Last Updated on December 31, 2022 by
Social media management adalah pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan. Kenapa? Berikut rincian tugas, manfaat dan skill penting social media management yang wajib Anda ketahui.
Hampir semua bisnis menggunakan sosial media untuk berpromosi saat ini. Bagaimana tidak, sosmed menyediakan peluang terbaik bagi pemasaran karena digunakan oleh ratusan juta orang dari berbagai belahan dunia.
Namun mempromosikan usaha di sosial media jelas bukan perkara mudah. Diperlukan management social media yang baik agar profil online shop Anda terus bersinar di dunia maya.
Apa itu sosmed management beserta tugas-tugasnya? Buat Anda yang belum tahu, yuk langsung kita simak bersama penjelasan selengkapnya di sini!
Daftar Isi
Apa Itu Social Media Management?
Social media management adalah proses pengelolaan konten-konten marketing di platform sosmed menggunakan berbagai tools.
Membuat konten bisnis tentunya tidak bisa asal-asalan selayaknya memposting di akun pribadi. Proses manajemen ini terdiri dari berbagai tahap, mulai dari proses pembuatan, penayangan hingga analisis hasil akhirnya.
Tujuan melakukan management social media adalah memperoleh berbagai data dan masukan terkait pertumbuhan brand di masyarakat. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa menciptakan lebih banyak peluang transaksi dengan memancing kedatangan calon konsumen di sosmed.
Tugas-Tugas Social Media Management
Secara umum, tugas-tugas social media management sebuah perusahaan adalah:
- Membuat konten untuk diunggah ke sosmed secara berkala.
- Mempublikasikan konten sesuai jadwal penayangan atau timeline.
- Meriset trend dan isu-isu yang sedang hangat untuk bahan konten.
- Melakukan brainstorming ide-ide segar bagi konten.
- Melakukan evaluasi dan analisis dari postingan (seperti traffic, engagement, dan lain-lain).
- Mengukur tingkat keberhasilan sebuah konten dalam mencapai target.
- Membuat dan melaporkan kinerja platform sosial media bisnis.
- Mencari masukan, feedback atau menyimak percakapan-percakapan online dengan konsumen untuk mengetahui kebutuhan mereka.
- Membuat jadwal posting (timeline).
- Menentukan target marketing dan strategi konten terbaik untuk mencapainya.
- Mengadakan kolaborasi dengan influencer, brand, atau mengadakan acara-acara kreatif.
Cukup banyak, bukan? Oleh sebab itu, pengelolaan sosial media cenderung dilakukan dalam sistem tim untuk mengurangi beban kerja.
Sangat disarankan juga untuk merekrut orang-orang dengan keahlian berbeda-beda, terutama jika bisnis bisnis Anda menjalankan sosmed marketing di banyak platform. Sebuah tim yang ideal minimal memiliki copywriter, desainer, data analyst dan customer service. Lalu mereka akan dipimpin oleh seorang social media manager.
Namun ada juga perusahaan yang memiliki satu orang social media manager saja. Biasanya ini terjadi di kalangan bisnis berskala kecil atau rumahan. Berikut adalah rangkuman tugas yang wajib dijalankan kalau ingin sukses mengelola sosmed olshop sendiri:
- Aktif membalas dan menanggapi seluruh komentar, pesan ataupun repost UGCdari audiens.
- Melakukan riset target konsumen bisnis dan platform sosmed terbaik untuk berpromosi.
- Menetapkan target marketing, baik yang bersifat jangka panjang maupun pendek.
- Mengikuti perkembangan isu, berita, topik dan tren di masyarakat sebagai inspirasi konten.
- Membuat dan memposting konten secara teratur sesuai jadwal.
- Mengevaluasi dan mengukur keberhasilan kampanye memakai tools-tools marketing yang relevan.
8 Manfaat Penting Social Media Management bagi Pertumbuhan Bisnis
Lalu mengapa media sosial management penting bagi perusahaan kita? Ada 8 manfaat yang bisa diraih bisnis jika Anda mulai mengelola sosmed brand dengan benar:
1. Mempertajam Image dan Kualitas Brand
Semua pebisnis pasti ingin usahanya terkenal dan mempunyai reputasi positif di masyarakat. Cara termudah untuk menggapai impian tersebut adalah dengan mengelola konten sosmed brand.
Setiap konten wajib dipoles sedemikian rupa agar menampilkan ciri khas brand. Misalnya dengan menambahkan logo toko, membubuhkkan jargon bisnis ke caption, dan menonjolkan warna-warni khas brand dalam postingan.
2. Mempromosikan Produk Bisnis Seluas-Luasnya
Inilah manfaat paling utama dari mempromosikan bisnis di sosmed: memperkenalkan produk atau jasa kita ke sebanyak mungkin orang.
Banyak studi digital marketing terbaru memperlihatkan peranan sosmed yang kini bergeser. Jika dulu media sosial hanya untuk hiburan, kini orang-orang juga menggunakannya untuk menggali info terkait produk brand.
Orang-orang lebih mudah percaya karena mendapat informasi langsung dari akun sosmed resmi brand. Alhasil, keinginan mereka untuk mencoba produk jadi lebih tinggi.
Menggali info di sosmed juga dirasa lebih praktis berkat fitur komentar dan direct message. Pelanggan bisa langsung bercakap-cakap dengan admin sebelum melakukan transaksi.
3. Menumbuhkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Pernahkah Anda berkenalan dengan sebuah brand di sosmed? Peristiwa tersebut merupakan tujuan lain dari manajemen sosial media, yakni penumbuhan brand awareness.
