperti apa itu magnet lead beserta jenis-jenisnya. Sekarang waktunya mencari tahu cara-cara membuat magnet lead yang menarik di mata audiens.
Tidak perlu bingung. Berikut ada 4 cara membuat konten magnet lead yang bisa Anda coba:
1. Memikirkan Value Tawaran
Sekadar memberikan barang gratis faktanya masih belum cukup. Magnet lead Anda harus mempunyai value atau nilai tertentu agar tampak menarik di mata masyarakat.
Value merupakan alasan utama mengapa orang-orang mau mengklaim produk gratis Anda. Semisal ketika Anda mengadakan webinar gratis, masyarakat tentunya akan melihat manfaat dari webinar tersebut. Misalnya karena ingin memperoleh ilmu baru; merasa punya masalah yang relevan dengan tema webinar; atau sekadar menyukai sosok pematerinya.
Semakin menarik manfaat yang bisa Anda berikan, maka makin efektif pula magnet lead dalam menjaring calon konsumen.
2. Meriset Buyer Persona Bisnis Anda
Sesuaikanlah isi magnet lead dengan buyer persona bisnis Anda. Buyer persona adalah karakteristik target market bisnis Anda sendiri.
Setiap bisnis nyatanya mempunyai buyer persona yang berbeda-beda, tergantung dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Namun mengetahui buyer persona sangat penting agar iklan kita bisa tepat sasaran sesuai selera maupun kebutuhan konsumen.
Untuk itu, di sini Anda harus melakukan riset buyer persona terlebih dahulu. Setelah mengetahui gambaran karakteristik konsumen bisnis Anda, barulah perkirakan strategi magnet lead yang sesuai kesukaan mereka.
Contohnya, target market Anda adalah anak-anak muda yang sedang bersemangat mempelajari investasi dan financial planning. Lalu, beberapa lead market yang sesuai dengan kebutuhan mereka di antaranya adalah webinar keuangan, ebooks belajar investasi, seri tutorial mengatur keuangan, dan grup eksklusif bersama pakar finansial.
3. Menentukan Tipe Magnet Lead
Kini waktunya menentukan tipe magnet lead terbaik untuk bisnis Anda. Tidak perlu terlalu bersusah payah menyediakan konten super eksklusif. Anda cukup memulainya dari hal-hal yang sederhana sesuai sumber daya yang dimiliki.
Semisal bagi Anda suka menulis, maka Anda dapat membuat konten menarik berupa artikel berseri atau ebook gratis. Begitu juga dengan yang suka membuat video, tuangkanlah ide-ide Anda ke dalam bentuk visual yang ciamik.
Meski sederhana, yang terpenting adalah magnet lead tersebut bisa memenuhi kebutuhan target market dengan baik. Jangan lupa untuk memberikan judul pada magnet lead Anda agar lebih menarik lagi kelihatannya di mata audiens.
Anda juga dapat membubuhkan copywriting deskripsi yang menggugah supaya pengunjung lebih termotivasi untuk mengklaim magnet lead Anda.
4. Melakukan Evaluasi
Langkah terakhir adalah melakukan evaluasi secara berkala. Proses ini sangat penting dan tak boleh diabaikan karena bisa memberitahu Anda letak kekurangan dari implementasi strategi magnet lead selama ini.
Anda juga bisa mengetahui tipe konten gratis yang paling disukai audiens. Misalnya Anda membagikan lebih dari satu jenis konten kepada pelanggan, lalu cari tahu item mana yang paling banyak peminatnya. Kedepannya, Anda dapat lebih fokus untuk mengembangkan magnet lead tersebut.
Demikianlah pembahasan artikel kali ini terkait magnet lead bisnis online. Semoga penjelasan di atas membantu menambah wawasan Anda, ya!
Ikuti terus MARKEY agar tak ketinggalan info-info dan tips sukses bisnis online lainnya. Baca gratis seluruh koleksi terbaik kami di https://markey.id/ atau via MARKEY APP di Play Store dan AppStore. Sayonara!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.