Brand awareness adalah kesadaran masyarakat terhadap suatu produk, jasa atau merek bisnis. Ibarat pepatah “tak kenal maka tak sayang”, dalam dunia bisnis, konsumen cenderung mau mencoba produk yang sudah mereka kenal sebelumnya.
Sosmed dipandang sebagai tempat pembangunan awareness terbaik karena traffic-nya yang tinggi. Pun semakin sering memposting unggahan di sosmed, maka makin besar peluang terciptanya brand awareness.
4. Memudahkan Konsumen Menerima Informasi
Selain memasarkan produk, sosmed juga membantu kita untuk menyebarkan berbagai info menarik ke masyarakat. Contohnya info promo dan diskon di store; launching outlet atau produk baru; serta event-event seru seperti giveaway.
Bentuk promosi bisnis memang sebaiknya dibuat bervariasi agar konsumen tidak bosan menerima info produk melulu. Setiap konten baru akan langsung tersampaikan dalam hitungan detik. Anda juga tidak perlu membayar untuk memposting apapun sebanyak-banyaknya.
5. Memperluas Pasar Bisnis
Ingin memperluas cakupan target konsumen bisnis Anda? Kini Anda bisa melakukan ekspansi pasar dengan mudah di dunia maya!
Analisis konten sosmed dapat menguak siapa saja yang sering menyimak atau berinteraksi dengan unggahan. Jadi kita bisa tahu kelompok masyarakat mana yang tertarik dengan produk kita. Setelahnya Anda bisa mulai mencoba mempromosikan produk ke warga di wilayah tersebut.
6. Mendongkrak Jumlah Penjualan
Seluruh manfaat sosmed management di atas dapat berujung pada terciptanya transaksi di lapak Anda. Promosi sosmed yang gencar akan membangun rasa penasaran warga untuk mencoba produk kita. Alhasil terciptalah peluang transaksi baru dan profit bisnis.
7. Mengoptimalkan Dukungan terhadap Konsumen
Tim manajemen sosmed memberikan dukungan secara langsung terhadap kebutuhan konsumen. Mereka dengan sigap membalas pesan-pesan yang masuk, serta berinteraksi membangun hubungan erat dengan calon pembeli.
Dengan kata lain, pengelolaan sosmed bisa berdampak terhadap loyalitas konsumen dalam jangka panjang.
8. Memudahkan Kontrol Image Bisnis
Manfaat terakhir dari pengelolaan konten sosmed adalah memudahkan proses pengendalian image bisnis.
Penting untuk diingat bahwa sosial media adalah platform yang bebas. Dalam artian, semua orang bisa memberikan komentar semaunya—baik yang positif maupun negatif. Inilah tugas Anda untuk mengendalikan segala bentuk feedback dari warganet.
Kritik negatif juga perlu mendapat perhatian selayaknya pujian atau testimoni positif. Namun Anda harus membalasnya dengan strategi customer service yang tepat. Lakukan pengecekan feedback secara berkala lalu balas dengan sebaik mungkin.
6 Rekomendasi Skill untuk Social Media Management
Sudah siap mengelola konten sosial media bisnis Anda? Dibutuhkan beragam skill yang mumpuni Agar bisa menjalankan tugas-tugas sosmed management dengan baik.
Adapun keterampilan-keterampilan dasar yang wajib dimiliki untuk mengelola sosmed marketing adalah:
1. Analisis Data
Proses analisis dibutuhkan pada hampir semua aktivitas pengelolaan sosial media. Misalnya pada tahap persiapan pembuatan konten, Anda perlu menganalisis tren, karakteristik konsumen, dan ide-ide konten yang tepat sesuai target. Lalu di tahap evaluasi diperlukan analisis hasil performa konten.
2. Kreativitas
Kreativitas sangat dibutuhkan untuk membuat konten yang menarik dan jauh dari kata membosankan. Anda juga akan dituntut untuk berinovasi menghadirkan konten-konten baru yang belum pernah ada sebelumnya.
3. Customer Service
Skill customer service yang dimaksud di sini adalah keterampilan kita saat berhadapan dengan pembeli. Contohnya cara mengatasi keluhan; menunjukkan simpati atas masalah konsumen; dan menyelesaikan kendala secara praktis.
4. Komunikasi
Komunikasi selalu menjadi skill wajib dalam berbagai pekerjaan. Keterampilan ini mencakup kemampuan bernegosiasi, public speaking, menyampaikan maksud dan tujuan dengan jelas, serta menjadi pendengar yang baik.
5. Pembuatan Konten
Terdapat sejumlah skill khusus dan penting dalam pembuatan konten, yaitu:
- Copywriting: menulis deskripsi dengan gaya persuasif untuk memikat pembaca.
- Desain grafis: membuat aneka desain gambar digital.
- Fotografi: memotret foto dengan kualitas terbaik.
- Videografi: merekam video dengan kualitas terbaik.
- Editor: mengedit setiap konten sebelum siap dipublikasikan.
6. Skill Manajemen
Terakhir ada skill manajemen yang berperan mengatur jalannya pekerjaan Anda. Keterampilan ini mencakup kemampuan mengatasi masalah, membuat rencana strategi, hingga manajemen proyek.
Demikianlah pembahasan artikel kali ini terkait social media management. Sekarang Anda bisa mulai mengoptimalkan sosial media marketing bisnis demi meraih hasil yang lebih baik. Selamat mencoba!
Temukan lebih banyak tips sukses menjalankan bisnis online hanya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan Appstore) untuk baca gratis koleksi artikel-artikel terbarunya. Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.